Transcript
25oItUDPkm8 • Kenapa Jepang Sekarang “Butuh Banget” Pekerja Asing?
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/JendelaDunia-u3n/.shards/text-0001.zst#text/0079_25oItUDPkm8.txt
Kind: captions Language: id Halo semuanya, selamat datang kembali di channel Jendela Dunia. Jangan lupa tekan tombol subscribe dan nyalakan loncengnya. Mari kita buka jendela wawasan kita hari ini, Gengs. Gua mau mulai dari satu pemandangan yang belakangan ini makin sering nongol di hidup kita. Kayak iklan pinjol yang sudah llok tapi tetap muncul lewat nomor baru. Lo duduk di warung kopi pinggir jalan, es teh manis sudah tinggal esnya doang. Terus tiba-tiba ada yang ngiletuk, "Eh, lu tahu enggak jalur Jepang?" Yang satu langsung nyaut. Tokute Gino, Bro. Yang lain ikut nimbrung magang visa kerja gaji yen gede. Bahkan yang biasanya ngobrolnya cuma soal motor, siapa yang knalpotnya paling nyebelin sekarang sudah ngomongin Saitama kayak ngomongin Bekasi. Santai, yakin. Padahal belum pernah keluar kota juga. Grup WhatsApp keluarga lebih gila lagi yang biasanya isinya cuma assalamualaikum sama ini hoax apa bukan tiba-tiba berubah jadi seminar migrasi. Ada yang kirim link pelatihan bahasa, ada yang share video orang kerja di pabrik. Eh, ada yang bilang temannya teman gua sudah berangkat kayak itu sertifikat resmi dari kementerian. Dan lo tahu yang paling lucu orang yang dulu kalau disuruh mengantre di Samsat aja langsung bad mood. Sekarang sudah punya rencana hidup kerja shift di negeri orang yang budayanya mengantre itu agama kedua. Tapi gua mau bilang pelan-pelan ya biar enggak kaget. Fenomena semua orang pengin kerja ke Jepang ini bukan cuma cerita perantauan yang estetik ala feed Instagram. Bukan cuma soal foto di depan Kbini sambil pegang onigiri terus caption new chapter. Bukan cuma soal pamer jaket Uniklo yang katanya lebih murah di sana. Ini juga cerita yang lebih gede, lebih dalam, dan lebih seram tapi sopan tentang ekonomi Jepang yang lagi kehabisan bensin manusia. Jepang itu bukan lagi tempat yang santai, bagi-bagi peluang kayak bayangan lama orang. Jepang sekarang lagi nyari orang biar ekonominya enggak macet. Jadi kalau lo selama ini mikir, "Wih, Jepang keren. Gue pengen ke sana sekarang. Coba balik." Jepang juga mikir, "Wih, lo ada. Gue butuh lo." Dan hubungan dua kalimat itu, Bro, adalah bahan bakar utama cerita kita hari ini. Ya, sekarang lu bayangin kata krisis. Kalau kata netizen, krisis itu pabrik tutup, perusahaan bangkrut, orang menganggur numpuk, kantor sepi, orang jadi pengamat saham dadakan, tiap hari ngomong cut losl. Padahal duitnya juga enggak ada. Tapi krisis Jepang itu beda. Kris Jepang itu shift malam kosong. Lu punya minimarket yang dulu bangganya 24 jam, tapi jam operasionalnya dipotong karena enggak ada yang jaga kasir. Lu punya restoran ramen yang harusnya rameai sampai tengah malam tapi tutup jam 09.00 karena stafnya habis. Bukan habis mood tapi habis tenaga manusia. Lo punya proyek konstruksi yang targetnya selesai cepat tapi molor karena tukangnya kurang. Messi gedung ada, modal ada, tapi yang bikin roda muter itu manusia. Dan ketika manusia yang muter itu kurang, ekonomi mulai bunyi ngos-ngosan. Kayak motor tua dipaksa nanjak flyover pas jam pulang kantor. Biar kita enggak ngobrol cuma pakai perasaan, gua kasih satu paku angka aja biar kepala kita ada pegangan. Di Jepang ada indikator yang sering dipakai buat ngelihat seberapa ketat pasar kerja. Job to applicance ratio. Bahasa