"We Regret to Inform You..." - Fakta Pahit Visa Warga +62.
dmba2TAOhr8 • 2026-01-12
Transcript preview
Open
Kind: captions
Language: id
Halo semuanya, selamat datang kembali di
channel Jendela Dunia. Jangan lupa tekan
tombol subscribe dan nyalakan
loncengnya. Mari kita buka jendela
wawasan kita hari ini. Pernah enggak sih
kalian lagi enak-enak tidur nyenyak dan
mimpi indah? Eh, tiba-tiba bangun pagi
pas nyawa belum kumpul, tangan udah
gemeteran buka HP buat ngecek email,
jantung rasanya mau copot, mata langsung
scanning nyari satu kalimat keramat.
Bukan. Ini bukan email tagihan Pilater,
bukan juga notifikasi gaji masuk,
apalagi promo diskon 11-11. Ini email
dari kedutaan, Bos. Judulnya sih sopan
banget dan formal abis, tapi isinya
sering bikin mental breakdown seketika.
We regret to inform you. Beh, itu satu
kalimat regret doang udah cukup buat
bikin mood hancur seharian bahkan
seminggu. Rasanya [musik] kayak ditolak
gebetan pas lagi sayang-sayangnya.
Reaksinya macam-macam. Ada yang cuma
bisa bengong natap tembok, ada yang
ketawa miris sambil ngelus dada. Ada
juga yang langsung overthinking, "Kurang
apaagi sih gua duit ada. Tiket ada
tampak kriminal-kriminal amat. Nah, buat
kita warga Indonesia, drama perpisahan
ini bukan monopoli orang kaya atau sobat
miskin doang. Ini derita kolektif kita
semua. Maulah karyawan SCBD yang ngopi
tiap hari, mahasiswa semester akhir yang
lagi pusing skripsi, freelancer yang
kerjanya di CFE atau pengusaha UMKM,
semuanya bisa kena mental di sini. Coba
bayangin kita hidup di negara dengan
hampir 280
juta penduduk di tahun 2025. Ekonomi
kita raksasa di Asia Tenggara. Kita
duduk bareng negara-negara gede di J20
dan sering dipuji-puji sebagai macan
baru di Global South. Keren kan? Tapi
giliran nyampai di loket Visa, semua
kegagahan itu mendadak ciut jadi butiran
debu. Yang ditanya sama petugas di balik
kaca tebal itu bukan seberapa hebat
kontribusi Indonesia buat perdamaian
dunia. Tapi satu hal yang simpel banget
tapi nyelekit yaitu kamu bakal pulang
enggak? Di sinilah banyak dari kita yang
garu-garu kepala dan bingung. Kita ini
bukan negara perang kayak di film-film
action. Kita bukan negara miskin ekstrem
yang rakyatnya kelaparan di jalan. Kita
juga bukan negara tertutup kayak Korea
Utara. Tapi kenapa ya paspor hijau
berlambang Garuda ini masih sering
banget diuji kesaktiannya? Kenapa ngurus
visa rasanya lebih berat daripada
ngurusin tetangga yang suka nyinyir?
Coba kita bedah faktanya pakai data
tahun 2025. Kalau kita intip berbagai e
indeks paspor internasional, paspor
Indonesia itu cuma nangkring di
peringkat 65 sampai 70 dunia. Dengan
buku hijau ini kita cuma bisa masuk ke
sekitar 75 sampai 80 negara tanpa visa
atau pakai visa on arrival. Angka segitu
sebenarnya enggak jelek-jelek amat sih.
Tapi sakitnya tuh pas kita nengok ke
tetangga sebelah. Coba lihat Malaysia
paspor mereka udah tembus sekitar 180
negara bebas visa. Thailand sekitar 165
negara. Apalagi kalau dibandingin sama
Singapura yang paspornya kayak kunci
master bisa buka pintu hampir seluruh
negara di dunia tanpa ribet. Di situ
rasanya aduh ketertinggalan kita tuh
nyata banget. Kayak kita masih naik
ojol, sedangkan tetangga udah naik jet
pribadi. Masalahnya gara-gara
perbandingan ini kita sering banget
kejebak di dua kutub perasaan yang
ekstrem. Yang pertama, jadi minder
parah, merasa paspor kita lemah, enggak
ada harganya, diremehin dan dianggap
warga kelas 2. Yang kedua, jadi sumbuh
pendek alias marah-marah. Merasa dunia
ini enggak adil, negara barat itu
sombong, dan sistem visa itu
diskriminatif. Padahal ya kenyataannya
jauh lebih ruwet daripada sekedar
perasaan baper kita. Paspor Indonesia
itu sebenarnya bukan paspor lemah, Guys.
