File TXT tidak ditemukan.
Jepang Masih 100 Volt—Kenapa Nggak Naik ke 220?
im4zEWvp8GM • 2026-01-23
Transcript preview
Open
Kind: captions Language: id Pernah enggak sih lo lagi colok charger HP ke tembok terus mendadak kepikiran hal random yang biasanya cuma muncul jam 2 pagi? Ini cuma colokan listrik. Tapi kok hidup gua rasanya ditentukan sama benda rece begini ya? Dua lubang colok nyala selesai. Kalau hidup sesimpel itu, mantap. Kita semua udah jadi manusia paling bahagia sedunia. Tapi kenyataannya benda paling sepele sering jadi fondasi yang diam-diam nentuin masa depan. Dan bukan cuma masa depan lo yang ketinggalan kereta karena kebanyakan scroll TikTok, tapi masa depan satu negara. Halo semuanya, selamat datang kembali di channel Jendela Dunia. Jangan lupa tekan tombol subscribe dan nyalakan loncengnya. Mari kita buka jendela wawasan kita hari ini. Gue mau ngajak lo masuk ke satu cerita yang kelihatannya teknis tapi sebenarnya super manusiawi. Cerita tentang Jepang dan listrik 100 volt. Negara yang sering kita puja-puja sebagai standar emas, disiplin, dan teknologi. Negara yang kalau bikin produk rasanya kayak ini pasti awet sampai cucu gua nikah. Walkman, TV, kamera, kulkas, mesin cuci. Made in Japan dulu bukan sekadar label, itu mantra. Tapi di balik semua aura keren itu, Jepang punya satu warisan yang mereka bawa sampai hari ini. Listrik rumah tangga 100 volt. Bukan 220 volt seperti kebanyakan negara lain. Dan bukan cuma itu, Jepang juga punya keunikan yang kalau dipikir-pikir bikin pusing. Satu negara dua frekuensi listrik. Bagian timur 50 Hz, bagian barat 60 Hz. Kedengarannya kayak detail yang cuma dipeduliin anak elektro dan bapak-bapak yang hobi bongkar colokan. Tapi justru di situlah masalahnya. Karena ini bukan soal colokan, ini soal fondasi ekonomi. Lu mungkin langsung nanya, "Lah kalau 100 volt jelas skala efisien, kenapa Jepang enggak ganti aja?" Tinggal upgrade kayak upgrade HP dari 64 GB ke 256 GB biar enggak nangis setiap mau update. Pertanyaan bagus, tapi jawabannya bikin kita sadar satu hal pahit. Dunia nyata bukan cuma soal tahu mana yang lebih baik. Dunia nyata lebih sering soal kita sanggup bayar harga perubahan atau enggak. Jepang bukan enggak tahu, Jepang bukan kurang pintar. Jepang cuma terjebak di situasi yang kalau lu jelasin ke orang Indonesia rasanya kayak gini. Lu udah keburu bangun rumah dua lantai, udah ditempati bertahun-tahun, tiba-tiba baru sadar pondasinya harus diganti biar tahan gempa yang lebih besar. Bisa? Bisa. Tapi lo harus bongkar setengah rumah, pindahin keluarga, keluar duit segunung, dan siap-siap dicibir tetangga. Ngapain sih? Rumahnya kan masih berdiri. Nah, Jepang ada di fase rumahnya masih berdiri, tapi dunia di luar udah berubah. Biar kebayang, kita mundur dulu ke era Jepang. Mulai kena listrik, akhir abad ke-19. Ini masa modernisasi besar-besaran. Jepang baru bangun dari isolasi panjang dan lagi ngejar ketertinggalan. Listrik waktu itu bukan sekedar fasilitas, itu simbol kemajuan. Jepang mengimpor teknologi dari luar. Di Timur mereka banyak mengadopsi sistem dari Eropa, terutama Jerman yang memakai frekuensi 50 Hz. Di barat mereka banyak mengambil dari Amerika yang memakai 60 Hz. Tegangan 100 volt pada masa itu bukan keputusan bodoh, justru rasional banget. Teknologi isolasi listrik belum secanggih sekarang. Risiko kebakaran dan kecelakaan tinggi dan tegangan lebih rendah dianggap lebih aman buat rumah tangga. Jadi waktu itu 100 volt full masuk akal. Masalahnya bukan di keputusan awal. Masalahnya di efek jangka panjang ketika dunia bergerak, sementara fondasi lo udah keburu di Corsemen. Keputusan infrastruktur itu beda sama keputusan beli kopi. Lu bisa salah pilih kopi, besok tinggal pindah ke warung sebelah. Tapi