Kebijakan Blokir Rekening Meresahkan! Data Palsu, Ekonomi Merah Resiko Krisis di Depan Mata
QvGCl011zXg • 2025-08-12
Transcript preview
Open
Kind: captions Language: id PPATK barusan memblokir jutaan rekening. Wah, rekening dorman disikat. Kemudian banyak orang yang punya uang tiba-tiba dibekukan. Ini sangat membuat syok banyak orang di Indonesia. Kebijakan ini kebijakan apa? Ini kebijakan bagus atau kebijakan ngawur? Apakah ini pertanda ekonomi rakyat Indonesia sudah mulai ambruk? Welcome to Success B4 Level Up Podcast. [Musik] Welcome back to Level La Podcast. Pada hari ini kita akan ngobrol seperti biasa tamu saya Bapak Toni Adikaryo. Kita akan ngobrol banyak tentang perkembangan kehebohan Indonesia belakangan ini. Welcome back Pak Toni. Iya. Selamat pagi, Pak Candra. Selamat pagi. Salam hebat luar biasa, Pak. Salam hebat luar biasa. Baik, Pak. Belakangan ini, Pak, kita tahu Indonesia ini ya enggak habis dari drama ya, Pak dari semua sektor, Pak. Iya kan? Jadi mau mau dari selebritinya termasuk ekonominya, termasuk politikusnya gitu. I tapi kali ini seperti biasa rana kita bahas tentang ekonomi makro Pak ya. Iya, Pak Toni kita langsung hajar ke inti aja ya. Ini kan belakangan ini ada data ngawur, kebijakan gagal. Menurut Pak Ton ini apa ya? Ini kayak seperti belakangan ini kenapa Indonesia ini kok seperti kayak gini nih? Gimana menurut Pak Toni ini? Ya memang akhir-akhir ini ada beberapa data dari PPS yang dipertanyakan. Iya. I karena pembandingnya ee mungkin gak seperti itu ya kan. He. Nah, seperti contohnya yang awal-awal ya itu dulu BPS mengatakan bahwa angka kemiskinan Indonesia itu ee turun. He. Kemudian ee di Indonesia ini tidak banyak. Iya. Nah, sebaliknya ee data dari Bank Dunia World Bank mengatakan 68% penduduk Indonesia miskin. Yang benar yang mana ini? Iya. Ya. Nah, ternyata sudut pandangnya beda, Pak. Iya. Iya. Nah, sudut pandangnya BPS ee hanya dianggap kalau ee 2 US do di bawah 2 US dollar baru miskin. Oh, I. Nah, sementara kalau ee World Bank standarnya standar internasional, Pak. Bukan 2 US dollar gitu kan. Nah, 2 US dollar kalau dihitung berapa? Cuman sekitar R30.000 ya. R30.000* 30 hari kan R900.000 sejuta. Iya. Nah, kalau di bawah R juta baru miskin ya. Sekarang UMR kan rata-rata sudah di atas 2 T di beberapa daerah sampai L ya sudah pasti yang orang gaji UMR pasti aman Pak setuju? Nah kalau sampai R juta ya terlalu menurut saya terlalu kecil. Iya. Heeh. Nah tapi ya itu ee data yang diganakan sebagai acuan oleh BPS. Betul. Nah terus kemudian ee ada data BPS yang lain yang sekarang lagi heboh nih. Hm. Itu katanya pertumbuhan ekonomi Indonesia 5,12%. Nah, naik dari yang ee kuartal pertama 4,89% ya kan. Nah, padahal prediksinya majority mengatakan ee antara 4,5 4,7% i secara ee penghitungan banyak orang-orang yang mengerti makroekonomi seperti itu. Nah, ini membuat sebuah perdebatan. Betul. Sampai saat ini ee ada banyak yang mempertanyakan terutama orang-orang yang paham tentang ekonomi makro. Iya. Ee tentang statistik segala macam dari mana hitungan ini gitu sampai kemudian ada saat ini ee salah satu organisasi ee Selios itu menyurati PBB sampean untuk minta ee ee untuk dalam hal ini menanyakan BBS mengenai bener enggak sih itunya mau disuruh untuk nyurvei seperti itu. Nah, ini kan menjadi sebuah hal yang unik ya. Tapi kenyataannya kalau kita perhatikan ee kalau saya tanya ya rekan sesama pengusaha iya memang perasa banget