AWAS! Jepang Sedang "BLUNDER FATAL"? Bitcoin & Saham Potensi Hancur di 2026!
iE4BHXQHivU • 2025-11-25
Transcript preview
Open
Kind: captions
Language: id
Tahu enggak? 2 minggu terakhir tiba-tiba
Bitcoin hancur. Dulu diprediksi bisa
mencapai all time high capai R00.000.
Eh, bukannya all time high, malah turun
ke Rp100.000, turun ke Rp90.000,
sekarang turun ke Rp80.000. Anda tahu
enggak bahwa Bitcoin itu semua ada
hubungannya sama Jepang loh. Harga
Bitcoin naik itu ada hubungannya sama
Jepang. Bitcoin turun pun ada
hubungannya sama Jepang. Kok bisa? Di
sinilah video ini akan dibahas tuntas
karena di video ini resesi Jepang sama
dengan dunia runtuh. Nampaknya itu bisa
ke IASG sampai ke Wall Street sampai ke
krypto yang berdarah-darah. Semua ada
hubungannya sama Jepang. Tonton video
ini sampai selesai untuk membaca analisa
saya. Sahabat S30, salam hebat luar
biasa. Ini video Anda nanti-nantikan
bukan? Karena gimana pandangan Successo
30? Kenapa harga Bitcoin jatuh
berdarah-darah belakangan ini? Dan ini
seperti kayak terkoreksi tajam seperti
tahun yang lalu. Saya bukan pro kripto,
saya juga bukan pro yang anti kripto,
tapi saya selalu mengupa mengemukakan
pandangan-pandangan saya karena semua
itu kembali pada diri Anda
masing-masing. Ini yang menjadi problem
ini adalah lebih seram dari Bitcoin
hancur. Ini enggak ada apa-apanya. Kalau
Bitcoin hancur, orang yang stres adalah
mereka yang taruh portofolionya di
Bitcoin. Tapi hati-hati juga ini signal
juga bagi orang yang taruh duit di
saham, taruh [musik] duit di properti.
Ini juga harus hati-hati. Ini bermula
dari mengapa Jepang menginjak gas dan
menginjak rem bersamaan. Ibaratnya Anda
namanya ee tadi saya bilang ee strategi
atau studi Ferrari. Ferrari itu kan
kencang ya, bisa sampai 300 km/h ya
Ferrari ya. Tapi Ferrari Anda pernah
lihat film Tokyo Drift enggak? Tapi dia
kencang, tapi dia juga ngerem. Jadi yang
terjadi adalah mobil itu seperti begini.
Jadinya mengeluarkan asap cit cit cit
cit. Jadi drifting. Nah, ketika drifting
ini yang bahaya. [musik]
Nah, ini yang dilakukan sama Jepang.
Kenapa bisa demikian? Ini semua
gara-gara Jepang terlalu menerapkan
pinjaman bunga bank 0% sudah sejak tahun
90-an. Akibatnya ya kita tahu saya sudah
sering ke Jepang ya berkali-kali. Jepang
itu banyak orang tua. Kedua, banyak
pembangunan itu tidak banyak terjadi.
Kita jelek-jelek gini di Indonesia ya,
kita tuh setiap hari masih galian di
mana-mana loh. Ya kan? Perbaikan jalan
di mana-mana itu masih ada pembangunan.
Bermakna APBD itu masih tersalurkan
untuk pembangunan jalan dan sebagainya.
Di Jepang itu nyaris enggak ada loh.
Kota-kota besar itu sudah kayak stabil.
Jadi boleh dikatakan rumah-rumah tua di
kota-kota itu banyak sekali. Bahkan
mereka itu sendiri pun masih menggunakan
mata uang yennya. mereka itu masih
menggunakan uang tunai enggak kayak
Indonesia itu sudah curies ya kan enggak
seperti itu loh. Nah, jadi kenapa Jepang
ini seperti kayak ghidupannya stagnan 30
tahun terakhir itu gara-gara bunga di
Jepang itu 0%. Nah, tapi Jepang
baru-baru ini melakukan sebuah dengan
perdana menteri yang baru yang cewek
yang pertama ini beliau melakukan sebuah
gebrakan yang mengerikan yaitu dia
melakukan yang namanya the guest. Apa
ini the guest? yaitu stimulus 21,3
triliun yen. Akhirnya Jepang mencetak
uang juga. Printing mane kayaknya semua
dunia lagi printing maneh ya kan
gila-gilaan ya. Karena ini kan udah
subsidi udah 30 tahun lebih ya Jepang
ini ibaratkan. Nah, fakta stimulus jumbo
adalah disetujui dan diketok palu oleh
prime minister Jepang dan kabinet.