warungnya lowongan kerja dibanding orang yang melamar. Kalau angka ini di atas satu artinya lowongan lebih banyak daripada pelamarnya. Jepang sudah lama main di wilayah itu kira-kira sekitar 1 koma sekian dan pernah disebut sekitar 1,26. Artinya ada lebih banyak kursi kosong daripada orang yang mau duduk. Dan ini kejadian di negara yang terkenal disiplin yang kalau lu telat 5 menit aja bisa bikin lo merasa berdosa. Jadi kalau di sana kursi kerja kosong itu bukan karena orangnya malas, tapi karena orangnya memang kurang. Nah, pertanyaannya kok bisa segitunya? Kenapa negara yang terkenal rapi, kaya, teknologinya keren, tiba-tiba kelihatan kayak lagi kekurangan staff? Jawabannya bukan satu, tapi benang kusut yang ujungnya sama. Suplai tenaga kerja menyusut karena demografi. Anak muda lebih sedikit, kelahiran turun, populasi menua. Dan kalau lo pikir ini cuman urusan orang Jepang, tunggu dulu. Karena efeknya ke ekonomi itu bukan teori doang. Kalau anak muda sedikit, yang masuk angkatan kerja sedikit. Kalau yang kerja sedikit, pajak yang terkumpul dari mereka juga lebih sedikit. Sementara itu, orang tua makin banyak dan mereka butuh biaya kesehatan, butuh pensiun, butuh layanan sosial. Jadi, uang negara keluar lebih banyak. Ini kayak warung yang pelanggan setianya makin banyak, tapi yang jaga kasir makin sedikit dan yang masak juga berkurang. Warungnya tetap buka, tapi semua orang di dalamnya makin capek. Di titik inilah jalur Jepang yang lagi ramai itu jadi masuk akal. Hm. Karena kalau suplai tenaga kerja lokal menyusut, solusi tercepat itu apa? Bukan nunggu bayi lahir terus besar dulu, itu mah dua dekade lagi. Dan Jepang enggak bisa nunggu dua dekade sambil bilang sabar ya, ekonominya lagi buffering. Solusi cepatnya ya impor tenaga kerja. Dan Jepang memang lagi melakukan itu, tapi dengan gaya mereka sendiri, rapi, banyak aturan, banyak istilah, dan kadang bikin orang merasa lagi main game tapi tutorialnya panjang banget. Mereka enggak bilang terang-terangan kami negara imigran sekarang. Mereka lebih suka bilang program keterampilan, program magang, program pelatihan, visa kerja spesifik, dan segala macam label yang intinya satu, kami butuh orang tapi kami pengin semua tetap kelihatan terkendali. Biar lo kebayang skalanya, gua kasih paku angka yang penting doang. Jumlah pekerja asing di Jepang sudah naik terus dan pernah dilaporkan tembus sekitar 2,3 juta pada Oktober 2024, naik 2 digit dibanding tahun sebelumnya. 2,3 juta itu bukan angka kecil. Itu kayak lu ngumpulin penduduk satu kota besar dan lo taruh buat bantu ekonomi satu negara. Dan kalau lo lihat jumlah foreign residence total bukan cuma pekerja pada akhir 2024 juga mencapai rekor sekitar 3,77 juta. Jadi di kota-kota tertentu lu makin sering dengar aksen non Jepang, makin sering lihat wajah non Jepang di kasir, di dapur restoran, di gudang logistik, di panti jompo. Ini bukan film, ini real life. Dan ini adalah respon ekonomi terhadap krisis manusia. Ya, tapi sekarang kita masuk ke bagian yang paling Jepang banget. Mereka butuh orang, tapi mereka juga agak takut sama kata imigran. Mereka pengin tenaga lo, tapi belum tentu pengin akar lo. Jepang itu kayak orang yang pengin sewa motor tapi enggak mau motor itu dipakai ke luar pulau. Dipakai boleh asal balik. Dipakai boleh, asal jangan jadi milik. Makanya banyak program yang sifatnya sementara, kontrak, atau punya batasan yang bikin orang susah benar-benar cangkok jadi bagian permanen. Buat