Sisi Gelap Ojol & Kuburan Taksi: Mimpi Buruk di Balik Kemudahan Kita
_UcTqKeU-QQ • 2025-12-28
Transcript preview
Open
Kind: captions
Language: id
Pernahkah kalian bertanya-tanya ke mana
hilangnya semua taksi yang dulu memenuhi
jalanan Jakarta? Taksi-taksi yang dulu
jadi simbol kota ini yang dulu kita
lihat di setiap sudut jalan dari
Sudirman sampai Tanjung Priuk? Halo
semuanya, selamat datang kembali di
channel Jendela Dunia. Jangan lupa tekan
tombol subscribe dan nyalakan
loncengnya. Mari kita buka jendela
wawasan kita hari ini. Hari ini gua mau
ngajak kalian untuk menelusuri sebuah
cerita yang mungkin tidak pernah kalian
dengar. Sebuah cerita tentang
kehancuran. tentang impian yang hancur
dan tentang ribuan orang yang terjebak
dalam sistem yang mereka sendiri tidak
pernah benar-benar pahami. Kalau kalian
pernah ke pinggiran Jakarta, tepatnya di
daerah Cibitung atau Karawang, kalian
akan menemukan pemandangan yang sungguh
mengerikan. Bayangkan ribuan taksi,
mungkin 5.000, 10.000 atau bahkan lebih
terparkir berjajar dalam area yang
luasnya mungkin setara dengan 10
lapangan bola. Mobil-mobil itu bukan
diparkir dengan rapi. Mereka ditumpuk,
dijejalkan seperti sampah elektronik
raksasa. Cat mereka yang dulu mengkilap
kini memudar, bahan-ban kempes,
kaca-kaca pecah, dan yang paling
menyakitkan adalah lambang perusahaan
yang masih terlihat samar di body yang
berkarat. Ini bukan sekedar tempat
parkir, ini adalah kuburan. Kuburan
taksi. Dan setiap mobil di sana punya
cerita. Setiap mobil di sana dulunya
adalah alat pencari nafkah seseorang.
Dulunya adalah harapan sebuah keluarga.
Dulunya adalah impian seorang ayah yang
ingin menyekolahkan anaknya. Tapi hari
ini, hari ini mereka hanya rongsokan
yang berkarat di bawah terik matahari
Indonesia. Dan pertanyaannya adalah
bagaimana ini bisa terjadi? Bagaimana
sebuah industri yang begitu besar,
begitu mapan bisa runtuh dalam waktu
yang begitu singkat? Jawabannya bukan
sekedar tentang teknologi, bukan sekedar
tentang Gojek atau Grab. Ini adalah
cerita yang jauh lebih kompleks, jauh
lebih gelap, dan jauh lebih menyakitkan
dari yang kalian bayangkan. Ini adalah
cerita tentang bagaimana mimpi berubah
menjadi mimpi buruk, tentang bagaimana
kata mitra berubah menjadi kata yang
paling ironis dalam bahasa Indonesia
modern dan tentang bagaimana ribuan
orang Indonesia terjebak dalam sebuah
sistem yang menguras mereka hingga titik
darah penghabisan. Jadi siapkan diri
kalian karena apa yang akan gua
ceritakan mungkin akan mengubah cara
kalian melihat setiap kali naik Gojek
atau Grab. Sekarang mari kita mundur ke
tahun 2015. Tahun yang magis. Tahun yang
penuh harapan. Tahun di mana semua orang
tiba-tiba ingin jadi driver ojek online.
Gue masih ingat betul suasana waktu itu.
Gojek baru saja mulai ekspansi
besar-besaran. Grab masih bernama Grab
Taxi dan baru mulai masuk ke Indonesia.
Dan yang paling penting mereka membawa
sesuatu yang belum pernah ada
sebelumnya. Uang banyak uang. uang
investor yang sepertinya tidak ada
habisnya waktu itu. Jadi, driver itu
seperti menemukan tambang emas. Gua
punya teman namanya Pak Budi. Dulu dia
kerja sebagai security di mall dengan
gaji R juta per bulan. Terus dia dengar
cerita dari tetangganya yang jadi driver
Gojek, dalam sehari bisa dapat R1 juta.
1 hari. Kalian bisa bayangin kan gimana
reaksinya. Dalam seminggu Pak Budi
resign dari kerjaannya. Dia pinjam motor
ke sepupunya, download aplikasi Gojek,
dan boom dia jadi driver. Dan yang lebih
gila lagi, cerita tetangganya itu benar.
Dalam bulan pertama Pak Budi bawa pulang
R juta. R juta dia yang dulu cuma dapat
R3 juta sebulan. Kalian pikir Pak Budi
kasus unik tidak? Ini terjadi di
mana-mana. Di setiap kampung, di setiap
komplek, di setiap sudut Jakarta ada
orang yang tiba-tiba berhenti kerja
kantoran dan jadi driver. Bahkan ada
cerita tentang manajer bank yang resign
untuk jadi driver. Manajer bank loh,
orang yang gajinya belasan juta rela
berhenti karena dengar bisa dapat lebih
banyak jadi driver. Kenapa ini bisa
terjadi? Karena perang. Perang antara
Gojek dan Grab. Dan dalam perang ini,
senjata mereka adalah bonus. Bonus yang
gila-gilaan. Bonus yang membuat orang
lupa logika. Sistem bonusnya waktu itu
sederhana tapi menggila. Misalnya kalau
kalian selesaikan 10 trip dalam sehari,
kalian dapat bonus Rp50.000. Kalau 20
trip dapat Rp100.000. Kalau 30 trip
dapat Rp200.000.
Dan ini bonus loh, belum termasuk
pendapatan dari tripnya sendiri. Lebih
gila lagi, mereka kasih subsidi untuk
penumpang juga. Penumpang bisa naik ojek
cuma bayar Rp5.000 untuk jarak yang
harusnya Rp20.000. Siapa yang rugi?
Perusahaan. Mereka yang bayar
selisihnya. Mereka bakar uang investor
untuk menarik penumpang dan driver
sebanyak mungkin. Dan strateginya
berhasil. Dalam waktu 2 tahun jalanan
Jakarta berubah total. Tiba-tiba di
setiap lampu merah kalian lihat puluhan
driver ojol dengan jaket hijau atau
merah. Mereka seperti semut ada di
mana-mana. Tapi yang paling tragis
adalah apa yang terjadi pada industri
taksi konvensional. Mereka tidak siap.