Nilainya 135
US dar stimulus terbesar sejak COVID-19.
Gila ini 135 tonjuannya
memaksa ekonomi bergerak maju ya karena
Jepang sudah stagnan gitu. Perdana
Menteri Jepang baru saja mengelonor
menggelonorkan stimulus 21,3 triliun
sekitar 135 miliar US Do. Nah, ini uang
kaget terbesar sejak pandemi. Nah,
masalahnya gas cetak uang ini terjadi
kenaikan suku bunga. Nah, ini yang
dimaksud dengan remnya loh. Kan aneh
habis ngucurin uang tapi pengetatan.
yaitu dengan cara apa? Suku bunga ak
dinaikkan jadi subsidi 0% udah enggak
ada lagi. Nah, ini adanya kebijakan BOJ.
Uang dicetak banyak tapi bank sentralnya
Bank of Japan mempersulit pinjaman. Loh,
kan aneh satu gas, satu pengetatan. Nah,
ini prediksi kenaikan bunga di Desember
2025 bulan [musik] depan. Hasil
kebijakannya adalah yil obligasi tembus
rekor selama 17 tahun terakhir. Ini
sinyal bahaya bagi pasar global. Makanya
hati-hati dulu kita wait and see dulu.
Kalau saya pribadi tanya, "Pak Candra,
apakah saatnya beli Bitcoin?" "Pak
Candra, apakah saatnya jual Bitcoin?"
Saya enggak mau bilang, tapi saya selalu
katakan, "Do your own research."
Research sendiri. Nah, ini saya sudah
kasih clue-nya, ya. Clue-nya ini saya
berikan gambaran bahwa Jepang itu sangat
berhubungan erat dengan Bitcoin dan
Bitcoin juga sangat berat hubungan erat
dengan Amerika. [musik] Jadi, Bitcoin
itu adalah sama dengan titik-titik
Jepang dan Amerika. Udah, itu [musik]
aja menurut saya. Enggak tahu ada kolusi
apa antara dua negara ini yang ada di
belakang Bitcoin. Jadi, di saat uang
dicetak banyak, BOJ malah menaikkan suku
bunga di prediksi Desember ini. Inilah
yang jadi masalah. Mengapa kita tidak
paham? Gini poinnya. Pertama, Indonesia
itu kan sekarang lagi pro syariah ya. Di
mana-mana syariah itu dikumandangkan.
Kita tahu syariah itu kan anti bunga
riba ya. itu kayaknya sudah menjadi
anak-anak generasi milenal dan gen sudah
memahami ini khususnya muslim di
Indonesia. Dan yang kedua, fakta
lapangan pinjam uang tetap ada biaya,
ada bunga, ada admin, ada bagi hasil.
Dan yang ketiga realita biaya pinjaman
di Indonesia mencekik. Poin-poin penting
ini ini kenapa kalau Jepang batuk
Bitcoin dan saham itu bisa demam? Pasti.
Kita lihat teman-teman maunya syariah
tapi kita enggak mau kena bunga tinggi.
Nah, ini kan lucu orang [musik]
Indonesia itu. Faktanya Indonesia pinjam
uang mahal, bahkan syariah pun ada biaya
admin. Nah, ini kan jatuh-jatuhnya ada
biaya mencekik. Kadang-kadang kalau
dihitung-hitung biaya syariah itu di
Indonesia itu memang sesuai aturan
agama, tapi kalau dihitung-hitung saya
hitung bunganya sama aja sama
bunga-bunga biasa. Dan itu saya sudah
analisa berkali-kali sama teman-teman
saya yang diperbankan. Ujung-ujungnya
tetap sama. Justru kalau di Indonesia
yang kuat dominasi syariahnya ya kalau
dihitung-hitung kalau dengan bayar bunga
bank yang biasa itu sama aja. Nah, kalau
ngomong syariah itu Jepang itu loh
benar-benar syariah sudah bunga 0% tapi
syariahnya sudah mau dihentikan ini
sekarang. Nah, ini karena surganya bunga
0% Jepang. Jadi kalau kalian muslim
Indonesia mau syariah pindah aja ke
Jepang. Itu bunganya nol, enggak ada
riba semua. Tapi besok-besok ekonominya
hancur. [tertawa]
Jadi suku bunga 0% mata uang yen stabil.
