Transcript
3FTpE1xR-zA • MARAK JOKI SKRIPSI & TRUGAS ! MAHASISWA LULUS CARA CURANG TERMASUK MENJADI DOKTER ?
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/KamarJERI_Official/.shards/text-0001.zst#text/1197_3FTpE1xR-zA.txt
Kind: captions Language: id gua juga menemukan fakta kalau ternyata usaha joki ini juga dilakukan oleh dosen wah kacau Hal ini diungkapkan oleh salah satu user tiktok yang bernama Nira Nurani teresna Dewi dengan username her life is yang mana dia menunjukkan adanya iklan di Instagram yang mempromosikan jasa joki untuk skripsi dengan harga R7 juta dan tesis dengan harga 11p juta Nah tesis itu yang buat S2 gitu geng dan iklan tersebut menyebutkan kalau skripsi dan tesis ini adalah premium Kenapa premium karena skripsi dan tesisnya dikerjakan oleh profesional atau dosen langsung Yo geng tekan tombol subscribe geng Halo geng Welcome back to kamar [Musik] Jerry geng geng Oke pembahasan kita hari ini tentang joki Nah mungkin kalian ah baca dari judul dan juga thumbnail-nya terus Kalian pasti bertanya-tanya Apakah benar gitu ya Ada jasa yang seperti ini apakah jasa joki ini cuma berlaku untuk beberapa jurusan aja atau justru semua jurusan pasti ya kata joki itu udah enggak asinglah di telinga kalian bisa dikatakan jasa untuk menjadi joki ini sudah menjadi sebuah pekerjaan yang menjadi lahan untuk mencari uang tambahan dan seperti yang kita tahu joki adalah orang yang menawarkan jas untuk bisa membantu orang lain untuk situasi tertentu nah biasanya yang sering kita dengar kan joki game gitu ya misalkan kayak game mobile Legend pengen naik rating atau naik level biasanya pakai jasa joki tapi gimana jadinya nih kalau untuk lulus kuliah aja itu juga ada jasa jokinya dan jasa joki kayak gini Ternyata berlaku untuk semua jurusan kaget Enggak tuh dan kebayang enggak kalau semua jurusan ada jokinya itu Gimana kalau yang milih Jurusan Kedokteran dokter itu kan berhub hubungan dengan keselamatan nyawa seseorang nyawa pasiennya kalau misalkan dia lulus saja pakai joki terus ilmu apa yang dia terapkan ilmu apa yang dia praktikkan kepada setiap pasien gitu Dan inilah yang terjadi geng di Indonesia jasa joki sudah semakin lumrah dan bahkan jasa joki Itu ada pt-nya geng Jadi ibarat itu perusahaan yang sah resmi tapi bidang yang dijalankan bisa dikatakan adalah sebuah bidang yang tergolong ilegal Meskipun mungkin Secara perundang-undangan belum jelas aturannya tetapi kita bisa bilang ini ilegal karena ini semua kan termasuk penipuan ya seorang mahasiswa bisa lulus atas jasa joki yang mana Berarti semua pekerjaan atau tugas dari kampusnya dari dosennya itu bukan dia yang mengerjakan nah tapi nilainya jadi bagus dianya juga jadi lulus gara-gara jasa orang lain nah gimana cerita selengkapnya nih tentang kehadiran jasa joki ini dan bagaimana parah dan bobroknya pendidikan di Indonesia termasuk Jurusan Kedokteran yang bisa dikatakan ini sangat fatal apa apabila juga memakai jasa joki Langsung aja kita bahas secara lengkap di Permisi peristiwa misteri dari berbagai [Musik] sisi hal yang belakangan ini gua syok banget dan jujur baru tahu itu betapa dinormalisasi joki [Musik] Oke geng Sebelum kita mulai ke kontennya jangan lupa buat check out genlabs watermelon Bubble Gum ini produk B dari gua kalian harus cobain kesegarannya gua lihat udah banyak yang beli tapi sayangnya masih kurang yang ngasih review nih kalau udah beli Coba deh review juga tinggalkan kesan dan experience kalian ketika mencoba produk dari genlabs watermelon Bubble Gum ini Oke buat yang belum check out bisa langsung check out linknya udah ada di kolom deskripsi di bawah genlabs sebebas gue Oke kita langsung masuk ke dalam pembahasan utama terkuaknya jasa joki jadi Geng kalau kalian pengguna aktif platform X pasti udah enggak asing lagi dengan akun-akun yang menawarkan jasa joki kayak gini G karena banyak banget sih terutama ya timeline anak-anak kuliah bahkan gua juga mendapatkan beberapa kali jasa joki di tiktok bahkan mulai dari joki tugas sampai ke joki skripsi jadi enggak cuma joki game nah joki skripsi yang mana itu menjadi sebuah penentu kelulusan dari seorang mahasiswa atau mahasiswi ternyata bisa dijokiin pada awalnya memang enggak ada yang mempermasalahkan tentang adanya jasa joki ini geng atau setidaknya ya enggak pernah ada yang membahaslah mengenai seberapa kontroversialnya jasa-jasa joki yang banyak ditawarkan di media sosial dan sebenarnya jasa joki kayak gini tuh udah lumrah banget dari zaman dulu udah banyaklah tapi dulunya ya pas gua kuliah nih ya itu jasa joki biasanya sebatas dari teman ke teman misalkan nih dalam satu kelas ada teman yang pintar banget nah biasanya dia bakal dibayar untuk jadi joki Ya udah ases pertemanan aja dan biasanya juga bayarannya itu cuma ngasih uang jajan gitu nah tapi gimana jadinya kalau Jasa perjokian Ini justru dilihat sebagai ladang cua Oleh segelintir orang dan malah dijadikan usaha