Ibu-Ibu Wajib Tonton Biar Ga Stress!!
_WfoGbIvFG4 • 2025-11-04
Transcript preview
Open
Kind: captions
Language: id
Penting enggak seorang kayak ibu-ibu itu
memiliki olahraga yang rutin begitu?
Kalau menurut saya pribadi penting
banget.
Iya.
Karena ternyata saya juga mengalami dulu
zaman belum punya anak sama sekarang itu
kondisi fisiknya sudah berbeda. Apalagi
setelah melahirkan, hamil dan melahirkan
kan udah
enggak terlalu banyak gerak waktu itu.
Tapi dengan olahraga ee kondisi mood
jadi lebih baik. Gendong anak enggak
cepat capek. ngadepin anak yang tantrum
dan lain-lain lebih santai, emosinya
lebih tundown gitu loh. Karena kan kalau
olahraga itu hormonnya naik, endorfinnya
senang, hormon senangnya naik, akhirnya
hormon stresnya tuh turun. Heeh. Tapi
kalau kita enggak olahraga kan
endorfinnya enggak keluar nih, stresnya
naik naik naik terus. He he.
Akhirnya dikit-dikit marah, dikit-dikit
itu saya rasain sih.
Hm. H
memang capek functional training. Jadi
itu latihan yang emang dirancang khusus
buat menunjang aktivitas kita
sehari-hari.
Heeh. Heeh.
Jadi misalnya kayak naik tangga supaya
enggak ngos-ngosan, bawa belanjaan. Nah,
itu ada kalau di kota-kota besar atau di
luar negeri itu ramai sekali olahraga
itu. Jadi enggak perlu ke tempat gym
terus latihannya bisa ramai-ramai bareng
teman-teman. Heeh. He.
Alatnya ya sederhana dumble, barble.
Heeh.
Terus yang kecil-kecil gitu.
Asalamualaikum warahmatullahi
wabarakatuh.
Waalaikumsalam warahmatullahi
wabarakatuh.
Terima kasih Mbak Zalina sudah datang.
Iya. Sama-sama. [tertawa]
Ee
Mbak Zailina ini background-nya apa ya?
Berarti kan usahanya di bidang kesehatan
ya,
olahraga fitness gitu ya. Berarti apa
background-nya?
Background-nya saya emang lulusan dari
jurusan olahraga.
Oh. kuliahnya di olahraga.
Oke. Oke.
Gitu. Jadi
memang senang atau gimana?
Iya senang banget. Dari kecil tuh memang
yang paling bagus nilainya cuman
olahraga kayaknya.
Kalau akademis enggak ada ya maksudnya
ya rata-rata lah standar. Tapi yang
paling senang banget olahraga. Emang
sudah menonjol dari kecil gitu ya.
He betul.
Kalau kecil apa olahraga yang disenangi?
Awal itu SD atletik jadi nomor lompat eh
nomor lari. Heeh. He he.
Lari sama lompa jauh itu lumayan ee dari
kelas 3 SD sampai kelas 6 tuh ikut lomba
terus tuh
sekabupaten. Terus
SMP itu pindah ke basket.
Hmm.
Tapi tetap mewakili lomba-lomba atletik
tuh masih. Karena kalau misalnya lomba
lari sama teman-teman tuh masih paling
depan.
He.
Jadi sama guru olahraga tuh selalu kayak
berangkat lomba, berangkat lomba gitu
sampai SMA begitu loh. Di kalau SMA apa?
Basket. basket basket ya.
He masih tetap basket.
Waktu kuliah ngambil jurusan olahraga.
Betul.
Kalau seorang yang senang olahraga kan
ada pilihannya menjadi atlet ya atau
menjadi seorang
Heeh.
yang di bidang olahraga tertentu gitu.
Pernah di ke arah sana Mbak Zalina?
Pernah sih. Jadi SMA itu pernah dapat
medali perunggu di nomor atletik seJawa
Timur waktu itu OD 2SN. Terus akhirnya
ya dari sertifikat itu buat masuk ke
kuliah itu jalur prestasi waktu itu.
