File TXT tidak ditemukan.
Transcript
im4zEWvp8GM • Jepang Masih 100 Volt—Kenapa Nggak Naik ke 220?
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/JendelaDunia-u3n/.shards/text-0001.zst#text/0046_im4zEWvp8GM.txt
Kind: captions
Language: id
Pernah enggak sih lo lagi colok charger
HP ke tembok terus mendadak kepikiran
hal random yang biasanya cuma muncul jam
2 pagi? Ini cuma colokan listrik. Tapi
kok hidup gua rasanya ditentukan sama
benda rece begini ya? Dua lubang colok
nyala selesai. Kalau hidup sesimpel itu,
mantap. Kita semua udah jadi manusia
paling bahagia sedunia. Tapi
kenyataannya benda paling sepele sering
jadi fondasi yang diam-diam nentuin masa
depan. Dan bukan cuma masa depan lo yang
ketinggalan kereta karena kebanyakan
scroll TikTok, tapi masa depan satu
negara. Halo semuanya, selamat datang
kembali di channel Jendela Dunia. Jangan
lupa tekan tombol subscribe dan nyalakan
loncengnya. Mari kita buka jendela
wawasan kita hari ini. Gue mau ngajak lo
masuk ke satu cerita yang kelihatannya
teknis tapi sebenarnya super manusiawi.
Cerita tentang Jepang dan listrik 100
volt. Negara yang sering kita puja-puja
sebagai standar emas, disiplin, dan
teknologi. Negara yang kalau bikin
produk rasanya kayak ini pasti awet
sampai cucu gua nikah. Walkman, TV,
kamera, kulkas, mesin cuci. Made in
Japan dulu bukan sekadar label, itu
mantra. Tapi di balik semua aura keren
itu, Jepang punya satu warisan yang
mereka bawa sampai hari ini. Listrik
rumah tangga 100 volt. Bukan 220 volt
seperti kebanyakan negara lain. Dan
bukan cuma itu, Jepang juga punya
keunikan yang kalau dipikir-pikir bikin
pusing. Satu negara dua frekuensi
listrik. Bagian timur 50 Hz, bagian
barat 60 Hz. Kedengarannya kayak detail
yang cuma dipeduliin anak elektro dan
bapak-bapak yang hobi bongkar colokan.
Tapi justru di situlah masalahnya.
Karena ini bukan soal colokan, ini soal
fondasi ekonomi. Lu mungkin langsung
nanya, "Lah kalau 100 volt jelas skala
efisien, kenapa Jepang enggak ganti
aja?" Tinggal upgrade kayak upgrade HP
dari 64 GB ke 256 GB biar enggak nangis
setiap mau update. Pertanyaan bagus,
tapi jawabannya bikin kita sadar satu
hal pahit. Dunia nyata bukan cuma soal
tahu mana yang lebih baik. Dunia nyata
lebih sering soal kita sanggup bayar
harga perubahan atau enggak. Jepang
bukan enggak tahu, Jepang bukan kurang
pintar. Jepang cuma terjebak di situasi
yang kalau lu jelasin ke orang Indonesia
rasanya kayak gini. Lu udah keburu
bangun rumah dua lantai, udah ditempati
bertahun-tahun, tiba-tiba baru sadar
pondasinya harus diganti biar tahan
gempa yang lebih besar. Bisa? Bisa. Tapi
lo harus bongkar setengah rumah,
pindahin keluarga, keluar duit segunung,
dan siap-siap dicibir tetangga. Ngapain
sih? Rumahnya kan masih berdiri. Nah,
Jepang ada di fase rumahnya masih
berdiri, tapi dunia di luar udah
berubah. Biar kebayang, kita mundur dulu
ke era Jepang. Mulai kena listrik, akhir
abad ke-19.
Ini masa modernisasi besar-besaran.
Jepang baru bangun dari isolasi panjang
dan lagi ngejar ketertinggalan. Listrik
waktu itu bukan sekedar fasilitas, itu
simbol kemajuan. Jepang mengimpor
teknologi dari luar. Di Timur mereka
banyak mengadopsi sistem dari Eropa,
terutama Jerman yang memakai frekuensi
50 Hz. Di barat mereka banyak mengambil
dari Amerika yang memakai 60 Hz.
