Mengapa 50% Orang Miskin akan Tetap Miskin?
5eoRkS3wWsU • 2024-08-29
Transcript preview
Open
Kind: captions
Language: id
di akhir tahun 2023 gua sempat bikin
satu video yang bilang bahwa 2024 tuh
bakal Resesi videonya tidak viral tapi
sekarang kita bisa lihat ya berita PHK
udah makin tinggi suku bunga enggak
turun-turun dan inflasi juga udah banyak
menggerus Gaji kita habis-habisan
makanya hari ini di video ini nih gua
juga sekalian mau ngasih tahu ngasih
tahu lagi terutama ya Kenapa periode
2024 dan 2025 ini bakal sangat menantang
untuk semua orang terutama untuk ka
kelas pekerja ya kelas menengah dan
kelas menengah ke bawah so buat lo yang
merasa 2024 dan 2025 itu bakal jadi
tahun yang menantang atau mungkin lu
percaya sebaliknya silakan tonton video
ini sampai habis dan Welcome to
psychology of
Finance welc
pertama-tama disclaimer dulu ya jadi
2024 tuh belum tentu 100% akan Resesi
jadi ini cuma opini gua aja omongan gua
yang enggak jelas aja ya bisa jadi tapi
yang jelas sekarang itu faktanya ya
ekonomi itu memang sedang sengaja dibuat
sulit oleh pemerintah di seluruh Dunia
Alasannya apa Bukan Ya bukan karena
teori konspirasi elit global dan
lain-lain basically sekarang itu ya
hampir semua pemerintah di seluruh dunia
itu masih ningkatin suku bunga atau
mempertahankan suku bunga bunga di angka
yang tinggi suku bunga itu angkanya
enggak turun-turun artinya Apa artinya
adalah ekonomi kita sengaja direm supaya
nilai tukar di dalam negara ini itu
enggak tiba-tiba naik enggak tiba-tiba
harga beras naik gila-gilaan dan
lain-lain ya suku bunga ini buat yang
belum tahu ya itu biasanya nentuin duit
Semua orang tuh akan ke mana dengan
mengetahui fakta sederhana tentang suku
bunga banyak orang bisa ngambil
keputusan investasi meskipun sayangnya
Gua yakin banyak orang lu semua yang
nonton ya kelas menengah kelas bawah
orang di luar sana yang engak nonton
Enggak tahu nih tentang hal-hal beginian
tahunya kayak tiba-tiba kaget aja Oh
saham turun semua Oh criripto unlock dan
lain-lain gitu oh kripto naik dan
lain-lain Nah jadi gini kalau suku bunga
rendah bahkan sampai 0% ya dulu ketika
covid ini di us dan sekitar 3% di
Indonesia itu semua orang termasuk
konglomerat pastinya bakal
menghambur-hamburkan uang ke mana-mana
Nah inilah alasan kenapa tahun 2020 2022
itu banyak sekali startup yang diinvest
investmen ke criripto saham itu
meningkat orang banyak yang mulai KPR
orang beli mobil dan lain-lain karena
uang itu berlimpah di masyarakat
basically free karena kalau kita minjam
uang ke bank bunganya tuh rendah gitu
Enggak ada tuh yang mau nyimpan uang di
low risk investment kayak deposito dan
lain-lain ya kecuali memang butuh karena
return-nya juga cenderung rendah ya
orang suku bunga rendah mending criripto
enggak sih mending saham enggak sih dan
lain-lain nah ini sangat berbeda dengan
sekarang suku bunga di us naik dari 0%
sampai dengan 5,5% artinya naik hampir 6
kali lipat dan ini adalah suku bunga ter
tertinggi sejak 22 tahun lalu Indonesia
juga ikut-ikutan naik terkait dengan
suku bunga karena sekarang suku bunga
itu nyampai 6,25% alias naik hampir dua
kali lipat dari 3 koma sekian persen pas
covid ini jadi mimpi buruk ya buat yang
KPR terutama buat yang kredit mobil buat
orang yang minjam duit banyak hutang dan
juga berinvestasi karena apa Karena
cicilan cicilan KPR nih terutama yang
bunganya floating itu bisa naik jadi dua
kali lipat Tiga kali lipat kebayang
enggak cicilan rumah lu ya awalnya
sejuta jadi 2 juta jadi R juta itulah
faktanya yang terjadi sekarang Nah
karena suku bunga masih tinggi orang
malas investasi di aset yang highis eh
krypto saham soalnya duitnya mending
dimasukin deposito dong Ya kan karena
suku bunga tinggi ya mendingan nabung ke
bank dong dan kemungkinan nih enggak
bakal diturunin sampai 2025 enggak bakal
turun drastis lah suku bunganya tahun
ini dan tahun depan kemungkinan bakal
jadi tahun yang menantang sekali buat
kita semua bukan hanya kalangan mah ke
bawah tapi juga pebisnis bakal sulit
kalau misalnya beneran terjadi yang
namanya hard landing alias ini ekonomi
tiba-tiba rem mendadak cuy dan kalau ini
terjadi PHK bakal terjadi di mana-mana
bisnis bakal banyak gulung tikar nyari
kerja bakal lebih sulit daripada
sebelumnya dan ini sudah terjadi ya di
beberapa daerah pabrik tutup dan
lain-lain menariknya tanpa Resesi
sekalipun El yang sekarang miskin merasa
miskin nih kemiskinan itu sendiri tuh
sulit diatasi mau kita kerja sekeras
apapun Tanpa beberapa faktor yang akan
gua bahas di section selanjutnya lu
mungkin bukan hanya butuh kerja keras
tapi juga butuh kerja cerdas bukan cuma
kerja cerdas tapi juga butuh ngelola
keuangan dengan baik so kita harus
gimana tonton part du
ya kalau misalnya kita ngomongin soal
Gimana cara jadi kaya yang lebih
menentukan apakah kita akan kaya atau
tidak udah jelas ya yaitu adalah
privilege sejarah keturunan keluarga
kita tuh bisa dibilang punya peran yang
cukup penting bahkan salah satu riset di
Inggris itu bilang kalau kita punya nama
belakang tertentu itu bisa nentuin nasib
kita Apakah bakal kaya atau miskin dan
ini probabilitasnya sampai dengan 60%.
