Transcript
9uCRBG3KFUQ • Bisnis Dihajar China, Uang Rupiah Digerus Amerika? Alasan Pengusaha Ratusan Miliar Cari SEKOCI Baru
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/sb30official/.shards/text-0001.zst#text/1466_9uCRBG3KFUQ.txt
Kind: captions Language: id China ini udah mulai masuk sendiri. Terus pabrikan non pet food itu sudah produksi pet food juga ya. Omsetnya mulai stanan. Anak muda umur 28 tahun dia punya aset itu 800 miliar. 800 M ini beneran? Saya foto sendiri. Saya pikir kan saya ini orangnya paling hebat. Ternyata saya enggak ada apa-apa. Pemerintah Amerikat itu dia itu cetak dolar terus-menerus. Printing mane? Nah kalau pemerintah mau rampok duitnya kita gampang. Caranya apa? Cetak duit. Ngapain kita kerja setengah mati ngumpulin uang kertas? Saya mikir saya itu harus diversifikasi. Alex, welcome back to Success V4. Thank you, Pak Candra. Wah, saya tadi terpesona di video yang pertama yaitu berbicara gimana omsetmu cuman dari Rp0 juta sampai 300 M tahun. itu ngeri. Terakhir kita bicara soal saya tertarik nih ingin ikut ee invest jadi mitranya Alex di makanan kucing. Kira-kira strategimu di 2026 ini makanan kucing ini masih prospeknya bagus kayak 2021 atau 2020 atau apa strategi dan langkamu berikutnya di perusahaan? Jadi kalau saya lihat ya, kalau kan kita enaknya bicara enaknya semua 300 M, wah angkanya itu legit gitu. Tapi sebetulnya berdarah-darahnya gimana? Pasti dong. Jadi kalau overall secara industri itu masih bertumbuh tapi ee mulai kompetitif. Karena satu ya ee China ini sudah mulai masuk sendiri. Terus pabrikan ee non pad food dulu yang pakan ayam, pakan ikan itu sudah produksi ee ee pet food juga ya. Jadi terlalu banyak brand ya kompetisi ya. Oke. Nah, salah satunya kan saya kan tadi kan sudah bilang itu kan 300 M itu kan total grup bisnis. Ada toko retail, ada distributor, ada importir. Hm. Iya kan? Termasuk yang klinik hewan ya. Outlook 2026 itu secara industri masih naik. Tapi kalau kita kalau sebagai saya nih ya itu ee omsetnya mulai stan. Jadi 300 miliar itu saya udah dari 2000 du 23 24 lah. 23 24 jadi omset 300 M itu stagnan sudah stagnan. Jadi saya turun gak juga ee enggak turun sih stagnan naik dikit. Naik dikit. Nah, tapi double digit sudah susah ya. Susah ya. Itu udah agak maksa ya. Kemarin itu kan saya juga tahun 2023 maksud itu akhirnya kan buka gudang di Jakarta, buka gudang di Medan. Jadi saya rasa ee untuk naik lagi itu agak berat. Makanya kalau dulu kan saya ini kan orangnya kan ada profit saya masukkan kembali ke perusahaan. Betul. Nah, ini sekarang uangnya sudah mulai muntah nih. Oh, karena kan mungkin di di saya ya mentok gitu kan ya. Anda masip in lagi ya. Percuma enggak enggak produktif gitu kan. Nah, saya itu enggak punya investasi Candra selama ini saya enggak punya investasi. Berarti semua keuntungan bisnis dimasukkan ke bisnis. Bisnis ya? serius beli properti pun itu properti untuk bisnis, untuk toko. Oh, gitu kan. Saya enggak bukan sewa ya, bukan sewa. Nah, saya enggak punya ee emas, saham kripto. Saya enggak punya emas, saham kripto enggak ada dulunya yang makanya dari ee dari saya merasa staknan terus labanya mulai turun. Hm. Udah omsetnya mulai staknan, labanya turun. Saya mulai mikir ya ibaratnya kalau kita dulu gaji R