sebagian orang ini enggak masalah karena targetnya memang kerja beberapa tahun lalu pulang. Tapi buat sebagian lain ini jadi pertanyaan besar. Kalau gua sudah kasih tenaga, kapan gua bisa punya kepastian? Dan pertanyaan itu, Bro, adalah pertanyaan ekonomi juga, bukan cuma pertanyaan hati. Karena kepastian tinggal itu menentukan apakah orang mau membangun hidup di sana. Dan membangun hidup itu yang bikin demand masa depan tumbuh. Sekarang gua ajak lu jalan-jalan kayak tur satu hari tapi versi ekonomi. Kita mampir ke tiga tempat, tiga stop, tiga lapis masalah yang beda supaya lu paham kenapa Jepang itu kelihatan maju tapi di dalamnya ada mesin yang mulai kekurangan orang buat diputar. Kita mulai dari dunia layanan, Kbini, restoran, logistik. Lu tahu konini itu kan yang kalau lo Jepang rasanya kayak ini minimarket atau surga kecil? Bersih, lengkap, ada onigiri, ada ayam goreng, ada kopi, ada mesin bayar tagihan, bahkan ada layanan yang bikin lo merasa hidup lo ditolong. Tapi konbini itu bisa jadi surga cuma kalau ada manusia yang jaga. Begitu staff kurang, surga jadi setengah buka. Ada yang ngurangin jam, ada yang ngurangin layanan, ada yang bikin aturan shift makin ketat. Di restoran juga sama lu bisa lihat papan rekruting ditempel gede-gede kayak poster konser dan kadang mereka nawarin bonus masuk, nawarin jadwal fleksibel, nawarin makan karyawan, pokoknya segala cara biar kursi itu ada yang duduk. Dari sisi ekonomi, sektor layanan itu penting karena dia nyentuh kehidupan harian. Kalau layanan melemah, orang merasa kualitas hidup turun dan perusahaan kehilangan omzet yang seharusnya bisa didapat kalau jam operasional panjang. Ini bukan cuma soal kasir capek, ini soal kapasitas ekonomi yang mengecil. Bayangin mall yang lampunya terang tapi toko-tokonya tutup lebih cepat. Secara visual tetap keren, tapi uang yang muter berkurang. Dan yang lebih halus lagi, ketika layanan berkurang, orang makin malas keluar, makin malas belanja, dan demand jadi makin lesu. Jadi, kekurangan tenaga kerja bisa nyeret ke masalah demand juga karena pengalaman konsumen menurun. Stop kedua, Kaigo, perawatan lansia. Nah, ini bagian yang kadang bikin ketawa kita mendadak hilang. Jepang itu salah satu negara dengan proporsi lansia tertinggi dan itu berarti permintaan perawatan itu naik terus kayak harga cabai pas mau lebaran. Lansia butuh perawat, butuh caregiver, butuh fasilitas, butuh kunjungan rutin, butuh orang yang sabar, dan itu kerja yang berat. Kaigo bukan kerja yang bisa lo selesaikan dengan senyum doang. Lo angkat tubuh orang, lo bantu mandi, lo bantu makan, lo dengar keluh kesah, lo jaga emosi, dan lo tetap harus sopan walau punggung lo sudah minta resign. Banyak orang Jepang sendiri juga enggak mau kerja di sektor ini karena capeknya bukan main dan tekanan mentalnya tinggi. Akibatnya, sektor ini jadi salah satu yang paling bergantung pada tenaga asing. Dan di sini lu bisa lihat demografi itu bukan grafik di kertas, tapi tangan manusia yang benar-benar dibutuhkan. Secara ekonomi Kaigo itu unik. Demandnya sudah pasti naik karena lansia makin banyak. Tapi suplai tenaga kerja sulit naik karena generasi muda sedikit dan pekerjaannya berat. Hasilnya biaya sosial membengkak. Pemerintah harus keluar dana besar. Sistem asuransi sosial ditekan dan keluarga juga terlibat. Kalau sektor ini kekurangan orang dampaknya bukan cuman bisnis tapi stabilitas sosial. Lo bisa punya robot paling canggih, tapi robot belum bisa beneran