Mereka tidak paham apa yang sedang
terjadi. Mereka pikir ini cuma tren
sesaat. Mereka salah, sangat salah.
Perusahaan taksi seperti Express Costi
Ratx yang dulu jaya di tahun 90-an dan
2000-an awal tiba-tiba kehilangan
penumpang. Drastis dalam setahun
pendapatan mereka bisa turun 50%. Dalam
2 tahun beberapa sudah mulai gulung
tikar. Kenapa? Karena mereka tidak mau
berubah. Mereka masih pakai sistem lama.
Masih harus telepon untuk pesan taksi.
Masih harus nunggu taksi datang. Yang
kadang datang kadang tidak. Dan yang
paling menyebalkan, drivernya masih suka
milih-milih penumpang. Masih suka nolak
kalau macet. Masih suka muter-muter
jalan biar Argo naik. Bandingkan dengan
ojol yang tinggal klik di aplikasi,
langsung tahu harganya, langsung tahu
drivernya siapa, dan kalau ada masalah
tinggal komplain di aplikasi. Mana ada
orang yang mau balik ke sistem lama.
Jadi dalam periode 2015 sampai 2018 ini
adalah zaman keemasan untuk driver. Ini
adalah masa di mana jadi driver
benar-benar bisa mengubah hidup. Gua
dengar cerita tentang driver yang bisa
beli rumah cash dalam setahun. Driver
yang bisa sekolahin anaknya ke sekolah
internasional. Driver yang bisa naik
haji cuman dari ngojek. Tapi seperti
semua hal yang terlalu indah untuk jadi
kenyataan, keemasan ini tidak bertahan
lama. Sekarang kita masuk ke bagian yang
lebih gelap. Bagian di mana mimpi mulai
berubah jadi mimpi buruk. Kalian tahu
kata mitra partner dalam bahasa
Indonesia? Kata ini jadi kata yang
paling sering dipakai oleh Gojek dan
Grab untuk menyebut driver mereka. Mitra
driver. Kedengarannya bagus kan?
Kedengarannya seperti kalian adalah
partner bisnis yang setara. Seperti
kalian dan perusahaan adalah tim. Tapi
realitasnya, realitasnya adalah kata
mitra adalah salah satu kata yang paling
manipulatif dalam sejarah ekonomi
Indonesia modern. Kenapa gue bilang
begitu? Karena dengan menyebut driver
sebagai mitra, bukan karyawan,
perusahaan bisa lepas tangan dari
tanggung jawab yang seharusnya mereka
punya. Tidak ada BPJS kesehatan dari
perusahaan, tidak ada BPJS
ketenagakerjaan, tidak ada cuti sakit,
tidak ada cuti tahunan. Tidak ada
tunjangan hari raya, tidak ada pesangon
kalau di PHK. Bahkan tidak ada jaminan
kalau besok kalian masih bisa login ke
aplikasi. Kenapa? Karena kalian bukan
karyawan, kalian adalah mitra, kalian
adalah pengusaha independen, kalian
adalah bos bagi diri sendiri. Terdengar
empowering kan? Terdengar seperti kalian
punya kontrol penuh atas hidup kalian.
Bullshit. Maaf bahasa gue kasar, tapi
ini memang bullshit karena kenyataannya
kalian tidak punya kontrol apa-apa.
Harga trip ditentuin aplikasi, bonus
ditentuin aplikasi. Siapa yang dapat
orderan? Ditentuin algoritma yang kalian
tidak tahu cara kerjanya. Kalau kalian
disuspen karena rating turun atau karena
ada komplain yang bahkan mungkin tidak
adil, ya sudah kalian kehilangan sumber
penghasilan dan tidak ada yang bisa
kalian lakukan. Jadi sebenarnya kalian
ini bukan mitra. Kalian adalah karyawan
tanpa hak-hak karyawan. Kalian adalah
pekerja yang menanggung semua risiko
tapi tidak dapat perlindungan apa-apa.
Dan yang membuat ini semakin tragis
adalah kebanyakan driver tidak sadar
dengan ini sampai sudah terlambat. Gua
mau cerita tentang Pak Budi lagi. Ingat
Pak Budi yang gua ceritain tadi yang
resign dari kerjaannya sebagai security
untuk jadi driver. Nah, di tahun 2016
Pak Budi sudah jadi driver top. Dia bisa
dapat 30 sampai 40 juta per bulan. Dia
merasa seperti raja. Dia pikir ini
adalah masa depan gue. Ini adalah jalan
gua untuk sukses. Jadi apa yang dia
lakukan? Dia ambil keputusan yang waktu
itu terlihat sangat masuk akal. Dia beli
mobil bukan mobil mewah, cuma Toyota
Avanza bekas tahun 2013. Harga waktu itu
sekitar 150 juta. Dia tidak punya uang
cash sebanyak itu. Jadi dia ambil kredit
dari bank DP R30 juta yang dia kumpulin
dari nabung hasil ngojek selama setahun.
Cicilan per bulan R5 juta, tenor 5 tahun
di atas kertas. Ini masuk akal. Kalau
dia bisa dapat R juta per bulan dari
ngojek motor dengan mobil dia bisa dapat
lebih banyak lagi kan paling tidak Rp50
juta. Jadi cicilan R juta per bulan
gampanglah. Dan memang di tahun pertama
semuanya berjalan lancar. Dengan mobil
Pak Budi bisa ambil Grab Car dan Gojek
Car. Pendapatannya naik jadi 45 sampai
Rp juta per bulan. Dia bisa bayar
cicilan dengan mudah. Dia bahkan bisa
renovasi rumah, bisa kasih uang lebih
banyak ke orang tua, bisa jalan-jalan ke
Bali sama keluarga. Pak Budi merasa dia
sudah berhasil. Dia merasa dia sudah
naik kelas. Dari driver ojek motor jadi
driver mobil. Dari kelas bawah jadi
kelas menengah. Tapi kemudian
pelan-pelan semuanya mulai berubah. Di
tahun 2017 bonus mulai dikurangi. Yang
tadinya Rp200.000 R per hari jadi
Rp150.000
terus jadi Rp100.000 terus jadi Rp50.000
terus kadang tidak ada sama sekali.