Tegangan 100 volt pada masa itu bukan
keputusan bodoh, justru rasional banget.
Teknologi isolasi listrik belum
secanggih sekarang. Risiko kebakaran dan
kecelakaan tinggi dan tegangan lebih
rendah dianggap lebih aman buat rumah
tangga. Jadi waktu itu 100 volt full
masuk akal. Masalahnya bukan di
keputusan awal. Masalahnya di efek
jangka panjang ketika dunia bergerak,
sementara fondasi lo udah keburu di
Corsemen. Keputusan infrastruktur itu
beda sama keputusan beli kopi. Lu bisa
salah pilih kopi, besok tinggal pindah
ke warung sebelah. Tapi keputusan
infrastruktur itu kayak lo ngecor jalan
tol begitu. Jadi semua orang mulai bikin
rute hidupnya ngikutin tol itu. Rumah
dibangun di pinggirnya, pabrik pindah ke
dekatnya, bisnis tumbuh di sekitarnya.
Dan setelah puluhan tahun lo mau ubah.
Bukan cuma ubah jalannya, lo ngubah
hidup jutaan orang. Di Jepang 100 volt
bukan sekadar angka. Itu jadi asumsi
dasar yang nempel di rumah, gedung,
pabrik, standar bangunan, peralatan
rumah tangga, dan kebiasaan hidup.
Jutaan perangkat jadi puluhan juta lalu
ratusan juta. Di titik tertentu, sistem
ini bukan pilihan tapi nasib. Sementara
Jepang nyaman, dunia mengonsolidasikan
standar yang lebih tinggi 220 sampai 240
volt, terutama di Eropa dan banyak
negara Asia. Kenapa tegangan lebih
tinggi itu enak? Gua jelasin yang paling
gampang tanpa bikin lo merasa lagi ujian
fisika. anggap listrik itu air. Tegangan
itu tekanan air. Arus itu jumlah air
yang ngalir. Kalau lo mau muterin turbin
yang sama, ngangkat beban yang sama,
bikin kerja yang sama, lo butuh energi
yang sama. Kalau tekanannya rendah, lo
harus ngirim lebih banyak air buat
dapetin efek yang sama. Nah, masalahnya
makin banyak arus lewat kabel, makin
panas kabelnya. Dan panas itu artinya
energi kebuang. Ini bukan drama, ini
hukum alam. dalam listrik. Rugi-rugi di
kabel itu kira-kira naik mengikuti
kuadrat arus. Arus dua kali lebih besar,
rugi-rugi bisa empat kali. Jadi,
tegangan rendah itu cenderung bikin ee
arus lebih besar untuk daya yang sama
dan itu bikin pemborosan meningkat. Dari
sini efeknya merembet. Kalau arus besar,
kabel harus lebih tebal supaya enggak
panas berlebihan. Kabel tebal itu mahal,
berat, dan bikin biaya konstruksi naik.
Belum lagi perangkat tambahan, makanya
sistem tegangan lebih tinggi secara umum
lebih efisien untuk distribusi dan
pemakaian daya besar. Itu sebabnya
banyak negara pilih 220 volt. Bukan
karena mereka sok gaya, tapi karena
secara fisika memang lebih masuk akal
untuk kebutuhan modern. Terus kenapa
Jepang enggak ikut? Sebenarnya Jepang
pernah punya kesempatan. Diskusi
menaikkan tegangan sudah muncul sejak
pertengahan abad ke-20. Tapi setiap kali
ide ini muncul, jawabannya selalu sama.
Mahal. Mahal bukan dalam arti anggaran
tahun ini agak ketat, tapi mahal dalam
arti menyentuh kehidupan seluruh rakyat.
