Saatnya JUAL PORTO CRYPTO atau BELI? ft Oscar Darmawan
ejli_uLv34c • 2025-08-04
Transcript preview
Open
Kind: captions
Language: id
Strategi yang paling paling goblok lah,
paling bodoh lah sekarang ini kalau mau
untung dari crypto apa beli Bitcoin aja
atau beli index atau Coinbase yang punya
Coin 50 seperti blue chip-nya itu.
Apakah pemerintah Indonesia rencananya
mau bikin token sendiri?
He.
Kabarnya memang demikian.
Saya lihat ya tahun 2013 sampai sekarang
orang kaya di Bitcoin tuh ada tiga
macam. Ini Pak Oscar. Kalau saya pengin
belajar nih
kitab sucinya Bitcoin ini ngomong kasar
dari hulu sampai ke hilir, dari A sampai
Z.
Pak Oskar bisa ngajarin saya enggak sih
kira-kira?
Welcome to Success Before Turkey Level
Up Podcast.
Welcome back to Success Viv 30, Pak
Oscar Darmawan.
Thank you, Coach, sudah diundang lagi ke
sini.
Sama-sama. Nah, waduh ini kayaknya udah
lama enggak bikin video sama Pak Oscar
ya. Saya ini penasaran loh belakangan
ya. Saya ini banyak pertanyaan Pak
Candra, kami ini orang-orang tua
ngertinya saham,
ngertinya emas. Kripto itu apa sih?
Tapi jangan salah loh ee salah satu
trader kita yang paling berumur senior
umur berapa? 81 tahun.
Astaga.
Dan pernah datang ke kantor kita.
Oh iya. Tapi itu kan satu dari sekian
banyak gitu.
Betul. Kalau tapi maksudnya jangan kalah
dengan
jangan kalah ya. Nah, justru itu maka
sebab ini saya itu pengin
memberikan edukasi kepada golongan usia
40 ke atas lah.
Oke.
Agar mereka itu paham.
Oke.
Meskipun kami success before 30 nih.
Iya kan? Kalau anak-anak muda mah
sekarang sudah jago trading crypto gitu.
Tapi 40 ke atas ini kan mereka naruh
duit di cripto aja takut. He
iya kan apa
kalau tahu fundamentalnya underlnya
malah mungkin merasa lebih aman kalau
uang duit di kripto itu
gitu ya. Tapi ada yang ngomong kalau
jari jempolnya dipencetin lagi dipingsan
kasih obat tidur langsung kebongkar
semua nanti.
Enggaklah enggak kayak gitu ya.
Engak sampai kayak gitu ya.
Kalau sudah tahu cara-caranya
teknik-tanik enggak seperti itu.
Nah ini ini ini keren ini. Nah sekarang
ini kan ee kalau era 30 tahun yang lalu
even sampai sekarang pun mereka masih
merasa emas itu safe heaven. Hm.
Ya,
kenapa kok saya sekarang harus mikir
Bitcoin gitu?
Siap. Yang pertama kalau kita bicara
emas sama Bitcoin ya, kita harus tahu
cara kerja emas dan Bitcoin itu mirip
atau bahkan dikatakan sama persis.
Oh, iya
sama persis. Ya, kita harus tahu dulu
kenapa emas itu punya nilainya.
Emas itu punya nilainya karena faktor
nilai biaya eksplorasi.
Eksplorasi.
Biaya eksplorasi, biaya pertambangan.
Ya. Jadi, setiap emas yang diambil dari
bumi
itu ada biayanya.
Betul.
Untuk menggalinya, memurnikannya. lain
sebagainya. Kurang lebih biaya
eksplorasi emas itu sekitar hampir 50 US
DO per gramnya.
50 US per gram.
Iya.
Kemudian ada biaya marketing lain
sebagainya. Akhirnya sekarang dijual per
1 gramnya kan ee 100 dolaran lah per
gram ya kurang lebih.
Berarti emas itu kan semakin lama
semakin cadangannya di dunia juga
semakin lama sedikit kalau dieksplore.
Terus
selain daripada faktor suplly yang
terbatas itu ada demand ya kemudian
harganya jadi makin naik makin naik kan.
H.
Nah, kalau kita bicara mengenai Bitcoin
juga sama. H.
Bitcoin untuk setiap satu Bitcoin yang
tercipta itu ada biaya listriknya.