Kenapa? Karena perangnya sudah selesai.
Gojek dan Grab sudah menang. Mereka
sudah bunuh semua kompetitor. Uber sudah
keluar dari Indonesia. Taksi
konvensional sudah sekarat. Jadi mereka
tidak perlu bakar uang lagi. Mereka
mulai fokus ke profitabilitas dan cara
mereka jadi profitable dengan memeras
driver lebih keras. Komisi yang mereka
ambil dari setiap trip mulai naik. Dulu
20% jadi 25% terus jadi 30%. Sekarang
ada yang sampai 35% bahkan 40% untuk
beberapa jenis layanan. Bayangkan kalian
kerja tapi 40% dari uang yang kalian
hasilkan diambil sama perusahaan dan
kalian tidak bisa protes. Kalau kalian
protes, ya sudah kalian disuspen dan ada
ribuan driver lain yang siap
menggantikan kalian. Jadi pendapatan Pak
Budi mulai turun dari R juta jadi R0
juta terus jadi 35 juta terus jadi R30
juta. Dan masalahnya cicilan mobilnya
tidak turun tetap R juta per bulan.
Bensin tidak jadi lebih murah, biaya
servis mobil tidak berkurang, kebutuhan
keluarga tidak jadi lebih sedikit, tapi
pendapatan terus turun. Jadi Pak Budi e
mulai harus kerja lebih lama. Dulu dia
kerja 10 jam per hari, sekarang jadi 12
jam, terus jadi 14 jam, terus jadi 16
jam. Dia bangun jam .00 pagi, berangkat
jam .00, pulang jam 10. malam, makan di
mobil, salat, kadang di mobil, kadang di
masjid terdekat kalau lagi ada waktu.
ketemu keluarga cuma weekend. Itu pun
kalau tidak lembur. Dan yang paling
menyakitkan, dia mulai sadar dia bukan
lagi kerja untuk hidup, dia kerja untuk
bayar cicilan, dia kerja untuk bayar
bank. Dia jadi budak dari cicilan
mobilnya sendiri. Dan Pak Budi bukan
sendirian. Ada puluhan ribu bahkan
ratusan ribu driver lain yang nasibnya
sama. Mereka semua terjebak dalam apa
yang orang Indonesia sebut jerat
cicilan. Ini adalah tragedi yang tidak
terlihat. Tragedi yang terjadi diam-diam
di balik layar aplikasi yang keren dan
interface yang smooth. Setiap kali
kalian order Grab Car atau Gojek Car,
driver yang datang mungkin sedang
struggling dengan cicilan yang membuat
mereka tidak bisa tidur malam. Mereka
mungkin sudah tidak ingat kapan terakhir
kali mereka bisa liburan. Mereka mungkin
sudah bertahun-tahun tidak pulang
kampung karena tidak ada uang dan tidak
ada waktu. Dan perusahaan perusahaan
tidak peduli karena driver adalah mitra
bukan karyawan. Masalah cicilan kalian
itu masalah kalian. Masalah kalian tidak
bisa bayar cicilan itu masalah kalian
dan bank. Bukan masalah perusahaan. Ini
adalah sisi gelap dari gig ekonomi yang
tidak pernah diceritakan dalam
presentasi startup yang keren dan pitch
deck yang mengkilap. Sekarang gua mau
cerita tentang musuh terbesar dari
setiap driver di Indonesia. Bukan
algoritma. Bukan komisi tinggi, bukan
rating buruk, tapi sesuatu yang sangat
simpel, sangat Indonesia dan sangat
menjengkelkan, macet atau dalam bahasa
driver macet total. Kalian yang tinggal
di Jakarta, Surabaya, atau kota besar
lainnya di Indonesia pasti paham betapa
parahnya macet. Tapi kalian mungkin
tidak paham betapa devastatingnya macet
untuk driver ojol, terutama driver
mobil. Gue jelasin kenapa untuk
penumpang macet itu cuma inconvenience.
Kalian telat dikit, kesal dikit, tapi ya
sudah. Kalian tetap bayar harga yang
sama yang sudah kalian lihat di aplikasi
sebelum order. Tapi untuk driver, macet
adalah bencana finansial. Kenapa? Karena
sistem pricing sekarang adalah fixed
price. Artinya sebelum kalian order
harga sudah fix dari Kuningan ke Senaian
harga Rp35.000.
Ee ya Rp35.000.
Tidak peduli perjalanan itu makan waktu
20 menit atau 2 jam. Sekarang bandingkan
dengan taksi konvensional seperti
Bluebird. Mereka pakai Argo. Kalau
macet, Argo tetap jalan. Ada yang
namanya biaya tunggu. Jadi kalau macet,
driver taksi konvensional tetap dapat
uang karena Argo tetap naik meskipun
mobil tidak bergerak. Tapi driver ojol
tidak ada biaya tunggu, tidak ada
tambahan kalau macet. Fixed price ya
fixed price. Jadi bayangkan situasi ini.
Pak Budi dapat order dari Kuningan ke
Senayan, harga Rp35.000.
Kalau lancar perjalanan ini harusnya 20
menit. Bensin mungkin habis Rp5.000.
Komisi ke aplikasi 30% berarti Rp10.500.
Jadi pendapatan bersih Pak Budi adalah
sekitar Rp20.000
untuk 20 menit kerja. Okelah lumayan.
Tapi hari itu pas Pak Budi jemput
penumpang, tiba-tiba ada demo buruh di
Sudirman atau ada VIP visit atau ada
kecelakaan atau ada hujan deres atau
semua hal terjadi bersamaan karena ini
Jakarta dan anything can happen. Jadi
perjalanan yang harusnya 20 menit. Jadi
2 jam. 2 jam Pak Budi duduk di mobil. AC
nyala karena penumpang panas. Macet
tidak bergerak sama sekali dan dia tahu
bahwa dia sedang rugi. Bensin habis
lebih banyak karena AC nyala terus.
Waktu terbuang padahal waktu adalah uang
untuk driver. Dan yang paling
menyakitkan, harga tetap Rp35.000.