bahkan usaha joki ini ada pt-nya geng gaul Enggak tuh negara kita jadi geng singkat ceritanya nih ya Ada seorang tiktokers yang bernama abigel limuria yang membuat sebuah video mengenai keresahannya dia terhadap jasa joki di dalam video dia tersebut dia menjelaskan Betapa apa kagetnya dia ketika di Indonesia sangat menormalisasi jasa joki karena yang menggunakan jasa joki ini ternyata banyak banget geng dan lebih banyak dari yang dia kira yang belakangan ini gua syok banget dan jujur baru tahu itu betapa dinormalisasi joki gua normalisasi tuh bukannya banyak banget yang pakai dan ternyata memang banyak banget yang pakai lebih banyak dari yang gua kira saking jasa joki ini dinormalisasikan bahkan ada beberapa orang yang tidak mengetahui kalau sebenarnya menggunakan jasa dari joki adalah hal yang salah Ya intinya kan lu berarti membohongi gitu ya bisa membohongi pihak kampus bisa membohongi dosen Karena semua tugas-tugas itu kan untuk menguji diri sendiri Bukannya malah pakai jasa joki hanya untuk mengejar nilai terus ilmu yang kita dapatkan apa apa yang mau diuji gitu kan Nah terus geng menurut si tiktoker yang bernama abigil tersebut usaha joki ini adalah salah satu bentuk dari penipuan karena Si Joki akan mengerjakan tugas orang-orang dan orang itu akan menggunakan hasil kerja Si Joki dan akhirnya orang yang memakai jasa joki ini bakal mendapatkan nilai yang bagus Nah itu kan salah satu bentuk kebohongan karena nilai orang tersebut didapatkan dari hasil kerjanya orang lain terus geng menurut si abigil ini juga ternyata kalau adanya jasa joki ini menjadi salah satu faktor negara kita menjadi sulit untuk berkembang karena semua tugas mau itu tugas sekolah jurnal ilmiah sampai ke skripsi akan dibantu oleh otak orang lain Nah bukannya mengasah pola pikir belajar dan problem solving yang baik untuk diri sendiri tapi justru memilih cara instan dengan menggunakan jasa joki Nah terus juga abigil ini mengatakan dia cenderung menyalahkan orang yang menggunakan jasa joki daripada orang yang menyediakan jasa joki kata dia karena ya sesuai hukum ekonomi aja geng enggak akan ada suppplpl kalau enggak ada demand-nya nah enggak akan ada semut kalau enggak ada gulanya jadi bisa dikatakan jasa joki ini muncul karena banyak orang yang butuh gitu geng Nah jadi semakin banyak aja orang malas di negara kita ini ya geng dan ya Mau sampai kapan jadinya bodoh terus gitu maunya disuap terus gitu dilayani terus dan apa-apa tuh menggunakan uang dari kuliah aja udah pakai praktik dengan cara joki ini gimana nantinya kalau udah lulus otomatis kan segala kecurangan bakal dibikin lumrah gitu Nah inilah bibit-bibit yang akan berakhir menjadi praktik korupsi nah tapi ya kalau misalkan kita perhatikan memang nih geng ya munculnya jasa joki ini juga disebabkan karena adanya permasalahan struktural seperti kurikulum yang enggak relevan dengan berbagai jenjang pendidikan di Indonesia jadinya ada yang menilai kalau tugas-tugas yang diberikan oleh guru ataupun dosen itu sangat sulit sehingga menggunakan joki untuk menyelesaikan semua tugas tersebut adalah cara yang paling praktis nah bahkan nih ya kabarnya nih ada seorang guru yang merekomendasikan jasa dari joki geng gila banget ya guru yang harusnya ya menguji kompetensi dari muridnya malah menyuruh muridnya untuk pakai jasa joki Nah di sini udah muncul nih simbiosis mutualismenya nih Yang mana Si Joki ini bakal ngendor si guru dan si guru ini bakal mempromosikan jasa joki tersebut nah lalu konsumennya siapa konsumennya ya muridnya nah ini udah rantai makanan nih rantai uang nih antara joki guru dan murid kalau gua cari di akun X maupun tiktok nih geng Ya udah banyak banget geng akun yang menyediakan jasa joki ini udah ratusan dan kalian ketik aja joki skripsi di search engine kalian atau di media sosial gitu ya pasti bakal banyak yang menawarkan jasa tersebut dan untuk joki scripsi sendiri biasanya satu akun itu hanya menawarkan satu jurusan aja Misalkan ak akun ini khusus buat joki skripsi jurusan arsitektur Terus ada yang satunya lagi jurusan akuntansi dan lain sebagainya Nah jadi bisa dikatakan masing-masing joki menguasai bidangnya joki skripsi juga ada yang bermacam-macam press listnya geng ada yang menawarkan joki skripsi per babnya terpisah ada juga yang dihargai borongan dari bab 1 sampai bab 5 Pokoknya sampai kelar deh dan yang pasti harganya variatif sesuai dengan tingkat kesulitan nah dan Si Joki ini biasanya enggak cuma menawarkan jasa untuk joki skripsi aja tapi ada beberapa jasa lain yang ditawarkan seperti membuat jurnal membuat SPSS terus membuat makalah atau laporan sampai ke joki yang menurut gua receh banget nih geng seperti jasa ngetik buat PPT untuk presentasi merapikan dokumen dan merangkum File atau video buset sampai segitunya itu gimana mau pintarnya terus kuliah ngapain kuliah ngopi doang gosip-gosip doang ilmunya di mana gitu di sini kita bisa lihat segala