Transcript
gjnovsTdM5A • IS ISLAM A RELIGION OF IMPOSSIBLE AND MISLIAN PEOPLE?? Women DISRESPECT Islam
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/KamarJERI_Official/.shards/text-0001.zst#text/0080_gjnovsTdM5A.txt
Kind: captions
Language: id
Karpetnya ini harus gambar Ka'bah.
Bagaimana kalau karpet ini gambar seksi
Juli?
Oke, Geng. Sebelum kita play video ini,
please dengarkan sampai habis baru
komentar. Dan please banget, jangan
tunjukkan kita itu manusia yang tidak
beradab dan tidak berakhlak dengan
mengomentari pakai kata-kata binatang.
Kenapa? Ini kan membahas persoalan agama
nih, ya kan? Lu jangan membela agama
tapi dengan kata-kata kotor. Itu
terlihat lucu menurut gua. Oke, let's
go. Yo, Geng. Tekan tombol subscribe,
Geng.
E, yo. What's good? Welcome back to
Kamar Cherry,
[Musik]
genggeng. Semakin hari, Geng, semakin
banyak makhluk-makhluk ajaib,
makhluk-makhluk terkutuk ya di dunia
ini, terutama di negara kita Indonesia.
Tapi ini gua pengin mengangkat sebuah
kejadian yang lagi viral banget yaitu
seorang perempuan yang bisa dibilang
laknatullah kayak gitu ya. Oke, mungkin
kalian agak bingung kan dengan
penjelasan gua di awal. Jadi kita
langsung aja lihat dulu video-videonya.
Setelah itu kita kupas tuntas dan semoga
orangnya nonton. Let's go genggeng. Di
kamar Jerry kita akan mengadakan
giveaway. Hadiah yang menarik banget
nih, Geng. Handphone. Pasti kalian mau
kan? Caranya gampang banget geng.
Pertama, subscribe channel ini lalu
follow Instagram aku, Jerry Taufiik
Lizam dan kalian tinggalkan komentar
paling menarik di video ini. Untuk
komentar paling menarik akan memenangkan
handphone-handphone ini. Kalau ketahuan
enggak follow dan subscribe enggak bisa
menang. Oke, untuk setiap pemenang akan
diumumkan setiap minggunya, Geng. Semoga
beruntung dan semoga kalian menjadi
salah satu pemenangnya. Oke, Geng.
Selamat mencoba. Karena Juli tahu Juli
itu mantan Islam, makanya kalian tuh
enggak maju-maju. Itu Juli enggak mau
seperti Juli dulu. Enggak maju-maju.
Maju-maju nyebur lu.
Oh, saya enggak mau. Kalian itu susah.
H
kasihan orang tua apaap.
H.
Apalagi masuk-masuk pesantren itu uh
masa depan hancur.
Hmm. Hm. Masuk Belanda masa depan
hancur.
80% masuk generasi muda Indonesia karena
banyak Islam masuk pesantren
semuanya nanti pada suka ini ngebunuhin
orang.
Oke. Ini adalah sebuah fitnah yang
sangat besar. Kenapa gua bilang kayak
gitu? Kata dia kalau masuk pesantren
pada suka ngebunuhin orang dan masa
depan hancur. Sebenarnya gini, kembali
lagi logikanya nih. Logikanya begini. di
agama el. Gua enggak tahu lu agama apa,
apakah lo
nyembah debu mungkin ya? Gua yakin di
agama el itu diajarkan bahwasanya adalah
rezeki itu sudah diatur oleh yang maha
kuasa. So, ketika lu mempercayai sebuah
keyakinan bahwasanya masuk pesantren
masa depan lu hancur, terus apa
fungsinya Tuhan? Apa fungsinya adanya
Tuhan? Ketika lu sudah mempercayai
bahwasanya rezeki masing-masing itu
sudah ada porsinya, tapi cuma gara-gara
masuk pesantren, lu anggap rezekinya itu
akan hancur gitu. Oh ya, satu lagi tadi
ngebunuhin orang itu fitnah sih. Tapi
gini, gua tidak menampik juga kata-kata
dia karena kenapa? Ada beberapa
ekstremis-ekstremis yang bisa dibilang
kayak kemarin Iam Rusdi. Nah, Iam Rusdi
ini adalah salah satu akibat dari bacot
Lau ini nih orang-orang goblok yang
mengartikan bacot kayak orang-orang
kayak Yam Rusdi. Akhirnya kayak gini
nih. Ni ini ni berkesinambungan nih. Ada
nih santri apa? Santri goblok nih yang
mengartikan yang menafsirkan hadis dan
Al-Qur'an secara sesuka-suka otaknya
dia. Nah, diterima oleh orang goblok
kayak gini nih. Jadinya timbullah sebuah
asumsi yang sama-sama goblok berdua-dua.