gantiin empati manusia. Robot bisa bantu dorong kursi roda, bisa bantu angkat, tapi nahan tangan orang yang lagi takut di malam hari itu masih kerja manusia. Dan di situlah Jepang sadar teknologi bisa bantu, tapi manusia tetap inti. Step ketiga, pabrik, daerah, dan konstruksi. Banyak orang bayangin Jepang itu cuma Tokyo, Shibuya, kereta cepat, dan lampu neon. Padahal Jepang juga punya banyak pabrik di pinggiran. Punya industri makanan, komponen, manufaktur, plus proyek infrastruktur dan perumahan. Kerja pabrik itu sering butuh orang yang tahan rutinitas dan disiplin. Konstruksi juga sama, butuh orang yang kuat, telaten, dan siap kerja dalam cuaca yang kadang enggak bersahabat. Kalau tenaga kerja kurang, proyek molor biaya naik, kapasitas produksi enggak maksimal. Dan kalau kapasitas produksi enggak maksimal, Jepang kehilangan daya saing. Padahal dunia juga enggak nungguin. Negara lain produksi, negara lain ekspor, negara lain nambah pasar. Jepang bisa tetap kuat, tapi dia harus berjuang lebih keras untuk mempertahankan output dengan jumlah orang yang menurun. Sampai sini orang biasanya langsung ngegas, berarti gampang dong impor tenaga kerja terus beres. Pights. Ini bagian twist ekonomi yang sering orang lupa. Impor tenaga kerja itu belum tentu impor pertumbuhan. Kenapa? Karena banyak pekerja asing datang dengan status sementara. Mereka kerja keras, mereka hemat, mereka kirim uang ke keluarga di negara asal. Remitansi itu bagus buat keluarga mereka, bagus buat kampung halaman, tapi buat Jepang, efek konsumsi domestiknya bisa lebih kecil dibanding kalau pekerja itu menetap. Kalau lu sementara lu mungkin enggak beli rumah, lu mungkin enggak ambil KPR, lu mungkin enggak nikah di sana, atau kalau nikah pun pikirnya nanti pulang. Lu mungkin enggak punya anak di sana. Padahal pertumbuhan ekonomi yang sehat itu sering butuh generasi baru konsumen. Konsumen baru bukan cuma orang beli mie instan, tapi orang yang bikin keputusan hidup. Sewa rumah, beli furnitur, sekolahin anak, bayar jasa, ikut ekonomi lokal. Jadi, Jepang bisa impor tenaga kerja, tapi kalau tidak berhasil impor masa depan konsumennya, mesin tetap muter tapi bensinnya tipis. Nah, demand itu adalah gembok terbesar ekonomi Jepang sekarang. Kita sering terlalu fokus ke suplai tenaga kerja. Padahal di balik itu ada masalah permintaan yang lemah. Masyarakat tua cenderung lebih hemat, lebih banyak belanja kesehatan, lebih sedikit konsumsi gaya hidup yang agresif. Perusahaan melihat pasar yang stabil tapi enggak meledak. Kalau pasar enggak meledak, perusahaan cenderung hati-hati ekspansi. Kalau ekspansi, hati-hati. Kenaikan gaji juga pelan. Kalau gaji naik pelan, sementara biaya hidup tetap, orang makin nahan diri. Dan ketika orang nahan diri, demand makin lemah. Ini seperti spiral pelan yang bikin ekonomi jalan tapi santai banget. Padahal dunia lain lari. Gua kasih satu paku lagi. Yang penting kelahiran di Jepang pada 2024 dilaporkan turun ke level rekor rendah kira-kira sekitar 720.000 bayi. Buat negara besar itu kecil banget. Buat Jepang itu masa depan tenaga kerja yang lagi menipis. Bayangin kalau lo punya klub bola dan setiap tahun pemain mudanya yang masuk akademi makin sedikit. Lu masih bisa main beberapa musim, tapi lama-lama skuadnya tua semua, cedera banyak dan lo bingung regenerasi. Ekonomi juga gitu cuma versi duit dan pajak. Dan ketika regenerasi melemah, negara akan mencari pengganti dari luar karena tidak ada waktu untuk menunggu generasi