Oh,
biar listrik yang digunakan untuk
menciptakan Bitcoin di mana hampir
mencapai 25.000 US.
Satu bitcoin.
Satu Bitcoin ya. Kita belum bicara
mengenai biaya beli alat mining-nya ya.
Hm. He.
Kita belum bicara mengenai ee
infrastruktur-infrastruktur lain yang
menambahkan ke dalam biayanya itu. Jadi
secara biaya makanya Bitcoin itu bukan
berarti gratis loh.
Hmm.
Nah, di
tapi katanya benar enggak sih Bitcoin
itu limited gitu?
Bitcoin juga limited karena dia dikunci
secara algoritm cuma ada 21 juta bitcoin
dan benar enggak sih?
Benar. Karena satu hal yang menarik
sekali lagi kenapa Bitcoin itu dipercaya
oleh banyak orang teknologi ya itu
karena kalau kita mengerti IT kita bisa
melihat sistemnya, cara kerjanya semua
sudah ada di dalam software-nya yang
open source itu.
Hm.
Jadi kita bisa ngelihat Bitcoin yang
tercipta setiap ee 10 menitnya itu
berapa.
Nah, dari situ kalau kita kalikan dengan
biaya fundamental, kemudian kita bisa
kalikan dengan demand yang ada, maka
terciptalah harga wajarnya Bitcoin.
Nah, 21 juta itu sudah habis tergali
belum? Kalau kita lihat skemanya saat
ini kan kurang lebih mendekati 20 juta
Bitcoin nih.
Oh, jadi sisa R juta lagi
kurang lebih juta
dan kalau R juta habis maka harga
Bitcoin akan semakin lama semakin mahal.
Enggak, enggak, enggak gitu konsepnya.
Sebenarnya enggak konsepnya enggak
seperti itu. Karena kalau kita bicara
mengenai demand supply ya, bukan berarti
kalau enggak ada stoknya harganya akan
naik. Enggak, enggak selalu.
Hm.
Ya, apa maksudnya? Karena yang
menentukan harga itu enggak murni cuma
supply.
He.
Yang menentukan harga salah satunya
adalah demand.
Hmm. Hm. He.
Jadi kalau kita ditanya bagaimana harga
Bitcoin nanti setelah R1 juta itu
tergali,
ya tergantung faktor demand pada saat
itu.
Oke. He he.
Yang saya tahu saat ini adalah
demand-nya tinggi.
Iya.
Dan di mana ada banyak institusi yang
saat ini baru akan masuk ke Bitcoin.
H.
Makanya sampai ada orang yang mengatakan
harga Bitcoin saat ini 100.000 100.000
US dolar per bitcoin itu murah.
Karena kondisi saat ini adalah banyak
demand baru yang tercipta. Hm.
Oke. Sekarang crypto dan Bitcoin ini kan
sudah legal ya di Amerika ya.
I
Indonesia ini isunya mau berubah enggak
sih ke B PEPTI lagi atau saya dengar
tadi katanya ee Indodux sudah masuk OJK
ya katanya.
Iya. Kalau kita bicara mengenai aturan
yang ada di Indonesia,
he
kripto itu diatur di bawah OJK.
Oh.
Bahkan sekarang secara pajak kripto
dianggap sebagai produk yang bebas PPN
loh.
Oh.
Itu
yang lalu kita podcast masih ya?
Masih. Masih dulu dulu masih. Tapi ini
dalam waktu yang mungkin waktu podcast
ini ditayangkan sudah bebas dari PPN.
Oh really?
Iya betul. Karena cuma dari waktu kita
ngerekam ini mungkin cuma beda satu du
hari lagi
akan keluar peraturan baru nih.
Wah istimewa ini.
Ini bisik-bisiknya. Bis
bisik-bisiknyais.
Berarti gini loh ya kan orang Indonesia
sekarang lagi terkenal gara-gara Pilpres
kemarin mau sukses itu harus kenalan
orang dalam. Ini orang dalamnya saya
culik di level up ini. Iya kan? Jadi
satu du hari lagi. Silakan divalidasi
benar atau enggak. ee statementnya Pak
Oscar ini.
Iya. Jadi ee kripto dianggap sebagai
salah satu produk keuangan
ya. Makanya dia enggak dikenakan PPN
lagi.
Iya. Iya. Berarti lebih kurang kayak
saham gitu ya.
