Transcript
raK1eOplgio • Punya Minyak Lebih Banyak dari Saudi & Dubai, Kok Venezuela Malah Hancur?
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/JendelaDunia-u3n/.shards/text-0001.zst#text/0005_raK1eOplgio.txt
Kind: captions Language: id Brosis, kalau ada yang bilang punya banyak SDA pasti auto kaya. Tolong kasih paham mereka soal Venezuela. Negara yang minyaknya saking banyaknya bisa buat oles roti, tapi ekonominya malah terjun bebas ke neraka. Sumpah lebih miskin daripada dompet kita pas tanggal tua. Coba lihat ironinya. Pas Dubai sibuk bangun Burch Khalifa dan nyulap gurun jadi surga belanja para sultan, Venezuela malah sukses mengubah negara paling tajir seAmerika Latin jadi tempat di mana duit lebih murah harganya daripada tisu toilet. Hari ini kita gak bakal belajar sejarah ngebosenin. Kita bakal wisata otak ke Venezuela buat mecahin misteri abad 21. Kenapa makin banyak minyak, hidup makin ngenes? Siapin mental, jawabannya bakal bikin kalian geleng-geleng kepala. Halo semuanya, selamat datang kembali di channel Jendela Dunia. Jangan lupa tekan tombol subscribe dan nyalakan loncengnya. Mari kita buka jendela wawasan kita hari ini. Flashback ke-192. Venezuela beneran dapat jackpot. Mereka nemu lautan minyak di bawah tanah. Kalau Dubai atau Singapura harus kerja keras sebagai kuda, Venezuela saat itu cuma perlu tancepin sedotan ke tanah dan duit ngalir deres kayak air terjun. Masuk tahun 1950, kalian pasti kaget. GDP perkapita Venezuela itu top 4 dunia, lebih tajir dari Spanyol atau Jepang waktu itu. Orang Eropa sama Amerika Latin pada antri panjang buat migrasi ke sini. Ini beneran American Dream versi Amerika Latin. Negara saking kayanya rakyat gak perlu bayar pajak. Mulai deh muncul mindset bahaya. Ngapain capek kerja? Jual minyak aja cukup. Pas duit gampang didapat, otak manusia otomatis masuk mode libur tiap hari. Inilah awal mula malapetaka. Sekarang bandingin mindsetnya. Negara teluk kayak Saudi atau Dubai sadar minyak bakal habis. Mereka pakai duit minyak buat investasi teknologi, pariwisata, bikin Emirates, bangun infrastruktur gila-gilaan. Mereka siap-siap buat masa depan tanpa minyak. Venezuela, mereka pilih Jalan Ninja. Ngapain pusing produksi? Mending impor aja biar gaya. Alhasil, pertanian ditinggalin. Pabrik-pabrik gulung tikar karena kalah saing sama barang luar. Satu negara kecanduan barang impor kayak kita kecanduan boba. Ekonominya jadi cacat parah. 95% ekspor negara cuma ngarepin satu hal, minyak. Bayangin pendapatan keluarga kalian cuma dari jualan es teh, pas hujan enggak laku, sekeluarga puasa. Nah, Venezuela persis kayak gitu kondisinya. Tapi tunggu, ada plot twist geologis nih. Enggak semua minyak itu sama, Besti. Minyak Dubai itu light crude, encer, gampang diolah. Minyak Venezuela itu extra heavy, kental, dan berat banget kayak dodol atau aspal jalanan. Artinya enggak bisa asal sedot terus jual. Butuh teknologi penyulingan super canggih. Butuh beli cairan pengencer dari luar negeri biar bisa ngalir di pipa. Intinya modal gali minyaknya jauh lebih mahal dibanding Saudi Arabia. Siapa yang punya teknologinya? Dulu sih perusahaan minyak asing dari Amerika sama Eropa. Mereka bawa alat ahli sama SOP. Venezuela tinggal duduk manis terima cuan. Tapi ya namanya manusia seraka itu enggak ada obatnya. Pas duit minyak ngalir deres, muncullah monster bernama korupsi. Pemerintah pegang kendali siapa yang berkuasa dia yang pegang