Transcript
9auUYFrUuL8 • 80% Jurusan Kuliah Ternyata Tidak Diperlukan: Evaluasi Pendidikan 2024
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/SatuPersenIndonesianLifeschool/.shards/text-0001.zst#text/0715_9auUYFrUuL8.txt
Kind: captions
Language: id
[Musik]
for those of you who wanted to have
children or already have one this video
could be very useful for
you because we will discuss about the
future of our education in other Words
How will your children go to school in
the future 90% of the current college
majors may not be relevant anymore in
the future and it's already happening
now with many content creators becoming
Rich without having any college
experiences meanwhile there are a lot of
the unemployed people come from
vocational schools or undergraduate
Degrees with specific majors and That's
because one Major human problem
education we don't know what to teach
children Because we don't know what will
be relevant in the next 20 40 Years true
education goes Beyond schools and
requires critical thinking and
entrepreneurship
[Musik]
di zaman sekarang banyak orang yang
bilang bahwa pendidikan sudah tidak
relevan lagi nadiarim saja bilang bahwa
kita memasuki era di mana gelar tidak
menjamin kompetensi kelulusan tidak
menjamin kesiapan berkarya dan
akreditasi tidak menjamin mutu kita
memasuki era di mana gelar tidak
menjamin kompetensi kita memasuki era di
mana kelulusan tidak menjamin kesiapan
berkarya dan bekerja Banyak orang yang
akhirnya bisa menjadi kaya bukan dari
knowledge yang diajarkan Saat kuliah
atau sekolah dan Ini akhirnya membentuk
mindset jutaan anak muda di Indonesia
bahwa sekolah dan kuliah itu Enggak
penting Mendingan jadi cryptros atau
jadi konten kreator aja daripada kuliah
survei pun mengatakan bahwa pekerja
ideal orang Indonesia adalah Jadi
youtuber itulah pekerjaan yang
dicita-citakan oleh anak-anak muda
Indonesia
cita-citanya pengin jadi apa Jadi
YouTubers
pakanya jawabnya jadi
YouTubers akhirnya hipk jeblok juga
dinormalisasi banyak orang mikir hipk2
aja bisa jadi wapres bisa jadi pembisnis
youtuber kuliah akhirnya jadi formalitas
doanguburan dengan gaya kata salah satu
lah menariknya kita bisa aja setuju sama
pernyataan itu karena gini kalau
dibilang kuliah itu penting banyak yang
bilang ya pentingnya kel networking aja
karena organisasi aja bukan karena
pelajaran di kuliah itu sendiri yang
penting enggak perlu kuliah dong karena
kor utama kuliah kan belajar di
perkuliahannya tapi yang penting kok
justru skill di luar kuliahnya
networking-nya organisasinya gitu loh
dan faktanya 80% mahasiswa itu kerja
tidak sesuai dengan jurusan kuliah
mereka yang jadi pertanyaan adalah
ngapain kuliah dan itulah yang gua tanya
nya pada orang-orang juga
[Musik]
ya Kalau untuk pribadi saya sendiri
kuliah itu penting sih Apalagi untuk
usia muda itu sangat penting untuk
menjencang karir juga menurutku kuliah
itu penting karena dengan kuliah itu
kita enggak cuma belajar teori-teori aja
sebenarnya tapi dari kuliah itu juga
bisa belajar bagaimana berpikir kritis
kemudian bagaimana ketika ada masalah
itu kita harus solve yang kayak gimana
Jadi mikir dari masalah itu kira-kira
kita harus apain aja sih ya berpikir
kitis dan juga yang kedua itu melatih
komunikasi kita juga Karena di kuliah
sendiri pasti banyak project-project
apalagi teknik ya project-project atau
kerjaan yang harus dilakukan secara
kelompok Nah itu juga melatih komunikasi
kita kalau aku penting penting banget ya
Meskipun orang yang berpendidikan itu