Lebih kurang seperti saham. Saham kan
juga enggak dikenakan PPN.
Apa Indonesia ini mau buat token
sendirikah seperti mungkin USDT atau Pak
Oscar bisa kasih bocoran?
Kalau kita bicara mengenai Indonesia
buat token sendiri sebenarnya banyak
banget sih
token yang asli Indonesia.
Itu sudah lama, sudah banyak banget. He.
Bahkan waktu saya pertama kali bikin
CPTO exing tahun 2013 silam,
He.
Tahun 2015 sori tahun 2016 itu sudah ada
orang yang bikin token sendiri.
Hm.
Tapi kalau seang pertanyaannya
apakah pemerintah Indonesia rencananya
mau bikin token sendiri?
He.
Kabarnya memang demikian. He.
Jadi sejak 2 tahun lalu Indonesia
katanya membuat projek Garuda.
Hm.
Project untuk membuat rupiah digital.
H. Tapi saya belum tahu nih apakah
projek itu sampai sekarang berlanjut
atau enggak.
Hm.
Karena kalau kita melihat kenapa pada
saat itu Indonesia membuat rupiah
digital sendiri
itu karena dari pemerintah US di
zamannya Joe Biden mau membuat US dollar
buatan pemerintah.
Hm.
Tapi di era Trump ini kan akhirnya
enggak jadi melalui Genus
rencana Joy Bidon itu discribe
H
dibiarkan swasta yang membuat.
Hm.
Kenapa? Karena memang kalau suasana
membuat itu lebih baik secara moneter,
lebih baik secara resiko, lebih baik dan
pengawasannya dari pemerintah aja.
Iya. Ya.
Ya. Jadi saya enggak tahu nih apakah di
Indonesia akan mengikuti langkahnya
Trump
iya
atau mengikuti masih era jobiden
sebelumnya.
Oke. Oke. Nah, sekarang kita bicara tet
H
atau USD.
Hm.
Apa bakal kena kasus dilegalkan
nya crypto menggunakan Genius Act?
Seharusnya kalau kita bicara skemanya
daripada Genus X ya memang itu
menguntungkan buat teter, itu
menguntungkan buat cycle ya. Ya. Ee dan
saya happy sih kalau ini karena saya
salah satu orang yang ya secara indirly
directly saya ikut partisipasi di cycle
lah.
Nah ini ini ini orang-orang yang
penonton kita. Eh, saya rasa Pak Oskar
ini figur yang tepat ya untuk kita
validasi karena beliau juga bagian dari
regulator, beliau juga termasuk pendiri,
beliau termasuk paling tahu sejarah
kripto di Indonesia sehingga mungkin ee
pemangku kepentingan saat ini pasti
melibatkan Pak Oscar di dalam membuat
regulasi. Betul ya, Pak Oscar ya?
Ya, mungkin karena salah satu peran saya
sebagai pendiri asosiasi blockchain
Indonesia.
Betul. I. Nah, otomatis ketua asosiasi
dipanggil terus nih. Ini masih pejabat
ketua atau enggak sampai sekarang?
Enggak. Enggak. Ee saya dari dulu enggak
enggak terlalu suka menjadi ketua. Jadi
saat ini saya lebih sebagai pengawas.
Lebih ke pengawas.
Jadi dewas ya. ya.
Nah, sekarang ini Pak Oscar strategi
yang paling paling gobloklah, paling
bodoh lah sekarang ini kalau mau untung
dari kripto apa beli Bitcoin aja atau
beli index atau Coinbase yang punya Coin
50 seperti blue chip-nya itu
dia kan ngeliskan lima list potensial
koin di sana. Kalau Pak Oscar pilih
strategi yang mana nih?
Kalau saya sendiri lebih prefer strategi
untuk membeli Bitcoin.
Tetap Bitcoin ya?
Tetap Bitcoin aja
ya. Ee kenapa? Karena saya melihat
Bitcoin itu sebagai salah satu koin yang
punya kekuatan security paling bagus.
Hmm.
Bukan feature paling bagus loh. Kalau
secara featurnya Bitcoin itu paling
jelek.
Oke.
Tapi kalau secara security, secara ee
pengamanan jangka panjang, saya melihat
Bitcoin paling bagus.
H.
Cuma tantangannya Bitcoin ada di
quantumnya. Apakah dia bisa quantum
proof atau enggak nantinya?
Hm.
