File TXT tidak ditemukan.
Transcript
HVRPZqU4skg • TV & Bioskop Indonesia Tidak Mati—Mereka Ditinggalkan Pelan-Pelan
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/JendelaDunia-u3n/.shards/text-0001.zst#text/0068_HVRPZqU4skg.txt
Kind: captions Language: id Halo semuanya, selamat datang kembali di channel Jendela Dunia. Jangan lupa tekan tombol subscribe dan nyalakan loncengnya. Mari kita buka jendela wawasan kita hari ini. 2023 itu tahun pertama. Banyak orang di industri bilang kayaknya ini bukan cuma sepi biasa deh. Gua ingat banget waktu itu ada teman yang kerja di Production House cerita. Dia duduk di meeting room jam 09.00 pagi. Bos manggil semua divisi terus bilang gini, "Rating kita masih oke kok, Guys. Cuma ada yang aneh kok klien pada minta diskon ya." Terus semua pada diam. atmosfernya tuh kayak lagi ditanya kapan nikah pas lagi bukber sama keluarga besar semua tahu jawabannya awkward tapi ya gitu deh. Jadi gini ceritanya tahun 2023 adalah momen di mana untuk pertama kalinya dalam sejarah pertelevisian Indonesia rata-rata orang Indonesia nonton TV di bawah 2 jam sehari. 2 jam doang cuy. Sementara megang HP lebih dari 4 jam sehari. Buat yang kerja kantoran terus pulang naik MRT atau Transjarta, coba ingat deh dari Lebak Bulu sampai blok M lo lebih banyak scrolling TikTok atau beneran mikirin hidup? Nah, itu dia. HP sekarang tuh udah kayak pasangan yang lebih diperhatiin daripada pasangan beneran di rumah. Basically TV udah kayak mantan yang masih di-save nomornya tapi udah jarang dibalas chat. Masih ada tapi udah enggak jadi priority. Dan ini bukan soal TV jelek atau bioskop kolot ya, Guys. Ini tentang perebutan waktu. Bayangin gini, sehari lo cuma punya 24 jam, tidur 8 jam, kerja 9 jam, macet 2 jam, makan minum 2 jam, sisanya cuma 3 jam. Nah, di 3 jam itu lu harus pilih mau nonton TV yang jadwalnya udah ditentuin stasiun atau mau nonton YouTube yang bisa lous kapan aja sambil boker. Ya, jelas milih yang fleksibel lah. Gue enggak bilang orang-orang jadi malas nonton konten loh ya. Malah sekarang tuh orang doyan banget nonton. cuman platformnya aja yang berubah. Dari tahun 2023 sampai 2025, kita bakal lihat gimana dua industri gede ini, TV sama bioskop perlahan-lahan kehilangan tahtanya. Bukan karena kontennya jelek, tapi karena cara orang konsumsi hiburan udah berubah total. Dan yang paling seru, industri ini enggak mati seketika kayak dinosaurus kena meteor. Mereka mati perlahan kayak baterai HP yang low power mode, tapi tetap dipakai buat main TikTok sampai beneran mati total. Literally watching them dying in slow motion. Sekarang gua mau cerita tentang tahun 2023 dari sisi bisnis TV tradisional. Bayangkan lo Sales Executive Stasiun TV di awal 2023 bos manggil meeting bilang rating kita masih bagus kok, cuma kenapa iklan turun 20% ya? Terus semua pada diam kayak lagi ditanya, "Kenapa lu belum marit pas lebaran? Gak ada yang berani jawab." Tapi semua ngerasain awardnya. Situasinya gini, rating acara Prime Time dari jam .00 sampai 10. Malam belum ambruk total. Sinetron masih ditonton emak-emak. Variety show masih lumayan. Tapi yang aneh itu di sisi duitnya. Harga spot iklan turun sekitar 15 sampai 20% dari tahun sebelumnya. Advertiser mulai banyak yang nawarin deal kayak gini. Oke deh, kita naik di TV, tapi bonus Instagram reels dong. Atau yang lebih parah lagi, duration iklan dikurangin dari 60 detik jadi 30 detik tapi harganya turun lebih dari setengahnya. Itu tuh basically bilang value lu udah nanggaksi banding effort gue. Ada satu quote yang sering banget keluar dari mulut klien di tahun 2023. Oke, naik TV boleh, tapi jangan lupa TikTok-nya ya. Sekarang kan zamannya anak muda. Padahal yang ngomong gini juga udah umur 45 tahun. Cuma anaknya doang yang tiktokan. Dia sendiri masih nonton berita di Metro TV sambil sarapan. TV di 2023 itu kayak wartek langganan yang masih ramai tapi pelanggannya udah mulai pesan GoFood juga. Belum ditinggal total, tapi loyalitasnya udah mulai goyah. Brand-brand besar mulai coba-coba budget digital di YouTube, TikTok, Metaads, tapi tetap pasang TV biar kelihatan eh bona fight. Karena ada anggapan kalau enggak ada di TV berarti brand lo masih kecil-kecilan. Cuma bedanya sekarang mereka nuntut performance report, sesuatu yang TV tradisional enggak biasa ngasih. TV kan cuma bisa bilang rating kami 3,5, Pak. Sementara digital bisa kasih data. 18.429 orang nonton, 60% cewek