keputusan infrastruktur itu kayak lo ngecor jalan tol begitu. Jadi semua orang mulai bikin rute hidupnya ngikutin tol itu. Rumah dibangun di pinggirnya, pabrik pindah ke dekatnya, bisnis tumbuh di sekitarnya. Dan setelah puluhan tahun lo mau ubah. Bukan cuma ubah jalannya, lo ngubah hidup jutaan orang. Di Jepang 100 volt bukan sekadar angka. Itu jadi asumsi dasar yang nempel di rumah, gedung, pabrik, standar bangunan, peralatan rumah tangga, dan kebiasaan hidup. Jutaan perangkat jadi puluhan juta lalu ratusan juta. Di titik tertentu, sistem ini bukan pilihan tapi nasib. Sementara Jepang nyaman, dunia mengonsolidasikan standar yang lebih tinggi 220 sampai 240 volt, terutama di Eropa dan banyak negara Asia. Kenapa tegangan lebih tinggi itu enak? Gua jelasin yang paling gampang tanpa bikin lo merasa lagi ujian fisika. anggap listrik itu air. Tegangan itu tekanan air. Arus itu jumlah air yang ngalir. Kalau lo mau muterin turbin yang sama, ngangkat beban yang sama, bikin kerja yang sama, lo butuh energi yang sama. Kalau tekanannya rendah, lo harus ngirim lebih banyak air buat dapetin efek yang sama. Nah, masalahnya makin banyak arus lewat kabel, makin panas kabelnya. Dan panas itu artinya energi kebuang. Ini bukan drama, ini hukum alam. dalam listrik. Rugi-rugi di kabel itu kira-kira naik mengikuti kuadrat arus. Arus dua kali lebih besar, rugi-rugi bisa empat kali. Jadi, tegangan rendah itu cenderung bikin ee arus lebih besar untuk daya yang sama dan itu bikin pemborosan meningkat. Dari sini efeknya merembet. Kalau arus besar, kabel harus lebih tebal supaya enggak panas berlebihan. Kabel tebal itu mahal, berat, dan bikin biaya konstruksi naik. Belum lagi perangkat tambahan, makanya sistem tegangan lebih tinggi secara umum lebih efisien untuk distribusi dan pemakaian daya besar. Itu sebabnya banyak negara pilih 220 volt. Bukan karena mereka sok gaya, tapi karena secara fisika memang lebih masuk akal untuk kebutuhan modern. Terus kenapa Jepang enggak ikut? Sebenarnya Jepang pernah punya kesempatan. Diskusi menaikkan tegangan sudah muncul sejak pertengahan abad ke-20. Tapi setiap kali ide ini muncul, jawabannya selalu sama. Mahal. Mahal bukan dalam arti anggaran tahun ini agak ketat, tapi mahal dalam arti menyentuh kehidupan seluruh rakyat. Mengubah tegangan itu bukan sekedar ganti pembangkit. Lu harus mikirin instalasi rumah, panel listrik, standar keamanan, alat-alat, gedung, pabrik, dan transisi bertahap yang ruwet. Lo kebayang enggak kalau satu negara harus migrasi listrik kayak kita migrasi nomor HP? Bedanya ini bukan sekedar ganti SIM card. Ini ganti urat nadi. Di sinilah kita masuk ke inti masalah Jepang. Bukan teknologi tapi politik dan sosial. Jepang itu negara konsensus. Perubahan besar harus melewati banyak lapisan persetujuan. Dan perubahan yang bikin hidup orang enggak nyaman meski cuma sementara itu racun politik. Lo bayangin politisi kampanye bilang, "Saya akan membuat hidup Anda lebih baik, tapi pertama-tama saya akan bikin rumah Anda bongkar instalasi listrik, beli beberapa alat baru dan mungkin ada gangguan. Itu bukan kampanye, itu bunuh diri politik. Enggak ada politisi yang mau dikenang sebagai orang yang bikin satu negara repot gara-gara colokan." Akhirnya Jepang memilih jalan yang paling manusiawi, tapi juga paling berbahaya secara jangka panjang. Jalan aman. Mereka tetap pakai 100 volt lalu menambal kekurangan dengan solusi tambahan. Mau pakai alat impor yang didesain untuk 220 volt? Pakai travo. Di Jepang traavo rumah tangga itu benda lumrah. Bahkan ada istilah khususnya. Lo bayangin di negara lain orang beli alat listrik tinggal colok. Di Jepang sering harus mikir ini butuh step down atau step up. Ini bukan cuma repot tapi ada biaya. Traavo itu