Transcript
AojN6kqvzl8 • ASURANSI RAKSASA BANGKRUT! Uang Nasabah Lenyap? Bongkar Skandal Jiwasraya & Tips Selamatkan Duit Lo!
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/JendelaDunia-u3n/.shards/text-0001.zst#text/0028_AojN6kqvzl8.txt
Kind: captions Language: id Halo semuanya, selamat datang kembali di channel Jendela Dunia. Jangan lupa tekan tombol subscribe dan nyalakan loncengnya. Mari kita buka jendela wawasan kita hari ini. Kalian pasti familiar banget sama wejangan sakti mandraguna dari orang tua. Kalimat legendaris yang sering banget didengungin pas kita mulai punya gaji sendiri. Nak, harus punya asuransi ya buat jaga-jaga masa depan. Dan jujur, Li, kalau dipikir pakai logika sehat, omongan itu emang benar banget kan enggak ada celahnya. Coba deh, lo bayangin posisi lo sekarang. Lo udah umur 30-an. Baru aja nikah mungkin udah punya bocil yang lagi lucu-lucunya. Tiba-tiba lo mulai kena serangan panik mikirin masa depan. Gimana kalau besok lo sakit keras? Gimana kalau amit-amit jabang bayi lo? Kecelakaan di jalan pas lagi berangkat kerja. Siapa yang bakal ngurusin bini sama anak lo? Siapa yang bayarin tagihan rumah sakit yang harganya seringki enggak ngotak? Siapa yang jamin anak lu tetap bisa sekolah sampai sarjana? Nah, di momen overthinking itulah asuransi masuk sebagai pahlawan kesiangan di otak lo. Atau skenarionya kita balik, lo adalah anak berbakti yang lagi ngelihatin bokap-nyokap lo makin sepuh. Bapak udah pensiun, dompet udah enggak setebal dulu karena enggak ada gaji bulanan. Ibu mulai langganan ke dokter. Entah itu tensi naik, gula darah bandel, atau jantung yang mulai rewel. Lo tahu banget biaya berobat itu bisa bikin dompet jebol seketika. Terus lo mikir, alhamdulillah untung dulu Bapak, Ibu rajin bayar premi asuransi puluhan tahun. Kalau ada apa-apa seenggaknya ada yang cover enggak perlu jual tanah warisan. Dan please, ini bukan cuma drama di kepala lu doang. Di seluruh pelosok Indonesia, jutaan orang mikirnya sama persis kayak lu. Mereka rela nyisihin gaji tiap bulan, rela enggak ngopi kekinian, relahan beli gadget baru demi setor ratusan ribu sampai jutaan rupiah ke perusahaan asuransi. selama belasan bahkan puluhan tahun. Kenapa? Karena satu kata percaya. Mereka percaya kalau asuransi itu safety net jaring pengaman yang bakal nangkap mereka kalau hidup lagi nge-prank mereka sampai jatuh. Tapi coba kita mainkan skenario horornya. Gimana kalau ternyata jaring pengaman yang lo bangga-banggain itu robek? Gimana kalau perusahaan asuransi yang lo percayain setengah mati, yang udah lo kasih duit selama puluhan tahun, tiba-tiba ngomong dengan entengnya, "Sor, Bro. Kita enggak bisa bayar klaim loh." Atau yang lebih bikin serangan jantung gimana kalau perusahaan itu bangkrut, gulung tikar, game over, kedengarannya kayak mimpi buruk di siang bolong kan. Tapi sor aja nih, ini bukan mimpi. Ini nyata real, fakta lapangan. Dan parahnya ini lagi kejadian di Indonesia right now saat kita lagi ngobrol ini. Hari ini kita bakal ngobrolin topik yang mungkin bakal bikin lo agak parno. Tapi sumpah ini penting banget. Kita bakal bedah kenapa perusahaan asuransi bisa