80% Jurusan Kuliah Ternyata Tidak Diperlukan: Evaluasi Pendidikan 2024
9auUYFrUuL8 • 2024-06-08
Transcript preview
Open
Kind: captions Language: id [Musik] for those of you who wanted to have children or already have one this video could be very useful for you because we will discuss about the future of our education in other Words How will your children go to school in the future 90% of the current college majors may not be relevant anymore in the future and it's already happening now with many content creators becoming Rich without having any college experiences meanwhile there are a lot of the unemployed people come from vocational schools or undergraduate Degrees with specific majors and That's because one Major human problem education we don't know what to teach children Because we don't know what will be relevant in the next 20 40 Years true education goes Beyond schools and requires critical thinking and entrepreneurship [Musik] di zaman sekarang banyak orang yang bilang bahwa pendidikan sudah tidak relevan lagi nadiarim saja bilang bahwa kita memasuki era di mana gelar tidak menjamin kompetensi kelulusan tidak menjamin kesiapan berkarya dan akreditasi tidak menjamin mutu kita memasuki era di mana gelar tidak menjamin kompetensi kita memasuki era di mana kelulusan tidak menjamin kesiapan berkarya dan bekerja Banyak orang yang akhirnya bisa menjadi kaya bukan dari knowledge yang diajarkan Saat kuliah atau sekolah dan Ini akhirnya membentuk mindset jutaan anak muda di Indonesia bahwa sekolah dan kuliah itu Enggak penting Mendingan jadi cryptros atau jadi konten kreator aja daripada kuliah survei pun mengatakan bahwa pekerja ideal orang Indonesia adalah Jadi youtuber itulah pekerjaan yang dicita-citakan oleh anak-anak muda Indonesia cita-citanya pengin jadi apa Jadi YouTubers pakanya jawabnya jadi YouTubers akhirnya hipk jeblok juga dinormalisasi banyak orang mikir hipk2 aja bisa jadi wapres bisa jadi pembisnis youtuber kuliah akhirnya jadi formalitas doanguburan dengan gaya kata salah satu lah menariknya kita bisa aja setuju sama pernyataan itu karena gini kalau dibilang kuliah itu penting banyak yang bilang ya pentingnya kel networking aja karena organisasi aja bukan karena pelajaran di kuliah itu sendiri yang penting enggak perlu kuliah dong karena kor utama kuliah kan belajar di perkuliahannya tapi yang penting kok justru skill di luar kuliahnya networking-nya organisasinya gitu loh dan faktanya 80% mahasiswa itu kerja tidak sesuai dengan jurusan kuliah mereka yang jadi pertanyaan adalah ngapain kuliah dan itulah yang gua tanya nya pada orang-orang juga [Musik] ya Kalau untuk pribadi saya sendiri kuliah itu penting sih Apalagi untuk usia muda itu sangat penting untuk menjencang karir juga menurutku kuliah itu penting karena dengan kuliah itu kita enggak cuma belajar teori-teori aja sebenarnya tapi dari kuliah itu juga bisa belajar bagaimana berpikir kritis kemudian bagaimana ketika ada masalah itu kita harus solve yang kayak gimana Jadi mikir dari masalah itu kira-kira kita harus apain aja sih ya berpikir kitis dan juga yang kedua itu melatih komunikasi kita juga Karena di kuliah sendiri pasti banyak project-project apalagi teknik ya project-project atau kerjaan yang harus dilakukan secara kelompok Nah itu juga melatih komunikasi kita kalau aku penting penting banget ya Meskipun orang yang berpendidikan itu tuh enggak harus ada gelarnya gitu tapi kalau untuk pendidikan itu sangat penting karena aku ngerasa dengan