Transcript
Yle1m-BIWUg • Orang-orang Kaya Itu Pada Bayar Pajak Gak Sih? (Gaji "UMR", Biar Pajak Nol)
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/SatuPersenIndonesianLifeschool/.shards/text-0001.zst#text/0723_Yle1m-BIWUg.txt
Kind: captions
Language: id
perah enggak sih lu mikir kenapa banyak
orang-orang terkaya di dunia itu gajinya
tuh cuma 1 dolar per tahun atau Mereka
cuma ngambil UMR lah per
tahunard Kinder Duke Ener and Urban Ce
with of ever heard of topevel Ce paying
just a year dan yang menarik adalah
banyak orang yang memuji tindakan ini ya
cuman kalau kita lihat sebenarnya apa
sih alasannya apa karena mereka memang
enggak butuh duit atau Justru karena
mereka pengin sesuatu dibaliknya atau
justru ada konspirasi tertentu nih yang
bikin orang-orang kaya ini ngerasa Ya
udah gua ngambil 1 dolar aja dah tapi
yang perlu lu tahu ya faktanya apalagi
di Indonesia kalau lu ngelakuin hal yang
kayak gini dan jujur gua belum kaya tapi
gua juga melakukan hal yang kayak gini
gaji gua tuh UMR Bandung sampai sekarang
Sebenarnya ada banyak keuntungan yang
bisa kita dapat kalau misalnya lu adalah
pebisnis dan lu jadi CEO atau mungkin lu
ada di posisi tinggi Lah kenapa karena
pertama ya kalau kita lihat dari
komen-komen of course branding
orang-orang ini jadi ningkat Mereka ada
di berita-berita mereka dibahas di
youtube channel yang gede kayak gini kan
followers mereka juga bisa ningkat
branding mereka juga jadi Oke dianggap
sebagai orang yang frugal minimalis dan
lain-lain Tapi menurut gua ada satu hal
yang sebenarnya bisa mendorong orang
kaya itu untuk gajinya pada kecil-kecil
satu hal utamanya ya sebenarnya simpel
aja karena hal itu bikin hemat pajak nah
jadi itu adalah cara legit cara legal
buat orang-orang kaya ya untuk
menghindari pajak Biasanya seperti itu
Nah makanya di video kali ini di mana
audiens Gue ini kebanyakan Gua tahu lu
genzy atau milenial gua bakal bahas
gimana orang kaya tuh melihat pajak
Gimana cara orang-orang kaya ini
meminimalisir dan menghindari pajak dan
gimana kita harus bersikap dengan pajak
sebagai orang genzy dan milenial ya
sebagai anak-anak muda nih Nah makanya
gua pengin buat lu yang mau masuk ke
dunia bisnis mendingan sekarang lu
siapin catatan karena gua udah nyari
beberapa video soal pajak dan e mungkin
Gua jarang nemu ya di channel yang
sebesar 1% ini jadi mendingan lu siapin
catatan karena mungkin akan ada hal yang
sedikit teknis yang bisa jadi perlu
catat atau perl lu screenshot apalagi
kalau lu baru bikin NPWP lu misalnya
baru 17 tahun 20 tahun dan ke depannya
mau bikin bisnis beneran Terus lu sampai
sekarang lu no clue soal pajak lu gak
pernah lapor pajak well tonton video ini
sampai habis Welcome to psychology of
Finance
faktanya Warren buffet ya salah satu
orang terkaya di dunia kita tahulah ya
dia tuh bayar pajak dengan tarif yang
lebih rendah dibandingkan sekretaris
waren Buffett still pays a lower tax
rate than his secretary she pays twice
the rate I pay I think that's outrageous
Jadi lu kebayang gak lu orang terkaya di
dunia lu punya sekretaris sekretaris lu
bayar pajak lebih tinggi dari ipada lu
kok bisa kayak gitu ya basically karena
orang kaya itu dapat pendapatannya bukan
dari gaji kalau enggak dari bisnis ya
dari investasi menariknya ya si Warren
Buffett ini ya memang kebanyakan kan