juta, tiba-tiba gaji kita jadi R juta gimana? Oh iya pasti kan pasti sudah gelisah nih angsurannya tetap tapi income turun. Mulai gelisah kan? Nah gelisah saya lihat itu kok muncul terus itu kripto-kriptoan itu. Hah kripto-kripto muncul terus TikTok, Instagram. Kalau saya pulang kerja capek-capek itu pulang ya hiburannya lihat Instagram, TikTok, YouTube. Iya. Iya. I kok muncul terus kripto kan penasaran gitu loh. Nah, dari penasaran itu saya mikir saya itu harus diversifikasi. Oke. Jadi saya ag anggapannya sekarang itu all in ke bisnis tapi saya enggak punya investasi. Iya. Ya kan saya pelajari itu apa? Saham. Betul. Saya pelajarin ee kripto, saya pelajarin juga emas. Nah, tapi dari tiga ini saya itu jatuh cintanya ke crypto. Kenapa? Nah, ini back story ya. Back story ee sedikit ya. Saya ee tertariknya kripto pertama kali pasti muncul kan banyak yang muncul di Instagram sama TikTok. Akhirnya ketertarikan saya untuk belajar. Nah, saya telepon 10 orang teman saya, enggak ada yang main kripto. Padahal generasi saya kan masih 30-an kan. Iya. I enggak ada yang main krypto 10 orang nih. Nah, akhirnya saya apa persepsi mereka kok mereka enggak mau terjun ke dunia kripto? Ya, saya enggak tahu. Saya enggak enggak tanya cuman saya telepon main krypto enggak? Enggak. Main kripto enggak. Enggak. Saya kan bingung. Akhirnya dari 10 itu, eh coba deh kamu cari temanmu yang main kripto. Akhirnya satu teman saya punya teman itu ee di komunitas CG connecting grup eh grup doa lah. Iya. Iya. Nah, di sana saya dikenalin. Nah, anak muda umur 28 tahun ya saat saya ketemu itu dia punya aset itu 800 miliar. Oh, berarti kalah dong kamu. Jauh ya. Saya kan jadi bingung nih. Loh, saya pikir kan saya ini orangnya paling hebat dari nol bisa ngubah dengan dengan cepat omset 300 M. Ternyata saya enggak ada apa-apa. Perlu diingat ya, M itu bukan omset ya? Bukan omset duit kripto. Oh, itu berarti aset cash liquid. Cash liquid. Astaga. Jadi, kan saya kan mikir, apakah saya yang salah industri? Berarti kan saya kok banyak loh merasa kayak gitu loh. Berarti kan saya kalah pintar sama orang ini. Saya mau belajar bentar. Ini 800 M ini beneran saya foto sendiri. Nanti kalau mau ditampilin boleh nanti di sini. Itu beneran atau kadang kan anak-anak saya foto sendiri di sosm itu kan kadang loh ini bukan influencer. Heeh. ini orangnya ee susah untuk ditemui dan kalau diundang podcast enggak bakal pasti enggak mau. Nah, itu loh saya banyak temui orang-orang kripto itu modelnya kayak ginian. Ini benar-benar kaya tapi dia gak mau berbagi ilmunya. Lex gini kan kamu ini udah terbukti nih omsetmu 300 miliar. Kamu goyang ini sekarang dengan aset 800 M liquid itu kamu langsung self sabotage istilahnya sabotase sendiri mengatakan gue ini salahnya di mana gitu ya. Kamu ngalami itu perasaan itu? Aku merasa seperti itu karena gini, karena itu tahun ee du ee sat 1 tahun setengahan ini ya 1 2 tahun inilah. Berarti 2024 akhir I ya ee 2024 ya bulan 2000 saya pertama kali bre kripto itu di bulan Juli 2024. Oke. Terus itu adalah sebuah pergolakan batin ini pasti pasti pasti. Jadi kenapa kok sampai terinspire? Karena dia lebih moder dari saya. He. Saya merasa kerja saya udah gila-gilaan. Betul. Pak Candra tahu ya. Ini back story lagi ya. Saya nikah besoknya