bangkrut? Kenapa duit yang sudah lo tabung puluhan tahun bisa lenyap kayak ditelan bumi. Dan yang paling krusial apa jurus yang bisa lo pakai buat ngelindungin diri lo sendiri? Karena pada akhirnya kalau sistemnya aja bobrok dan enggak bisa ngelindungin lo, ya lo harus jadi bodyguard buat diri lo sendiri. Oke, mari kita buka boroknya dengan ngomongin PT Asuransi Jiwas Raya. Kalau lo ngaku orang Indonesia tapi enggak tahu nama ini, lo mainnya kurang jauh. Ini bukan perusahaan asuransi ecek-ecek yang kantornya di ruko sewaan. Ini raksasa, Man. Salah satu asuransi jiwa tertua dan terbesar di republik ini. Dan yang bikin lebih mind blowing ini BUMN, badan usaha milik negara punya pemerintah, Bos. Bayangin reputasinya. Udah beroperasi dari zaman baheula didukung sama negara. Kalau lo nanya orang awam, asuransi apa yang paling aman, pasti banyak yang jawab jiwas raya. Logikanya simpel banget. Ini punya negara, cuy. Mana mungkin bangkrut. Kalau ada apa-apa, pemerintah pasti turun tangan lah. Masa diam aja. Mungkin bokap nyokap lo punya polis di sana, tetangga lo, teman kantor lo. Banyak banget rakyat plus 62 yang naruh duit dan harapan mereka di Jiwas Raya. Bayar premi rajin banget. Berharap nanti pas tua atau pas kena musibah duit itu balik nyelametin mereka. Tapi tahun 2018 semua harapan itu ambyar. Semuanya mulai berantakan. Tahun itu Jiwas Raya mulai gagal bayar default. Nasabah yang polisnya udah jatuh tempo, yang harusnya udah bisa kipas-kipas duit hasil tabungan mereka malah gigit jari. Enggak dibayar, Bos. Mereka disuruh nunggu sebulan, 2 bulan, setahun, 2 tahun duitnya enggak cair-cair. Coba lo posisikan diri lo jadi mereka. Lo udah bayar premi 20 tahun, lo percaya banget sama perusahaan ini. Lo butuh banget duit itu buat operasi jantung bokap, buat bayar uang pangkal, kuliah anak, buat makan sehari-hari. Tapi pas lo taki hak l, perusahaan cuma bilang tunggu dulu ya. Dan lo nunggu dalam ketidakpastian. Sakit enggak tuh? Ada satu data yang bikin elus dadah. Ada 63 nasabah dengan total kontrak senilai Rp174 miliar yang belum dibayar. Coba lu resapi angka itu Rp174 miliar. Itu bukan duit monopoli. Itu duit keringat darah orang-orang yang nabung puluhan tahun. Dan ternyata pas digali boroknya dalam banget. Tahun 2019, pemerintah mulai investigasi, bongkar pembukuan jiwa seraya, dan nemuin fakta yang bikin geleng-geleng kepala. Selama 10 tahun dari 2008 sampai 2018, ada kesalahan investasi yang ugal-ugalan. Jiwas raya, kelola duit nasabah kayak orang main judi, ngelanggar aturan, investasinya sembarangan banget. Hasilnya kerugian negara nyentuh angka Rp16,8 triliun. Gua ulang ya biar meresap 16,8 triliun. Buat lo yang susah bayangin duit segitu banyaknya, gini deh analoginya. Kalau gaji lo R10 juta sebulan yang mana itu udah gede buat standar UMR, lo harus kerja selama 1,4 juta bulan atau sekitar 140.000 tahun. Lo harus kerja dari zaman manusia purba sampai sekarang tanpa makan, tanpa minum, tanpa beli kuota baru bisa ngumpulin duit segitu. Itu duit rakyat, Guys. Pemerintah sempat coba nyelamatin suntik dana, restrukturisasi, mau dimerger lah segala macam, tapi lubangnya udah segede kawah meter