Transcript
pkdyxT2HmEQ • DON'T BELIEVE IT!! 1 YEAR OF PRABOWO-GIBRAN: IS IT ALL GOOD? BENNIX'S HONEST REVIEW!!
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/Bennix/.shards/text-0001.zst#text/0470_pkdyxT2HmEQ.txt
Kind: captions Language: id Good News Indonesia. Ya, sekarang Indonesia udah resmi nih 1 tahun berjalan bersama presiden terbaru kita ya, Presiden Prabowo. Jadi gak nyangka ya waktu berjalan begitu cepat ternyata lu udah nambah tua 1 tahun nih. Karena Prabowo resmi di tanggal 20 Oktober 2025 kemarin dia sudah menjabat selama 1 tahun di Indonesia sebagai presiden. Dan ternyata banyak pencapaian-pencapaian yang baik yang luar biasa loh dari Presiden Prabowo selama menjabat 1 tahun yang singkat itu. Loh, kok bisa ya? Tentu aja ya karena yang keluarin beritanya juga media-media yang mungkin ya lu udah tahulah udah shake handeh hand nih sama pemerintah. Karena perintahnya gini nih. Lu lihat nih Kompas 1 tahun Prabogibran sudah ada 8 pabrik terbangun nilai triliunan. Goodw JPNN.com 1 tahun pemerintahan Prabowogibran, pembangunan manusia dan kebudayaan meningkat. Wow. Lebih hebat lagi nih investor.id guys. 1 tahun ya pemerintahan Prabowo ya menurut ID Food ya kita sudah berhasil swaembada pangan. Luar biasa. Tapi kan ini kata media-media yang pro pemerintah. Lu udah tahulah kalau Benix ini netral. Jadi kita enggak percaya tuh hasil survei. Ada survei versi BPS. Hah? Hari gini ada survei versi Kompas versi Tempe bacem. Aduh enggak percaya kita makanya bikin survei sendiri. [musik] So, lu penasaran enggak sih gimana sih hasil survei Benix? Karena udah ada 10.000 Ribu manusia nih rakyat Indonesia yang memberikan suaranya terkait tentang kepuasan dia terhadap 1 tahun pemerintahan Prabowo. Lu penasaran enggak sih follower Benix itu mayoritas haters, pro, senang, happy, bahagia, atau sebel banget nih sama si Prabowo nih. Makanya lu jangan skip video ini. Yuk kita cek hasil survei Bicik seperti apa. So, jangan ke mana-mana. Let's check this out. [musik] Jadi, teman-teman bisa lihat ya di YouTube kita udah bikin survei di YouTube Community Benix. Ada 4.600 manusia yang isi votingnya. Dari tingkat pertama sangat puas 13%, puas doang 46%, tidak puas 31% dan sangat tidak puas 10%. Jadi ini betul-betul e murni ya, enggak ada settingan karena gua juga enggak punya jempol sebanyak itu. 4.600 bikin account palsu, bikin handphone baru. Aduh, capek banget. Enggak, ini real. 4.500 orang isi hasil survei, ternyata 46% bilang puas. Dan 13% itu isi sangat puas. Artinya follower Benix di YouTube 4.600 orang hampir 60% loh menyatakan puas. Wei juga nih. Ternyata mayoritas penonton Benix puas lu terhadap kinerjanya Presiden Prabowo. Ya, good job lah. Terus gimana kalau di Instagram? Di Instagram per detik ini yang udah isi polling itu ada 6.093 manusia. Artinya ya kalau ditotal sama YouTube tadi udah 10.000 orang lah. Di sini kita lihat ya sangat puas ada 22%, puas doang 38%, tidak puas 27%, lalu yang terakhir sangat tidak puas ada 13%. Nah, kalau di tootal yang sangat puas dan puas itu adalah 22% + 38% hasilnya 60%. Artinya mayoritas follower Benix puas dengan kinerja Prabowo. Tapi lu penasaran enggak sih alasannya apa sih mereka itu puas sama kinerjanya Prabowo? Ya gua sih enggak percaya tuh alasan-alasan yang ada di Kompas lah, Tempe bacem lah dan enggak ada. Itu kan media. Gua pun enggak yakin itu murni. Tapi kan Benix itu netral guys. Jadi kita lihat ya kita baca nih dari yang puas dulu ada Akbar Mo 142. Dia bilang dia puas karena pertumbuhan ekonomi stabil diangka sekitar 5%. Meskipun targetnya jauh lebih tinggi tapi dia puas. Yang kedua, inflasi terkendali sekitar 2,6%. Ini kok datanya bagus juga ya? Dia kok bisa tahu ya 2,6%. Ini menjaga daya beli masyarakat. Yang ketiga, paket stimulus dan program sosial berhasil menjaga ekonomi dan membantu rakyat. Empat, pemerintah perbaiki tata kelola dan percepat digitalisasi pelayanan publik. Ini ada salah satu contoh simpel lah di gua ee kemarin tuh menaker ya, ada bikin program magang. Kita juga