Pak masalah daya beli menurun ini kerasa banget. Iya ini ini valid ya Pak karena kan saya nanyanya ke pelaku bukan baca kolom komentar netizen loh Pak ya. Jadi ee beberapa memang merasakan ee penurunan deb. Iya betul ya. Ini memang benar Pakul. Terus kemudian ee kalau pemilik kafe resto itu memang ee ada beberapa yang memang antara itu antara kompetisi ada kafe-kafe baru ataukah memang orang itu dari yang dulu biasanya jajannya itu Rp50.000 sekali kafe. Sekarang mereka cari yang kafen-nya Rp25.000. Iya. Nah, itu yang saya maksud dengan pergeseran. Mereka tetap NF tapi harganya lebih murah. Betul. Nah, ini yang diperdebatkan. Iya. yang tadi statement ee pertumbuhan 5,12% itu tapi kok tidak selaras iya dengan yang Bapak kalau kita pernah podcast yang lalu kan Bapak bilang ini kan terjadi penurunan daya beli itu kan sebenarnya tidak baik gitu loh Pak. Iya betul kan bukan devaluasi tapi sebaliknya kan Pak ya jadi ini kan inflasi tapi deflasi kan gitu Pak ya. Iya. Nah gimana menurut tanggapan Pak Toni? Nah, memang ee pertumbuhan ekonomi itu kan rumusnya sebetulnya dari ee bagaimana belanja pemerintah kemudian ditambah dengan investasiu kemudian ditambah dengan konsumsi dalam negeri ditambah ekspor dikurangi impor. Nah, dalam hal ini kondisinya itu ee ini yang membuat pertanyaan gitu daya beli menurun. Sementara ini Indonesia ini kan sebetulnya yang membuat ee pertumbuhan ekonomi kita naik itu biasanya dominasinya dari konsumsi dalam negeri, Pak. Iya, setuju. Nah, kalau ada yang beli menurun kok bisa pertumbuhan ekonominya naik. Ini yang dipertanyakan ini aneh-aneh di situ. Iya. Yang dipertanyakan di sana. Iya. Nah, padahal yang kuartal pertama yang cuman 4,89% itu mengalami masa puasa dan Idul Fitri, Pak. Nah, dalam hal ini ee biasanya di bulan puasa dan Idul Fitri itu biasanya konsumsi itu selalu naik. Setuju? Sehingga dikhawatirkan kuartal kedua akan lebih jelek. I tapi anehnya justru kuartal kedua bisa lebih tinggi daripada kuartal pertama gitu. Padahal daya beli kan menurun, tidak ada bulan puasa, tidak ada bulan Idul Fitri. Kok bisa naik gitu? He. Terus kemudian oh dikatakan bahwa oh ini daripada industrinya lagi naik nih. Nah, tapi data PMI ya itu menyatakan turun loh kok bisa gitu. Nah, ini yang membuat banyak ee ekonomi-ekonomi yang saat ini mempertanyakan sampai yang tadi Celios menyurati PBB untuk melihat itu gitu. Nah, ini ee BBS ini cara penghitungannya bagaimana? Tapi ya tadi se tadi ya, Pak ya, kadang-kadang mungkin punya sudut pandang yang berbeda angelnya punya POV yang berbeda ya. Iya. Nah, kayak yang tadi oh World Bank ee apa namanya standarnya ee besar ya, standarnya internasional mungkin ee bisa 10 12 US dollar gitu ya. Nah, kalau di sini cuma 2 dolar gitu. Nah, itu kan untuk standar ini beda ya beda penghitungannya Pak. Jelas hitungannya beda. Nah, yang paling seru ini juga belakangan ini kan masalah PPATK blok rekening, Pak. Ini kayaknya seru, Pak. Kacau. Di samping saya ini juga meriksa, Pak, saya punya rekening-rekening yang nganggur ini apa ya masih ada duitnya gitu ya. Kalau dihitung-hitung kan ya lumayan juga tiba-tiba diblokir enggak bisa diambil ya kan. I Nah, tapi bikin rakyat panik. termasuk ada satu ustaz yang cukup terkenal loh, Pak ya, dari Makassar itu kan ya, dia sampai uangnya mau digunakan untuk sumbang masjid enggak bisa digunakan gitu loh itu. Nah, ini belunder fatal atau menurut Pak Toni gimana gitu? Iya cukup