enggak ketutup. Dan akhirnya tanggal 16 Januari 2025 mimpi buruk itu kejadian. OJK alias Otoritas Jasa Keuangan secara resmi Ketok Palu izin usaha Jiwas Raya dicabut. Perusahaan asuransi raksasa ini resmi game over, enggak boleh lagi jualan asuransi jiwa. Artinya apa? Artinya jiwa seraya sekarang masuk fase likuidasi. Asetnya bakal dipretelin dan dijual buat bayar utang. Tapi realnya jangan harap semua nasabah bakal dapat duitnya balik utuh. Banyak yang bakal kehilangan sebagian atau malah boncos total tabungan masa depannya lenyap. Para bos-bosnya ya emang sih dilarang mindahin Asep dokumen diita. Beberapa udah ditangkap dan diadili. Tapi pertanyaannya emang itu bisa balikin duit nasabah yang hilang? Enggak, Bro. duitnya udah bayangin lu jadi salah satu nasabah itu. Lu udah rela potong gaji, skip liburan, enggak beli barang hobi demi bayar premi. Lu mikir semuanya hilang. Ini bukan sekadar angka di kertas laporan keuangan. Ini soal orang tua yang enggak bisa berobat. Ini soal mahasiswa yang harus drop out. Ini soal keluarga yang kehilangan harapan hidup. Dan yang paling bikin nyesek, jiwa seraya itu bukan satu-satunya, Fergoso. Kalau lo mikir kasus jiwa seraya itu kejadian langka, isolated case, lo salah besar. Itu cuma puncak gunung es. Di bawahnya masih banyak bangkai lain. Tanggal 2 November 2023, OJK cabut izin PT Asuransi Jiwa Prolif Indonesia yang dulunya namanya Indos Surya Sukses. Masalahnya sama, enggak punya duit, likuiditas kering, modal cekak, enggak bisa bayar klaim nasabah. Terus ada lagi drama Kresna Life alias PT Asuransi Jiwa Kresna. Perusahaan ini juga kena semprit OJK, masuk pengawasan khusus dan akhirnya izinnya dicabut karena keuangannya udah kayak benang kusut, enggak bisa dibenerin. PT Aspan Sami Mawon enggak bisa penuhi rasio modal minimum, izin dicabut. Bye bye. Coba lo renungin. Ini bukan satu, bukan dua. Ini beruntun. Banyak perusahaan asuransi yang ternyata keropos. Dan tahu enggak yang lebih seram? yang kita tahu ini cuma yang udah ketahuan bobroknya, yang udah meledak dan dicabut izinnya. Gimana kabar perusahaan asuransi lain yang mungkin sekarang ee lagi megap-megap, berdarah-darah keuangannya tapi masih sok kuat di depan publik. Yang dari luar kelihatan mentereng tapi dalamnya udah keropos. OJK emang enggak tinggal diam. Tahun 2023 kemarin mereka ngeluarin aturan baru POJK nomor 23 tahun 2023. Intinya naikin standar modal minimum biar perusahaan asuransi lebih strong, lebih mampu bayar klaim. Tujuannya mulia banget, tapi fakta di lapangan bikin merinding. Dari 144 perusahaan asuransi di Indonesia, cuma 106 yang lolos standar baru ini. Berarti ada 38 perusahaan yang rapornya merah. 38, Bro. Mereka dikasih waktu sampai tahun 2026 buat berbenah. Kalau enggak bisa ya nasibnya bakal 111 sama Jiwas Raya, Prolife, dan Kresna. Pertanyaan sejuta dolarnya adalah kalau lo pegang polis asuransi sekarang, lu yakin enggak perusahaan lo masuk di grup 106 yang aman? Atau jangan-jangan loang bom waktu di salah satu dari 38 perusahaan yang lagi struggling itu. Terus kenapa sih ini bisa kejadian? Kenapa industri yang jualan keamanan malah jadi sumber ketidakamanan? Apa