umur 18 sampai 24 di Jakarta. Jam 0.00 sampai 10 malam konversi 4,2%. Nah loh, mana yang lebih meyakinkan? Tahun 2023 itu tahun warning shot. Belum panik tapi udah mulai berasa waduh ini tren atau cuma badlock doang ya. Semua orang masih optimis masih bilang, "Ah, ini cuma fase aja kok entar juga balik lagi." Spoiler alert nenggak balik-balik. Tahun 2024 adalah tahun di mana kalau lo anak Genzy bilang tadi gua nonton TV, teman loanya nonton apaan. Maksudnya YouTube di TV karena literally gak ada yang nonton siaran TV biasa lagi. Gua punya teman yang kerja di stasiun TV, dia cerita meeting room mereka sekarang tuh sunyi senyap kalau lagi bahas rating. Penonton di bawah 30 tahun turun 25% dari 2023. Yang nonton TV sekarang mostly umur 40 tahun ke atas. Dan yang lebih parah lagi, durasi nonton per hari turun jadi sekitar 90 menit. Dan itu pun sambil scrolling HP. Jadi basically mereka nonton TV tapi enggak fokus. Ada satu variety show musik yang tayang Sabtu malam jam 0.00. Rating di 2022 bisa tembus 5 sampai 6 poin. Lumayanlah buat ukuran Verity Show. The Tentak Viren Tentak turun jadi 2 sampai 3 poin. Yang lebih parah eh training topiknya di Twitter. Oh sorry maksud gua X cuma bertahan 30 menit. Habis itu kalah sama video kucing jatuh dari kulkas. Literally kucing lebih viral dari program TV yang budget produksinya ratusan juta. Revenue iklan TV di tahun 2024 turun sekitar 20% dibanding 2023. Dan lo tahu ke mana duit itu pergi? TikTok dan YouTube Ads. Klien sekarang tuh punya alasan yang sangat jelas kenapa mereka kabur. Pertama, budget gue di TikTok bisa tracking sampai tahu yang nonton sambil boker. TV cuma bisa bilang rating kami 3,5, Pak. Sementara digital bisa bilang ini loh data lengkapnya. Bahkan tahu jam berapa mereka nonton, pakai device apa di daerah mana, habis nonton ngapain. Kedua, kenapa gua harus bayar mahal buat orang yang enggak gue kenal? TV kan sistemnya broadcast. Siapa aja yang nonton ya nonton. Mau yang butuh produk gua atau enggak. Digital bisa targeting. Gua cuma mau orang yang suka kopi, tinggal di JABO Detabek, punya mobil, pernah browsing produk sejenis dalam 30 hari terakhir. Presisi banget kan? TV di 2024 tuh kayak Nokia 3310. Masih bagus, masih bisa dipakai, awet, tahan banting. Tapi ya lu enggak bakal pamer ke teman kan? Lo gak bakal bilang gua baru beli Nokia nih, Guys. Keren kan? Enggak lah. Sekarang mah loya iPhone atau Samsung lipat. Yang lebih parah dari masalah angka adalah masalah relevansi. Banyak acara TV yang enggak lagi jadi obrolan hari Senin di kantor. Dulu kalau enggak nonton acara tertentu, lu bakal FOMO, takut enggak nyambung ngobrol. sekarang ya udah besok juga ada yang upload ke YouTube atau lu bisa nonton podcast yang lebih seru sambil nyetir pulang kantor. Ingat enggak dulu sekitar tahun 2020 sampai 2022 Senin pagi di pentry kantor tuh bahas eh kemarin nonton acara ini enggak lucu banget. Sekarang eh lu udah nonton podcast si anu belum? Nak ke bis atau eh udah lihat video TikTok yang kemarin viral? The shift is real. TV di 2024 itu masih nyala, masih ramai, tapi udah enggak jadi pusat pembicaraan. Kayak teman yang masih di grup WhatsApp tapi udah enggak pernah ngomong, cuma nongol kalau ada yang mention doang. Tahun 2025 adalah tahun di mana banyak stasiun TV mulai ngererun acara lama. Bukan karena nostalgia, Guys, tapi karena bikin konten baru mahal. Sementara iklan makin dikit. It's not a choice, it's survival. Gua ada kenalan yang kerja sebagai kreatif di salah satu stasiun TV. Dia bilang, "Sekarang tuh meeting produksi itu kayak meeting crisis managemen. Dulu satu stasiun bisa produksi 10 program original dalam setahun. Sekarang 4 sampai 5 aja udah bagus. Sisanya beli lisensi format dari luar atau rerun program lama yang pernah sukses. Format acara juga jadi lebih murah. Talk show makin banyak karena modalnya cuma host, narasumber, dan kamera. Reality show berkurang drastis karena mahal dan ribet harus nyiapin lokasi. Tim produksi gede, editing lama. Sekarang yang penting cepat produksi, cepat tayang, murah. Bundling juga udah jadi hukum wajib. Enggak ada lagi yang cuma jualan Spot TV doang. Sekarang paketnya harus komplit. TV plus digital plus influencer marketing. Basically, stasiun TV sekarang jadi mini advertising agency. Mereka enggak cuma jual slot iklan, tapi jual solusi marketing campaign lengkap. Revenue situation di tahun 2025 tuh makin parah. Dibanding