perusahaan kita, salah satu anak perusahaan kita itu ikut apply di situ. Ternyata prosesnya cepat langsung dapat 5 CV ya. kita bisa langsung hire. Wah, luar biasa nih. Yang kelima, fokus pada pengentasan kemiskinan lewat program makan bergizi dan bantuan sosial. Ya, ini real ya. Gua lihat MBG memang banyak yang keracunan ya. Betul. Tapi lebih banyak lagi yang happy karena ternyata mereka bisa dapat makanan bergizi gratis, mengurangi beban keluarga dan ya menstandarisasi ya supaya makin sedikit orang Indonesia yang kurang gizi. So, this is a good thing. Tapi kita cek yuk satu-satu apa betul pertumbuhan ekonomi naik? Ya, ternyata kalau kita bandingkan ya, kita sudah masuk triwulan kedua 2025 itu naik 5,12%. Karena sebelumnya di 2024 pertumbuhan Indonesia cuman 5,05%. Artinya benar pertumbuhan ekonomi kita ada kenaikan tapi ya kecil cuman sekitar 0,07% guys. Jadi ada kenaikan tapi kecil gitu loh. Ini moga-moga dengar nih yang di luar sana nih bahwa betul naik tapi kecil. Makanya dampaknya itu belum terlalu kerasa ya. Yang kedua, kita mau bahas nih soal inflasi. Tadi dia bilang inflasi. Kita lihat ya September 2025 inflasi kita di 2,65% ya. Kalau kita bandingkan dengan 1 tahun lalu, September 2024 inflasi kita itu 1,8%. Jadi kalau dibilang bagus atau enggak inflasi enggak juga karena naik ya inflasi naik tapi masih di angka yang cukup oke. Lu pasti ngerasa lah harga barang-barang naik ya di 2024 itu ekstrem loh. Tapi di 2025 naik tapi stabil. Udah enggak ada lagi kenaikan yang jomplang terlalu ekstrem. Karena faktanya memang inflasi naik dari 1,84 di September 2024 ke 2,6% di September 2025 naik. Tapi masih stabil di range 2,5 2,6%. Terus paket stimulus ke rakyat. E gua penasaran nih gua jadi cross check nih komentar ini. Bener enggak sih paket stimulus ke rakyat? Yang pertama ada program magang buat lulusan perguruan tinggi. Jadi buat fres graduate boleh magang digaji sama negara ya. Ini ada 20.000 penerima manfaat. Oke this is a good thing. Betul. Valid. Cek. gua juga termasuk yang daftar di situ. Jadi, gua bisa bilang ini valid. Nah, yang kedua ya soal serapan PPH 21 PPH di tanggung paremintah ini gua enggak tahu sih sampai detik ini benar atau enggak sih, Teman-teman. Kalau yang di industri pariwisata bisa komentar enggak di bawah ini benar enggak sih negara mensubsidi pajak kalian kalau lu bekerja di sektor yang berhubungan dengan pariwisata? Lalu yang ketiga ada bantuan pangan ya 2 bulan ya buat 18 juta keluarga di Indonesia dananya R triliun ya. Faktanya memang ini sudah dijalankan tapi masih dalam proses. Jadi ada bantuan pangan tuh 10 kg beras buat rakyat di Indonesia. E memang ini belum semuanya merata atau menyeluruh tapi sambil berjalan ini memang sudah dibagikan dan masih dalam proses. So ya valid nih. Yang keempat ini ada bantuan nih buat driver online. Jadi ada bantuan dari iuran JKK, iuran JKM bagi pekerja bukan penerima UPA alias BPU. Ini contohnya mitra-mitra ojol lah. Transportasi online logistik. Mereka itu ditargetkan ada 730.000 orang yang terima anggaran ya. ini sekitar R6 miliar. Ini gua juga enggak bisa cross check nih. Gua enggak tahu benar enggak lu udah dapat anggaran ini. Gua enggak bisa bilang ini salah atau betul karena gua enggak tahu. Lalu ada program manfaat layanan tambahan perumahan. Panjang banget intinya buat program perumahan punya BPJS Ketenagakerjaan buat 10.50 unit rumah. Targetnya anggaran R150 miliar. Ini gua juga enggak tahu nih benar apa enggak. Jadi gua enggak bisa bilang iya. Lalu yang keenam ada program padat karya tunai. Jadi cash for work. Jadi di Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Perhubungan itu ada sekitar 600.000 R000 orang yang bakal dapat duit cash dari negara. Jadi total budgetnya sekitar 5,3 triliun. Nah, ini gua bisa bilang kalau ini benar karena gua udah lihat ada beberapa orang yang terima dari negara, dapat bantuan subsidi cash dari negara. Jadi, ini valid, sudah ada bantuan dari pemerintah buat beberapa pekerja di sektor di industri tertentu. Yang ketujuh