bentuk tugas itu ada semua jasa jokinya geng terus pasarnya siapa ya jelas mahasiswa dan murid-murid yang malas untuk mengerjakan tapi mereka punya cukup uang yang lebih sehingga bisa memakai jasa joki ini terus geng setelah menjamurnya usaha dari para penyedia jasa joki ini menjadi sebuah gambaran bagi kita kalau memang penyedia jasa ini banyak dan marketnya pun besar marketnya siapa ya orang-orang malas dan tinggal cari aja g Harga yang sesuai dengan budget si orang malas ini dan mereka langsung melakukan transaksi dan semuanya selesai jadi joki itu bakal langsung membuatkan tugas-tugas kalian para mahasiswa dan murid-murid yang malas ya Nah pada akhirnya nih karena terlalu ramai akhirnya topik pembahasan tentang joki ini pun banyak yang memperbincangkan dan mulai mengkhawatirkan geng ya Gimana Enggak mau jadi apa generasi ini kalau menormalisasikan kebohongan di dalam dunia akademik ya kan dan ternyata nih setelah terbongkar semuanya jasa joki ini dikabarkan tidak hanya dilakukan oleh perorangan aja tapi bahkan ada perusahaan besar yang khusus menyediakan jasa joki nah ini yang gua katakan tadi bahkan sudah PT geng di sini gua enggak mau nyebut nama pt-nya ya karena kan nanti takutnya pihak mereka ini berbadan hukum nanti malah tersinggung dianggap pencemaran nama baik gitu ya jadi di sini gua kasih e inisialnya aja inisial dari perusahaan ini adalah KJP Nah nanti cari tahu sendiri deh kepanjangannya apa jadi geng menurut informasi yang gua dapatkan dari media Tirto perusahaan KJP ini sudah ada sejak tahun 2018 dengan dengan memberikan jasa layanan joki tugas dengan sistem pembayaran per paket di mana si pembelinya itu bisa memilih salah satu paket yang sudah disediakan oleh akun KJP untuk menyelesaikan tugas-tugas si pembeli kebayang tuh ya dari tahun 2018 after 2018 itu kan Corona covid Berarti semua orang wfh termasuk para pelajar atau mahasiswa itu daring belajar lewat online gila enggak tuh udah loh ke kampus Kagak kagak punya teman ya kan kagak punya teman yang benar-benar EE Face to Face ketemu sec a fisik itu kan salah satu yang dicari tuh sama orang-orang kuliah bisa berjabat tangan bisa nambah teman nambah koneksi tetapi Bayangin nih pas covid koneksinya enggak dapat ilmunya juga kagak karena kenapa udah enggak masuk kampus udah gitu tugas-tugas sampai skripsinya dikerjain sama joki Wah plus plus deh Gobloknya tuh mau masuk kerja di mana lu kalaupun ada perusahaan yang nerima paling sampai probation doang 3 bulan ditendang tuh sangking begonya Ya kan ya Jujur aja nih ya Jujur aja nih di perusahaan gua di sini di kamar Jerry gua tuh enggak mentingin yang namanya gel mau S1 s telleler s berapa gua enggak peduli Yang penting skill-nya kalau di sini 3 bulan probation kalau skill-nya bagus atau mungkin skill-nya jelek tapi masih bisa diarahin gua terima Nah kalau kayak gini nih kuliah aja udah malas gimana kita bisa menentukan dia pintar atau enggak karena mending orang bodoh ggak sih daripada orang malas orang bodoh Masih Bisa diajarin orang malas diajarin batu wah kacau banget nih di sini geng gua mencoba untuk mencari informasi yang lebih jelas mengenai perusahaan tersebut melalui Instagram nah tapi ternyata gua enggak menemukan akun dari si KJP ini dan gua mencari di Linkin Di mana biasanya di website tersebut ada deskripsi mengenai perusahaan perusahaan yang ada di muka bumi ini nah tapi ternyata di halaman website-nya yang ada di Linkin itu enggak tersedia nah cuma kalau kalian cari perusahaan inisial KJP di search engine seperti Google nah di situ bakal ada tulisan kalau KJP ini adalah bagian dari sebuah PT pt-nya gua inisialin juga ya yaitu PT GD ah cari sendiri deh cari sendiri dan ptgd ini bergerak di bidang layanan jasa pengerjaan tugas ya Allah pengerjaan tugas kalau tugasnya nyapu-nyapu sama ngepel sama nyuci baju enggak apa-apa deh tugas kuliah tugas sekolah ngapain dibantu Biarin murid dan mahasiswa itu Ngerjain sendiri karena tugas tersebut semerta-merta bukan untuk selesai tetapi untuk menguji apa yang sudah mereka pelajari apa yang mereka sudah serap tentang ilmu yang diberikan oleh guru dan dosennya ngapain dibantu ya kalau misalkan dia enggak bisa ngerjain tugasnya ya biarin itu artinya selama ini sejauh ini dia belum belajar itu inti dari tugas di sekolah Aduh malah disamain kayak petugas tukang sampah kayaknya ya pakai dibantu segala gitu sampai di sini geng Kalian pasti Penasaran ya kalau jasa yang menawarkan joki ini udah berbentuk perusahaan kan pastinya banyak yang bekerja di sana gimana bisa perusahaan tersebut merekrut para karyawannya jadi menurut informasi yang gua dapatkan ya dari salah satu akun X dengan username HRD bacot namanya nah di mana dia ini menuliskan sebuah tweet dengan memberikan beberapa screenshot yang menjelaskan Bagaimana cara perekrutan para karyawan di KJP nah pada screenshot pertama kalian bisa chat itu adalah chat DM dari salah satu orang yang