duit. Pejabat mulai pakai uang negara buat beli jet pribadi villa di Miami bukannya bangun negara. Di saat Dubai sibuk bikin smart city sama kereta tanpa masinis, elit Venezuela malah sibuk bikin rekening rahasia di Swiss Kesenjangan sosial makin lebar, udah kayak langit sama sumur bor. Akhirnya kejadian juga tahun 1998, rakyat yang udah muak sama elit korup milih Hugo Chavez, mantan tentara yang jago banget pidato. Janjinya manis banget, gue bakal ambil alih minyak dan bagi-bagi rata ke rakyat. Dengerinnya sih enak, tapi realitanya pahit. Chavez mulai nasionalisasi industri migas, ngusir perusahaan asing. Dia mau negara kuasai 100%. Masalahnya negara punya kuasa tapi nol besar soal skill manajemen. Puncaknya tahun 2002 pas karyawan senior BUMN migas PDVSA mogok kerja. Chaves ngapain? Dia live di TV tiup peluit terus mecat hampir 20.000 ahli, insinyur, dan geolog terbaik negara itu secara massal. Enggak pakai mikir. Gantinya siapa? Ya, para pendukung politiknya lah. Yang setia tapi buta soal minyak. Ini sama aja kayak ngasih kunci Tesla ke orang yang naik sepeda roda 3 aja enggak becus. Mesin rusak, produksi mulai anjlok parah. Tapi Venezuela masih hoki. Harga minyak dunia tahun 2000-an lagi gila-gilaan. Walau produksi turun, harganya mahal, jadi duit tetap ngalir. Ini kayak obat pereda nyeri nutupin penyakit kanker yang lagi ngegerogoti ekonomi mereka dari dalam. Pemerintah pakai duit itu buat subsidi gila-gilaan. Bensin lebih murah dari air mineral, rumah gratis, makanan disubsidi. Rakyat senang muja-muja caves. Ya, tapi mereka lupa satu hukum alam. Enggak ada makan siang gratis selamanya, Bro. 2013 Chavez meninggal diganti Maduro. Terus 2014 mimpi buruk datang, harga minyak dunia terjun bebas dari 100 dolar lebih jadi di bawah 30 dolar per barel. Dompet negara langsung kempes 70% dalam sekejap mata. Bukannya hemat, pemerintah malah pilih solusi amatiran. Cetak duit. Mikirnya simpel, kurang duit ya cetak aja lagi. Mesin cetak duit digeber 24 jam nonstop. Nyetak kertas wangi tapi enggak ada nilainya sama sekali. Hasilnya hiperinlasi legendaris tembus R1 juta. Bayangin pagi beli roti harganya 10 perak, sore udah jadi 100. Minggu depan kalian butuh satu truk duit cuma buat beli roti itu doang. Enggak ngotak kan? Duit saking enggak lakunya orang malas ngitung, mending ditimbang kiloan. Ke pasar bawa duit sekarung. Malah duit kertas dipakai buat ngelipat kerajinan tangan buat turis. Soalnya lebih murah daripada beli kertas polos. Ekonomi hancur, rakyat menderita. Supermarket kosong melompong, enggak ada obat, enggak ada makanan. Rata-rata orang Venezuela berat badannya turun 11 kg gara-gara kurang makan. Fenomena miris yang disindir sebagai diet ala Maduro. Enggak kuat lapar, lebih dari 7 juta orang seperempat populasi kabur dari negara itu. Ini eksodus terbesar di sejarah belahan bumi barat. Lebih gede dari krisis Suriah. Insinyur dokter sekarang jadi tukang cuci piring di Colombia atau Peru. Pasti mikir minyaknya udah habis sekali makannya miskin. Salah besar. Justru itu seramnya minyaknya masih utuh tidur di bawah tanah kayak harta karun terkutuk. Venezuela miskin bukan karena kehabisan minyak tapi karena udah enggak tahu cara ngambilnya. Biar makin jelas betapa enggak masuk akalnya. Ini soal cadangan minyak. Venezuela itu top 1 dunia, Bos. 303 miliar barel lebih banyak dari Saudi. UAE termasuk Dubai cuma ranking 7. Harusnya Venezuela pegang kartu AS. Tapi