yang salah sama asuransi di Indonesia? Oke, kita masuk ke dagingnya. Lu harus ngerti kenapa mereka bisa bangkrut biar lo enggak jadi korban berikutnya. Pertama, kita pahami dulu cara kerja bisnis asuransi. Bayangin lu sama 1 juta orang lain setor duit sejuta per tahun. Perusahaan dapat 1 triliun kan. Nah, duit itu enggak didiamin di brankkas kayak Paman Gober. Duit itu diputar, diinvestasiin, beli saham, obligasi, properti, dan lain-lain. Kenapa? Karena asuransi itu kontrak jangka panjang. Lo bayar sekarang klaimnya mungkin 20 tahun lagi. Duitnya harus beranak-pinak buat ngalahin inflasi dan bayar klaim di masa depan. Sistem ini perfect kalau jalan benar. Tapi ada banyak cara buat bikin sistem ini hancur lebur. Penyebab pertama kesalahan investasi. Ini penyakitnya jiwa seraya. Mereka investasikan duit nasabah ke tempat sampah. Mungkin karena serakah pengin return gede jadi ambil risiko gila-gilaan. Atau ini yang sering terjadi, ada korupsi, pejabatnya main mata invest ke perusahaan temannya biar dapat kickback. Hasilnya investasi rugi bandar. Duit nasabah nyusut pas waktunya bayar klaim kasnya kosong. 16,8 triliun yang hilang di Jiwas Raya itu hasil akumulasi keputusan bodoh dan jahat selama 10 tahun. Dikit-dikit lama-lama jadi bukit-bukit utang. Penyebab kedua masalah likuiditas dan modal. Bahasa ekonominya ribet, tapi simpelnya gini. Liditas itu kemampuan bayar utang jangka pendek. Tiap bulan kan pasti ada aja nasabah yang sakit, mati, atau kecelakaan. Perusahaan harus punya cash segar buat bayar itu. Tapi kalau semua duitnya nyangkut di properti yang enggak laku dijual atau saham gorengan yang lagi nyungsep, gimana? Mereka enggak punya cash macet. Sedangkan modal itu napas jangka panjangnya. OJK matok modal minimum. Kalau modalnya kurang ya izin dicabut. Prolif Kresna, Aspan itu mati karena penyakit ini. Penyebab ketiga, tekanan pasar alias demografi. Indonesia lagi ngalamin aging population. Orang tua makin banyak, anak muda makin dikit. Orang tua itu biaya tinggi, sering sakit, klaimnya gede. Di sisi lain, anak muda alias Genzi dan milenial ekonominya lagi sulit. Gaji pas-pasan, harga barang naik. Mereka malas beli asuransi, mending buat makan atau healing. Jadi, duit masuk atau premi makin dikit, duit keluar atau klaim makin deras. Ini kayak gentong bocor yang airnya habis tapi yang minum makin banyak. Belum lagi masalah suku bunga, asuransi sering janjiin return pasti misal 5% per tahun. Eh, ternyata investasi mereka di obligasi cuma dapat 3% tekor 2% kan itu harus ditambah pakai modal perusahaan. Kalau terus-terusan modalnya habis, Bro. Penyebab keempat, regulasi makin galak. Sebenarnya ini bagus, OJK makin ketat, tapi efek sampingnya, perusahaan yang tadinya hidup segan mati tak mau jadi ketahuan boroknya. Dengan aturan modal baru yang tadinya aman-aman aja jadi masuk kategori bahaya. Yang enggak kuat napasnya, ya wasalam. Ini seleksi alam bagus buat industri jangka panjang, tapi buat nasabah yang kebetulan nyangkut di perusahaan yang mati ya apes. Jadi jelas ya, bangkrutnya asuransi itu kompleks. Campuran antara ekonomi yang berubah, regulasi human error, sampai korupsi