katanya ada percepatan ya, deregulasi. Jadi banyak peraturan-peraturan pemda, birokrasi di kementerian, lembaga yang dikurangin. PP nomor 28 yang katanya di 50 daerah itu udah makin cepat, makin murah, makin efisien. Faktanya apakah betul OSH semakin mudah? Ee gua enggak tahu. Jujur gua enggak tahu. Gua enggak bisa bilang ini makin bagus atau makin buruk gua enggak tahu. Ayo yang kedelapan katanya ada program perkotaan ya buat ini pilot project-nya di Jakarta. Ee peningkatan kualitas ya pemukiman dan penyediaan tempat buat UMKM ya geek ekonomi ini buat mereka bisa bekerja berkarya lah. Anggarannya gede loh 2,7 triliun. Pilot prajiknya di Jakarta. Jalan enggak ini? Gua juga enggak tahu. Gua enggak pernah lihat nih barang nih benar apa enggak. Jadi ya bisa dibilang beberapa program yang mau dijalankan sama Prabowo gua lihat ada yang bagus, ada yang sudah dijalankan, ada yang sedang dijalankan. Tapi ada juga yang gua belum lihat atau mungkin gua juga enggak update. Atau mungkin teman-teman yang lebih tahulah, benar enggak sih program-program ini udah dijalanin sama si Prabowo. Terus kita bicara soal kemiskinan. Tadi ada yang bilang kemiskinannya turun. Salah satu komentator bilang kemiskinannya turun. Benar atau enggak? Ya kita lihat aja. Tahun 2024 kemiskinan itu 8,57%. tahun 2025 kemiskinan itu menjadi 8,47%. Jadi angkanya cantik banget ya. Turunannya 0,1%. So, kalau berdasarkan data ya kita percaya data ini anggap saja betul tingkat kemiskinan turun 0,1%. Oke oke oke. Next kita baca komen. Ada si Supan Suri. Dia bilang dia puas dengan kinerja Bapak Prabowo. Yang pertama program SASada Beras mulai terasa di masyarakat. Ini masyarakat yang mana nih? Lu yang benar lu terasa gimana? Setahu gua harga beras mahal nih. Tapi memang di tingkat petani kalau masyarakatnya petani sasama ada beras menguntungkan petani karena mereka sekarang gampang bertani. Menguntungkan jadi petani. Jadi betul. Yang kedua, pemberantasan korupsi mulai terlihat ya. Kita sudah mulai melihat banyak koruptor-koruptor ditangkap nih sama Jaksaagung nih. Mantap Mr. Burhanudin. Yang ketiga, banyaknya program bantuan masyarakat miskin ya. Tadi salah satunya gua sudah mention ya. Benar loh. Ada pbagi-bagi beras ke daerah-daerah ke raket-raket miskin itu betul. Lalu yang keempat, berani me-resavel Menteri Keuangan. Y ini lagi ngomongin agen ya. Ini pasti fakta lah. Lu semua udah tahu dipecat tuh orang. Nah, yang kelima mendengarkan aspirasi masyarakat. Ya memang namanya presiden ya, dia harus dengerin aspirasi masyarakat. Ini enggak hebat mah ini memang ya normalnya begitu. Kalau dia enggak dengar budek berarti salah pilih orang loh. Harusnya suruh tes kesehatan dulu. Jadi memang ini normal-normal aja ya. Presiden mendengarkan aspirasi masyarakat bukan aspirasi mafia oligarki di luar sana. Bagus. Tapi kita cek deh pernyataannya sian ini benar. Teng gua Indonesia swasembada pangan. Di Januari sampai Oktober 2025 produksi beras kita itu sudah 31,2 juta ton. Jauh lebih besar dibandingkan 2024. Januari sampai Desember itu cuma R juta ton. Jadi memang ada peningkatan dan memang produksi beras kita walaupun belum tutup tahun loh masih ada Oktober, November, Desember ternyata ya produksi beras kita itu udah jauh lebih tinggi dibandingkan 6 tahun terakhir. Sosada pangan itu real. Betul. Sayangnya mafia beras itu ada. Walaupun kita suasada pangan sama kayak sawit ya tahun 2022, wah produksi sawit gitu tinggi tapi sawitnya langka, harganya mahal. Itu juga lagi dikerjain habis habisan nih Indonesia nih. Produksi berasnya naik malah harga berasnya mahal. Enggak masuk akal. Sedih deh. Sedih. Nah, soal pemberantasan korupsi tadi Supyansanuri soal luar biasa dia bahas. Coba kita kupas aja benar enggak sih? Oke. Ada delan kasus korupsi yang berhasil diungkap loh di eranya Presiden Prabowo. Pertama, korupsi tata kelola minyak mentah dan produk kilang. Jadi ada hubungannya dengan Pertamina dan Menteri favorit kalian itu. Yang kedua, suap putusan perkara ekspor CPO yaitu yang duitnya