Mengubah tegangan itu bukan sekedar
ganti pembangkit. Lu harus mikirin
instalasi rumah, panel listrik, standar
keamanan, alat-alat, gedung, pabrik, dan
transisi bertahap yang ruwet. Lo
kebayang enggak kalau satu negara harus
migrasi listrik kayak kita migrasi nomor
HP? Bedanya ini bukan sekedar ganti SIM
card. Ini ganti urat nadi. Di sinilah
kita masuk ke inti masalah Jepang. Bukan
teknologi tapi politik dan sosial.
Jepang itu negara konsensus. Perubahan
besar harus melewati banyak lapisan
persetujuan. Dan perubahan yang bikin
hidup orang enggak nyaman meski cuma
sementara itu racun politik. Lo bayangin
politisi kampanye bilang, "Saya akan
membuat hidup Anda lebih baik, tapi
pertama-tama saya akan bikin rumah Anda
bongkar instalasi listrik, beli beberapa
alat baru dan mungkin ada gangguan. Itu
bukan kampanye, itu bunuh diri politik.
Enggak ada politisi yang mau dikenang
sebagai orang yang bikin satu negara
repot gara-gara colokan." Akhirnya
Jepang memilih jalan yang paling
manusiawi, tapi juga paling berbahaya
secara jangka panjang. Jalan aman.
Mereka tetap pakai 100 volt lalu
menambal kekurangan dengan solusi
tambahan. Mau pakai alat impor yang
didesain untuk 220 volt? Pakai travo. Di
Jepang traavo rumah tangga itu benda
lumrah. Bahkan ada istilah khususnya. Lo
bayangin di negara lain orang beli alat
listrik tinggal colok. Di Jepang sering
harus mikir ini butuh step down atau
step up. Ini bukan cuma repot tapi ada
biaya. Traavo itu makan listrik juga.
ada rugi-rugi lagi. Eh eh jadi ada biaya
yang berlapis. Di industri pun sama.
Pabrik yang butuh daya besar biasanya
tidak bergantung pada 100 volt doang.
Mereka punya sistem listrik industrial,
transformator, dan pengaturan
tersendiri. Jepang tentu bisa, mereka
ahli. Tapi sekali lagi setiap bisa itu
artinya biaya tambahan. Sementara di
banyak negara 220 volt, sebagian
kebutuhan bisa ditangani lebih simpel di
level distribusi. Dalam kompetisi
global, biaya tambahan yang
terus-menerus ini pelan-pelan jadi
pemberat. Bukan karena Jepang enggak
mampu, tapi karena mereka harus lari
dengan ransel lebih berat. Ini yang
disebut path dependency. Kalau lo mau
versi gampangnya, udah terlanjur, udah
terlanjur investasi, udah terlanjur
kebiasaan, udah terlanjur semuanya
nyambung. Keluar dari jalur itu bukan
cuma soal niat, tapi soal sanggup enggak
menanggung biaya sosialnya. Path
dependency itu kayak lu udah kebiasaan
hidup pakai payat dan pinjol
kecil-kecilan. Awalnya aman cuma buat
kebutuhan. Lama-lama cicilan numpuk.
Hidup masih jalan, bahkan kelihatan
normal. Tapi begitu lo mau berhenti
total dan beresin semua, lo sadar untuk
keluar lo harus menanggung sakit besar
di awal. Banyak orang akhirnya milih,
"Ya udah jalan aja, bayar minimum,
tambal sana sini." Karena rasa sakit
kecil tiap bulan terasa lebih manusiawi
daripada rasa sakit besar sekali. Jepang
melakukan itu dalam versi nasional.
Masalah Jepang bukan cuma 100 volt. Ini
yang bikin ceritanya makin kok bisa sih
Jepang punya dua frekuensi dalam satu
negara. Timur 50 Hz, barat 60 Hz. Ini
efek sejarah impor teknologi yang
berbeda. Dan frekuensi itu bukan hal
sepele karena peralatan dan jaringan
listrik harus sinkron. Kalau beda, e lo
enggak bisa begitu aja mengalirkan
listrik bebas dari satu sisi negara ke
sisi lain. Lo butuh fasilitas konversi
frekuensi, mahal, terbatas, dan
kapasitasnya tidak sebesar kapasitas
jaringan normal. Artinya, Jepang tidak
punya kolam listrik nasional yang
benar-benar cair dan fleksibel. Mereka
punya dua kolam yang dihubungkan pipa
kecil yang mahal. Dan ini bukan teori
yang cuma menarik buat debat. Ini pernah
jadi tragedi nyata yang mempermalukan
negara modern. Tahun 2011, gempa besar
dan tsunami menghantam Jepang Timur.
