Transcript
DC0j1wtjf9A • Katanya Ekonomi Meroket, Kok Dompet Nyungsep? Realita Pahit Pekerja Indonesia
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/JendelaDunia-u3n/.shards/text-0001.zst#text/0033_DC0j1wtjf9A.txt
Kind: captions
Language: id
Halo semuanya, selamat datang kembali di
channel Jendela Dunia. Jangan lupa tekan
tombol subscribe dan nyalakan
loncengnya. Mari kita buka jendela
wawasan kita hari ini. Oke, guys. Jadi
gini. Setiap kali gua upload video baru,
apalagi kalau topiknya lagi berat
ngebahas ekonomi negara orang, entah itu
Amerika, Cina, atau negara antah-
berantah, pasti ada satu jenis komentar
yang nongol di notifikasi. enggak pernah
absen. Kadang yang nulis nadanya santai
kayak lagi ngajak ngopi. Kadang agak
pedas kayak seblak level 5. Kadang juga
ngegas penuh emosi jiwa. Isinya seragam
yaitu, "Bang, kenapa enggak bahas
ekonomi Indonesia aja sih?" Atau kalau
lo berani coba kulitin tuh korupsi di
Indonesia. Dan yang menarik nih kalau
diperhatiin, komentar-komentar itu punya
vibes yang sama di ujung kalimatnya.
pesan tersiratnya tuh kayak mereka mau
bilang, "Bro, kita ini hidup di sini,
kita ngerasain pedihnya tiap hari, tapi
kok rasanya enggak banyak yang ngomongin
ini dengan jujur dan pakai bahasa
manusia ya?" Dan jujur aja nih, justru
komentar-komentar julit tapi benar
itulah yang bikin video ini akhirnya gua
bikin. Sebenarnya kalau ngomongin
ekonomi Indonesia, bahannya tuh enggak
pernah habis dan melimpah ruah. Tiap
hari kita disuguhi angka-angka canggih,
laporan tebal, pernyataan pejabat pakai
jas rapi sampai berita di TV katanya.
Pertumbuhan ekonomi sekian persen,
inflasi aman terkendali, investasi asing
ngantri masuk, dan proyek raksasa ada di
mana-mana. Kalau kita cuman modal nonton
berita doang, Indonesia ini kelihatan
kayak negara yang lagi glowing banget,
stabil, aman, sentosa, bahkan sering
dibilang calon raksasa ekonomi masa
depan. Tapi tiba-tiba muncul pertanyaan
sederhana Nan menohok dari kolom
komentar tadi. Pertanyaan yang mungkin
juga sering mampir di kepala lo pas lagi
bengong di motor nunggu lampu merah.
Kalau emang ekonomi kita sebaik itu,
kenapa hidup rasanya makin engap? Ya,
kenapa pas kita ke pasar atau minimarket
rasanya harga barang makin enggak ngotak
dibanding tahun lalu? Kenapa duit gaji
tuh rasanya kayak cuma numpang lewat
doang di rekening? Masalah inflasi di
Indonesia ini emang unik, Guys. Kalau lu
lihat data di atas kertas, inflasi kita
tuh katanya rendah, enggak tinggi. Tahun
2024 kemarin, BPS bilang inflasi kita
cuma 2,3%.
Tahun 2025 juga rendah sekitar 2 sampai
3%. Sering banget dipuji dunia
internasional karena berhasil dijaga di
zona aman. Kedengarannya bagus banget
kan? Tapi tunggu dulu. Coba lo
ingat-ingat. Tahun 2024 lo beli telur di
pasar berapa? Sekitar Rp29.000
per kilo. Sekarang awal 2026 harganya
Rp33.500.
Naik berapa persen? sekitar 15% lebih.
Beras yang dulu Rp13.000 sekarang
Rp16.000.
Minyak goreng curah yang dulu Rp16.000
sekarang hampir Rp20.000. Nah loh, kok
beda jauh sama angka resmi 2 sampai 3%?
Ini yang gua bilang, inflasi di kertas
sama inflasi di wartek itu beda planet.
Masalahnya inflasi itu bukan cuma soal
angka statistik rata-rata. Inflasi itu
soal pengalaman. Inflasi itu adalah
perasaan nyesek pas lo bawa duit R.000.
Rp.000. Niat hati mau belanja mingguan
eh pas pulang kantong kreseknya enteng
banget. Inflasi itu adalah momen ketika
harga nasi uduk, minyak goreng, telor,
sama cabe naik pelan-pelan, enggak
drastis. Tapi sialnya enggak pernah
turun lagi ke harga awal. Dan ini jenis
inflasi yang paling sakit tapi enggak
berdarah karena langsung nampar
kehidupan kita sehari-hari. Yang bikin
situasi ini makin bikin pusing adalah
kenyataan pahit bahwa kenaikan gaji kita
tuh larinya kayak kura-kura. Sementara
kenaikan biaya hidup larinya kayak
kelinci dikejar anjing. UMR Jakarta
tahun 2024 R5 juta. Tahun 2025 naik jadi
Rp5,4 juta. Kedengaran lumayan kan? Naik
6,5% atau sekitar Rp330.000.
