Kind: captions Language: id perah enggak sih lu mikir kenapa banyak orang-orang terkaya di dunia itu gajinya tuh cuma 1 dolar per tahun atau Mereka cuma ngambil UMR lah per tahunard Kinder Duke Ener and Urban Ce with of ever heard of topevel Ce paying just a year dan yang menarik adalah banyak orang yang memuji tindakan ini ya cuman kalau kita lihat sebenarnya apa sih alasannya apa karena mereka memang enggak butuh duit atau Justru karena mereka pengin sesuatu dibaliknya atau justru ada konspirasi tertentu nih yang bikin orang-orang kaya ini ngerasa Ya udah gua ngambil 1 dolar aja dah tapi yang perlu lu tahu ya faktanya apalagi di Indonesia kalau lu ngelakuin hal yang kayak gini dan jujur gua belum kaya tapi gua juga melakukan hal yang kayak gini gaji gua tuh UMR Bandung sampai sekarang Sebenarnya ada banyak keuntungan yang bisa kita dapat kalau misalnya lu adalah pebisnis dan lu jadi CEO atau mungkin lu ada di posisi tinggi Lah kenapa karena pertama ya kalau kita lihat dari komen-komen of course branding orang-orang ini jadi ningkat Mereka ada di berita-berita mereka dibahas di youtube channel yang gede kayak gini kan followers mereka juga bisa ningkat branding mereka juga jadi Oke dianggap sebagai orang yang frugal minimalis dan lain-lain Tapi menurut gua ada satu hal yang sebenarnya bisa mendorong orang kaya itu untuk gajinya pada kecil-kecil satu hal utamanya ya sebenarnya simpel aja karena hal itu bikin hemat pajak nah jadi itu adalah cara legit cara legal buat orang-orang kaya ya untuk menghindari pajak Biasanya seperti itu Nah makanya di video kali ini di mana audiens Gue ini kebanyakan Gua tahu lu genzy atau milenial gua bakal bahas gimana orang kaya tuh melihat pajak Gimana cara orang-orang kaya ini meminimalisir dan menghindari pajak dan gimana kita harus bersikap dengan pajak sebagai orang genzy dan milenial ya sebagai anak-anak muda nih Nah makanya gua pengin buat lu yang mau masuk ke dunia bisnis mendingan sekarang lu siapin catatan karena gua udah nyari beberapa video soal pajak dan e mungkin Gua jarang nemu ya di channel yang sebesar 1% ini jadi mendingan lu siapin catatan karena mungkin akan ada hal yang sedikit teknis yang bisa jadi perlu catat atau perl lu screenshot apalagi kalau lu baru bikin NPWP lu misalnya baru 17 tahun 20 tahun dan ke depannya mau bikin bisnis beneran Terus lu sampai sekarang lu no clue soal pajak lu gak pernah lapor pajak well tonton video ini sampai habis Welcome to psychology of Finance faktanya Warren buffet ya salah satu orang terkaya di dunia kita tahulah ya dia tuh bayar pajak dengan tarif yang lebih rendah dibandingkan sekretaris waren Buffett still pays a lower tax rate than his secretary she pays twice the rate I pay I think that's outrageous Jadi lu kebayang gak lu orang terkaya di dunia lu punya sekretaris sekretaris lu bayar pajak lebih tinggi dari ipada lu kok bisa kayak gitu ya basically karena orang kaya itu dapat pendapatannya bukan dari gaji kalau enggak dari bisnis ya dari investasi menariknya ya si Warren Buffett ini ya memang kebanyakan kan dari capital gain alias dari keuntungan investasi yang ternyata kalau kita lihat pajaknya tuh ya lebih rendah sementara middle class yang penghasilannya tuh dari gaji ya termasuk sekretarisnya Warren Buffett itu ya dibayar dengan gaji biasa yang uniknya income tax itu cenderung lebih tinggiah persentasenya dan cendung susah untuk dimainin karena udah jelas gitu gaji lu R juta ya udah itu yang lu dapat gitu kan jadi meskipun penghasilannya lebih kecil dan tetap sekretarisnya tu kena pajak dengan persentase yang jauh lebih besar 2010 nearly 36% taxate Buff Who Madeon Nah kalau di Indonesia gimana emang kayak gitu juga ternyata memang kayak gitu juga ya ya gua udah sebenarnya udah tahulah dari berapa tahun lalu dan gua pun sempat ngitung Ternyata gua sendiri pas 5 tahun lalu bar lu ngebangun 1% gua tuh bayar pajak lebih kecil meskipun pendapatan Gua lebih besar daripada orang contoh misal PNS atau pekerja swasta yang gajinya tuh Du digit ini gua baru tahu Setelah gua ngitung dan bantuin kenalan gua beberapa tahun lalu juga yang PNS bayar pajak juga Karena waktu itu beberapa PT Gue tuh masih pakai kebijakan jadi ada berapa undang-undang yang sebenarnya bisa lu manfaatin atau peraturan pemerintah jadi di tahun 2020 ada PP 23 yang pajaknya tuh cuma 0,5% dan