Banyak pembangkit listrik berhenti.
Wilayah timur kekurangan pasokan.
Wilayah barat relatif lebih baik. Logika
sederhana, kirim listrik dari barat ke
timur. Tapi kenyataannya tidak semudah
itu. Perbedaan frekuensi membatasi
transfer. Akibatnya, Jepang harus
melakukan pemadaman bergilir di wilayah
besar, termasuk area ekonomi penting.
Bayangkan negara yang identik dengan
teknologi tinggi harus mematikan listrik
bergantian bukan karena mereka malas
bangun pembangkit, tapi karena fondasi
jaringan listriknya terbelah dua sejak
100 tahun lalu. Lampu lalu lintas mati,
jadwal terganggu. Industri harus
menyesuaikan. Bukan kiamat, tapi pukulan
besar yang membuka mata. Sistem yang
masih jalan ternyata rapuh ketika
krisis. Nah, di titik ini orang sering
melakukan dua kesalahan. Kesalahan
pertama menganggap Jepang runtuh
gara-gara listrik. Itu lebay. Jepang
tidak runtuh. Kesalahan kedua,
menganggap listrik tidak penting karena
toh Jepang masih maju. Ini juga salah.
Yang benar adalah listrik ini bukan
pembunuh tapi penghambat. Ia tidak
membuat Jepang jatuh, tapi membuat
Jepang kehilangan momentum di era
tertentu, terutama ketika dunia masuk ke
permainan baru yang mengutamakan
efisiensi energi, skala, dan kecepatan
adaptasi. Ambil contoh industri
elektronik konsumen. Dulu Jepang raja,
Sony, Panasonic, Sharp, dan banyak lagi
pernah mendominasi. Tapi seiring waktu
pasar global berubah. Konsumen makin
sensitif harga, kualitas makin menyebar,
negara lain mengejar dan di era ini
kemampuan membuat produk yang bisa
dijual global dengan satu desain, satu
lini produksi, satu standar menjadi
keunggulan besar. Dunia mayoritas
memakai 220 volt. Negara dengan basis
220 volt punya keuntungan standar.
Jepang karena domestiknya 100 volt
terdorong membuat produk khusus untuk
pasar domestik. Lalu versi lain untuk
ekspor ini menambah kompleksitas. Dan
dalam dunia manufaktur modern
kompleksitas itu biaya. Fenomena ini
sering disebut Galapagos syndrome.
Seperti hewan di kepulauan Galapagos
yang berevolusi unik karena terisolasi.
Produk Jepang berevolusi sangat cocok
untuk pasar domestik yang besar dan
spesifik tapi makin tidak selaras dengan
standar global. Ini bukan berarti
produknya jelek, kadang malah canggih
banget. Tapi justru itu ia jadi terlalu
Jepang untuk dunia. Dan ketika dunia
bergerak cepat menjadi terlalu unik bisa
jadi kelemahan. Sekarang kita masuk ke
babak modern yang lebih sadis. Kendaraan
listrik dan AI. Ini dua sektor yang
seperti anak muda habis gajian, lapar
energi dan maunya cepat. Kendaraan
listrik butuh pengisian yang nyaman.