Jadi untuk 2 jam kerja itu ee Pak Budi
mungkin cuma dapat bersih Rp10.000.
atau bahkan rugi kalau bensin yang habis
lebih banyak dari expected dan dia tidak
bisa komplain, dia tidak bisa minta
tambahan bayaran ke penumpang. Dia tidak
bisa cancel karena kalau dia cancel
ratingnya turun dan dia bisa disuspend.
Jadi dia cuma bisa duduk di sana dalam
macet sambil melihat meteran bensin
turun dan waktu berlalu dan
pendapatannya menguap. Ini adalah
torture mental yang luar biasa dan ini
terjadi setiap hari di Jakarta. Macet
bukan exception. Macet adalah default.
Jadi, setiap hari driver harus gambling
apakah trip ini akan menguntungkan atau
akan bikin rugi. Dan mereka tidak punya
kontrol atas ini. Mereka cuma bisa
pasrah dan berharap jalan lancar. Tapi
ada yang lebih menyakitkan lagi,
kompetisi dari ojek motor. Kalian lihat
di Indonesia, kita punya sesuatu yang
unik dibanding negara lain. Ojek atau
ojol. Di Korea, di Jepang, di
negara-negara barat tidak ada ojek
motor. Kalau mau transport cepat ya naik
taksi atau mobil pribadi. Tapi di
Indonesia kita punya ojek motor dan ini
game changer. Kenapa? Karena motor bisa
belok-belok, motor bisa masuk gang,
motor bisa nyelonong di antara
mobil-mobil yang lagi macet. Motor bisa
sampai tujuan 10 kali lebih cepat dari
mobil kalau lagi macet total. Dan yang
paling penting, motor lebih murah. Untuk
perjalanan yang sama naik ojek mungkin
cuma Rp10.000 RIB atau Rp15.000,
sedangkan mobil R30.000 atau lebih. Jadi
apa yang terjadi? Penumpang pelan-pelan
mulai beralih dari Gojek Car ke Gojek
Bike, dari Grab Car ke Grab Bike.
Kenapa? Karena lebih cepat dan lebih
murah. Kenapa harus buang waktu 2 jam
dalam macet kalau bisa sampai dalam 20
menit naik motor? Dan ini adalah ironi
yang paling menyakitkan. Driver mobil
kehilangan customer bukan karena
customer berhenti pakai ojol, tapi
karena customer pindah ke driver motor.
Jadi mereka kalah bersaing dengan sesama
driver. Mereka kalah sama rekan mereka
sendiri. Pak Budi yang sudah keluar uang
Rp150 juta untuk beli mobil yang bayar
cicilan R5 juta per bulan, sekarang
harus bersaing dengan driver motor yang
cuma keluar uang Rp20 juta untuk beli
motor bekas dan cicilan cuma R1 juta per
bulan. Dan dalam macet Jakarta, motor
menang selalu. Jadi, pendapatan driver
mobil terus turun. Sementara beban tetap
sama, cicilan tetap harus dibayar,
keluarga tetap harus makan, hidup harus
jalan terus. Dan pelan-pelan Pak Budi
dan ribuan driver lain mulai sadar.
Mereka terjebak. Mereka tidak bisa
berhenti karena masih ada cicilan.
Mereka tidak bisa jual mobil karena
harga jual mobil bekas sekarang sudah
turun drastis. Tidak cukup untuk bayar
sisa cicilan. Mereka tidak bisa balik ke
kerja kantoran karena sudah terlalu lama
keluar dari workforce dan umur sudah
tidak muda lagi. Jadi, mereka cuma bisa
terus lari di tradah
bagaimana situasi akan membaik. Eh,
spoiler alert situasi tidak membaik.
Sekarang kita sampai ke bagian yang
mungkin paling penting, survival of the
fitus atau dalam bahasa Indonesia yang
kuat bertahan, yang lemah mati. Kalian
ingat gue cerita tentang kuburan taksi
di awal tadi? Ribuan taksi yang
terparkir dan berkarat. Kebanyakan dari
taksi itu bukan dari perusahaan besar
seperti Bluebird. Kebanyakan dari taksi
itu adalah dari perusahaan-perusahaan
lama yang sekarang sudah mati. Expres
costi, Ratx, dan puluhan brand lain yang
mungkin sudah kalian lupa. Pertanyaannya
adalah kenapa mereka mati tapi Bluebird
masih hidup? Kenapa Bluebird bisa
survive sementara yang lain bangkrut?
Jawabannya simpel tapi profound. Trust
kepercayaan. Gua jelasin di tahun 90-an
dan 2000-an awal, naik taksi di Jakarta
itu adalah pengalaman yang penuh stres.
Kalian tidak tahu apakah driver akan
pakai Argo atau tidak. Kalian tidak tahu
apakah mereka akan muter-muter jalan
untuk naikin Argo. Kalian tidak tahu
apakah mereka akan nolak kalau kalian
mau ke tempat yang jauh. Kalian tidak
tahu apakah mobilnya bersih atau bau.
Kalian bahkan tidak tahu apakah kalian
akan selamat sampai tujuan. Ini bukan
lebay. Ada banyak cerita tentang taksi
yang ngatain penumpang, yang ngusir
penumpang, bahkan yang mencuri atau
merampok penumpang. Tapi BlueBird
berbeda. Dari awal Bluebird punya
reputasi sebagai taksi yang jujur,
bersih, dan aman. Driver Bluebird
terlatih. Mereka sopan. Mereka tidak
milih-milih penumpang. Mereka pakai Argo
dengan jujur. Mobil mereka terawat,
AC-nya dingin, kursinya bersih. Dan yang
paling penting kalau ada masalah kalian
bisa komplain dan perusahaan akan take
action. Ada nomor komplain yang beneran
direspons. Ada sistem penalti untuk
driver yang berbuat salah. Jadi
pelan-pelan Bluebird jadi default choice
untuk siapa saja yang mau naik taksi
dengan aman dan nyaman. Ya, mereka lebih
mahal dikit dari taksi lain, tapi eh
people were willing to pay premium untuk
peace of mind. Ini adalah trust yang
dibangun selama puluhan tahun dan trust
ini adalah aset yang paling valuable
dari Bluebird. Sekarang fast forward ke
era Ojol. Ketika Gojek dan Grab muncul,
semua orang pikir Bluebird akan mati
seperti taksi lain. Tapi Bluebird mati.
