Transcript
EsJEaXteOFw • Harga Emas Rekor Tertinggi! Tanda Bahaya Krisis Ekonomi & Kenapa Bitcoin Jadi Pelarian Berikutnya
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/sb30official/.shards/text-0001.zst#text/1427_EsJEaXteOFw.txt
Kind: captions Language: id 500 juta kripto yang saya tahu sekarang sama 5 M saya taruh di BCA sekarang 2035 siapa yang lebih besar rasanya? Minimal Rp00 juta kalian jadi 10 miliar. Kalau memang betulan kaya kenapa kok enggak masuk ke FOP sih? Ya banyak yang sembunyi, Pak. Karena sebenarnya berbahaya, Pak. Orang tua yang bangga itu kan gini loh. Gua waktu meninggal gua ninggalin supermarket lima, hotel dua, perusahaan tiga, emas 30 kilo. Tapi jangan lupa satu hal, Pak. meninggalkan ilmu. Semua orang masih mengatakan kripto itu bohongan, kripto itu uang monopoli. Tapi beneran uang monopoli enggak sih? Berarti emas kalah dong. Jelaslah kalau saya milih emas saya enggak ada hari inilah duduk di sini enggak mungkin. Welcome to Success Before Tury Level Up Podcast. [Musik] Andi, welcome back ke channel Success B. He, saya lagi ngumpulin orang-orang gaptek ini dan memang ee kisah Andi inspiratif, Bang. Bahkan mungkin orang bertanya-tanya, mana mungkin anak seorang pedagang ikan di Singkawang yang dulu bayar kos 1,4 aja setengah mati susah payah. 1,1, Pak. 1,1 ya. Sori saya salah dengar. 1,1 di daerah mana itu? Kos-kosan di Kemanggisan, Pak. Jakarta Barat. Nah, anak-anak Kemanggisan coba komen ya. Saksi enggak ya? Itu Andi dulu nge-cos di situ. Ibu kosnya masih kenal enggak? Masih pasti kalau dia nonton dia ketawa lah karena suka nunggak uang kos ya. Tapi sekarang kos-kosannya mau dibeli pun bisa gitu ya. Ee dan yang saya enggak pernah lupakan Andi bicara soal bagaimana dalam satu malam itu Andik bekerja 5 tahun mengumpulkan 5 tahun income itu langsung ditebus dalam 1 malam. Iya. Itu benar-benar terjadi ya. H Andi, saya ini masih penasaran ini. Ini krypto ini kenapa kok kalau memang betulan kaya kenapa kok enggak masuk ke FOP sih? Ya banyak sembunyi, Pak. Kenapa sembunyi? Ini ini membuat saya ini jadi makanya skeptis ya. Kenapa sembunyi? Kalau lu hebat jadilah Prayo, Pangestu kek, Michael Budiartono kek, Laut Tukong kek, bayar risos kek. Kenapa kok dia sembunyi? L karena sebenarnya berbahaya, Pak. Nah, berbahayanya ini kenapa coba-coba? Ya, itu ancaman lah sebenarnya kalau di kripto itu kan bagaimana kita terlalu sering tampil ya, kita kaya meraya begitu ya. Itu kan bisa dikriminalisasi, Pak. Memancing ya. Iya, memancing karena itu be your own bank artinya kan uangnya ada di dirimu gitu bukan di bank. Kalau sekarang kamu kaya nih paper aset di bank, orang mau pergi rampok BCA gitu ya enggak dong ya kan? Ya kan? Heeh. Nah, kalau kita sebagai orang Kp kecuali lu anggota DPR itu aja kalau dia terlalu flexing bisa dibakar juga. Itu berarti kripto itu seperti kayak memancing. Iya. Kalau dia terlalu flexing. Ada satu istilah guys yang namanya will Bitcoin. WH itu ikan paus. He. Mereka itu memegang Bitcoin itu dari tahun 2010 2011. He. Yang katalah Bitcoin itu masih harganya R juta, 6 juta katanya. Iya. Pak Oscar kemarin itu Andi ada kenal berapa orang di Bali yang seperti itu? Enggak apa-apa, enggak usah sebut namanya. Mm lumayan. Lumayan apa? Beberapa ada beberapa ya beberapa itu lima orang ada enggak? Lebih. 