tuh enggak harus ada gelarnya gitu tapi
kalau untuk pendidikan itu sangat
penting karena aku ngerasa dengan aku
berpendidikan Dan aku hidup di ruang
lingkup dunia pendidikan ya jadi lebih
terbuka aja secara pemikiran
gitu pengalaman dan relasi aku di selama
kuliah di S1 aku dapat pengalaman banyak
terutama di bidang internationional
exposure karena dari kuliah itu aku
enggak cuma belajar aja tapi aku juga
dapat pengalaman dan kesempatan untuk
mengambil event atau program ya program
internasional dengan short program gitu
sih waktu dulu S1 aku dapat kesempatan
untuk SH program di digital
communication di Jerman kemudian
Innovation and decision di Taiwan Selain
itu aku juga sempat dapat kesempatan
untuk ekskursi di Singapura waktu itu
dan dari itu semua aku dapat relasi dari
teman-teman di beragam jurusan di bidang
ilmu yang berbeda jadi ending-nya adalah
sharing knowledge sih sharing knowledge
sama sharing pengalaman perama adalah
ternyata ketika kita meniatkan diri kita
untuk belajar Enggak cuman dari bangku
kuliahnya aja tapi justru yang bikin
Insight baru buat aku tuh kayak
lingkungannya terus teman-temannya
apalagi kan di kampus itu tuh dari
berbagai macam daerah ya Sehingga itu
memberikan Insight baru ke aku Oh
ternyata pendidikan tuh kayak gini ya
gitu sehingga ketika aku sekarang sudah
terjun di masyarakat tuh ya enggak
terlalu Kaget gitu karena memang waktu
zaman kuliah tuh Udah Ee diperlihatkan
sekompleks itu
gitu ketika Gua ngelihat data bahwa ada
80% orang yang bekerja tidak sesuai
dengan jurusan kuliahnya sebenarnya di
satu sisi gua enggak sedih sih ya tapi
gua justru Salut ya cuman Semoga aja
mereka 80% orang yang milih pekerjaan
lain yang enggak sesuai nih ya sama
jurusannya itu bukan karena terpaksa itu
bukan karena enggak ada pilihan bukan
karena misalnya ah Ya udah pekerjaan
yang ada ini gua milih ini Gitu enggak
ya semoga mereka semua memilih yang
bekerja di luar bidang mereka karena
memang itu passion Mere itu gua bisa
respect banget apalagi kalau mereka
Happy ngejalaninnya dan ngasihin duit
dari S W itu sangat bisa direspect tapi
kalau mereka-mereka ini dap 90% ini
terpaksa nih ya kerja di tempat lain
kerja enggak Happy tiap hari lu gitu
terus apa bedanya lu sama zaman
perbudakan zaman dulu gitu zaman Firaun
dulu dan gue juga berdoa sih ya semoga
20% orang nih ya yang milih kerjaan
sesuai jurusan mereka Semoga aja mereka
milih itu bukan karena terpaksa atau
karena uang doang gitu karena li-landi
pertanyaannya sama Apa bedanya El sama
budak kalau misalnya pilihan El dibatasi
tentah oleh apa ya oleh sistem lah oleh
keuangan lu lah atau oleh apapun gitu
1000 tahun yang lalu kita pasti mengenal
sistem perbudakan ya kan Budak itu
biasanya adalah orang yang dipaksa oleh
sistem dipaksa oleh majikannya jadi kata
puncinya adalah dipaksa untuk ngelakuin
sesuatu yang biasanya mereka tuh enggak
suka dan sesuatu itu biasanya adalah hal
spesifik yang dilakukan sumur hidup ya
entah itu jadi H teh seumur hidup urus
sawah seumur hidup ngwon domba seumur
hidup Ya tapi kalau timba-timba enggak
mau si budaknya diapain J dipecut
dihukum ya Dipukul zaman dulu tapi
menariknya sistem pendidikan sekarang
itu enggak jauh beda dengan sistem
perbudakan zaman dulu jadi gini kalau
bisa kita lihat perkuliahan dan
pekerjaan orang-orang saat menjadi budak
korporat dinamakannya aja budak ya kita
biasa didorong untuk ngerjain satu hal
setiap harinya sampai berbulan-bulan
sampai bertahun-tahun dan biasanya kita
juga dipaksa untuk mengikuti behavior
tertentu culture tertentu ni perusahaan