Kalau pengisian di rumah lambat, orang
mikir dua kali. Di sistem tegangan lebih
rendah, pengisian level rumah cenderung
lebih terbatas kecuali low bangun sistem
tambahan. Bisa saja, tapi lagi-lagi
biaya. Jepang bisa bangun charging
station cepat tentu, tapi ini investasi
jaringan, lahan perizinan, dan
koordinasi. Sementara negara dengan
infrastruktur listrik yang lebih siap
bisa bergerak lebih cepat dan lebih
murah. Lalu AI dan data center ini yang
paling brutal karena data center itu
bukan warung kopi yang bisa pindah sewa
ruko besok. Data center butuh pasokan
listrik raksasa, stabil, dan bisa
dipenuhi segera. Kalau proses sambungan
listrik lambat, proyek tertunda. Kalau
jaringan tidak fleksibel, biaya naik.
Dalam dunia investasi global, perbedaan
waktu itu uang selisih beberapa bulan
bisa membuat perusahaan memilih lokasi
lain. Dan di era AI, kompetisi bukan
lagi antar perusahaan saja, tapi antar
kota dan antar negara. Siapa yang bisa
menyediakan listrik duluan, dia yang
menang. Di sinilah infrastruktur tua
mulai terasa seperti jangkar. Jepang
masih punya insinyur hebat, masih punya
modal, masih punya kultur kerja yang
solid. Tapi fondasi listriknya membuat
adaptasi lebih mahal dan lebih lambat.
Jepang bukan tidak mungkin, tapi sering
menjadi lebih ribet. Dan investor
seperti kita kalau pesan ojek online
biasanya pilih yang paling cepat dan
paling simpel. Kalau ada dua pilihan
sama-sama aman. Yang satu nunggu 20
menit, yang satu nunggu 5 menit, lo
pilih yang mana? Dunia investasi juga
begitu. Bukan benci Jepang, tapi cinta
kemudahan. Sekarang pertanyaan inti,
kenapa Jepang tetap tidak mengubah
sistemnya meski semua masalah ini jelas?
Karena biaya perubahan bukan cuma angka
di Excel, tapi ledakan sosial. Bayangkan
skenario ganti tegangan nasional.
Puluhan juta rumah harus diubah
instalasinya. Banyak alat harus diganti
atau disesuaikan. Perusahaan harus
investasi ulang. Akan ada periode
transisi yang membingungkan. Akan ada
kecelakaan, protes, berita negatif, dan
politisi yang disalahkan. Di Jepang yang
sangat menghargai keteraturan, periode
kacau itu bukan cuma tidak nyaman, itu
mimpi buruk nasional. Ada juga faktor
psikologis yang kuat, 100 volt masih
cukup. Ini kalimat paling berbahaya
dalam sejarah perubahan. Cukup membuat
orang menunda karena sistem masih
berjalan. Orang berpikir perubahan tidak
urgen dan urgensi itu bahan bakar
reformasi. Tanpa urgensi, semua orang
akan memilih status quo. Apalagi kalau
status quo terlihat aman. Jepang juga
punya argumen yang kedengarannya masuk
akal. 100 volt lebih aman dari risiko
sengatan listrik. Secara umum, tegangan
lebih rendah memang bisa mengurangi
risiko fatal, tapi ini argumen yang
sering menenangkan sekaligus menipu.
Karena keamanan bukan cuma soal tegangan
tapi soal standar kabel, proteksi,
pemutus arus, grounding, dan regulasi.
Negara 220 volt bisa aman kalau
infrastrukturnya baik. Dan Jepang tentu
bisa membangun keamanan tinggi juga.
Masalahnya argumen aman memberi
legitimasi untuk tidak berubah dan itu
memperkuat path dependency. Di titik
ini, lo mungkin merasa oke berarti
Jepang korban keputusan lama. Betul.