fatal, Pak. Dan itu sempat memicu yang namanya ras ya di bank waktu itu cukup banyak begitu itu dikatakan blokir segala macam banyak orang ketakutan dan ras dan itu sangat berbahaya. Yes. Kalau sampai industri itu kayak tahun '97 ya yang dikhawatirkan seperti itu, Pak. I. Nah, makanya setelah respon daripada enggak bagus dan kemudian ee sampai ke telinganya Pak Presiden Prabowo langsung Pak Presiden Prabowo akan memanggil instruksikan ya langsung ya memanggil hari itu juga e PPATK sama Bank Indonesia untuk datang. Iya. I dan kemudian ya setelah itu ee PPATK ee sudah enggak enggak sefrontal itu lagi. Tapi sebetulnya Dorment Accoun itu yang 6 bulan itu sebetulnya bukan bukan saat ini aja gitu loh. Sebetulnya sudah cukup lama rekenning yang 6 bulan itu dormen. Iya. Iya. Nah, cuman kenapa kok dormen? Karena dianggap tidak aktif. Tapi sebetulnya kalau mau ngaktifkan ya tinggal aja Rp100.000 Ibu storin setornya ee sudah aktif lagi. Cuma di beberapa bank itu yang ngasih biaya dormen. Iya. I nah kalau uangnya misalkan Rp200.000 kemudian 6 bulan dormen atau orangnya gak pernah lihat lagi R00.000 kena biaya administrasi misalkan R5.000 per bulan kalau DN ya habis Pak uangnya. Makanya Pak sampai ada mem-mim keluar kan ya. Iya iya. Jadi kalau istri tidak dipakai selama 2 tahun langsung milik pemerintah katanya. Ada J ada juga utang yang sudah enggak bayar 6 bulan akan ditanggung pemerintah. Oh itu narik ini masyarakat ada aja ya. Karena uang yang enggak dipakai 6 bulan. Iya iya iya kan mau diambil pemerintah Pak. Iya iya iya. Nah kalau utang tidak dibayar 6 bulan harusnya sama dong. Sama kan hanya beda T aja Pak. Uang dan utang. Uang dan utang. Iya. I betul. Nah, di semua kekacauan ini tiba-tiba ada target pertumbuhan 8%. Wah, target boleh ya? Boleh. Ini optimisme tingkat dewa harus karena iya apa namanya? Kalau katanya Bang Bung Karno, gantungkan cita-citamu setinggi langit. Nah, sehingga kalaupun engkau jatuh maka engau akan jatuh di antara bintang-bintang gitu kan. Nah, oke. Itu setuju. Saya setuju sekali cuman ya harus berpikir jangan cuman ee apa namanya 8%-nya Pak. harus dipikirkan gimana caranya untuk mence. Jadi menurut Mbak Toni, apakah kondisi sekarang ini seberapa bahaya? Karena resiko paling gila ini kan kalau setahun ke depan kalau pemerintah ini enggak berubah haluan, Amerika krisis Indonesia ini kena dampak enggak? Ee kalau Amerika krisis itu ee kalau krisisnya itu tidak langsung syok dalam, iya itu mungkin menurut saya justru lebih baik, Pak. Kenapa? Karena saat ini kan banyak uang-uang di seluruh dunia ini I itu semua tersedot ke Amerika ya. Nah, fan-Fan manager itu saat ini menarik dananya dari negara-negara emerging market termasuk Indonesia untuk investasi di Amerika. Kenapa? IHSG-nya Amerika, Pak. Dow Jones, NASDAQ, SNP itu semuanya all time high, Pak. Nah, sehingga ee banyak fund-fund manager itu capital outflow dari negara-negara yang ee istilahnya negara-negara emerging market, negara-negara yang lain itu untuk masuk ke Amerika. H. Nah, kalau pada saat Amerika ekonominya syok, H kalau tidak terlalu parah itu akan dana-dana itu akan kembali ke negara-negara Iya. Yang kemarin outflow, Pak, yang bisa memberikan returning lebih tinggi. Nah, termasuk Indonesia. Iya. Nah, masalahnya di Indonesia saat ini porsi MSI itu 1,3%. Jadi, kita kecepatan 1,3%. Lumayan lah, Pak. Lumayan daripada enggak sama sekali. Daripada enggak sama sekali. Iya. Iya. Tapi