makan listrik juga. ada rugi-rugi lagi. Eh eh jadi ada biaya yang berlapis. Di industri pun sama. Pabrik yang butuh daya besar biasanya tidak bergantung pada 100 volt doang. Mereka punya sistem listrik industrial, transformator, dan pengaturan tersendiri. Jepang tentu bisa, mereka ahli. Tapi sekali lagi setiap bisa itu artinya biaya tambahan. Sementara di banyak negara 220 volt, sebagian kebutuhan bisa ditangani lebih simpel di level distribusi. Dalam kompetisi global, biaya tambahan yang terus-menerus ini pelan-pelan jadi pemberat. Bukan karena Jepang enggak mampu, tapi karena mereka harus lari dengan ransel lebih berat. Ini yang disebut path dependency. Kalau lo mau versi gampangnya, udah terlanjur, udah terlanjur investasi, udah terlanjur kebiasaan, udah terlanjur semuanya nyambung. Keluar dari jalur itu bukan cuma soal niat, tapi soal sanggup enggak menanggung biaya sosialnya. Path dependency itu kayak lu udah kebiasaan hidup pakai payat dan pinjol kecil-kecilan. Awalnya aman cuma buat kebutuhan. Lama-lama cicilan numpuk. Hidup masih jalan, bahkan kelihatan normal. Tapi begitu lo mau berhenti total dan beresin semua, lo sadar untuk keluar lo harus menanggung sakit besar di awal. Banyak orang akhirnya milih, "Ya udah jalan aja, bayar minimum, tambal sana sini." Karena rasa sakit kecil tiap bulan terasa lebih manusiawi daripada rasa sakit besar sekali. Jepang melakukan itu dalam versi nasional. Masalah Jepang bukan cuma 100 volt. Ini yang bikin ceritanya makin kok bisa sih Jepang punya dua frekuensi dalam satu negara. Timur 50 Hz, barat 60 Hz. Ini efek sejarah impor teknologi yang berbeda. Dan frekuensi itu bukan hal sepele karena peralatan dan jaringan listrik harus sinkron. Kalau beda, e lo enggak bisa begitu aja mengalirkan listrik bebas dari satu sisi negara ke sisi lain. Lo butuh fasilitas konversi frekuensi, mahal, terbatas, dan kapasitasnya tidak sebesar kapasitas jaringan normal. Artinya, Jepang tidak punya kolam listrik nasional yang benar-benar cair dan fleksibel. Mereka punya dua kolam yang dihubungkan pipa kecil yang mahal. Dan ini bukan teori yang cuma menarik buat debat. Ini pernah jadi tragedi nyata yang mempermalukan negara modern. Tahun 2011, gempa besar dan tsunami menghantam Jepang Timur. Banyak pembangkit listrik berhenti. Wilayah timur kekurangan pasokan. Wilayah barat relatif lebih baik. Logika sederhana, kirim listrik dari barat ke timur. Tapi kenyataannya tidak semudah itu. Perbedaan frekuensi membatasi transfer. Akibatnya, Jepang harus melakukan pemadaman bergilir di wilayah besar, termasuk area ekonomi penting. Bayangkan negara yang identik dengan teknologi tinggi harus mematikan listrik bergantian bukan karena mereka malas bangun pembangkit, tapi karena fondasi jaringan listriknya terbelah dua sejak 100 tahun lalu. Lampu lalu lintas mati, jadwal terganggu. Industri harus menyesuaikan. Bukan kiamat, tapi pukulan besar yang membuka mata. Sistem yang masih jalan ternyata rapuh ketika krisis. Nah, di titik ini orang sering melakukan dua kesalahan. Kesalahan pertama menganggap Jepang runtuh gara-gara listrik. Itu lebay. Jepang tidak runtuh. Kesalahan kedua, menganggap listrik tidak penting karena toh Jepang masih maju. Ini juga salah. Yang benar adalah listrik ini bukan pembunuh tapi penghambat. Ia tidak membuat Jepang jatuh, tapi membuat Jepang kehilangan momentum di era tertentu, terutama ketika dunia masuk ke permainan baru yang mengutamakan efisiensi energi, skala, dan kecepatan adaptasi. Ambil contoh industri elektronik konsumen. Dulu Jepang raja, Sony, Panasonic, Sharp, dan banyak lagi pernah mendominasi. Tapi seiring waktu pasar global berubah. Konsumen makin sensitif harga, kualitas makin menyebar, negara lain mengejar dan di era