Tapi yang lebih penting adalah Jepang
juga korban keberhasilan mereka sendiri
karena mereka tidak pernah benar-benar
jatuh. Mereka tidak pernah dipaksa
riset. Negara yang pernah mengalami
krisis besar kadang justru lebih mudah
melakukan reformasi radikal karena biaya
bertahan lebih menakutkan daripada biaya
berubah. Jepang tidak punya momen titik
nol itu dalam konteks listrik. Mereka
memilih bertahan dengan tambalan karena
tambalan terasa paling aman. Masalahnya
tambalan itu seperti ngebenerin ban
bocor pakai tambal karet. Tapi lo tambal
setiap minggu. Ban masih jalan, tapi lu
hidup dalam kecemasan dan biaya kecil
yang tidak pernah berhenti. Dalam skala
negara, biaya kecil yang terus-menerus
bisa lebih mahal daripada perubahan
besar sekali. Tapi perubahan besar itu
butuh keberanian dan kepemimpinan yang
siap dimaki. Jepang bukan negara tanpa
kepemimpinan. Tapi sistem politik mereka
cenderung menghindari konflik besar. Dan
ini bukan hinaan. Ini realitas. Ketika
budaya menilai harmoni sosial tinggi,
kebijakan yang memicu gangguan massal
akan selalu sulit lolos. Bahkan jika
kebijakan itu benar secara teknis,
sekarang supaya cerita ini tidak berubah
jadi ceramah, gua mau kasih loan yang
lebih keseharian. Bayangkan lu tinggal
di Jepang dan lu beli alat elektronik
impor yang keren. Misalnya alat kopi
atau oven kecil yang viral di internet
yang sering masuk FYP karena orang bikin
konten estetik kitchen di banyak negara.
Lu tinggal colok beres. Di Jepang lu
mulai mikir ini 220 volt atau 100 volt.
Kalau beda lu beli Travo, lu colok
Travo, Traavo itu panas dikit, makan
daya dikit, dan jadi barang tambahan di
rumah. Ini contoh kecil. Tapi bayangin
jutaan rumah melakukan hal yang sama
dalam berbagai bentuk. Itulah biaya
sistemik yang tersembunyi. Tidak ada
yang merasa miskin karena Traavo satu.
Tapi jutaan Traavo adalah cerita
ekonomi. Contoh lain, bayangkan pabrik
yang mau ekspansi tapi jaringan listrik
lokal sudah padat. Sambungan baru butuh
waktu panjang dan koordinasi antar
wilayah terbatas. Pabrik bisa tetap
dibangun tapi jadwal molor dan biaya
naik. Di dunia bisnis molor itu bukan
cuma malu, itu kehilangan peluang. Dan
di era AI kehilangan peluang itu setara
kehilangan masa depan. Karena AI bukan
tren musiman kayak challenge joget yang
minggu depan udah diganti challenge
lain. AI adalah shift struktural. Data
center akan menjadi pabrik baru dan
listrik adalah bahan bakunya. Negara
yang infrastrukturnya siap akan menjadi
magnet. Negara yang infrastrukturnya
ruwet akan tetap dapat sebagian tapi
dengan biaya lebih tinggi. Nah, di sini
gua mau tarik pelajaran yang relevan
untuk penonton Indonesia tanpa sok
menggurui. Kita sering terpesona dengan
hal besar. Gedung tinggi, kereta cepat,
bandara megah, proyek viral yang kalau
masuk berita langsung bikin orang
bilang, "Wah, maju." Tapi fondasi sering
tidak terlihat. Fondasi itu listrik,
air, jaringan, regulasi. Standar hal-hal
yang tidak seksi buat konten Instagram.
Tapi fondasi inilah yang menentukan
apakah industri bisa tumbuh atau cuma
jadi slogan. Dan Jepang mengajarkan satu
hal yang agak sadis. Keputusan
infrastruktur jarang memberi hadiah
cepat. Biasanya yang terjadi justru
sebaliknya yang memutuskan akan dimaki
dulu. Manfaatnya dinikmati generasi
berikutnya. Kalau lu pernah lihat orang
bangun drainase dan jalan dibongkar
pasti ada yang ngomel. Aduh macet
banget. Tapi beberapa tahun kemudian
orang lupa dan menganggap itu normal.
