Transcript
8HawdglPL4s • Sisi Gelap Dunia Medis: Kenapa Banyak Dokter Indonesia 'Mati' Perlahan?
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/JendelaDunia-u3n/.shards/text-0001.zst#text/0020_8HawdglPL4s.txt
Kind: captions Language: id Halo semuanya, selamat datang kembali di channel Jendela Dunia. Jangan lupa tekan tombol subscribe dan nyalakan loncengnya. Mari kita buka jendela wawasan kita hari ini. Kamu pernah dengar enggak sih kalimat sakti yang selalu diulang-ulang setiap kali orang membicarakan dunia kesehatan di negara kita? Indonesia masih kekurangan dokter. Kalimat ini tuh sudah kayak mantra. Ada di setiap laporan pemerintah, seminar, pidato pejabat, pokoknya di mana-mana. Tapi coba deh kamu main-main keluar sebentar. Jangan cuma baca berita saja. Coba jalan ke Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan atau Denpasar. Di sana kamu bakal menemukan sebuah plot twist yang bikin garuk-garuk kepala. Dokter tuh enggak langka, Bos. Malah numpuk. Klinik-klinik tuh tumbuh kayak jamur di musim hujan. Kamu lempar batu di jalanan protokol, kemungkinan besar kena praktik dokter gigi, klinik kecantikan, klinik estetika atau dokter kulit yang berjejeran di satu jalan yang sama. Jadi masalah sebenarnya tuh bukan kurang dokter, tapi lebih ke arah dokter-dokter ini sebenarnya lagi kehilangan pijakan di sistem yang katanya mereka abdi itu. Dulu banyak dokter di Indonesia tumbuh dengan mindset yang lurus-lurus saja. Masuk kedokteran, hidup aman, mimpinya sederhana, lulus punya STR, punya SIP, buka praktik sendiri, kelar urusan. Buat yang belum tahu, eh STR itu surat tanda registrasi, anggap saja KTP-nya dokter buat kerja. Terus SIP itu surat izin praktik, izin buat kerja di tempat tertentu. Dulu rumusnya gampang. Punya dua kertas sakti itu pasang plang di depan rumah, pasien bakal datang sendiri kayak semut mencari gula. Modal begini memang pernah valid, tapi itu cerita 15 atau 20 tahun yang lalu, zaman di mana saingan belum seganas sekarang. Indonesia hari ini tuh medannya sudah beda total, Men. Penduduk memang makin banyak. Orang kaya baru alias kelas menengah juga makin berjibun. Tapi jangan lupa, biaya hidup makin gila, ekspektasi pasien makin rewel, dan persaingannya sudah jauh di luar nalar dokter dokter yang di kampusnya cuma diajarkan anatomi doang, tapi nol besar soal bisnis. Coba kamu lihat ledakan klinik kecantikan sama dokter gigi 10 tahun terakhir. Di Kota Gede, buka klinik skincare atau gigi itu sudah kayak buka warkop, ada di mana-mana. Masalahnya barang dagangannya tuh mirip semua. Putikan gigi, scaling, venir, facial, laser, treatment glowing-gowingan. Di mata pasien awam bedanya apa? Enggak ada. Ketika produknya sama persis, satu-satunya cara buat menang ya cuma satu, adu murah. Nah, pas harga sudah dijadikan senjata ini bukan lagi soal dunia medis, ini sudah jadi pasar kaget. Murni dagang. Di sini kita masuk ke zona bahaya yang namanya price war alias perang harga. Ini kejadian kalau klinik sebelah menurunkan harga, kamu ikutan menurunkan biar enggak ditinggal pelanggan. Di dunia medis, perang harga itu bukan cuma bikin dompet dokter tipis, tapi ada efek samping yang lebih ngeri. Dia merusak marwah profesi. Ketika tarif dipaksa serendah mungkin, waktu buat memeriksa pasien otomatis dipangkas biar kejar setoran. Tekanan buat jualan obat atau treatmen tambahan makin gila dan dokter pelan-pelan berubah fungsi dari penyembuh. Jadi, sales marketing berjas putih. Banyak dokter muda masuk ke dunia ini dengan idealisme tinggi langit mau menyelamatkan