Tapi lo bandingkan sama kenaikan harga
telor 15%, beras 17% dan minyak goreng
21%.
Banyak orang emang dapat kenaikan gaji,
tapi naiknya tuh kayak formalitas doang.
Naik dikit eh langsung dimakan sama
harga token listrik yang naik dan harga
bensin yang naik. Akibatnya secara
teknis di slip gaji angka lo naik, tapi
secara psikologis lo enggak ngerasa
makin kaya malah makin miskin. Gua
ngobrol sama seorang teman, sebut aja
Andi, 28 tahun kerja di startup, gaji
Rp8 juta. Udah lumayan kan? Tapi tunggu
dulu. Dia kirim ke orang tua di kampung
Rp2 juta, kos sama utilitas Rp2,5 juta,
makan sehari-hari Rp2 juta, transportasi
Rp800.000,
dan bayar motor cicilan Rp1,2 juta. Lo
hitung sendiri deh sisa berapa? Minus
Rp500.000.
Dia bilang ke gue, "Bang, gue udah kerja
keras tapi tiap bulan rasanya kayak
dikejar setan." Dan Andi, ini bukan
pengecualian. Ini cerita jutaan anak
muda Indonesia sekarang. Generasi yang
harusnya lagi building future malah
stuck di mode survival. Di titik ini
orang mulai deh ngebanding-bandingin
nasib mereka sama orang tua zaman dulu.
Banyak yang ngerasa bapak nyokap mereka
dulu dengan kerjaan yang mungkin lebih
sederhana dan ijazah SMA justru hidupnya
lebih slow. Bisa beli rumah lebih cepat,
panah masih luas, bisa ngegedein anak
sekampung tanpa pusing mikirin biaya
dekare atau susu formula yang harganya
selangit kayak sekarang. Perbandingan
ini emang enggak 100% adil sih, karena
zamannya beda. Tapi perasaannya itu
nyata, Men. Ada kesan kalau jalan menuju
hidup mapan sekarang tuh rasanya makin
panjang, makin terjal, dan makin sempit.
Pas tekanan ini numpuk terus, wajar dong
orang cari kambing hitam. Dan di
Indonesia kambing hitam paling favorit
ya satu kata tadi korupsi. Kata ini
muncul bukan karena semua netizen itu
pakar hukum yang paham detail anggaran
APBN, tapi karena korupsi udah jadi
simbol simbol kebocoran. Simbol dari
sesuatu yang harusnya bisa bikin hidup
rakyat enteng tapi entah nyangkut di
kantong siapa. Buat banyak orang
logikanya simpel banget, enggak usah
ribet. Gua udah bayar pajak, katanya
subsidi ada anggaran negara ribuan
triliun rupiah, tapi kok hidup gua masih
gini-gini aja? Kok sekolah anak mahal,
kok obat mahal? Pas pertanyaan ini
enggak dapat jawaban yang jelas. Ya,
kecurigaan tumbuh subur. Sekarang soal
korupsi. Gue enggak mau asal nuduh ya,
tapi kita pakai yang udah divonis aja.
Tahun 2023 kemarin ada kasus bansos yang
kerugian negaranya Rp300 miliar lebih.
Rp300 miliar itu sebenarnya bisa buat
apa sih? Bisa bantu Rp1 juta keluarga
masing-masing dapat Rp300.000 selama
setahun. atau bisa buat subsidi harga
beras buat jutaan orang atau buat bikin
600 sekolah gratis. Tapi ujung-ujungnya
nyangkut di kantong oknum. Dan ini cuman
satu kasus yang ketangkap, Bro. Yang
enggak ketangkap, yang masih
lancar-lancar aja, berapa banyak coba?
Ini yang bikin orang hilang kepercayaan.
Bukan karena orang Indonesia suka Suud
zone, tapi karena buktinya ada di depan
mata. Setiap tahun berulang. Tiap kali
ada berita soal anggaran negara yang
ribuan triliun rupiah, proyek
infrastruktur megah, atau investasi
asing yang angkanya bikin melongo.
Pertanyaan rakyat jelata tetap simpel.
Terus dampaknya buat dompet gua apa,
Bang? Kalau pertanyaan ini terus-terusan
enggak ada jawaban yang nyata, jarak
antara negara dan warga makin lebar.