aku berpendidikan Dan aku hidup di ruang lingkup dunia pendidikan ya jadi lebih terbuka aja secara pemikiran gitu pengalaman dan relasi aku di selama kuliah di S1 aku dapat pengalaman banyak terutama di bidang internationional exposure karena dari kuliah itu aku enggak cuma belajar aja tapi aku juga dapat pengalaman dan kesempatan untuk mengambil event atau program ya program internasional dengan short program gitu sih waktu dulu S1 aku dapat kesempatan untuk SH program di digital communication di Jerman kemudian Innovation and decision di Taiwan Selain itu aku juga sempat dapat kesempatan untuk ekskursi di Singapura waktu itu dan dari itu semua aku dapat relasi dari teman-teman di beragam jurusan di bidang ilmu yang berbeda jadi ending-nya adalah sharing knowledge sih sharing knowledge sama sharing pengalaman perama adalah ternyata ketika kita meniatkan diri kita untuk belajar Enggak cuman dari bangku kuliahnya aja tapi justru yang bikin Insight baru buat aku tuh kayak lingkungannya terus teman-temannya apalagi kan di kampus itu tuh dari berbagai macam daerah ya Sehingga itu memberikan Insight baru ke aku Oh ternyata pendidikan tuh kayak gini ya gitu sehingga ketika aku sekarang sudah terjun di masyarakat tuh ya enggak terlalu Kaget gitu karena memang waktu zaman kuliah tuh Udah Ee diperlihatkan sekompleks itu gitu ketika Gua ngelihat data bahwa ada 80% orang yang bekerja tidak sesuai dengan jurusan kuliahnya sebenarnya di satu sisi gua enggak sedih sih ya tapi gua justru Salut ya cuman Semoga aja mereka 80% orang yang milih pekerjaan lain yang enggak sesuai nih ya sama jurusannya itu bukan karena terpaksa itu bukan karena enggak ada pilihan bukan karena misalnya ah Ya udah pekerjaan yang ada ini gua milih ini Gitu enggak ya semoga mereka semua memilih yang bekerja di luar bidang mereka karena memang itu passion Mere itu gua bisa respect banget apalagi kalau mereka Happy ngejalaninnya dan ngasihin duit dari S W itu sangat bisa direspect tapi kalau mereka-mereka ini dap 90% ini terpaksa nih ya kerja di tempat lain kerja enggak Happy tiap hari lu gitu terus apa bedanya lu sama zaman perbudakan zaman dulu gitu zaman Firaun dulu dan gue juga berdoa sih ya semoga 20% orang nih ya yang milih kerjaan sesuai jurusan mereka Semoga aja mereka milih itu bukan karena terpaksa atau karena uang doang gitu karena li-landi pertanyaannya sama Apa bedanya El sama budak kalau misalnya pilihan El dibatasi tentah oleh apa ya oleh sistem lah oleh keuangan lu lah atau oleh apapun gitu 1000 tahun yang lalu kita pasti mengenal sistem perbudakan ya kan Budak itu biasanya adalah orang yang dipaksa oleh sistem dipaksa oleh majikannya jadi kata puncinya adalah dipaksa untuk ngelakuin sesuatu yang biasanya mereka tuh enggak suka dan sesuatu itu biasanya adalah hal spesifik yang dilakukan sumur hidup ya entah itu jadi H teh seumur hidup urus sawah seumur hidup ngwon domba seumur hidup Ya tapi kalau timba-timba enggak mau si budaknya diapain J dipecut dihukum ya Dipukul zaman dulu tapi menariknya sistem pendidikan sekarang itu enggak jauh beda dengan sistem perbudakan zaman dulu jadi gini kalau bisa kita lihat perkuliahan dan pekerjaan orang-orang saat menjadi budak korporat dinamakannya aja budak ya kita biasa didorong untuk ngerjain satu hal setiap harinya sampai berbulan-bulan sampai bertahun-tahun dan biasanya kita juga dipaksa untuk mengikuti behavior tertentu culture tertentu ni perusahaan contohnya aja harus hormat dan respek lah misalnya