10 ada. Minimal yang kayak ribuan biji ya lebih lah. Ribuan. Iya. Ribuan itu berarti katakanlah 1.000 ya. 1.000 berarti kalau sekarang 2M 2T ya. 2T I itu ada beberapa ya. Iya. Loh itu kan berarti konglomrat yang tak terlajak dong. Iya ya enggak apa-apa karena kan dia dari cas out pak. bentuknya digital semua dan dia hidup dari cash out dikit-dikit Rp10 juta gitu ditarik itu hak mereka dong enggak apa-apa dong benar enggak salah terus gini gini mereka enggak boleh flexing boleh aja tapi setiap orang kan memiliki karakter karakter memiliki background atau memiliki Andi ini kan bisa beli McLaren kek itu namanya iya kan Andi juga bisa beli hotel kek beli mall kek wah contoh namanya orang kan namanya kalau kita mindset nih kita menikmati kekayaan boleh dong iya Kalau Andi kenapa enggak? Karena kalau beli pun diam-diam aja, Pak. Gitu. Iya. Enggak sih. Berapa kita pergi foto gunting pita kita gitu ya kan? Dan ini pilihan. Iya. Enggak semua enggak semua hal yang kita lakukan di hidup tuh harus ditampilkan, Pak. Kadang-kadang itu sayaampak belajar dari Waleswes lah, Bitcoin segala macam. Senior-senior success before 30 banget. Iya. Senior-senior saya lah gitu. Bagaimana saya lumayan terinspirasi ya orang bisa punya Bitcoin misalkan 800 biji, 1000 biji dia ya kerjaannya surfing di Bali ya enjoy ya live a good life gitu gitu ya. Heeh. Karena mereka enggak perlu ngurusin kantor perlu ngurusin karyawan karena itu very rich. Kenapa cash liquid Pak is a liquid. Jadi bukan dalam bentuk aset atau liability ya. Itu itu yang menarik dari kripto yang dari dulu gua pengin adalah saya kaya berdasarkan cash liid, Pak. Saya tahu. Jadi kalau anytime kita butuh duit, kita cari dikit untuk kebutuhan hidup gitu ya. Iya. Bukan saya punya 10 cofe shop, tapi uang saya ada di mesinnya, Pak. Paham ya, Pak? Ya. Nah, itu saya enggak mau. Coba mungkin diperjelas apa maksudnya kepada penonton kita ilustrasi Andi tadi. Kalau saya paham, silakan diperjelas apa maksudnya cofe shop. Tapi, nah itu coba. Iya. Nah, jadi kalau misalnya kita bawa bisnis ya, Bapak, Ibu itu kalau misalkan kita invest ke dalam freezer, saya kebetulan ada FnB juga. Nah, itu ada freezer, ada mesin CFE ya, ada I meja, meja kursi, AC segala macam. Itu kan bentuknya uang yang kita spend, kita beliin sesuatu nih aset liability karena kalau misalkan dia belum BP, belum cuan making profit itu kan masih termasuk beban sebenarnya. Berarti itu bukan kekayaan yang sebenarnya. Iya. kekayaan sebenarnya adalah cash liquid yang kita mau ngapain pun ada, Pak, gitu. I saya mau iseng ah beli pors gitu. Nah, itu bisa gitu karena cash kamu sudah banyak. Yes. Nah, itu yang maksud saya. Saya merasa kekayaan sejati itu harusnya begitu. Yes. Nah, sekarang yang menjadi pertanyaan satu, berarti emas kalah dong emas ya? Ya, jelas, Pak. Jelaslah. Kalau saya milih emas, saya enggak ada hari inilah duduk di sini. Enggak mungkin. Properti kalah dong. Properti tergantung era apa lu masuknya. Kalau era sebelum dia bubling, kalau properti itu untung 10 kali lipat sih ee oke gitu. Tapi dio kok kayaknya yang pegang Bitcoin dari tahun 2011 ini kayaknya kalau sekarang bukan 10 kali lipat. Iya. Ketawa-ketawa udah itu udah ketawa. Iya. Dan ini yang saya bingung ini sekali lagi saya nih orang jadi gini nih ya. Ada dua macam orang. Hm. Yang pertama, saya seperti video saya tadi di awal, anak muda yang lagi bekerja saat ini. He. Saya mau R saya ini taruh di kripto, he. Tapi jangan sampai keliru. H. Terus saya yang kedua, saya orang kaya yang psikologisnya harus tetap mempertahankan kekayaannya, dong. Iya. Nah, kenapa saya harus mempertahankan kekayaan saya? Salah satunya saya tidak boleh menyepelekan kripto. Iya. Ini yang menjadi sebuah perdebatan yang enggak ada habisnya di kalangan orang tua sekarang. Heeh. Terus apakah Andi yakin bahwa saat ini yang begitu banyak orang yang mungkin katalah pegang saham BCA deh. Heeh. Ya. Atau pegang saham Bank Mandiri deh. Heeh. Kenapa hari ini saya tidak boleh ee untuk cuman taruh di Mandiri 5 M contohnya gitu? Kenapa kok saya harus sisihkan 500 juta aja? Iya. Only 10% kan dari your saham di ke kripto. Kalau 10 tahun dari sekarang, Andi tolong dijawab. 