Transcript
5eoRkS3wWsU • Mengapa 50% Orang Miskin akan Tetap Miskin?
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/SatuPersenIndonesianLifeschool/.shards/text-0001.zst#text/0718_5eoRkS3wWsU.txt
Kind: captions Language: id di akhir tahun 2023 gua sempat bikin satu video yang bilang bahwa 2024 tuh bakal Resesi videonya tidak viral tapi sekarang kita bisa lihat ya berita PHK udah makin tinggi suku bunga enggak turun-turun dan inflasi juga udah banyak menggerus Gaji kita habis-habisan makanya hari ini di video ini nih gua juga sekalian mau ngasih tahu ngasih tahu lagi terutama ya Kenapa periode 2024 dan 2025 ini bakal sangat menantang untuk semua orang terutama untuk ka kelas pekerja ya kelas menengah dan kelas menengah ke bawah so buat lo yang merasa 2024 dan 2025 itu bakal jadi tahun yang menantang atau mungkin lu percaya sebaliknya silakan tonton video ini sampai habis dan Welcome to psychology of Finance welc pertama-tama disclaimer dulu ya jadi 2024 tuh belum tentu 100% akan Resesi jadi ini cuma opini gua aja omongan gua yang enggak jelas aja ya bisa jadi tapi yang jelas sekarang itu faktanya ya ekonomi itu memang sedang sengaja dibuat sulit oleh pemerintah di seluruh Dunia Alasannya apa Bukan Ya bukan karena teori konspirasi elit global dan lain-lain basically sekarang itu ya hampir semua pemerintah di seluruh dunia itu masih ningkatin suku bunga atau mempertahankan suku bunga bunga di angka yang tinggi suku bunga itu angkanya enggak turun-turun artinya Apa artinya adalah ekonomi kita sengaja direm supaya nilai tukar di dalam negara ini itu enggak tiba-tiba naik enggak tiba-tiba harga beras naik gila-gilaan dan lain-lain ya suku bunga ini buat yang belum tahu ya itu biasanya nentuin duit Semua orang tuh akan ke mana dengan mengetahui fakta sederhana tentang suku bunga banyak orang bisa ngambil keputusan investasi meskipun sayangnya Gua yakin banyak orang lu semua yang nonton ya kelas menengah kelas bawah orang di luar sana yang engak nonton Enggak tahu nih tentang hal-hal beginian tahunya kayak tiba-tiba kaget aja Oh saham turun semua Oh criripto unlock dan lain-lain gitu oh kripto naik dan lain-lain Nah jadi gini kalau suku bunga rendah bahkan sampai 0% ya dulu ketika covid ini di us dan sekitar 3% di Indonesia itu semua orang termasuk konglomerat pastinya bakal menghambur-hamburkan uang ke mana-mana Nah inilah alasan kenapa tahun 2020 2022 itu banyak sekali startup yang diinvest investmen ke criripto saham itu meningkat orang banyak yang mulai KPR orang beli mobil dan lain-lain karena uang itu berlimpah di masyarakat basically free karena kalau kita minjam uang ke bank bunganya tuh rendah gitu Enggak ada tuh yang mau nyimpan uang di low risk investment kayak deposito dan lain-lain ya kecuali memang butuh karena return-nya juga cenderung rendah ya orang suku bunga rendah mending criripto enggak sih mending saham enggak sih dan lain-lain nah ini sangat berbeda dengan sekarang suku bunga di us naik dari 0% sampai dengan 5,5% artinya naik hampir 6 kali lipat dan ini adalah suku bunga ter tertinggi sejak 22 tahun lalu Indonesia juga ikut-ikutan naik terkait dengan suku bunga karena sekarang suku bunga itu nyampai 6,25% alias naik hampir dua kali lipat dari 3 koma sekian persen pas covid ini jadi mimpi buruk ya buat yang KPR terutama buat yang kredit mobil buat orang yang minjam duit banyak hutang dan juga berinvestasi karena apa Karena cicilan cicilan KPR nih terutama yang bunganya floating itu bisa naik jadi dua kali lipat Tiga kali lipat kebayang enggak cicilan rumah lu ya awalnya sejuta jadi 2 juta jadi R juta itulah faktanya yang terjadi sekarang Nah karena suku bunga masih tinggi orang malas investasi di aset yang highis eh krypto saham soalnya duitnya mending dimasukin deposito dong Ya kan karena suku bunga tinggi ya mendingan nabung ke bank dong dan kemungkinan nih enggak bakal diturunin sampai 2025 enggak bakal turun drastis lah suku bunganya tahun ini dan tahun depan kemungkinan bakal jadi tahun yang menantang sekali buat kita semua bukan hanya kalangan mah ke bawah tapi juga pebisnis bakal sulit kalau misalnya beneran terjadi yang namanya hard landing alias ini ekonomi tiba-tiba