nyawa tapi realita langsung menampar mereka dengan pelajaran baru. Selamatkan dulu klinik kamu sebelum menyelamatkan pasien. Kenapa? Karena yang punya ruko enggak mau tahu idealisme kamu. Distributor alat enggak mau nunggu. Karyawan butuh gaji. Ini yang namanya fixed cost alias biaya pasti. Mau ada pasien atau klinik kamu sepi kayak kuburan, tagihan sewa, cicilan alat, listrik, air, pajak, itu semua tetap jalan terus kayak argotaksi. Nah, di sinilah banyak dokter baru sadar soal satu istilah keramat pas sudah telat, cash flow alias arus kas. Ingat ya, cash flow itu bukan profit di atas kertas. Cash flow itu duit beneran yang keluar masuk laci kasir tiap bulan. Sebuah klinik bisa saja kelihatan hedon banget di Instagram. Antreannya panjang, interiornya marmer. Tapi kalau cash flow-nya negatif, artinya duit keluar lebih deras daripada duit masuk. Itu klinik sebenarnya lagi sekarat alias mati pelan-pelan. Cuma belum ambruk saja. Buat melawan sepi. Banyak klinik akhirnya lari ke marketing. Awalnya posting-posting biasa, lama-lama bakar duit buat iklan, terus menyewa influencer. Kamu tahu kan bayar selepgram buat bilang bagus banget loh, Guys. Itu enggak murah. Dan paradoks konyolnya adalah banyak klinik bangkrut bukan karena enggak ada pasien, tapi karena kehabisan duit cuma buat kelihatan kayak lagi banyak pasien. Terus ada juga jalur lain yang sering dianggap dewa penolong BPJS kesehatan. Secara teori ikut BPJS itu bikin pasien mengalir deras. Tapi realitanya buat dokter swasta, duh ribetnya minta ampun. Tarifnya merakyat banget. urusan administrasinya bikin pusing dan pembayarannya seringkiali butuh kesabaran ekstra alias nunggak. Dokter dipaksa menangani pasien sebanyak-banyaknya cuma buat menutup operasional. Hasilnya capek fisik, capek hati. Istilahnya kerja rodi versi modern. Ada perasaan yang umum banget di kalangan dokter BPJS. Capek tapi enggak kaya-kaya. Kamu kerja lebih keras, pasien lebih banyak, tapi risiko hukumnya juga makin besar. Ee salah sedikit saja. fatal dan konsekuensinya bisa jauh lebih ngeri daripada yang pernah diajarkan dosen di fakultas. Contoh paling nyata tuh soal hukum ketenagakerjaan. Banyak klinik mengakali dengan nge-hire karyawan pakai status mitra atau freelance biar enggak usah bayar tunjangan macam-macam. Di atas kertas sih irit, tapi di mata hukum Indonesia beda mitra sama karyawan itu tipis banget. Kalau ada sengketa atau sidak dari disnaker itu klinik bisa kena denda disuruh bayar rapel bahkan digugat. Banyak dokter yang buta hukum cuma percaya sama kata teman atau akuntan abal-abal dan baru sadar pas sudah kena masalah. Kamu bayangkan deh momen pas seorang dokter menerima amplop cokelat isinya surat panggilan polisi atau pengadilan. Itu syok terapi paling brutal. Orang yang biasa memegang stetoskop buat menyelamatkan orang sekarang harus menyelamatkan diri sendiri dari penjara atau denda. Kampus kedokteran enggak pernah mengajarkan cara menghadapi gugatan, enggak mengajarkan manajemen krisis keuangan, dan enggak mengajarkan cara survive jadi pengusaha di hutan rimba yang kompetitif ini. Di titik itulah banyak dokter baru sadar kebenaran pahitnya. Ilmu medis itu buat menyelamatkan pasien, tapi ilmu ekonomi dan hukum itu buat menyelamatkan dokternya. Makanya muncul pertanyaan besar yang jarang ada yang berani membicarakan, "Jangan-jangan model buka klinik pribadi ini tuh sebenarnya jalan buntu atau masalahnya bukan di modelnya, tapi karena kita terlalu mendewakan buka praktik sebagai satu-satunya jalan sukses buat dokter. Memang ada