contohnya aja harus hormat dan respek
lah misalnya sampai atasan Kalau ngomong
harus pakai kata-kata tertentu pakai
emote emot tertentu karena kalau enggak
ya lu bakal diapa lu bakal enggak
dipecut sih ya kalau budak zaman dulu
mungkin dipecut gitu Kalau sekarang sih
enggak ya paling dimahin doang Ya
pahit-pahit kalau lu up banget gua
bakal dihukum kalau zaman dulu
dihukumnya ya itu ya pakai bukan pakai
kata-kata kasar tapi pakai hukuman fisik
gitu ya tapi kalau sekarang lu dihukum
ya lu Misa jadi di PHK ya Kanang lu
enggak dapat gaji dan lain sebagainya
menariknya adalah ini mirip-mirip kan
gitu dan Kebayang aja gitu Kalau
misalnya lu udah KPR misalnya nih KPR
rumah atau nyicil mobil mobil dan rumah
lu aja bakal disita gitu kalau lu enggak
bisa bayar karena enggak punya gaji Jadi
apakah kita-kita ini sama dengan budak
zaman dulu ya sebenarnya tergantung
perspektif kalau kita tidak merasa
dipaksa kalau kita menikmati pekerjaan
kita sebagai karyawan sebagai budak
orporat dalam tanda kutip ya enggak
masalah karena kata kuncinya adalah
budak itu dipaksa kalau kita juga bisa
memilih gitu di zaman sekarang ya kata
kuncinya zaman sekarang kita merdeka
bisa memilih entah itu untuk jadi
karyawan seumur hidup entah mau resign
mau bikin side hassle mau bikin bisnis
sendiri Kita punya kemampuan untuk
memilih itu dan budak zaman dahulu tidak
tapi ingat kalau orang zaman sekarang
tidak memilih Purpose mereka seringkiali
orang itu akan Dipilihkan purpose-nya
oleh orang lain dan tentu itu tidak beda
jauh sama budak yang dipilihkan ya
purpose-nya kerjaannya gitu terus
dipaksa untuk melakukan hal tertentu
sampai
meninggal jadi gini orang yang merdeka
itu beda dengan budak orang yang merdeka
biasanya punya Purpose tahu purpose-nya
apa kalau mereka enggak suka dengan
sesuatu ya mereka cabut mereka bikin
Purpose sendiri Enggak mau dipaksa buat
ngelakuin hal tersebut seumur hidup
sayangnya sistem pendidikan sekarang di
sampai tahun 2024 ini menurut gua belum
cukup untuk membasilkan orang yang
merdeka dalam tanda kutip gua enggak
bilang pendidikan itu scam tapi kalau
mindset kita dalam mengikuti pendidikan
mesti ngikut-ngikut doang ya kita bakal
jadi budak gua juga enggak bilang jadi
karyawan itu salah ya gua klarifikasi di
sini kalau lu passionate ya why not
kalau lu merasa enggak dipaksa untuk
mengikuti aturan-aturan culture
perusahaan gitu ya why not bagus ya sih
lu berkontribusi terhadap ekonomi yang
salah justru adalah ketika lu mau-mau
aja dipaksa buat ngelakuin hal yang lu
enggak mau bertahun-tahun atau bahkan
sumur hidup termasuk di dalamnya adalah
kuliah gue suka bingung kadang-kadang
orang yang msain kuliah dan lain
sebagainya kalau enggak suka dia
Mendingan Jan kuliah daripada enggak
habisa-abisin duit makanya sampai
sekarang gua percaya orang itu butuh
pendidikan nonformal di luar pendidikan
formal ya untuk membangun mindset biar
bisa jadi orang yang merdeka karena di
zaman sekarang tangan kita itu enggak
dirantai kita bisa memilih perbudakan
yang terjadi jatuhnya bukan fisik justru
mental dan kalau mental Lu kurang oke ya
lu bakal diperbudak sama orang dan ini
enggak bisa di-achieve ya dengan sekolah
atau kuliah aja dan ini harus diachieve
dengan kesadaran sendiri itu juga kenapa
gua ngebangun 1% gitu ya kenapa gua
bikin YouTube Kenapa banyak dari YouTube
gua gratis dan kenapa gua bikin
kelas-kelas berbayar konseling-konseling
berbayar karena kalau enggak bayar gitu
ya berarti kan enggak ada niat dari
orangnya gitu dan Kenapa banyak video