saya langsung buka toko tuh sampai keluarganya istri saya bilang, "Oh, suamimu gila ini." H i toh. Padahal kita selesai pesta itu jam .00 subuh berbersihung angpau, tidur jam 800.00 pagi buka toko. Oh, iya istimewa. Jadi enggak ada honeimon ya? Enggak ada honeimon. Hemonnya di toko. Gila, ini luar biasa. Saya udah kerjanya sekeras itu keliling seluruh Indonesia jadi sales dan lain-lain. Waktu saya saya curahkan, saya kalah kaya sama anak. Terus gimana? Oke, wajar kalau terjadi pergolakan batin itu. Itu namanya self war. Itu perang batin. Oke. Oke. Heeh. Terus lanjut. Lanjut. menarik ini. Nah, saya eh saat itu diajarin karena eh pemula saya diajarin di local exchange. Nah, saya enggak sebut karena kan ya enggak disponsori lah. Oke. Iya. Local exchange saya diajarin. Saya beli pertama kali crypto di bulan Juli ee tahun 2024. Ada historinya nanti. Iya. Nah, kalau enggak salah kripto saat itu rupiah itu sekitar R00 jutaan. 700800 juta pertama kali saya beli KPTO. Itu token ya? Ee Bitcoin. Oh, Bitcoin. crypto ya. Anda tadi enggak sebut Bitcoin, Anda sebutnya crypto. Waktu itu Bitcoin harga R00 juta. 700 jutaan Anda beli waktu itu beli karena anak ini. Nah, kenapa kok saya jatuh cintanya sama kripto? Karena sebenarnya saya ini lebih tua, mentor-mentor saya ada yang lebih tua. Sekarang saya berubah semua. Oh. Saya lebih inspire sama dia. Oke. Oke. Uangnya banyak, asetnya sebenarnya triliunan. itu di salah satu exchange saja bitcoin-nya ada 396. Saya ada fotonya ya kan nanti saya tunjukin ke Pak Chandra per duit saat itu. Per duit saat itu 396 * R00 juta sudah berapa? Apalagi sekarang Bitcoin sudah 1,5 M kan? Yes. Nah, jadi konsep hidupnya itu aneh. Oh ya. Anehnya gimana? Coba diceritain ini. Ini yang saya juga agak bingung ini sama anak-anak kripto ini. Untuk gini, dia enggak punya rumah. Rumahnya ngontrak. Punya rumah gak? punya rumah loh kan aneh duitnya ratusan M kok enggak punya rumah itu gimana sih? Nah, ya mungkin karena dia mainnya kan di exchange luar SPT-nya enggak beres dan lain-lain enggak bisa beli properti mungkin ya. Mungkin ya saya enggak tahu ya. Terus yang kedua saya tanya kenapa kok enggak beli rumah? Dia bilang saya mau jadi manusia yang bebas. Saya mau jadi manusia yang bebas. Heeh. Ya sekarang uang saya diblockchain. Oke. Saya butuh duit. Dia cairin kecil-kecilan saja untuk kebutuhan sehari-hari kebutuhan sehari-hari. Loh, tapi lain kali kalau dia punya anak, anaknya itu ini belum nikah ini. Ini belum nikah ini. S Nah, ini ini karena anak muda ini cara pikirnya agak agak aneh ini. Nah, dan dia dia bilang gini, "Aku sekarang mau ke Dubai 3 bulan, aku mau ke Korea 3 bulan, bebas. Aku mau jadi orang yang bebas." Jadi kayak kamu ya, kamu punya bisnis memang kamu ragamu bisa ke mana-mana, tapi pikiranmu pikirin usaha. Setuju orang kongl-kongl merat itu ya. He. Pak Candra kalau cek itu dia masih kerja. Betul. Dia tiap hari masih ngantor. Enggak enjoy the life. Tapi enjoy-nya dia ke kantor beda sama orang cripto ini. Nah, enjoy-nya dia gimana lifestyle-nya? Ya, dia asal ada laptop gitu dia udah ya sudah. kesenangannya dia memang di depan layar dia melakukan transaksi di di blockchain. Makanya saya heran orang-orang yang benar-benar kaya dari crypto ini gimana ya duitnya banyak tapi kok