klinik yang gulung tikar, tapi ada juga yang survive. Yang survive ini biasanya bukan yang alatnya paling canggih atau ruang tunggunya paling instagramable. Mereka survive karena struktur biayanya rendah, layanannya jelas, dan enggak sok-sokan mengejar gengsi. Mereka tahu diri dan tahu batasan, enggak memaksa jadi sesuatu yang pasar sudah enggak butuh. Masalahnya sedikit banget dokter yang dididik buat paham beginian dari awal. Ada pergeseran yang diam-diam, tapi bahaya banget lagi kejadian di dunia medis kita. Ini enggak bakal kamu temukan di laporan Kemenkes. Ini soal deformasi etika karena tekanan pasar. Bukan karena dokternya jahat, tapi karena keadaan memaksa mereka. Jadi begitu. Pas klinik lagi seret duitnya, pasien yang datang tuh tanpa sadar enggak lagi dilihat sebagai manusia yang butuh pertolongan, tapi sebagai unit pendapatan. Muncul deh istilah upselling. Kalau di toko baju atau restoran fast food menawarkan enggak sekalian kentang gorengnya, Kak? Itu wajar. Tapi di dunia medis, batas antara menyarankan demi kesehatan sama memaksa biar Om Z naik itu tipis banget, Bos. Awalnya halus. kayaknya perlu treatmen tambahan ini deh, Bu. Tapi pas target bulanan belum sampai itu bisa jadi kewajiban tak tertulis. Enggak ada memorminya tapi semua paham. Dokter muda merasa diawasi manajer, resepsionis tahu kalau pasien yang paus alias royal bakal diprioritaskan. Lama-lama terbentuklah budaya di mana medis itu cuma nomor dua setelah bisnis. Yang ngeri proses ini tuh pelan banget sampai pelakunya enggak sadar. Tiba-tiba suatu hari dokter itu berkaca dan bingung, "Gue menyuruh pasien ini ambil tindakan karena dia butuh atau biar klinik gue enggak tutup bulan depan?" Ini beban mental yang berat. Tapi enggak ada yang berani ngomong karena kalau ngomong berarti mengaku kalau sistemnya bobrok. Di Indonesia tekanan ini makin gila gara-gara media sosial. Dokter zaman now tuh enggak cukup cuma pintar diagnosa, tapi harus glowing di Instagram, harus lues joget di TikTok, harus jago ngomong depan kamera. Klinik yang enggak eksis di sosmet dianggap jadul. Padahal mungkin dokternya jago banget. Ini melahirkan paradoks baru. Banyak dokter menghabiskan waktu berjam-jam buat bikin konten, mengedit video, membalas komen netizen sampai waktu buat update ilmu medis beneran malah tergerus. Bukan karena malas, tapi karena waktunya habis dibagi-bagi. Kamu bayangkan satu orang harus jadi dokter, marketer, contonent kreator, sama CEO sekaligus Superman saja encok kalau begini caranya. Kelelahan ini ada nama kerennya burn out. Tapi burn out di sini bukan cuma capek fisik, tapi beneran mati rasa, hilang motivasi, dan mulai sinis sama kerjaan sendiri. Di Indonesia, fenomena dokter swasta yang kena burn out ini makin umum, tapi jarang diakui. Soalnya kalau mengaku burn out sama saja mematahkan mitos kalau dokter sukses itu yang pasiennya antre. Pas burnout ini ketemu sama tekanan hukum, kelar sudah. Salah ketik sedikit di rekam medis, pasien komplain di story IG, lapor ke dinas. Hal-hal yang dulu bisa diselesaikan kekeluargaan, sekarang bisa viral dan meledak dalam hitungan jam. Lingkungan hukum di Indonesia sekarang makin ketat ke tenaga medis. Bagus sih buat perlindungan pasien, tapi buat dokter terutama yang buka praktik sendiri ini horor. Dokter enggak cuma menanggung risiko medis, tapi juga risiko bisnis. Karyawan kamu yang salah, kamu yang kena sebagai pemilik. Banyak dokter pertama kali ketemu pengacara bukan karena mal praktik bedah, tapi karena enggak mengerti kontrak sewa ruko atau salah urus