mengaku pernah melamar kerja di KJP menurut dia proses rekrutmennya di perusahaan tersebut sama seperti kantor-kantor besar yang pasti perusahaannya juga besar di mana mereka harus melalui tahap wawancara terus juga nanti menghadap ke HRD nah pokoknya ini sama seperti melamar kerja di perusahaan besar Nah setelah para pelamar ini diterima sebagai karyawan di sana mereka akan dimasukkan ke dalam sebuah grup probation di mana Di dalam grup tersebut nantinya akan di-share beberapa teks atau kerjaan dan mereka harus buru-buru mengambil kerjaan tersebut jadi enggak ada pembagiannya geng sistemnya itu adalah sistem rebutan Siapa yang cepat ngerjain langsung kerjain dan kalau berhasil mengambil teks tersebut maka mereka baru bisa menjadi karyawan tetap nah menurut pengakuannya KJP ini memang mencari orang-orang yang profesional dan orang-orang yang mau bekerja di sana itu bukan disebut sebagai karyawan tetapi melainkan Mitra terus ditambah KJP ini memiliki sebuah pedoman bagi para probation terus Geng kalau gua lihat-lihat ya Gua tertarik nih sama poin ke-16 di dalam pedoman tersebut di mana dikatakan ada pembagian fe-nya yaitu sebesar 35% untuk calon Mitra 20% untuk pengawas dan 5% untuk marketing nah keren loh usaha ha joki ini udah ada pengawas dan bagian marketingnya jadi profesional banget Padahal yang dilakukan adalah penipuan membuat rakyat menjadi bodoh gitu kan Nah lalu nih geng akun dengan username HRD bacot itu juga memberikan screenshotan lain dari chat WhatsApp yang diduga dikirim oleh pihak KJP dengan memberikan sebuah pengumuman untuk probation baik yang lolos maupun yang tidak lolos dan dari sini aneh banget nih Geng kalau memang mereka yang bekerja di KJP ini adalah sebagai Mitra kenapa harus ada masa probation-nya ini kan kayak karyawan tetap gitu jadi gua jelasin Sedikit nih ya probation tuh kayak masa uji coba gitu loh geng jadi 3 bulan dicoba dulu dites dulu kalau memang kinerjanya bagus baik lancar semuanya barulah dia jadi karyawan tetap dan nantinya gajinya bakal utuh gitu Nah kalau misalkan 3 bulan enggak perform bakal ditendang biasanya kayak gitu dan Setahu gue juga kalau Mitra itu hubungan kerjanya seperti perusahaan ojol dengan driver ya kan jadi perusahaan ojol punya aplikasi driver yang narik kan Engak pernah tuh ada perusahaan ojol yang menerapkan system probation kepada drivernya Jadi drivernya kalau udah narik ya jadi Mitra kalau misalkan melanggar ya baru dipecat Enggak ada tuh uji coba-uji coba segala dan para driver itu bisa langsung bekerja dengan upah yang utuh Nah tapi di perusahaan KJP ini Memang agak sedikit unik yang melamar harus masuk ke masa probation dan harus berebut untuk bisa dapat kerja baru di situ nanti jadi Mitra nah terus geng ada seorang netizen lain nih dengan username akun X Tika Almira dia Ini enggak setuju Kalau yang disalahkan hanya orang-orang yang memakai jasa joki karena sebenarnya dari penyedia jasa joki ini juga enggak kalah menyeramkan Tika ini memberikan beberapa screenshot mengenai bagaimana perusahaan KJP itu memiliki tampilan baik di website dan akun Instagramnya yang seperti sebuah perusahaan besar nah Tika ini juga mengungkapkan bahwa fakta kalau KJP ini ternyata memanfaatkan influencer untuk meng-endorse perusahaan tersebut jadi ada influencer yang sengaja di-endorse supaya orang-orang tertarik Wah gila mempromosikan produk yang menurut gue ilegal sih ini marketing dari perusahaan ini memang patut diacungi jempol sih geng karena berani untuk mengeluarkan biaya yang besar agar bisa mempromosikan jasa mereka gitu dan Sebelumnya udah gua Sebutkan kalau KJP ini berada di bawah PT PT inisial GD dan menurut pemberitaan media CNN ptgd ini sendiri tidak terdaftar di Direktorat Jenderal administrasi hukum milik Kementerian Hukum di mana ketika media dari CNN mencoba mencari perusahaan tersebut di website milik Ditjen Kemen kunham perusahaan tersebut ternyata tidak ditemukan yang berarti perusahaan ini adalah perusahaan ilegal yang tidak berdasarkan pada hukum yang berlaku di Indonesia lalu kemudian CNN kembali melakukan penelusuran mengenai ptgd tadi dan ternyata diketahui kalau perusahaan tersebut menyewa kantor virtual dari ideon coworking Space yang berada di sebuah ruko yang terletak di kawasan Harapan Baru Bekasi Utara Nah jadi ketahuan nih Di mana letak PT ini lalu pihak CNN juga berhasil menemui seorang petugas dari ideon cooworking Space yang membenarkan kalau penyewaan virtual office oleh PT inisial GD itu ada di sana Nah petugas tersebut menjelaskan kalau kantor ini pindah dari Jakarta ke Bekasi dan untuk kantornya sendiri yang di Bekasi ini perusahaan ptgd Tadi hanya menyewa alamat kantor saja tapi tidak memakai ruko tersebut sebagai kantor mereka nah ini gua Coba jelaskan sedikit ya geng jadi si PT GD tadi menyertakan sebuah alamat di profile perusahaan mereka Tetapi kalau kita ke alamat yang tertera itu kita gak bakal menemukan