triliunan di PJ. Gua bilang berkali-kali ya, salah satu delan tuntutan Benix R denominasi itu lu harus laksanakan supaya duit Rp100.000 nilainya triliun yang disimpan di belakang tempat tidur. Karena redenominasi Benix mencoret 03 biji di belakang angka itu duit Rp100.000 hilang jadi 100. Cetek duit baru 100 perak. duit lama otomatis enggak berlaku. Koruptor itu bakal pusing, Guys. Lu memang boleh bilang, "Pak, ada orang korupsi simpan emas?" Ada. Memang ada orang korupsi simpannya dolar Singapura. Ada banyak. Tapi percayalah, jauh lebih banyak lagi koruptor tuh simpan duit dalam bentuk E. Bentar, Guys. Bentar, Guys. Sebelum kita lanjut videonya. Halo goodis guys. Teman-teman investor Benix Investor Summit 2025 akan segera diselenggarakan di bulan Desember 2025 di Swiss Bell Solo. Jadi buat teman-teman yang pengin segera diskusi, ketemu, dan interaksi langsung ya, karena kita bakal membahas tiga sektor penting. Yang pertama terkait energi, yang kedua terkait bisnis logistik, dan yang ketiga ada sektor spesial nih dengan pembicara yang spesial juga karena ya [musik] cuannya gede banget nih, Guys. Nah, buat d yang penasaran dan pengin segera ikutan di event acara offline spesial Benix cuman ada 1 tahun sekali yang namanya Benix Investor Summit 2025. Yuk, segera daftar sekarang juga nih sebelum terlambat karena kita lagi ada promo diskon 30% sampai tanggal 30 Oktober 2025. [musik] Ingat ya, diskon 30% ini diskon terbatas cuma buat 10 orang pertama. Dan ingat, kursinya juga terbatas karena cuman ada 50 kursi, [musik] Guys. Total kursi yang kita sediakan. So, siapa cepat dia dapat. Sampai ketemu di Solo ya, Guys. Bulan Desember 2025. Benix Investor Summit 2025. segera datang lagi. Segera daftarkan dirimu sekarang juga sebelum terlambat. Ingat, ini acara eksklusif yang kita selenggarakan private dan sangat intim. Kita bisa berinteraksi full nih selama 24 [musik] jam karena acaranya diselenggarakan selama 2 hari dari hari Sabtu sampai hari Minggu, dari jam 09.00 pagi sampai malam. So, tunggu [musik] apaagi? Segera daftarkan dirimu sekarang juga di nomor WhatsApp yang ada di bawah ini. Sampai ketemu di Solo, Guys. Bye bye. Tapi percayalah, jauh lebih banyak lagi koruptor tuh simpan duit dalam bentuk rupiah di belakang kasurnya, di fas-fas bunga, di ruang tamu, di bawah sofa, di bawah tempat tidur. Percayalah ini bakal panik nih kalau dijalankan program redenominasi Benix. Langsung hilang 3ol duit yang lama Rp100.000, nolnya ada tiga itu hilang. panik mereka duitnya jadi enggak berlaku. Terpaksa mereka harus bakar itu duit karena udah enggak berlaku atau kasih ke bank ngaku bersalah siap diiskon 70% di Sita Negara. Mantap enggak? Makanya lu harus dukung tuh delan tuntutan Bix. Lalu apa lagi yang diungkap? Korupsi pengadaan laptop Chromebook. Wah memalukan ini, Guys. Sedih ya. Padahal kita berharap kualitas pendidikan makin baik eh tapi ternyata disikat sama koruptor. Lalu korupsi kuota haji yang keempat. Yang kelima ada korupsi sertifikasi K3. Lalu yang keenam ada korupsi dana CSR, Bank Indonesia dan OJK. Wah, akhirnya ada yang berani ngungkap ya selama ini gua kira malaikat itu berkantor di Bank Indonesia loh. Tapi di sini terbuka mata gua gitu loh. Gua syok loh. Terus terang gua syok banget. Kok bisa-bisanya ya ada koruptor di Bank Indonesia? Gua enggak percaya, Guys. Betul enggak sih? Ini malaikat loh itu isinya Bank Indonesia. Lalu yang ketujuh, ya korupsi di Bank BJB ini, bank daerah. Yang kedelapan, korupsi terkait pemberian kredit di Srix. Ini perusahaan tekstil nih, terbesar di Jawa Tengah ya. Kita lihat aja ujungnya gimana. Karena semua masih dalam proses sidang. Tapi yang paling penting yang gua pengin lihat sih ada koruptor yang dihukum mati sampai detik ini enggak ada. Bisa enggak ya Prabowo mewujudkan cita-cita rakyat Indonesia bukan cuma bandar di hukum mati. Merusak berapa orang sih? Mungkin satu sekolah, mungkin satu SMP, mungkin satu kecamatan, mungkin satu kelurahan. Tapi koruptor, Guys, itu merusak 300 juta