rem mendadak cuy dan kalau ini terjadi PHK bakal terjadi di mana-mana bisnis bakal banyak gulung tikar nyari kerja bakal lebih sulit daripada sebelumnya dan ini sudah terjadi ya di beberapa daerah pabrik tutup dan lain-lain menariknya tanpa Resesi sekalipun El yang sekarang miskin merasa miskin nih kemiskinan itu sendiri tuh sulit diatasi mau kita kerja sekeras apapun Tanpa beberapa faktor yang akan gua bahas di section selanjutnya lu mungkin bukan hanya butuh kerja keras tapi juga butuh kerja cerdas bukan cuma kerja cerdas tapi juga butuh ngelola keuangan dengan baik so kita harus gimana tonton part du ya kalau misalnya kita ngomongin soal Gimana cara jadi kaya yang lebih menentukan apakah kita akan kaya atau tidak udah jelas ya yaitu adalah privilege sejarah keturunan keluarga kita tuh bisa dibilang punya peran yang cukup penting bahkan salah satu riset di Inggris itu bilang kalau kita punya nama belakang tertentu itu bisa nentuin nasib kita Apakah bakal kaya atau miskin dan ini probabilitasnya sampai dengan 60%. Ya kan karena ya orang yang punya privilegage biasanya mewariskan bukan hanya kekayaan ya bukan hanya uang loh tapi juga saham koneksi Terus keluarga kaya juga biasanya akses ke pendidikan berkualitas sekolahnya oke ya kan Terus juga sumber daya yang kadang enggak punya nih orang miskin tuh enggak punya mereka punya akuntan mereka punya pengacara mereka punya konsultan keuangan yang bisa mereka langsung telepon Kalau misalnya ada apa-apa atau bahkan polisi tentara ya dan lain-lain nah Network kayak gini privilege kayak gini itu ngembantu si orang-orang kaya ini dalam membuat keputusan yang tepat dalam mengolah kekayaan mereka juga kalau tiba-tiba ada keos ya mereka punya akses atau kalau misalnya tiba-tiba ada aset nih yang menarik ya mereka punya akses peluang investasi yang eksklusif yang seringki tidak tersedia untuk umum Nah makanya sebagai orang yang menah ke bawah sebagai orang yang tidak kaya Kayak Amat Apa yang harus kita lakuin pertama perbanyak dan perkuat relasi Jadi sekarang Coba deh mulai gali lagi relasi Lu ke mana aja mulai gali lagi seberapa kuat relasi lu Semakin oke lu punya relasi nanti ketika tiba-tiba terjadi PHK massal atau tiba-tiba lu enggak punya duit minimal lu Harus tahulah Lu minta tolongnya ke siapa ya kan lu minta kerjaannya ke siapa itu pertama Nah kalau kita ngomongin Gimana cara jadi kaya di era Resesi Semoga aja enggak ya enggak Resesi banyak yang sebenarnya kita lihat orang kaya itu hidupnya bermewah-mewahan Ya kan Padahal kalau kita lihat sebenarnya orang kaya itu sangat diuntungkan di sistem ekonomi sekarang karena ada konsep yang namanya economy oft scill di mana kalau kita misalnya beli sesuatu beli barang itu biasanya biaya per unitnya menurun kalau misalnya kita punya duit banyak ya contohnya misal kita mau beli sampo lebih murah yang sasetan apa lebih murah yang botol ya udah jelas ya Secara Absolut lebih murah yang sasetan tapi kalau lu beli botol sebenarnya itu sangat jauh-jauh lebih murah orang miskin bisa beli yang mana bisanya beli yang sasetan orang kaya biasa beli yang botolan bahkan satu dus sekalian nah dengan menggunakan prinsip itu aja kita bisa lihat bahwa orang-orang yang kaya itu memanfaatkan ekonomi off scale ketika mereka beli barang ketika mereka beli sesuatu yang kita anggap Mereka bermewah-mewah ternyata enggak ternyata lebih hemat Nah makanya ini adalah tips kedua sekarang kalau misalnya kita ngerasa Enggak kaya-kaya banget kita harus coba mikir apa nih ya barang yang kita bisa beli dalam jumlah banyak di masa-masa krisis Apa barang yang bisa kita jual sekarang mumpung sekarang ekonomi masih hidup supaya cash kita lebih banyak punya aset Liquid nih ketika kita bisa beli yang benar-benar kita butuh Nah contoh kalau kita punya PS5 jarang dimainin nih ps5-nya lebih baik ps-nya dijual sekarang Sama halnya dengan mobil kalau sekarang jarang dipakai dipakai seminggu sekali Mending jual aja deh sekarang mumpung ekonomi masih oke mumpung demand-nya masih tinggi in case nanti terjadi hard landing kalaupun enggak terjadi ya bisa beli lagi kan gitu beli lagi aja yang bekas lagi kan nah tapi habis dijual ngapain nih ya bisa dibiarin duitnya