masa kejayaan sebelum 2020, duit iklan TV turun 35 sampai 40%. Gaji karyawan beberapa stasiun mulai rasionalisasi itu bahasa halusnya, bahasa kasarnya si PHK. Profit margin udah tipis banget. Banyak stasiun yang sekarang cuma fokus gimana caranya break even aja, enggak mikirin growth lagi. Stasiun TV di 2025 kayak Wartek yang tadinya full menu Padang lengkap dari rendang sampai gulai otak. Sekarang cuma nawarin nasi plus telur ceplok plus tahu tempe. Tetap hidup tapi ya sederhana aja lah pokoknya. Eh, tapi ada plot twist yang menarik. Ada beberapa stasiun yang mulai nemu jalan survival mereka sendiri. Mereka mulai kolaborasi sama platform digital, bikin konten eksklusif buat streaming app atau pivot jadi konten production house. Jadi mereka enggak cuma produksi buat stasiun sendiri, tapi juga terima order bikin konten buat YouTube eh channel brand-brand besar, bikin konten buat TikTok, bahkan bikin podcast. Ada juga yang ekspansi ke digital media network, beli atau bikin anak perusahaan yang fokus di konten digital. Gua pernah dengar quote dari salah satu insider. Dia bilang, "Sekarang tuh kita enggak lagi mikir gimana orang nonton TV kita. Kita mikir gimana konten kita bisa ada di mana-mana. Di TV, YouTube, TikTok, bahkan podcast. TV cuma satu dari sekian platform. Jadi, The New reality adalah TV bukan lagi Primadona, tapi jadi salah satu channel aja. Yang penting sekarang adalah punya IP yang kuat, intellectual property maksudnya. Punya variati show bagus, spin off jadi podcast. punya drama hit, jual lisensi ke Netflix buat remake versi series, punya host terkenal, bikin YouTube channel pribadi, terus collaborate sama stasiun eh tahun 2025 itu tahun TV berhenti mimpi jadi raja, sekarang cukup jadi pemain yang bertahan hidup. Dan honestly itu nenggak jelek-jelek amat. Kumaya nenggak seksi. Gak ada lagi yang bilang, "Wah, gua kerja di stasiun TV loh." Dengan bangga. Sekarang malah banyak yang bilang, "Gua kerja di stasiun TV sih, tapi part time juga ngonten di YouTube. Diversifikasi income namanya." Eh, sekarang kita pindah ke bioskop. Bayangin lo produser film yang baru launching film drama keluarga di bioskop tahun 2023. Budget 5 miliar, cash lumayan. Ada beberapa nama yang cukup dikenal, cerita oke. Sutradara yang pernah bikin film yang sukses sebelumnya. Terus minggu pertama masuk bioskop. Lu excited banget. Ini film gue nih. Gue udah usaha 2 tahun bikin ini. Hasilnya sepi. Bukan sepi kayak yah lumayan lah, tapi sepi kayak ini kok cuma 20 orang per bioskop. Lo tahu kenapa? Karena orang udah keburu nunggu Netflix. Situasi bioskop Indonesia di tahun 2023 tuh gini. Yang masih laris itu film Hollywood Blockbuster, Level Avengers atau Barbie atau Oppenheimer, terus film horor Indonesia yang ini tuh Golden Child-nya 2023 dan film komedi besar yang cas-nya ada komedian terkenal level Jokul Abdel atau Ernest yang mulai struggling adalah drama keluarga, film remaja romance kecuali viral banget dan film menengah dengan budget 3 sampai 8 miliar. Durasi tayang rata-rata film Indonesia di bioskop cuma 2 minggu. Kalau minggu pertama enggak kuat, minggu kedua udah ditarik. Kenapa? Karena bioskop butuh slot buat film baru yang mungkin lebih laku. Perilaku penonton sekarang tuh udah berubah total. Sebelum decide mau nonton bioskop, orang sekarang nanya tiga hal. Pertama, ini worth it enggak keluar rumah. Kalau cuma drama biasa yang ceritanya bisa diprediksi, ya tunggu streaming aja. L nonton sambil rebahan di kamar pakai AC dingin-dingin. Tapi kalau action gede atau horor yang butuh atmosfer gelap dan sound system bioskop, okelah mending ke bioskop. Kedua, apakah ini pengalaman kolektif? Film horor orang mau nonton bareng, teriak bareng, ketawa bareng kalau ada yang kaget. Film drama, yang nonton sendiri di rumah sambil ngemil juga sama aja. Ketiga, berapa lama lagi masuk streaming? Orang sekarang udah paham film Indonesia biasanya 1 sampai 2 bulan udah masuk platform digital. Ya ngapain buru-buru? Nonton bioskop di 2023 udah kayak makan di restoran mahal. Lu harus yakin beneran? Worth it asal ya udah coba aja. Soalnya keluar duit Rp50 sampai Rp70.000 per orang. Parkir Rp20.000, popcorn Rp40.000 yang ukurannya kayak ember kecil padahal isinya jagung doang. Minuman Rp30.000 buat kup plastik yang sebenarnya modal R5.000. Total buat nonton berdua bisa habis Rp300.000. Rp300.000 itu bisa buat makan wartek seminggu, cuy. Kenapa