penduduk Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Dampaknya itu sampai lintas generasi sampai anak lu, sampai cucu lu terdampak dengan koruptor itu. Makanya koruptor itu lebih kejam, Guys, dibanding pembunuhan. Lebih kejam dibanding mafia nar koruptor. Itu merusak sampai anak cucu lu. Makanya mereka itu wajib dihukum mati. Sayangnya Prabowo sampai detik ini gua enggak ada lihat dihukum mati. Lu setuju enggak sih Prabowo? Tunjukkan sih nyali lu menghukum mati koruptor. Dan kalau lu berani ya menghukum mati koruptor, gua yakin ya Prabowo jadi presiden 8 periode. Lu setuju enggak coblos Prabowo berkali-kali sampai kali lipat kalau dia berani hukum mati koruptor? Kalau gua setuju sih coblos Prabowo jadi presiden delan kali berturut-turut. Lu setuju enggak? Terus kita mau bahas lagi soal mendengarkan aspirasi. Ya coba lah kita cek. Pas gua cek ya di tribun Banyumas memang benar Prabowo mendengarkan aspirasi rakyat. Prabowo mengumumkan DPR dicabut tuh tunjangan buat kunjungan luar negeri. Jadi ya didengerin nih sama si Prabowo nih. Prabowo juga udah minta sama Puan soal RUU Perampasan Aset. Tolong segera dibahas. Memang itu haknya DPR. Itu kan tugasnya DPR ya buat bikin undang-undang. Lalu ada Indoposco KID. Prabowo mendengar aspirasi lu. Lu masih ingat enggak kita pernah bikin video loh soal PPATK ini terlalu jenius apa gimana ya? Ada rekening-rekening kok malah dibekukan ya sama kejeniusan mereka ini. Seolah-olah buat mencegah apa katanya judi online. Judi online. Eh goblok yang lu blokir itu judi bandar judinya. Kenapa jadi rakyat-rakyat ini jutaan rakyat rekening lu blokir? Bikin repot aja nih orang nih. Tapi ya Prabowo untung yang mendengarkan video kita. Untung yang mendengarkan aspirasi rakyat. Karena Prabowo langsung kasih perintah buat dibuka tuh rekening-rekening yang selama ini difreeze. By the way kita juga salah satu korbannya. Ada rekening kita di salah satu Bank India itu di freeze. Brengsek emang. Tapi ya udahlah, karena kalau cita-citanya baik katanya mau memberantas judi online, gua rela, gua rela gitu ya. Rekening kita yang memang jumlahnya itu gak nyampai Rp1 juta itu direze gitu loh. Jadi ya memang rela. Cuman pertanyaannya ya berapa banyak orang yang dikali berjuta-juta rekening yang di freeze itu yang enggak bersalah tapi terdampak? Padahal lu mah bisa lihat ini si judi online, ini mafia, ini bandar, lu bisa tahu kok. Kenapa enggak rekening dia aja yang lu freeze kan gitu ya. Dan faktanya sampai saat ini apakah judi online hilang dari muka bumi Indonesia? Tidak. Gua masih sering lihat orang-orang di pinggir jalan satpam ojol. Eh gila main judi online setiap hari. Gua lihat betul-betul sedih Indonesia nih. Gila l duitnya ribuan triliun habis hilang ke Kamboja. Gila ya Indonesia ini capek-capek dapat duit bansos BLT. Eh duitnya dipakai buat memperkaya rakyat Kamboja. Ya lama-lama memang paling benar lu pindah aja ke Kamboja buka usaha lu disubsidi pakai duit rakyat Indonesia deh. [tertawa] Gila memang nih. Bisa-bisanya dibiarin. Judi online tolonglah Presiden Prabowo ini dibinasakan. Ini judi online sangat meresahkan loh. Percuma si Purbaya bagi-bagi duit R00 triliun. Percuma kalau duitnya sampai ke bawah pakai judi online lagi. Memperkaya mafia Kamboja. Buat apa? Ayolah. Masa enggak bisa diberantas judi online ini? Betul-betul negara kalah loh sama bandar judi ini kan bodoh banget loh. Kecewa gua di sini. Kecewa banget. Next. Masih ada lagi nih yang puas nih. Siapa nih namanya? Enggak kelihatan. Intinya dia bilang puas karena saya pelaku dari kebijakan MBG. pengin nangis rasanya ngelihat teman-teman yang ngelamar kerja di MBG. Oh, ini berarti karyawan di dapur ya kali ya? Atau kepala dapur atau chef atau akuntan atau ahli gizi. Intinya dia bilang, "Antusias sekali. Di awal-awal kami gampang nyari tenaga kerja. Dalam sehari ke-cover lah tenaga kerja untuk satu dapur MBG. Makin ke sini kami mulai bisa mencapai kuota penuh dalam waktu 4 hari karena sudah banyak tenaga kerja yang terserap. Oke, good news. Jadi benar ya, MBG