ini kemampuan membuat produk yang bisa dijual global dengan satu desain, satu lini produksi, satu standar menjadi keunggulan besar. Dunia mayoritas memakai 220 volt. Negara dengan basis 220 volt punya keuntungan standar. Jepang karena domestiknya 100 volt terdorong membuat produk khusus untuk pasar domestik. Lalu versi lain untuk ekspor ini menambah kompleksitas. Dan dalam dunia manufaktur modern kompleksitas itu biaya. Fenomena ini sering disebut Galapagos syndrome. Seperti hewan di kepulauan Galapagos yang berevolusi unik karena terisolasi. Produk Jepang berevolusi sangat cocok untuk pasar domestik yang besar dan spesifik tapi makin tidak selaras dengan standar global. Ini bukan berarti produknya jelek, kadang malah canggih banget. Tapi justru itu ia jadi terlalu Jepang untuk dunia. Dan ketika dunia bergerak cepat menjadi terlalu unik bisa jadi kelemahan. Sekarang kita masuk ke babak modern yang lebih sadis. Kendaraan listrik dan AI. Ini dua sektor yang seperti anak muda habis gajian, lapar energi dan maunya cepat. Kendaraan listrik butuh pengisian yang nyaman. Kalau pengisian di rumah lambat, orang mikir dua kali. Di sistem tegangan lebih rendah, pengisian level rumah cenderung lebih terbatas kecuali low bangun sistem tambahan. Bisa saja, tapi lagi-lagi biaya. Jepang bisa bangun charging station cepat tentu, tapi ini investasi jaringan, lahan perizinan, dan koordinasi. Sementara negara dengan infrastruktur listrik yang lebih siap bisa bergerak lebih cepat dan lebih murah. Lalu AI dan data center ini yang paling brutal karena data center itu bukan warung kopi yang bisa pindah sewa ruko besok. Data center butuh pasokan listrik raksasa, stabil, dan bisa dipenuhi segera. Kalau proses sambungan listrik lambat, proyek tertunda. Kalau jaringan tidak fleksibel, biaya naik. Dalam dunia investasi global, perbedaan waktu itu uang selisih beberapa bulan bisa membuat perusahaan memilih lokasi lain. Dan di era AI, kompetisi bukan lagi antar perusahaan saja, tapi antar kota dan antar negara. Siapa yang bisa menyediakan listrik duluan, dia yang menang. Di sinilah infrastruktur tua mulai terasa seperti jangkar. Jepang masih punya insinyur hebat, masih punya modal, masih punya kultur kerja yang solid. Tapi fondasi listriknya membuat adaptasi lebih mahal dan lebih lambat. Jepang bukan tidak mungkin, tapi sering menjadi lebih ribet. Dan investor seperti kita kalau pesan ojek online biasanya pilih yang paling cepat dan paling simpel. Kalau ada dua pilihan sama-sama aman. Yang satu nunggu 20 menit, yang satu nunggu 5 menit, lo pilih yang mana? Dunia investasi juga begitu. Bukan benci Jepang, tapi cinta kemudahan. Sekarang pertanyaan inti, kenapa Jepang tetap tidak mengubah sistemnya meski semua masalah ini jelas? Karena biaya perubahan bukan cuma angka di Excel, tapi ledakan sosial. Bayangkan skenario ganti tegangan nasional. Puluhan juta rumah harus diubah instalasinya. Banyak alat harus diganti atau disesuaikan. Perusahaan harus investasi ulang. Akan ada periode transisi yang membingungkan. Akan ada kecelakaan, protes, berita negatif, dan politisi yang disalahkan. Di Jepang yang sangat menghargai keteraturan, periode kacau itu bukan cuma tidak nyaman, itu mimpi buruk nasional. Ada juga faktor psikologis yang kuat, 100 volt masih cukup. Ini kalimat paling berbahaya dalam sejarah perubahan. Cukup membuat orang menunda karena sistem masih berjalan. Orang berpikir perubahan tidak urgen dan urgensi itu bahan bakar reformasi. Tanpa urgensi, semua orang akan memilih status quo. Apalagi kalau status quo terlihat aman. Jepang juga punya argumen yang kedengarannya masuk akal. 100 volt lebih aman dari risiko sengatan listrik. Secara umum, tegangan lebih rendah memang bisa mengurangi risiko