10 tahun dari sekarang 500 juta kripto yang saya tahu sekarang sama 5 M saya taruh di BCA sekarang tahun ini 2025. Andi yakin enggak 2035 siapa yang lebih besar aset? Minimal 500 juta kalian jadi 10 miliar. Andi berani garansi? Berani R00 juta jadi 10 M berarti 20 kali lipat. 20 iya 20x. Kamu lihat sekarang berapa 1 bitcoin berapa? 2 miliar. Heeh. 40 miliar Pak. Kita lihat aja nanti podcast ini. Itu dua kali halving lagi loh. Kalau kali ini klaim harganya Rp50.000 Rp200.000 Pak. Next cycle-nya Pak itu sudah mau nyentuh sejuta. Kalau satu kaying lagi satu kali lagi. Ini ini bikin saya enggak bisa tidur. Nah halving itu apa? Nah, itulah kita harus belajar, Pak. Karena haling days itu pasti ilmu hukumnya itu katanya 4 tahun sekali ya. Ada ccle kangka mundurnya gitu ya. Iya. Itu kita anggaplah turunin target deh. Iya. 500 jutanya aku anggap jadi 5 M dah. I cuma naik 10 kali deh. Iya. Di tahun 2035. Kalau saham itu sebenarnya bukan masalah di sahamnya, Pak. Iya. Tapi itu kan adalah uang kertas. Hm. Kadang pertumbuhannya itu menjadi bias, Pak. Kenapa bias? Karena uang kertas itu kan turun value-nya. Seolah-olah kalau 5 miliar kamu 10 tahun kemudian menjadi 7,5 M, itu disampa sudah hebat banget ya. Iya. Tapi ternyata value-nya juga turun 15 sampai 20% karena inflasi. Iya. Jadi sebenarnya aktual aktual daripada profit Anda itu berapa? I kan. Iya. I selain kita mencari safe heaven, kita harus cari yang bisa berkembang, Pak. Ini ini saya masih belum bisa terima nih sebagai orang tua ini. Kok seindah itu gitu loh. Oh indah. Kalau enggak indah. Kalau enggak indah saya enggak duduk di sini, Pak. Saya takutnya ini to good to be true ini. Ini bener enggak sih Andi ngomong? Ini sama seperti 8 tahun yang lalu saya bercerita ke teman-teman yang seusia ya sebaya. Ya itulah yang terjadi. Kenapa kamu yakin banget kok kamu terus cerita tentang kripto? Kamu halu ya? Kamu udah gila gila duit ya kamu ya? Gila duit pergi kerja, Bro. Bukan bukan bukan pergi beli kripto katanya. Iya iya. Nah sampailah hari ini, Pak. Oke sekarang kembali ke cerita. Oke saya terjawab sudah mengapa. Oke. Jadi Anda yang hari ini punya banyak portofolio saham, He. Kenapa Anda harus ikut ee kelas kami tanggal 1 sampai 2 November di SPL? He. SPL kelas yaitu saving. Iya kan? SPL itu apa sih? yaitu saving, kemudian profit and legacy. I kita akan belajar tentang alternatif saving. Iya. Dan kita akan bicara profit. Yes. Dan kita bicara legacy. Iya. Kenapa legasy ini penting? Karena Anda enggak mungkin kerja seumur hidup kalau enggak untuk anak Anda, kan? Iya. Kenapa? Ini salah satu legasi yang harus dipertimbangkan. Orang tua yang bangga itu kan gini loh, gua waktu meninggal gua ninggalin supermarket lima. Oh, iya. Hotel dua, perusahaan tiga, emas 30 kilo. Oh, harta semua, Teman-teman. Tapi jangan lupa satu hal, Pak. Meninggalkan ilmu. Iya, betul ya. Seperti saya, saya mungkin dapatnya ilmu, Pak. Saya tidak mungkin mendapatkan kapal ikan itu. Mana ada itu. Paling pisau potong ikan, Pak. Berarti nanti di SWL workshop ini kita akan belajar ilmunya, ya. Iya. Menurut saya itu sangat jauh lebih