ini menciptakan lapangan kerja. Nah, gua udah pernah bikin analisisnya bahwa satu dapur SPPG itu bisa menyerap 50 tenaga kerja. Nah, hari ini ada 11.000 dapur SPPG yang artinya kalau lu kali 50 ya ada 500.000 tenaga kerja yang diserap. Kalau ada 100.000 SPPG dapur yang jalan, artinya ada 5 juta tenaga kerja yang diserap. Jadi memang ini sisi yang sangat baik loh dari penciptaan lapangan kerja karena satu kitchen bisa menyerap 50 orang buat tenaga kerja. Belum termasuk vendor-vendornya yang supply ke kitchen. Kita belum ngitung di situ ada petani beras. Di situ ada petani sayur, ada petani jeruk, ada peternak ayam, nelayan yang kalau kita hitung yang satu dapur itu suppliernya bisa sampai 15 supplier UMKM nih. Yang artinya kalau satu supplier punya 15 tenaga kerja, artinya satu dapur menciptakan 225 tenaga kerja yang tidak langsung karena enggak kerja di dapur. Karena dia kerjanya di supplier MBG. Artinya ya, kalau kita punya 100.000 kitchen, total tenaga kerja yang diserap itu lebih dari Rp22.500.000 tenaga kerja. Makanya ya kalau dibilang MBG ini program yang bagus buat perekonomian rural area atau pembangunan ekonomi di daerah-daerah yang terpencil. Ya, gua setuju sih. Makanya lu jangan heran ya kalau lu lihat di berita ada di CNBC, ada di detik Finance ya, program MBG memang diam-diam udah serap lebih dari 600.000 tenaga kerja. Kalau ini gua percaya memang sesuai dengan perhitungan yang kita bikin juga valid. Cuman ya sayangnya ya MBG ini juga kurang pintar juga dalam membuat komunikasi publik. Jadi yang keluar ke publik MBG ini kayak musuh bikin makanan beracun gratis. makan beracun gratis. Padahal yang beracun itu tadi juga gua pernah bilang cuma 0, sekian persen gitu loh yang beracun. Karena ya memang faktanya mayoritas ya baik-baik aja itu sih. Cuman ya memang BGN ya sayangnya ya memang kurang baguslah bagaimana cara dia menyampaikan komunikasi dan kinerjanya. Kalah jauh lah sama timnya Purbaya lah. Benix aja sampai bikin 17 video sama Purbaya. [tertawa] Besok-besok gua enggak mau bikin lagi deh videonya Purbaya. Udah cukuplah ya. Udah capek juga gua. Kita kembali bahas investasi. Setuju enggak kalian? Dan ini terbukti ya. Jadi di tahun 2024 ya kita ngomongin tingkat pengangguran ya, bukan kemiskinan. Tadi kan kemiskinan turun 0,1%. Tingkat pengangguran di tahun 2024 itu 4,91% Guys. Nah, tingkat pengangguran di tahun 2025 ini data terakhirnya Februari loh. Jadi udah jalan nih MBG sebetulnya jauh lebih banyak hari ini. Tapi tahun 2025 aja di bulan Februari tingkat pengangguran sudah turun dari 4,91% ke 4,76%. Jadi memang terbukti bahwa ya MBG menciptakan lebih banyak lapangan kerja dibanding misalkan lu bikin projject kereta cepat ke neraka gitu ya. Udah besinya dari Cina, keretanya dari Cina, menciptakan lapangan kerja di Cina. Iya betul. [tertawa] Jadi ya itulah memang ya duit ratusan triliun pergi ke Cina gitu kan ya. Good news buat si Jimping and the Gang gitu ya. Buat Indonesia not so much yang ada bayar utang dan bunga. Brilian Bomn di Indonesia memang isinya kalau enggak orang tolol ya sobat neraka lah gitu loh isinya. Anyway, gua juga mau bahas gini loh. Kita kan harus netral. Memang ada prestasinya lah si Prabowo ini lah. Jujur ya menurut gua 1 tahun Prabowo lu udah tahulah gua kan investor ya. Nanti gua kasih pandangan gua di akhir video ini. Tapi ada juga kritikan ya saran buat Presiden Prabowo. Masih ada rakyat kita yang enggak happy. Contoh si Gunawan Arnold tuh bandar judul belum ditangkap. Good news Arnold. Thank you ya. Lu udah suarakan harga BBM mahal kualitas buruk. Setuju. Brengsek memang memang menteri kita itu harus diavel tuh Pak Prababawa. Please diavel lah. Cuman dia terlalu kuat ya di partai kuning ya. Lalu ada juga ekonomi kita sangat lemah menurut si Arnold karena realitanya memang duit itu kering. Makanya si Purbaya sampai harus turunin R00 triliun karena dia melihat realita itu. Kalau dia melihat duit itu banjir di raket, dia enggak bakal turunin itu duit. Jadi memang betul yang dibilang ekonomi