Ya kan karena ya orang yang punya
privilegage biasanya mewariskan bukan
hanya kekayaan ya bukan hanya uang loh
tapi juga saham koneksi Terus keluarga
kaya juga biasanya akses ke pendidikan
berkualitas sekolahnya oke ya kan Terus
juga sumber daya yang kadang enggak
punya nih orang miskin tuh enggak punya
mereka punya akuntan mereka punya
pengacara mereka punya konsultan
keuangan yang bisa mereka langsung
telepon Kalau misalnya ada apa-apa atau
bahkan polisi tentara ya dan lain-lain
nah Network kayak gini privilege kayak
gini itu ngembantu si orang-orang kaya
ini dalam membuat keputusan yang tepat
dalam mengolah kekayaan mereka juga
kalau tiba-tiba ada keos ya mereka punya
akses atau kalau misalnya tiba-tiba ada
aset nih yang menarik ya mereka punya
akses peluang investasi yang eksklusif
yang seringki tidak tersedia untuk umum
Nah makanya sebagai orang yang menah ke
bawah sebagai orang yang tidak kaya
Kayak Amat Apa yang harus kita lakuin
pertama perbanyak dan perkuat relasi
Jadi sekarang Coba deh mulai gali lagi
relasi Lu ke mana aja mulai gali lagi
seberapa kuat relasi lu Semakin oke lu
punya relasi nanti ketika tiba-tiba
terjadi PHK massal atau tiba-tiba lu
enggak punya duit minimal lu Harus
tahulah Lu minta tolongnya ke siapa ya
kan lu minta kerjaannya ke siapa itu
pertama Nah kalau kita ngomongin Gimana
cara jadi kaya di era Resesi Semoga aja
enggak ya enggak Resesi banyak yang
sebenarnya kita lihat orang kaya itu
hidupnya bermewah-mewahan Ya kan Padahal
kalau kita lihat sebenarnya orang kaya
itu sangat diuntungkan di sistem ekonomi
sekarang karena ada konsep yang namanya
economy oft scill di mana kalau kita
misalnya beli sesuatu beli barang itu
biasanya biaya per unitnya menurun kalau
misalnya kita punya duit banyak ya
contohnya misal kita mau beli sampo
lebih murah yang sasetan apa lebih murah
yang botol ya udah jelas ya Secara
Absolut lebih murah yang sasetan tapi
kalau lu beli botol sebenarnya itu
sangat jauh-jauh lebih murah orang
miskin bisa beli yang mana bisanya beli
yang sasetan orang kaya biasa beli yang
botolan bahkan satu dus sekalian nah
dengan menggunakan prinsip itu aja kita
bisa lihat bahwa orang-orang yang kaya
itu memanfaatkan ekonomi off scale
ketika mereka beli barang ketika mereka
beli sesuatu yang kita anggap Mereka
bermewah-mewah ternyata enggak ternyata
lebih hemat Nah makanya ini adalah tips
kedua sekarang kalau misalnya kita
ngerasa Enggak kaya-kaya banget kita
harus coba mikir apa nih ya barang yang
kita bisa beli dalam jumlah banyak di
masa-masa krisis Apa barang yang bisa
kita jual sekarang mumpung sekarang
ekonomi masih hidup supaya cash kita
lebih banyak punya aset Liquid nih
ketika kita bisa beli yang benar-benar
kita butuh Nah contoh kalau kita punya
PS5 jarang dimainin nih ps5-nya lebih
baik ps-nya dijual sekarang Sama halnya
dengan mobil kalau sekarang jarang
dipakai dipakai seminggu sekali Mending
jual aja deh sekarang mumpung ekonomi
masih oke mumpung demand-nya masih
tinggi in case nanti terjadi hard
landing kalaupun enggak terjadi ya bisa
beli lagi kan gitu beli lagi aja yang
bekas lagi kan nah tapi habis dijual
ngapain nih ya bisa dibiarin duitnya
Liquid siapa tahu nanti kan ada
opportunity investment yang menarik di
masa depan Nah lu bisa ambil karena
Resesi itu sebetulnya adalah ketika
barang-bang barang harganya jauh lebih
murah ya barang-barang harganya jauh
lebih murah Karena demand enggak ada kan
suly banyak demand enggak ada Crash Tuh
semua barang lebih murah ketika lu punya
duit nah lu bisa beli ya Atau bisa juga
ketika lu udah punya haset Liquid ya
jadiin darah darurat Git contoh lu bisa
beli ya Yang penting ya stok beras
makanan untuk jangka panjang dengan