Kenapa? Karena mereka beradaptasi. Dan
mereka beradaptasi dengan cara yang
sangat smart. Pertama, mereka tidak
melawan teknologi. Mereka embrace it.
Mereka bikin aplikasi sendiri My
Bluebird di mana kalian bisa order
Bluebird langsung dari smartphone. User
experience-nya bagus, response time-nya
cepat, dan yang paling penting kalian
tetap dapat pengalaman Bluebird yang
sudah kalian kenal. Driver yang
profesional, mobil yang bersih,
perjalanan yang aman. kedua dan ini
adalah master stroke. Mereka bersedia
bekerja sama dengan musuh. Gojek pada
satu titik realize bahwa mereka butuh
lebih banyak mobil untuk Gojek. Tapi
tidak semua driver mereka reliable. Jadi
apa yang mereka lakukan? Mereka
partnership dengan Bluebird. Sekarang
kalian bisa order Bluebird melalui
aplikasi Gojek. Ini adalah win-win.
Gojek dapat akses ke armada Bluebird
yang reliable. Bluebird dapat akses ke
customer base Gojek yang massive. Dan
customer dapat opsi untuk memilih mau
Gojek biasa yang lebih murah atau mau
Bluebird yang lebih mahal tapi lebih
terjamin. Dan banyak orang yang memilih
Bluebird, terutama penumpang wanita,
penumpang yang bawa anak, atau penumpang
yang mau ke airport dengan koper banyak.
Mereka rela bayar lebih untuk rasa aman.
Jadi sementara perusahaan taksi lain
mati satu persatu, Bluebird justru
berkembang. Mereka tidak sebesar dulu.
Iya, mereka harus downsize. Iya, tapi
mereka survive. Dan dalam era disruption
seperti ini, survive adalah winning. Apa
lessons learn dari cerita Blueber?
Lesson pertama, teknologi adalah
necessary tapi not sufficient. Kalian
bisa punya aplikasi paling canggih, tapi
kalau servis kalian jelek, people will
leave. Gojek dan Grab menang karena
mereka combine teknologi dengan servis
yang lebih baik dari taksi konvensional.
Lesson kedua, Trust takes years to build
but seconds to destroy. Perusahaan taksi
lain yang punya reputasi buruk di masa
lalu tidak bisa recover ketika kompetisi
datang. Customer langsung lari. Tapi
Bluebird yang sudah membangun trust
selama puluhan tahun, customer mereka
tetap loyal meskipun ada opsi yang lebih
murah. Lesson ketiga, adaptasi atau
mati. Perusahaan taksi yang tidak mau
berubah, yang masih pakai sistem lama,
yang masih arogan, mereka semua mati.
Tapi Bluebird yang mau belajar, mau
berubah, mau bekerja sama dengan musuh,
mereka survive. Dan ini applicable untuk
semua industri, tidak cuma taksi. Dalam
era disrupsi, yang survive bukan yang
paling kuat, bukan yang paling besar,
tapi yang paling adaptable. Tapi di
balik cerita sukses Bluebird, ada cerita
sedih tentang ribuan driver dari
perusahaan lain yang kehilangan
pekerjaan. Mereka yang sudah puluhan
tahun jadi driver taksi tiba-tiba
menganggur. Perusahaan mereka bangkrut.
Taksi-taksi dijual atau dibiarkan
berkarat dan mereka harus cari pekerjaan
baru di usia yang sudah tidak muda lagi.
Sebagian dari mereka beralih jadi driver
ojol. Tapi ini adalah transisi yang
sangat sulit seperti yang akan gua
ceritakan sekarang. Gue mau kalian
membayangkan seseorang, sebut saja Pak
Joko. Pak Joko sekarang berusia 55
tahun. Dia sudah jadi driver taksi
Express. selama 25 tahun. Dari umur 30
sampai 55 tahun setiap hari dia bangun
pagi, ambil taksi dari pool dan keliling
Jakarta cari penumpang. Dia sudah hafal
setiap jalan di Jakarta. Dari Blok M
sampai Kelapa Gading. Dari Tangerang
sampai Bekasi tidak ada jalan yang tidak
dia kenal. Dia sudah tahu jalan mana
yang macet jam berapa, jalan tikus mana
yang bisa dipakai untuk shortcut, mana
tempat strategis untuk ngetem nunggu
penumpang. Pak Joko adalah master, dia
adalah veteran, dia adalah profesional.
Tapi kemudian ekpres bangkrut. Di tahun
2018, perusahaan tidak bisa bayar gaji.
Taksi-taksi mulai dijual. Pak Joko dan
ratusan driver lain di PHK tanpa
pesangon yang layak. Di usia 55 tahun,
Pak Joko tiba-tiba jadi pengangguran.
Dia coba cari kerja. Tapi siapa yang mau
hire driver taksi usia 55 tahun? Dia
coba lamar jadi driver di
perusahaan-perusahaan, tapi kebanyakan
mereka cari yang lebih mudah. Dia coba
berbagai pekerjaan lain, tapi setelah 25
tahun jadi driver, dia tidak punya skill
lain yang marketable. Jadi, satu-satunya
opsi adalah jadi driver ojol. Tapi
masalahnya jadi driver ojol di usia 55
tahun adalah neraka tersendiri. Pertama,
teknologi. Pak Joko bukan orang yang tek
safi. Dia masih pakai HP butut. Dia
tidak paham cara download aplikasi, cara
verifikasi akun, cara top up saldo, cara
terima orderan, cara pakai GPS. Semua
ini asing buat dia. Dulu jadi driver
taksi kan simpel. Ambil mobil dari pool
keliling cari penumpang atau tunggu di
pangkalan. Dapat penumpang ya antar,
tidak dapat ya terus cari. Tidak perlu
pakai aplikasi, tidak perlu pakai HP.
Tapi sekarang, sekarang semua pakai
aplikasi dan bukan cuma pakai, tapi
harus pakai dengan cepat karena orderan
itu muncul di aplikasi cuma beberapa
detik terus hilang kalau tidak diambil.