horor laris? Simple. Lu enggak bisa nonton horor sendirian di kosan sambil makan Indomie jam 11.00 malam. Lu butuh teman, butuh suasana gelap bioskop, butuh sound system yang bikin jantungan kalau ada jump scare. Itu value yang streaming enggak bisa kasih. Gua punya teman produser film kecil. Dia bilang, "Dulu kalau bikin film yang penting cerita bagus, eksekusi oke, pasti ada pasarnya." Eh, sekarang gua harus mikir, is this a theatrical experience atau cukup streaming? Karena salah pilih, lo bisa rugi puluhan miliar. Tahun 2023 adalah tahun bioskop mulai sadar. Enggak semua film pantas ada di layar lebar. Dan itu bukan soal kualitas, tapi soal apakah ini menawarkan sesuatu yang streaming enggak bisa kasih. Tahun 2024 adalah tahun di mana industri film Indonesia terbagi jadi dua kubu ekstrem yang untung ratusan miliar dan yang batal launching gara-gara enggak dapat slot bioskop. Nah, enggak ada middle ground. Lu harus all in atau pulang. Film horor yang sukses bisa tembus R00 sampai Rp400 miliar. Bahkan ada yang lebih. Contoh tipe film gini adalah universe horor yang udah punya fanbase atau sequel film yang sukses sebelumnya. ROI-nya bisa 5 sampai 10 kali lipat dari budget produksi. Bayangin loh, invest 5 miliar balik 50 miliar. Itu mimpi basah semua produser. Tapi di sisi lain, film, drama, romance, keluarga dengan budget 5 sampai 10 miliar banyak yang struggle. Box office 50 sampai 100 miliar kalau beruntung. Tapi banyak juga yang di bawah itu. Bahkan film dengan cas terkenal pun gak jaminan laris. Ada yang lebih parah lagi, banyak film yang udah jadi tapi enggak dapat slot tayang yang bagus atau dapat slot tapi cuma 1 minggu atau bahkan rilis langsung ke streaming yang artinya produser rugi besar karena enggak ada box office revenue. Kenapa horor masih dominan di 2024? Pertama, budget relatif rendah, bisa 2 sampai 5 miliar aja. Enggak perlu lokasi mewah, enggak perlu CGI mahal-mahal. Make up horor aja udah cukup. Kedua, formula udah terbukti. Jump scare plus cerita mitologi lokal yang relate sama budaya Indonesia, orang suka. Ketiga, target market jelas remaja sampai yang adult yang masih suka nonton ramai-ramai sama teman-temannya. Keempat, word of mouth cepat kalau seram beneran. Senin pagi udah viral di TikTok. Semua orang ngomongin adegan mana yang paling bikin kaget. Bikin film di 2024 kayak main slot machine di casino. Lu bisa dapat jackpot ratusan miliar atau bisa balik ke rumah sambil nangis di Grab karena rugi puluhan miliar. Enggak ada yang sedang-sedeng, enggak ada zona aman. Strategi marketing juga berubah total. Dulu Kara Lemak itu pasang billboard di jalan utama, iklan TV prime time, press conference di Hotel Bintang Lima, Premier GGD and undang artis dan media. Sekarang viral TikTok campaign itu wajib hukumnya lo harus punya hashag challenge atau audio yang viral. Influencer marketing dari micro sampai macro influencer harus di-endorse. Community engagement juga penting. Lu harus bikin fandom culture bikin mereka ngerasa ini film mereka. First week Blitz. Semua effort marketing lo harus di minggu pertama. Karena kalau minggu pertama gagal udah tamat. Timeline survival sebuah film di tahun 2024 itu kejam banget. Hari pertama sampai ketiga harus trending di media sosial. Kalau enggak berarti marketing lo gagal. Minggu pertama harus terbukti laku. Minimal 50 sampai 100.000 penonton. Kalau enggak lo udah masuk warning zone. Minggu kedua kalau enggak tumbuh bersiap dikurangi slot drastis dari 200 bioskop jadi 100 bioskop. Minggu ketiga kalau masih bertahan congrat lo punya hit. Tapi kalau enggak ya sudah tamat. Sekarang enggak ada yang namanya slowburn success. Film lo viral dalam 3 hari atau mati. Literally gak ada waktu buat word of mouth pelan-pelan karena kompetitor lo gak cuma film lain, tapi TikTok, YouTube, Netflix, game, podcast, everything yang compete buat attention span orang. Ada satu case yang gua dengar dari teman yang kerja di distribusi film. Dia cerita ada film drama keluarga dengan budget 8 miliar. Cash oke semua aktor yang udah pernah main di film-film sukses. Cerita menyentuh tentang keluarga Broken Home yang akhirnya bisa bersatu lagi. Cinematografi bagus, color grading apic. Film ini tayang di 200 bioskop se-Indonesia. Minggu pertama cuma 25.000 penonton jauh dari target. Minggu kedua turun jadi 10.000 penonton. Minggu ketiga film udah ditarik dari sebagian besar bioskop. Total