baru tumbuh. Ee sekarang lu mulai paham kenapa Jepang itu kelihatan membuka pintu, tapi pintunya kayak pintu rumah orang kaya. kebuka tapi ada satpam, ada CCTV, ada aturan lepas sepatu, dan ada batas jam bertamu. Mereka mau orang datang, tapi mereka juga mau kontrol ritmenya. Mereka butuh orang di sektor tertentu, tapi tetap selektif. Mereka kasih izin tinggal tapi bertahap. Mereka bikin jalur agar orang bisa kerja tapi masih ada jarak antara boleh kerja dan boleh jadi bagian. Ini bukan berarti mereka jahat. Ini lebih kayak negara yang lagi bernegosiasi dengan dirinya sendiri. Gue butuh bantuan, tapi gue juga takut kalau bantuan itu mengubah rumah gua. Dan di sini lu bisa lihat ekonomi itu bukan cuma angka, tapi juga budaya, identitas, dan rasa aman. Sekarang kita balik sebentar ke kita di Indo. Kenapa Jepang menarik? Bukan cuma soal gajian, tapi juga soal psikologi. Ada faktor gengsi, jangan pura-pura. Lu bilang kerja di Jepang, orang nganggap lu naik level. Kayak game RPG, lo pindah map. Ada juga faktor narasi. Jepang disiplin, bersih, aman. Banyak orang mikir kalau kerja di Jepang hidup otomatis rapi. Padahal, Bro, hidup rapi itu bukan karena negara, tapi karena lo enggak bisa kabur dari aturan. Banyak orang Indo yang baru nyampai Jepang minggu pertama langsung syok. Bukan karena kerjaannya doang, tapi karena hidupnya tiba-tiba terukur. Lu buang sampah ada jadwal, lo berisik ada konsekuensi sosial, lo telat ada stigma. Dan awalnya tuh berat, tapi lama-lama jadi kebiasaan yang bikin lu berpikir, "Oh, ternyata hidup bisa berjalan tanpa drama kalau semua orang ikut aturan." Ada sisi lucu juga, teman gua cerita dia baru nyampe beli makan di Kon Bini terus bingung cara buang bungkusnya karena tempat sampah enggak ada di mana-mana. Di Indo tempat sampah kadang ada kadang enggak, tapi orang punya kreativitas nanti aja. Di Jepang nanti aja itu bikin tas lu penuh sampah sampai rumah. Dan dari situ lo sadar Jepang itu rapi bukan karena warganya malaikat, tapi karena rapi itu kerja kolektif. Sistemnya bikin orang malu kalau berantakan. Di Indo kita juga bisa rapi, cuma kita suka nunggu ada event dulu baru rapi kayak orang bersih-bersih kamar pas mau ada tamu. Jepang itu tamunya ada setiap hari. Jadi mereka bersih-bersihnya tiap hari. Tapi gue juga enggak mau sok suci. Banyak orang Indo yang berhasil dan hidupnya berubah lewat jalur ini. Mereka kerja, mereka nabung, mereka bantu keluarga, mereka pulang bawa modal. Ada yang buka usaha, ada yang bangun rumah, ada yang bayar sekolah adik, ada yang lepas dari lingkaran ekonomi yang bikin napas sesak. Itu real. Dan dari sisi Jepang, mereka juga dapat manfaat mesin layanan tetap jalan, Kaigo enggak kolaps total, pabrik enggak kosong, konstruksi tetap bergerak. Ini hubungan saling butuh, bukan cerita satu pihak menolong pihak lain. Jepang bukan pahlawan, pekerja asing bukan korban otomatis. Ini lebih mirip transaksi besar yang dibungkus sopan. Gue butuh tenaga, lo butuh peluang. Tapi transaksi besar selalu punya detail kecil yang bisa menentukan apakah ini adil atau enggak. Ee sekarang gua mau ceritain satu adegan yang menurut gua menggambarkan semuanya. Lo bayangin ada satu kon bini di pinggiran kota bukan Tokyo yang glamor, tapi kota yang kalau orang Indo sebut orang lain jawab, "Hah, itu di mana?" Di Konbini itu ada satu pekerja asing yang jaga shift malam. Dia senyum, dia sopan, dia kerja cepat. Pelanggan datang beli kopi, bayar keluar. Sistem jalan mesin