Bukan dalam bentuk perlawanan angkat
senjata, tapi bentuknya sinisme halus.
Orang tetap kerja, tetap bayar pajak
karena dipaksa. E tetap patuh. Tapi
dalam hati udah enggak terlalu percaya
kalau sistem bakal bawa mereka ke tempat
yang lebih baik. Tapi di sisi lain,
kalau kita mau adil, nyederhanain semua
masalah ekonomi cuma gara-gara korupsi
doang juga enggak sepenuhnya benar.
Ekonomi Indonesia hari ini tuh lagi
ngadapin tantangan struktural yang gede
banget. Penduduk kita banyak, artinya
saingan cari kerja makin gila.
Urbanisasi cepat banget. Orang desa
pindah ke kota bikin biaya hidup di kota
makin enggak masuk akal. Kita juga makin
terhubung sama ekonomi global. Jadi
kalau ada perang di ujung dunia atau
defat di Amerika bersin, kita di sini
ikut pilek. Semua faktor ini numpuk
berlapis-lapis dan enggak bisa
diselesaiin cuma dengan satu kebijakan
sakti mandraguna. Masalahnya kerumitan
ini jarang banget dijelasin pakai bahasa
tongkrongan. yang sering kita dengar itu
pernyataan resmi yang bahasanya kaku,
rapi, optimis banget, dan penuh istilah
planet lain. Buat masyarakat yang lagi
pusing muter otak biar dapur tetap
ngebul, bahasa kayak gitu tuh rasanya
jauh banget. Seolah-olah ekonomi yang
diomongin pejabat itu beda alam sama
ekonomi yang mereka jalanin tiap hari.
Inilah yang bikin banyak orang ngerasa
asing di negaranya sendiri. Mereka hidup
di ekonomi yang katanya tumbuh meroket,
tapi dompet mereka ngerasa nyungsep.
Mereka dengar kata stabil, tapi posisi
mereka rapuh banget. Kalau kita tarik
garis lebih dekat lagi ke kehidupan
sehari-hari nih, satu hal yang paling
sering jadi bahan omongan di tongkrongan
adalah soal penghasilan. Bukan soal
pengin jadi crazy rich kayak di
Instagram, bukan soal pamer mobil sport,
tapi soal cukup atau enggak cukup.
Banyak orang Indonesia hari ini tuh
pertanyaannya udah bukan gimana caranya
jadi kaya raya, tapi kenapa gua kerja
capeknya udah kayak romus, tapi hidup
kok segini-segini aja ya? Di kota-kota
besar ceritanya hampir sama semua. Copy
paste. Gaji masuk tanggal muda, senang
bentar terus langsung lenyap dibagi-bagi
ke pos wajib. Bayar kosan atau cicilan
kontrakan, makan sehari-hari, bensin
atau ojol, pulsa data karena enggak bisa
hidup tanpa internet, token listrik, dan
bayar air. Begitu semua kewajiban kelar.
Yang tersisa seringki bukan tabungan
masa depan, melainkan pertanyaan horor.
Kalau bulan depan motor rusak atau sakit
tipes, gua dapat duit dari mana? Inilah
titik di mana banyak orang mulai ngerasa
ekonomi Indonesia itu aneh bin ajaib.
Secara resmi lapangan kerja ada dan
angka pengangguran enggak meledak. Tapi
kualitas hidup dari kerjaan itu
seringkiali enggak cukup buat ngasih
rasa aman. Banyak lowongan kerja tapi
gajinya cuma cukup buat bertahan hidup,
bukan buat membangun hidup. Akibatnya
apa? Punya kerjaan lebih dari satu alias
side hassle itu jadi hal yang normal
banget sekarang. Bukan lagi cerita
inspiratif yang luar biasa, tapi udah
jadi rutinitas wajib. Satu orang bisa
punya ID card karyawan kantoran pas
siang malamnya pakai jaket ojol. Eh, di
sela-sela itu masih ngadminin toko
online jualan kerudung. Ini bukan karena
orang Indonesia tiba-tiba jadi ambisius
gila kerja, tapi karena sistem yang
maksa mereka. Begitu. Satu sumber
penghasilan doang tuh terlalu rapuh,
Bos. Ngeri-ngeri sedap. Tapi di balik
kegigihan pejuang cuan itu, ada satu
perasaan yang sering muncul tapi jarang
diomongin kencang-kencang. Lelah. Lelah
bukan cuma badan pegelinu, tapi lelah
mental alias burn out. Selalu
hitung-hitungan duit, selalu was-was,
dan selalu overthinking. Hidup rasanya
kayak jalan di atas tali tipis. Enggak
jatuh sih, tapi enggak bisa santai juga.