karyawan. Ini lubang maut. Fakultas kedokteran enggak mengajarkan cara baca kontrak sewa, enggak mengajarkan bedakan risiko badan usaha, enggak mengajarkan UU ketenagakerjaan. Dan kekosongan ilmu ini biasanya diisi bukan sama pelajaran, tapi sama penyesalan. Pas sudah kejadian. Sekarang kelihatan banget ada perpecahan nasib di kalangan dokter swasta. Ada kubu yang nekad ekspansi, beli alat baru, buka cabang, mengejar image klinik sultan. Ada kubu satu lagi yang justru mengerem, mengecilkan skala, spesifik banget, irit biaya dan rela enggak terkenal. Kubu pertama yang nekad ekspansi memang kelihatan mentereng di sosmet, tapi mereka ini rapuh banget. utangnya besar, biaya operasional selangit sangat bergantung sama jumlah pasien yang enggak tentu. Algoritma Instagram berubah sedikit, ekonomi lesu sedikit, atau ada skandal kecil saja kerajaan bisnis mereka bisa runtuh kayak istana pasir. Kubu kedua justru sebaliknya. Kliniknya kecil, karyawannya sedikit, enggak pasang iklan gila-gilaan. Mereka fokus ke segmen pasien tertentu saja. Tahu diri mereka enggak mengejar level dunia. Yang penting dapur ngebul. Di pasar yang sudah jenuh alias red ocean, kemampuan buat bertahan hidup itu kadang lebih penting daripada kemampuan buat jadi raksasa. Ini bikin kita harus nanya pertanyaan yang agak nyelekit. Emangnya semua dokter wajib buka klinik? Ya, bertahun-tahun masyarakat kita kayak menanamkan doktrin kalau dokter sukses itu ya harus punya praktik sendiri. Padahal realitanya sekarang buka klinik itu bukan cuma praktik dokter, tapi terjun ke bisnis yang risikonya ngeri. Ada dokter yang lebih cocok jadi spesialis di RS besar, ada yang jiwanya peneliti, ada yang cocok di birokrasi kesehatan. Tapi gengsi sosial memaksa mereka jadi pengusaha klinik padahal enggak punya skill bisnis, enggak suka dagang, dan mentalnya enggak siap rugi. Pas bangkrut yang disalahkan individunya, A dokter itu enggak pintar mengatur duit. Padahal sistemnya yang dorong semua orang masuk ke lubang yang sama. Padahal lubangnya makin sempit. Pesan yang harusnya didengar sama semua dokter Indonesia hari ini tuh simpel. Jadi dokter pintar enggak otomatis bikin kamu jadi pebisnis pintar. Kalau enggak paham bedanya, bayarannya mahal banget. Dunia medis kita enggak kekurangan orang pintar, tapi kekurangan kejujuran soal realita lapangan. Kita butuh ngobrol jujur soal ketakutan finansial, soal ancaman hukum, soal burnout tanpa takut dibilang lemah. Karena kalau cuma dipendam, masalahnya enggak hilang. Cuma nunggu waktu buat meledak. Dan kalau meledak yang rugi bukan cuma dokter, tapi kita semua sebagai pasien. Kalau kita zoom out dan lihat gambaran besarnya, ada satu hal yang sering dihindari buat dibahas. Industri medis kita lagi dipaksa buat jalan kayak industri barang konsumsi alias FMCG fast moving Consumer Goods. Padahal kodratnya enggak gitu. Kesehatan itu bukan jualan kopi kekinian atau skinc viral. Pasien bukan sekadar pembeli. Mereka datang dengan rasa takut, sakit, bingung, dan menitipkan nyawa ke orang pakai jaz putih. Kalau hubungan sakral ini ditarik terlalu kencang ke arah hitung-hitungan dagang, kepercayaan adalah hal pertama yang bakal hancur. Di Indonesia pergeseran ini cepat banget. Dalam satu generasi, dokter berubah dari otoritas medis yang dihormati jadi sekadar penyedia jasa. Kesannya modern dan setara, tapi efeknya tanggung jawab dokter makin berat, tapi wibawa profesionalnya turun. Pasien sekarang merasa kayak raja yang lagi belanja bisa menuntut macam-macam, banding-bandingkan harga, memberi bintang