sampai atasan Kalau ngomong harus pakai kata-kata tertentu pakai emote emot tertentu karena kalau enggak ya lu bakal diapa lu bakal enggak dipecut sih ya kalau budak zaman dulu mungkin dipecut gitu Kalau sekarang sih enggak ya paling dimahin doang Ya pahit-pahit kalau lu up banget gua bakal dihukum kalau zaman dulu dihukumnya ya itu ya pakai bukan pakai kata-kata kasar tapi pakai hukuman fisik gitu ya tapi kalau sekarang lu dihukum ya lu Misa jadi di PHK ya Kanang lu enggak dapat gaji dan lain sebagainya menariknya adalah ini mirip-mirip kan gitu dan Kebayang aja gitu Kalau misalnya lu udah KPR misalnya nih KPR rumah atau nyicil mobil mobil dan rumah lu aja bakal disita gitu kalau lu enggak bisa bayar karena enggak punya gaji Jadi apakah kita-kita ini sama dengan budak zaman dulu ya sebenarnya tergantung perspektif kalau kita tidak merasa dipaksa kalau kita menikmati pekerjaan kita sebagai karyawan sebagai budak orporat dalam tanda kutip ya enggak masalah karena kata kuncinya adalah budak itu dipaksa kalau kita juga bisa memilih gitu di zaman sekarang ya kata kuncinya zaman sekarang kita merdeka bisa memilih entah itu untuk jadi karyawan seumur hidup entah mau resign mau bikin side hassle mau bikin bisnis sendiri Kita punya kemampuan untuk memilih itu dan budak zaman dahulu tidak tapi ingat kalau orang zaman sekarang tidak memilih Purpose mereka seringkiali orang itu akan Dipilihkan purpose-nya oleh orang lain dan tentu itu tidak beda jauh sama budak yang dipilihkan ya purpose-nya kerjaannya gitu terus dipaksa untuk melakukan hal tertentu sampai meninggal jadi gini orang yang merdeka itu beda dengan budak orang yang merdeka biasanya punya Purpose tahu purpose-nya apa kalau mereka enggak suka dengan sesuatu ya mereka cabut mereka bikin Purpose sendiri Enggak mau dipaksa buat ngelakuin hal tersebut seumur hidup sayangnya sistem pendidikan sekarang di sampai tahun 2024 ini menurut gua belum cukup untuk membasilkan orang yang merdeka dalam tanda kutip gua enggak bilang pendidikan itu scam tapi kalau mindset kita dalam mengikuti pendidikan mesti ngikut-ngikut doang ya kita bakal jadi budak gua juga enggak bilang jadi karyawan itu salah ya gua klarifikasi di sini kalau lu passionate ya why not kalau lu merasa enggak dipaksa untuk mengikuti aturan-aturan culture perusahaan gitu ya why not bagus ya sih lu berkontribusi terhadap ekonomi yang salah justru adalah ketika lu mau-mau aja dipaksa buat ngelakuin hal yang lu enggak mau bertahun-tahun atau bahkan sumur hidup termasuk di dalamnya adalah kuliah gue suka bingung kadang-kadang orang yang msain kuliah dan lain sebagainya kalau enggak suka dia Mendingan Jan kuliah daripada enggak habisa-abisin duit makanya sampai sekarang gua percaya orang itu butuh pendidikan nonformal di luar pendidikan formal ya untuk membangun mindset biar bisa jadi orang yang merdeka karena di zaman sekarang tangan kita itu enggak dirantai kita bisa memilih perbudakan yang terjadi jatuhnya bukan fisik justru mental dan kalau mental Lu kurang oke ya lu bakal diperbudak sama orang dan ini enggak bisa di-achieve ya dengan sekolah atau kuliah aja dan ini harus diachieve dengan kesadaran sendiri itu juga kenapa gua ngebangun 1% gitu ya kenapa gua bikin YouTube Kenapa banyak dari YouTube gua gratis dan kenapa gua bikin kelas-kelas berbayar konseling-konseling berbayar karena kalau enggak bayar gitu ya berarti kan enggak ada niat dari orangnya gitu dan Kenapa banyak video YouTube yang gratis padahal ini bisa dijadiin