box office cuma 3 miliar, rugi 5 miliar. Belum termasuk marketing cost yang bisa 2 sampai 3 miliar lagi. Kenapa gagal? Padahal film bagus. Pertama, enggak viral di TikTok. Marketing campaign-nya biasa aja, enggak ada yang memorable. Kedua, genre enggak urgen. Orang ngerasa ini film bisa ditonton kapan aja, enggak harus sekarang. Ketiga, kalah sama film horor yang rilis bersamaan yang udah viral duluan karena trailernya bikin merinding. Plus ada influencer yang bikin content reaction terhadap trailer tersebut. Produser kecil menengah sekarang mulai mikir strategi bertahan. Banyak yang langsung ke streaming aja at least dapat licensing fee yang pasti daripada gambling di bioskop atau coproduction sama platform digital biar ris ditanggung bareng. Jadi kalau rugi enggak sendirian atau fokus ke serial dan minies buat platform kayak Disney Plus, Hotstar, Netflix, Amazon Prime Video, video, video produser film indie di 2024 kayak penjual cilok yang tiba-tiba harus compete sama McDonald's dan KFC. Bukan masalah cilok lu enak atau enggak, cilok lu bisa aja paling enak se Jakarta. Tapi masalahnya McDonald's punya marketing budget ratusan juta bahkan miliaran. Billboard di mana-mana, iklan TV setiap hari. Semua orang tahu brand mereka. Sementara lu cuma bisa pasang spanduk di pinggir jalan yang tulisannya udah pudar kena hujan. Tahun 2024 mengajarkan satu hal di industri film. Playing safe adalah cara tercepat buat bangkrut. Lu harus berani ambil ris gede dengan konsep yang beda atau jangan masuk arena sama sekali karena lo dimakan hidup-hidup. Tahun 2025 adalah tahun di mana sutradara, produser dan kru film tidurnya cuma 2 jam sehari selama minggu pertama film rilis. Kenapa? Karena kalau hari ketujuh angka lo jelek, it's over, tamat, game over. Thank you for playing. Film lo bakal ditarik dari bioskop. Investor lo bakal ghosting lo enggak angkat telepon, enggak balas chat, dan mimpi bikin sewell. Forget it, lupain aja. Rule baru bioskop 2025 adalah 7 Day Rule. Film punya 7 hari buat buktiin diri. Kalau hari pertama sampai ketujuh enggak trending atau enggak cukup penonton, slot dikurangi drastis. Bioskop sekarang operate-nya kayak algoritma yang enggak perform langsung dirop. enggak ada ampun. Film Indonesia yang sukses melewati 3 minggu di bioskop cuma sekitar 30% doang. Sisanya 70% mati di minggu kedua atau bahkan minggu pertama. Yang lebih kejam lagi, banyak film yang udah ready, syuting udah kelar, editing udah beres, tapi enggak dapat slot launching sama sekali karena jadwal bioskop udah penuh dengan film Hollywood dan film lokal lain yang lebih punya bass. Kenapa makin kejam? Pertama, kompetisi makin ketat. Film Hollywood Blockbuster terus masuk tiap bulan. Film Korea mulai ramai masuk Indonesia thanks to Helly Wave. Bahkan film Thailand juga mulai banyak yang masuk dan laku. Kedua, bioskop butuh turnover cepat. Operational cost mereka tinggi, sewa tempat di mall mahal, listrik mahal, gaji pegawai, maintenance equipment, semuanya mahal. Mereka harus maksimalin profit per bulan, enggak bisa sabar nunggu film yang perlahan naik. Mereka butuh yang langsung explode. Ketiga, attention span orang makin pendek. Viral culture bikin film harus instant hit. Kalau minggu pertama enggak trending, orang asum pasti jelek walaupun belum nonton. Budget marketing di tahun 2025 meledak gila-gilaan. Bisa 50 sampai 100% dari budget produksi. Dulu bikin film 5 miliar marketing R miliar udah cukup. Sekarang bikin film 5 miliar marketing bisa 3 sampai 5 miliar. Gilakan. Breakdown marketing 2025. Kira-kira gini, influencer campaign makan 30 sampai 40% dari total budget marketing karena mereka yang paling efektif buat bikin BS TikTok dan Instagram ads 25 sampai 30% karena targetingnya bisa presisi banget. Traditional media kayak TV dan billboard cuma 15 sampai 20% dan terus turun. PRN event 10 sampai 15% buat premier dan meet and grade. Ada producer yang cerita ke gue, dia bilang, "Gue pernah bikin film yang ceritanya bagus banget, tes screening skornya 8,5 dari 10. Audiens yang nonton tes screening pada bilang bagus, menyentuh puas. Tapi pas launch gagal viral, minggu pertama cuma 30.000 penonton nasional. Dan tahu gak yang bikin gua sedih ada film lain yang ceritanya jelek, akting pas-pasan, tapi viral TikTok gara-gara salah satu adegan jadi mem, film itu dapat 200.000 penonton minggu pertama. Welcome to 2025. Strategi ekstrem mulai