penting, Pak. Gini, gini. Saya ini yang penasaran gini, Andi, bisa enggak sih waktu diputar jadi 8 tahun yang lalu di mana waktu itu Andi juga masih kayak saya nih, masih skeptikal. He. Ah, skripto ini bohonganlah semua. Mana semua orang masih mengatakan kripto itu bohongan, kripto itu uang monopoli. Tapi benar uang monopoli enggak sih? Ya sebenarnya bagaimana perspektifnya aja, Pak. Bagaimana? Tergantung siapa yang lihat, tergantung POV apa yang kita ambil, sama tergantung kamu berjodoh dengan koin apa, Pak. Itu penting. Nah, berjodoh dengan koin apa itu nanti akan dibongkar enggak sih? Oh, ya pasti. Ini ada 5 sampai 10 prospek koin yang kalau 20 kali lipat itu gampang gitu loh. Ah, yang punya common sense lah. Akal sehat, Pak. Bukan gampang sih, lebih ke ada akal sehatnya, ada cara perhitungannya gitu loh. Iya. Karena gini, saya terus terang kenapa saya debat ini sama Andi? Kita cari duit tuh enggak gampang, Adi. Iya. Ya. Dan memfoya-foyakan itu jauh lebih mudah. Iya. Daripada kita earn. H. Nah, ini anak-anak muda dan orang-orang tua. Kenapa orang tua sepelit itu dan seskeptisal itu? Karena dia mengumpulkan kekayaannya sampai sekarang itu ya gak mudah gitu loh. Coba tulis di kolom komen Anda-Anda yang seusia kayak saya pokoknya 50 ke atas deh. Setuju kan? Enggak gampang. He. Rupiah demi rupiah, pundi demi pundi itu dikumpulkan. Makanya dia selalu nasihatin itu sama anak-anak muda. Tiba-tiba muncul seorang Andi yang mana Andi itu juga saya yakin pasti diajarin begitu sama orang tua. Jangan sembarangan buang duit. Iya. Harus hemat. Iya. Jadi orang itu harus sederhana. Value-vue seperti itu itu saya yakin Andik juga pasti dapatkan. He. Tapi tiba-tiba ada POV apa dunia baru apa yang mangkin orang tua ini enggak tahu. Makanya kita tahu Andi orang tuanya papanya masih penjual ikan kan. Masih sampai sekarang sampai hari ini kan. Bahkan gimana cara Andi sukses hari ini pun papanya masih enggak ngerti kan. Tidak tahu. Iya. Nah, saya yakin percaya banyak orang tua maupun anak muda mengalami masalah seperti Kak Andi. Iya. Di kamu bisa enggak seyakin apa keyakinanmu itu ditularkan semua di SPL workshop ini? Bisa, Pak. Maka kita mensimplify sebenarnya saya memberikan hal yang simpel dan itu bisa mengubah cara berpikir Bapak Ibu gitu. Itu penting banget karena saya semua ini berangkat dari pola pikir saya, Pak. Saya kan dulu ingin keluar dari kemiskinan. Setuju. Saya mencari hal yang cepat menambah kekayaan ya. Tapi apa sih kalau cuman finance kayaknya kurang kalau teknologi doang kayaknya susah. Saya kan bukan dari Silicon Valley ya. Bagaimana kalau ada instrumen yang menggabungkan duanya, Pak? Nah, itu dia yang saya cari berarti soalnya di workshop yang lalu kami sama Pak Oscar, kami thank you banget sama Pak Oskar ya. Makasih Pak Oscar membuka wasan kami orang-orang tua ini. Tapi satu yang enggak dibocorkan Pak Oscar. Pak Oscar selain Bitcoin token apa, Pak? Enggak pernah dibocorin. Enggak boleh kan ada aturan, Pak. Karena changer, ya. Iya. Nah, makanya saya undang Andi nih. Iya. Kalau saya kan sebagai seorang rakyat jelata. bebas berpendapat ya, Guys. Jadi, iya dong, di gini nih. Okelah gua anggaplah saya ini buang duitlah. Ya udahlah saya buang duit R10 juta, R juta, ngawur-ngawuran lah. Nanti ikutlah ee kasih kode dari Andi waktu di SPL workshop tuh kan enggak ada artinya juga kan. Artinya uang R juta enggak ada artinya. Tapi siapa tahu Heeh. 5 tahun dari sekarang, 10 tahun dari sekarang itu uang R10 juta itu enggak main-main loh ya itu ya. Iya betul di