pejabatnya. Dan yang selalu jadi korban paling tragis ya nasabah rakyat jelata yang niatnya cuma mau ngelindungin keluarga. Nah, sekarang kita masuk ke bagian yang lebih relatable sehari-hari. Karena lo enggak perlu nunggu perusahaan bangkrut buat ngerasa dirugiin asuransi. Perusahaan yang masih sehat walafiat pun bisa bikin lo boncos. Gua pernah baca curhatan viral di forum online, ada orang punya asuransi kesehatan pede banget dong. Pas dia sakit dan dirawat habis biaya Rp20 juta. Dia santui kan ada asuransi. Dia kumpulin semua berkas lengkap selemari. submit claim. 2 minggu sepi, sebulan enggak ada kabar. Dia mulai panik. Teror CS datangin kantor. Akhirnya setelah 2 bulan digantungin kayak jemuran basah, surat cinta datang. Maaf, klaim Anda ditolak. Alesannya, katanya ada satu pertanyaan di formulir pendaftaran 5 tahun lalu yang dia jawabnya salah. Soal riwayat kesehatan, perusahaan nuduh dia enggak jujur alias non discisclosure. Padahal dia yakin udah jujur. Tapi siapa yang ingat detail pertanyaan form 5 tahun lalu? Akhirnya dia harus bayar R2 juta pakai duit sendiri. Udah rugi bayar premi 5 tahun, anggap aja R10 juta, rugi lagi bayar rumah sakit Rp2 juta. Total rugi R3 juta plus sakit hati. Kasus ginian banyak banget. Ada yang ditolak karena preexisting condition alias penyakit bawaan. Padahal pas beli asuransi dia ngerasa sehat walafiat. Ada yang ditolak karena telat lapor pas emergency. Ya, kali lagi sekarat sempat nelpon CS. Ada yang ditolak karena masuk rumah sakit yang bukan rekanan. Ada yang cuma diover sebagian, sisanya suruh nombok. Belum lagi drama auto debit. Ada nasabah mau tutup polis karena udah enggak sanggup bayar. Udah lapor sebulan sebelumnya. Eh, minus satu penutupan. Rekeningnya tetap didebet buat premi bulan depan. Pas komplain jawabannya kelise, "Oh, itu sistem, Pak. Enggak bisa balik. Anjir, enggak tuh." Kenapa ini bisa kejadian? Hard trot karena kita malas baca kontrak. Jujur deh, terakhir lo beli asuransi, lo baca enggak itu buku polis yang tebalnya kayak skripsi? Lo baca enggak tulisan font ukuran semut di halaman belakang? Pasti enggak. Kita cuma dengerin agen ngoceh yang manis-manis doang. Pokoknya kalau sakit di choper kalau mati dapat duit. Kita angguk-angguk tanda tangan. Padahal di kontrak itu ada jebakan Batman bernama pengecualian atau exclusions. Daftarnya panjang banget, Bro. Penyakit karena gaya hidup, sakit jiwa, operasi kosmetik dan lain-lain itu seringkiali enggak dicover. Terus ada waiting period. Lo beli asuransi hari ini, besok sakit kanker. Dia enggak bisa klaim. Harus nunggu 3 bulan, 6 bulan, atau setahun dulu. Semua itu ada di kontrak. Tapi bahasanya emang sengaja dibikin bahasa planet alias bahasa hukum yang bikin pusing biar kita malas baca. Sekarang mari kita bedah sisi gelap industri ini yang lebih dalam lagi. Siap-siap emosi. Pertama, sistem komisi yang bikin agen jadi buta mata. Agen asuransi itu hidup dari komisi dan komisinya gede gila. Bisa 30 sampai 40% dari premi tahun pertama lo. Kalau lo bayar Rp10 juta, dia dapat R juta. Karena duitnya gede, agen jadi semangat 45 buat jualan apapun caranya tanpa peduli itu produk cocok