muncul di tahun 2025. Ada yang namanya kontroversiy marketing. Produser sengaja bikin momen kontroversial biar viral. Misalnya ada adegan yang agak sensitif terus dikritik netizen eh malah jadi viral. Orang jadi penasaran. Risknya adalah bisa backfire dan jadi bumerang. Film lo malah di-cancel sebelum tayang. Ada juga strategi influencer as cast. Jadi casting YouTuber atau tiktoker bukan karena mereka bisa acting, tapi karena mereka punya followers jutaan yang loyal. Mereka bawa audience mereka sendiri. Ada juga platform first release, jadi rilis di streaming dulu baru ke bioskop atau simultaneous rilase di bioskop dan streaming bareng. Ini risky tapi beberapa ada yang berhasil. Producer film kecil di 2025 tuh kayak startup yang mau IPO. Lo butuh funding gede, strategy perfect, timing tepat, dan luck. Satu aja meleset, lo bisa bangkrut sebelum produk lo sempat direview orang. Tapi ada secerca harapan, beberapa platform digital mulai buka peluang. Disney Plus Hot Star Films, Netflix Indonesia Productions, Amazon Prime Video Local Content, Video originals, mereka mulai aktif produksi film dan series lokal. Mereka nawarin guaranteed distribution, jadi film lo pasti tayang. Upfront payment jadi lu dapat duit duluan sebelum film tayang. Dan less risky business model karena lu enggak gambling di box office. Trade off-nya adalah lu enggak akan dapat box office glory. Enggak akan ada momen film gua tembus 100 miliar di bioskop. Profit potenstial juga lebih kecil dibanding kalau lo hit di bioskop. Tapi sustainable. Lo terus produksi tanpa worry bangkrut. Tahun 2025 adalah tahun di mana banyak filmmaker mulai bertanya apakah gua harus tetap mimpi tentang bioskop atau pivot ke digital? Dan jawabannya sayangnya bukan soal passion lagi, tapi soal mana yang gue sanggup tanggung risikonya. Kalau lu punya mental baja, punya investor yang kuat, punya network yang luas, dan punya ide yang benar-benar fresh, silakan coba bioskop. Tapi kalau lo filmmaker yang pengin stabil, pengin terus berkarya tanpa worry bangkrut tiap kali rilis film mungkin digital lebih cocok. Setelah ngomongin semua yang kelam dari 2023 sampai 2025. Sekarang kita bahas sebenarnya kenapa semua ini terjadi. Siapa yang salah? Spoiler alert, everyone and one. Ini bukan soal satu pihak yang bodoh atau satu industri yang kolot. Ini tentang dunia yang berubah terlalu cepat dan ada yang enggak bisa ngikutin. Root C pertama. adalah perubahan konsumsi konten yang drastis banget. Dulu era 2010 sampai 2019 orang nonton konten di waktu yang ditentukan platform sinetron jam .00 malam, variety show Sabtu malam, film bioskop weekend. Sekarang era 2023 sampai 2025 orang nonton kapan aja di mana aja. Netflix di kamar mandi sambil berendam, TikTok di MRT sambil berdiri berdesakan, YouTube sambil masak di dapur. Akibatnya, TV yang siarannya harus jam segini enggak cocok sama gaya hidup modern yang serba fleksibel. Bioskop yang harus datang ke tempat tertentu butuh effort ekstra yang orang malas keluarin, kecuali beneran worth it. TV sama bioskop kayak restoran yang cuma buka jam 12.00 sampai 2 siang doang. Sementara kompetitor lo yaitu streaming dan digital buka 24 jam 7 hari seminggu, delivery available, bisa pesan sambil rebahan di kasur pakai baju tidur ya. Gimana mau menang coba? Root C kedua adalah pergeseran perilaku advertiser yang udah enggak bisa ditawar lagi. Old advertiser mindset dulu adalah TV sama dengan prestige. Pasang iklan di TV berarti brand gue kelihatan gede dan Bonite. Matrik success-nya cukup orang lihat aja. New advertiser mindset sekarang adalah gua mau tahu berapa yang beli. Gua mau data lengkap umur lokasi behavior, gua mau bisa adjust campaign real time kalau enggak perform. TV tradisional enggak bisa kasih itu semua. Mereka cuma bisa kasih rating yang sebenarnya juga estimasi doang. Bayangin brand skincare dengan budget Rp500 juta harus pilih option ATV. Dapat spot 30 detik di jam Prime time. Estimasi dilihat 2 juta orang tapi enggak tahu siapa yang lihat, berapa umur beli atau enggak. Option B, digital campaign TikTok plus Instagram plus Google Ads selama 3 bulan. Targeting CW 18 sampai 35 tahun di kota besar interest Beauty. Bisa tracking berapa yang klik, berapa yang beli. ROI jelas. Guess which one they choose. Data menang. Ada CMO yang bilang, "Bukan berarti TV jelek, tapi di era sekarang kalau gua gak bisa buktiin ROI ke bos, gua bisa kena