Tapi emang belum level elit. Kita ini
posisinya nanggung ada di tengah-tengah.
Dan posisi tengah ini yang paling bikin
frustrasi. Kenapa? Karena kita cukup
kuat buat punya harapan jalan-jalan tapi
belum cukup dipercaya buat dikasih
karpet merah. Kalau kita zoom in dikit
ke kandang sendiri, ke ASEAN ceritanya
makin jelas. Singapura penduduknya
dikit, ekonominya stabil banget dan
warganya hampir enggak pernah ada kasus
overstay alias jadi gembel di negara
orang. Malaysia pendapatan per kapita
mereka sekitar tiga kali lipat dari kita
dan mereka udah lama banget jadi pemain
bisnis global. Thailand biarpun bukan
negara super kaya, industri pariwisata
mereka gila-gilaan. Bikin muka warga
Thailand tuh udah familiar banget di
mata imigrasi dunia lah. Indonesia kita
ini gede banget. Isinya macam-macam dan
kompleks parah. Justru di situ
tantangannya. Banyak dari kita yang
mikir, kan Indonesia pemimpin ASEAN,
anggota G20, demokrasi terbesar,
harusnya visanya gampang dong. AIDS,
tunggu dulu. Dunia visa enggak kerja
pakai logika politik atau gengsi negara.
Visa itu bukan Piala Citra. Visa itu
alat manajemen risiko. Ini murni
hitung-hitungan bandar asuransi. Bukan
soal seberapa penting negara kita, tapi
seberapa besar kemungkinan pemegang
paspor itu bakal ngelanggar aturan alias
jadi imigran gelap. Kedengarannya emang
dingin dan kejam, tapi ya begitulah cara
negara lain mikir. Pas kedutaan lihat
paspor Indonesia, mereka enggak lihat
merah putih berkibar atau pidato
presiden kita di PBB. Mereka lihat
statistik, mereka lihat Excel data
overstay, mereka lihat grafik tren
pekerja ilegal. Mereka cuma peduli satu
hal, berapa banyak sih orang dari negara
ini yang beneran pulang tepat waktu. Di
sinilah sering terjadi salah paham
besar. Banyak yang nanya, "Kenapa sih
enggak ada negara maju yang benar-benar
buka pintu lebar-lebar buat kita?"
Jawabannya simpel, tapi pahit kayak kopi
tanpa gula. Karena belum ada cukup
alasan buat mereka ngambil risiko itu.
Bahkan negara yang secara politik
bestian sama Indonesia pun tetap misahin
urusan diplomasi sama urusan imigrasi.
Contoh paling nyata nih, Amerika
Serikat. Hubungan kita sama Pamansam kan
stabil, ada kerja sama militer,
pendidikan, dan ekonomi jalan terus.
Tapi coba cek tingkat penolakan visa
turis B1 B2 buat warga Indonesia di
periode 2024 sampai 2025 masih nangkring
di angka 30 sampai 35%.
Gila enggak artinya dari tiga orang
teman lo yang apply, satu orang hampir
pasti bakal ditolak. Dan seringnya
penolakan itu tanpa penjelasan cuma
dikasih kertas sor y coba lagi tahun
depan. Australia juga sama aja. Tetangga
dekat tapi galak. Biarpun geografisnya
nempel dan hubungannya intens, warga
Indonesia masih masuk kategori risiko
migrasi menengah ke tinggi. Visa turis
ke AOSIS sering banget cuma dikasih
single entry. Masa tinggalnya pelit
apalagi buat yang baru pertama kali
apply. Jangan harap langsung dapat
multiple entry 3 tahun kalau paspor
masih sepi. Terus gimana sama Eropa?
tanah impian Shengen. Di tahun 2025,
tingkat penolakan visa Schengen buat
kita ada di kisaran 15 sampai 20%. Angka
ini emang lebih tinggi dibanding
Malaysia atau Singapura, tapi untungnya
masih lebih rendah dibanding beberapa
negara Asia Selatan. Jadi, ibaratnya
Indonesia enggak dianggap berbahaya
banget, tapi ya belum dipercaya 100%.