Oke. Terus ini orang sebenarnya banyak
banget main ngelecehin agama Islam.
Banyak banget nih di video-videonya yang
lain. Coba kita cek yang benar-benar
menohok gitu ya. benar-benar menohok
nih. Kita lihat
kalau orang berjamaah
di masjid itu.
Oke.
Kenapa kalau orang berjamaah di masjid
itu ee
wanitanya di belakang?
Heeh.
tetapi lelaki di depan.
Oke, gua jawab dulu sebelum lu jelasin
menurut persepsi lo, kenapa wanita di
belakang? Kenapa lelaki di depan? Itu
ada maknanya. Karena lelaki itu adalah
sebagai imam dan wanita sebagai makmum,
gitu. Bukan berarti kita merendahkan
martabat wanita. Enggak. Lelaki ini kan
sebagai pelindung wanita gitu kan. Bukan
menganggap wanita lemah juga, tapi
wanita itu harus kita lindungi, harus
kita sayangi gitu. Secara fisik bukannya
meremehkan wanita juga, tapi secara
fisik laki-laki ini kan lebih tough gitu
ya, lebih kokoh gitu badannya, tahan
banting gitu. Alasannya kenapa cewek itu
ada saf di saf belakang dan cowok di saf
depan. Ya, itu tadi. E, pertama karena
cowok itu adalah imam dan wanita itu
adalah makmumnya dan juga memisahkan ya
pembatas saf atau pembatas kepada ee
orang-orang yang sedang salat untuk
tidak bercampurlah ya. Ibaratkan yang
bukan muhrim gitu. Karena kan kita habis
wudu kalau bersentuhan antara wanita dan
laki-laki itu aja sudah batal. Ya,
logikanya seperti itulah logika ininya.
Tapi kalau misalkan lu tanya gua yang
dalam banget ya mungkin gua harus
bertanya dulu pada
kenapa?
Ada yang tahu?
Ada yang tahu
coba
kalau yang perempuan itu di depan ambil
semua dong.
Oke geng. Gini geng. Dari semua
statement dia ya dari semua statement
dia yang dia berikan, dia seolah-olah
itu memberitahukan kita hal yang
positif. Dia berasa kayak, "Oh, Julie
tuh mau ngasih tahu kalian yang terbaik
supaya kalian enggak kayak gini." Gini
loh, misalkan lu dulu beragama Kristen,
terus lu pengin mengkristenisasi, ya itu
hak lu gitu. Sama seperti umat Islam
berdakwah kepada orang-orang sampai
akhirnya orang-orang itu mungkin menjadi
mualaf gitu. Itu hak kita juga dan hak
orang itu juga mau mau milih tetap di
agamanya atau menjadi mualaf. Nah, tapi
cara lu berdakwah ini itu tidak
mencerminkan seorang Kristiani yang baik
menurut gua karena lu melecehkan orang
lain gitu. Gua yakin di agama Kristen
tidak mengajarkan cara iblis seperti
ini.
Kalau pas ruku ya
ngundang dong kalau nungging-nungging
ngundang.
Nungging-nungging ngundang tergantung
sih kalau menurut gua. Kalau lu yang
nungging ada tiga orang juga gua enggak
bakal sikat. Enggak sih? Enggak. Enggak
Mbak Juli. Gua masih bingung bule macam
apa yang mau menikahi dia ya. Oke next
video. Next video ini dia juga e dia
membicarakan persoalan salat ya.
Mengapa muslim mencium karpet ketika
salat? Oke.
Perlu kita ketahui karpet itu kan untuk
diinjak
sama kaki ya. Tapi kenapa
umat muslim menciuminya ketika salat?
Apakah kalian ada jawabannya?
Oke,
silakan kalau ada di komen.
Oke, gua gua gua akan jawab tapi gua
pengin lihat dulu
juga. Kenapa kok karpet itu dicium waktu
kita salat? Gua pengin lihat dulu
waktu Juli muslim juga Juli juga enggak
kepikir ke situ.
Padahal kan
di sini karpet diinjek-injek.
Oke.
Kalau untuk solar itu kok lucu gitu. Itu
menuju liya.