memang gua nge-eset di PT gua bahwa gaji gua tuh memang masih UMR UMR Bandung lagi ya Dan itu di bawah ptkp dan ini beneran kalau lu ngitung misal pendapatan lu adalah 4 miliar per tahun pendapatan bisnis ya terus misalnya lu ambil dividen lah ya Terus lu sebagai company ya lu tuh cuma bayar pajak 0,5% dari total pendapatan lu kalau lu sebagai individu lu freelancer pendapatan lu 4m lu bayar pajak tuh cuma Rp juta ini Lu cuma baru pakai satu pasal dan kalau lu ngatur gaji lu sebagai ummr kayak gua itu ya faktanya gajinya itu di bawah ptkp lu bisa lihat ya ptkp tuh sekarang sekitar r jutaan kalau lu single lu enggak punya istri atau anak kalau lu punya istri punya anak punya suami gitu itu lebih tinggi lagi kalau lu punya anak ya Jadi lu bisa enggak usah bayar pajak meskipun gaji lu R5 juta so lu bayar pajak tuh kalau lu pebisnis cuma dari pendapatan bisnis doang kalau kita bandingin dengan orang gaji R15 juta per bulan potongan mereka tuh sangat besar karena Tech homeomepay-nya harus dipotong pajak sebesar 1,1 juta per bulan atau sekitar r juta per tahun kalau dibandingin tadi penghasilan bisnis m terus ini penghasilan orang R15 juta terus bayarnya R juta ya itu tentulah persentasenya jauh lah ya Jadi kalau kita lihat pebisnis itu jelas sangat diuntungkan apalagi kalau pebisnisnya ini pintar dalam ngatur-ngatur pajak karena misal kalau lu pendapatannya miliaran Terus lu ngambil dividen juga ada pasal lain itu bahkan lu enggak perlu bayar biaya dividen ya r0 Dan ini aturannya lu bisa baca tahun 2021 juga nih Jadi pas zaman-zaman covid ya so kalau lu ngambil dividen dari 4 M lu ngambil dividen 2 M Terus lu reinvest ke instrumen investasi di Indonesia basically lu bayar pajak nol lebih kecil lu bayar pajak daripada orang yang gajinya R juta per bulan sebagai individu kalau lu reinvest selama 3 tahun ke depan so jangan heran kalau para pebisnis itu banyak yang gajinya tuh di atas kertas kecil atau ya secukupnya aja buat hidup aja gitu ya Salah satunya untuk apa untuk menghindari pajak belum lagi kalau mereka menyebarlaskan ni oh gaji gua cuma segini kok atau gaji gua gua sumbangin misalnya atau gaji gua gua apain kayak gitu ya itu bisa ngasih efek lain juga kita dianggap lebih humble ya branding kita lebih positif lebih wise mungkin oleh banyak orang yang mungkin orang-orang ini enggak ngerti-ngerti amat sama pajak dan strategi ini ya menurut gua masih fair Ya karena ya pebisnis of course mereka udah ngasihin value juga udah ngeemploy banyak tenaga kerja lain tapi kalau buat middle class yang memang duit R1 juta R juta tuh gede ya ya bisa jadi rugi si kebijakan kayak gini Buat ya para middle class dan e lower class nah gimana nih Bu buat lu para pebisnis kira-kira ada yang tahu strategi lain buat meminimalisir pajak nah next part gua bakal ngewanti-wanti lu mesti hati-hati sama pajaknya nah yang gua miris adalah sebenarnya gimana Banyak masyarakat kita tuh enggak paham dalam ngurusin pajak Akhirnya paniklah akhirnya mungkin sampai ke pengadilan lah apalagi isu-isunya dan gua mengalami sendiri sekarang tuh zaman Prabowo pajak tuh bakal mulai diperketat gua sempat dengar banyak UMKM UMKM juga yang kena sp2dk termasuk salah satu company gua itu juga kena sp2dk meskipun udah solve untuk tahun ini Jadi problem solve Nah ironisnya justru masalah pajak kayak gini untuk beberapa orang malah bikin mereka tuh malas malas berbisnis malas ngegedein bisnisnya gara-gara isu beginian contoh salah satu kasus ya yang menurut gua miris banget adalah pengumpul susu yang katanya tuh mager bisnis gara-gara tunggalkan pajak bisa sampai Rp2 miliar padahal katanya si penguppul ini sempat dapat Award bayar pajak yang lumayan tinggi gitu ya di daerahnya nah buat lu sebagai individu makanya lu harus memperhatikan beberapa hal ini Nah di sinilah Lu harus mungkin mencatat sedikit yang paling utama tentu Lu harus belajar pajak dari sekarang lu mulai baca-baca belajar cara baca pasal cara baca undang-undang cara baca Peraturan Pemerintah ya peraturan menteri dan lain-lain pertama belajar pajak sebelum beli barang yang harganya mahal ini penting buat middle class buat lower class yang gajiya masih 1 digit 2 digit gitu ya jangan asal beli barang tanpa mikirin pajak ya contoh lu beli motor beli mobil tapi enggak tahu berapa pajak tahunannya nah ini menurut gua itu adalah tindakan yang