Tapi beda nasib tidak sefluktuatif
rupiah ya kan beda cerita. Sejak era
lost dek Jepang tahun '90-an suku bunga
Jepang itu 0% sampai hari ini ya sampai
besok nanti sampai hari ini. Berarti
kalau tahun '90-an sampai sekarang ini
berarti udah hampir 35 tahun tapi sudah
mau dientikan. Nih, ini yang bahaya.
Makanya harga Bitcoin kan fluktuatif
nih. Jadi rahasia di balik kenaikan aset
[musik] ini ada strategi licik para
investor global. Gimana cara strategi
licik investor global? Mereka pinjam yen
kan bunganya 0% 35 tahun ini. Tapi
uangnya setelah dipinjam di
investukarkan US Dollar dan akhirnya
dibelikan saham Amerika dan Bitcoin.
Nah, kurang ajar kan investor global ya.
Saya sendiri dia ngasih bunga 0%. dia
pinjam di negara lain semua bunganya
mahal termasuk Indonesia. [musik] Nah,
jadi kenaikan harga aset dunia didanai
oleh hutang gratis tu ya kan sama aja
utang gratis. Enak sekali kan? Jadi
Jepang itu syariahnya syariah meskipun
mereka bukan muslim gitu loh. Nah kita
juga perhatikan kita lihat nasib Pak
Budi. Ilustrasi Pak Budi lah ya. Pak
Budi ini katakanlah dia tinggal di
Jakarta. Dia pinjam bank 1 M, bunganya
12% 1 tahun, bisnis untung 10%. Ternyata
Pak Budi ini masih minus 2% di laporan
keuangannya. Kenapa? Karena bayar bunga
bank lebih tinggi. Bayangkan Pak Budi
ini mau bisnis malah rugi di Indonesia.
Beda sama Mr. Smith. Katanya Mr. Smith
itu investor global. Entahlah dari
Inggris lah, dari Rusia lah atau dari
mana. Bisa juga Mr. Smith ini orang
Indonesia. Dia lari ke Jepang pinjam 1
M. bunga 0% ya kan. Terus beli saham
Amerika kasih deviden 4% masih con 4%
gak ngapa-ngapain. Pintar kan? Ini salah
satu contoh ya kenapa Mr. Smith itu jadi
banyak membuka akun di Jepang karena
bunganya 0% emang mereka enggak ngerti.
Dan ingat ya ini pemahamannya bukan
untuk beli bakso. Trik Mr. Smith yang
ditukar dolar dibelikan aset risiko
tinggi salah satunya Bitcoin. Di sinilah
akar permasalahan itu terjadi. Mr.
Smith, uang yen tadi enggak dibelikan
bakso di Tokyo. Enggak kayak kalian
dapat pinjaman di bank langsung dibuat
main aneh-aneh ya, dibuat belanja barang
di Shopee. Enggak kayak gitu. [musik]
Tapi waktu itu dia tukar ke US Dollar
dan karena Y nilainya stabil, dia
tenang-tenang dan akhirnya dia termasuk
beli Bitcoin awal-awal 2009, 2010 dan
sebagainya. Nah, uang gratisnya itu dari
mana? Di sini matematikanya Pak Budi
rugi 2% justru Mr. Smith untung 10%.
Kenapa? Ya dia beli mungkin saham atau
apa belum termasuk capital gain loh. Dia
beli devidennya aja untung 10%.
Kesimpulannya untung pakai uang lain
tanpa modal. Enak kan? Nah inilah
cerdasnya Mr. Smith. Nah di sinilah
problem itu terjadi. Pesta sudah mau
usai. Mr. Smith menikmati uang gratis
Jepang selama puluhan tahun.
Pesta berakhir. Ada empat poin nih
sekarang dari Perdana Menteri yang baru.