Liquid siapa tahu nanti kan ada opportunity investment yang menarik di masa depan Nah lu bisa ambil karena Resesi itu sebetulnya adalah ketika barang-bang barang harganya jauh lebih murah ya barang-barang harganya jauh lebih murah Karena demand enggak ada kan suly banyak demand enggak ada Crash Tuh semua barang lebih murah ketika lu punya duit nah lu bisa beli ya Atau bisa juga ketika lu udah punya haset Liquid ya jadiin darah darurat Git contoh lu bisa beli ya Yang penting ya stok beras makanan untuk jangka panjang dengan harga murah dengan konsep ekonomi soft skale intinya gini semakin banyak sekarang barang-barang yang enggak Lu pakai yaitu harus diminimalisir supaya bisa ganti jadi aset Liquid Nah ada tips ketiga juga untuk sekarang dengan gonjang-ganjing Resesi krisis ekonomi lebih baik hindari dulu beli barang yang belum kita butuh makanya ketika beli suatu barang pilih produk lokal ya buat lu yang udah kaya juga yang punya aset di atas 1 M gitu saatnya beli aset diskon tapi nanti jika memang Nanti banyak aset diskon karena harusnya gua Yakin banget kalau misalnya Resesi terjadi harga aset bakalan murah kalau tidak terjadi Ya udah gitu kan kita bisa balikin duit ya dari Deposito kita kan mungkin ya balik lagi ke yang high risk kayak saham criripto dan lain-lain gitu yang akhirnya kan kemarin k juga sempat Nurun tuh saham Akhirnya sekarang rebound lagi nah buat yang asetnya banyak nonliquid dan Miss Queen nih buat kalian-kalian yang punya banyak barang yang ggak kepakai mending sekarang dijual buat ningkatin Runway supaya Siap dengan masa-masa sulit dan jangan beli barang-barang baru yang konsumtif ya Siapin buat investment opportunity yang menarik nah satu hal yang paling penting menurut gua dalam menghadapi Resesi adalah investasi yang terbaik ya investasi yang tidak bisa dicuri oleh siapapun tidak bisa hilang dan juga ini investasi yang terbaik untuk kelas sosial manapun Apa itu jawabannya adalah sederhana investasi pendidikan dengan adanya kemajuan di internet sekarang udah enggak habis-habislah mau milih kelas ya milih webinar di mana pun baik yang berbayar maupun gratis semua ada bahkan di YouTube juga udah banyak ilmu nah tapi untuk persiapan finansial khusus e gua mau ngasih tahu ada satu program gratis dari 1% dan blue Gua yakin buat lu yang udah nonton 1% sudah tahu namanya adalah blue Academy jadi 1% dan blue kita sudah berkolaborasi selama lebih dari 1 tahun untuk mengedukasi finansial secara gratis ya lewat blue Academy dan syukurnya alhamdulillahnya ya kemarin kita sempat dapat Award guys dari sustainable marketing Excellence di tahun 2024 untuk kategori financial literasy program of the year tepuk tangan dulu dong ya jadi dalam kerja sama 1% dengan blue kita sudah mengedukasi sekitar ribuan atau bahkan belasan ribu orang tentang literasi finansial dan ini gratis ya so buat lu yang belum ikutan buat lu yang men masih merasa Aduh gua stupid nih dalam hal finansial lu silakan ikut blue Academy gitu ya enggak ada syaratnya kecuali lu adalah nasabah blue ya yang penting itu aja Jadi kalau buat yang belum punya blue Tinggal bikin akunnya aja gratis lu nanti bisa langsung hadir gitu di Blue Academy lu bisa belajar tentang keuangan investasi strategi finansial dana darurat dan lain-lain dan yang paling asik adalah ketika lu ah ikut program ini kalau misalnya lu ikut nabung juga lu bakal Dapat reward dan cashback apalagi blue itu terkenal banyak sekali ya programnya yang diskon-diskon K Lu bisa bisa nonton gratis atau bahkan nonton Cuma 5.000 gitu nonton bioskop dan lain-lain lah gua selama pakai blue enggak pernah nyesel sih Nah jadi silakan lu boleh daftar ke Link yang sudah terterah di layar atau bisa juga langsung klik linknya di comment section atau di description Akhir kata semoga video ini enggak jadi bikin lu takut ya dan gua pun berharap enggak terjadi hard landing kalau Resesi itu udah pasti terjadiah cepat atau lambat ya kita enggak tahu apakah tahun ini apa tahun depan yang penting semoga enggak terjadi hard landing atau Economic Crash dan kalaupun terjadi gua berdoa Semoga kita semua bisa siap Akhir kata gua Evan 1% well thanks Sampai ketemu di video selanjutnya [Musik]