ekonomi kecil itu muter. Tapi setelah shift selesai, dia pulang ke kamar kecil. Mungkin share house, mungkin kamar sempit yang kalau lu buka tangan dua kali sudah nyentuh tembok. Dia buka handphone, dia lihat berita Jepang tentang kekurangan tenaga kerja. Dia senyum kecil karena dia tahu, "Oh, jadi gua bukan cuma cari duit, gua juga bagian dari solusi negara ini." Dan di saat yang sama dia mungkin juga mikir, "Tapi kalau gua bagian dari solusi, apakah negara ini juga mau jadi bagian dari masa depan gue?" Dari sudut pandang ekonomi ini penting karena kalau Jepang ingin keluar dari lingkar demand lemah, dia butuh generasi yang tinggal dan berbelanja di sana. Tapi untuk itu dia perlu membuat orang merasa diterima. Bukan hanya dipakai dan ini bukan soal baik hati tapi soal strategi. Lo enggak bisa minta orang menanam pohon kalau lo cuma kasih izin menyiram sehari. Orang butuh kepastian untuk bikin keputusan hidup. Dan kepastian itu datang dari status, dari akses, dari integrasi, dari rasa gue bisa hidup di sini tanpa merasa jadi tamu selamanya. Kalau kepastian enggak ada, ya orang akan tetap jadi pekerja sementara. Dan pekerja sementara itu menyelesaikan masalah hari ini, tapi tidak selalu membangun permintaan besok. Sekarang sebelum ada yang salah paham, gua enggak bilang Jepang harus buka pintu lebar-lebar tanpa aturan. Setiap negara punya hak mengatur. Tapi sebagai penonton yang lagi ngopi di warung dan lihat teman-teman pada siap-siap berangkat, gua melihat satu paradoks. Jepang butuh orang tapi takut berubah. Dan kalau takut berubah terus, maka solusi tenaga kerja hanya jadi tambal ban, bukan ganti ban. Tambal ban bikin lu bisa jalan, tapi lu tetap harus pelan dan tiap kena paku lu tambal lagi. Dan dalam ekonomi tambal ban itu mahal karena lu harus terus rekrut, terus latih, terus adaptasi sementara masalah inti tetap ada. Gua mau masuk sedikit ke sisi lain yang jarang dibahas tapi sebenarnya lucu juga kalau lu pikirin. Jepang itu enggak cuma kurang orang, tapi juga butuh orang yang tepat di tempat yang tepat. Karena kalau masalahnya cuma kurang orang, ya semua orang bisa pindah sektor. Tapi kenyataannya orang enggak bisa tiba-tiba jadi perawat lansia hanya karena ada lowongan. Orang butuh skill, butuh sertifikasi, butuh mental. Dan di situlah program-program Jepang jadi kelihatan ribet. Tapi fungsinya jelas. Mereka mau pasang filter supaya yang datang itu sesuai kebutuhan. Sementara orang Indo kita kadang mentalnya yang penting berangkat dulu. Ini mental yang bikin kita kadang sukses karena berani, tapi juga bisa bikin kita celaka karena enggak siap. Jepang juga berusaha tarik lebih banyak partisipasi kerja dari kelompok yang dulu kurang dimaksimalkan, misalnya perempuan dan lansia. Kalau lu pernah ke Jepang, lu bakal lihat banyak nenek-nenek yang masih kerja. Entah di toko kecil, entah di restoran, entah jadi petugas kebersihan, entah jadi penjaga parkir. Di Indo kalau kita lihat kakek nenek kerja, kadang hati kita langsung lembek. Kasihan harusnya istirahat. Di Jepang itu kadang bukan karena kasihan, tapi karena sistem mereka memang mendorong orang tetap aktif. Dan banyak orang tua juga memilih kerja karena mereka ingin punya rutinitas dan tambahan uang. Ini membantu suplai tenaga kerja tapi ada batasnya. Badan manusia tetap punya limit. Jadi pada akhirnya tenaga asing masih dibutuhkan untuk menutup lubang besar yang ditinggalkan demografi. Sementara itu, perusahaan Jepang juga main di arena