sangat lemah. Tapi ingat ya, semua itu ada proses. Kita melihat makin ke Desember juga bakalan makin baik. Peredaran duit di rakyat gua yakin akan makin naik tinggi. Lalu ada Okerana itu dia bilang apa? Urusan bersih-bersih masih belum ada yang dihukum mati. Eh, nih setuju nih gua tadi gua udah bilang tuh koruptor itu harus dihukum mati, Guys. Bukan dikasih hukuman penjara. Enggak kasih hukuman mati. Udahlah senang mereka juga hukuman mati dibanding menderita di dunia ini. Kan katanya kalau mati masuk surga di sana lebih enak, makanannya banyak, udaranya bersih, enggak ada polusi, enggak bisa ditabrak orang, enggak ada busway. Jadi, udahlah kasih mereka hal yang lebih indah. Hukuman mati masuk surga kok mereka ini. Terus di sini ada tanggapan didik dari didik S. Jafar, tidak ada penyelesaian konkret terkait korupsi. Yes. Kita butuh penyelesaian konkret terkait korupsi. Kita apresiasi Kejaksaan Agung tangkap, tangkap, tangkap gelar perkara banyak kasus koruptor nomor wahid dikarungin sama jaksaagung sampai dia diancam ya sama oligarki. Ya kita senanglah tapi tolong ada penyelesaiannya lah yang konkret bagus nih. Terus ada Al Sanchez. Saya puas tapi lowongan kerja belum tercipta banyak. Oh berarti dia coblos puas laangan kerja belum tercipta banyak. Betul. sambil jalan ya proses ya kita melihat ya segala sesuatu yang yang lagi diusahakan sama pemerintah, program swas sembada pangan, program bagi-bagi duit, subsidi pajak dan lain sebagainya itu lagi berjalan. Jadi enggak bisa instan juga sih, tapi lu bakal segera lihat dalam 6 bulan sampai 9 bulan ke depan itu jadi kenyataan. Gua sangat yakin dengan itu. Nanti gua kasih tahu juga alasannya. Lalu ada Mister Yab. Mister Yab enggak puas nih karena masih banyak preman dan pungli. Oke, ini good, good, good, thank you. Ini banyak takut-takutin investor kita, pengusaha kita, pebisnis di Indonesia. Ngeri mau bisnis profit juga belum. Udah dipalak sama ormas. Ormas segala warna lagi merah, kuning, hijau, biru, ungu semua adalah semua minta duit. Please Pak Prabowo ini diberantas nih preman punguli-punguli ini. Ini sangat meresahkan sih. Enggak jangan dibilang itu sebagai cita rasa Indonesia gitu ya. Kayak ada menteri yang bilang, "Lu minta jatah THR, preman." Itu kan tradisi Indonesia goblok. Itu memang orang itu. Enggak begitulah. Kita harus kasih tahu ya negara kita ini negara hukum. bahwa malak-malak itu tindakan premanisme harus dipenjara. Di zaman Soeharto ditembak mati itu selesai. Ya, kenapa enggak kita lakukan yang sama? Mereka ini kita perbantukan untuk program food estate di Papua. Pasti cita-cita mereka itu jadi berguna buat bangsa dan negara. Kirim ke Papua. Selesai itu masalah masalah pangan kita, masalah pupuk kita. Selesai. Udahlah preman dan pungli ini berdayakan kirim ke food estate. Selesai. Anyway, guys, kita udah masuk ke akhir video ini. So, lu penasaran enggak? Benik 1 tahun Prabowo ini happy atau tidak happy, bahagia atau tidak? Ya simpel aja lah. Soal swas pangan gua setuju kita juga punya data. Memang data kita bagus, tapi memang SASM pangan kita real. Bahkan gua yakin ya FAO ya, PBB bakal kasih penghargaan lagi nih Agricola nih buat mentan kita atau Presiden Prabowo kita. That's a good thing. Tapi ada one thing lagi nih, ada buntutnya yang enggak menyenangkan. Ternyata harga beras enggak turun. Mahal bahkan. Makanya lu lihat ya, harga pangan naik Oktober 2025 di Madiun. Terus ada lagi di Bali. Harga gula, minyak, bawang naik. Itu sasembada sebelah mana nih? Ujung neraka yang mana nih? Ada sasembada pangan. Terus di sini ada antara harga bahan pokok naik di Ambon. Wapres sampai harus turun. Waduh sedih gua ngelihatnya. Wapres sampai harus turun. Lu benar-benar enggak sopan sampai Wapres harus mengarahkan potong rantai pasok. Lalu ada lagi nih Kompas dia bilang harga kebutuhan pokok naik. Masyarakat berharap ekonomi membaik. Berarti kan mahal. Terus was pangan ini siapa yang merasakan? Ya itulah akibat negara dikuasai oleh oligarki. Mereka bermain di beras nasional, bermain