Tegang terus. Dalam kondisi kayak gini,
rencana jangka panjang seringkiali jadi
korban. Contoh paling nyata beli rumah.
Dulu itu target realistis, sekarang jadi
mimpi di siang bolong yang ditunda tanpa
tanggal jelas. Banyak anak muda usia 20
akhir atau 30 awal udah masa bodoh sama
kepemilikan rumah. Bukan karena mereka
enggak mau punya rumah sendiri, tapi
hitung-hitungannya enggak masuk akal
sama gaji yang masuk. Harga rumah di
kota naiknya kayak roket, gaji naiknya
kayak siput. Ketimpangan ini bikin orang
ngambil keputusan yang pragmatis banget.
Mending ngontrak seumur hidup atau
melipir tinggal di pinggiran kota yang
jauh banget, tua di jalan, atau tetap
numpang di rumah mertua atau orang tua.
Buat generasi Bapak Ibu kita ini mungkin
kelihatan kayak kemunduran kok belum
punya rumah. Tapi buat generasi
sekarang, ini adalah strategi bertahan
hidup, strategi perang. Dan di sinilah
muncul pergeseran besar dalam cara orang
Indonesia mandang arti kata sukses. Dulu
sukses itu punya asep. Rumah gedong,
tanah berhektar-hektar, dan mobil
banyak. Sekarang definisi sukses jadi
lebih sederhana dan humble. Bisa hidup
tanpa dikejar depolle pinjol itu udah
sukses. Bisa makan enak tanpa mikir
harga itu sukses. Bisa bantu transfer ke
orang tua di kampung itu sukses. Bisa
tidur nyenyak tanpa mikirin tagihan
besok pagi itu kemewahan. Standar sukses
turun bukan karena orang enggak punya
mimpi, tapi karena realitas yang
menampar maksa mereka. Nurunin
ekspektasi biar enggak gila. Di tengah
tekanan ini, peran keluarga jadi penting
banget, tapi juga bikin pusing. Banyak
orang dewasa muda masih dapat support
dari orang tua. Entah boleh tinggal di
rumah gratis, dipinjamin duit, atau
sekedar jadi jaring pengaman kalau lagi
bokek parah. Tapi di sisi lain, mereka
juga sering harus bantu orang tua atau
adik-adiknya. Jadi kayak jalan dua arah.
Inilah kenapa istilah mandiri secara
finansial di Indonesia itu beda artinya
sama di negara barat. Mandiri di sini
bukan berarti lo cabut dari rumah terus
hidup sendiri 100%. Mandiri di sini
artinya lo enggak jadi beban tambahan
buat keluarga. Syukur syukur bisa ikut
manggul beban keluarga. Ini keseimbangan
yang susah banget loh lu jadi generasi
sandwich yang kejepit atas bawah dan
perjuangan kayak gini tuh enggak
kelihatan di statistik ekonomi manapun.
Kalau kita ngomongin masa depan, banyak
orang langsung ragu alisnya ngerut.
Bukan karena enggak punya harapan, tapi
karena udah kekenyangan janji. Janji
ekonomi bakal meroket, janji lapangan
kerja bakal banjir, janji generasi emas
2045.
Semuanya kedengaran indah banget kayak
surga. Tapi buat banyak orang, masa
depan itu rasanya blur dan kabur. Enggak
gelap total sih, tapi enggak terang
benderang juga. Anak muda Indonesia hari
ini hidup di tengah kontradiksi yang
aneh banget. Di satu sisi mereka hidup
di era peluang paling gila yang pernah
ada. Internet ngebuka pintu ke
informasi, kerjaan, dan pasar yang dulu
enggak kebayang. Anak di Kabupaten
Terpencil bisa jualan barang ke Jakarta,
bahkan ke luar negeri, cuma modal HP.
Belajar skill baru tinggal buka YouTube
atau TikTok. Dari luar ini kelihatan
kayak zaman keemasan. Tapi di sisi lain,
tekanan hidupnya juga belum pernah
seberat ini. Persaingan makin sadis.
Semua orang kayak lagi lomba lari
sprint. Media sosial penuh sama pameran
kesuksesan orang lain. Si A umur 20 udah
punya Alpart. Si B umur 23 udah punya
start up. Yang bikin kegagalan kita
rasanya makin perih. Dalam kondisi kayak
gini, ekonomi enggak cuma nekan dompet,
tapi juga nekan mental. Insecure
berjamaah. Banyak anak muda ngerasa
dikejar setan harus sukses cepat-cepat.
