Transcript
FrZsmCp1sNo • KPR 2026: Bunga Naik, Gaji Habis — Kelas Menengah Masuk Jebakan Bunuh Diri Finansial
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/JendelaDunia-u3n/.shards/text-0001.zst#text/0051_FrZsmCp1sNo.txt
Kind: captions
Language: id
Halo semuanya, selamat datang kembali di
channel Jendela Dunia. Jangan lupa tekan
tombol subscribe dan nyalakan
loncengnya. Mari kita buka jendela
wawasan kita hari ini. Selamat datang di
tahun 2026, Sobat. Coba deh sekarang lu
tarik napas panjang-panjang. Serius,
sedot tuh oksigen dalam-dalam mumpung
masih bisa. Karena kayaknya cuma udara
ini satu-satunya hal gratis yang tersisa
buat kau mendang-mending kayak kita.
Coba lo buka mata, tapi jangan cuma
melototin layar HP doang. Lihat tuh
stroke belanjaan lo dari minimarket
kemarin sore. Lihat notifikasi mbanking
pas gaji masuk atau lebih tepatnya pas
gaji numpang lewat akhir bulan lalu.
Pedih, Bos. Sakitnya tuh bukan cuma di
sini tapi di dompet sampai ke Ulu Hati.
Kita ini baru aja ngelewatin pergantian
tahun yang bukannya bawa harapan baru,
malah kayak ngajak kita masuk ke episode
Black Mirror versi kearifan lokal. Mimpi
buruk kolektif, Bray. Bayangin aja PPN
resmi naik jadi 12%. Lo mau beli kopi
susu gula aren, beli popok buat si kecil
sampai lo beli kuota internet buat
nonton video gua ini. Harganya udah to
the moon semua. Dan belum kering tuh
luka di dompet gara-gara PPN tiba-tiba
slip gaji lo disunat lagi buat Tapera.
Tabungan Perumahan Rakyat katanya yang
ironisnya malah bikin rakyat makin
mustahil punya rumah. Kocak enggak tuh?
Terus coba deh lo iseng buka grup
WhatsApp kantor atau scroll Linkin lo?
Isinya apa? Bingkai hijau open to work
di mana-mana. Gelombang PHK di awal 2026
ini bukan lagi riak-riak manja. Ini udah
tsunami, Bro. Kalau dulu kita kira tech
winter di 2024 itu udah paling suram.
Ternyata itu cuma pemanasan, cuma
appetizer buat menu utamanya tahun ini.
Manufacturing freeze. Pabrik-pabrik pada
gulung tikar, startup pada bubar jalan,
dan korporasi raksasa lagi hobi banget
melakukan efisiensi brutal alias
pecat-pecatin orang. Tapi nih di tengah
badai Bad News 2026 yang bikin pusing
ini ada satu anomali, ada satu keanehan
yang kalau lo sadari mungkin bakal bikin
lo pengen banting HP lo sekarang juga.
Coba lo cek email atau SMS atau
notifikasi dari bank tempat lo ambil
KPR. Pasti ada surat cinta dari mereka
kan. Isinya sopan banget. Pemberitahuan
penyesuaian suku bunga. Tapi isinya
horor. Cicilan rumah lo yang tadinya
mungkin anteng di angka Rp5 juta,
tiba-tiba bulan ini lompat indah jadi
6,5 juta atau bahkan Rp7 juta. Floating
rate lo meledak. Sok, lo pasti panik, lo
marah. Dan karena lo orang yang cerdas
atau seenggaknya berusaha cerdas, lo
lakuin hal yang logis. Lo cek data, lo
buka situs Bank Indonesia. Nah, di
sinilah otak lu mulai konslet kayak
kabel digigit tikus. Gue pegang data
rilis Bank Indonesia per Januari 2026.
Nih lu tahu berapa by rate atau suku
bunga acuan sekarang? Angkanya anteng di
kisaran 6,00 sampai 6,25%.
Stabil, datar kayak jalan tol baru.
Enggak ada tuh kenaikan agresif kayak
yang terjadi dulu-dulu. Bapak Gubernur
BI bahkan bilang ekonomi makro kita
terjaga, inflasi terkendali. ya di atas
kertas sih gitu. Jadi muncul deh satu
pertanyaan emas the golden question yang
bikin penasaran setengah mati. Kalau B
rate stabil dan enggak naik, kenapa
cicilan KPR lo naiknya ugal-ugalan kayak
Metro Mini kejar setoran? Kenapa bank
tega banget naikin bunga di saat rakyat
lagi diperas habis-habisan sama PPN 12%
dan tapera? Enggak masuk akal kan?