kantor milik si PT tadi karena mereka hanya nyewa alamat doang jadi mereka tuh enggak punya kantor aslinya tapi kan untuk bikin PT syaratnya harus ada kantor Nah makanya mereka nyewa alamat dengan kata kerennya itu adalah virtual office Nah untuk tempat kerjanya sendiri mereka ini mungkin saja bekerja di rumah mereka masing-masing mereka meeting lewat Zoom mereka meeting lewat Google meet kayak gitu-gitulah dan menurut informasi dari petugas tersebut ternyata ptgd ini mulai menyewa virtual office atau alamat kantor mulai pada bulan Juni tahun ini nah jadi baru sebulan yang lalu dan biaya sewa untuk alamat tersebut sebesar Rp3 juta per tahunnya Ya lumayan murah ya ketimbang harus nyewa kantor beneran kan bisa ratusan juta mending Rp juta cuman alamat doang gitu terus geng lebih lanjutnya petugas tersebut mengatakan juga kalau pihak dari ideon itu tidak pernah bertemu secara langsung dengan pihak dari ptgd tadi dan ketika mengurus penyewaan kantor virtual itu semuanya dilakukan secara online ptgd ini sendiri dikatakan sudah melampirkan semua dokumen legal mereka seperti akta perusahaan sampai dengan nomor pajak ketika mengurus penyewaan kantor virtual tersebut nah yang anehnya menurut gua nih geng ya kalau PT GD ini tidak terdaftar di website milik Ditjen AHU Kemen kumhan Gimana caranya mereka bisa memiliki nomor pajak sampai akta perusahaan Nah mungkin Di Antara Kalian ada yang ngerti hukum bisa memberi an penjelasan mengenai hal ini di kolom komentar geng karena gua jujur aja benar-benar penasaran kenapa perusahaan yang seperti ini seperti ptgd ini bisa memiliki akta perusahaan dan nomor pajak Apakah ini ilegal dan karena ramainya pemberitaan mengenai ptgd dengan anak usaha mereka yang bernama KJP tadi di sosial media ada salah satu joki yang bekerja di KJP yang mencoba untuk ng-espil kalau pihak dari perusahaan tersebut meminta kepada seluruh Mitra atau karyawan yang memiliki akun Link in dan mencantumkan nama perusahaan tersebut di akun mereka untuk segera menghapusnya dan pihak dari KJP sudah menonaktifkan sementara akun-akun sosial media mereka karena panik nah pihak dari KJP ini juga menghimbau kepada para pekerjanya untuk tetap mengerjakan jokian mereka Sesuai dengan ketentuan dan deadline Nah mungkin itu adalah pekerjaan-pekerjaan yang sudah keburu masuk nah tapi untuk pekerjaan-pekerjaan lain yang baru mau masuk Nah itu mereka cancel untuk sementara waktu gara-gara mereka sudah viral terus bahkan nih geng KJP ini memperkirakan Kalau setelah ini akan terjadi penurunan permintaan yang signifikan hanya saja kegiatan operasional dari perusahaan mereka sedikit terganggu jadi menurut mereka ya mereka enggak akan tutup tetap berjalan tapi agak sedikit aja terganggu Nah inilah nekadnya mereka mereka masih yakin kalau Setelah semua ini viral usaha mereka akan masih terus berjalan gokil ya mungkin dari kalian ya ada yang pernah menggunakan jasa dari ya perusahaan joki ini coba tinggalkan komentar di bawah geng Nah lalu timbul pertanyaan nih geng Siapakah pemilik dari perusahaan tersebut sekarang kita bahas Nah jadi geng isu yang bereder di X kalau CEO dari perusahaan berinisial KJP ini adalah seorang perempuan namanya gua inisialin lagi nih gua enggak berani nyebut secara gamblang Takutnya nanti malah melangkar hukum gitu ya Nah inisialnya adalah lah udd Nah gua dan tim mencoba untuk mencari tahu siapa si udd ini apa dia mahasiswa atau mahasiswi atau dia ini memang udah kerja atau punya bisnis lain dan ketika gua cari di PD Dikti dan gua menemukan dua nama yang sama persis yang pertama ini terdaftar sebagai mahasiswa di Universitas Jenderal Sudirman yang masuk pada tahun 2016 hanya saja statusnya sebagai mahasiswa ah enggak aktif Nah Lalu ada yang kedua yang kedua ini terdaftar sebagai mahasiswa di universitas terbuka yang masuk pada tahun 2023 dan statusnya masih aktif sampai sekarang yang bikin gua enggak habis pikir nih ya si inisial udd ini Waktu itu ternyata pernah diundang di sebuah acara kampus dari international Association of student in agricultural and related science LC Nah kalau disingkat itu iaas terus lc-nya itu singkatan dari local komite dan acaranya itu diadakan di UGM dia menjadi seorang narasumber dengan topik the first step to social media marketing Nah jadi dia ini berbicara sebagai seorang CEO dari KJP yang merupakan perusahaan joki kebayang Enggak tuh perusahaan joki ya kan ceo-nya diundang oleh kampus untuk jadi pembicara ini gimana mindsetnya tuh ini Aduh wahah gila sih udah gila sih ini Universitas gimana ya mikirnya masa iya joki itu kan perbuatan curang ya kan perbuatan curang dari seorang mahasiswa untuk bisa lulus untuk bisa dapatin nilai tiba-tiba penyedia jasanya diundang untuk jadi pembic cara untuk menginspirasi semua orang Wah enggak habis pikir gua udah gila kali negara ini dan ini membuat kita bertanya-tanya bagaimana bisa BEM kampus ternama di Indonesia mengundang