Habis itu penginnya sih lanjut ya.
Ternyata ee saingannya tuh banyak banget
nasional. Jadi kayak
kayaknya enggak bisa deh kalau jadi
atlet. Belum belum bisa. He he.
Akhirnya nyarilah cabang olahraga lain
yang berpeluang untuk prestasi. H.
Waktu itu pindah ke hoki. Akhirnya
hoki.
Heeh. Hoki lapangan, hoki indoor. Kalau
di Tulungagung mungkin ya belum terlalu
apa itu hoki ya? Kayak kurang begitu.
Kalau di luar negeri hoki s jadi kayak
pakai stik terus bola
terus mainnya kayak di lapangan futsal
gitu bolanya kecil. Oh, oke oke.
Kuliah mendalami itu hoki.
Terus akhirnya juga bisa mewakili waktu
itu provinsi mewakili Kabupaten
Tulungagung juga di he
Banyuwangi saat itu saya ikutnya
dapat medali emas waktu itu.
Oh.
Jadi prestasinya sampai di situ.
[tertawa]
Kok enggak dilanjut? Tadi kan yang
perunggu tadi berarti basket ya?
Perunggu itu atletik.
Atletik. Atletik itu
lari.
Oke. Lari.
Heeh. Lompat sih waktu itu. Lompat jauh.
He
yang dapat
yang medali emas kemudian hoki
enggak dilanjutin lagi di
enggak waktu itu ngelanjut jadi pelatih
sebentar ternyata kok
sulit ya jadi pelatih cabung olahraga
hoki ini tim kan
Heeh
terus akhirnya ya udah cari
ee yang bisa jadi pekerjaan nantinya
gitu akhirnya mendalami dari
ee kuliah itu kan mulai dari kuliah tuh
saya sudah belajar kerja
jadi pelatih renang, jadi panitia event.
Heeh. Heeh.
Terus juga pas PKL kan ada juga jadi
guru olahraga. He he he.
Jadi dari itu akhirnya saya nyari mana
kerjaan yang kira-kira saya senang gitu.
Kan ada juga apa ee kayak sudah nyari
pekerjaan sambil kuliah tadi itu memang
karena desakan ekonomi atau
senang aja gitu kerja?
Ah iya lumayan. Jadi orang tua saya itu
kalau misalnya masuk kategori UKT kampus
itu di bawah kategori 3. Jadi masuk
dapat beasiswa bidik misi namanya.
Oh.
Per bulan dari pemerintah dapat
Rp600.000.
He.
Lumayan. Jadi orang tua enggak usah
ngasih sangu lagi. Terus saya cari jajan
tambahan dari kerja-kerja itu freelance
kan cuman 1 jam 2 jam misal kuliah
sampai siang sore latih 2 jam sampai
magrib udah dapat lumayan. gitu. Biar
enggak nyusahin orang tua, biar bisa
beli-beli baju sendiri, beli jajan
sendiri gitu.
Berarti sudah mandiri sejak sejak kuliah
ya?
Iya. Heeh. Gitu. [tertawa]
Kemudian buka usaha di bidang langsung
ini langsung di fitness atau apa dulu
sebelumnya?
Iya, kalau usahanya langsung di bidang
fitness.
Hm. Setelah kuliah?
Setelah lulus kuliah saya sempat kerja
di Surabaya itu
3 tahun.
He.
Awalnya jadi guru olahraga
6 bulan.
Sekarang di Surabaya kayak panas banget.
Nyari pekerjaan yang indoor aja lah.
Iya. I
akhirnya jadi pelatih fitness.
Ee trainer trainer. Iya. Personal
trainer.
PT BT
PT. Iya. Betul. Waktu itu di sana.
Iya. Kadang saya juga
beberapa kali mencoba fitness kan. Jadi
ada ini mau pakai biasa atau pakai PT
gitu.
Iya betul. Itu kerjaan saya dulu itu.
Terus kemudian kok apa ya? Jadi menurut
saya tuh jarang ya ee ee seumuran saya
atau
kalau yang biasa saya undang dia kan
biasanya FnB itu paling banyak tuh.