di pangan kita. Lu enggak tahu BBM kita jadi budak Singapura? Eh, ternyata urusan beras kita juga jadi budak Singapura. Ngeri ya. Apalagi ya soal BBM ya. Lu tahu ya BBM kita ya udah harganya mahal dikorupsi pula. Haduh bodoh banget. Terus impor dari negara sekecil Singapura terus kualitasnya busuk bahkan sampai kompas. Lu lihat ya BBM Indonesia itu terkotor guys di Asia Tenggara. Jadi biang kerok polusi udara. Kualitas BBM Indonesia kompas lagi nih tertinggal dari standar internasional. Sedih. Bahkan tempe bacem nih tumben-tumben tempe bacem ada otak ya. Tapi dia tulis bahwa kualitas BBM di Indonesia itu buruk berdampak pada kesehatan masyarakat. Ya iyalah emang berdampak pada kesehatan tanaman. Enggak. Jadi ini penting. Kenapa? Karena kalau BBM kita kualitasnya rendah, sulfurnya tinggi, orang penyakitan, BPJS itu mahal, ujung-ujungnya pajak lu dinaikin lagi nih. Buat apa? Mensubsidi pejabat-pejabat Pertamina supaya tambah kaya raya. Eh, orang penyakitan bayar BPJS sebagai apa? Pajak juga. Lu sendiri yang disusahin. Makanya kita butuh BBM yang berkualitas. Atau gini aja, langsung stop aja udah impor PBM. Semua orang wajib naik kendaraan listrik. Makanya Purbaya tolong deh di subsidi beli mobil listrik. Jangan subsidi beli mobil bensin yang bikin orang Indonesia tambah miskin dan tambah bodoh karena menghirup polisi kualitas bensin kita yang sangat jelek. Udahlah move on. Kita harus produksi mobil listrik. Harga mati tuh. Terus gimana mau bikin mobil listrik kalau ekosistemnya enggak ada? Karena populasinya enggak cukup. Ya, harus diperbanyak populasinya dengan memperbesar subsidi mobil listrik. kasih insentif orang beli mobil listrik, kasih cashback R00 juta biar makin banyak orang yang beli mobil listrik. Ujung-ujungnya apa? PLN tambah happy batu bara kita dipakai dibanding impor dari Singapura. Kan brilian sih ide itu. Kalau enggak kita setiap tahun berbicara hal yang sama. Subsidi ratusan triliun, salah sasaran, memperkaya Singapura, memperkaya mafia. Aduh, udahlah di sini gua sangat tidak happy di bagian ini. Tapi satu hal yang pasti, channel Benx kan channel investasi ya. Ya, gua sebagai investor, lu udah tahu dong Benix itu kesimpulannya puas atau tidak puas dengan Prabowo. Lu gampang lu tinggal lihat IASG ada di layar kaca. 1 tahun Prabowo apa yang terjadi dengan IASG? Naik 5% guys. Hidup itu simpel guys. Bingix itu sangat simpel. Kalau ISG hijau kita happy. So, kalau menurut kalian gimana guys? Lu happy atau enggak dengan Prabowo? Kalau gua sih sangat happy dan sangat optimis ya. Ekonomi kita bakal tumbuh terus. Apalagi ya kita punya beberapa menteri yang menurut gua ok lah. Memang mayoritas tidak oke gitu. Mayoritas ya bisa juga membantu program food estate lah di Papua. Tapi ya overall gua masih PD ekonomi kita bakal terus membaik. Nah, kalau menurut lu gimana dari lihat 1 tahun Prabowo ini lu masih optimis enggak mimpi pertumbuhan ekonomi 8% Prabowo bakal tercapai? Lalu yang kedua, dengan semua ya berita baik, berita buruk, kinerja Prabowo dan kabinetnya, menurut lu Prabowo bakal resavel lagi enggak? Ya khususnya menteri yang satu itu yang sebel banget gua bikin orang keracunan pakai asap beracun kok bangga banget. Swasbada energi. Sasmada energi dari mana? Subsidi bensin kita makin hari makin banyak. Ini kan pengkhianatan bangsa nih. Masih jauh mending sih Amran SASB pangan. Benar benar walaupun harganya mahal dibandingin satu lagi bilang SASada energi [tertawa] eh subsidi kita makin banyak impor kita dari Singapura. Sedih enggak sih? Ya banyaklah hal yang memang yang harus diperbaiki guys di republik ini. Tapi menurut lu gimana ya? Siapa menteri yang wajib diresavel dan masih optimis enggak lu dengan pertumbuhan ekonomi 8%? Dan yang paling penting nih buat teman-teman semua, lu puas atau tidak puas dengan kinerja Prabowo? Segera isi Benix ya di YouTube dan Instagram Benix. Semoga video ini bermanfaat. Segera subscribe channel Benix kalau lu belum subscribe sekarang juga. Salam sehat. Salam cuan boleh. [musik]