Masih dicurigain dikit-dikitlah. Tapi
yang menarik nih, semua angka statistik
tadi sering dibahas seolah-olah berlaku
rata buat semua warga Indonesia dari
Sabang sampai Merauk. Padahal
kenyataannya enggak gitu. Di sinilah
kita masuk ke zona rahasia umum yang
jarang diomongin. Nasib Visa lo. Enggak
cuma tergantung paspor, tapi juga
tergantung KTP lo alamatnya di mana.
Paspor kita sama, Guys. Sampulnya
sama-sama hijau, tapi nasibnya beda
langit dan bumi. Seorang pemohon visa
anak Jakarta Selatan atau Jaksel yang
bahasanya campur Inggris. Riwayat
jalan-jalannya udah ke Singapura,
Jepang, Eropa. Profil keuangannya
stabil. Kerjaannya jelas di startup
unicorn atau multinasional. Koneksinya
rapi bakal dipandang beda banget.
Bandingkan sama pemohon dari wilayah
yang punya sejarah migrasi tenaga kerja
tinggi, pendapatan rata-rata rendah dan
paspornya masih perawan alias kosong
melompong. Ini bukan soal petugas
visanya pilih kasih atau rasis ya. Ini
soal pola statistik. Ingat, konsulat dan
kedutaan itu kerja pakai pola algoritma,
bukan pakai empati atau perasaan
kasihan. Di beberapa wilayah Indonesia
Timur kayak Papua, Maluku, NTT, dan NTB,
tingkat penolakan visa cenderung lebih
tinggi. Kenapa? Bukan karena
orang-orangnya jahat atau tukang bohong,
tapi karena faktor ekonomi struktural.
Pendapatan rata-rata di sana lebih
rendah, lapangan kerja terbatas, dan ada
sejarah panjang orang-orang dari sana
yang nekad jadi TKI nonprosedural. Jadi,
wilayah-wilayah ini masuk radar merah
atau risiko tinggi di sistem mereka. Hal
yang sama juga kejadian di banyak daerah
pedesaan di Jawa. Biarpun Jawa itu pusat
ekonomi, tapi banyak wilayah non kota
yang kerjaannya informal seperti petani,
pedagang pasar, atau buruh serabutan.
Pas mereka bawa rekening bank yang
isinya mendadak tebal tapi enggak jelas
asal usulnya, alarm di kepala petugas
imigrasi langsung bunyi nguing-nguing,
dicurigai mau jadi pekerja ilegal.
Sebaliknya, Jakarta dan Bali sering
disebut sebagai jalur VIP atau jalur
cepat visa. Bukan karena orang Jakarta
atau Bali lebih pintar, tapi karena
profil mereka lebih masuk akal buat
sistem Barat. Banyak perusahaan asing,
banyak pekerja remote, banyak yang udah
biasa bolak-balik luar negeri. Sistem
birokrasi itu cinta banget sama hal-hal
yang bisa diprediksi. Dengar cerita ini
emang bikin dada sesak ya, tapi tenang
dulu, jangan langsung lempar HP. Ini
bukan akhir dari segalanya. Di balik
awan mendung ini ada secercah cahaya
yang sering luput kita bahas. Indonesia
di tahun 2025 ini sebenarnya bukan
negara yang dikucilkan. Justru
sebaliknya, kita ini salah satu negara
paling ramah dan terbuka di kawasan Visa
on Arrival atau FOA kita kasih ke
sekitar 90 negara. Bali udah jadi
semacam ibu kota digital nomad Asia.
Bule-bule dari mana aja bisa kerja? Dari
kafe di Canggu sambil minum kelapa muda.
Kita nyambut dunia dengan tangan terbuka
lebar. Bahkan ketika dunia masih mandang
kita dengan mata sipit curiga. Dan yang
bikin optimis, generasi muda Indonesia
mulai ngubah wajah paspor ini
pelan-pelan. Anak-anak muda Genzi dan
milenial yang kerja remote punya kontrak
internasional. Penghasilannya transparan
karena masuk rekening dan bayar pajak
serta mobilitasnya tinggi. Mereka mulai
ngebangun rekam jejak baru. Di kelompok
usia di bawah 35 tahun, terutama yang
tinggal di kota besar, tingkat
keberhasilan visanya mulai naik. Ini
penting banget, Guys. Karena reputasi
paspor itu enggak bisa disulap kayak
sangkuriang bikin perahu semalam. Jadi,
reputasi itu dibangun pelan-pelan, bata
demi bata lewat perilaku jutaan orang
selama bertahun-tahun. Jadi, visa itu
bukan hukuman. Visa itu bukan penghinaan
buat harga diri bangsa. Visa itu cermin.