Kalau enggak sukses sekarang, bakal
ketinggalan selamanya. Harus punya
kerjaan mapan, gaji gede, tabungan
tebal. investasi saham dan kripto di
usia yang masih bau kencur. Padahal ee
struktur ekonomi kita enggak selalu
mendukung kecepatan kayak gitu. Lapangan
kerja yang gajinya gede itu terbatas dan
rebutan. Kenaikan gaji butuh waktu
bertahun-tahun. Stabilitas finansial itu
maraton, bukan lari sprint. Pas realitas
yang lambat ini, tabrakan sama
ekspektasi yang serba instan. Yang
muncul bukan kemarahan meledak-ledak,
tapi rasa lelah yang halus. Capek nyoba
ngejar standar yang rasanya lari menjauh
terus. Capek ngebandingin diri sama
influencer. Capek ngerasa kurang padahal
udah usaha mati-matian. Dalam konteks
ini, ekonomi Indonesia ngadapin
tantangan yang enggak kecatat di angka
BPS. Tantangan kepercayaan. Apakah
sistem ini beneran ngasih ruang buat
mayoritas orang buat naik kelas atau
cuma cukup buat ngejaga biar roda
ekonomi muter aja? Apakah kerja keras
masih sebanding sama hasilnya atau cuma
jadi cara buat bertahan hidup tanpa
pernah benar-benar nyampai garis finish?
Pertanyaan-pertanyaan ini sering enggak
diucapin, tapi kelihatan dari
keputusan-keputusan kecil. Orang nunda
nikah nanti aja kalau udah mapan.
Padahal mnya enggak tahu kapan. Orang
Nunda punya anak child free karena
budget free. Orang Nunda beli rumah.
Orang milih hidup minimalis alias irit.
Bukan karena pengin gaya hidup Zen, tapi
karena kepepet. Semua ini adalah respon
ekonomi. Meskipun jarang dibilang
begitu, kalau kita jujur, ekonomi
Indonesia hari ini tuh lagi diuji bukan
sama krisis moneter besar, tapi sama
kesabaran warganya. Kesabaran buat terus
percaya kalau arah negara ini benar.
Selama hidup masih bisa jalan, banyak
orang milih diam, adaptasi, nelen ludah,
dan bertahan. Tapi ingat, kesabaran itu
bukan sumber daya yang enggak terbatas.
Ada batasnya, Bos. Di titik ini peran
kebijakan pemerintah jadi krusial
banget. Bukan cuma dalam bentuk angka
pertumbuhan sekian persen, tapi dalam
bentuk rasa. Rasa kalau sistem ini adil.
Rasa kalau usaha kita enggak sia-sia.
Rasa kalau ada orang kerja jujur dan
keras, dia enggak bakal terus-terusan
diinjak-injak nasib. Tanpa rasa ini,
stabilitas ekonomi itu rapuh banget.
Biarpun dari luar kelihatan kokoh kayak
beton. Indonesia sebenarnya punya modal
gila-gilaan. Pasar domestik kita gede
banget, orang kita doyan belanja,
penduduknya muda-muda, sumber daya alam
melimpah, dan posisi strategis. Ini
semua sering disebut sebagai potensi.
Tapi potensi cuma bakal jadi kata indah
di brosur kalau enggak bisa diubah jadi
pengalaman nyata yang ngenyangin perut
rakyat biasa. Kalau enggak potensi cuma
bakal jadi dongeng pengantar tidur.
Mungkin itu sebabnya kenapa topik
inflasi dan korupsi selalu balik lagi.
Balik lagi. Bukan karena orang terobsesi
sama dua kata itu, tapi karena keduanya
nyentuh inti rasa keadilan. Inflasi itu
nyopet hasil kerja kita tanpa permisi.
Korupsi itu nyopet kepercayaan kita
tanpa kelihatan. Keduanya bikin orang
ngerasa sistem ini lagi ngelawan mereka,
bukan kerja buat mereka. Dan selama
perasaan itu masih ada, drama ekonomi
Indonesia enggak bakal kelar. Bakal
terus diceritain ulang pakai kata-kata
beda, tapi emosinya sama. Pengin hidup
lebih tenang, pengin ngerasa aman,
pengin percaya kalau masa depan enggak
bakal lebih suram dari hari ini. Kalau
kita lihat balik semua yang udah kita
omongin, satu hal jadi makin jelas.
Ekonomi Indonesia hari ini bukan soal
benar atau salah, bukan soal sukses atau
gagal total. Ini soal pengalaman hidup
yang sering banget enggak sinkron sama
narasi besar negara. Negara bisa tumbuh,
proyek jalan tol diresmiin tiap bulan.
Laporan menteri kelihatan positif. Tapi
di level paling dasar, di level akar
rumput, banyak orang masih harus
berantem tiap hari cuma buat ngerasa
aman besok bisa makan. Dan mungkin di
sinilah letak kejujuran yang sering
hilang pas kita debat soal ekonomi.