Iya. Heeh.
Seperti Somat
atau ee Yahe Waluni.
Oke, mungkin kita jawab dulu ya sebelum
gua play ke video selanjutnya. Potongan
selanjutnya gua jawab dulu nih. Ketika
Mbak Juli yang katanya cantik banget, ya
Allah cantik banget ya Julita ya. Parah
ya gini Mbak, Mbak menyamakan karpet
yang diinjak terus kata Mbak sajadah
kami itu juga karpet. Kenapa harus
dicium-cium gitu ya Mbak gini Mbak
jangan menilai sebuah benda itu ketika
bentuknya sama, fungsinya juga sama. Itu
enggak bisa. Contoh misalkan gereja ini
kita bicara karena Mbak Kristen aja.
Gereja itu bentuknya gedung dan ruangan.
Rumah bentuknya gedung dan ruangan.
Sekarang kenapa gereja bisa dipakai
untuk tempat ibadah, sementara rumah
tempat tidur? Masjid tempat ibadah,
sementara rumah juga tempat tidur.
Bahkan tempat apa ya? Tempat kawin lah
ibaratkan. Kenapa tidak di tempat ibadah
juga kayak gitu? Kan sama-sama bangunan
logikanya gitu. Oke. Nah, sekarang nih
persamaan lainnya misalkan ya Mbak Juli
ini tampangnya ya itu enggak cakep-cakep
amat. Enggak cakep malah menurut saya
enggak cakep gitu ya. Di Indonesia itu
yang muka kayak Mbak Juli itu bahkan
pelacur ada juga di Indonesia. Tapi
kenapa Tuhan memberikan perbedaan nih?
Padahal nih sama-sama manusia, sama-sama
jelek nih mukanya nih ya. Tapi yang satu
jadi pelacur, yang satu dikawinin sama
bule. Kenapa tuh? Ya, di situlah kita
bisa menilai bahwasanya tidak semua hal
yang bentuknya sama, fungsinya juga
sama, rezekinya juga sama digunakan
secara sama gitu. Ini memang sajadah ini
berbahan karpet dan karpet yang diinjak
juga berbahan karpet gitu ya, berbahan
kain gitu. Tapi ketika fungsinya itu
beda, udah pasti perlakuannya juga
dibedakan. Sajadah itu bukan buat
diinjak. Karpet buat diinjak, buat
duduk, buat tidur. Iya, tapi sajadah
bukan buat itu fungsinya. Walaupun
bahannya sama, sama kayak el. Lu
sama-sama manusia nih sama pelacur nih.
Ini pelacur ini Mbak Juli sama-sama
manusia nih. Yang satu jadi pelacur,
yang satu jadi bininya bule nih. Nah,
gitu bentuknya memang sama, tapi kadang
rezeki ya kan fungsinya ya kan itu
dibedakan gitu ya. Gitulah maksudnya
Mbak Juli kan ngakunya tuh lebih pintar
gitu ya dari ustaz ya. Masa hal yang
selogika ini aja tuh tidak bisa
ditangkap gitu ya, tidak bisa terpikir
gitu. Kayak gini deh, lu tidak bisa
ngeklaim bahwasanya orang itu salat di
atas karpet, di atas sajadah doang. Ada
kok orang salat itu di atas daun, ada di
atas batu, ada. Kalau misalkan
sajadahnya enggak ada, yang penting apa?
Tempatnya bersih gitu. So, sajadah pun
kalau kotor tidak bisa dipakai untuk
salat. Jadi, poinnya itu bukan pada
karpet dan bahannya, bukan. Tapi karena
itu bersih dan dijaga itu. Oke, next ke
potongan statement dia yang lain.
Nah, kembali lagi masalah karpet. Kenapa
umat muslim salat mencium karpet? Ini
contoh karpetnya ya.
Heeh.
Ini karpetnya. Dan karpetnya itu juga
itu
nah begini. Nah, ini kan gambar Ka'bah.
Nah, karpetnya ini harus gambar Ka'bah.
Enggak harus kadang gambar masah.
Kalau tujuannya enggak apa-apa terus
kita ciumin gitu.
Aneh kan?
Pernahkah kalian berpikir begitu?
Enggak.
Bagaimana kalau karpet ini gambar seksi
Juli?
Masalahnya lu tidak seksi. Kalau lu
seksi, enggak apa-apa lu ngomong gitu.
Aduh, ini orang merasa cantik banget.