Dan mungkin cermin itu lagi ngasih lihat
pantulan yang enggak selalu enak buat
dipandang. Ada jerawatnya, ada
komedonya. Tapi justru dari situlah kita
sadar buat mulai perawatan alias
perubahan. Cerita soal visa orang
Indonesia ini sebenarnya bakal makin
terang benderang kalau kita berhenti
baper ngelihatnya sebagai pengalaman
pribadi yang menyedihkan dan mulai
ngelihat ini sebagai pola kolektif satu
negara. Karena hampir semua kedutaan
besar di dunia itu SOP-nya mirip-mirip.
Mereka enggak nyari cerita sedih ala
sinetron azab. Mereka nyari pola yang
paling aman buat negara mereka. Ayo kita
bedah lebih konkret lagi. Di tahun 2025,
bocoran data internal yang sering
diomongin konsultan imigrasi nunjukin
kalau wilayah dengan tingkat penolakan
visa tertinggi buat warga Indonesia itu
asalnya dari tiga kategori besar.
Pertama, daerah yang banyak ngirim TKI
nonformal yang lewat jalur tikus. Kedua,
daerah dengan pendapatan rumah tangga
rendah dan enggak stabil. yang hari ini
makan besok puasa. Ketiga, daerah yang
warganya jarang banget piknik ke luar
negeri. Kalau kita gelar peta Indonesia,
polanya langsung kelihatan nyata. Nusa
Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur
sering banget masuk daftar wilayah
redflek risiko migrasi tinggi. Sekali
lagi, bukan karena warganya kriminal,
tapi karena sejarah panjang mereka jadi
pahlawan devisa di kebun sawit atau
konstruksi di luar negeri secara
informal. Bagi sistem visa yang kaku,
sejarah perjuangan hidup ini tercatat
dingin sebagai potensi overstay. Papua
dan Maluku juga punya tantangan yang
mirip. Akses ke bank susah, bukti
keuangan sering enggak rapi. Dan banyak
pemohon yang susah ngebuktiin kalau
mereka punya ikatan ekonomi kuat di
daerah asal kayak punya aset atau bisnis
tetap. Dari kacamata kemanusiaan ini
masalah pembangunan yang belum merata.
Tapi dari kacamata imigrasi ini adalah
risiko kabur. Di sisi lain, Jakarta,
Banten, terutama Tangerang Selatan dan
Bali ada di posisi yang jauh lebih enak.
Bukan cuma karena duitnya lebih banyak,
tapi karena ekosistem hidupnya tuh
nyambung sama bahasanya kedutaan. Slip
gaji rapi, ada potongan pajak, rekening
koran stabil tiap bulan, dan riwayat
jalan-jalan udah ada cap-cap imigrasi
lain. Bahkan gaya hidup ngopi dan
nongkrongnya terasa familiar buat
petugas visa. Inilah realita pahit yang
jarang diomongin pejabat. Visa itu
enggak menilai karakter lo baik atau
jahat. Visa itu menilai struktur hidup
lo rapi atau berantakan. Terus gimana
kalau kita adu nasib sama tetangga
ASEAN? Malaysia itu sering dianggap anak
emas dunia visa. Tahun 2025 penolakan
visa Shengen warga Malaysia di bawah 5%.
Water penolakan mereka cuma sekitar 10%.
Itu angka yang rendah banget buat ukuran
negara berkembang. Kenapa bisa gitu? Apa
orang Malaysia lebih jujur? Enggak juga.
Apa lebih pintar? Belum tentu.
Jawabannya duit, Bos. Profil ekonomi
rata-rata mereka lebih tinggi.