Jadi driver harus standby dengan HP di
tangan, mata terus ngelihat layar dan
begitu ada orderan langsung tap dengan
cepat. Pak Joko tidak bisa sebanding
dengan driver muda yang jari-jarinya
lincah dan mata masih tajam. Seringkiali
orderan muncul, Pak Joko baru sadar,
tapi orderan sudah diambil driver lain
atau dia tap tapi telat setengah detik
dan driver lain yang dapat. Ini adalah
frustrasi yang luar biasa. Pak Joko yang
dulu adalah veteran, yang dulu ert
sekarang jadi newb, yang terus kalah
dengan driver, yang umurnya bisa jadi
anaknya. Kedua, fisik. Di usia 55 tahun
badan Pak Joko sudah tidak sekuat dulu.
Mata sudah minus dan mulai katarak.
Punggung sering sakit kalau duduk
terlalu lama. Kaki kebas kalau nyetir
lebih dari 10 jam. Tapi dunia ojol tidak
peduli dengan kondisi fisik kalian.
Kalau kalian mau dapat income yang
cukup, kalian harus kerja minimal 12
sampai 14 jam per hari. Tidak ada
dispensasi untuk orang tua. Jadi, Pak
Joko harus push tubuhnya beyond limit.
dia harus kerja sama keras atau bahkan
lebih keras dari driver yang umur 20
atau 30 tahun tapi dengan body yang
sudah tidak sekuat itu. Ketiga, dan ini
yang paling heartbreaking adalah
dignity. Pak Joko adalah orang yang
punya pride. Dia bangga jadi driver
taksi. Dia merasa dia punya profesi yang
terhormat. Dia merasa dia adalah
profesional yang skilled. Tapi sekarang
sebagai driver ojol, dia merasa seperti
nobody. Dia tidak punya kantor untuk
balik, tidak punya teman sekantor untuk
ngobrol, tidak punya bos untuk report.
Dia cuma sendirian di jalan dengan HP di
tangan waiting untuk notifikasi orderan.
Dan yang paling menyakitkan adalah
perlakuan dari penumpang. Dulu sebagai
driver taksi, penumpang treat dia dengan
respectek. Mereka bilang, "Pak, ke blok
M ya dengan nada hormat." Mereka ngobrol
dengan dia sebagai equal. Tapi sekarang
sebagai driver ojol, banyak penumpang
yang treat dia sebagai pelayan. Mereka
tidak bilang, "Pak, atau tolong mereka
cuma naik dan diam atau mereka sibuk
dengan HP mereka dan treat Pak Joko."
Seolah dia adalah robot yang cuma
tugasnya nyetir. Atau bahkan ada yang
komplain dengan cara yang tidak sopan
dan komplain itu langsung efek rating.
Pak Joko, Pak Joko tidak komplain. Dia
tidak bisa komplain. Dia butuh uang, dia
punya istri dan anak yang masih kuliah
yang harus dibiayai. Jadi dia swallow
his pride dan terus kerja. Tapi setiap
malam ketika dia balik ke rumah dengan
badan sakit dan mata lelah, dia kadang
nangis. Dia nangis karena dia merasa
hidupnya sekarang lebih susah dari 20
tahun lalu. Dia merasa dia sudah kerja
keras selama 25 tahun, tapi sekarang di
usia tua malah harus start from zero
lagi. Dia merasa dia adalah victim dari
sebuah sistem yang tidak peduli dengan
orang seperti dia. Dan Pak Joko bukan
sendirian, ada ribuan, mungkin puluhan
ribu driver lain yang nasibnya sama.
Mereka adalah generasi lost. Mereka
terlalu tua untuk kompetisi di dunia
ojol yang brutal ini, tapi terlalu muda
untuk pensiun.
Mereka terjebak di limbo dan tidak ada
safety net untuk menangkap mereka. Ini
adalah tragedi kemanusiaan yang tidak
terlihat. Setiap kali kalian order ojol
dan driver yang datang adalah
bapak-bapak tua. Mungkin itu adalah Pak
Joko. Mungkin itu adalah orang yang
hidupnya hancur karena disrupsi yang
tidak mereka pahami dan tidak mereka
minta. dan sistem tidak peduli,
algoritma tidak peduli, aplikasi tidak
peduli. Mereka cuma lihat angka berapa
banyak trip, berapa rating, berapa
acceptance rate. Mereka tidak lihat
manusia di balik angka itu. Sekarang gua
mau cerita tentang sesuatu yang mungkin
paling shocking, kehidupan driver di
atas mobil. Ada istilah dalam komunitas
driver yang disebut one trip 100,000 km.
Apa artinya? Artinya hidup mereka adalah
perjalanan tanpa akhir. Mereka berangkat
dari rumah dan mereka tidak balik sampai
target tercapai. Targetnya adalah apa?
Ada beberapa. Pertama, target poin untuk
bonus. Ada sistem yang driver sebut tupo
atau tutup poin. Ini adalah target poin
harian yang harus dicapai untuk dapat
bonus. Misalnya kalau kalian capai 20
trip dalam sehari dengan total poin 100,
kalian dapat bonus Rp150.000.
Tapi kalau cuma dapat 99 poin, no bonus
zero. Jadi kalau sudah jam 10. malam dan
kalian sudah capai 95 poin dari target
100 poin, apa yang kalian lakukan?
Pulang dan rest. No, kalian terus kerja,
kalian terus cari orderan sampai capai
100 poin itu. Meskipun itu berarti
kalian baru bisa pulang jam 12. malam
atau bahkan jam .00 pagi. Karena kalau
kalian pulang sekarang, semua effort
dari pagi sampai sekarang jadi sia-sia.
150.000 bonus itu hilang. Jadi, kalian
push yourself untuk terus jalan meskipun
mata sudah ngantuk, badan sudah capek,
dan kalian sudah tidak tahan lagi. Ini
adalah psychological trap yang genius.