YouTube yang gratis padahal ini bisa
dijadiin berbayar biar bisa ngasih tahu
ngasih awareless di video ini bahwa lu
tuh bisa loh melakukan hal lebih selain
diperbudak sama orang makanya kali ini
gua bakal ngasih tahu gimana cara biar
lu jadi orang yang merdeka ganteng kuuti
oke kita mulai dengan pertanyaan
sederhana Coba deh lu bisa jawab empat
pertanyaan ini enggak silakan dipuse
[Musik]
ya Nah setelah bertahun-tahun gua
mencoba menemukan kurikulum kehidupan
yang cocok jadi gua tuh dari dulu sampai
sekarang dari 9 tahun lalu tuh gua udah
nyoba bikin-bikin kurikulum kehidupan
Life skills criculum piramida kurikulum
ini yang ini juga udah ditrainingin ke
berbagai macam perusahaan me to be udah
DII Ya udah jelas D semua gitu menurut
gua skill fundamental penting dalam
pendidikan adalah ini intelligence dan
effective thinking nih ya dari piramida
ini ada satu skill yang penting terkait
pendidikan banget itu adalah ini satu
aspek ini intelligence dan effective
thinking gua bisa baca semua piramidanya
ya tapi e Silakan cari aja kita udah
nulis di blog bahkan ada psikotesnya
juga silakan lu Cek 1%.net a aja gitu
Tapi ketika gua ngomongin pendidikan gua
ngomongin spesifik ini inteligensi dan
effective thinking Nah gua taruh ini tuh
di level 1u karena sebelum kekill yang
lain lu mesti jadi orang yang pintar Al
intelijent dan Lu harus bisa berpikir
efektif nah gimana caranya jadi orang
pintar dan berpikir efektif El perlu
untuk punya skill-skill ini pertama
logik mikir lu jangan ngawur kedua
statistik Lu harus bisa baca dan bikin
data ketiga retorik Lu harus jago
ngomong karena kita kerja dan hidup sama
manusia at least for now ya sampai nanti
juga sih karena lu perlu nikah kan lu
bakal punya handap gitu lu bakal kerja
dan hidup sama manusia yang keempat
adalah research Lu harus bisa riset yang
kelima adalah practical psychology Lu
harus bisa manfaatkan psikologi lu dan
membaca psikologi orang lain termasuk di
dalamnya ada empati dan lain sebagainya
lalu selanjutnya adalah agency dan
otonomi nah ini masalah mindset nih ya
Lu harus punya agency yaitu pemikiran
atau mindset bahwa lu bisa menentukan
jalan hidup lu secara mandiri
pertanyaannya kuliah tuh ngajarin
hal-hal ini enggak jawabannya ad lah ada
yang ngajarin ada yang enggak enggak
semua jurusan ngajarin ini secara
langsung dan kalaupun ada jurusan yang
ngajarin gadang-dad enggak masuk di otak
mahasiswanya karena mahasiswanya ya pas
kuliah enggak enggak dengerin gitu atau
cabut-cabutan atau mungkin enggak
passionate pas kuliahnya jadi enggak
masuk ke otaknya Nah jadi kuliah tuh
penting atau enggak ya pentinglah
terutama buat mayoritas buat ngelatih
enam hal ini buat lu minoritas yang
merasa bisa dapat skill-skill ini
ataupun skill-skill lain di luar kuliah
dengan jauh lebih oke ya Menurut gua ya
lu enggak apa-apa Do gitu karena banyak
juga kok Yang do yang sukses meskipun
lebih banyak lagi kayaknya yang do Tapi
karena up dan makin up setelah
do G gua kenal Berapa orang yang kayak
gini karena dulu juga pas jadi ketua BEM
gua ngurus orang-orang kayak gini dan
ada yang masih up sampai sekarang
Nah Tapi kalau menurut gua ya mayoritas
orang sangat bisa manfaatkan kuliah buat
dapatin hal-hal ini ditambah sambil
ngelakuin freelance dan bisnis sebagai
set hassle sekarang tuh kuliah bisa
sambil kerja loh ya Harusnya lu bisa
jadi orang yang lebih oke setelah
melewati sistem pendidikan yang mungkin
sekarang belum perfect gua sendiri
merasa dapatin enam hal tadi di kuliah
karena gue jurusan di psikologi jadi gua