Kalau bergerak di bidang fitness itu
kayak
jarang gitu.
Betul.
Ketika buka fitness ee
apa yang kemudian kayak menjadi dasar
gitu? Wah aku buka fitness nih gitu. Apa
dasarnya apa? Karena saya suka
di situ. Jadi
awalnya kan saya dari PTI terus waktu
itu 2020 kan COVID.
Heeh. He.
Tempat gym di Surabaya itu semua tutup.
Heeh. Heeh.
Privat home visit yang saya biasanya ada
klien privat datang ke rumah itu juga
enggak menerima tamu gitulah istilahnya.
Akhirnya
masih berusaha survive di Surabaya
sambil jualan-jualan alat olahraga gitu
ya. sambil nyari apa nih bisnis yang aku
senang ya apa jualan senang
tapi
apa ya lumayan capek kan harus nyari
supplier harus beli ini bolak-balik
nawarin gitu
heeh enak ngelatih kayak cuman oh datang
1 jam
misalnya kayak laba aku jual 10 barang
sama 1 jam ngelatih tuh kayaknya
banyakan 1 jam ngelatih gitu
memang mahal berarti ya ptinnya
alhamdulillah lumayan [tertawa]
berarti yang agak tinggi ini.
Heeh. Jadi nyari yang lebih efektif yang
mana ya yang enggak terlalu capek, yang
bisa mudah menghasilkan gitu. Akhirnya
mencobalah posting di Instagram, ngajak
teman-teman yang Tulung Agung mau
olahraga gratis enggak gitu.
Oh oke oke oke.
Jadi grup waktu itu.
Maksudnya olahraga gratis gimana itu?
Jadi aku pasang story di Instagram, ayo
tiap hari Minggu latihan bareng,
olahraga bareng gitu. Kebetulan
teman-teman SMA banyak nih yang di
Tulungagung kan COVID pada ngumpul. Iya.
Iya.
Akhirnya dibalasin tuh mau mau mau.
Akhirnya
di rumahnya eh sewa waktu itu sewa
studio kosong kan ada di Tulungagung. He
he he.
Sewa 1 jam aku bawain alat-alatnya kan
aku sudah punya terus yang datang tuh
dua orang. [tertawa]
Iya. Iya. Dikit sekali ya.
Heeh. Tapi akhirnya aku lanjut di
minggu-minggu berikutnya tiap hari
Minggu rutin.
Oke. Itu olahraga apa berarti tiap
minggu itu?
Jadi itu body training. Olahraga kayak
cuma apa? push up, sit up,
lari lompat-lompat kayak gitu. Tapi
mereka capek juga terus senang.
Oh, saya kira kayak memiliki tempat
kemudian pada umumnya fitness begitu
beda ini ya.
Beda, beda.
Gimana sih konsep fitness yang di
usahamu itu?
Functional training.
Ah, functional training.
Heeh. Jadi itu latihan yang emang
dirancang khusus buat menunjang
aktivitas kita sehari-hari.
Heeh. He he.
Jadi misalnya kayak naik tangga supaya
enggak ngos-ngosan, bawa belanjaan. Nah,
itu ada kalau di kota-kota besar atau di
luar negeri itu ramai sekali olahraga
itu. Jadi enggak perlu ke tempat gym
terus latihannya bisa ramai-ramai bareng
teman-teman. Heeh. He.
Alatnya ya sederhana, dumble, barble.
He.
Terus yang kecil-kecil gitu.
He.
Tapi perlu space yang luas untuk orang
yang banyak itu tadi.
Hm.
Nah, di Tulang Agung kan belum ada waktu
itu.
Belum ada. Belum ada
ya? sempat kayak bisa enggak ya? Bisa
enggak ya? Ya itu awalnya dari hari
Minggu itu aja. Saya Senin sampai Sabtu
di Surabaya.
Minggu Sabtu malam naik bus pulang
Minggu pagi ngelatih teman-teman itu
free.
Masih free.
Itu sampai sekarang maksudnya pola
kerja, pola bisnis seperti itu.