Selama ini kan kita dicekokin rumus
sederhana. Kalau BI rate naik, bunga
kredit naik. Kalau B rate turun atau
diam ya bunga kredit harusnya ikutan
santui dong. Tapi di awal 2026 ini
logika itu udah e almarhum rumus itu
udah enggak berlaku. Sadar enggak sadar
lu lagi dikerjain, kita semua lagi
dikerjain. Yuk kita bedah apa yang
sebenarnya terjadi di dapur e bank-bank
besar ini. Kalau kita tarik grafik suku
bunga dasar kredit atau SBDK Perbankan
Nasional di awal tahun ini, garisnya
nanjak tajam banget, kontras habis, sama
garis BI red yang landai. Ada gap, ada
jurang yang makin lebar antara biaya
dana bank dengan bunga yang mereka
lempar ke muka lo. Kenapa? Jawabannya
simpel, karena bank takut, Bos. Bank itu
ngelihat data BPS, mereka ngelihat angka
pengangguran yang meroket, mereka
ngelihat daya beli kelas menengah yang
hancur lebur gara-gara dihajar PPN dan
potongan wajib lainnya. Di mata bank
Logua dan kita semua para pejuang KPR
ini, risiko gagal bayarnya naik drastis.
Lampu merah udah nyala buat risiko
kredit macet atau NPL non performing
loan di segmen perumahan. Jadi apa
taktik, Bang? Mereka naikin yang namanya
risk premium. Mereka membebankan
ketakutan mereka akan krisis ekonomi itu
ke dalam cicilan bulanan. Loh, Bang, itu
enggak mau rugi, Bro. Biar mereka aman,
mereka kerek tuh bunga kredit lo
setinggi mungkin selagi lo masih sanggup
atau lebih tepatnya dipaksa sanggup buat
bayar. Gila enggak tuh lo yang lagi
susah, lo yang gajinya digerogoti
inflasi dan kebijakan pemerintah, eh
malah lo juga yang harus nanggung biaya
asuransi ketakutan para bangkir ini.
Mereka tahu lo enggak punya pilihan. Lo
enggak mungkin serta-merta jual rumah
itu karena pasar properti sekunder alias
rumah second lagi berdarah-darah. Siapa
yang mau beli rumah lo sekarang? Orang
lain juga lagi pusing mikirin makan
besok. Jadi, lu terjebak, lu
terperangkap dalam skema cicilan yang
nyekek leher. Di saat pendapatan lo
sendiri makin enggak jelas.
junrungannya. Ini membawa kita ke satu
kesimpulan, pahib. Sebuah tesis yang
mungkin bakal bikin lo susah tidur malam
ini, tapi lo wajib dengar biar lo melek.
Dulu bokap nyokap kita selalu bilang,
"Beli rumah itu investasi terbaik, Nak.
Cicil aja nanti harganya naik terus.
Lupakan nasihat itu. Buang jauh-jauh."
Itu nasihat buat ekonomi tahun 90-an
atau 2010-an zamannya beda. Di tahun
2026 ini dengan kondisi PPN 12%. tapera,
ancaman PHK di depan mata, dan anomali
bunga bank yang nyekek ini. Mengambil
KPR atau maksa mertahanin KPR dengan
floating rate tinggi itu bukan
investasi. Itu namanya legal financial
suicide. Itu adalah bunuh diri finansial
yang sah secara hukum. Lu sebenarnya
lagi tanda tangan kontrak perbudakan
modern. Lo kerja keras sebagai kuda cuma
buat bayar bunga ke bank. Sementara
nilai aset lo staknan alias jalan di
tempat karena enggak ada yang mampu beli
dan daya beli lo sendiri hancur lebur.
Lo bukan lagi kelas menengah yang lagi
otw sukses. Sop. Lo adalah kelas
menengah yang lagi turun kasta. Dipaksa
jadi miskin secara sistematis oleh
kebijakan negara dan kerakusan industri
keuangan. Lo marah bagus banget. Simpan
tuh kemarahan lo. Karena apa yang bakal
gua bahas habis ini bakal ngebuktiin
kalau ini bukan sekadar nasib sial
doang. Ini adalah jebakan struktural
yang emang udah disiapin buat kita dan
kalau lo enggak paham cara kerjanya, lo
enggak akan pernah bisa lolos. Oke,
tarik napas lagi. Serius? Tarik napas
panjang dulu karena bagian ini, bagian
ini adalah dagingnya. Kita bakal masuk
ke zona yang paling ngebosenin tapi
paling mematikan. Kita bakal bedah
angkanya. Kita bakal bedah apa yang gue
sebut sebagai the mathematics of misery
alias matematika kesengsaraan. Banyak
orang mikir mereka kehilangan rumah
gara-gara nasib buruk atau kurang kerja
keras. Salah besar, Bro. Lu kehilangan
rumah karena lo kalah dalam permainan
matematika yang aturannya udah
dicurangin dari awal. Mari kita
ngomongin dua kata paling berbahaya yang
ada di kontrak KPR low floating rate.