Enggak semua masalah harus berbentuk
krisis gede biar layak dibahas. Enggak
semua penderitaan bentuknya harus
dramatis kayak orang kelaparan di jalan.
Kadang yang paling bikin capek itu
adalah kondisi di mana semuanya
kelihatan jalan normal tapi rasanya
berat banget buat dinikmati. Indonesia
hari ini ada di fase itu. Enggak runtuh,
enggak panik, enggak keos, tapi juga
enggak ringan. enggak ngasih ruang luas
buat napas, terutama buat mereka yang
hidup dari gaji ke gaji, dari orderan ke
orderan. Ketika orang-orang
terus-terusan motong pengeluaran,
batalin liburan, nunda punya anak, dan
nurunin standar hidup, itu sebenarnya
adalah sinyal ekonomi, Men. Sinyal lampu
kuning. Sinyal bahwa ada ketegangan di
bawah permukaan yang tenang. Sinyal
bahwa pertumbuhan ekonomi yang ada belum
cukup inklusif buat dirasain sama
mayoritas warga plus 62. sinyal bahwa
sistem kita masih lebih jago jaga
keseimbangan makro daripada
kesejahteraan mikro alias isi dompet
low. Dan di tengah semua itu, suara
masyarakat muncul lewat cara yang paling
sederhana dan paling jujur. Lewat
komentar netizen, lewat keluhan ringan
di Twitter, lewat memindiran, lewat
pertanyaan yang sama yang diulang-ulang
kayak kaset rusak. Kenapa hidup makin
mahal? Kenapa kerja keras rasanya enggak
ada hasil? Kenapa janji pejabat rasanya
jauh banget? Pertanyaan-pertanyaan ini
bukan serangan fajar, melainkan
permintaan tolong untuk dipahami.
Seringki kita atau pemerintah tergoda
buat ngejawab pertanyaan itu pakai mode
defensif. Dibalas pakai data, pakai
angka ribet, pakai perbandingan lihat
tuh negara lain lebih parah. Tapi
mungkin sebelum ngejawab dan ngegas,
yang paling dibutuhin itu adalah
mendengar validasi. Mengakui kalau rasa
lelah rakyat itu nyata. bahwa
ketidaknyamanan itu bukan ilusi atau
kurang bersyukur. Bahwa banyak orang
enggak minta hidup mewah bergelimang
harta. Mereka cuma minta hidup yang
masuk akal. Ekonomi Indonesia sebenarnya
punya semua syarat buat jadi lebih
manusiawi. Bukan cuma lebih gede se-nya,
tapi lebih terasa manfaatnya. Bukan cuma
lebih cepat, tapi lebih adil.
Tantangannya bukan karena kita kurang
potensi, tapi gimana nerjemahin potensi
itu jadi pengalaman sehari-hari. Gimana
caranya pertumbuhan ekonomi berubah jadi
penghasilan yang cukup buat bayar
cicilan? Gimana stabilitas berubah jadi
rasa aman pas malam? Gimana kebijakan
berubah jadi bantuan nyata bukan cuma
wacana. Kalau ke depan ekonomi Indonesia
pengin benar-benar dibilang sehat
walafiat, ukurannya enggak boleh
berhenti di laporan tahunan Bank
Indonesia. Ukurannya harus ada di dapur
rumah tangga, di kamar kosan mahasiswa,
di saldo rekening akhir bulan, dan di
ketenangan tidur malam Bapak Ibu kita.
Selama orang masih ngerasa harus nahan
napas dan deg-degan tiap lihat
tanggalan, berarti kerjaan belum beres.
Video ini enggak nawarin solusi instan
kayak mie gelas. Enggak ada jawaban
sederhana buat masalah yang serumit
benang kusut ini. Tapi setidaknya video
ini mengakui satu hal penting. Bahwa
perasaan yang lo tumpahin di kolom
komentar itu sah dan valid. bahwa
kebingungan lo, rasa capek lo, dan
pertanyaan lo yang terus berulang itu
bukan tanda kalau lo bego atau enggak
ngerti ekonomi, melainkan tanda kalau lo
peduli. Karena orang yang enggak peduli
enggak bakal nanya, mereka bakal cabut.