produktivitas. Mereka mau output naik walau jumlah pekerja turun. Ini kayak lu punya warung yang pegawainya tinggal dua, tapi lu pengin jualan tetap rame. Solusinya ya lu rapiin sistem, order lewat layar, menu disederhanakan, stok ditata, proses dipotong. Jepang punya tradisi perbaikan kecil-kecil yang kalau diterapkan serius bisa bikin satu orang melakukan pekerjaan yang dulu butuh dua orang. Tapi produktivitas juga punya batas kalau pekerjaan itu sangat fisik atau sangat emosional. Lu bisa bikin proses logistik lebih efisien, tapi lu enggak bisa memadatkan empati. Dan inilah alasan kenapa sektor-sektor tertentu tetap minta manusia, bukan cuma mesin. Dan di sini lagi-lagi demografi nyambung ke demand. Bayangin satu kota yang anak mudanya dikit. Hmm. Siapa yang bakal beli motor baru, beli rumah pertama, beli perabot baru, beli baju buat nge-date, beli barang buat bayi. Lebih sedikit orang tua belanjanya lebih stabil dan cenderung fokus kesehatan. Jadi, eh perusahaan melihat masa depan konsumen yang menipis. Kalau konsumen menipis, mereka ogah ambil risiko besar. Kalau risiko kecil, inovasi besar juga lebih jarang. Ini bukan berarti Jepang stop inovasi, tapi ritmenya bisa berubah dan ekonomi jadi makin hati-hati. Dan ketika ekonomi makin hati-hati, orang makin nahan punya anak, lalu demografi makin turun. Luap lahi. Gue sering dengar orang bilang, "Kalau gitu Jepang tinggal naikin gaji aja biar orang mau kerja." Ee secara teori iya, tapi ekonomi itu kayak tawar-menawar di pasar. Naikin gaji itu berarti biaya naik. Kalau biaya naik, perusahaan harus naikkan harga atau terima margin lebih kecil. Naikkan harga di pasar yang demennya lemah itu berisiko karena konsumen lebih sensitif dan persaingan ketat. Jadi, kenaikan gaji bisa terjadi tapi sering pelan, bertahap, dan tidak merata. Sektor yang kekurangan orang parah bisa naik lebih cepat, tapi sektor lain belum tentu. Dan di tengah kenaikan yang pelan itu, Jepang tetap butuh tenaga untuk menutup kekosongan sekarang, bukan kekosongan 5 tahun lagi. Sekarang gua balik lagi ke adegan awal, warung kopi, grup WhatsApp, semua orang ngomong Jepang. Lu tahu kenapa ini kelihatan kayak tren masif? Karena ini bukan tren doang. Ini pertemuan dua arus besar. Arus pertama, Indo punya banyak anak muda yang cari jalan naik kelas. Arus kedua, Jepang punya ekonomi maju yang butuh tenaga karena populasinya turun. Ketika dua arus ini ketemu, yang muncul ya gelombang. Gelombang itu bisa jadi kesempatan, bisa juga jadi ombak yang nyeret kalau lu berenang tanpa arah. Dan arah itu sayangnya bukan selalu diberikan oleh agen, bukan selalu diberikan oleh brosur, tapi harus lo bangun sendiri dengan informasi yang benar. Buat Jepang, gelombang ini juga ujian identitas. Mereka harus pilih mau jadi seperti apa di masa depan. Kalau mereka tetap menjaga jarak terlalu ketat, mereka mungkin berhasil menjaga rasa kami tetap kami. Tapi mereka akan terus hidup dengan mesin yang kekurangan orang. Kalau mereka lebih membuka integrasi, mereka punya peluang memperbarui demografi dan demand. Tapi mereka harus berani berubah. Ini pilihan yang berat dan perubahan itu bikin takut. Di mana-mana sama. Di Indo juga kalau ada perubahan sosial kita suka debat panjang, tapi ujungnya balik lagi ke dua kubu yang pengin aman dan yang pengin maju. Jepang juga begitu, cuma versi lebih sopan dan lebih sunyi. Gua juga mau bilang satu hal yang jarang dibahas di warung. Bekerja di luar negeri itu bukan cuma