Karena kalau kita
bisa diperjelas quantum proof itu apa?
Jadi kalau kita melihat teknologi IT ya,
komputer, teknologi komputer sains ya,
dalam waktu dekat atau mungkin dalam
waktu yang mungkin dekat ini dalam arti
10 tahun ya.
Ya.
Ya, 10 tahun atau
10 tahun itu dekat ya?
Dekat dong. Ee kalau kita sudah bicara
teknologi 10 tahun itu masih teknologi
baru.
He.
Nah, jadi kalau kita bicara 10 tahun
lagi mungkin akan tercipta komputer
quantum, komputer yang super cepat yang
di mana dia bisa membongkar semua
enkripsi yang ada.
Hmm. H.
Nah, makanya oleh karena itu orang-orang
komputer sains sekarang mulai
mengembangkan algoritmantum proof.
Hm.
Bagaimana kalau karena kalau algoritm
yang ada sekarang itu semua enggak
enggak enggak kebal terhadap serangan
kuantum.
Oke.
Jadi seperti ee HDPS yang dipakai semua
perbankan lah ya. Itu kalau misalnya
quantum sudah keluar itu bisa jebol itu.
Maka semua algoritm dievaluasi nih.
Iya.
Ini mirip seperti tahun 2000 dulu.
Wah, ini ada kayak big riset gitu ya.
Iya. Jadi ini bukan Brix, ini big
upgrade.
So, Anda harus tahu ya. Jadi artinya ee
saya masih ingat tuh Pak Oscar tahun
2013 waktu itu mengadakan kelas yang
saya dapat info, kita juga podcast yang
lalu nyawer Bitcoin gitu loh. Itu harga
berapa waktu itu Bitcoin?
Ee Bitcoin harganya masih sekitar Rp8
juta ya waktu saya bagi-bagi Bitcoin ya.
Gila. Waktu itu bagi berapa PTJ waktu
itu?
Wah, cukup banyak sih kita bagi Bitcoin.
Cukup banyak. Aduh, sekarang Pak Oskar
ee masih nyawer Bitcoin enggak? Kita
masih terbuka ini.
Nah, artinya beliau yang tahu sejarah
persis tahun 2013 itu which is 12 tahun
yang lalu dan saat ini ee kenapa beliau
punya kekuatan future yang luar biasa
yakin bahwa pada saat itu Bitcoin bakal
meledak. Ini tanya jujur nih, waktu itu
Bitcoin masih Rp8 juta. Sekarang Bitcoin
sudah mendekati 2 M. He.
Nyangka enggak sih kalau 12 tahun bisa
sampai 2 M kayak R?
Eh, terus terang kalau boleh jujur saya
juga enggak nyangka sih.
Saya enggak nyangka Bitcoin akan
bergerak secepat itu.
Enggak nyangka.
Enggak nyangka. Saya tahu bahwa Bitcoin
pada satu titik dia akan sama seperti
harga per ons
per ons
sekarang per ons berapa?
Ya, jadi waktu itu saya kira harga
Bitcoin itu bakalan per satu ee onsemas
yaitu kurang lebih waktu itu sekitar
2.000 dolaran.
2.000 dolar berarti lebih kurang
sekarang ya R3 juta
sekarang ee Profemas itu sekitar 3.000
3.000
Berarti mungkin cuman sekitar 45 R50
juta.
Betul waktu itu saya pikir
waktu itu jadi dari R juta ke 50 juta
gitu ya.
Betul. Ternyata harga satu bitcoin itu
bukan setelah 1 ons emas, tapi setelah 1
kilo emas.
Setuju.
Ini memang itu sesuatu yang yang
peningkatannya cepat sih. Sangat cepat.
Karena kalau kita lihat
kurva teknologi yang saya bilang 10
tahun kan termasuk baru ya.
Iya. Ya, pertama kali kita kenal 2012,
kita buat 2013 kan,
sekarang baru 2025. 12 tahun.
Iya. Iya.
Ya, berarti itu artinya potensi Bitcoin
ternyata lebih besar lagi.
Masih ingat enggak waktu podcast
terakhir saya, saya tanya kapan Bitcoin
menyentuh 1 juta dolar?
Betul.
Waktu itu kan apakah memungkinkan dalam
waktu dekat kalau Pak Oscar kan jawab
waktu dekat 1 juta dolar enggak, tapi
kalau 100.000 US iya.