Floating rate sign on a mortgage
contract surrounded by dangerous symbols
in a 2D flat illustration style. Waktu
lu tanda tangan akad kredit 3 tahun
lalu, mungkin pas tahun 2022 atau 2023,
marketing bank pasti jualannya manis
banget. Ngalahin janji politisi pas
kampanye. Bunga fix 3 tahun cuma 4,5%,
Kak. Cicilan ringan banget. Lo
hitung-hitung di kalkulator HP, wah
masuk nih. Masih ada sisa gaji buat
nabung, buat ngopi senja, bahkan buat
nyicil motor NMAX. Tapi si marketing itu
lupa bilang satu hal atau mungkin
sengaja ngomongnya cepat-cepat kayak
rapper di bagian syarat dan ketentuan
bahwa setelah masa bulan madu fixed rate
itu kelar, lo bakal dilempar ke hutan
rimba bernama floating rate. Dan di
tahun 2026 ini, hutan itu lagi kebakaran
hebat. Lo harus paham satu konsep
perbankan yang namanya risk premium. Ini
mekanik jahat yang ngumpet di balik
istilah ekonomi yang jelimet. Simpelnya
gini, bank itu bisnis yang alergi sama
risiko. Pengecut sebenarnya ketika
kondisi ekonomi makro memburuk kayak
sekarang di awal 2026 di mana inflasi
bahan pokok naik, PPN jadi 12% dan daya
beli masyarakat ambyar, bank ngelihat lo
sebagai risiko berjalan. Bank mikir
gini, waduh ekonomi lagi lesu. Nilai
uang turun nih. Terus apa, Bang, bakal
nanggung kerugian penurunan nilai uang
itu? Oh, tentu tidak, Ferguso. Mereka
ngebebanin risiko ekonomi makro itu ke
nasabah lewat bunga floating. Jadi, eh
floating rate itu bukan sekadar
mengikuti pasar. Itu cara bank bilang
ekonomi lagi susah. Jadi, lo yang harus
bayar lebih mahal buat nutupin ketakutan
kami. Makin hancur daya beli lo, makin
tinggi bunga yang dibebanin ke lo karena
lo dianggap makin berisiko macet. Ironis
banget, Kang, loh malah dicekik makin
kencang. Gua enggak mau cuma ngomong
teori doang.
Kita lihat angkanya biar lu melek. Gua
mau lu bayangin skenario ini atau
mungkin lu enggak perlu ngebayangin
karena lu emang lagi ngejalanin ini
sekarang. Katakanlah lu ambil KPR di
tahun 2023. Plafon pinjaman Rp700
juta.000.
Waktu itu lo dapat promo fix rate 3
tahun di angka 4,5%. Cicilan loh waktu
itu sekitar Rp4.1000
per bulan. Lo nyaman gaji lo mungkin
Rp10.000 R000 sisa Rp6 juta.000 buat
hidup. Bayar token listrik, bayar SPP
anak, amongza.
Hidup terasa indah. Lo merasa udah jadi
the home owner juragan tanah. Sekarang
jeng jeng jeng kita masuk ke Januari
2026. Promo fix rate low habis bubar
jalan. Surat cinta dari bank mendarat di
email lo. Subjeknya sopan. Pemberitahuan
penyesuaian suku bunga. Lo buka dan
jantung lo berasa berhenti berdetak
sesaat. Di tahun 2026 ini dengan cost of
funds bank yang naik dan risiko ekonomi
yang tinggi, bunga floating atau cap
pinjaman lo melesat kayak roket. Bukan
lagi 4,5%
tapi tembus ke angka 13,5%.
Ayo kita hitung ulang cicilannya. Pokok
utang lo belum berkurang banyak karena 3
tahun pertama itu isinya cuma bayar
bunga doang ke bank. Dengan bunga 13,5%
cicilan lo yang tadinya Rp4.000 R.000.
Sekarang meledak jadi Rp7.500.000
per bulan. Gue ulangin biar ngeresep di
otak. Dari R juta juta jadi Rp7.500.000.
Kenaikannya nyari 100%, Bro. Padahal
gaji lo boro-boro naik 100%. Mungkin lo
malah kena potong bonus atau gaji lo
cuma naik seuprit yang habis dimakan
inflasi PPN 12% tadi. Kalau gaji lo
masih 10 atau Rp1 juta dan cicilan rumah
lo sekarang Rp7,5 juta, itu artinya lu
cuma punya sisa R,5 juta sampai Rp3 juta
buat hidup sebulan. Buat makan
sekeluarga, buat bensin atau ojol, buat
kuota, buat listrik yang tarifnya juga
ikutan naik. Cukup mustahi, Bos. Kecuali
lu mau makan promak doang tiap hari.
Matematikanya enggak ketemu. Di titik
inilah matematika kesengsaraan bekerja.
Lo dipaksa milih, bayar rumah tapi
enggak makan atau makan tapi rumah
disita dan lo enggak sendirian. Ini
bukan kasus satu dua orang sial doang.