soal individu, tapi soal keluarga dan sosial. Ketika satu anak muda pergi, keluarga dapat remitansi. Tapi keluarga juga kehilangan satu tenaga di rumah. Kadang adik kehilangan kakak yang jadi panutan, orang tua kehilangan anak yang bantu kerja. Jadi, keputusan ini punya biaya sosial. Kalau keluarga siap, bagus. Kalau keluarga rapuh, bisa jadi masalah. Makanya keputusan berangkat itu jangan cuma karena FOMO, jangan cuma karena orang-orang sudah pada berangkat. Ini keputusan yang harus lo pegang dengan kepala dingin karena lo menghadapi dinginnya musim juga. Tapi kalau lo memang memilih Jepang, gue doain lo kuat. Bukan cuma kuat badan, tapi kuat kepala. Karena lo akan jadi bagian dari cerita besar tadi. Eh, setiap kali lo masuk shift, lo sebenarnya sedang membantu satu negara mempertahankan ritme ekonominya. Lo mungkin merasa cuman satu orang kecil, tapi mesin ekonomi itu tersusun dari orang kecil yang jumlahnya jutaan. Jepang sekarang sedang mengumpulkan orang kecil dari banyak negara supaya mesin mereka tidak mati. Itu bukan drama, itu realitas. Dan realitas kadang enggak romantis, tapi justru karena itu harus kita pahami supaya kita enggak jadi korban ilusi. Akhirnya gua pengen kasih satu gambaran yang simpel. Bayangin Jepang itu seperti kota yang lampunya terang, jalannya mulus, teknologinya keren, tapi baterainya mulai menipis karena sumber dayanya bukan minyak atau listrik, melainkan manusia. Sementara Indo itu seperti kota yang baterainya masih penuh karena anak mudanya banyak. Tapi kadang kabelnya semrawut karena sistem dan produktivitas belum maksimal. Satu kota butuh tenaga, satu kota punya tenaga. Mereka ketemu dan dari pertemuan itu lahirlah peluang, lahirlah risiko, lahirlah cerita-cerita baru yang bakal memenuhi grup WhatsApp kita selama bertahun-tahun. Jadi kalau besok lu nongkrong lagi di warung dan ada yang nanya jalur Jepang, lu bisa jawab dengan senyum. Ada. Tapi di kepala lu juga ada kalimat lain yang lebih dalam. Ini bukan cuma soal gue cari kerja, ini juga soal Jepang yang lagi cari napas. Dan kalau lo itu, lu enggak akan gampang ke bawaahwa hype, lu enggak akan gampang ketipu janji manis dan lu bisa melangkah dengan sadar. Karena di dunia ekonomi yang bikin orang selamat itu bukan cuma kesempatan, tapi juga pemahaman. Kalau lo akhirnya berangkat, ingat satu hal kecil. Hormati aturan tapi jangan kecilin diri. Kerja keras iya, tapi jaga kesehatan. Nabung iya, tapi tetap hidup manusiawi. Cari teman, belajar bahasa, dan catat semua hal penting. Di sana disiplin itu bukan musuh, itu pegangan. Dan kalau suatu hari lu pulang, bawa pulang kebiasaan baiknya juga. Dan pemahaman itu, Bro, adalah mata uang yang nilainya tahan banting. Yen, bisa naik turun, gaji bisa beda-beda, kontrak bisa berubah. Tapi kalau lo ngerti cara kerja sistem, lo punya kompas. Dan kompas itu yang bikin lo enggak gampang nyasar di negeri orang. Jadi kalau semua orang lagi ngomong Jepang, gue juga ngomong. Tapi bukan cuma gas. Gue ngomong gas kalau siap. Karena di balik tren ada ekonomi, di balik ekonomi ada manusia. Dan pada akhirnya semua cerita balik lagi ke satu hal yang sederhana. Manusia yang dibutuhkan, manusia yang bekerja, manusia yang pengin hidupnya naik kelas. Semoga setelah ini ketika lo dengar kata Jepang, lu bukan cuma kebayang Sakura, tapi juga kebayang mesin ekonomi yang butuh orang buat tetap hidup. Dan kalau lu jadi salah satu orang itu semoga lu pulang bukan cuma bawa uang, tapi juga bawa arah.