dari capital gain alias dari keuntungan
investasi yang ternyata kalau kita lihat
pajaknya tuh ya lebih rendah sementara
middle class yang penghasilannya tuh
dari gaji ya termasuk sekretarisnya
Warren Buffett itu ya dibayar dengan
gaji biasa yang uniknya income tax itu
cenderung lebih tinggiah persentasenya
dan cendung susah untuk dimainin karena
udah jelas gitu gaji lu R juta ya udah
itu yang lu dapat gitu kan jadi meskipun
penghasilannya lebih kecil dan tetap
sekretarisnya tu kena pajak dengan
persentase yang jauh lebih besar
2010 nearly 36% taxate Buff Who
Madeon Nah kalau di Indonesia gimana
emang kayak gitu juga ternyata memang
kayak gitu juga ya ya gua udah
sebenarnya udah tahulah dari berapa
tahun lalu dan gua pun sempat ngitung
Ternyata gua sendiri pas 5 tahun lalu
bar lu ngebangun 1% gua tuh bayar pajak
lebih kecil meskipun pendapatan Gua
lebih besar daripada orang contoh misal
PNS atau pekerja swasta yang gajinya tuh
Du digit ini gua baru tahu Setelah gua
ngitung dan bantuin kenalan gua beberapa
tahun lalu juga yang PNS bayar pajak
juga Karena waktu itu beberapa PT Gue
tuh masih pakai kebijakan jadi ada
berapa undang-undang yang sebenarnya
bisa lu manfaatin atau peraturan
pemerintah jadi di tahun 2020 ada PP 23
yang pajaknya tuh cuma 0,5% dan memang
gua nge-eset di PT gua bahwa gaji gua
tuh memang masih UMR UMR Bandung lagi ya
Dan itu di bawah ptkp dan ini beneran
kalau lu ngitung misal pendapatan lu
adalah 4 miliar per tahun pendapatan
bisnis ya terus misalnya lu ambil
dividen lah ya Terus lu sebagai company
ya lu tuh cuma bayar pajak 0,5% dari
total pendapatan lu kalau lu sebagai
individu lu freelancer pendapatan lu 4m
lu bayar pajak tuh cuma Rp juta ini Lu
cuma baru pakai satu pasal dan kalau lu
ngatur gaji lu sebagai ummr kayak gua
itu ya faktanya gajinya itu di bawah
ptkp lu bisa lihat ya ptkp tuh sekarang
sekitar r jutaan kalau lu single lu
enggak punya istri atau anak kalau lu
punya istri punya anak punya suami gitu
itu lebih tinggi lagi kalau lu punya
anak ya Jadi lu bisa enggak usah bayar
pajak meskipun gaji lu R5 juta so lu
bayar pajak tuh kalau lu pebisnis cuma
dari pendapatan bisnis doang kalau kita
bandingin dengan orang gaji R15 juta per
bulan potongan mereka tuh sangat besar
karena Tech homeomepay-nya harus
dipotong pajak sebesar 1,1 juta per
bulan atau sekitar r juta per tahun
kalau dibandingin tadi penghasilan
bisnis
m terus ini penghasilan orang R15 juta
terus bayarnya R juta ya itu tentulah
persentasenya jauh lah ya Jadi kalau
kita lihat pebisnis itu jelas sangat
diuntungkan apalagi kalau pebisnisnya
ini pintar dalam ngatur-ngatur pajak
karena misal kalau lu pendapatannya
miliaran Terus lu ngambil dividen juga
ada pasal lain itu bahkan lu enggak
perlu bayar biaya dividen ya r0 Dan ini
aturannya lu bisa baca tahun 2021 juga
nih Jadi pas zaman-zaman covid ya so
kalau lu ngambil dividen dari 4 M lu
ngambil dividen 2 M Terus lu reinvest ke
instrumen investasi di Indonesia
basically lu bayar pajak nol lebih kecil
lu bayar pajak daripada orang yang
gajinya R juta per bulan sebagai
individu kalau lu reinvest selama 3
tahun ke depan so jangan heran kalau
para pebisnis itu banyak yang gajinya
tuh di atas kertas kecil atau ya
secukupnya aja buat hidup aja gitu ya
Salah satunya untuk apa untuk
menghindari pajak belum lagi kalau