Ya, betul. Kalau
dan ternyata lewat gitu. Iya, tapi kalau
ditanya pertanyaan yang sama sekarang 1
juta dolar saya masih sama sih
jawabannya.
Masih sama kan? Tidak dalam waktu dekat.
Enggak dalam waktu dekat
ya. Tapi padahal podcast kita kayaknya
jaraknya enggak sampai setahun loh.
Tapi kayaknya
ee ini bakal kalau kita diriset kembali
ke tahun 2013 he
1 juta dolar enggak dalam waktu dekat
ya.
Wah, kalau 2013 itu yang sangat berbeda
dengan sekarang. Kenapa? Karena pada
saat itu Bitcoin itu hampir diharamkan
ah
di seluruh dunia loh.
Iya.
Diilegalkan di seluruh dunia.
Kan kan kenapa harga Bitcoin bisa sampai
sekarang? Itu karena Bitcoin melewati
beberapa fase kritis.
Hm.
Fase kritis pertama itu terjadi tahun
2014.
Hm.
Waktu pertama kali MON GoX benar-benar
tumbang.
Betul.
Itu penentuan apakah Bitcoin akan tetap
hidup atau enggak.
Hm. He.
Karena semua perdagangan saya itu
tercentraliz di MONX selain di BTC Cina
ya.
Iya.
Ya. Tapi ternyata mereka lewat
komunitas Cina support.
Oke.
Makanya Bitcoin bertahan di 1$.000
dolar.
Hm.
Kemudian tahun 2015
H
itu adalah fase kritis berikutnya tuh.
Hm.
Fase kritis berikutnya. Kenapa? Karena
infrastrukturnya Bitcoin mandek.
Hm.
Itu syarat yang gawat itu. K. Eh tapi
untungnya secara development
software-nya Bitcoin akhirnya eh
mengalami masa upgrade ya menggunakan
Lightning Network Lightning Network dan
akhirnya dia bisa digunakan untuk
transaksi lebih besar.
Hm.
Ya. Jadi ada fase-fase kritis yang
dilewati Bitcoin lah yang kalau kita
bahas satu persatu ini podcastnya 3 jam
4 jam.
Intinya
ee banyak hal-hal yang enggak tapi
apapun jenis masa depannya kita tetap
harus punya Bitcoin selain portofolio
mas ya. Kalau menurut saya dan menurut
para ahli ekonomi termasuk break ya,
salah satu aset manajemen terbesar di
dunia,
mereka menyarankan demikian.
Oke. Nah, sekarang Pak Oskar lihat kalau
sekarang anak-anak muda atau ya bukan
anak muda sih kalau mau kaya sih mau
muda mau tua juga semua orang pengin
jadi kaya gitu ya. Mau kaya di kripto
itu selama berapa tahun ke belakang itu
orangnya apa?
Apakah tipe trading atau buy dan hold
atau berjudi di meme coin atau gimana?
Coba dijelaskan yang kira-kira
pengalaman Pak Oscar dari ee 13 sampai
sekarang.
Kalau saya lihat ya, tahun 2013 sampai
sekarang orang kaya di Bitcoin tuh ada
tiga macam.
Hmm.
Ya. Yang pertama
catat tuh. Catat catat ya.
Orang yang beruntung.
Oh i ya ya ya.
Orangnya cuma beli satu koin.
Heeh.
Kemudian dia enggak jual
tapi lupa password-nya.
Saya lupa atau apapun akhirnya dia ya
kaya.
Oh ya ya.
Itu banyak banget tuh. Kayak contohnya
Doge Coin kemarin itu banyak yang kaya
mendadak di Indonesia.
Karena Doge Coin adalah salah satu koin
yang populer di Indonesia.
Oke.
Waktu Elon Mas tiba-tiba mencuit-cuit
masalah Doge Coin.
Iya. Iya. Iya.
Mereka banyak jadi OKB.
Oke, itu yang pertama.
Yang pertama. Yang kedua, orang yang
benar-benar paham.
Nah, benar-benar paham ya.
Betul. Benar paham teknologinya.
Biasanya ini orang-orang yang nge-hold
Bitcoin.
Hmm.
Ya, orang-orang yang nghold Bitcoin. ee
dan mereka relatif holder keras gitu. H
ya. Jadi mereka beli Bitcoin atau mereka
beli Etherium, mereka uang dinginah uang
dingin kemudian mereka tahan sampai
harga lebih tinggi. Nah,
tapi mereka tetap punya sumber usaha
utama.