kalauonesia nanti bisa membuat pertumbuhan yang bagus dan banyak ee orang-orang yang trust, kemudian banyak emiten-emit Indonesia yang juga ee menarik untuk dikoleksi dan bisa seperti tahun 2010 sampai 2012 yang waktu itu bisa sampai MSI Indonesia itu sampai 4 sampai 5% Pak. Oh, gitu. Nah, jadi kalau misalkan kecepatannya 4 sampai 5%, wah itu luar biasa, Pak. Indeks kita pasti resompat langsung langsung US dollar menurun ya. Maksudnya rupiah menguat rup kalau terjadi ee apa namanya kapital pada saat IHG menaik kan pasti mereka harus menukarkan dari US dollar ke rupiah. Jelas otomatis akan membuat rupiah menguat. Menguap dan US dollar akan menurun seperti itu. Itu cita-cita Pak Prabowo. Rupiah menguatkan 5.000 gitu ya. Iya. Harapannya seperti itu. Harapannya kayak gitu ya. Nah gini Pak. Ini ada gosip nih orang-orang kripto bilang. Maka oleh sebab itu i enggak mau taruh di uang viat, Pak. Ini capek ini. Buktinya uang viat dibekukan pemerintah. Mending taruh di rekening cripto aja. Iya. Banyak banyak yang saat ini ya lagi tren lah ya. Orang-orang yang suka kripto itu meemang saat ini sedang apa namanya? Lebih suka melakukan investasi di kripto daripada uang viat. Iya. Dan mereka ya ini gosip-gosip ke sana sini dan akhirnya menular ke banyak orang. Pak, setuju gini aja Pak, mungkin daripada gosipnya ini liar I dan apalagi ini kan isunya Pak kalau Bitcoin habis naik altcoin akan menyusul Pak dan ini biasanya seperti itu, Pak. Siklus 4 tahunnya seperti itu. Nah, daripada kita tidak memanfaatkan momentum ini, mending kita belajar dari ahlinya, Pak. Betul. Betul ya, Pak? Ya, betul ya. Dari soalnya banyak orang-orang yang saat ini investasi. Hm. tanpa ngerti sebetulnya apa sih investasi. Nah, ya itu. Nah, mereka ingin investasi di kripto misalkan. Betul. Sebenarnya kripto itu apa sih? Iya. Ee apa namanya? Karena sekarang lagi marak nih krypto, blockchain, apa namanya ee Bitcoin, Solana, Etherium, Theater sampai Doge, PP. Nah, itu sebnya apa gitu loh. Nah, mereka beli hanya berdasarkan rumor. Betul. Nah, sama sih dengan kalau kita investasi saham. Iya. Kita harus tahu dulu perusahaannya apa. Jadi ibaratnya gini ya, Pak ya. Sama kayak orang itu lihat postingan orang nge-gym bodinya tiba-tiba sixpack. I wah besok itu dia membuat rumor, "Pak, saya gak mau nge-gym nanti ototku gede kayak gitu jelek katanya." Terus Air jawab gitu loh. Lu sangka otot juga mau sama lu katanya. Otot juga milih katanya. Itu ada ilmunya. Hati sama Pak orang bisa badan bagus kayak gitu tu ada ilmunya pasti Pak. Sama kayak portofolio kan, Pak. Orang bisa sukses di kripto itu ada ilmunya. Iya, betul. Nah, ini masalahnya kita tuh pengin belajar, Pak. Iya. Ilmunya ini harus berguru ke siapa? Karena ngaku guru ini kan banyak, Pak, di internet, Pak. Wah, ini cuan sukses, padahal ngerungkat juga lebih banyak gitu ya kan. Betul sekali, Pak. Nah, ini menurut Pak Toni gimana, Pak? Kita harus berguna sama siapa ini kalau trip? Nah, otomatis kalau kita mau belajar, Pak, harus kepada orang yang sudah ekspert Pak yang terbukti ya. yang terbukti dan dia memang sudah melakukan investasi di kripto lama. Yes. Dan dia enggak cuman ngomong investasi di krypto lama loh, tapi harus kita harus tahu dia punya jejak digital enggak. Yes, betul. Kap mulai kapan dia ngomong. Nah, dan saya melihat hanya satu sosok yang menurut saya paling bagus ya, paling kompeten ya untuk men-sharingkan hal ini. Dan