mereka menyebarlaskan ni oh gaji gua
cuma segini kok atau gaji gua gua
sumbangin misalnya atau gaji gua gua
apain kayak gitu ya itu bisa ngasih efek
lain juga kita dianggap lebih humble ya
branding kita lebih positif lebih wise
mungkin oleh banyak orang yang mungkin
orang-orang ini enggak ngerti-ngerti
amat sama pajak dan strategi ini ya
menurut gua masih fair Ya karena ya
pebisnis of course mereka udah ngasihin
value juga udah ngeemploy banyak tenaga
kerja lain tapi kalau buat middle class
yang memang duit R1 juta R juta tuh gede
ya ya bisa jadi rugi si kebijakan kayak
gini Buat ya para middle class dan e
lower class nah gimana nih Bu buat lu
para pebisnis kira-kira ada yang tahu
strategi lain buat meminimalisir pajak
nah next part gua bakal ngewanti-wanti
lu mesti hati-hati sama
pajaknya nah yang gua miris adalah
sebenarnya gimana Banyak masyarakat kita
tuh enggak paham dalam ngurusin pajak
Akhirnya paniklah akhirnya mungkin
sampai ke pengadilan lah apalagi
isu-isunya dan gua mengalami sendiri
sekarang tuh zaman Prabowo pajak tuh
bakal mulai diperketat gua sempat dengar
banyak UMKM UMKM juga yang kena sp2dk
termasuk salah satu company gua itu juga
kena sp2dk meskipun udah solve untuk
tahun ini Jadi problem solve Nah
ironisnya justru masalah pajak kayak
gini untuk beberapa orang malah bikin
mereka tuh malas malas berbisnis malas
ngegedein bisnisnya gara-gara isu
beginian contoh salah satu kasus ya yang
menurut gua miris banget adalah
pengumpul susu yang katanya tuh mager
bisnis gara-gara tunggalkan pajak bisa
sampai Rp2 miliar padahal katanya si
penguppul ini sempat dapat Award bayar
pajak yang lumayan tinggi gitu ya di
daerahnya nah buat lu sebagai individu
makanya lu harus memperhatikan beberapa
hal ini Nah di sinilah Lu harus mungkin
mencatat sedikit yang paling utama tentu
Lu harus belajar pajak dari sekarang lu
mulai baca-baca belajar cara baca pasal
cara baca undang-undang cara baca
Peraturan Pemerintah ya peraturan
menteri dan lain-lain pertama belajar
pajak sebelum beli barang yang harganya
mahal ini penting buat middle class buat
lower class yang gajiya masih 1 digit 2
digit gitu ya jangan asal beli barang
tanpa mikirin pajak ya contoh lu beli
motor beli mobil tapi enggak tahu berapa
pajak tahunannya nah ini menurut gua itu
adalah tindakan yang kurang wise karena
bisa-bisa kantong lu jebol gitu ya misal
lu baru aja nyicil mobil cicilannya 2 3
juta kecil lah ya udah senang banget tuh
punya mobil r00 juta eh ternyata pas
waktunya bayar pajak lu kaget lu bingung
Ternyata harus bayar Rp5 juta begitu
pula dengan rumah gua banyak banget tahu
orang yang enggak pernah bayar PBB yang
akhirnya tunggakannya jadi ratusan juta
cuy dan ketika lu enggak bayar pajak
apalagi kalau nanti lu enggak bisa
ngobrol sama Hnya ketika lu ditagih lu
bisa dapat bunga yang tinggi banget
kalau lu enggak nego kalau lu enggak
misalnya lu enggak bikin alasan yang
maense gitu ya Atau memang diduga
lalainya disengaja gitu jadi memang lu
pengin e memalsukan pajak gitu secara
hukum tuh ya Enggak boleh kan beli rumah
pajaknya bisa 10 sampai 20% sendiri ya
itu juga sudah gua bahas di video
sebelumnya yang gua bahas soal KPR kedua
pelajari pajak penghasilan ya guys Jadi
lu kan mungkin kebanyakan di sini adalah
pekerja nah menariknya pajak penghasilan
tuus kadang lebih gede gitu ya daripada