Mereka yang masih nanya, masih protes,
berarti masih berharap, masih pengin
percaya kalau ekonomi Indonesia bisa
jadi lebih dari sekadar stabil. Bisa
jadi tempat di mana kerja keras rasanya
sepadan. di mana hidup bukan cuma soal
bertahan dari gempuran tagihan, tapi
juga bisa berkembang dan bahagia. Dan
mungkin itulah inti dari semua
pembahasan panjang lebar ini. Bukan
tentang ngejatuhin siapa-siapa, bukan
tentang ngebela penguasa, tapi tentang
nyari jembatan buat nyambungin jarak
yang hilang antara angka statistik dan
manusia beneran, antara kebijakan di
istana dan kehidupan di gang sempit,
antara cerita besar negara maju dan
pengalaman kecil rakyatnya. Selama jarak
itu masih ada, obrolan tentang ekonomi
Indonesia bakal terus berlanjut. Dan
mungkin itu bukan hal yang buruk. Karena
selama masih ada yang mau ngomong, masih
ada yang mau komen, berarti masih ada
peluang buat berubah. Berarti masih ada
harapan kalau suara-suara dari bawah ini
bisa didengar, bukan cuma jadi
notifikasi yang diroll terus sama yang
di atas. Gue pengen nutup video ini
dengan satu pemikiran sederhana. Kalau
lu ngerasa capek, kalau lu ngerasa hidup
makin berat, kalau lu ngerasa ada yang
enggak beres sama sistem ini, lu enggak
sendirian. Ada jutaan orang di luar sana
yang ngerasain hal yang sama. Mereka
bangun pagi, berangkat kerja, pulang
malam, terus mikir kenapa rasanya enggak
pernah cukup. Mereka lihat gaji masuk
terus dalam hitungan hari udah tipis
lagi. Mereka dengerin berita ekonomi
tumbuh terus ngelihat dompet sendiri
susut. Dan yang penting buat diingat
adalah ini. Perasaan lo itu valid. Capek
lo itu nyata. Pertanyaan lo itu masuk
akal. Lo enggak lebay. Lo enggak kurang
bersyukur. Lo cuma manusia yang hidup di
tengah sistem ekonomi yang belum
sepenuhnya kerja buat kepentingan lo.
Dan mengakui itu adalah langkah pertama.
Bukan buat nyerah, tapi buat mulai nyari
jalan keluar yang lebih realistis. Buat
yang masih muda, yang masih punya
energi, mungkin lu bisa mulai belajar
hal-hal praktis. Belajar atur keuangan
dengan lebih baik. Enggak harus jadi
ahli ekonomi. Cukup tahu cara bikin
budget sederhana. Tahu mana pengeluaran
yang bisa dipangkas tanpa bikin hidup lo
sengsara. Belajar cari sumber
penghasilan tambahan. Enggak harus yang
muluk-muluk. Bisa dari skill kecil yang
lo punya. Belajar investasi sederhana.
Bahkan kalau cuma nabung di instrumen
yang aman, itu udah lebih baik daripada
duit nganggur terus dimakan inflasi. Ini
bukan solusi yang bakal bikin lo kaya
mendadak, tapi setidaknya bikin lo punya
kontrol lebih banyak atas nasib lo
sendiri. Buat yang udah punya keluarga,
yang udah ngerasain beratnya tanggung
jawab hidup, mungkin lu perlu lebih
jujur sama diri sendiri dan sama
keluarga tentang kondisi finansial.
Enggak usah pura-pura kuat kalau emang
lagi susah. Komunikasi itu penting. Ajak
pasangan diskusi. Ajak anak-anak ngerti
kalau hidup itu ada batasannya. Ini
bukan berarti lu gagal sebagai kepala
keluarga. Ini berarti lu realistis dan
bertanggung jawab. Dan buat kita semua
sebagai warga negara, mungkin saatnya
kita lebih vokal tapi dengan cara yang
konstruktif. Enggak harus demo di jalan
kalau lo enggak sanggup, tapi setidaknya
gunakan hak suara lo. Ikut pemilu, pilih
dengan bijak. Pilih yang benar-benar
peduli sama kesejahteraan rakyat kecil.
Bukan cuma jago janji-janji manis.
Pantau kinerja wakil rakyat lo. Kalau
mereka enggak kerja, lu punya hak buat
komplain, buat minta pertanggungjawaban.
Media sosial itu powerful. Gunakan
dengan cerdas. Viralin hal yang penting.
Bukan cuma gosip artis doang. Kita juga
perlu belajar solidaritas. Di tengah
tekanan ekonomi kayak gini, yang paling
bahaya adalah kalau kita malah saling
sikut dan saling jatuh-jatuhin.
Kompetisi itu perlu, tapi enggak harus
sampai bunuh-bunuhan. Bantu sesama kalau
bisa. Berbagi informasi lowongan kerja,
berbagi tips bertahan hidup, dan berbagi
resep murah meriah yang tetap enak.