soal kekayaan, GDP perkapita UAE hampir 50.000, Venezuela cuma recehan sekitar 17.700 sampai 33.000. Rata-rata orang Dubai itu 20 sampai 30 kali lipat lebih tajir daripada orang Venezuela. Para ekonom nyebut ini kutukan sumber daya alam. Kalau negara terlalu dimanja SDA bakal jadi mager, lupa belajar, lupa inovasi. Jadinya ketergantungan dan pas harga SDA anjlok kelar udah hidup loh. Bedanya di manajemen risiko, Dubai atau Norwegia punya tabungan masa depan. Mereka sisihin duit minyak buat anak cucu Venezuela. Anggap minyak itu kartu kredit unlimited. Digesek terus buat pesta hari ini. Ninggalin utang buat besok. Sebaliknya, Venezuela malah nutup diri anti asing dan ngusir investor. Politik terlalu nyampuroin ekonomi. Mereka sibuk mau bagi kue rata ke semua orang, tapi lupa caranya bikin kuenya makin gede. Akhirnya semua cuma dapat remah-remah doang. Sekarang infrastruktur migas Venezuela udah karatan parah, kilang rusak, enggak ada spare part. Bayangin duduk di atas cadangan minyak terbesar dunia, tapi Venezuela malah harus impor bensin buat nyalain mobil. beneran lelucon takdir. Emang sih sanksi ekonomi dari Amerika bikin makin runyam, tapi ingat ya, ekonomi Venezuela udah ambruk duluan sebelum sanksi terberat datang. Sanksi itu ibarat pukulan terakhir buat petinju yang emang udah ko di lantai. Belakangan ini Venezuela mulai melek. Mereka bolehin pakai dolar AS secara diam-diam. Toko mulai penuh barang lagi, tapi cuma buat yang punya valas. Negara mulai napas dikit tapi luka lamanya masih dalam banget. Kisah Venezuela ini bukan cuma soal politik berat, tapi pelajaran buat dompet kita juga. Pelajaran satu, diversifikasi cuan. Jangan pernah gantungin hidup di satu kerjaan doang. Persis kayak Venezuela yang cuma ngarap minyak. Pelajaran dua, skill ngelola duit itu lebih penting daripada warisan. Kalian bisa aja menang lotre, tapi kalau enggak ngerti finansial bakal ludes juga. Venezuela kayak SDA tapi miskin manajemen makanya boncos. Pelajaran tiga. Jangan sok jadi sultan kalau dompet masih pas-pasan. Pas lagi banyak duit, tabung, dan investasi, jangan malah foya-foya beli barang gak guna. Tiru Dubai, pakai duit minyak buat bangun pondasi pas minyaknya habis nanti. Venezuela itu negara indah banget, punya Angel Falls dan gudangnya Miss Universe. Mereka layak dapat nasib yang lebih baik. Semoga mimpi buruk ekonomi ini cepat kelar biar rakyat sana bisa senyum lagi. Intinya minyak itu berkah atau kutukan? Tergantung siapa yang pegang. Di tangan visioner kayak Dubai jadi rokep pendorong. di tangan kaum rebahan kayak Venezuela dulu jadi racun manis yang mematikan. Itulah kisah sedih tapi ngena banget dari Venezuela. Kalau video ini bikin kalian jadi lebih melek ekonomi, jangan pelit tombol like dan share ya. Gratis buat kalian, tapi berarti banget buat kita. Gimana menurut kalian? Bisa enggak Venezuela balik jaya lagi atau ada negara lain yang lagi otw nyusul nasib kayak gini? Tulis di komen ya. bakal kita bacain dan kasih love buat komen terbesty. Kalau suka konten beda nasib kayak gini, next mau bahas couple negara mana? Singapore versus Malaysia atau Korea Utara versus Korea Selatan? Request aja langsung di bawah. Makasih sudah nemenin wisata otak bareng kita. Ingat, ilmu itu satu-satunya aset yang enggak kena pajak dan enggak bakal kena inflasi. Jadi, investasi leher ke atas tiap hari, ya. Sampai jumpa di video drama ekonomi berikutnya. Bye bye, Brosis. Yeah.