Jepang tidak melakukan pembongkaran
besar untuk listrik. Jadi mereka tidak
mengalami kemacetan sosial besar, tapi
mereka menanggung beban kecil yang
menumpuk. Makanya jangan baca cerita ini
sebagai Jepang bodoh. Itu gampang dan
malas. Bacalah sebagai. Bahkan negara
pintar pun bisa terjebak jika fondasinya
sudah terlalu dalam. Bahkan negara maju
pun bisa melambat bukan karena malas,
tapi karena terlalu banyak hal yang
harus dikorbankan untuk berubah. Kalau
gua ringkas jadi satu kalimat yang
paling jujur. Jepang tidak kalah karena
memilih 100 volt. Jepang melambat karena
ketika mereka ingin berubah, harga
perubahan sudah lebih mahal daripada
yang bisa ditanggung sistem politik dan
sosial mereka. Dan di dunia yang
bergerak cepat, melambat itu cukup untuk
tertinggal dalam beberapa sektor
strategis. Tapi gue juga mau jujur,
Jepang bukan tanpa harapan. Mereka akan
terus berinovasi di atas sistem lama.
Mereka akan memperluas kapasitas
konversi frekuensi, memperbaiki
jaringan, membuat standar baru untuk
kawasan industri, dan mengoptimalkan
efisiensi. Jepang itu jago bertahan dan
jago merapikan. Mereka akan tetap kuat
di banyak bidang seperti robotik,
material, mesin presisi. Namun dalam
arena yang sangat bergantung pada
fleksibilitas energi berskala besar,
mereka harus bekerja lebih keras dari
pesaing yang fondasinya lebih global
standar. Dan di sinilah ending yang
paling pedas tapi juga paling penting.
Colokan listrik 100 volt di rumah-rumah
Jepang masih bekerja. Lampu masih
menyala, AC masih dingin, hidup tampak
normal, tidak ada alarm, tidak ada tanda
bahaya. Tapi di balik tembok itu ada
biaya tak terlihat yang terus berjalan
seperti langganan yang lo lupa cancel.
Tiap hari kecil tapi setahun jadi besar.
Tiap dekade jadi beban struktural. Jadi
pertanyaannya bukan lagi kenapa Jepang
enggak berubah. Pertanyaannya lebih
menyeramkan. Kalau lo jadi mereka dengan
sistem yang masih jalan, masyarakat yang
nyaman, dan risiko politik yang
gila-gilaan kalau bikin perubahan,
apakah lo akan berani menekan tombol
riset atau lo juga akan bilang, "Ya udah
jalan aja sambil berharap dunia
menyesuaikan diri dengan lo." Karena
seringki negara tidak jatuh karena
keputusan yang salah. Mereka melambat
karena terlalu lama mempertahankan
keputusan yang dulu benar. Dan saat
mereka sadar, mereka baru sadar juga
bahwa waktu adalah sumber daya yang
paling mahal. Bukan yen, bukan dolar,
tapi waktu. Dan waktu seperti kuota
internet pas lagi butuh habisnya suka
diam-diam. Kalau lu ngerasa cerita ini
nyentil, itu wajar. Karena sebenarnya
ini bukan cuma tentang Jepang, ini
tentang semua kita yang suka menunda
perubahan fondasi karena takut sakit
sebentar lalu tanpa sadar membayar rasa
sakit kecil selamanya. Dan kalau ada
satu hal yang bisa kita pelajari dari
colokan di dinding itu, mungkin ini masa
depan sering ditentukan bukan oleh ide
yang paling keren, tapi oleh fondasi
paling membosankan yang kita bangun hari
ini. Kalau lo pengin, di video
berikutnya kita bisa ngomongin hal yang
lebih nendang tapi masih satu keluarga.
Kenapa Jepang punya dua frekuensi itu
seperti punya dua bahasa di satu negara?
Dan kenapa ini bisa bikin krisis energi
jadi lebih parah ketika bencana datang?
Atau kita bisa bahas bagaimana standar
global bisa bikin satu negara jadi raja
ekspor, sementara negara lain kejebak
pasar domestik dan kena Galapagos versi
industri. Tulis di komentar lo pengen
yang mana dan kalau lo enggak mau
ketinggalan pembahasan yang kayak gini,
ya lo tahulah. Tombol subscribe itu
enggak pakai travo, tinggal pencet aja.
Yeah.