Mukanya kayak cowok tapi gondrong gitu
loh. Tahu enggak?
Gimana menurut kalian? Atau gambarnya
ee Brad Pitt lagi di pantai gitu. Ada
kan model baju pakai seperti kita
telanjang tapi baju aja gitu. Tak
usahlah pokoknya Mbak Juli aja. Gini
gini deh gini deh Mbak Juli. Kalau lu
ngomongin agama orang lain terus lu
mencoba untuk memasukkan unsur-unsur
pornografi. Sekarang gua balikkan ke el
agama lu seandaikan misalkan di dalam
tempat ibadah lu misalkan dipajang
sebuah foto telanjang. Apakah itu masuk
akal? Apakah itu hal yang lumrah gitu.
Masa lu sebodoh itu berpikir men. Kalau
misalkan nih kalau misalkan lu mau
ngeceng-ecengin agama gitu ya jangan
dikaitkan dengan pornografi. Itu aneh
menurut gua. Kalau lu misalkan, "Oke lu
mau protes soal oke kenapa harus gambar
Ka'bah?" Ya, kalau memang lu pintar,
misalkan lu bisa ngomong kenapa ini
tidak gambar si punya sajadah atau nama
yang punya sajadah. Kan banyak kan
sekarang tuh barang-barang yang
diembel-embelkan dengan si empunya.
Misalkan kayak plat nomor mobil itu kan
ada inisial siapa gitu. Itu masih masuk
akal. Itu adalah pertanyaan yang mencoba
untuk menjatuhkan tapi masih pintar
gitu. Masa iya alat perangkat ibadah lu
kait-kaitkan dengan hal pornografi itu
kan kelihatan banget Kilo Jongkok gitu
pakaian bikini seksi gitu. Kalian mau
enggak itu misalnya itu
lu enggak seksi sih?
Ini pertanyaan aja jangan marah.
Enggak marah. Ngapain marah? Positif
ngapain marah?
Sekali lagi
kita jugaak akan ngjelek-jelekin Juli.
Emang udah jelah
bilang Juli tidak ada kerjaan
atau bilang urusin aja agama lu. Terus
Juli dibilang kafir
anjing.
He
sudah peot. Oh iya itu benar yang
terakhir tu
cepat mati l
kalau kalian berpikir begitu kalian
tidak akan maju-maju enggak marah sama
Somad tentang jin kafir tapi mau Juli
tanya dan jangan menghujat ya
Juli mau tanya kenapa muslim salat cium
karpet kita tidak tahu karpet itu kan
untuk diinjak kaki.
Oh tidak Mbak Juli. Tidak semua karpet
tuh untuk diinjak dan tidak semua
perempuan yang mirip Mbak Juli untuk
jadi pelacur. Enggak. Enggak Mbak Juli.
Ada juga yang dikawinin dan diempin sama
bule kayak Mbak Juli ini gitu. Ada juga
karpet itu yang bisa buat aladin
misalkan ya kan. Buat jadi karpet
terbang misalnya. Jadi atau kayak
misalkan kemarin si apa Ersya Ramadan
karpetnya di dinding pajangan ya
semuanya buat diinjak gitu. Fungsi itu
bisa untuk apa aja Mbak Juli? K Pak Juli
itu harus ingat gitu. Jadi terlalu bodoh
gitu statement-statement logikanya tuh
terlalu bodoh tapi merasa pintar. Oke
oke oke. Statement selanjutnya.
Statement selanjutnya.
Kapan Muhammad menjumpai Allah dan suruh
mempraktikkan? Hei Muhammad.
He ini cara muslim salat. Suruh umat
kita
salatnya begini kapan?
Oke dia nanya kapan? Sementara di awal
statement dia, dia bilang dia seorang
muslim dulu rajin, adiknya itu di
pesantren segala macam. Masa hal ini dia
masih mempertanyakan, "Udah jelas-jelas
kalau lu memang muslim dan lu taat, lu
tahu peristiwa Isra Mikraj." Di situlah
Rasulullah sallallahu alaihi wasallam ya
kan diangkat ke langit ketujuh oleh
Allah di malam Isra Mikraj tersebut dan
menerima wahyu tentang salat ini gitu.
Katanya lu paling pintar ya kan salatnya
rajin. Masa itu aja enggak tahu. Berarti
kan kelihatan elad dan melecehkan agama
Islam karena ilmu lo itu dangkal. Tapi
kalau ilmu lo dangkal minimal nih ya
walaupun lu tidak senang dengan agama
Islam lu lu akhirnya menjadi apa? Murtad
ke agama lain. Setidaknya lu tidak akan
menjelek-jelekkan kalau ilmu lu cukup.