Ini wabah. Coba kita lihat data makronya
biar lo sadar seberapa genting
situasinya. Kalau lu buka laporan
statistik perbankan Indonesia dari OJK
Otoritas Jasa Keuangan buat Triwulan 4
tahun 2025 kemarin, lo bakal lihat
sesuatu yang ngeri banget di kolom NPL
alias nonperforming loan. NPL KPR alias
kredit macet perumahan grafiknya mulai
ngerangkak naik secara agresif sejak
pertengahan 2025. Angkanya bukan lagi di
zona aman 2%an. Di segmen rumah kelas
menengah, rumah tipe 36 sampai 45,
rumahnya orang-orang kayak kita MPL-nya
loncat tajam. Data OJK ini bukti otentik
kalau ribuan keluarga Indonesia saat ini
lagi gagal bayar. Mereka bukan orang
jahat, mereka bukan orang malas. Mereka
adalah korban dari ledakan bunga
floating yang barengan sama naiknya
biaya hidup. Sistem perbankan kita emang
dirancang sedemikian rupa. Jadi, pas
badai datang, kapal kecil milik nasabah,
ya perahu getek kita ini yang bakal
tenggelam duluan. Sementara kapal pesiar
mewah milik bank tetap berlayar santai
sambil mungutin puing-puing aset lo
dengan harga murah. Gila enggak tuh? Lu
kerja keras bayar cicilan 3 tahun
Rp4.000 R000 tiap bulan total udah masuk
ratusan juta. Tapi begitu bunga floating
13,5% ngghajar dan lo gagal bayar 3
bulan aja, rumah lo disita, uang yang lu
setor sebelumnya hangus, bos. Dianggap
biaya sewa doang sama bank. Lo keluar
dari rumah itu dengan tangan kosong,
nama lo masuk daftar hitam BI checking
atau SLIK jadi parya finansial. Dan masa
depan keuangan lo cacat seumur hidup.
Itulah kenapa gue bilang di awal tadi.
Ini legal financial suicide. Tapi tunggu
dulu, kengeriannya enggak berhenti di
dompet lo doang. Dampak dari matematika
kesengsaraan ini nyiptain efek domino
yang jauh lebih gede. Ketika ribuan
orang kayak lo enggak sanggup lagi bayar
cicilan dan rumah-rumah ini disita bank,
apa yang terjadi sama harga properti?
Siapa yang mau beli rumah sitaan di saat
daya beli semua orang lagi tiarap?
Jawabannya bakal bawa kita ke realita
pasar properti 2026 yang sebenarnya
sebuah realita di mana aset yang lu
puja-puja itu sebenarnya udah jadi aset
rongsokan. Kita bakal bahas jebakan aset
semu ini habis ini. Jangan ke mana-mana
karena kalau lo pikir ini udah buruk,
tunggu sampai lo tahu apa yang terjadi
sama harga rumah lo yang sebenarnya.
Oke, tarik napas dulu. Hah, panjang
bener ya urusannya. Gue tahu pembahasan
barusan itu berat banget. Lu mungkin
lagi keringat dingin ngebayangin surat
peringatan bank mendarat di meja makan
atau ngebayangin rumah yang udah lo
dekor estetik ala Pinterest itu ditempel
stiker merah di sita segede gaban. Itu
wajar. Tapi supaya kita bisa paham
kenapa kiamat kecil ini terjadi di 2026,
kita enggak bisa cuma marah-marah sama
keadaan sekarang. Kita harus mundur
sebentar. Kita harus rewind kaset
kehidupan kita ke belakang. Ayolah kita
flashbacki masa lalu. Enggak jauh-jauh
amat kok. Kita balik ke era 2020-2021
sampai awal 2022. Ingat enggak
suasananya? Dunia lagi keos gara-gara
pandemi. Kita semua dikurung di rumah
kayak burung dalam sangkar. Kerja dari
meja makan pakai celana pendek kolor
tapi atasannya ke meja rapi buat Zoom
meeting. Hiburan kita satu-satunya cuma
layar HP. Kita scrolling media sosial
seharian karena gabut atau sibuk ngaduk
Dalgona coffee yang manisnya bikin
diabetes itu. Nah, di tengah kepanikan
dan kebosanan massal itu, algoritma
media sosial lo mulai disusupi sama satu
narasi yang spesifik banget. Narasi yang
didesain cantik banget, menggoda iman,
dan kalau boleh gua bilang mematikan.