CEO dari perusahaan penyedia joki ini apa pihak dari panitianya enggak profiling dulu gitu ya perusahaan si inisial udd ini bergerak di bidang apa Nah bahkan ini menjadi sebuah asumsi tersendiri bagi netizen apa jangan-jangan nih Enggak nuduh ya Ini pertanyaan dari netizen yang gua baca gitu apa jangan-jangan pihak kampus Memang udah kerja sama dengan perusahaan KJP milik si inisial udd ini kok bisa dia diundang untuk jadi pembicara akhirnya nih geng karena pemberitaan yang sedang ramai mengenai joki skripsi ini pihak dari iaas LC UGM memberikan pernyataan klarifikasi yang memohon maaf atas kelalaian yang sudah pihaknya lakukan dalam memilih narasumber untuk acara tersebut di dalam klarifikasi itu iaaslc UGM itu menegaskan kalau pihaknya tidak terafiliasi dengan KJP atau sejenisnya nah si bintang tamunya atau narasumbernya yaitu CEO dari KJP sendiri itu enggak pernah menjadi anggota dari iaas LC UGM dan tidak memiliki hubungan apapun dengan pihaknya Nah iaas lcugm itu sedang melakukan investigasi dan peninjauan terhadap kegiatan organisasi baik yang sudah lewat maupun yang akan datang untuk mencegah kejadian kayak gini bisa terjadi di kemudian hari Aduh GM Enggak Aduh enggak habis pikir gue siapa sih panitianya ngapain l undang penyedia jasa joki joki kan bikin bodoh mahasiswa malah lu support malah Lu dukung aneh banget nah terus enggak cuma dari UGM aja geng karena ternyata si inisial udd ini terdaftar sebagai mahasiswa di universitas terbuka pihak kampus jadi ikut terseret-seret padahal nih kasus ini adalah kasus personal ke si udd-nya beserta dengan perusahaan yang dia Pimpin atau yang dia dirikan nah tetapi pihak kampus akhirnya ikut terkena imbas dan ada beberapa netizen yang mencoba untuk mengangkat kasus usaha joki yang dikelola oleh si E udd ini dengan Memberikan komentar di akun Instagram resminya UT atau Universitas Terbuka tempat si udd berkuliah nah pihak UT itu merespon bahwa pihak kampus akan menindak dengan tegas segala bentuk kecurangan akademik termasuk dengan terlibatnya salah satu mahasiswa mereka dengan jasa joki sehingga meminta untuk melaporkan kalau ada yang menemukan kasus tersebut ke email kampus nah ini kayaknya enggak perlu dilaporin ke email kampus lagi sih karena kan udah tersebar luas nih udah viral harusnya pihak kampus udah bisa langsung to the po targetnya udah ada langsung sikat gitu ya biar usaha-usaha seperti ini ya jangan lagi berkembang kasihan banget gitu mahasiswa dan mahasiswi Indonesia gitu kan jadinya terdidik untuk bermental korupsi untuk bermental bohong gitu geng apa-apa mengandalkan uang kemudian nih geng gua juga mendapatkan sebuah informasi ini dari akun HRD bacot yang sebelumnya sempat kita bahas Dia memberikan sebuah screenshot tentang chat DM dengan seseorang yang mengatakan kalau orang tersebut mengenal si inisial udd CEO pendiri usaha joki KJ dia mengenal si udd ini dari awal dia merintis perusahaan tersebut yang mana udd ini ternyata adalah mantan pacar dari temannya katanya dan menurut orang tersebut KJP pada awalnya hanya dibuat untuk anak-anak di salah satu kampus aja jadi internal gitu enggak sampai luas banget nah gua juga enggak tahu nih kampus Apa yang dimaksud karena memang udah disensor gitu chatnya nah tapi semakin lama banyak yang tertarik untuk menggunakan jasa joki dari KJP ini jadinya ya semakin berkembang perusahaan tersebut dan si udd juga dikatakan bukan berasal dari kalangan keluarga yang kaya raya dia ini orangnya sederhana tinggal di sebuah kosan dan semenjak KJP ini naik banyak dikenal orang dan banyak menggunakan jasa dia akhirnya si udd ini sampai bisa beli rumah sampai bisa beli mobil didetailin juga tuh di chat itu mobilnya Hyundai kereta Buset mewah tuh nah selain jadi CEO dari KJP si udd ini juga punya coffee shop di daerah Bekasi dan bahkan sampai jalan-jalan ke luar negeri dan itu dia lakukan ketika covid lagi tinggi-tingginya nah Berarti ketika covid lagi tinggi-tingginya orderannya lancar tuh dan yang bikin benar-benar kaget adalah ternyata mantan pacar dari si udd ini ternyata kerja di kemendikbot geng Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ya Iya enggak sih Aduh gua sampai bego nih jangan-jangan Gua pakai jasa joki juga nih Nah jadi bisa dikatakan ternyata dia punya orang dalam pernah dekat sama orang dalam dan Ya seperti yang kita tahu ya Kemendikbud kan ini Kementerian Yang menaungi pendidikan dan bertanggung jawab terhadap sistem pendidikan di Indonesia nah ternyata ada pegawainya yang pernah berpacaran dengan seorang penyedia jasa joki gitu nah yang jadi pertanyaannya Kenapa si mantannya tersebut yang bekerja di commemendikbud tidak melaporkan si udd ini kan itu kecurangan itu praktik kecurangan dalam dunia pendidikan itu ilegal gitu kan Nah inilah kacau banget Terus ada lagi screenshot lainnya yang tertulis kalau KJP ini biasanya laku banget Kalau kampus-kampus swasta sedang ada ujian dan