kalau saya loh ya saya punya uang 800 M seperti yang tadi Alex ngomong ya saya carikan 80 M kek, saya beli mobil yang lebih baik kek, saya beli rumah yang lebih baik kek. Kalau itu saya kenapa kok dia enggak lakukan? Karena pemikirannya dia itu akan mengikat dia di suatu tempat. Jadi misalnya nih kita punya rumah di Surabaya berarti kan kita terikat di Surabaya. Apakah mau di setiap kota kita beli properti? Kalau saya sekarang kan punya properti lebih dari satu kan sekarang kan. Itu kalau asetnya enggak produktif itu jadi apa? Properti seat bayar PB-nya. Terus kalau asennya kosong enggak enggak produktif juga rusak-rusak. Beberapa teman-teman saya yang pengusaha yang punya aset banyak apalagi yang Get eh Gen X ya. Gen X seusia saya lah itu propertinya yang sudah banyak dia merasa itu jadi kayak budak gitu. Diperbudak oleh properti sama properti bisa dibersihkan. Oh I see. Itu kalau Robert Kosaki bilang itu liabilities. Beda kalau dia cuman punya tanah gitu ya. Kalau dia punya building, punya ruko, kalau enggak tersewa ya memang jadi liability. Setuju saya? Yes. Ya, kondisinya sekarang ekonominya seperti itu kan. Hm. Banyak properti yangak. Nah, oke. Setelah Alex tadi dengar statement-nya dia kayak gitu, itu Alex jadi tertarik. Tertarik. Tertarik. Kenapa Anda tertarik? Karena saya di bisnis sudah ee 10 tahun. Tami kalau ngomong kerjanya 14 tahun ee sebelum buka toko saya jual beli anjing. Mereka jual beli anjing makanya ada cari makanannya gitu ya. I terus ee jenuh akhirnya di bisnis itu kita itu kadang merasa burn out capek gitu. I kayak berlari awan berlari maraton ndak pernah selesai enggak pernah garisinis. Jadi capek gitu loh. Kadang saya juga ngelihat istri saya, aduh karyawan sudah pulang dia masih di rumah masih laptop baca data finance-nya kan dia. Approvalnya gini ngemang begitu ya gimana? Dan itu anda tidak enjoy enggak enjoy atau bisa keluar kata tidak enjoy setelah Anda ketemu orang ini? Setelah ketemu orang ini. Tapi sebelum ketemunya enjoy atau terpaksa? Terpaksa. Terpaksa. Kalau saya kan orangnya pengin bebas. Kayak tadi Pak Candra. Saya kan mau keluar dari belenggu jagat toko itu kan nonton nonton video kontennya Pak Candra financial freedom. Tapi kalau istri saya enggak apa-apa fine aja dia kerja gitu ya. Karena dia enjoy. Enjoy. Karena dia enjoy. Kalau saya enggak. Anda orang luar, orang lapangan. Nah, saya enggak kuat. H di suatu tempat yang lama saya enggak kuat. Oke. Ini jadi ini ee disclaimer dulu. Pengertian financial freedom itu diperjelas. Kalau financial freedom yang kita tahu itu adalah biaya hidup kita dicover oleh passive income kita ya. Dan kata freedom itu kan artinya kita tidak terikat oleh apapun. Betul ya? Nah kayaknya kalau memang anak muda sudut pandang anak muda masuk akal ya karena dia belum punya ikatan apapun. Apalagi anak zaman sekarang ini lebih banyak free thinker ya. I artinya dia juga gak mau diikat oleh sebuah kota, sebuah provinsi. Nah, karena saya orang YouTube, saya tahu orang YouTube itu sejak 15 tahun yang lalu saya nonton PewDiePie itu dia 3 bulan di Jepang, 3 bulan nanti di Swedia, tahun depannya pindah ke mana gitu. Ini manusia memang enggak ngerti saya ini. Tapi saya sudah sampah gitu. Oke. Itu betul-betul Anda bisa keliling dunia