Muncul tuh satu persatu guru finansial
atau influencer gaya hidup di fit dan
Instagram lo dengan background musik
lowa yang chill abis mereka mulai
ceramah soal good dep versus bad dep
utang baik lawan utang jahat kalimat
saktinya selalu sama kayak udah
dibriefing mumpung lagi pandem harga
properti lagi koreksi sikat sekarang
atau enggak akan kebeli selamanya atau
sewa itu buang duit ke laut mending
nyicil duitnya jadi aset kedengarannya
masuk akal banget banget kan? Apalagi
waktu itu bank dan developer lagi
gandengan tangan ngegelar karpet merah
yang super mulus buat lo. Mereka nebar
apa yang gua sebut sebagai jebakan
Batman paling epik dalam sejarah
perbankan modern Indonesia. Coba
ingat-ingat lagi angka-angka manis waktu
itu. Bunga KPR fix rate cuma 3,5% sampai
4,5%.
Gila enggak tuh? Itu angka yang hampir
enggak masuk akal rendahnya. Ditambah
lagi DP 0%
pajak PPN ditanggung pemerintah. Biaya
akad diskon gila gilaan. Lo yang tadinya
cuma iseng lihat-lihat tiba-tiba merasa
jadi sultan. Lu ambil kalkulator KPR di
HP lo. Lo masukin harga rumah juta
ribu-ribu rupi lo masukin bunga promo
3,5%
dan lo tarik tenor paling panjang 20
atau 25 tahun. Kenapa tenor panjang?
Karena psikologi manusia itu lemah
terhadap ilusi cicilan murah. Saat itu
cicilan rumah Rp1 miliar cuma kelihatan
di angka 4 atau R jutaan per bulan.
Murah banget kan? Gaji lo masih masuk.
Sisa gaji masih bisa buat ngopi atau
langganan Netflix Premium. Lo merasa lo
baru aja nge-hack sistem, lo merasa
pintar, lo merasa aman? Inilah yang
disebut psikologi honeymoon pase bulan
madu. Bang, lagi PDKT sama lo? Lo
dimanja, dikasih bunga, dikasih cokelat,
dikasih janji manis, lo lupa nanya satu
hal paling krusial. Apa yang terjadi
setelah masa promonya habis? Yang atau
kalau mau lebih sadis, ini adalah
analogi katak rebus. L adalah katak itu.
Lo masuk ke dalam panci berisi air yang
anget dan nyaman bernama bunga fixre 3
tahun. Lo berenang-renang kegirangan
enggak sadar kalau kompor di bawah panci
itu yang namanya suku bunga acuan sedang
pelan pelan dinyalain apinya menuju
tahun 2026. Dan gua enggak asal ngomong
kalau ini adalah histeria massal.
Datanya ada dan data enggak pernah
bohong. Kalau kita bedah laporan
perekonomian Indonesia dari Bank
Indonesia tahun 2021, pertumbuhan kredit
properti khususnya KPR itu melonjak
tajam justru di saat sektor lain lagi
tiarap. Bayangin ekonomi lagi resesi,
orang banyak di PHK, tapi akad kredit
rumah jalan terus kayak kacang goreng di
pasar malam. Di kuartal 4 tahun 2021
aja, pertumbuhan KPR tipe di atas 70 m²
itu loncat drastis. Orang-orang
berbondong-bondong tanda tangan kontrak
seumur hidup cuma gara-gara tergiur
promo sesaat yang umurnya cuma seumur
jago. Sekarang kembali ke detik ini.
Awal tahun 2026, promo honeimon itu udah
kelar, kawan. Pesta udah bubar. Lo yang
akad di 2021 dengan promo fix 3 tahun,
selamat datang di Realita. Tahun 2024
kemarin promo lo habis. Tahun 2025 bunga
lo mulai floating. Dan sekarang di 2026
lo dihantam ombak suku bunga floating
yang brutal. Bunga yang tadinya 3,5%
sekarang menyesuaikan pasar jadi 11%,
12%. Bahkan ada bank yang tembus 13,5%.
Cicilan lo yang tadinya Rp5.000 R.
Tiba-tiba surat dari bank bilang bulan
depan auto debetnya jadi Rp9 juta atau
Rp10 juta.000. Naik dua kali lipat, Bos.
Ee sementara gaji lo. Apakah gaji lo
naik dua kali lipat dalam 3 tahun
terakhir? Gue rasa enggak. Inilah aha
momen yang pahit banget. Lo baru sadar
kalau selama ini lo enggak beli rumah.
Lo cuma beli promo dan sekarang tagihan
yang sebenarnya baru aja datang. Tapi
tunggu, ada satu lagi ironi yang lebih
nyakitin dari sekadar cicilan naik.
Biasanya narasi para influencer itu
bilang, "Enggak apa-apa cicilan naik,
Kak. Kan harga rumahnya juga naik. Aset
lu bertambah nilainya, cuan, Bos."
Benarkah begitu? Di sinilah letak plot
twist terbesarnya. Di tahun 2026 ini, di
saat ribuan orang kayak lo mau jual
rumah karena enggak kuat bayar cicilan
floating, hukum supply and demand
bekerja dengan kejam. Pasar banjir
dengan rumah second. Pembeli sepi kayak
kuburan karena daya beli hancur.