tegur. Digital ngasih gua data yang bisa gua present di meeting. TV ngasih gua kepercayaan dan sorry data menang." Root cost ketiga adalah creator economy dan platform shift yang mengubah landscape total. Dulu kalau lu mau terkenal harus jadi aktor, aktris, penyanyi, terus masuk TV. TV adalah gateekeper entertainment. Semua harus lewat mereka. Sekarang lu bisa jadi terkenal dari kamar kos ukuran 3 * 4 m. YouTube, TikTok, Instagram adalah platform demokratis. Siapa aja bisa upload, siapa aja bisa viral. Viewer lebih percaya orang biasa yang relate daripada selebrities TV yang kelihatan jauh dan enggak reachable. Efeknya ke industri adalah talent pool berubah total. Anak-anak kreatif sekarang enggak lagi mimpi masuk TV. Mereka mimpi jadi YouTuber dengan 1 juta subscriber atau tiktoker dengan followers jutaan. Audience loyalty juga bergeser. Dulu loyal ke program TV, sekarang loyal ke individual creator. Distribution power berubah. Dulu stasiun TV adalah King of Distribution. Sekarang platform digital adalah New King. Jadi content creator di 2025 kayak jadi pedagang online. Lu enggak perlu sewa toko di mall yang sewanya puluhan juta per bulan. Lu cukup punya HP bikin konten upload. Kalau bagus orang datang sendiri. Kalau jelek ya enggak ada yang rugi banyak. Root cause keempat adalah streaming sebagai the final boss yang ngasih finishing blow. Netflix effect bikin film Hollywood gede gedean masuk streaming cuma 1 sampai 2 bulan setelah bioskop film Indonesia banyak yang langsung ke streaming atau 2 sampai 4 minggu after theatrical. Audience mentality jadi ngapain nonton sekarang? Kalau sebulan lagi udah bisa nonton sambil rebahan di rumah pakai pi lusuh. Platform streaming nawarin harga bulanan yang lebih murah dari dua kali nonton bioskop. Content unlimited enggak perlu effort keluar rumah. Parkir mahal, beli popcorn yang harganya setara makan siang seminggu. Tapi ini double edge sword. Producer film bisa dapat licensing fe at least ada income pasti. Tapi theatrical market makin kesil dan lo enggak akan pernah punya blockbuster momen yang viral se-Indonesia kayak film yang tembus 200 miliar di bioskop. Streaming itu kayak sugar daddy buat produser film. Lo dapat duit di awal enggak perlu pusing soal box office. Tapi konsekuensinya lo gak akan pernah punya moment of glory. Enggak akan ada headline film lo pecahkan rekor box office. Root cause kelima adalah cultural shift dari FOMO menjadi yolo yang lebih selektif. Old mindset dulu adalah fear of missing out. Kalau enggak nonton acara TV tertentu, besok enggak nyambung ngobrol di kantor. Kalau enggak nonton film blockbuster ketinggalan tren. Newset sekarang adalah You Only Live Once tapi versient. Hidup cuma sekali, ngapain buang waktu? Nonton yang biasa aja. Gua pilih-pilih konten yang beneran worth my time. Akibatnya, konten overload bikin orang makin selective. Bar for worth watching makin tinggi. Konten yang oke aja langsung dikip karena ada 1000 pilihan lain yang mungkin lebih menarik. Jadi, siapa yang salah? Enggak ada yang salah, cuma dunianya yang berubah. dan yang enggak adap ya slowly fade away kayak Blackberry, kayak Nokia, kayak Frster. Sekarang kita bahas apa yang bisa dipelajari dari semua kekacauan ini. Pertanyaan besarnya adalah apakah industri TV dan bioskop bakal mati? Jawaban singkat adalah enggak. Jawaban panjang adalah mereka bakal evolve. Dan yang enggak bisa evolve bakal tinggal jadi museum atau cas study di class school. Lesson pertama adalah content is king but distribution is God. Dulu cukup bikin konten bagus, pasti ada yang nonton. Sekarang lu harus tahu konten ini mau dikonsumsi di mana, kapan, sama siapa. Jangan cuma mikir program ini bagus, tapi mikir program ini bisa jadi podcast, bisa jadi YouTube series, bisa jadi TikTok snipets atau enggak. Untuk film juga sama, sebelum produksi udah harus tahu theatrical atau streaming first. Jangan maksa film yang cocok streaming buat masuk bioskop karena ego atau gengsi. Lesson kedua adalah audience loyalty is dead. Long live creator loyalty. Old model orang nonton program karena brand stasiun atau jadwal. New model orang nonton karena siapa yang bikin atau siapa yang tampil. Yang harus dilakukan adalah invest di talent dan creator yang punya fanbase quad. Build IP yang bisa survive lintas platform. Kolaborasi dengan YouTuber tiktoker yang udah punya established audience. Lesson ketiga adalah data