Pendapatan per kapita Malaysia tahun
2025 itu udah di kisaran 12.000 sampai
13.000
AS. Sementara kita Indonesia masih
ngos-ngosan di kisaran 5.000 AS. Selisih
dompet ini gede banget di mata sistem
visa yang materialistis. Thailand beda
lagi ceritanya. Pendapatan mereka enggak
jauh beda sama kita sebenarnya, tapi
sejarah pariwisata mereka bikin warganya
jadi terbaca. Orang Thailand udah biasa
melancong ke Eropa dan Jepang dari zaman
dulu. Tingkat overstay mereka relatif
terkendali. Jadi, kepercayaan atau trust
itu udah kebentuk lama. Nah, Vietnam ini
yang menarik. Dulu mereka di bawah kita,
tapi 10 tahun terakhir ini mereka
ngegaspol. Visa mereka makin gampang
bukan karena tiba-tiba jadi negara kaya
raya, tapi karena pertumbuhan ekonominya
konsisten dan angka pekerja ilegal
mereka turun drastis. Hasilnya tahun
2025 tingkat penolakan visa Shengen
Vietnam udah lebih bagus daripada
Indonesia. Sakit enggak tuh? Terus
muncul pertanyaan sejuta umat. Ada
enggak sih negara yang benar-benar
ngebuka pintu lebar buat kita dibanding
tetangga lain? Jawabannya ada, tapi ya
gitu. Pintunya kebuka karena kebutuhan
pragmatis, bukan karena cinta buta
idealis. Jepang adalah contoh paling
nyata. Sejak kebijakan relaksasi visa
akhir 2023 dan diperluas di 2024 sampai
2025, Jepang royal banget ngasih visa
multiple entry buat warga Indonesia yang
memenuhi syarat. Apalagi yang punya
e-paspor, visa waver buat kunjungan
pendek makin gampang. Kenapa Jepang baik
banget? Bukan karena mereka nge-fans
sama rendang kita, tapi karena mereka
lagi krisis tenaga kerja dan butuh duit
turis. Jepang ngelihat Indonesia sebagai
sumber turis kelas menengah yang
jumlahnya banyak. orangnya nurut-nurut
dan relatif aman serta jarang bikin
onar. Ini murni dagang, hitung-hitungan
ekonomi. Korea Selatan juga mirip-mirip
walau kadang mut-mutan alias fluktuatif.
Di tahun 2025, warga kita yang riwayat
travelnya bagus masih bisa dapat visa
multiple entry lebih gampang dibanding
warga Asia Selatan. Turki dan Eropa
Timur juga cenderung lebih ramah. Visa
tetap ada, tapi enggak seribet Eropa
Barat yang kayak mau ngelamar anak raja.
Intinya apa? Dunia enggak sepenuhnya
nutup pintu kok. Tapi pintu yang kebuka
biasanya ada di tempat yang emang lagi
butuh kita. Sekarang kita masuk ke topik
sensitif, stigma paling menyakitkan.
Overstay dan pekerja ilegal. Ini topik
yang sering kita hindari karena malu.
Tapi justru ini biang kerok dari
susahnya visa kita. Setiap ada satu
kasus orang Indonesia overstay atau jadi
pekerja gelap di luar negeri, dampaknya
enggak cuma ke dia doang. Dosanya nular,
Bos. Kasus itu dicatat, dihitung, dan
jadi beban buat ribuan pemohon lain yang
niatnya benar-benar cuma mau liburan.
Tahun 2025. Estimasi nunjukin jumlah
warga kita yang statusnya enggak jelas
di luar negeri masih ratusan ribu,
terutama di Timur Tengah dan Asia Timur.
Angka ini emang udah turun dibanding 10
tahun lalu, tapi belum cukup buat
nghapus cap risiko di jidat paspor kita
secara global. Tapi tenang, ada kabar
baiknya juga. Indonesia mulai serius
benerin sistem tenaga kerja migran.
Penempatan resmi makin banyak,
pengawasan ketat, dan perlindungan hukum
diperluas. ini pelan-pelan ngurangin
risiko di mata negara tujuan. Ditambah
lagi dunia kerja berubah, kerja remote,
digital nomad, dan kontrak internasional
bikin batas antara turis dan pekerja
jadi abu-abu. Banyak orang kita sekarang
bisa pamer gaji dolar tanpa harus jadi
TKI ilegal. Ini bahan bakar bagus buat
benerin reputasi paspor jangka panjang.
Kalau mau jujur, masalah visa ini bukan
soal dunia benci Indonesia. Ini soal
Indonesia lagi di fase transisi. Eh,
kita bukan lagi negara miskin yang bisa
dicuekin, tapi kita juga belum jadi
negara kaya yang bisa dipercaya 100%.