Akibatnya, rumah yang lo agung-agungkan
sebagai investasi masa depan itu
sekarang statusnya bukan lagi aset
berharga, tapi aset rongsokan. Istilah
kasarnya aset semu. Lo terjebak membayar
cicilan selangit untuk barang yang
nilainya terjun bebas. Gimana bisa
properti harganya turun? Katanya
properti enggak pernah turun. Oh, betapa
salahnya kita semua. Soop. Di bagian
selanjutnya kita bakal bongkar mitos
terbesar ini. Gua bakal tunjukin kenapa
rumah lo di tahun 2026 ini secara
matematis mungkin lebih tidak berharga
daripada mobil rongsokan. Siapin menta
lo karena fakta berikutnya bakal bikin
lu mempertanyakan ulang arti kata
investasi. Oke, tarik napas panjang
lagi. Mari kita berhenti sejenak
nyalahin nasib. Nyalahin bos lo yang
pelit enggak naikin gaji. Atau nyalahin
teller bank yang neleponin lo tiap hari
buat nagih tunggakan. Kita perlu zoom
out. Kita perlu lihat gambaran besarnya,
big picture-nya. Pertanyaannya
sederhana, kenapa bank sekejam ini
naikin bunga di tahun 2026 padahal
mereka tahu ekonomi lagi lesu. Kenapa
mereka enggak kasih keringanan aja sih?
Jawabannya mungkin bakal bikin lo kaget,
Bang. Ngelakuin ini bukan karena mereka
jahat kayak penjahat di film kartun.
Bukan karena mereka pengin memeras lo
sampai kering-kerontang. Mereka
ngelakuin ini karena mereka takut. Iya,
lo enggak salah dengar. Raksasa
finansial tempat lo berhutang itu lagi
ketakutan setengah mati. Selamat datang
di The Systemic Deadlock. Biar gua
jelasin logikanya, bank itu bisnis
kepercayaan. Mereka muterin uang nasabah
lain, uang deposito orang kaya, uang
tabungan pensiunan buat dipinjamin ke
law dalam bentuk KPR. Di tahun 2026 ini
ketika gelombang PHK massal terjadi dan
sektor REL macet, bank ngelihat satu
indikator merah menyala di dashboard
mereka, NPL atau nonperforming lowen
alias credit macet. Ketika NPL naik,
alarm bahaya di kantor pusat bunyi
kencang banget. Di sinilah masuk aturan
main global yang namanya Basel 3. Ini
standar perbankan internasional yang
diadopsi ketat sama regulator kita,
termasuk OJK dan Bank Indonesia. Aturan
ini maksa bank buat menjaga yang namanya
car capital adequacy ratio. Bahasa
tongkrongannya gini, setiap kali risiko
ekonomi naik kayak sekarang di 2026,
bank diwajibkan sama regulasi buat
nimbun lebih banyak modal cadangan.
Mereka dipaksa mempertebel tembok
pertahanan mereka sendiri supaya enggak
runtuh. Jadi, ketika lo datang
ngemis-ngemis minta keringanan atau
berharap bunga floating lo turun, sistem
komputer bank bilang tidak bisa.
Computer says no. Kenapa? Karena
likuiditas mereka lagi ditarik buat
survival mode mereka sendiri. Ini ironi
terkejam dalam dunia finansial. Bank
akan memayungi lo pas cuaca cerah, tapi
mereka dipaksa oleh sistem buat ngambil
balik payung itu tepat pas badai datang.
Itu bukan keputusan personal manajer
cabang lo yang rese. Itu algoritma
bertahan hidup sistem perbankan global.
Mereka harus nyelametin neraca keuangan
mereka. Meskipun itu artinya ngorbanin
neraca keuangan rumah tangga lo. Dingin
banget.
Tapi itulah cara kerja uang. Nah,
sekarang lu mungkin mikir, "Oke, kalau
gitu gue jual aja rumahnya. Gue cut loss
biar impas sama sisa utang pokok." Dan
di sinilah kita masuk ke lapisan neraka
berikutnya. Fenomena yang para analis
sebut sebagai secondary market freeze
atau kebekuan pasar sekunder. Coba lo
buka situs jual beli properti sekarang
kayak lamudi atau rumah 123. Lihat data
pasar kuartal pertama 2026. Lu bakal
kaliat ribuan listing rumah dijual
dengan label BU alias butuh uang jual
cepat atau over kredit murah. Suplainya
membeludak tumpah ruah. Tapi
permintaannya 0 besar. Ini hukum ekonomi
dasar yang brutal. Siapa yang mau beli
rumah lo di tahun 2026? Handz. Mereka
udah nyerah sama properti sejak 3 tahun
lalu dan lebih milih sewa atau
stayation. Investor mereka lagi tiarap
nyimpan cash dalam bentuk emas atau SBN.