Betul.
Di mana mereka menyisihkan kelebihan
uangnya untuk mengkoleksi dan menabung
Bitcoin dengan cara DCA. Kan begitu ya.
Karena kalau mereka enggak punya sumber
pendapatan yang lain biasanya akan
dijual Bitcoin-nya dariumnya.
I betul. Betul
ya. Saya mungkin lebih tipe kedua ya.
Iya. I
saya tipe kedua
ya. Tipe ketiga nih.
Tipe ketiga ini orang yang relatif
sangat jarang.
Heeh.
Dan biasanya yang ketiga ini enggak lama
sih. Sayangnya enggak lama.
Yaitu orang-orang yang mendapatkan
kekayaannya melalui trading derivatif.
Hmm.
Posibel loh. Derivatif itu bisa bikin
orang kaya loh.
Oh iya.
Tapi mungkin 3 dari 100 atau mungkin ee
ya 10 dari 100.
Iya. udah kayak profesi ya,
orang-orang yang trader profesional,
orang-orang yang luar biasa tradingnya.
Ee mereka pasang posisi, mereka kasih
margin 20 kali, kemudian begitu harganya
naik sedikit, mereka sangat ee
profitable.
Hmm.
Ya. Ya. Jadi kemarin sempat ada tuh satu
trader yang luar biasa. Dia dari uang
cuma berap rib dolar,
akhirnya menjadi berapa? Rat juta dolar.
Hm.
Ya, itu ada sangat memungkinkan ya.
Tapi kemudian orangnya habis.
Kenapa bisa begitu?
Karena mar jengkol.
Oh ya ya ya ya ya ya ya ya ya. Karena
lupa untuk
bukan
karena pasarnya sangat derivatif. Pas
sangat pasal sangat volatile. Pasarnya
sangat volatile.
Iya. I
jadi kalau di derivatif emang kalau kita
sampai salah pasang posisi kita
manajemen resikonya kurang bagus
jelas i
itu bisa bangkrut lebih cepat. Oke, gini
nih, Pak Oscar. Saya to the point aja.
Berarti intinya kalau kita tidak
memahami kripto secara fundamental
yang katanya yang saya nonton YouTube
gratisan beli ini, beli token ini dan
sebagainya dan sebagainya itu tetap
tidak menjamin kita bisa kaya raya. Ya.
Ya, itu mungkin lebih tipe pertama yang
saya bilang tadi ya.
Betul.
Beli, pasang nomor, berharap tembus kaya
raya gitu kan.
Iya. I
tapi enggak banyak sih.
Enggak banyak. Nah,
karena biasanya orang dapat informasi
telat.
Pak Oscar, kalau saya mau jadi tipe yang
kedua,
H
atau bahkan tipe yang ketiga,
He.
Misalkan ini saya sudah pensiunan nih,
saya pengin jadi kayak bapak-bapak usia
80 tahun tadi.
Memungkinkan dong.
Berarti bapak-bapak itu tipe yang kedua
atau yang ketiga tadi?
Kedua.
Dia kedua kan dia old money.
Betul.
Dia punya lebih uang
dia shifting.
Iya.
Dia diversified
dari emas ke BTC.
Dan akhirnya dia merasakan kenaikan
puluhan kali lipat yang lebih cepat
daripada emas, kan.
Betul.
Nah, tapi ada enggak yang ketiga itu
yang juga berhasil tapi asal tahu
ilmunya?
Ada. Tapi biasanya mereka bukan tipe
yang trading di derivatif.
Oh,
kalau biasa orang yang derivatif itu
orang yang benar-benar full time high
risk eh high gain lah.
Iya.
Mungkin lebih ke tipe sport lah. Orang
yang trading mereka lebih menguasai
trading sport. Karena trading sport tuh
lebih ee resikonya bisa di-manage.
Hm.
Dalam arti kalau memang harganya turun
ya kita biarin turun aja.
Oke.
Begitu harga naik baru kita jual. Nah,
itu profitnya lebih terkendali.
Oke. Gini Pak Oskar. Kalau saya pengin
belajar nih
kitab sucinya Bitcoin ini ngomong kasar
dari hulu sampai ke hilir. Dari A sampai
Z.