Sistem ini membuat driver merasa mereka
tidak bisa berhenti karena berhenti
berarti lost. Jadi mereka terus jalan,
terus jalan, terus jalan sampai batas
manusia. Target kedua adalah target
income. Misalnya, Pak Budi perlu dapat
R500.000 bersih per hari untuk cover
cicilan dan biaya hidup. Kalau jam 09.00
malam dia baru dapat Rp400.000, dia
tidak bisa pulang. Dia harus terus jalan
sampai dapat Rp100.000 R lagi. Dan kalau
jalanan sudah sepi dan orderan susah,
itu bisa berarti dia harus jalan sampai
tengah malam atau bahkan subuh. Jadi,
apa yang terjadi? Driver-driver ini
praktically hidup di mobil mereka. Gue
pernah ngobrol dengan seorang driver,
sebut saja Mas Andi. Mas Andi cerita
bahwa dia cuma pulang ke rumah dua atau
tiga kali seminggu. Sisanya dia tidur di
mobil. Kalian pikir gua bercandat?
Tidak. Ini adalah realita untuk banyak
driver. Mas Andi cerita rutinitas
hariannya. Dia berangkat dari rumah jam
5 pagi, kerja sampai tengah malam, terus
tidur di mobil di parkiran minimarket
atau SPBU. Bangun jam .00 pagi, mandi di
SPBU, cuci muka, gosok gigi di toilet
umum, beli kopi dan gorengan di warung
terdekat untuk sarapan, terus mulai
kerja lagi. Lunch, makan di wartek
terdekat yang paling murah. Dinner sama
wartek atau bahkan cuma beli roti di
minimarket kalau lagi hemat. mandi.
Kalau beruntung bisa mandi di SPBU yang
ada shower. Kalau tidak ya cuma cuci
muka aja di toilet. Baju dia bawa
beberapa set baju di bagasi mobil. Dia
ganti baju di mobil atau di toilet umum.
Kalian bisa bayangkan betapa
degradingnya ini. Seorang manusia,
seorang ayah, seorang suami tidur di
mobil seperti orang gelandangan, mandi
di toilet umum, ganti baju di parkiran.
Kenapa dia tidak pulang? Karena pulang
berarti buang bensin dan buang waktu.
Rumah Andi di Bekasi. Kalau dia pulang
dari Jakarta ke Bekasi itu at least 1
jam perjalanan dan Rp20.000
bensin. Kalau balik lagi ke Jakarta esok
harinya itu 2 jam dan Rp40.000
total dalam kalkulasi driver 2 jam dan
Rp40.000 itu adalah dua atau tiga trip
yang bisa mereka kerjakan. Jadi
financially lebih masuk akal untuk tidak
pulang. Tapi ini bukan cuma tentang
uang, ini tentang what this does to your
soul. Bayangkan kalian tidak tidur di
ranjang sendiri selama berhari-hari atau
berminggu-minggu. Bayangkan kalian tidak
peluk anak kalian, tidak makan bareng
keluarga, tidak nonton TV bareng istri.
Kalian cuma kerja, kerja, kerja dan
tidur di mobil yang sempit dengan kursi
yang tidak bisa flat dan AC yang tidak
bisa dinyalain karena sayang bensin. Mas
Andi cerita kadang dia nangis sendiri di
mobil. Tengah malam di parkiran yang
sepi dengan jalanan Jakarta yang sunyi,
dia duduk di driver seat dan nangis. Dia
kangen sama anak-anaknya, dia kangen
sama istri, dia kangen sama rumah. Tapi
dia tidak bisa pulang karena dia harus
kerja besok pagi dan pulang berarti
buang uang dan waktu. Jadi, dia cuma
video call istri dan anak sebentar
sebelum tidur bilang, "Maaf ya, papa
belum bisa pulang." Terus tutup mata dan
coba tidur di kursi mobil yang tidak
comfortable dengan suara kendaraan lewat
di luar, dengan lampu jalan yang
menerangi wajahnya, dengan moskito yang
kadang masuk lewat celah jendela. This
is not living. This is existing in the
most minimal sense. Dan yang paling
tragis, Mas Andi, bukan exception. Ini
adalah norm untuk banyak driver,
terutama mereka yang rumahnya jauh dari
pusat kota tapi harus kerja di pusat
kota di mana orderan banyak. Mereka
adalah digital nomads dalam artian yang
paling kelam. Mereka nomadik bukan
karena memilih lifestyle itu, tapi
karena ekonomi memaksa mereka. Mobil
mereka bukan cuma alat kerja, tapi juga
rumah, bathroom, dining room, dan
kadang-kadang toilet. Dan perusahaan
tahu ini. Mereka tahu bahwa sistem
mereka mendorong driver untuk bekerja
beyond limit. Tapi mereka tidak peduli.
Karena selama driver masih mau kerja,
selama masih ada pasokan driver, sistem
akan terus jalan. Ini adalah
exploitation dalam bentuk yang paling
modern. Tidak ada bos yang kasar, tidak
ada mandor yang mukul, tapi ada
algoritma yang diam-diam memaksa kalian
untuk kerja beyond batas kemanusiaan dan
kalian tidak bisa komplain karena kalian
adalah mitra, bukan karyawan. Sekarang
kita sampai ke akhir cerita dan gua mau
kalian untuk refleks sebentar tentang
apa yang sudah gua ceritakan. Kita sudah
lihat perjalanan dari euforia sampai
tragedi. Dari zaman bonus besar dan
mimpi jadi kaya sampai zaman cicilan
mencekik dan tidur di mobil. Dari hype
tentang menjadi bos untuk diri sendiri
sampai realita menjadi budak dari
algoritma. Pertanyaan besarnya adalah
apa yang salah? Apakah salahnya Gojek
dan Grab? Partially yes. Mereka
menciptakan ekspektasi yang unrealistik
di awal. Mereka menarik ratusan ribu
orang untuk jadi driver dengan janji
yang tidak sustainable. Mereka membakar
uang investor untuk create market
dominance, tapi costnya adalah
menghancurkan industri yang sudah ada
dan menciptakan ketergantungan yang
toksik. Apakah salahnya driver?
Partially juga banyak driver yang
terlalu naif. Mereka tidak calculate
risk dengan baik. Mereka beli mobil
pakai kredit dengan asumsi income akan
selalu tinggi tanpa prepare untuk
skenario terburuk. Mereka tidak nabung,
mereka tidak invest in skills lain.
Mereka put all x in basket. Apakah
salahnya regulasi? Oh, absolutely.
Pemerintah Indonesia completely
unprepared untuk disrupsi ini. Mereka
tidak punya framework untuk protect geek
workers. Tidak ada aturan tentang
minimum wage. Tidak ada aturan tentang
working hours. Tidak ada safety net.