harga murah dengan konsep ekonomi soft
skale intinya gini semakin banyak
sekarang barang-barang yang enggak Lu
pakai yaitu harus diminimalisir supaya
bisa ganti jadi aset Liquid Nah ada tips
ketiga juga untuk sekarang dengan
gonjang-ganjing Resesi krisis ekonomi
lebih baik hindari dulu beli barang yang
belum kita butuh makanya ketika beli
suatu barang pilih produk lokal ya buat
lu yang udah kaya juga yang punya aset
di atas 1 M gitu saatnya beli aset
diskon tapi nanti jika memang Nanti
banyak aset diskon karena harusnya gua
Yakin banget kalau misalnya Resesi
terjadi harga aset bakalan murah kalau
tidak terjadi Ya udah gitu kan kita bisa
balikin duit ya dari Deposito kita kan
mungkin ya balik lagi ke yang high risk
kayak saham criripto dan lain-lain gitu
yang akhirnya kan kemarin k juga sempat
Nurun tuh saham Akhirnya sekarang
rebound lagi nah buat yang asetnya
banyak nonliquid dan Miss Queen nih buat
kalian-kalian yang punya banyak barang
yang ggak kepakai mending sekarang
dijual buat ningkatin Runway supaya Siap
dengan masa-masa sulit dan jangan beli
barang-barang baru yang konsumtif ya
Siapin buat investment opportunity yang
menarik nah satu hal yang paling penting
menurut gua dalam menghadapi Resesi
adalah investasi yang terbaik ya
investasi yang tidak bisa dicuri oleh
siapapun tidak bisa hilang dan juga ini
investasi yang terbaik untuk kelas
sosial manapun Apa itu jawabannya adalah
sederhana investasi pendidikan dengan
adanya kemajuan di internet sekarang
udah enggak habis-habislah mau milih
kelas ya milih webinar di mana pun baik
yang berbayar maupun gratis semua ada
bahkan di YouTube juga udah banyak ilmu
nah tapi untuk persiapan finansial
khusus e gua mau ngasih tahu ada satu
program gratis dari 1% dan blue Gua
yakin buat lu yang udah nonton 1% sudah
tahu namanya adalah blue Academy jadi 1%
dan blue kita sudah berkolaborasi selama
lebih dari 1 tahun untuk mengedukasi
finansial secara gratis ya lewat blue
Academy dan syukurnya alhamdulillahnya
ya kemarin kita sempat dapat Award guys
dari sustainable marketing Excellence di
tahun 2024 untuk kategori financial
literasy program of the year tepuk
tangan dulu dong ya jadi dalam kerja
sama 1% dengan blue kita sudah
mengedukasi sekitar ribuan atau bahkan
belasan ribu orang tentang literasi
finansial dan ini gratis ya so buat lu
yang belum ikutan buat lu yang men masih
merasa Aduh gua stupid nih dalam hal
finansial lu silakan ikut blue Academy
gitu ya enggak ada syaratnya kecuali lu
adalah nasabah blue ya yang penting itu
aja Jadi kalau buat yang belum punya
blue Tinggal bikin akunnya aja gratis lu
nanti bisa langsung hadir gitu di Blue
Academy lu bisa belajar tentang keuangan
investasi strategi finansial dana
darurat dan lain-lain dan yang paling
asik adalah ketika lu ah ikut program
ini kalau misalnya lu ikut nabung juga
lu bakal Dapat reward dan cashback
apalagi blue itu terkenal banyak sekali
ya programnya yang diskon-diskon K Lu
bisa bisa nonton gratis atau bahkan
nonton Cuma 5.000 gitu nonton bioskop
dan lain-lain lah gua selama pakai blue
enggak pernah nyesel sih Nah jadi
silakan lu boleh daftar ke Link yang
sudah terterah di layar atau bisa juga
langsung klik linknya di comment section
atau di description Akhir kata semoga
video ini enggak jadi bikin lu takut ya
dan gua pun berharap enggak terjadi hard
landing kalau Resesi itu udah pasti
terjadiah cepat atau lambat ya kita
enggak tahu apakah tahun ini apa tahun
depan yang penting semoga enggak terjadi
hard landing atau Economic Crash dan
kalaupun terjadi gua berdoa Semoga kita
semua bisa siap Akhir kata gua Evan 1%
well thanks Sampai ketemu di video
selanjutnya
[Musik]
Resume
Read
file updated 2026-02-12 01:56:38 UTC
Categories
Manage