ujiannya ini adalah ujian take home Berarti kayak p PR pekerjaan rumah Jadi bukan ujian tertulis yang dikerjakan di kampus gitu geng Nah bahkan ya geng perusahaan tersebut yakin kalau mereka enggak akan bangkrut Kenapa bisa sepercaya diri itu ya karena mereka sadar kalau pasarnya sebanyak itu kalau mahasiswa atau murid-murid malas di Indonesia ini sebanyak itu geng Nah dari jasa tersebutlah mereka bisa mendapatkan pendapatan sampai R300 juta per bulan gokil engak tuh Ini benar-benar per bulan loh geng dan branding dari KJP ini sebagai joki premium dengan memasang harga joki minimal Rp100.000 untuk satu Project atau untuk satu tugas akhirnya nih Setelah terungkapnya semua sistem kerja joki dari KJP ini ada netizen yang mengungkap akun serupa yang menyediakan jasa yang sama di Instagram Nah kalau ini gua sebutin secara gamblang aja namanya ya kayaknya ini bukan perusahaan besar atau bukan PT nih namanya itu adalah joki skripsi 07 dan smhr Mia nah terus ada lagi jokitugas.gas di antara ketiga Akun tersebut ada netizen dengan akun X yang bernama baku dimsam itu membuat tweet dengan menyertakan screenshot dari Fed milik salah satu akun yaitu jokitugas.gas yang menawarkan jasa joki untuk tugas kedokteran kacau Enggak tuh ini harus banget dibahas nih tugas kedokteran dikerjain sama joki terus itu kalau orang lulus jadi dokter dia ngobatin kita pakai apa itu ngejahit kita pakai benang jahit sepatu kali ya usah ada luka gitu Oh harus dijahit nih pakai Wah benang nilon kali itu wah gila banget dan tugas kedokteran ini ini enggak main-main sih menurut gua ini udah offside banget sih Enggak masuk akal lagi nah kemudian ada lagi nih netizen lain di akun X juga dengan username gunung huakuo yang berkomentar di tweet akun bakul dimsam dia bilang ada akun Instagram yang tidak hanya menawarkan Joki aja untuk tugas kedokteran tetapi juga sampai skripsi kedokteran geng dengan username Instagramnya matexpert.id Wah ini harus banget ditangkap nih pak polisi kacau nih orang tapi pas gue search gitu ya di Instagram akunnya udah enggak ada udah di nonaktifkan jadi kebayang ya geng untuk bisa lolos ke fakultas kedokteran aja itu ada jokinya selama ini mungkin yang menjadi gonjang-ganjing kita di Indonesia adalah masuk kuliah untuk sebuah profesi nih misalkan kayak profesi kedokteran katanya bayarannya mahal ada sogok-sogokannya Ya udahlah kalau itu enggak dipikirin lagi yang penting di kampus Setelah dia keterima atas sogokan tersebut dia bisa belajar dan lulusnya karena belajar itu masih oke tapi ini gila udah isunya masuknya mahal harus pakai sogokan lulusnya juga pakai joki Ya Allah lu mau jadi dokter apa Mantri Mantri sunat tuh yang Pak pakai bambu tuh itu enggak perlu dah lu sekolah sampai 9 tahun sampai koas-koas segala enggak perlu tuh itu Berdasarkan pengalaman yang penting lu tahu jenis kulit kulitan aja kulit-kulit laki gitu lu tahu gitu ya Oh ini kulit ini kulit potong gitu nah itu jadi Mantri itu gila fakultas kedokteran l dan orang-orang yang sebenarnya tidak bisa lulus di fakultas kedokteran gara-gara pakai joki ini Akhirnya bisa lulus dan bahkan juga kabarnya ada yang sampai jadi dokter dan buka praktik Nah Enggak bisa dibungkir ya geng untuk bisa masuk ke fakultas kedokteran itu enggak bisa sembarangan orangnya benar-benar harus pintar dan juga harus sanggup gitu otaknya tapi ini miris banget kalau misalkan pendidikan kedokteran di Indonesia ternyata biayanya udah mahal dan menjadi fakultas dengan biaya pendidikan paling tinggi namun lulusnya harus pakai joki dan seperti yang kita tahu yang namanya kedokteran sudah pasti berhubungan dengan nyawa orang lain Nah bisa kalian bayangkan tuh ketika dokter-dokter modal joki ini menangani para pasien mereka Wah ini benar-benar fatal banget nah terus ditambah dengan Adanya isu kayak gini ya makin-makin enggak percaya lah gitu ya makinmakin Aduh makin-makin jadi mikir 1000 kali gitu untuk ini Aman enggak ya kalau orang tua kita diobatin di negara sendiri ya dokternya udah pakai jasa joki geng ya makanya nih terkadang nih kalau misalkan kita ke rumah sakit kita tuh lebih nyaman ditangani sama dokter-dokter yang udah tua banget gitu kan dokter-dokter yang memang pengalamannya tinggi ketimbang sama dokter-dokter muda karena itu tadi jadinya kita punya tres isu tersendiri gitu dengan hal ini ya tapi Semoga aja nih enggak semua dokter di Indonesia pai jasa joki kayak gini karena kalau misalkan ada yang pakai jasa joki kayak gini nih Wah kacau sih nah lalu geng gua juga menemukan fakta kalau ternyata usaha joki ini juga dilakukan oleh dosen wah kacau Hal ini diungkapkan oleh salah satu user tiktok yang bernama Nira Nurani teresna Dewi dengan username Herli is yang mana dia menunjukkan adanya iklan di Instagram yang mempromosikan jasa joki untuk skripsi dengan harga R7 juta dan tesis dengan harga Rp juta Nah tesis itu yang buat S2 gitu geng dan iklan tersebut menyebut kan kalau