Mereka cuma lihat ojol sebagai solusi
untuk unemployment tanpa memikirkan
longterm welfare dari workers. Tapi
honestly, blame game ini tidak
produktif. Yang penting adalah apa yang
bisa kita pelajari. First, kita perlu
acknowledge bahwa geek economy adalah
double edged sword. Di satu sisi, it
creates flexibility dan opportunity.
Orang yang tidak punya pendidikan tinggi
atau skills khusus bisa cari income
dengan mudah. Housewives bisa kerja
part-time tanpa harus ninggalin anak.
Students bisa cari uang jajan sambil
kuliah. Tapi di sisi lain, it creates
precarity dan exploitation. tidak ada
job security, tidak ada benefits, tidak
ada career progression. Dan yang paling
berbahaya, it creates an illusion of
entrepreneurship sementara realitanya
adalah exploitation dengan extra steps.
Second, kita perlu push untuk better
regulation. Geek workers perlu
perlindungan. Mereka perlu minimum wage
guarantee. Mereka perlu health
insurance. Mereka perlu pension plan,
mereka perlu eh representation. Mereka
perlu collective burgening power. Ini
bukan anti buisnis, ini bukan anti
innovation. Ini adalah basic human
rights. Kalau perusahaan tidak bisa
profitable tanpa exploit workers, maka
bisnis model mereka yang salah, bukan
workers-nya yang terlalu demanding.
Third, kita sebagai consumers perlu
lebih conscious. Setiap kali kalian
order ojol, remember di balik aplikasi
itu. Manusia yang mungkin sedang
berjuang untuk survive. Jadi, treat them
with respect. Kasih tip kalau kalian
bisa. Kasih rating yang fair. Jangan
komplain untuk hal-hal yang kecil dan
tidak penting. Dan yang paling penting,
support policy yang prorkers. Kalau ada
diskusi tentang regulasi untuk protect
geek workers, support it. Kalau ada
movement untuk better wages, support it.
Jangan cuma lihat dari sisi convenience
kalian sebagai consumer, tapi lihat juga
dari sisi em humanity dari workers.
Sekarang untuk closing, gua mau kalian
imagine sesuatu. 5 tahun dari sekarang
atau 10 tahun dari sekarang, Autonomous
Vehicles akan jadi reality. Tesla,
Google, dan perusahaan-perusahaan lain
sedang develop self driving cars. Di
beberapa negara autonomous taxis sudah
running in pilot programs. Indonesia
akan eventually adopt this technology
juga. Mungkin tidak secepat negara maju,
tapi eventually akan datang. Dan ketika
itu terjadi, apa yang akan terjadi
dengan ratusan ribu driver ojol yang
sekarang sedang berjuang di jalanan?
They will become obsolid. Mereka akan
jadi redundant. Mereka akan kehilangan
pekerjaan. Dan yang paling tragis,
kebanyakan dari mereka tidak punya plan
B. Mereka tidak punya savings yang
cukup, mereka tidak punya skills lain.
Mereka sudah spend years atau bahkan
decades jadi driver dan suddenly mereka
akan jadi unemployed. Ini bukan
distopian feature. Ini adalah trajectory
yang kita sedang heading towards. Jadi
pertanyaan untuk kita semua adalah apa
yang akan kita lakukan? Apakah kita akan
biarkan hundreds of thousands of people
jatuh ke poverty atau kita akan create
safety nets dan retraining programs
untuk help them transition? Apakah kita
akan treat mereka sebagai collateral
damage dari progress atau kita akan
treat them as humans yang deserve
dignity dan support? These are not easy
questions dan gua tidak punya semua
answers. Tapi yang gua tahu adalah kita
tidak bisa ignore ini. Kita tidak bisa
pretend bahwa everything is fine
sementara ratusan ribu orang sedang
suffering di balik layar aplikasi yang
kita pakai setiap hari. Kisah driver
ojol di Indonesia adalah microcosm dari
larger issues tentang teknologi,
ekonomi, dan humanity. Ini adalah cerita
tentang how innovation bisa create
winners and losers. tentang how
convenience untuk some people bisa mean
suffering untuk others. Tentang how
disruption bukan cuma positive word
tentang innovation tapi juga negative
word tentang destruction of livelihoods.
Dan cerita ini belum selesai. Cerita ini
masih ongoing. Setiap hari ratusan ribu
driver masih di jalanan. Masih berjuang,
masih hoping untuk better tomorrow.
Mereka adalah Pak Budi yang terjebak
dalam cicilan. Mereka adalah Pak Joko
yang terlalu tua untuk kompetisi tapi
terlalu muda untuk pensiun. Mereka
adalah Mas Andi yang tidur di mobil
karena tidak bisa afford untuk pulang.
Mereka adalah wajah dari gig ekonomi
yang tidak pernah muncul di peitch dex
atau press releases. Mereka adalah
reality check untuk semua hype tentang
disruption dan innovation. Dan kita
sebagai society punya tanggung jawab
untuk not forget them, untuk not ignore
them, untuk fight untuk mereka. Karena
di akhirnya sebuah society diukur bukan
dari seberapa tinggi winners-nya bisa
naik, tapi dari seberapa baik society
itu treat mereka yang struggling. Dan
right now untuk driver ojol di
Indonesia, kita sedang failing that
test. Tapi it's not too late untuk
change. It's not too late create better
system. It's not too late untuk demand
better from companies, dari government,
dan dari diri kita sendiri. Jadi next
time kalian order Gojek atau Grab,
remember this story. Remember Pak Budi,
Pak Joko, dan Mas Andi. Remember bahwa
di balik convenience kalian ada orang
yang paying the price. Dan kalau kalian
bisa do something sekecil apapun, kasih
tip, kasih rating bagus, treat them
dengan respect atau kalau kalian punya
platform lebih besar, speak up untuk
mereka. advocate untuk better policies,
e, push untuk change, karena mereka
deserve better, mereka deserve dignity,
mereka deserve future dan kita semua
punya role dalam making that happen.
Terima kasih sudah mendengarkan. Sampai
jumpa lagi.
Resume
Read
file updated 2026-02-12 02:04:43 UTC
Categories
Manage