buat lo atau enggak. Ini namanya misselling. Contoh, gaji lo UMR R juta tapi dipaksa beli asuransi premi R2 juta. Itu 40% gaji lo. Gila. Tapi agen tetap push demi komisi. Akhirnya 6 bulan kemudian lu enggak sanggup bayar, polis mati atau laps, duit lo hangus. Agennya udah dapat komisi, bodo amat. Atau yang lebih klasik, lu cuma butuh asuransi jiwa murni atau term life yang murah. Tapi agen maksa jual unit link yang mahal dan ribet. Kenapa? Karena komisi unitlink lebih gurih buat agen. Mereka bakal jualan mimpi. Ini proteksi plus investasi duit Bapak bakal berkembang. Realitanya biaya administrasinya selangit, investasinya sering rugi. Kedua, kontrak yang didesain buat nolak klaim ada prinsip hukum Atmos Good Faith. Nasabah harus jujur 100%. Masalahnya pertanyaan di form itu sering jebakan. Pernahkah Anda mengalami gangguan kesehatan dalam 5 tahun terakhir? Lo pernah flu? Pernah sakit gigi? Kalau lo jawab tidak, karena lo anggap itu sepele, perusahaan bisa jadiin itu alasan buat nolak klaim lo nanti. Wah, Bapak enggak jujur dulu pernah sakit gigi enggak lapor. Gila kan? Ketiga, period of contestability. Ini periode 2 tahun di mana perusahaan asuransi jadi detektif Konan. Kalau lo klaim di 2 tahun pertama mereka bakal investigasi gila-gilaan nyari kesalahan lo di form pendaftaran sekecil apapun buat ngebatalin polis. Ironisnya lewat 2 tahun mereka lebih susah nolak. Jadi sistemnya emang ngedorong mereka buat cari-cari kesalahan di awal. Terus di mana peran pemerintah? Di mana OJK? Jujur OJK udah kerja. Mereka yang nyabut izin Jiwas Raya dan lain-lain. Mereka yang bikin aturan modal baru. Tapi OJK punya keterbatasan. Mereka kayak pemadam kebakaran baru bisa bertindak pas apinya udah gede. Mereka enggak bisa ngeramel masa depan. Pas masalah ketahuan biasanya duit nasabah udah ludes. Proses likuidasi juga lama dan ribet. Aset dijual, utang didata, baru sisa remah-remahnya dibagi ke nasabah. Lu punya polis Rp100 juta, mungkin cuma balik R3 juta setelah nunggu bertahun-tahun. Sisanya sedekah paksa. Dan satu lagi yang bikin sakit hati di bank ada LPS atau lembaga penjamin simpanan yang jamin tabungan lo aman sampai 2 miliar kalau bank bangkrut. Di asuransi zong penjaminan kayak gitu. Kalau asuransi bankrut lu cuma bisa berdoa semoga likuidasi lancar. Padahal asuransi megang duit triliunan juga tapi perlindungannya enak banget dibanding bank. OJK emang udah kasih deadline ke 38 perusahaan yang sakit tuh sampai 2026. Kalau enggak sembuh ya siap-siap aja ada gelombang PHK massal perusahaan asuransi lagi dan korbannya lagi-lagi nasabah. Oke, habis dengar semua ini mungkin lo jadi parno. Ah, malas gua beli asuransi. Mending duitnya disimpan di bawah bantal. AIDS jangan salah kaprah. Poin gue bukan nyuruh lo anti asuransi. Asuransi itu tetap penting. Risiko sakit mati, kecelakaan itu nyata, Bro. Biaya rumah sakit itu nyata mahalnya. Poin gua adalah lu harus cerdas. Jangan jadi nasabah yang cuma iya-iya. Lo harus lindungin diri lo sendiri. Nih gua kasih contekan survival guide-nya. Satu, cek kesehatan dompet perusahaan. Jangan silau sama iklan TV atau kantor megah. Cek laporan keuangannya. Cari di