saya tahu ee orang satu ini rekam jejaknya dia enggak pernah membuat orang FOMO. Hm. He. Tapi dia selalu memberikan edukasi apa sistemnya Bitcoin, apa itu kripto, apa itu ee blockchain, terus kemudian kalau ee fungsinya masing-masing itu seperti apa. Nah, itu ee beliau sangat kompeten sekali dan ya beliau sudah mulai sharing tentang hal ini sejak tahun 2012, Pak. Makanya beliau dikenal sebagai Bapak Bitcoin Indonesia. Nah, siapa lagi kalau tidak Bapak Oscar Darmawan, Pak? Berarti intinya kalau kita mau belajar Iya. ada workshop-nya ya, Pak ya. Iya. Yaitu di akhir bulan ini ya, Pak ya? Iya. Tanggal 30 31 Agustus. Iya. Kebetulan kan ee kita kemarin sudah sempat ngobrol sama Pak Oscar dan Pak Oscar ternyata setelah ngobrol-ngobrol kita sama kita mau untuk memberikan ilmunya, setuju untuk memberikan literasi keuangan yang lebih tepat agar orang itu kalau investasi kripto itu benar. Jangan sampai ee investasi kripto bukannya untung malah buntung. Iya. Dan repotnya kalau di cripto ini karena volatility-nya tinggi ya ini maka apa namanya bisa kalau kaya kaya sekali kalau enggak bisa ya bisa rugi banyak sekali istilahnya kalau orang kripto itu cacing-cacing naga-naga. Iya cacing-cacing naga-naga itu kalau mau jadi naga sekalian mau jadi cacing sekalian. Betul. Nah, kita itu daripada dipusingkan dengan orang-orang seperti ini. Iya. Dan kita ini kan sebagai orang-orang yang usia 35 40 ke atas. Iya. daripada kita ini dikomporin sama yang enggak jelas-ngak jelas ini. Terus kemudian kemarin PPATK juga bikin hal-hal heboh kayak gini. Dan apalagi kemarin dipertegas Pak ee ee apa Pak Oskar juga kemarin jelas bicara di channel kita itu dia bilang bahwa dia tidak pegang uang fiat ya sedikitp karena dia sudah pegang aset digital sejak 2013. Wah, ini ilmunya harus kita pelajari. Iya, betul ya, Pak. Dan saat ini ee satu-satunya doktor, Pak. Oh, iya betul. yang mempelajari tentang blockchain dan jurusannya itu blockchain itu cuman Pakar di Indonesia satu-satunya sehingga ya secara betul-betul secara ilmu pun dia bisa dipertanggungjawabkan, enggak cuman asal ngomong gitu. Nah, apalagi saat ini ya ya di Indonesia ini kan simpang siur ya, Pak ya. Iya. Ee belum ada aturan yang jelas untuk orang ngomong itu yang benar gimana, yang membuat orang itu gimana. Iya. Nah, makanya OJK Iya. Kemarin kan mulai membuat aturan. Setuju. Nah, siapa-siapa saja yang ee bisa ngomong tentang keuangan, nah maka dia harus ahli, maka dia harus ekspert. Nah, kita pun juga mendatangkan orang yang ekspert, Pak. Makanya Pak Oscar ini karena kalau enggak pelatihan merdeka kita ambil semua orang kemudian salah kita yang salah, Pak. Jelas kalau kita ini orang lama, Pak. Ya, kita itu kan kalau pasti enggak saham. Iya. Emas, properti atau properti. Tiga macam itu putar-putar di situ. Terus iya. Iya. Memang gara-gara Pak Oscar kita jadi mikir nih sekarang. Iya. Perlukah kita nambah satu portofolio yang namanya cryptocurrency? Kripto saya sudah mengamati cripto sudah lama, Pak. Sejak tahun 2010. Tapi memang saya tidak ee istilahnya tidak cip in secara persentase gede di sana. Saya hanya ngikutin aja gitu. Karena kalau tanyain orang ee saya kan ee sering sharing tentang finansial. Kemudian tanyain kripto enggak ngerti kan ya gak nak enak juga ya. Makanya saya masuk untuk belajar. Gini kalau Anda ragu-ragu he saya rasa mungkin enggak ada salahnya kita ikut kelas akhir bulan ini supaya kita itu bisa