1 2 45 gua udah dapat di psikologi
sesainya nomor 3 dan 6 gua dapatnya dari
organisasi dan side hassle dulu pas gua
berorganisasi dan ngeembangun berbagai
side hassle salah satunya 1% yang
syukurlah sekarang jadi gede ya sijak
kuliah so balik lagi ke pertanyaan
Apakah kuliah masih penting penting tapi
4 tahun itu waktu yang lama jangan
sampai nih bual-bual waktunya pesan dari
gua adalah hati-hati dengan jurusan yang
lu pilih jangan sampai lu merasa
terpaksa Ya belajar di jurusan tersebut
Yusu Pilih jurusan Evel passionwap
karena perbedaan budak dan orang merdeka
adalah keterpaksaan itu sementara orang
merdeka bisa memilih mereka mau ngapain
jadi kuliahnya bisa lu manfaatin dan lu
enjoy kalau lu Pilih jurusan yang benar
enggak terpaksa Kang gua bingung
makannya semua orang yang kuliah S lu
takpaksa apa engak BT nih tu tiap hari
kan 4 tahun nih bahkan bis 5 67 gitu
kalau lu bt tiap hari ya mungkin lu
enggak bakal lulus-lulus juga gitu kan
Ini gua sedikit cerita ya Banyak orang
yang bilang dulu tuh gua cukup
berprestasi pas kuliah karena gua bisa
pertama lulus 3 Seteng tahun IPK gua di
atas 3 Seteng gue jadi ketua BEM waktu
itu tapi luus lebih cepat ya kan bikin
staraf juga pas dari kuliah n
orang-orang Bik kok gua bisa melakukan
hal itu semua G justu gua bingung sama
orang yang merasa kuliah itu bebar gitu
ya karena gua merasa mungkin ya dulu ya
dulu gua bingung Sekarang sih sudah
enggak Tapi sekarang gua ngerasa kalau
lu Pilih jurusan dengan benar dan
benar-benar belajar buat dapatin enam
hal tadipan di atas 3,5 itu tuh gampang
banget sambil ngejainin organisasi
mistis gampang banget gua aja tiap hari
nongkrong cuy di kimpul Gua tiap hari
nongkrong dulu pas diuhi leha-leha gitu
sambil dulu kan gua masih ngerokok Ya
sambil ngerokok gitu ya gua nongkrong di
sana gua gua enggak seambis itu ketind
kuliah tapi karena gua milih jurusan
dengan benar Purpose gue jelas gue juga
mungkin dulu merasa adalah orang yang
merdekah jadi gua bebas milh gua mau
masuk kelas atau enggak ya akhirnya
jadilah seperti sekarang meskipun pasti
ada tantangan ya ada dosen yang galaklah
luas yang hilang-hilangan teman kerja
grup enggak kerja gitu ya dan sebagainya
tetap aja selama lu punya enam hal tadi
ketika lu udah tahu bahwa lu adalah
orang Merdeka lu pasti bisa gitu Tapi
kalau lu enggak yang mendingan zaman
kuliah atau tunda kuliah ya Bahkan Har
aja nyaranin gapier kan Jadi siapa tahu
ada anak pemuda yang nonton ini kalau lu
bingung Lu harus gapier atau engak masih
bingung jurusan mungkin gapier adalah SS
yang tepat Siapa tahu juga ketika gapier
lu bisa dapatin 6 hal tadi dari YouTube
doang Ya begitulah ya evaluasi
pendidikan gua di tahun 2024 ini so far
pendidikan sampai sekarang udah mulai
banyak berkembang gua sangat apresiasi
kinerjanya Pak Nadim Mak Karim Mas
menteri ya dan dan gua jujur Meskipun
mungkin gua banyak berbeda pendapat ya
dengan banyak orang di luar sana ada
yang bilang pendidikan scam kuliah
Enggak penting dan lain sebagainya gua
tetap firm gua bilang bahwa kuliah
penting buat mayoritas buat minoritas ya
mungkin bedalah kuliah tetap penting
tetap berguna menurut gua yang masih
kurang ya adalah mindset pembelajarannya
tadi gimana caranya biar kita semua bisa
dapatin hal tepat saat kuliah bisa enjoy
waktu belajarnya selama kurang lebih 4
tahun dan bukan jadi pengangguran dengan
gaya doang sambil ngabisin duit orang
tua itu evaluasi pendidikan di tahun
2024 salam dari gua gua Evan 1% semoga
video ini bisa membantu thanks
[Musik]