freedom, enggak usah pusing. He. Dan Anda sama diversifikasiah aset kan. Oke. Di karena masa di bisnis semua kita enggak punya invest. Oke, gini, Le, sekarang setelah Anda tadi ngomong kayak gitu, saya tertarik. Saya ini orang usia 40 ke atas nih sekarang ini ya. Saya udah punya bisnis, saya sudah bekerja sekian lama dan sudah 40 tahun ya, at least saya sudah bekerja 15 tahun. Saya sudah ngumpulin sekian duit. Menurut Alex, kenapa kok enggak emas? Kenapa kok enggak properti? Kenapa kok pilihnya Bitcoin? Oke, jadi gini. Kalau saya bandingkan ya, kalau emas itu kita harus simpan ya atau repot kan ada bentuk fisiknya. Ada fisiknya. Oke. Repot menurut saya repot ya. Nah, terus yang kedua kalau saham saya begitu dijelasin itu saya kurang suka karena saham itu ada jam buka, jam tutup. Saya ini orangnya ini enggak bisa diam saya. Jadi saya sukanya yang 24 jam. Nah, saham enggak bisa 24 jam. Nah, makanya saya pilih di crypto 1 dia bisa 24 jam terus dia ada utilitasnya. Kemarin kan kita ke Taiwan bareng tuh ketemu di Taiwan kan. Kita bisa bayar makanan atau tari duit itu dari kripto. H luar biasa. Jadi kripto ini bisa di ee dipakai sebagai alat transaksi di luar negeri ya. H cuman orang seusia saya ini masih skeptis. Ini duitku ini taruh di mana sih? Enggak kelihatan. Kalau saya ini kalau ke bank deposito, saya diberilah satu surat ini. Bapak deposito sekian di bank ini, Bapak beli reksadana sekian di bank ini, Bapak beli obligasi retail FR di bank ini. At least saya itu ada pegangan. Nah, kripto ini apanya yang dipegang gitu loh. Enggak ada fisiknya. Bingung saya. Mesti pahami fundamentalnya dulu. Kalau bagi orang yang enggak paham pasti skeptis. Tapi kalau sudah mendalami itu pasti ee apa namanya? Yakin karena harus belajar fundamental dulu. Bitcoin itu apa, kenapa kok Bitcoin itu diciptakan? Itu itu panjang banget. Kalau saya mau belajar sama Alex itu gimana? Boleh, Pak Jandra. Jadi saya ini sekarang ini kan interest lagi into ke crypto. Jadi ada saya ada bangun komunitas. Oke. Nama komunitasnya Crypto Will X. Crypto Will X. Jadi sebenarnya saya buat komunitas itu awalnya ee karena teman-teman pengusaha saya itu kan bingung uangnya ada yang muntah. I terus ada yang aduh uangku nganggur segini mau tak buat bisnis apa ya? Betul. ada yang dipakai bisnis terus apa namanya ee ditipu i apa partnernya enggak enggak amanah dia suruh ee genset atau apa anak-anak muda yang jalanin juga enggak benar gitu kan jadi mereka bingung gitu kan nah begitu mereka bingung mereka investasi di mana nih gitu kan nah saya karena kan saya sudah dalami ini karena kenapa Bitcoin itu diciptakan kenapa Kenapa kok ee harus invest? Nah, boleh saya ceritakan sekilas enggak? Boleh. Jadi, sebenarnya ee sebelum saya masuk di Bitcoin atau di cripto ini, saya itu ee belajar fundamental dulu. Oke. Apa sih ee Bitcoin? He. Nah, bahasa sederhananya Bitcoin itu gold 2.0, gold 2.0 dan tidak ada inflasi. Tidak ada inflasi. Nah, Bitcoin sendiri itu diciptakan sama Satosi Nakamuto Anonymus itu supaya ee orang-orang yang punya permasalahan itu terhadap inflasi itu bisa keluar dari matriks ini. Hm. Jadi satu Bitcoin itu suplainya terbatas. He. Jadi dia dibatasi 21 juta koin. Hm. 21 juta enggak bisa dicetak lagi. Hm. Oke. Tapi ada pisikoinnya