skripsi dan tesis ini adalah premium Kenapa premium karena skripsi dan tesisnya dikerjakan oleh profesional atau dosen langsung wah gila tuh kalau misalkan banyak revisi tuh dosen kayaknya ngelabrak dosen pembimbing kayaknya tuh ya dan Nira ini mengatakan Kalau gaji dosen itu memang enggak begitu besar di Indonesia jadi banyak akhirnya dosen yang mencari uang tambahan dari penelitian dan lain-lain Nah mungkin karena membutuhkan uang inilah akhirnya si dosen yang membuka jasa joki ini ya membuat usaha joki nah terus geng dikatakan juga bahkan ada oknum guru yang justru merekomendasikan jasa joki nah ini Seharusnya sudah menjadi concern bagi kita semua rakyat Indonesia terutama ya Kemendikbud Kementerian Yang menaungi bidang pendidikan Ini masa ia dosen dan guru sebagai tenaga pengajar dan bagian penting di dalam sistem pendidikan di Indonesia bisa-bisanya melakukan usaha joki dan bahkan merekomendasikan skripsi joki nah padahal kan mahasiswa yang lulus itu pasti melewati sidang skripsi atau tesis dan yang menguji itu adalah dosen yang berarti kelulusan mahasiswa tersebut tergantung pada dosen penguji Nah kalau misalkan ada dosen yang membuka jasa joki ya berarti sistem pendidikan kita udah rusak banget geng ya balik lagi sih sebenarnya apakah dosen dan gurunya Sejahtera gitu kalau misalkan enggak Sejahtera ya mungkin wajar-wajar aja akhirnya mereka berbuat curang kayak gini ya kan mungkin gaji mereka terlalu kecil Kalau di luar negeri tu Guru sama dosen itu kayaknya gajinya lebih gede dari DPR deh kalau di Indonesia malah gaji DPR lebih besar daripada gaji guru padahal negara ini terbangun terbentuk untuk semuanya tergantung oleh Pendidikan gitu kan tergantung pada Siapa yang mengajari Tapi orang yang mengajari atau tenaga pengajarnya justru enggak Sejahtera hidupnya Ya kasihan banget gitu Nah ini mungkin menjadi PR besar nih bagi pemerintah kita kalau memang ada oknum dosen yang terpaksa melakukan hal tersebut karena terhimpit kondisi ekonomi maka harus dilakukan evaluasi untuk pemberian gaji kepada para dosen itu Nah karena seperti guru dosen itu menjadi salah satu bagian penting dalam dunia pendidikan lebih baik gaji guru dan dosen dinaikkan ya kita rakyat Indonesia ikhlas deh gaji guru dan dosen di lebih gede dari DPR enggak apa-apa atau lebih gede dari Presiden enggak apa-apa gitu ya karena tenaga pengajar geng supaya mereka juga semangat dan ya terciptalah generasi-generasi yang pintar di negara ini gitu kan untuk mencerdaskan anak bangsa nah kemudian timbul pertanyaan geng Apakah ada hukum yang bisa memberikan sanksi terhadap para joki dan pemakai joki nah sebenarnya memang belum ada peraturan yang jelas atau hukum yang secara gamblang melarang jasa joki psi ini geng namun menurut pakar Pidana dari Universitas Brawijaya yang bernama Pak Fahrizal Afandi Beliau mengatakan ada salah satu pasal yang bisa dikenakan mengenai joki skripsi yaitu pasal 263 KUHP mengenai pemalsuan surat Alasannya karena para joki tersebut mengerjakan tugas atau ujian orang lain dengan menggunakan identitas palsu dan skripsi sendiri dianggap sebagai surat yang memiliki nilai dan menimbulkan hak baru Lalu ada salah satu netizen nih yang bernama Farhan Abdul Majid dengan username X famjid yang mengatakan di dalam undang-undang sistem pendidikan nasional udah diatur di dalam pasal 70 yang berbunyi lulusan yang karya ilmiah yang digunakan untuk mendapatkan gelar akademik profesi atau vokasi terbukti merupakan jiplakan di pidana dengan pidana penjara paling lama 2 tahun dan atau pidana denda paling banyak Rp200 juta Nah mengakui tulisan orang lain yang mana Ini adalah joki sebagai tulisan sendiri yaitu orang yang menggunakan jasa joki itu bisa masuk ke dalam kategori jipakan yang dimaksud di dalam pasal 70 tadi jadi bisa banget geng di penjara tapi ya kita tunggu aja nanti bagaimana negara kita ini tegas atau enggak untuk menangani kasus seperti ini Nah itu dia geng pembahasan kita hari ini mengenai usaha atau jasa joki yang sedang ramai dibicarakan Ini adalah sebuah bentuk Pembodohan secara perlahan apabila tidak ditangani oleh pemerintah kebayang ya generasi angkatan Kalian nih kalau rata-rata semuanya pakai joki ya mau jadi apa negara kita nanti ujung-ujungnya tenaga kerja asing nih contoh aja ya di saat Pak Jokowi nih presiden kita memasukkan tenaga kerja dari Cina semuanya pada ngomel semuanya pada nyalahin pemerintah nah terus mau gimana tenaga kerja lokalnya SDM Indonesianya sendiri belajarnya pakai joki kan enggak mungkin nih semua pekerjaan dipegang sama joki enggak mungkin banget gitu ya kita para generasi inilah yang bertanggung jawab atas semua itu nah giliran Nanti orang asing yang mengelola sumber daya alam kita ngamuk-ngamuk tapi kitanya sendiri sebagai SDM Indonesia enggak mau belajar dan itulah yang terjadi saat ini Oke gimana Menurut kalian tentang pembahasan kita hari ini coba tinggalkan komentar di bawah