Pertama, bank Jepang naikkan bunga. Loh,
kan aneh. Nah, mulai takut Mr. Smith.
Kedua, Mr. Smith ditelepon bank, "Hoi,
bulan depan bunganya naik loh." Hah? Mr.
Smith sudah puluhan tahun enak sekali
menikmati bunga syariah dalam tanda
kutip itu di Jepang. Ketiga, dia
ultimatum balikin uang atau bunga naik.
Nah, stres. Akhirnya Mr. Speed panik.
Itulah sebab salah satu dugaan saya
kenapa Bitcoin hancur? Karena bank
Jepang mau naikkan suku bunga sehingga
terpaksa untung dia di bitcoin yang
sekian lama terpaksa dilepas untuk
mengembalikan utang di bank Jepang
karena dia tidak mau dibungain. Logika
ya sampai di sini ya sudah nangkap ya.
Nah, itulah sebab sekarang juga per
problem ini terjadilah sebuah teori
bahwa kenapa Bitcoin agak jatuh
gara-gara ini. Tapi tunggu dulu, mungkin
orang-orang bisa hitung-hitungan lagi.
Mr. Smith kan ya gak bodoh. Nanti bunga
bank Jepang dia mau naikkan berapa
misalkan kalau dia misalkan naikkannya
sedikit dia hitung lagi dia pinjam lagi.
Katakanlah cuman 2% per tahun. Okelah 2%
masih lebih murah dari Singapura atau
lebih murah dari Swiss. Tapi intinya 2%.
Dia hitung kalau saya buyback lagi,
pinjam lagi uang toh cuma 2% setahun
beli lagi Bitcoin. Jadi bisa jadi
Bitcoin harganya naik lagi. Kita enggak
ada yang tahu, Bapak, Ibu. Karena ini
semua permainan elit-elit global. Kita
mah di bawa cuman bisa marah-marah gitu
loh. Beli BTC kemarin kok harga turun.
Nanti influencer ngomong average down.
Beli lagi di bawah, beli lagi duitnya
lama-lama habis. Ya, enggak seperti itu.
Jadi Anda harus lebih cerdik. Anda
harus. Makanya oleh sebab itu saya
selalu menghadirkan kelas-kelas premium
untuk tukar pikiran dengan orang-orang
yang punya duit ini. Sorry to say,
kelas-kelas saya itu biasanya hanya
untuk orang-orang yang memang bingung
uangnya mau di ke manakan. Banyak tuh
netizen kolom komen, di kolom komentar
saya ngomong, "Ah, Pak Candra jual kelas
mahal sekali, enggak bisa nolong
kita-kita." Mohon maaf, Bapak Ibu,
nasabah prioritas itu juga bukan untuk
semua orang. di perbankan. Kalau Anda
mau jadi nasabah prio tarik duit minimal
R00 juta. Terus Anda komplain, enak
sekali nasabah prioritas lantai du
dilayani khusus, ruangannya berhasil,
kita dibawa antri-antri. Ya, itulah
dunia seperti itu, Bapak, Ibu. Kelas
kami bukan untuk orang yang hari ini
Anda beli Bitcoin pagi, jual sore.
Enggak seperti itu. Di sini apakah Anda
ingin enggak [musik] punya insight? Apa
sih yang dilakukan oleh? Karena ada
hubungannya sama Jepang. [musik]
Jadi ingat rem diinjak itu pinjaman 0%
hilang tapi for sell dipaksa jual saham
dan kripto untuk lunasi yen dan clash
flow-nya ditarik pulang global ke
Jepang. Hampir sama yang mau dilakukan
Pak Purbaya. Jadi Pak Purbaya mau
lakukan redenominasi. Jepang ini mau
naikkan suku bunga. Lucu kan? cetak uang
[musik]
sudah diketok palu, tapi juga mau untuk
menaikkan suku bunga. Lucu pokoknya
Jepang ini. Jadi akhirnya sahabat SP30,
apa yang harus kita lakukan dengan drama
Jepang ini? Biasanya drama Korea ini
drama Jepang. Betul-betul ini PM yang
baru ini keren. Ini modelnya kayak Pak
Purbaya juga ini kayaknya. Jadi ada tiga
yang harus saya berikan tipsnya kepada
Anda. Pertama adalah hati-hati tetap
cash is king. Ya, saya tetap setuju cash
is king. Anda harus hold dulu. Jangan
dibelanjakan dulu. Ini hanya cocok untuk
orang pengusaha atau investor yang
memang duitnya halal. Kalau Anda [musik]
koruptor, nonton video ini enggak cocok
ya. Karena cash Anda kalau bisa segera
dibelikan sesuatu atau kalau enggak
ditukar. Kalau enggak cash Anda enggak
ada harganya ya. Jadi hati-hati siapkan
amunisi dolar atau rupiah yang liquid.