web OJK atau web perusahaannya. Cari angka Risk based capital atau RBC. Standar OJK minimal 120%. Cari yang di atas 200% biar tidur nyenyak. Cek juga rating dari lembaga kay Pfindo. Kalau dapat A aman, kalau B atau C mending kabur. Dua, baca kontrak sampai mata jelalatan. Gua tahu ngebosenin, tapi ini duit loh. Fokus ke bagian pengecualian atau exclusions apa aja yang enggak dicover. Fokus ke waiting period. Fokus ke definisi penyakit. Kalau enggak ngerti, tanya agen sampai dia berbusa. Kalau agennya enggak bisa jelasin atau muter-muter, itu redflek. Tiga, jujur sejujur-jujurnya. Pas ngisi form jangan ada yang ditutupin. Pernah sakit panu tulis. Pernah mencret tulis. Riwayat penyakit keluarga tulis. Mending ditolak di awal atau premi mahal dikit daripada klaim ditolak pas loarat nanti. Empat. Simpan bukti kayak harta karun. Fotokopi form pendaftaran, bukti transfer, chat sama agen polis asli, simpan semua. Kalau nanti ada sengketa, itu senjata lo. Lima, review polis setahun sekali. Jangan beli terus, lupa. Cek lagi coverage R juta 5 tahun lalu mungkin cukup. Sekarang cuma dapat perban doang di rumah sakit. Sesuaikan sama kebutuhan dan inflasi. Enam. Kalau ditolak lawan. Jangan pasrah kayak sinetron azab. Kalau lo yakin benar, minta penjelasan tertulis. Komplain ke internal perusahaan. Kalau mentok, lapor OJK. Kalau perlu, gugat ke pengadilan. Banyak kok kasus nasabah menang di pengadilan. Fight for your rights. Tujuh, jangan taruh telur di satu keranjang. Kalau lu punya budget gede, bagi kedua sampai tiga perusahaan asuransi beda. Kalau satu bangkrut longga miskin mendadak masih ada backup. Delan dana darurat itu wajib. Ini backup plan. Kalau asuransi ngadat minimal 6 bulan pengeluaran. Jadi kalau klaim ditolak atau cairnya lama, lo enggak perlu ngutang pinjol. 9. No leg is power. Update terus berita asuransi. Gabung komunitas baca forum. belajar dari pengalaman orang lain biar lo enggak kejeblos di lubang yang sama. Kesimpulannya, Guys, industri asuransi kita emang lagi enggak baik-baik aja. Banyak ranjau daratnya, tapi bukan berarti kita enggak butuh. Kita butuh, tapi mindset kita yang harus berubah. Jangan percaya buta. Lo harus aktif, kritis, dan protektif sama duit lo sendiri. Ingat, enggak ada yang bakal peduli sama duit lo melebihi diri lo sendiri. bukan perusahaan asuransi, bukan agen yang manis mulutnya, bahkan bukan regulator. Jadi mulai sekarang, be smart, cek asuransi lu sekarang, cek RBC-nya, cek polisnya. Kalau lo belum punya, riset dulu yang benar. Jangan beli karena enggak enak sama teman yang jadi agen. Beli karena lo butuh dan lo paham. Dan ingat, asuransi itu buat proteksi, bukan buat kaya cepat. Kasus Juas Raya Kresna itu pelajaran mahal yang dibayar pakai air mata ribuan orang. Jangan sampai lo jadi korban berikutnya. Jadilah nasabah cerdas yang enggak gampang dikibulin sistem. Karena duit lo cuma lo yang bisa jagain. Thanks nonton sampai habis. Kalau lo ngerasa video ini ngebuka mata batin lo, bantuin share ke keluarga, teman, grup WA keluarga biar makin banyak yang melag dan enggak jadi korban. Stay safe, stay smart, dan sampai jumpa di video berikutnya. Yeah.