enggak? Enggak ada. Karena mana dia ini teknologi blockchain sekarang Pak Candra kalau nyimpan di BCA? Nyimpan di BCA pegang fisik rupiahnya enggak kalau diklik BCA? Engak. Kalau saya orang YouTube ya saya ibaratkan saya punya 2.200 video. Fisiknya enggak bisa dipegang tapi ada gitu loh. Nah, kurang lebih kayak gitu analoginya ya. Oke, lanjut lanjut. Padahal zaman kayak saya dulu kan nontonnya TV H. Tapi sekarang nontonnya YouTube. Dari mana itu videonya? dan buktinya update terus videonya enggak hilang dan sebagainya. Oke. Oke. Saya bisa terima. Nah, jadi dasarnya itu dari ee sebenarnya permasalahannya itu dari inflasi. Bitcoin ini diciptakan itu karena inflasi. Karena pemerintah Amerika Serikat ini kita ngomong pemerintah Amerika Serikat deh. Pemerintah pemerintah Amerika Serikat itu dia itu cetak dolar terus-menerus. Printing money. Printing money. Nah, dulu sebelum tahun itu ada perjanjian eh Breton Woods. Apa itu Britten Woods? Bratton Woods itu kalau Amerika mau cetak dolar, dia harus punya cadangan cadangan emas. Oke. Jadi itu namanya underlying aset ya depa. Jadi karena di tahun 1976 oleh Richard Nixon itu di jabut makanya emasnya akan terbang. Oh. Dolar dicetak enggak ada dasarnya karena enggak ada underlying. Underlying-nya itu yang membikin inflasi. Awal tercipta inflasi itu dari situ. Bukan awal terciptanya inflasi. Maksudnya kenapa kok Bitcoin diciptakan untuk menghindari inflasi? Nah, sistem yang dibuat oleh Satosi Nakamoto itu suplainya dibatasin. Jadi, ee emas itu sebenarnya ada inflasinya juga. Kenapa? Karena menurut eh Michael Sack Meller itu kalau emas yang ada di dunia itu dikasihkan ke kita semua 36 tahun lagi itu akan ada emas jumlahnya sama seperti kita. Loh, kok bisa gitu? Ya, itu teorinya karena bisa ditambang. Tapi kan nah ditambang oke emas ada inflasinya karena masih bisa ditambang. Tapi kan terbatas karena buminya tetap sama, emasnya tetap sama. Iya, tapi emasnya masih bisa ditambang terus kecuali ee apa suplai emasnya sudah enggak ada. Iya. I ya kan ini emas masih bisa ditambang. Iya. Iya. Belum habis priport pun masih bisa ditambang gitu. Nah, kalau Bitcoin suplnya dibatasi Pak Candra. Tapi itu kan ciptaan manusia. Kan bisa aja sekarang ngomong 21 juta nanti 100 tahun lagi enggak bisa karena secara smart kontraknya sudah tertulis gitu dan itu sudah lah smart kontrak kan manusia yang bikin ya tapi sekarang sudah dipercaya di institusi-institusi Amerika pun jadikan strategic reserve-nya sebenarnya kita enggak usah jadi orang yang pintar dehin orang yang pintar udah bisa selamat kok hmm ok terus lanjut jadi itu yang membuat Anda pilih Bitcoin daripada emas Jadi secara fundamental itu masuk di HK semua. Terus yang kedua Bitcoin itu ada ongkos produksinya. I sama kayak dia kan bisa di mining tapi miningnya maksimal di 21 juta koin itu. Oke, I see. Jadi suplainnya dip jadi dia enggak bisa inflasi gitu loh. Hm. Ya kan? Oke. Jadi kalau kita mau naik mining Bitcoin, Bitcoin itu ada siklus haling 4 tahun sekali. Iya. Siklus haling terakhir itu 2024. Iya, kemarin nanti akan halving lagi di 2028 4 tahun sekali. Jadi apa yang terjadi saat halving ya? Ongkos produksi naik loh. Kok bisa ongkos produksinya naik? Karena saat kita mining bitcoin kita kan perlu listrik ong