Iya. Sampai sekarang akhirnya
berkembang. Jadi dari functional
training aja waktu itu sama privat one
on one.
Terus sekarang kita ada kelas Zumba, ada
kelas yoga,
ada untuk gymnastik anak-anak,
ada juga privat lansia juga ada.
Sekarang sudah ada tempat berarti ya?
Sudah ada tempat. Alhamdulillah.
Oke. Oke. Kalau untuk buka usaha kayak
gitu itu modelnya banyak enggak sih?
Nyicil sih, Mas ya.
Oh, gimana tuh nyicil maksudnya?
Jadi beli dumble bulan ini ada spare
budget. Oh, bisa beli dumble dua
terus. Oh, ternyata ramai bisa beli lagi
satu, bisa beli lagi satu gitu. He he.
Jadi enggak langsung banyak gitu,
enggak. Dulu ya cuman satu barble sama
dumble tuh paling cuman tiga pasang sama
matras udah belum punya alas matras yang
kayak sekarang belum punya. Jadi nyicil
dari situ kok orang-orang tetap datang
one on one. Awalnya kan cuman satu sama
satu orang ngelatih 1 jam per jam gitu
ya. Itu dikumpulin dikit-dikit terus
bisa sampai beli banyak sekarang gitu.
Berarti mereka balik lagi ya. Jadi dari
satu kemudian mereka balik lagi ke
minggu depannya satu bawa lagi temannya
begitu.
Betul. Jadi kebetulan enggak tahu ya
dulu memang
jalan rezekinya di situ mungkin. He
ee yang datang itu posting Instagram.
Hm. Kayak story begitu ya.
Heeh. Terus tanya ini di mana? Waktu itu
kan belum ada gym-gym kayak sekarang.
Lumayan banyak yang buka kan sekarang.
Heeh. Heeh. He
dulu belum ada sama sekali. Terus
konsepnya juga saya bikin semenarik
mungkin orang tuh biar senang, biar
senang olahraga, biar mau datang dulu.
Jadi enggak saya langsung kasih yang
berat-berat latihannya gitu.
Posting story terus teman-temannya ya
pada nanya itu.
Hm. He.
Akhirnya datang satu satu posting lagi,
datang lagi. Oh, temannya ini, temannya
ini. Gitu.
Berarti kayak dibimbing begitu ya. Jadi
satu set olahraga ini apa nih? Dari jam
katakanlah jam 0.00 sampai jam 0.00
nanti ini ini nih olahraganya. Jadi
orang juga enggak
enggak apa enggak sendiri-sendiri begitu
ya.
Iya, betul. Kalau dulu awalnya sendiri
karena kan alatnya cuman sedikit.
Heeh. Heeh. He.
Akhirnya kok jamnya enggak cukup nih
sehari harus ada yang dobble.
Heeh. Heeh. Terus dari situ makin banyak
makin banyak dijadikanlah satu grup
kelas sekarang. H.
Jadi satu kelas bisa 12, bisa 15.
Satu tim basket tuh bisa latihan semua
sekarang gitu.
Oh, kayak gitu berarti berlangganan
bulanan atau gimana?
Iya, ada yang paket sesi bulanan, ada
yang cuman bayar perdat datang. Ada
cuman kebanyakan paket sesi.
Hm. Sesi itu 1 bulan atau apa?
Heeh. 1 bulan.
Kisaran berapa kalau di sini, Mbak?
Kalau di sini per sesi kalau kelas
sekitar R30.000 kan?
Satu sesi.
Satu sesi. Kalau paket ya lebih murah
kayak gitu.
Ya, segitu range harganya.
Cukup terjangkau lah ya.
Heeh. Sangat terjangkau.
Membernya ada banyak sekarang.
Alhamdulillah banyak.
Jadi dari semua kelas itu rata-rata tiap
kelas kan ada jadwalnya misal yoga hari
Selasa, Sabtu, Ponfit hari Rabu, Jumat,
Sabtu gitu tuh ada masing-masing sudah
ada grup kelasnya sendiri-sendiri. He
he.
Tinggal milih aja mau kelas yang mana.