lebih penting dari intuisi. Yang masih pakai feeling bilang menurut gua acara ini bakal laku atau audiens pasti suka genre ini, bakal kalah sama yang pakai data. Berdasarkan analytics demography X lebih engage dengan konten Y, A, B, testing shows format A perform 30% better dari format B. Tool yang harus dikuasai adalah Google Analytics, Metabusiness Suit, YouTube Analytics, TikTok Creator Analytics, Streaming Platform Insights. Lesson keempat adalah speed and agility lebih penting dari perfection. Dulu produksi program bisa 6 sampai 12 bulan. Film bisa 1 sampai 2 tahun dari praproduksi sampai rilis. Sekarang kalau lo terlalu lama, tren udah berubah pas lo launching. Bikin konten sekarang kayak bikin meme. Kalau lu bikin meme tentang sesuatu yang viral 2 minggu lalu udah enggak lucu lagi, momentum udah lewat. Lason kelima adalah collaboration lebih baik dari competition. Old mindset adalah TV versus streaming musuhan, bioskop versus platform rebutan P. New Mindset adalah TV plus streaming partnership, theatrical plus platform hybrid strategy. Real example strategy adalah film rilase theatrical dulu buat prestige dan early revenue. Setelah 2 sampai 4 minggu masuk streaming buat longevity. Spinoff jadi series di platform. Behind the scenes jadi YouTube content. podcast bikin podcast ngobrolin proses syuting. Yang menang itu bukan yang paling gede atau paling kuat, tapi yang paling fleksibel dan mau kerja sama dengan ekosistem baru. Intinya industri enggak mati cuma berubah bentuk dan yang bisa bertahan adalah yang enggak kaku, enggak sombong, dan enggak denial sama kenyataan. Dari tahun 2023 sampai 2025 kita sudah lihat gimana dua industri raksasa, TV dan bioskop mengalami krisis eksistensial. Bukan karena mereka jelek, tapi karena dunia di sekitar mereka berubah lebih cepat dari yang mereka bisa adap. Tahun 2023 adalah tahap denial. Kok kayaknya agak sepi ya, tapi masih bisa survive kok. Tahun 2024 adalah tahap acceptance. Oke, this is serius. Ini bukan sementara. Ini real problem. Tahun 2025 adalah tahap action. Let's adapt or die. Literally survival mode. TV dan bioskop enggak kehilangan penonton sekaligus dalam satu momen dramatis kayak Thanos Snap yang setengah populasi hilang. Mereka kehilangan sedikit demi sedikit dan itu justru lebih bahaya karena perubahan yang pelan bikin orang enggak siap-siap, enggak ngerasa urgen ee sampai suatu hari bangun tidur eh kok udah telat ya? Tapi ini bukan akhir dari segalanya. Ada yang survive bahkan ada yang thrive. Kuncinya adalah willingness to change. Mau enggak lo keluar dari zona nyaman, mau enggak lo ngakuin cara lama, udah gak works lagi. Siapa yang bakal survive? Yang punya IP kuat bisa monetize lintas platform. Yang data driven ngerti audience, ngerti tren. Yang mau kolaborasi TV plus digital, bioskop plus streaming. Yang bisa pivot cepat kalau satu strategi enggak jalan. Pesan buat pelaku industri adalah kalau lu masih mikir, "Poknya gua bikin yang bagus pasti laku, sorry, that's not enough anymore." Lu harus mikir where will they watch, when will they watch, why should they choose you over eh TikTok, over Netflix, over YouTube, over everything else yang compete buat waktu mereka? Pesan buat audiens adalah jangan sedih kalau stasiun TV favorit lo mulai beda atau bioskop favorit lo tutup. itu bukan akhir, itu cuma evolusi. Konten tetap ada, cuma bentuknya yang berubah. Kreator favorit lo tetap bikin karya, cuma platformnya aja yang pindah. Industri TV dan bioskop di 2023 sampai 2025 itu kayak Nokia di era smartphone dulu, Raja. Sekarang jadi pelajaran di kelas ekonomi tentang apa yang terjadi kalau lo enggak mau berubah. Tapi ingat, yang penting bukan siapa yang paling kuat dulu. Yang penting siapa yang bisa berubah sekarang. Siapa yang bisa ngakuin kesalahan dan pivot dengan cepat? Dan siapa tahu 10 tahun lagi kita bakal ngomongin. Ingat enggak dulu sempat ada masa kelam 2023 sampai 2025. Revenue turun drastis. Banyak yang PHK, banyak produser bangkrut, banyak stasiun TV tutup. Untung mereka adapt ya. Sekarang malah lebih seru dengan model hybrid mereka bisa monetize di berbagai platform. Atau enggak kita bakal ngomongin ini di museum sambil ngelihat exhibit tentang era keemasan televisi Indonesia yang berakhir tahun 2025 sambil nostalgia ingat dulu masih nonton sinetron jam . malam bareng keluarga sebelum semua orang sibuk sendiri-sendiri sama gadget masing-masing.