Transisi itu emang enggak enak kayak
nungguin bis yang enggak datang-datang.
Dan visa adalah tempat di mana rasa
enggak enak itu paling kerasa. Kalau
kita mau napas bentar dan ngaca, ada
satu bagian cerita visa yang sering kita
denial. Eh, banyak kegagalan visa orang
Indonesia itu bukan cuma karena sistem
dunia yang jahat, tapi juga karena
mental kita sendiri yang salah kaprah
pas ngadepin sistem itu. Banyak yang
mikir visa itu soal siapa yang ceritanya
paling sedih atau paling meyakinkan.
Salah besar, visa itu bukan audisi
Indonesian Idol. Visa itu pemeriksaan
konsistensi. Ee petugas enggak nyari
drama, mereka nyari logika. Apakah
elemen hidup lo nyambung satu sama lain?
Kesalahan fatal pertama yang sering
kejadian rekening koran disulap alias
dipoles. Tiba-tiba ada duit masuk gede
banget seminggu sebelum apply. Padahal
bulan-bulan sebelumnya saldo kayak yoyo.
Naik turun enggak jelas di mata kita.
Itu bukti kita mampu. Di mata petugas
visa 2025 yang canggih itu tanda bahaya
alias red flag. Mereka enggak lihat
jumlah akhirnya doang. Mereka lihat
ritme cash flow-nya. Kesalahan kedua,
bohong-bohong kecil yang dikira sepele.
Alamat kantor dibagusin, jabatan
dinaikin biar keren. Status kerja
dipoles pakai istilah aneh-aneh. Padahal
satu aja data enggak sinkron, langsung
bubar jalan. Dan yang paling nyesek
kalau ditolak mereka enggak bakal
bilang, "Eh, jabatan lo bohong ya, cuma
dikasih surat cinta penolakan." Kelar.
Kesalahan ketiga, mental aji mumpung
alias sekali ini saja. Banyak yang
mikir, "Ah, yang penting lolos dulu.
urusan nanti belakangan. Tapi sistem
visa itu kayak gajah, ingatannya kuat.
Mereka gak baca niat masa depan loh.
Mereka baca pola masa lalu dari ribuan
orang Indonesia sebelum loh. Ada lagi
kebiasaan unik warga Indonesia yang
bikin petugas visa geleng-geleng. Banyak
yang baru pertama kali bikin paspor eh
langsung nekad apply visa ke negara hard
mode kayak Eropa Barat, Amerika atau
Inggris. Belum pernah ke ASEAN, belum
pernah ke Jepang, langsung mau ke Paris.
Di mata kita itu ambisius. di mata
sistem itu mencurigakan. Nih orang mau
ngapain loncat level. Coba bandingin
sama pola orang Thailand atau Vietnam.
Mereka mainnya bertahap mulai dari
Jepang, Korea, Taiwan, terus naik level
ke Eropa Timur, baru deh ke Eropa Barat.
Riwayat ini ngebangun kepercayaan atau
trust kayak main game RPG naikin level
pelan-pelan. Sistem visa suka banget
sama progres yang masuk akal gini. Terus
jangan lupa soal ketergantungan sama
calo atau agen di sini. Jasa visa
menjamur banget. Ada yang beneran pro,
tapi banyak juga yang jual kecap doang.
Bilangnya pasti tembus. Ada orang dalam
atau aman, Bos. Padahal keputusan akhir
100% di tangan kedutaan. Kalau gagal,
duit melayang, paspor dapat cap
penolakan, dan agennya cuma bilang,
"Maaf ya, lagi apes." Ini bawa kita ke
kenyataan pahit. Paspor Indonesia enggak
bisa diselamatkan pakai trik sulap, cuma
bisa diperbaiki pakai konsistensi
massal. Sekarang kita masuk ke hal yang
tabu tapi nyata. Kelas sosial global.
Dunia visa emang enggak pernah ngomong
langsung, tapi sistemnya dirancang buat
baca kelas sosial. Loh, orang dengan
kerjaan formal, kontrak jelas, dan gaji
stabil bakal selalu dapat karpet merah.
Ini bukan soal adil. Ini soal manajemen
risiko. Tahun 2025 hampir 55% tenaga
kerja kita masih di sektor informal.