Yang kedua, DCA tetap dolar cost
averaging. Kenapa DCA? Ya, kita enggak
tahu Bitcoin mau turun lagi atau mau
naik lagi kita enggak tahu. Tapi menurut
saya bolehlah disisikan dikit-dikit
untuk BTC berapap pun harganya. Mau
sekarang yang harganya cuman Rp80.000
1,4 M atau ya termasuk cukup besar juga
diskonnya kan. Jadi kemarin sempat 2 M
lebih sekarang tinggal 1,4 atau kemarin
sempat hampir menyentuh Rp10.000
sekarang ke Rp80.000. Boleh dicicil
dikit-dikit jangan all in ya boleh.
Karena Anda jaga-jaga tiba-tiba kalau
Bitcoin lompat lagi kan lumayan. Tapi
kalau misalkan Bitcoin turun jangan
dijual ya kan. Dan ini namanya cicil.
Jadi kalau namanya cicil Anda enggak
usah pusing. Kalau turun ya dicicil
lagi. Itu namanya DCA. Dan yang ketiga
ya mental bajalah kalau resesi terjadi
ya siap-siap serok ya kan. Ini untuk
orang yang benar-benar ber saya tidak
menyarankan untuk Anda yang saat ini
masih bekerja uangnya pas-pasan, hidup
demi hari ke hari. Jangan Anda bermimpi
untuk mau cepat kaya raya dari Bitcoin.
No, saya selalu menekankan tidak.
[musik] Ini hanya untuk uang nganggur,
uang lebih. Daripada Anda jajan yang
enggak enggak mending beli BTC
dikit-dikit. Boleh enggak, Pak, beli BTC
Rp10.000? Ya silakan. Beli BTC Rp100.000
silakan. Itu semua keputusan di tangan
Anda. Ini saya tujukan untuk orang-orang
yang berduit yang duitnya itu direpuk
depositonya sudah rata-rata 30 40
miliar. Boleh dipertimbangkan kata-kata
ini. Tidak untuk Anda yang saat ini
hidup masih susah. Hidup masih susah,
mending enggak usah nonton video ini.
Anda nonton video ini untuk hiburan aja.
Saran saya lebih baik bekerja,
bermimpilah supaya punya deposito
puluhan miliar. Itu yang benar. Success
water itu yang benar. Jadi, Anda enggak
usah pusing dengan kata-kata saya. Video
ini ditujukan untuk orang-orang yang
bingung mau portofolionya mau ditaruh di
mana. Kebetulan workshop saya pun di
pelatihan merdeka juga memang untuk
orang-orang premium ya. Sekali lagi
untuk mereka tuh mau taruh duitnya di
mana, kita berikan aset alternatif. Tapi
kalau Anda yang saat ini masih berjuang,
Anda masih hidup susah, cicilan belum
lunas, pikirkan cicilanmu dulu. Enggak
usah pikir Bitcoin. [musik] Bitcoin itu
bukan jalan cepat, jalan ninja untuk
cepat kaya. Oke. Kemudian yang resesi
batal, misalkan Jepang ini batal, maka
portofolionya Anda tumbuh. Bitcoin bisa
naik lagi, [musik] saham bisa rebound.
Ya, sekali lagi ini adalah tiga saran
saya. Oke, kalau Anda mau lebih jelas,
saya akan datangkan ahli dan pakar.
Tunggu tahun 2026, saya kembali akan
undang Pak Oscar Darmawan untuk hadir di
workshop kami untuk memberikan
insight-insight beliau karena beliau
sudah berpengalaman di Bitcoin sejak
2013. Sukses untuk Anda. Jangan lupa
like-nya and always salam hebat luar
biasa. Yeah.
Resume
Read
file updated 2026-02-13 13:15:39 UTC
Categories
Manage