produksi. Iya. Iya. Nah, dulu hadiahnya satu. Setelah halving jadi setengah, halving lagi 1/4at, halving lagi 1/8, halving lagi 1/16 dan lain-lain. Dan itu fundamentalnya gitu loh. Jadi ongkos produksi naik, suplainya terbatas. Makanya Bitcoin itu menghargai orang yang beli di awal-awal. time valuable money. Oh, jadi kalau 100 kadang kalau developer property enggak masuk itu kadang beli di awal bisa rugi itu karena 100 dolar ya harganya harus sama dengan 100 dolar sekarang 100 dolar tahun 1900 harus sama dengan dolar 2025. Ini konsepnya seperti itu. Jadi enggak boleh Richard Nixon apa nyabut itu enggak harusnya enggak boleh. Nah, itu terbukti kalau teman-teman lihat di tahun 1976 Richard Ninson nyabut itu gold langsung rally. Hm. Jadi dolarnya jadi sampah. Kita ngomong yang lebih lebih ringan lagilah. Enggak usah ngomong Amerika. Di Indonesia. Iya. Iya. Di Indonesia tahun '97 dan tahun '98. Oh, itu saya ngalami itu money supply ya. Uang yang berada di tahun '97 itu 270 triliun. R70 triliun. Pak Candra tahu enggak tahun '98 berapa? Enggak tahu. Hampir 600 triliun. Kok bisa loh? Ya berarti pemerintah cetak duit mane. Nah kalau pemerintah cetak duit rekeningnya Pak Candra misalnya turun nilainya saldonya tetap R miliar tetap 1 M tapi nilainya tapi nilainya mungkin R00 juta. Setuju? Ini saya ngalami jadi saya saksinya. Nah makanya betul. Nah kalau pemerintah mau rampok duitnya kita gampang. Caranya apa? Cetak duit. Ya, ngapain kita kerja setengah mati ngumpulin uang kertas? Nah, secara fundamental itu saya sangat percaya sama Bitcoin. Masih banyak lagi, Pak Sandra. Kalau kita kulas di sini nanti kamu ada kelasnya enggak? Saya mau ada, ada, ad ada ada kelasnya. Saya kelasnya ini di Jakarta atau di Surabaya? Ee kita online ya. Oh, online online. Jadi kalau saya mau join kelasnya coba ya ada link di bawah ya. ada nanti saya akan saya rekomen ee ikut kelasnya Alex karena Alex ini murid saya istilahnya kalau saya secara enggak langsung kan murid saya di SP30 dan beliau juga terbukti pengusaha yang punya omset ratusan N makanya saya lebih mau mendengarkan insight beliau plus satu lagi kenapa kok beliau dari 300 M reason-nya kenapa kok beliau sekarang mau diversifikasi ke krypto ini yang aneh menurut saya dan rata-rata eh member-member komunity saya itu pengusaha-pengusaha dan usianya sekitar 40 tahun ke atas sih. Jadi ya saya ngajarin memang dari awal mesti pelan-pelan ngomongnya. Mesti pelan-pelan mesti kasih analogi. Jadi ini cocok ya kalau usia 40 ke atas yang masih gaptek ini cocok banget ya. Cocok banget. Saya bisa bantu. Saya bisa bantu. Oke. Ini cocok karena bahasanya dia seorang pengusaha yang dilahirkan basically dari entrepreneur bukan dari trader. Yes. Ya, sekali lagi ya kalau Anda ngikutin sepak terjangnya SB30 sejak 12 tahun yang lalu, Anda tahu saya ini kan bukan trader. Saya trader bisnis saya sendiri mentrading. Trading itu kan perdagangan, mendagangkan barang dan produk saya sendiri. Tapi kalau saya trading saham gak ngerti saya trading kripto apalagi. Tapi saya suka sama Alex karena Alex ini kan basicnya pebisnis. Kenapa kok Anda sampai mau terjun ke dunia ini? Ini pasti ada sesuatu yang mendasari dan kuat. Saya rasa di video ini sudah sangat jelas tadi Alex membahasnya. Oke, sahabat