Angka ini jauh lebih tinggi dari
Malaysia atau Thailand. Bayangin juragan
shop yang omset-nya miliaran atau
freelancer desain grafis yang gajinya
dolar itu duitnya banyak. Tapi kalau
enggak punya slip gaji, enggak punya
badan hukum di mata sistem visa
tradisional mereka ini hantu. Sulit
dipercaya. Tapi ada harapan. Generasi
baru Indonesia mulai ngerti cara
mainnya. Mereka enggak mengubah diri
mereka, tapi mengubah cara mereka
mendokumentasikan hidup. Kontrak kerja
dirapihin, pajak dilaporin biarpun sakit
hati, lihat potongannya dan rekening
dipakai dengan tertib. Riwayat
jalan-jalan dicil. Hasilnya konsultan
visa nyatat kalau di kelompok umur 25
sampai 35 tahun di kota besar tingkat
approval visa Schengen dan Jepang naik
signifikan dibanding 10 tahun lalu.
Bukan karena syaratnya dipermudah, tapi
karena profil pemohonnya makin ganteng
secara administrasi. Faktor geopolitik
juga ngaruh. Dunia lagi cari
keseimbangan baru. Barat enggak mau cuma
bergantung sama Cina. Asia Tenggara jadi
primadona. Dan Indonesia sebagai pasar
raksasa mulai dilirik dengan kacamata
yang lebih butuh alias pragmatis. Ini
enggak berarti visa bakal gratis besok
pagi, tapi insentif buat percaya sama
Indonesia mulai tumbuh. Kita juga harus
apresiasi peran negara sendiri.
Indonesia di 2025 ini open banget. Visa
on arrival, second home visa, dan
digital nomed visa bikin kita jadi
negara paling asyik di kawasan dunia.
Ngelihat ini kok. Hubungan visa itu
seringkiali timbal balik atau resiprokal
walau enggak selalu simetris. Kalau kita
konsisten jaga keamanan dan warganya
enggak bandel, posisi tawar kita bakal
naik. Pada akhirnya drama Visa ini bukan
cerita soal kalah menang. Ini cerita
soal fase. Kita lagi di fase di mana
dunia lagi mikir ini Indonesia mau jadi
sumber masalah atau risiko atau mitra
jalan-jalan atau mobilitas. Jawabannya
enggak ditentukan sama satu presiden
atau satu perjanjian sakti. Jawabannya
ditentukan sama jutaan keputusan kecil
kita sehari-hari. Apakah kita pulang
tepat waktu pas liburan? Apakah dokumen
kita jujur? Apakah hidup kita bisa
dijelaskan di atas kertas bukan
disembunyikan? Visa bukan cermin
moralitas. Visa itu cermin kebiasaan
ramai-ramai satu negara. Dan mungkin
buat pertama kalinya kita mulai ngelihat
bayangan perubahan yang lebih baik di
cermin itu. Kalau kita tarik benang
merah dari awal sampai detik ini, satu
hal makin jelas terpampang nyata.
Masalah visa orang Indonesia itu bukan
karena ada satu negara yang jahat
banget, bukan karena satu kedutaan yang
hobi nyiksa atau kebijakan yang sengaja
ngejegal kita. Ini soal posisi, kawan.
Indonesia lagi berdiri di tengah pintu
dunia, tapi kakinya belum benar-benar
melangkah masuk ke dalam. Berdiri di
tengah pintu alias enggandul itu emang
enggak enak. Kita bisa ngintip ke dalam,
lihat orang lain masuk sambil
ketawa-ketiwi. Sementara kita masih
ditahan satpam, disuruh jelasin siapa
kita, mau ngapain, dan janji bakal
pulang. Banyak dari kita yang sakit
hati, baper, dan merasa dihina. Gila ya,
gue kerja keras, banting tulang, masa
mau liburan aja dicurigain, mau jadi
gembel di sana. Perasaan itu valid
banget. Tapi kalau kita cuma sibuk
tersinggung, kita bakal kehilangan
kesempatan buat mahamin game yang lagi
kita mainin. Visa enggak diciptakan buat
bikin kita senang. Visa diciptakan buat
nyaring orang. Dan selama dunia masih
muter pakai logika risiko, paspor kita
bakal selalu dibaca sebagai kemungkinan
masalah, bukan sebagai janji suci.