mempertimbangkan bukan apa kata anak kita, bukan kata anaknya teman, bukan kata temannya anak gitu ya kan ya. Jadi atau bukan kata teman-teman kita, tapi kita cari informasi sendiri Pak. Iya. Jangan dari influencer juga, Pak. Karena banyak yang kena dari influencer gitu loh. Jang in. Nah, dalam hal ini kalau di Cina, Pak, tadi nyambung yang saya tadi di Cina itu harus ada orang yang kompeten. Kalau enggak enggak boleh loh, Pak. Ngomong ngajar itu enggak boleh sembarangan. Ngajar enggak boleh sembarangan. Apalagi saya kaget, Pak. Pak Oscar tuh ngomong satu kalimat kemarin begini. Jadi, dia itu terakhir mengadakan workshop sejenis ini 2013, Pak. Iya. Nah, itu berarti 12 tahun yang lalu. 12 tahun yang lalu. Bahkan di video terakhir saya bilang, "Pak, bisa enggak diceritakan 12 tahun yang lalu?" yang mana waktu itu kripto masih dianggap scam ya. Bapak juga dimusuhin orang banyak. Tapi Bapak begitu yakin ya melihat kripto ini sebagai masa depan. Iya. Dan 12 tahun hari ini, Pak. Iya. Member Indodak sendiri aja sudah sampai jutaan gitu. Iya. Saya dengar katanya kemarin lebih dari 5 juta atau berapa gitu. Kalau korek me wrong ya mungkin itu bisa lebih gitu loh. Artinya ini kan dia punya visi yang luar biasa. Sampai kemarin kan saya kulik-kulik gitu. Betul, Pak Oskar. Tolong ajarkan kembali dong apa yang Bapak yakini di 2013. Iya. Seandainya waktu bisa diputar gitu kan. I betul. Betul. Jadi tonton teman-teman ee daripada kita FOMO kepada beli koin enggak jelas, mending FOMO ilmunya, Pak. Iya. Iya. Soalnya kalau kita di Bitcoin ini resikonya, Pak di samping uang itu kadang-kadang juga karena banyak orang yang gak paham, banyak penipuan-penipuan. Iya. I memakai kripto. Iya. Nah, ini hati-hati. Jadi, kita harus tahu mana yang kripto beneran, mana yang peneruan berlandaskan kripto i. Terus kemudian hati-hati dengan cara menyimpan kripto, Pak. Kalau kita enggak ngerti cara nyimpannya itu juga bisa kena hack, bisa apa namanya, password-nya lupa hilang juga, Pak. Nah, ini ee sesuatu hal pembelajaran buat setuju ee orang-orang yang awam itu resikonya sangat besar. Makanya lebih baik harus belajar dulu gitu. Mungkin bagi orang yang ragu-ragu i tapi pengin berburu ilmunya. Saya Canda Putonegara dan Pak Toni di channel Success Wivoterti hari ini sangat merekomendasikan untuk belajar dari ilmu yang benar. Iya. Supaya kita enggak apa katanya gitu, Pak ya. Nah, saya rasa mungkin enggak ada salahnya kita investasi di ilmu, Pak. I kalau investasi di ilmu enggak ada ruginya sih, Pak. Betul. Nah, karena itu pasti untuk ke depan akan terpakai oleh kita. Iya. Baik, Pak Toni. Terima kasih atas kehadirannya hari ini. Sama-sama sharing-sharingnya dan sharing singkat kita ini. Sampai jumpa di workshop pelatihan merdeka akhir bulan bersama Pak Oscar Darmawan. I link deskripsi ada di bawah. I ee segera karena sampai video ini dibuat ee peserta sudah hampir terisi 50% ya. Jadi, oleh sebab itu ee sahabat SP30, bagi Anda yang ingin tahu informasi lebih jelas meskipun Anda tahu singkat, Anda sudah pernah coba-coba di kripto, tapi kan Anda belum pernah berguru langsung dengan gurunya di 2013 dan 2013 itu menghasilkan banyak trader-trader kripto yang hebat, pemain-pemain kripto yang hebat. Jadi, apa ilmunya itu Anda harus belajar. Saya aja tertarik loh yang mau belajar. Terima kasih sahabat Y30. Kita tutup dengan salam hebat luar biasa. Sampai jumpa di puncak kemakmuran.
Resume
Categories