Oke. Oke. Berarti cukup anu ya ee
bergerak di bidang olahraga ini juga
lumayan ya.
Iya betul. karena belum banyak
kompetitornya,
belum banyak dan orang juga mau masuk
juga pikir-pikir kalau dia enggak tahu
kan harus menguasai ilmunya kan.
Betul. Iya benar. Saya aja juga sampai
sekarang masih sering belajar apa update
olahraga sekarang
yang bisa kita bawa ke Tulungagung gitu.
Kayak hari ini kan ramai juga nih mulai
ramai di Tulung Agung atau Padel itu
ngikutin juga enggak?
Kalau Padel kan memang apa ada
lapangannya sendiri beda fasilitas
olahraganya beda
beda. [tertawa]
Tapi yang bisa dibawa dengan fasilitas
yang ada. Iya. Jadi ruangan saya segitu.
Bisa untuk kelas apa aja. Kalau Pakadel
kan memang khusus lapangan sendiri.
Heeh.
Kayak dulu tuh Pfit 2 tahun lalu m itu
yang happening banget. Padahal di
Surabaya tuh sudah ada dari tahun 2016
mungkin
baru masuk sini 2023 dan itu langsung
meledak sekali.
Apa itu Pfit? Apa itu Pfit? Saya aja
enggak tahu.
Senam tapi pakai stik kayak stick drum
gitu. Oke.
Nah, itu ada instrukturnya di depan
terus musiknya nyala ya. Kita kayak main
drum gitu tapi sambil gerakan sit up,
sambil gerakan squad gitu.
Jadi kayak orang terpacu begitu ya.
Heeh. Kayak main musik tapi sambil
olahraga.
Yang main musik kan orang lain kan.
Musiknya ada dari ini handphone. Dari
handphone.
Tapi kalau lagi event ya langsung main
drum ada juga gitu.
Maksudnya Ponstick tadi yang main
harusnya orang kan. Iya [tertawa]
semuanya megang stik. Jadi megang stik.
Heeh. Pakai alat.
Oh gitu.
Aduh ini cooper ini. [tertawa]
Nah itu makanya update olahraga kan
sekarang banyak.
Oh iya iya iya. Kalau yang paling ramai
di tempatmu apa?
Paling ramai sekarang ini gymnastik kids
tuh paling ramai.
Hm. Untuk anak
kegiatan anak-anak. Iya itu paling
ramai. Sama bootcamp class juga masih
ramai sekarang.
Bootcamp class itu gimana? Ya, yang itu
tadi latihan bareng functional training
ya. Heeh. Yang digabungin jadi satu
kelas itu ramai juga.
Kalau boleh tahu enggak kira-kira ibarat
kalau dari segi bisnis itu ibarat
bulanan itu sampai berapa?
Sampai berapa ya? [tertawa]
Ya, alhamdulillah dua digit ada lah.
Dua digit ya.
Dua digit digit gitu [tertawa] ya. ya
cukup untuk bisa upgrade-upgrade alat
baru atau bisa buat nabung-nabunglah di
gitu.
Iya. Tapi yang penting kan dari kayak
senang begitu ya di situ ya senang
enjoy.
Iya ketemu banyak orang.
Kalau dari dari apa namanya? Kalau dari
segi kalau di kita lihat itu selalu grow
gitu ya atau gimana atau
ya ada naik turunnya? Ada.
Oke. Oke.
Jadi paling kayak bootcamp itu awal-awal
ramai sekali.
Heeh. Awalnya cuman bootcamp, enggak ada
kelas-kelas yang lain.
Heeh.
Itu ya satu kelas bisa 15 sampai 20 tuh
sampai full full. Kadang orang sampai
enggak kebagian yang awal-awal tahun.
Setelah itu 1 tahun, 2 tahun berjalan
makin mungkin orang-orang ada yang
bosan, ada yang mau ke gym sendiri. Bisa
sendiri kan akhirnya mereka.
Terus apalagi ya yang bisa dimasukkan?
Ada ide lah juga dari suami, ayo coba
tambah kelas aja zumba waktu itu sama
yoga. Masih awal-awal masih ada bootcamp
sama yoga kelas.