surat berharga negara karena yieldnya
lebih aman daripada berjudi di properti
yang harganya lagi volatil. Orang kaya
lama mereka justru lagi nunggu harga
hancur total buat borong di harga
lelang, bukan beli di harga pasar yang
lo tawarin. Jadi, rumah yang lo agungkan
sebagai aset itu tiba-tiba berubah
sifat. Dalam istilah ekonomi, aset lo
berubah dari liquid menjadi iliquid,
tidak cair, beku. Lu punya aset senilai
Rp2 miliar di atas kertas. Kon. Tapi
kalau lu butuh uang besok buat bayar
cicilan dan enggak ada satu orang pun
yang mau beli aset itu nilai rilnya saat
itu adalah nol. Ini fakta mengerikan
yang jarang dibahas motivator keuangan.
Kekayaan di atas kertas itu fana kalau
pasarnya mati. Bayangin skenarionya lo
kepepet, lo turunin harga rumah l, lo
diskon 20% dari harga pasar. Masih
enggak laku. Kenapa? Karena calon
pembeli lo juga butuh KPR buat beli
rumah lo. Dan tebak apa? KPR mereka
ditolak sama bank karena aturan
pengetatan likuiditas yang tadi kita
bahas di awal. Lihat lingkarannya. Bank
memperketat aturan karena takut krisis.
Pembeli enggak bisa dapat KPR. Rumah
enggak bisa laku. Lu enggak bisa bayar
utang ke bank. NPL bank naik. Bank makin
memperketat aturan. It's a deadlock.
Kebuntu sistemik. Lo sekarang kejepit
dari dua arah mata angin yang mematikan.
Dari depan cicilan floating red lo naik
gila-gilaan karena bank panik. Dari
belakang pintu keluar darurat lo dikunci
karena aset lo gak bisa dijual akibat
pasar yang beku. Lo gak bisa maju, lo
gak bisa mundur, lo cuma bisa diam di
tempat ngelihat tabungan lo tergerus
setiap bulan hanya untuk mempertahankan
tembok dan atap yang nilainya terus
merosot. Di tahun 2026 ini, memiliki KPR
bukan lagi soal memiliki tempat
berteduh. Ini adalah soal seberapa lama
lo bisa nahan napas di dalam air sebelum
paru-paru lo nyerah. finish memang, tapi
gua enggak dibayar buat menghibur lo
dengan janji manis. Gua di sini buat
membedah bangkai masalah ini sampai ke
tulang-tulangnya. Dan kalau lu pikir ini
udah puncaknya, tunggu dulu. Karena di
bagian terakhir nanti gua bakal kasih
tahu lo end game-nya. Apa yang bakal
terjadi kalau lu benar-benar ee berhenti
bayar? Dan yang paling penting apakah
ada jalan keluar sekecil lubang jarum
pun dari penjara finansial ini? Tarik
napas lagi karena endingnya enggak akan
seindah dongeng sebelum tidur. Oke, kita
masuk ke babak terakhir. Ini bukan
waktunya buat basa-basi busuk lagi. Lu
bertanya, "Apa ada jalan keluar?"
Jawabannya ada. Tapi gua harus jujur di
depan muka lo sekarang. Jalan keluarnya
sempit, gelap, dan kemungkinan besar
bakal menyakitkan banget. Banyak dari
kita yang masih denial, masih berharap,
"Ah, tenang aja, tahun depan bunga pasti
turun lagi ke angka 3 atau 4% kayak
zaman pandemi dulu. Gua minta lo hapus
harapan itu sekarang juga. Dalata kalau
kita lihat tren kebijakan moneter global
dan data Bank Indonesia sampai awal 2026
ini, era uang murah atau chip money itu
udah resmi mati. Kita udah masuk ke era
higher for longer. Suku bunga tinggi ini
bukan demam yang cuma mampir seminggu.
Ini adalah iklim baru. Ini cuaca
permanen. Jadi, strategi tahan napas
yang gua sebut tadi itu strategi bunuh
diri kalau lu berharap cuaca bakal cerah
besok pagi. Di titik ini, lu cuma punya
tiga opsi realistis dan ketiga-tiganya
rasanya kayak nelen obat pahit tanpa
air. Opsi pertama, refinancing atau
restrukturisasi. Lo datang ke bank, lo
memohon supaya tenor diperpanjang biar
cicilan bulanan turun. Kedengarannya
solutif kan? Cicilan lo yang tadinya
Rp10 juta mungkin bisa turun jadi Rp8
juta. Tapi lo sadar enggak apa artinya
itu? Lo baru aja ngriset ulang penjara
lo. Lo memperpanjang masa hukuman lo.
Bunga yang harus lo bayar ke bank secara
total itu membengkak gila-gilaan. Lo
cuma membeli waktu hari ini dengan
menjual masa depan lo di harga diskon.