fatal, tapi ini argumen yang sering menenangkan sekaligus menipu. Karena keamanan bukan cuma soal tegangan tapi soal standar kabel, proteksi, pemutus arus, grounding, dan regulasi. Negara 220 volt bisa aman kalau infrastrukturnya baik. Dan Jepang tentu bisa membangun keamanan tinggi juga. Masalahnya argumen aman memberi legitimasi untuk tidak berubah dan itu memperkuat path dependency. Di titik ini, lo mungkin merasa oke berarti Jepang korban keputusan lama. Betul. Tapi yang lebih penting adalah Jepang juga korban keberhasilan mereka sendiri karena mereka tidak pernah benar-benar jatuh. Mereka tidak pernah dipaksa riset. Negara yang pernah mengalami krisis besar kadang justru lebih mudah melakukan reformasi radikal karena biaya bertahan lebih menakutkan daripada biaya berubah. Jepang tidak punya momen titik nol itu dalam konteks listrik. Mereka memilih bertahan dengan tambalan karena tambalan terasa paling aman. Masalahnya tambalan itu seperti ngebenerin ban bocor pakai tambal karet. Tapi lo tambal setiap minggu. Ban masih jalan, tapi lu hidup dalam kecemasan dan biaya kecil yang tidak pernah berhenti. Dalam skala negara, biaya kecil yang terus-menerus bisa lebih mahal daripada perubahan besar sekali. Tapi perubahan besar itu butuh keberanian dan kepemimpinan yang siap dimaki. Jepang bukan negara tanpa kepemimpinan. Tapi sistem politik mereka cenderung menghindari konflik besar. Dan ini bukan hinaan. Ini realitas. Ketika budaya menilai harmoni sosial tinggi, kebijakan yang memicu gangguan massal akan selalu sulit lolos. Bahkan jika kebijakan itu benar secara teknis, sekarang supaya cerita ini tidak berubah jadi ceramah, gua mau kasih loan yang lebih keseharian. Bayangkan lu tinggal di Jepang dan lu beli alat elektronik impor yang keren. Misalnya alat kopi atau oven kecil yang viral di internet yang sering masuk FYP karena orang bikin konten estetik kitchen di banyak negara. Lu tinggal colok beres. Di Jepang lu mulai mikir ini 220 volt atau 100 volt. Kalau beda lu beli Travo, lu colok Travo, Traavo itu panas dikit, makan daya dikit, dan jadi barang tambahan di rumah. Ini contoh kecil. Tapi bayangin jutaan rumah melakukan hal yang sama dalam berbagai bentuk. Itulah biaya sistemik yang tersembunyi. Tidak ada yang merasa miskin karena Traavo satu. Tapi jutaan Traavo adalah cerita ekonomi. Contoh lain, bayangkan pabrik yang mau ekspansi tapi jaringan listrik lokal sudah padat. Sambungan baru butuh waktu panjang dan koordinasi antar wilayah terbatas. Pabrik bisa tetap dibangun tapi jadwal molor dan biaya naik. Di dunia bisnis molor itu bukan cuma malu, itu kehilangan peluang. Dan di era AI kehilangan peluang itu setara kehilangan masa depan. Karena AI bukan tren musiman kayak challenge joget yang minggu depan udah diganti challenge lain. AI adalah shift struktural. Data center akan menjadi pabrik baru dan listrik adalah bahan bakunya. Negara yang infrastrukturnya siap akan menjadi magnet. Negara yang infrastrukturnya ruwet akan tetap dapat sebagian tapi dengan biaya lebih tinggi. Nah, di sini gua mau tarik pelajaran yang relevan untuk penonton Indonesia tanpa sok menggurui. Kita sering terpesona dengan hal besar. Gedung tinggi, kereta cepat, bandara megah, proyek viral yang kalau masuk berita langsung bikin orang bilang, "Wah, maju." Tapi fondasi sering tidak terlihat. Fondasi itu listrik, air, jaringan, regulasi. Standar hal-hal yang tidak seksi buat konten Instagram. Tapi fondasi inilah yang menentukan apakah industri bisa tumbuh atau cuma jadi slogan. Dan Jepang mengajarkan satu hal yang agak sadis. Keputusan infrastruktur jarang memberi hadiah cepat. Biasanya yang terjadi justru sebaliknya yang memutuskan akan dimaki dulu. Manfaatnya dinikmati generasi berikutnya. Kalau