Karena gini, gua tidak menyalahkan orang
yang keluar dari agama Islam. Kenapa?
Kadang ada tuntutan cintah, tuntutan
ekonomi lah, menemukan ketenangan
dirilah di agama lainnya terserah itu
itu urusan mereka gitu ya. Tapi ketika
lu sudah pindah agama tapi lu
menjelek-jelekkan agama ini, agama yang
sebelumnya dari agama bawaan lahir lu,
itu artinya ilmu lu dangkal. Lu tidak
punya ilmu, that's why lu
menjelek-jelekan, gitu. Oke.
Seperti kita kalau kita mau menari, kita
mau ber dancing di state, kita latihan
dulu.
Iya.
Enggak mungkin langsung bisa. Oke.
Kapan itu suratnya mana? Ayat berapa kok
tiba-tiba kita itu harus pakai niat
takbiratul ihram, bacaan bla bla bla
sampai tahay akhir.
Oke. Ini jujur nih kalau gua nih ya
kalau gua dijelasin secara detail banget
memang ini panjang untuk dijelaskan
gitu. Tapi kalau kita mau mempelajari
ilmunya ya belajar pada orang yang
tepat, pada ulama kita bisa pada ustaz
gitu ya belajar ya. Kalau misalkan lu
mempertanyakannya di YouTube ya akan
banyak persepsi-persepsi miring dan akan
banyak juga persepsi-presepsi yang tidak
pas gitu ya. Nah, tapi ini di sini gua
tidak akan menggurui juga si tua bangka
ini karena kenapa? Enggak ada untungnya
menggurui dia. Cuman kita di sini oke
beradu statement logika aja. Kalau lu
bertanya dari mana ayatnya ini bisa
digini bisa di itu? Cara salat itu
kenapa bisa begini gitu ya. Bisa juga
timbul pertanyaan di agama lu misalkan
kenapa di agama Nasrani itu orang berdoa
dengan pakai nada alias bernyanyi kan
bisa aja gitu. Dan gua yakin kenapa umat
Nasrani berdoa dengan bernyanyi itu
sudah pasti ada hukumnya juga. Sudah ada
aturannya dari sananya di dalam Alkitab
sudah ada. Dan gua yakin, gua yakin itu
bukan berarti gua mengimani enggak. Tapi
gua percaya itu ada di dalam Alkitab dan
gua juga percaya di dalam Al-Qur'an
bahwasanya aturan-aturan salat itu ada
juga di sana. Jadi menurut gua ya udah
kita disekat yang berbeda. El
mempercayai kitab lu, kita-kita
mempercayai kitab kita gitu. Jadi tidak
perlu lu menjelek-jelekkan kitab orang
lain menurut gua. Karena di agama lu aja
ada, masa iya di agama gua enggak. Ya
kan bisa dipertanyakan juga gitu. Kenapa
agama lu bisa melakukan hal ini? Masa
sih enggak ada di dalam Alkitab lu? Sama
juga dengan kami. Kenapa kami melakukan
ini? Masa sih enggak ada di di dalam
Alkitab kami? Karena perlu kalian tahu,
sujud itu adalah ajaran orang-orang
Kristen. Karena perlu kalian tahu, sujud
itu adalah ajaran orang-orang Kristen.
Ketika Yesus disalib, banyak umatnya
meminta untuk tidak dilakukan
penganiayaan itu kepada kepala Yahudi,
musuh Yesus sebelum disalib.
Mereka sujud minta untuk tidak dilakukan
walau akhirnya terlaksana. Tapi Tuhan
Yesus 3 hari hidup naik ke surga
disaksikan umat dan musuhnya. Makanya,
nah di sini kan dia mempercayai kan
bahwasanya Tuhan Yesus itu naik ke
surga. So tidak bisa lo bantah ketika
kita juga punya kepercayaan bahwasanya
di hari Isra Mikraj Nabi Muhammad
Rasulullah sallallahu alaihi wasallam
itu juga naik ke langit ketujuh. Karena
kenapa? di statement agama lu itu ada,
di statement agama kita juga ada. So,
itu bagian itu tidak bisa dibantah. Oke.