pajak untuk pengusaha atau pebisnis ya
Tergantung kepintaran tergantung lu cara
ngaturnya sih jadi ingat-ingat ketika lu
mau apply kerja lu dapat offering lu
dapat offering gaji misalnya R15 juta
per bulan terus lu bandingin namanya 18p
juta per bulan kalau misalnya yang R1
juta itu pajaknya dibayarin full itu
akan beda dong hasilnya dengan 18 juta
tapi enggak dibayarin full sama
perusahaan enggak disubsidi ya pada
akhirnya yang 18 cuma dapat 15 ya kalau
lu tambah potongan BPJS pajak dan
lain-lain lah iur uran lah gitu jadi
memang lu harus paham ya dengan pajak
penghasilan saran ketiga dari gua
personal Finance itu e jangan lupa ya
sekarang kan yang lagi viral itu soal
invest krypto reks dana dan lain-lain
gitu ya itu memang udah jadi knowledge
umum sekarang dan banyak juga orang yang
jadi investor saham cripto dan lain-lain
yang baru ya tapi ingat personal Finance
tuh bukan hanya investasi untuk menambah
kekayaan tapi juga untuk mempertahankan
kekayaan jadi bukan cuma offense tapi
defens-nya juga dipikirin makanya gua
sih kurang sepakat ya kalau lu hanya
fokus ke investasi terus basketnya cuman
satu apalagi lu belum fokus-fokus banget
sebenarnya nanggung gitu jadi enggak
pintar-pintar banget tapi satu basket
doang nah menurut gua lebih baik invest
di banyak tempat kalau buat orang normal
middle class average person lah ya lu
bukan outlier lu bukan 1% gitu 1% e
orang terkaya di dunia kecuali kalau lu
memang fokus banget karena semakin
banyak investmen lu lu juga harus
ngitung-ngitung pajaknya Bos that's why
harus belajar pajak jangan samp nanti
karena lu ditagih pajak Ah udahlah gua
enggak mau berbisnis guu menurut gua itu
sayang banget sih Nah Jadi itulah ya
pelajaran dari banyak orang kayak di
dunia pelajaran dari ya
kegagalan-kegagalan yang kita lihat di
Indonesia lu bisa cari aja di tiktok ya
bayar pajak mahal dan lain-lain lu bisa
lihat cek storynya banyak banget orang
yang kayak gitu Apakah ini salah kita
bukan juga Apakah ini salah pemerintah
yang kurang edukasi ya bisa jadi enggak
juga sih ya karena sistem pajak
berubah-ubah Loop haol-nya ini mungkin
juga lu harus ikut webinar ya yang
berbayar gitu dari G mana Gua juga
sering ikut gua enggak ee enggak apa ya
di sini enggak mau nawarin webinar-binar
soal pajak karena udah banyak Ya lu bisa
cari aja murah-murah juga banyak yang
juga yang gratis tapi di sini gua mau
nawarin kalau lu mau belajar lebih jauh
soal pajak dan personal Finance lu bisa
ikutan blue Academy Nah ya buat viewers
1% yang udah lama nonton Gua yakin lu
pasti udah tahu soal blue Academy di
dalamnya tuh ada kelas-kelas gratis ada
cashback ada reward buat lu yang punya
rekening blue ya lu tinggal cantumin aja
rekening lu lu bisa daftar webinar ini
gratis di Blue Academy ini ini tuh udah
diikutin Ribuan Orang per bulan ini
gratis ya Sekali lagi blue Academy itu
sempat dikasih Award juga ya karena ya
ini memang program bagus banget menurut
gua kita udah berkolaborasi lebih dari 2
tahun seingat Gua hampir 3 tahun
kayaknya jadi please buat lu yang belum
pernah ikut Bu Academy atau udah pernah
Lu mau ikut lagi silakan silakan ikut
untuk temanya bulan ini adalah tentang
pajak guys langsung aja daftar di link
di deskripsi ya Atau lu bisa cek di PIN
komen Oke cheers Jangan lupa untuk
belajar pajak guys Gua fend 1% well
thanks
[Musik]