Hal-hal kecil kayak gini bisa bikin
beban hidup terasa lebih ringan. Dan
satu hal lagi yang penting, jaga
kesehatan mental lu. Seriously, di
tengah tekanan ekonomi yang enggak ada
habisnya ini, banyak orang lupa bahwa
kesehatan mental itu sama pentingnya
sama kesehatan fisik. Kalau lu ngerasa
overwelmed cari orang buat diajak
ngobrol, bisa teman, keluarga, atau
profesional kalau memang perlu, jangan
pendem sendiri sampai meledak. Burnout
itu nyata dan efeknya bisa lebih parah
dari yang lo kira. Kadang yang lu
butuhin cuma istirahat sebentar, napas
dalam-dalam, dan ngingetin diri sendiri
kalau lo udah berusaha sebaik mungkin.
Indonesia hari ini memang lagi ada di
fase yang challenging, tapi kita juga
punya sesuatu yang enggak semua negara
punya. Kita punya resilience alias
ketahanan, kemampuan buat bertahan di
kondisi yang sulit. Nenek moyang kita
udah buktiin berkali-kali dari zaman
penjajahan krisis moneter 97 sampai
pandemi kemarin, kita selalu bisa
bangkit meskipun pelan. Dan kali ini
juga enggak akan beda. Yang perlu
berubah adalah gimana caranya resilience
ini enggak cuma jadi beban individual,
tapi jadi tanggung jawab kolektif.
Pemerintah perlu turun tangan dengan
kebijakan yang benar-benar menyentuh
akar masalah. Bukan cuma tambal sulam
permukaan. Pengusaha perlu lebih adil
dalam ngasih upah. Enggak cuma ngambil
keuntungan sebanyak-banyaknya. Dan kita
sebagai masyarakat perlu lebih kritis
tapi juga lebih konstruktif dalam
menyampaikan aspirasi. Ekonomi yang
sehat itu bukan ekonomi yang enggak
pernah ada masalah, tapi ekonomi yang
punya mekanisme untuk mendengar dan
merespon keluhan rakyatnya. Ekonomi yang
tumbuh bukan cuma di atas kertas, tapi
juga di meja makan. Ekonomi yang stabil
bukan cuma dalam artian ee enggak ada
kerusuhan, tapi dalam artian orang bisa
tidur nyenyak tanpa mikirin besok makan
apa. Dan kalau ada satu pesan yang
pengen gua sampaikan di akhir video ini,
pesannya adalah ini. Jangan pernah
berhenti bertanya, jangan pernah
berhenti peduli. Kalau lo ngerasa ada
yang enggak beres, kemungkinan besar
emang ada yang enggak beres. Trust your
God. Pertanyaan lo di kolom komentar,
keluhan lo di media sosial, curhatan lo
di warung kopi, semua itu penting. Semua
itu adalah data real time tentang
kondisi ekonomi yang jauh lebih jujur
daripada laporan resmi manapun.
Pemerintah boleh bilang inflasi rendah,
tapi kalau lo ngerasa harga naik
gila-gilaan, berarti ada disconnect yang
harus dijelasin. Pemerintah boleh bilang
ekonomi tumbuh, tapi kalau lu enggak
ngerasain tumbuhnya berarti
pertumbuhannya enggak inklusif. Dan itu
masalah yang harus dibenerin. Mungkin
perubahan enggak akan terjadi semalam.
Mungkin lo enggak akan bangun besok pagi
terus tiba-tiba semua masalah ekonomi
kelar. Tapi selama kita terus ngomong,
terus bertanya, dan terus menuntut yang
lebih baik, kita tetap punya harapan.
Karena perubahan itu enggak pernah
dimulai dari atas. Perubahan selalu
dimulai dari bawah dari orang-orang
kayak lo yang enggak mau diam aja nerima
keadaan. Jadi teruslah komen, teruslah
bertanya, teruslah berharap, dan yang
paling penting teruslah berjuang buat
hidup yang lebih baik. Enggak cuma buat
diri lo sendiri, tapi buat generasi
setelah lo. Karena pada akhirnya ekonomi
Indonesia itu milik kita semua dan masa
depannya juga tanggung jawab kita semua.
Sekian dari gue. Semoga video ini bisa
sedikit menjawab pertanyaan lo atau
setidaknya bikin lo ngerasa didengar.
Kalau lo setuju, silakan like dan share
biar makin banyak yang sadar. Kalau lo
enggak setuju, silakan komen di bawah.
Kita diskusi dengan kepala dingin. Dan
kalau lo punya cerita sendiri tentang
gimana ekonomi Indonesia ini ngaruh ke
hidup l, gua pengin dengar, tulis di
kolom komentar. Siapa tahu cerita lo
bisa jadi bahan video selanjutnya.
Sampai jumpa di video berikutnya. Tetap
semangat, tetap waras, dan ingat, lu
enggak sendirian dalam perjuangan ini.
Kita semua di kapal yang sama dan kita
harus dayung bareng-bareng biar sampai
ke tujuan. Peace out.