berbayar biar bisa ngasih tahu ngasih awareless di video ini bahwa lu tuh bisa loh melakukan hal lebih selain diperbudak sama orang makanya kali ini gua bakal ngasih tahu gimana cara biar lu jadi orang yang merdeka ganteng kuuti oke kita mulai dengan pertanyaan sederhana Coba deh lu bisa jawab empat pertanyaan ini enggak silakan dipuse [Musik] ya Nah setelah bertahun-tahun gua mencoba menemukan kurikulum kehidupan yang cocok jadi gua tuh dari dulu sampai sekarang dari 9 tahun lalu tuh gua udah nyoba bikin-bikin kurikulum kehidupan Life skills criculum piramida kurikulum ini yang ini juga udah ditrainingin ke berbagai macam perusahaan me to be udah DII Ya udah jelas D semua gitu menurut gua skill fundamental penting dalam pendidikan adalah ini intelligence dan effective thinking nih ya dari piramida ini ada satu skill yang penting terkait pendidikan banget itu adalah ini satu aspek ini intelligence dan effective thinking gua bisa baca semua piramidanya ya tapi e Silakan cari aja kita udah nulis di blog bahkan ada psikotesnya juga silakan lu Cek 1%.net a aja gitu Tapi ketika gua ngomongin pendidikan gua ngomongin spesifik ini inteligensi dan effective thinking Nah gua taruh ini tuh di level 1u karena sebelum kekill yang lain lu mesti jadi orang yang pintar Al intelijent dan Lu harus bisa berpikir efektif nah gimana caranya jadi orang pintar dan berpikir efektif El perlu untuk punya skill-skill ini pertama logik mikir lu jangan ngawur kedua statistik Lu harus bisa baca dan bikin data ketiga retorik Lu harus jago ngomong karena kita kerja dan hidup sama manusia at least for now ya sampai nanti juga sih karena lu perlu nikah kan lu bakal punya handap gitu lu bakal kerja dan hidup sama manusia yang keempat adalah research Lu harus bisa riset yang kelima adalah practical psychology Lu harus bisa manfaatkan psikologi lu dan membaca psikologi orang lain termasuk di dalamnya ada empati dan lain sebagainya lalu selanjutnya adalah agency dan otonomi nah ini masalah mindset nih ya Lu harus punya agency yaitu pemikiran atau mindset bahwa lu bisa menentukan jalan hidup lu secara mandiri pertanyaannya kuliah tuh ngajarin hal-hal ini enggak jawabannya ad lah ada yang ngajarin ada yang enggak enggak semua jurusan ngajarin ini secara langsung dan kalaupun ada jurusan yang ngajarin gadang-dad enggak masuk di otak mahasiswanya karena mahasiswanya ya pas kuliah enggak enggak dengerin gitu atau cabut-cabutan atau mungkin enggak passionate pas kuliahnya jadi enggak masuk ke otaknya Nah jadi kuliah tuh penting atau enggak ya pentinglah terutama buat mayoritas buat ngelatih enam hal ini buat lu minoritas yang merasa bisa dapat skill-skill ini ataupun skill-skill lain di luar kuliah dengan jauh lebih oke ya Menurut gua ya lu enggak apa-apa Do gitu karena banyak juga kok Yang do yang sukses meskipun lebih banyak lagi kayaknya yang do Tapi karena up dan makin up setelah do G gua kenal Berapa orang yang kayak gini karena dulu juga pas jadi ketua BEM gua ngurus orang-orang kayak gini dan ada yang masih up sampai sekarang Nah Tapi kalau menurut gua ya mayoritas orang sangat bisa manfaatkan kuliah buat dapatin hal-hal ini ditambah sambil ngelakuin freelance dan bisnis sebagai set hassle sekarang tuh kuliah bisa sambil kerja loh ya Harusnya lu bisa jadi orang yang lebih oke setelah melewati sistem pendidikan yang mungkin sekarang belum perfect gua sendiri merasa dapatin enam hal tadi di kuliah karena gue jurusan di psikologi jadi gua 1 2 45 gua udah