SP30. Kalau Anda memang ingin belajar langsung sama Pak Alex, makan pakanan anjing atau makanan kucing, ya kan? Pet pet shop atau pet food sampai hari ini mau terjun ke kripto, ini ada suatu insight yang kita harus belajar dari sudut pandan beliau. Dan beliau ini kenapa saya katakan bocah ajaib? Karena industri pet goncang gara-gara beliau terjun dalam waktu singkat ratusan M. Sekarang industri kripto bisa goncang ini gara-gara seorang Alex hari ini menggoncang kita dari cara berpikirnya. Anak usia 28 punya 800 N. Itu gak masuk akal sih. Dari nol ya dari nol. Bukan dari nol. Dari nol bukan privilege atau orang tu. Iya. Dia main sudah dari lama. Sudah dari lama sekali. Dari awalnya main game. Terus itu berapa lama sih? E saya saya lupa cuman dia dulu main game terus transaksi untuk bayar game apa hadiahnya bisa ada Bitcoin masih masih e Bitcoin sebagai hadiah game dulu ini orang bisnis tiga generasi bisa belum tentu menang sama anakmu ini. Iya ini kalau tiga generasi bapaknya pintar nih kakeknya pintar anaknya pintar ngelanjutin kayak sekarang Lim Siul yang dilanjutin sama Antoni Salim itu kan jago pintarnya tuh terus Antoni Salim punya anak lebih pintar lagi. Wah ini tiga generasi udah kerajaannya itu dinasti berapa itu? Nah, ini dalam waktu singkat 800 M itu kayaknya enggak sampai 20 tahun ya. Bitcoin tahun berapa sih munculnya? Ya Bitcoin awal-awal itu tahun 2000 sekitar 2009an ya. 2009 dan sekarang kamu ketemu dia 2024. Ee saya ketemu dia di 2024 di bulan Juli lah. 15 tahun dia bisa punya 800 M enggak masuk akal. Kalau kalau kita bisnis enggak masuk, Pak Candra. Banyak sih ee apa namanya orang-orang yang biasa enggak kelihatan asetnya ratusan miliar. Itu intinya saya mau belajar. Nah, saya rekomendasi kalau teman-teman pengin belajar ya sama Alex dari sudut tandang usaha tentunya kok bisa ada satu usaha yang intinya kalau Anda hari ini usia 40 ke atas dan masih skeptis kayak saya ini gak ada salahnya kali ini turunkan ego dulu. Jangan menghujat dulu. Kita belajar dari sudut pandang Alex. Apalagi Anda sudah menjadi pengusaha puluhan tahun berdarah-darah dari nol ngatasi karyawan pusing ya kan. Buka cabang tambah gede. Omset tambah gede tambah pusing ya. Tambah pusing. Nah omset tambah gede tambah pusing. Ini yang ini yang enggak banyak orang tahu gitu loh. Saya dulu ya mikir gitu karena saya pikir oh nanti jadi big boss karyawannya sudah ee ratusan mungkin bisa ongkang-ongkang kaki enggak bisa ternyata tambah sibuk. Iya. Kalau pebisnis konvensional tidak mudah gitu loh. Apalagi sudah ngerancang sistem, minimal jiwa kita itu sudah ada di dalam itu. Kalau kita traveling luar negeri teleponnya gak berhenti berdiri. Oh, enggak. Karena kalau ambilan keputusan kan mesti tanya beberapa tanya kan meskipun kita punya level manajerial kan pasti ee pengambilan keputusan kan tetap kita. Ya intinya kalau teman-teman pengusaha yang hari ini pengin belajar dunia yang baru, saya rekomendasikan Alex. Karena Alex bukan orang baru di dunia usaha yang sudah lebih dari 10 tahun, total berbisnis 14 tahun, omsetnya ratusan M, minimal bisa dijadikan referensi. Oke, terima kasih sahabat untuk video kali ini. Sukses untuk Anda. Nanti kita akan bahas isu menarik lagi di video berikutnya. Salam hebat luar biasa. Yeah.