Andi berani super yakin. Saya sangat yakin Pak karena dunia kita itu 22 dekade ke depan akan sangat bagus liquidity flow ke crypto dan ini bukan masalah iya apa enggak tapi sudah kapan meledaknya gitu. Sekarang aja market cap sudah mau 5 triliun dolar gitu ya. Wah. So, kita akan kalau saya sebagai dulu 8 tahun yang lalu, Pak, saya follow the money. Jadi, saya melihat market apa yang sekarang lagi in banget dan liquidity semua lari ke situ, Pak. Pikiran saya sangat sederhana. Bagaimana jika saya join the game dan saya bisa mengambil kapitalisasi market dari sana hanya 0,01%, Pak, dari dunia. Wah, ngeri 5 triliun dolar. I will become very rich. Ya, ya, of course. Saya saya udah cukup itu. You jadi the next orang Singkawang. terkaya di Indonesia. May I Prajogo Pangestu ini ini Andi Andi dari Singkawang juga ini kan. Nah jadi betul kan beliau orang Singkawang kan? Eh iya saya dengar Pontiana Singkawang gitulah dari satu daerah lah Pak kalau saya saya enggak salah ke Bengkayang Pak. Cuma cuma iya Kalbar juga. Wah ini ngeri ini. Eh catat podcast ini ya. Makanya Bapak Ibu, saya tidak pernah ngundang sembarangan orang ke level up. Tapi kali ini saya benar-benar penasaran. Saya pribadi pun okelah ngomong kasarlah. Saya ikut SPL workshop lah. Di ini aku ada uang R juta nih. Misalkan level saya sudah ngawur-ngawuran lah. Saya siap hilang uang R juta lah. Taruhlah di token apa saya password-nya lupa sudah saya taruh di apa yang 12 tadi itu kode itu sudah gua lihat 5 tahun lagi. He. Anggap kayak saya beli sertifikat tanah gitu. Hm. Andi super yakin bahwa sertifikat tanah yang saya ngawur itu enggak ada apa-apanya kenaikannya dibanding saya nanti ikut workshop itu. I R juta. Enggak ada apa-apanya kenaikannya. Ya. Ini benar-benar membuat saya enggak bisa tidur di podcast kali ini. Masih ada kesempatan soalnya. Kecuali Pak Pertanyaan ini tanya kepada saya di tahun 2045. He mungkin jawabannya akan berbeda, Pak. Jadi kita masih punya 20 tahun ini. Iya. Kalau dari perhitungan saya, Pak, punya kesempatan kan dunia itu tuh lagi ke situ, gitu. Ini editor saya di belakang ini dari tadi kepalanya panas nih. Editor saya pun bisa jadi miliarder ini. Oh, semua bisa, Pak, di crypto. Wow. Semua punya kesempatan? Iya, iya. Semua punya kesempatan. 20 tahun ya. Pas Iya. Yang pasti apa, Pak? Mau belajar itu dulu. Kita enggak usah ngomongin duit deh. Oke deh. Tanggal 1 dan 2 November saya juga penasaran. Saya pun mau belajar sama seorang Andi. Saya ajak semua fans sahabat SP30 untuk kita join di kelas ini. Karena datangkan Pak Andi ini juga ee untuk ikut kelas pun workshop seperti ini nih sangat limited. Sampai hari ini sudah terdaftar hampir 50% H ya peserta. Kita masih ada 3 minggu sejak video ini ditayangkan. Cepat daftar sekarang juga ee karena saya penasaran karena success before kita punya prinsip sukses di atas suksesnya orang lain. Iya. Saya enggak mau Canda Putra sukses sendiri. Saya mau Canda Putaregara sukses di antara suksesnya para sahabat SW30. Kita buktikan teorinya Andi. Sampai 2045 20 tahun kita tidak boleh ketinggalan tentang the next wave yang mengerikan ini. Iya. Oke, Andi, kita tutup. Sampai jumpa di podcast terakhir kita sebelum SPL workshop. Kita tutup dan jangan lupa daftar sekarang juga karena tempat sangat terdaftar dan terbatas. Dan ini bukan online, ini offline. Jadi Anda bisa bertatap muka langsung, he bersama experience langsung. Betul enggak? Ini the next wave. Sampai jumpa di tanggal 1 dan 2 November 2025 di SPL Workshop. Salam hebat luar biasa. [Musik]