Ini opsi buat lo yang yakin 100% yakin
kalau income lo bakal naik drastis dalam
2 tahun ke depan. Kalau income lo
stagnan, refinancing cuma menunda
kematian finansial lo. Opsi kedua,
overkredit atau jual putus. Ya udah, gue
jual aja asetnya. Gampang ngomongnya.
Koba lo check marketplace property hari
ini. Coba lo buka e portal jual beli
rumah. Isinya apa? Ribuan orang yang
berpikir persis sama kayak lo. Suplly
membludak, demand kering kerontang.
Pasar 2026 ini adalah buyers market yang
paling kejam. Pembeli itu raja dan
mereka tahu lo butuh duit alias bu.
Mereka bakal nawar sadis. Lo pasang
harga pasar enggak akan dilirik. Lo
harus siap banting harga. Dan
pertanyaannya, kalau lo jual sekarang,
apakah cukup buat nutup sisa pokok utang
lo bank? Seringkiali jawabannya enggak.
Lo kehilangan rumah, tapi lu masih
ninggalin utang sisa. Nyasek banget yang
membawa kita ke opsi ketiga. Opsi yang
paling tidak populer tapi mungkin paling
menyelamatkan nyawa lo cut loss brutal.
Lo lepas aset itu. Lo jual di bawah
harga pasar bahkan di bawah harga beli
lo itu lo ikhlaskan uang DP ratusan juta
yang sudah hangus. Lo lupain biaya
renovasi pagar dan kanopi yang lo
banggakan itu. Lo keluar dari properti
itu dengan tangan kosong mungkin minus.
Kenapa ini gua bilang opsi? Karena
ketenangan pikiran itu harganya mahal,
kawan. Daripada lo mati-matian
mempertahankan gengsi punya rumah, tapi
setiap tanggal 25 lo kena serangan
panik, lebih baik lo mundur selangkah.
Kembali ngontrak bukan aib. Kembali
tinggal sama orang tua atau mertua bukan
kekalahan. Itu taktik bertahan hidup.
Ibarat kaki lu kena gangren atau infeksi
parah, dokter bilang harus amputasi.
Sakay pasti lo kehilangan kaki. Tapi itu
satu-satunya cara supaya infeksi enggak
nyebar ke jantung dan membunuh lo. Cut
lost property lo sebelum properti itu
memakan seluruh cash flow kehidupan lo.
Dan di sinilah kita harus merombak ulang
otak kita tentang definisi kaya di tahun
2026. Dulu orang tua kita bilang beli
tanah, beli rumah itu aset pasti naik.
Di tahun 2026 dogma itu harus dikasih
tanda bintang besar. Aset yang tidak
menghasilkan uang yang justru nyedot
uang lo setiap bulan untuk bunga, pajak,
dan maintenance itu bukan aset. Itu
liabilitas yang menyamar. Itu beban.
Definisi kekayaan sejati hari ini bukan
seberapa megah tembok rumah l, tapi
seberapa kuat cash flow lo. Cash is
king. Cash flow is king. Liquiditas
adalah raja. Apa gunanya lo punya
sertifikat rumah senilai Rp2 miliar
kalau dompet loong? Kalau lo enggak
punya dana darurat dan kalau lo harus
ngutang pinjol cuma buat beli susu anak
karena gaji lo habis dimakan KPR, itu
bukan kaya, itu miskin dalam kemewahan,
itu budak tembok. Gua malah menutup
video ini dengan satu tindakan nyata.
Bukan cuma manggut-manggut setuju doang.
Malam ini ambil kalkulator. Check that
service ratio, Lo. Total cicilan utang
lo dibagi total penghasilan bersih lo.
Kalau angkanya udah di atas 35%, lampu
kuning udah nyala. Kalau angkanya udah
menyentuh 50%, lo sedang dalam bahaya
besar. Lo jalan di pinggir jurang dengan
mata tertutup. Jangan denil. Jangan
bohongin pasangan lo. Buka-bukaan data
keuangan lo malam ini juga hitung. Kalau
emang udah enggak masuk akal buat
keputusan sulit itu secepatnya. Sebelum
bank yang buatin keputusan itu buat lo
lewat surat penyitaan, sakit emang
melepaskan impian punya rumah sendiri.
Tapi lebih sakit lagi kalau lu
kehilangan kewarasan dan keharmonisan
keluarga cuma demi sebuah gengsi status
sosial. Ingat, rumah itu benda mati.
Jangan sampai benda mati ini membunuh
hidup lo. Audit utang lo sekarang
selametin kapal lo sebelum karam
sepenuhnya. Gua harap video series ini
jadi tamparan keras yang ngebangunin lo
dari tidur panjang. Kenyataan emang
pahit, tapi kebohongan yang manis gak
akan nyelametin lo. Good luck, Sob. Lu
bakal butuh itu.