kurang wise karena bisa-bisa kantong lu jebol gitu ya misal lu baru aja nyicil mobil cicilannya 2 3 juta kecil lah ya udah senang banget tuh punya mobil r00 juta eh ternyata pas waktunya bayar pajak lu kaget lu bingung Ternyata harus bayar Rp5 juta begitu pula dengan rumah gua banyak banget tahu orang yang enggak pernah bayar PBB yang akhirnya tunggakannya jadi ratusan juta cuy dan ketika lu enggak bayar pajak apalagi kalau nanti lu enggak bisa ngobrol sama Hnya ketika lu ditagih lu bisa dapat bunga yang tinggi banget kalau lu enggak nego kalau lu enggak misalnya lu enggak bikin alasan yang maense gitu ya Atau memang diduga lalainya disengaja gitu jadi memang lu pengin e memalsukan pajak gitu secara hukum tuh ya Enggak boleh kan beli rumah pajaknya bisa 10 sampai 20% sendiri ya itu juga sudah gua bahas di video sebelumnya yang gua bahas soal KPR kedua pelajari pajak penghasilan ya guys Jadi lu kan mungkin kebanyakan di sini adalah pekerja nah menariknya pajak penghasilan tuus kadang lebih gede gitu ya daripada pajak untuk pengusaha atau pebisnis ya Tergantung kepintaran tergantung lu cara ngaturnya sih jadi ingat-ingat ketika lu mau apply kerja lu dapat offering lu dapat offering gaji misalnya R15 juta per bulan terus lu bandingin namanya 18p juta per bulan kalau misalnya yang R1 juta itu pajaknya dibayarin full itu akan beda dong hasilnya dengan 18 juta tapi enggak dibayarin full sama perusahaan enggak disubsidi ya pada akhirnya yang 18 cuma dapat 15 ya kalau lu tambah potongan BPJS pajak dan lain-lain lah iur uran lah gitu jadi memang lu harus paham ya dengan pajak penghasilan saran ketiga dari gua personal Finance itu e jangan lupa ya sekarang kan yang lagi viral itu soal invest krypto reks dana dan lain-lain gitu ya itu memang udah jadi knowledge umum sekarang dan banyak juga orang yang jadi investor saham cripto dan lain-lain yang baru ya tapi ingat personal Finance tuh bukan hanya investasi untuk menambah kekayaan tapi juga untuk mempertahankan kekayaan jadi bukan cuma offense tapi defens-nya juga dipikirin makanya gua sih kurang sepakat ya kalau lu hanya fokus ke investasi terus basketnya cuman satu apalagi lu belum fokus-fokus banget sebenarnya nanggung gitu jadi enggak pintar-pintar banget tapi satu basket doang nah menurut gua lebih baik invest di banyak tempat kalau buat orang normal middle class average person lah ya lu bukan outlier lu bukan 1% gitu 1% e orang terkaya di dunia kecuali kalau lu memang fokus banget karena semakin banyak investmen lu lu juga harus ngitung-ngitung pajaknya Bos that's why harus belajar pajak jangan samp nanti karena lu ditagih pajak Ah udahlah gua enggak mau berbisnis guu menurut gua itu sayang banget sih Nah Jadi itulah ya pelajaran dari banyak orang kayak di dunia pelajaran dari ya kegagalan-kegagalan yang kita lihat di Indonesia lu bisa cari aja di tiktok ya bayar pajak mahal dan lain-lain lu bisa lihat cek storynya banyak banget orang yang kayak gitu Apakah ini salah kita bukan juga Apakah ini salah pemerintah yang kurang edukasi ya bisa jadi enggak juga sih ya karena sistem pajak berubah-ubah Loop haol-nya ini mungkin juga lu harus ikut webinar ya yang berbayar gitu dari G mana Gua juga sering ikut gua enggak ee enggak apa ya di sini enggak mau nawarin webinar-binar soal pajak karena udah banyak Ya lu bisa cari aja murah-murah juga banyak yang juga yang gratis tapi di sini gua mau nawarin kalau lu mau belajar lebih jauh soal pajak dan personal Finance lu bisa ikutan blue Academy Nah ya buat viewers 1% yang udah lama nonton Gua yakin lu pasti udah tahu soal blue Academy di dalamnya tuh ada kelas-kelas gratis ada cashback ada reward buat lu yang punya rekening blue ya lu tinggal cantumin aja rekening lu lu bisa daftar webinar ini gratis di Blue Academy ini ini tuh udah diikutin Ribuan Orang per bulan ini gratis ya Sekali lagi blue Academy itu sempat dikasih Award juga ya karena ya ini memang program bagus banget menurut gua kita udah berkolaborasi lebih dari 2 tahun seingat Gua hampir 3 tahun kayaknya jadi please buat lu yang belum pernah ikut Bu Academy atau udah pernah Lu mau ikut lagi silakan silakan ikut untuk temanya bulan ini adalah tentang pajak guys langsung aja daftar di link di deskripsi ya Atau lu bisa cek di PIN komen Oke cheers Jangan lupa untuk belajar pajak guys Gua fend 1% well thanks [Musik]