Indonesia 2025 punya potensi
gila-gilaan, tapi ketimpangannya juga
gila. Ada jutaan orang yang hidupnya
stabil, global, dan dokumennya rapi
jali. Tapi ada juga jutaan saudara kita
yang hidupnya cair, kerja serabutan, dan
informal, yang susah banget diterjemahin
ke bahasa birokrasi internasional.
Sistem visa itu robot. Dia enggak ngerti
konteks sosial budaya kita. Dia cuma
baca kertas dan pola. Makanya pengalaman
visa kita rasanya enggak adil. Karena
sistemnya emang enggak dirancang buat
adil secara manusiawi. Dia dirancang
buat efisien secara statistik. Tapi ada
satu kunci rahasia yang sering kita
lupa. Reputasi paspor itu bukan benda
mati yang enggak bisa berubah. Jepang
enggak dari dulu rama visanya. Korea
enggak dari dulu terbuka. Vietnam dulu
juga susah dipercaya. Semua negara yang
sekarang visanya sakti pernah ada di
fase nyesek kayak kita sekarang. Bedanya
cuma satu, konsistensi jangka panjang
alias napas panjang. Setiap kali ada
satu warga Indonesia yang liburan dan
pulang tepat waktu, itu nambah satu poin
kecil buat reputasi negara. Enggak
kelihatan dan enggak dirayain pakai
tumpeng, tapi kecatat di server mereka.
Setiap kali TKI berangkat legal dan
balik sesuai kontrak, itu poin lagi.
Setiap mahasiswa lulus dan enggak kabur,
itu nambah lapisan kepercayaan atau
trust. Sebaliknya, satu aja pelanggaran
bisa nghapus ratusan poin kebaikan tadi.
Itulah kenapa sistem ini rasanya kejam
banget. Karena dia lebih ingat kesalahan
daripada kebaikan. Persis kayak netizen
Indonesia. Tapi dunia juga bukan mesin
bodoh. Dia belajar. Tanda-tandanya udah
ada. Jepang makin gampang, Korea mulai
melunak, dan anak muda profesional
approval rate-nya naik. Itu bukan
kebetulan. Itu sinyal kalau Indonesia
lagi bergerak maju. Biarpun jalannya
pelan kayak siput. Perubahan terbesar
enggak bakal datang cuma dari lobi-lobi
pejabat tinggi pakai jaz di ruang AC.
Perubahan datang dari perilaku kita
ramai-ramai. dari cara kita ngurus
dokumen, dari cara kita ngebangun hidup
yang konsisten, dari kesadaran kalau
mobilitas global itu bukan hak asasi,
tapi sebuah kepercayaan atau privilege
yang harus dijaga. Visa bukan cuma tiket
buat pamer, foto liburan di Instagram.
Visa itu kontrak enggak tertulis antara
lo dan negara tujuan. Gua datang bentar,
gua senang-senang, habis itu gua balik.
Selama kontrak itu sering dilanggar sama
teman-teman kita, ya kepercayaan
harganya bakal tetap mahal. Mungkin
inilah fase pendewasaan mobilitas bangsa
kita. Fase di mana kita berhenti nyari
jalan tikus dan mulai ngebangun jalan
tol yang benar. Fase di mana kita sadar
paspor itu bukan sekedar buku kecil buat
stempel, tapi reputasi harga diri yang
dipikul bareng-bareng sama 280 juta
orang. Dan siapa tahu suatu hari nanti
generasi anak cucu kita bakal bingung
dengar cerita ini. Cerita tentang betapa
ribetnya ngurus visa di tahun 2025.
Betapa deg-degannya nunggu email
kedutaan dan betapa seringnya kata
regret bikin sakit hati. Mereka bakal
ketawa karena di masa mereka nanti
paspor Indonesia udah cukup sakti dan
konsisten buat dipercaya tanpa banyak
tanya. Sampai hari itu datang, hal
paling realistis yang bisa kita lakuin
adalah berhenti musuhin sistemnya dan
mulai pelajarin cara mainnya. Karena
cuma dengan paham, kita bisa pelan-pelan
ngubah posisi kita di dalamnya. Visa
emang enggak bakal pernah 100% adil,
tapi dia bisa jadi lebih masuk akal. Dan
di situlah harapan Indonesia berada.
Resume
Read
file updated 2026-02-12 02:04:41 UTC
Categories
Manage