Terus dia bilang sujud itu adalah ajaran
Kristen. Kita di umat muslim, kita tidak
membantah bahwasanya kita mempercayai
adanya Yesus itu. Isa Almasih itu adalah
nabi kami juga. Di dalam Islam itu ada
Isa Almasih itu, tapi kesebutannya Nabi
Isa Alaih Salam gitu ya. Sebenarnya
gini, salah banget seorang Kristiani itu
menjelek-jelekkan Islam menurut gua.
Karena kenapa? kita itu masih ada
hubungannya secara agama. Di agama
Kristen, umat Kristen mempercayai adanya
Isa Almasih, yaitu Yesus. Di dalam agama
Islam dipercayai bahwasanya Nabi Isa
Alaih Salam itu adalah nabi yang ke-24
sebelum Nabi Muhammad dilahirkan. So,
ketika berbicara soal agama Islam dan
agama Kristen seharusnya saling
menghormati aja gitu. Walaupun kita beda
iman gitu ya. Tapi orang ini nih
benar-benar iblis yang menurut gua
benar-benar mengadu domba gitu. So,
menurut gua daripada diperdebatkan agama
ini sebenarnya siapa yang paling benar,
siapa yang salah, siapa yang surga,
siapa yang ini intinya sih berbuat baik
aja sih. Kalau misalkan lu percaya
dengan iman lu ya udah imani itu. Kita
percaya dengan iman kita, kita imani
itu. Inti dari semuanya adalah berbuat
baik. Tapi kalau misalkan kayak gini,
menjelekan agama orang, menjelekkan
kepercayaan orang, itu benar-benar yang
kayak mengadu domba, enggak sih? Terus
juga berani berbuat kayak gini karena
bertamengkan kewarganegaraan Amerika.
Coba misalkan ngomongnya itu tidak
berlindung di balik bendera gitu, berani
enggak? So, buat Mbak Juli yang katanya
seksi ya, alangkah baiknya gitu. Ketika
Mbak ingin menyadarkan mungkin bagi
menurut Mbak adalah agama Mbak agama
yang paling benar. Ketika Mbak ingin
menarik umat-umat muslim mungkin pengin
jadi Kristen, nah itu hak Mbak ya untuk
berdakwah. Mungkin itu adalah cara Mbak
untuk mendapatkan pahala gitu kan.
Enggak ada yang salah dari orang
berdakwah itu. Menurut saya, Mbak mau
mengkristenisasikan umat lain itu hak
Mbak gitu ya untuk bertindak. Karena
menurut saya daripada saya mengurusi
akidah orang, lebih baik saya urusi
akidah saya. Tapi kan ini konteksnya
sudah beda. Akidah yang buruk ini
menyentuh agama saya. That's why saya
akan bicara gitu. Jadi, Mbak juga pernah
saya dengar dari statement salah satu
video Mbak, untukmu agamamu, untukku
agamaku. Kenapa Mbak tahu itu? Karena
Mbak Islam katanya kan. Ya, harusnya
seperti itu juga. Harusnya karena Mbak
tahu perihal itu. Lakum dinukum
waliadin. Untukmu agamamu, untukku
agamaku. Harusnya ya udah mbak jalanin
itu aja. Di dalam agama Islam pun tidak
diajarkan untuk menyinggung agama orang
lain. Ya, mungkin memang ada sebagian
oknum yang menyinggung agama lain, tapi
apakah Mbak yang mengaku cerdas ini
meniru hal yang negatif tersebut gitu?
Kenapa tidak ambil yang
positif-positifnya aja gitu? Oke, Geng.
Terlalu serius dan terlalu panjang
pembahasan ini. Gua juga takut sih kalau
misalkan terlalu banyak di dibahasnya
dari segi agama ya karena sensitif
banget gitu. Karena di dalam agama kita
itu keimanan itu menjadi apa ya, menjadi
problem masing-masing orang aja gitu.
Tidak perlu yang kayak di terlalu
diumbar-umbar, tidak perlu yang kayak
terlalu diperdebatkan lah gitu. Oke,
thank you geng sudah nonton Kamar Jeri
episode kali ini. Jangan lupa follow
Instagram gua, subscribe channel ini dan
tinggalkan komentar kalian di bawah.
Ingat geng, tunjukkan adab kalian.
Tunjukkan kalau kalian itu orang yang
berakhlak mulia. Jangan pernah memaki
dengan kata-kata binatang. Jangan pernah
memaki dengan kata-kata yang jorok.
Karena kalau udah bahas soal agama itu
terlihat lucu ketika kita memaki-maki
gitu.