lu pernah lihat orang bangun drainase dan jalan dibongkar pasti ada yang ngomel. Aduh macet banget. Tapi beberapa tahun kemudian orang lupa dan menganggap itu normal. Jepang tidak melakukan pembongkaran besar untuk listrik. Jadi mereka tidak mengalami kemacetan sosial besar, tapi mereka menanggung beban kecil yang menumpuk. Makanya jangan baca cerita ini sebagai Jepang bodoh. Itu gampang dan malas. Bacalah sebagai. Bahkan negara pintar pun bisa terjebak jika fondasinya sudah terlalu dalam. Bahkan negara maju pun bisa melambat bukan karena malas, tapi karena terlalu banyak hal yang harus dikorbankan untuk berubah. Kalau gua ringkas jadi satu kalimat yang paling jujur. Jepang tidak kalah karena memilih 100 volt. Jepang melambat karena ketika mereka ingin berubah, harga perubahan sudah lebih mahal daripada yang bisa ditanggung sistem politik dan sosial mereka. Dan di dunia yang bergerak cepat, melambat itu cukup untuk tertinggal dalam beberapa sektor strategis. Tapi gue juga mau jujur, Jepang bukan tanpa harapan. Mereka akan terus berinovasi di atas sistem lama. Mereka akan memperluas kapasitas konversi frekuensi, memperbaiki jaringan, membuat standar baru untuk kawasan industri, dan mengoptimalkan efisiensi. Jepang itu jago bertahan dan jago merapikan. Mereka akan tetap kuat di banyak bidang seperti robotik, material, mesin presisi. Namun dalam arena yang sangat bergantung pada fleksibilitas energi berskala besar, mereka harus bekerja lebih keras dari pesaing yang fondasinya lebih global standar. Dan di sinilah ending yang paling pedas tapi juga paling penting. Colokan listrik 100 volt di rumah-rumah Jepang masih bekerja. Lampu masih menyala, AC masih dingin, hidup tampak normal, tidak ada alarm, tidak ada tanda bahaya. Tapi di balik tembok itu ada biaya tak terlihat yang terus berjalan seperti langganan yang lo lupa cancel. Tiap hari kecil tapi setahun jadi besar. Tiap dekade jadi beban struktural. Jadi pertanyaannya bukan lagi kenapa Jepang enggak berubah. Pertanyaannya lebih menyeramkan. Kalau lo jadi mereka dengan sistem yang masih jalan, masyarakat yang nyaman, dan risiko politik yang gila-gilaan kalau bikin perubahan, apakah lo akan berani menekan tombol riset atau lo juga akan bilang, "Ya udah jalan aja sambil berharap dunia menyesuaikan diri dengan lo." Karena seringki negara tidak jatuh karena keputusan yang salah. Mereka melambat karena terlalu lama mempertahankan keputusan yang dulu benar. Dan saat mereka sadar, mereka baru sadar juga bahwa waktu adalah sumber daya yang paling mahal. Bukan yen, bukan dolar, tapi waktu. Dan waktu seperti kuota internet pas lagi butuh habisnya suka diam-diam. Kalau lu ngerasa cerita ini nyentil, itu wajar. Karena sebenarnya ini bukan cuma tentang Jepang, ini tentang semua kita yang suka menunda perubahan fondasi karena takut sakit sebentar lalu tanpa sadar membayar rasa sakit kecil selamanya. Dan kalau ada satu hal yang bisa kita pelajari dari colokan di dinding itu, mungkin ini masa depan sering ditentukan bukan oleh ide yang paling keren, tapi oleh fondasi paling membosankan yang kita bangun hari ini. Kalau lo pengin, di video berikutnya kita bisa ngomongin hal yang lebih nendang tapi masih satu keluarga. Kenapa Jepang punya dua frekuensi itu seperti punya dua bahasa di satu negara? Dan kenapa ini bisa bikin krisis energi jadi lebih parah ketika bencana datang? Atau kita bisa bahas bagaimana standar global bisa bikin satu negara jadi raja ekspor, sementara negara lain kejebak pasar domestik dan kena Galapagos versi industri. Tulis di komentar lo pengen yang mana dan kalau lo enggak mau ketinggalan pembahasan yang kayak gini, ya lo tahulah. Tombol subscribe itu enggak pakai travo, tinggal pencet aja. Yeah.
Resume
Categories