dapat di psikologi sesainya nomor 3 dan 6 gua dapatnya dari organisasi dan side hassle dulu pas gua berorganisasi dan ngeembangun berbagai side hassle salah satunya 1% yang syukurlah sekarang jadi gede ya sijak kuliah so balik lagi ke pertanyaan Apakah kuliah masih penting penting tapi 4 tahun itu waktu yang lama jangan sampai nih bual-bual waktunya pesan dari gua adalah hati-hati dengan jurusan yang lu pilih jangan sampai lu merasa terpaksa Ya belajar di jurusan tersebut Yusu Pilih jurusan Evel passionwap karena perbedaan budak dan orang merdeka adalah keterpaksaan itu sementara orang merdeka bisa memilih mereka mau ngapain jadi kuliahnya bisa lu manfaatin dan lu enjoy kalau lu Pilih jurusan yang benar enggak terpaksa Kang gua bingung makannya semua orang yang kuliah S lu takpaksa apa engak BT nih tu tiap hari kan 4 tahun nih bahkan bis 5 67 gitu kalau lu bt tiap hari ya mungkin lu enggak bakal lulus-lulus juga gitu kan Ini gua sedikit cerita ya Banyak orang yang bilang dulu tuh gua cukup berprestasi pas kuliah karena gua bisa pertama lulus 3 Seteng tahun IPK gua di atas 3 Seteng gue jadi ketua BEM waktu itu tapi luus lebih cepat ya kan bikin staraf juga pas dari kuliah n orang-orang Bik kok gua bisa melakukan hal itu semua G justu gua bingung sama orang yang merasa kuliah itu bebar gitu ya karena gua merasa mungkin ya dulu ya dulu gua bingung Sekarang sih sudah enggak Tapi sekarang gua ngerasa kalau lu Pilih jurusan dengan benar dan benar-benar belajar buat dapatin enam hal tadipan di atas 3,5 itu tuh gampang banget sambil ngejainin organisasi mistis gampang banget gua aja tiap hari nongkrong cuy di kimpul Gua tiap hari nongkrong dulu pas diuhi leha-leha gitu sambil dulu kan gua masih ngerokok Ya sambil ngerokok gitu ya gua nongkrong di sana gua gua enggak seambis itu ketind kuliah tapi karena gua milih jurusan dengan benar Purpose gue jelas gue juga mungkin dulu merasa adalah orang yang merdekah jadi gua bebas milh gua mau masuk kelas atau enggak ya akhirnya jadilah seperti sekarang meskipun pasti ada tantangan ya ada dosen yang galaklah luas yang hilang-hilangan teman kerja grup enggak kerja gitu ya dan sebagainya tetap aja selama lu punya enam hal tadi ketika lu udah tahu bahwa lu adalah orang Merdeka lu pasti bisa gitu Tapi kalau lu enggak yang mendingan zaman kuliah atau tunda kuliah ya Bahkan Har aja nyaranin gapier kan Jadi siapa tahu ada anak pemuda yang nonton ini kalau lu bingung Lu harus gapier atau engak masih bingung jurusan mungkin gapier adalah SS yang tepat Siapa tahu juga ketika gapier lu bisa dapatin 6 hal tadi dari YouTube doang Ya begitulah ya evaluasi pendidikan gua di tahun 2024 ini so far pendidikan sampai sekarang udah mulai banyak berkembang gua sangat apresiasi kinerjanya Pak Nadim Mak Karim Mas menteri ya dan dan gua jujur Meskipun mungkin gua banyak berbeda pendapat ya dengan banyak orang di luar sana ada yang bilang pendidikan scam kuliah Enggak penting dan lain sebagainya gua tetap firm gua bilang bahwa kuliah penting buat mayoritas buat minoritas ya mungkin bedalah kuliah tetap penting tetap berguna menurut gua yang masih kurang ya adalah mindset pembelajarannya tadi gimana caranya biar kita semua bisa dapatin hal tepat saat kuliah bisa enjoy waktu belajarnya selama kurang lebih 4 tahun dan bukan jadi pengangguran dengan gaya doang sambil ngabisin duit orang tua itu evaluasi pendidikan di tahun 2024 salam dari gua gua Evan 1% semoga video ini bisa membantu thanks [Musik]
Resume
Categories