Pak Oscar bisa ngajarin saya enggak sih
kira-kira? Ee asal dikasih waktu saya
sih bersedia buat ngajarin karena memang
saya ee salah satu visi hidup saya kan
buat mengedukasi ya.
Oh, sama dong kalau kita
siap
edukator dong
ya. Makanya saya belajar terus nih
supaya jangan ketinggalan ilmunya.
Nah, Pak saya ini orang tua
40 lebih gaptek.
Bisa enggak sih translate bahasanya
orang-orang kayak seusia 40 ke atas ini
yang mana kita hidup di zaman koran
ya. Kita hidup di zaman majalah.
Siap. kita hidup di zaman telepon masih
begini. Ajarin saya dong kripto itu apa
supaya saya enggak enggak ketinggalan
nih sama anak-anak muda. Bisa enggak Pak
Oscar ngajarin saya?
Mungkin salah satu benefitnya saya ya
karena saya hidup di dua dunia kan. Iya.
I
karena saya juga sama-sama umure sama
berumur. Saya ngalami koran, saya
ngalami semuanya. Tapi karena studi saya
kan di komputer sains,
jadi saya dipaksa untuk adab dengan
teknologi yang ada.
Ya, saya akan berusaha untuk mencoba.
Maka kalau ditanya sama K kan saya
selalu mencoba menjawab dengan bahasa
yang sederhana.
Betul. Betul
ya. Kayak orang nanyain emas dan bitcoin
itu persamaannya apa sih? Saya
nyamakan dengan biaya penambangan.
Iya. Iya iya iya
iya. Oke. Berarti kalau saya pengin
belajar supaya saya ini besok nyambung
nih anakku ini ngomong apa sih soal
kripto? Saya enggak paham. Takutnya anak
saya ketipu.
Betul. Makanya penting banget tuh.
Gini. Saya perlu ikut kelas nih.
Saya perlu belajar. Tolong Pak Oscar
ajarin saya. Nah, itu kira-kira Pak
Oskar bersedia ya ngajar ya?
Silakan aja ya. Kalau saya diundang saya
pasti happy untuk
Baik sahabat SP30. Jadi khusus Anda yang
usia 40 ke atas atau juga tidak menutup
Anda yang usianya masih 30-an tapi juga
tetap gaptek. Artinya kripto itu cuman
tahunya trading sudah buka IndoDux gitu
ya. Tapi cuman tahunya beli beli tapi
kok ya tetap enggak naik-naik koinnya.
Nah, Anda ini kan istilahnya mencoba
keberuntungan. So, Anda harus tahu
ilmunya dengan lebih dalam dan bagaimana
seorang yang basicnya komputer sains ini
paham. Nah, saya culik nih, Pak Oscar
untuk kita ini ngajarin kita semua. Yang
penting minta waktunya Pak Oscar untuk
ngajar. Ini enggak mudah loh. Dan 12
tahun yang lalu aja beliau berani nyawer
BTC. Itu berarti beliau punya visi yang
besar. Dan tapi Pak Oscar sendiri pun
kaget dengan harga BTC sekarang kan.
Nah, kira-kira Pak Oskar ee kita akan
mengadakan kelas ini tanggal 30 dan 31
Agustus.
Siap. Saya atur schedule. Saya
atur schedule ya. 3031. Tolong Pak Oskar
ngajarin ini Pak Oskar sendiri atau sama
tim nih mengajarkannya.
Nanti kita akan bawa tim ya.
Waduh. Jadi expert di bidang
masing-masing ya.
Siap.
Nah, ini saya rasa kuliah singkat ini
kayak kita ngambil S1 tapi kursus
singkat tapi bermanfaat dan langsung
dijamin mengerti ya Pak Oskar ya.
Siap. dengan bahasa yang orang-orang
usia 40 ke atas lah supaya mereka tahu
what is crypto dari A sampai Z ya. Dan
bukan katanya, bukan dengar dari
anaknya, bukan dengar dari tetangganya,
bukan dengar dari keponakannya, tapi
belajar langsung dari ahlinya. Baik,
kalau Anda memang berminat saya tunggu
ada link di deskripsi sekarang juga.
Anda segera register, hubungi customer
service sekarang juga. Anda akan learn
from the best. If you want to be the
best, learn from the best. Kita tutup
dengan salam hebat luar biasa.
Resume
Read
file updated 2026-02-13 13:12:03 UTC
Categories
Manage