satu di Google Maps kalau dokternya kurang senyum dan nulis review pedas. Keputusan medis enggak lagi dinilai dari sembuh atau enggak, tapi dari puas atau enggak dalam jangka pendek. Muncul lagi istilah penting defensive medicine alias kedokteran defensif. Ini fenomena di mana dokter mengambil keputusan bukan buat yang terbaik bagi pasien, tapi buat melindungi pantat sendiri dari tuntutan hukum. Menyuruh cek lab macam-macam biar aman. Menolak pasien yang penyakitnya ribet karena takut gagal, cari amanlah pokoknya. Di sistem yang penuh tekanan ini reaksi wajar tapi bikin biaya kesehatan jadi mahal dan esensi tolong-menolongnya hilang. Banyak dokter enggak sadar kalau mereka sudah kerja pakai mode bertahan ini. Mereka takut ambil keputusan, takut dikomplain, takut direkam diam-diam, takut viral di akun gosip. Ketakutan ini menumpuk jadi stres kronis. Makanya enggak heran kalau banyak dokter mulai mikir ulang soal karirnya. Ada yang memilih balik kerja di RS saja biar gaji aman. Ada yang kabur ke luar negeri. Ada yang tetap buka praktik tapi main aman banget alias cari selamat. Intinya sama, sistem sekarang enggak bikin dokter merasa aman. Kita sering dibandingkan sama negara tetangga soal jumlah dokter atau canggihnya alat. Tapi jarang ada yang bandingkan seberapa sehat profesi dokter itu sendiri buat dijalani jangka panjang. Sistem kesehatan yang bagus bukan cuma soal jumlah kasur RS, tapi soal gimana menjaga biar dokternya enggak rusak di tengah jalan. Kalau dokter terus-terusan ditekan buat jadi malaikat penolong sekaligus pengusaha sukses, sekaligus selepgram, sekaligus ahli hukum. Ya, tunggu saja tanggal mainnya sampai sistemnya ambruk karena pada menyerah. Buat dokter-dokter di Indonesia, ini saatnya buat lebih realistis dan kurang-kurangi halunya. Enggak semua orang harus punya klinik sendiri. Sukses enggak melulu soal punya cabang di mana-mana atau follower jutaan. Ada sukses yang lebih sepi tapi lebih tenang dan awet. Dan buat masyarakat luas, pertanyaannya kita mau punya dokter yang kayak gimana sih? Dokter enggak bisa jadi Superman yang menanggung semua risiko sendirian sambil tetap senyum manis di Instagram. Kalau kita menuntut terlalu banyak eh yang kita dapat bukan pelayanan prima, tapi sistem yang retak. Ini bukan buat menyalahkan ee siapa-siapa. Bukan salah dokter, bukan salah pasien, bukan salah pasar. Ini cuma menunjukkan kalau kita lagi ada di masa transisi yang kacau. Model lama sudah basi, model baru belum jelas bentuknya. Di masa transisi inilah banyak korban berjatuhan kena mental, bangkrut, dan hilang harapan. Satu kalimat penutup yang perlu diingat, dunia medis enggak bisa diatur cuma pakai logika pasar kayak jualan cabe, tapi juga enggak bisa hidup kalau menutup mata sama realita ekonomi. Menyeimbangkan dua hal ini adalah PR paling susah dan Indonesia lagi terseok-seok mengerjakan PR ini. Ini bukan cuma cerita sedih, Dokter. Ini cerita tentang masa depan kesehatan kita semua. Kita mau sistem di mana dokter berani ambil tindakan terbaik atau sistem di mana dokter selalu nengok ke belakang karena takut dituntut. Jawabannya enggak bakal datang dari satu peraturan menteri atau kampanye humas. Jawabannya ada di gimana kita menghargai profesi ini. Dan selama masih ada satu dokter di klinik kecil di pinggiran tanpa plang neonorak yang masih semangat mengobati orang dengan benar, berarti harapan belum habis. Tapi kalau yang kayak gitu juga sudah punah karena enggak kuat bayar sewa ya. Wasalam. Angka statistik bagus di kertas enggak bakal ada gunanya lagi.