Siap. Siap. Kalau suami juga di situ.
Suami di situ juga. Pelatih sama juga
personal trainer.
Hmm. Berarti di tempatmu itu ada
beberapa personal trainer begitu ya?
Iya betul. Ada sekarang ada lima mungkin
ya. Lima orang.
Heeh. Heeh. Lima personal trainer.
Heeh.
Nah.
Kalau kayak begitu ee
marketnya yang paling banyak datang itu
kalangan apa?
Kalangan anak-anak muda
kuliah gitu sampai ibu-ibu 50 tahun ada,
tapi yang paling banyak itu ibu-ibu yang
30 40 tahunan tuh banyak.
Oh,
lumayan banyak.
Tiga ibu-ibu umur 30 40 yang mereka
sudah mulai kerasa tuh sudah mulai Iya.
J [tertawa]
mulai merasa aduh kok capek dikit-dikit
capek gitu.
Mbak kalau olahraga yang disaranin gitu
yang ringan untuk kalangan mungkin
orang-orang yang sambil bisnis entah dia
wanita atau laki-laki itu apa ya Mbak
ya?
Nah itu tadi functional training bisa
functional training tadi ya.
Jadi functionsional itu bisa pakai alat
bisa juga enggak pakai alat.
Hm.
Kayak simpelnya push up.
Heeh. Heeh. Heeh.
Sit up itu kan enggak pakai alat apa-apa
bisa.
Heeh. Heeh. Heeh.
Gitu. harus kayak mencari tempat di
kotanya masing-masing begitu yang ada
event
di rumah bisa kok misalnya mau latihan
bisnis nih sibuk
nah di rumah aja sekarang sudah bisa
kayak misalnya kalau ada tangga di rumah
ya naik turun tangga terus nanti bisa
bebannya pakai aqua galon atau pakai
beban beli-bel sekarang kan murah-murah
banget sekarang alatnya enggak kayak
dulu
dulu lumayan mahal-mahal
maksudnya kalau
apa ya ibaratnya bisa sendiri begitu ya
berarti ya.
He bisa sendiri
di media sosial sudah banyak banget
tutorialnya sekarang.
Heeh. Heeh.
Latihan di rumah enggak enggak perlu ke
tempat gym itu bisa
berarti jadi enggak laku dong tempat
gym.
Nah itu poinnya di situ. Makanya kalau
latihan di rumah tuh review-nya dari
orang-orang enggak ada yang benarin
gerakannya.
Nah itu kan jadi kayak salah kan.
Iya betul. Nah memang baiknya kalau
misalnya ada budget lebih bisa personal
trainer sewa personal trainer dulu. He
belajar teknik, belajar gerakannya, baru
nanti kalau sudah berani latihan di
rumah sendiri baru bisa sendiri. Ki,
berapa sih kayak ee biayanya kalau mau
dapat personal trainer begitu?
Kalau personal trainer juga lumayan
terjangkau kok.
Mm sekarang di Tulungagung paling
range-nya 75 sampai Rp100.000 satu kali
sesinya.
Satu kali sesi ya?
Heeh. Biasanya kalau ada paket tuh lebih
murah
kayak bulanan.
Heeh. langsung ambil delan kali gitu
biasanya didiskon sama pitnya
sendiri-sendiri. Iya. Iya kan lebih
terarah ya.
Iya.
Jadi dimotivasi juga sama dia.
Betul. Jadi ilmu-ilmunya tuh dapat gitu.
Kalau kayak Mbak Zelina ini kan udah ada
anak nih. Jadi biasanya gimana ngatur
waktunya untuk
bisa anaknya jalan, olahraga itu seperti
apa? Nah, anak saya kan sekarang eh
waktu dulu belum sekolah ya, saya
ngelatihnya di ZFIT aja di rumah
anak saya kan rumah saya belakangnya itu
rumah terus depan buat studio. Jadi ee
kadang-kadang saya titipin juga ke orang
tua anak saya kalau lagi jamnya full.
Kalau enggak cuman 1 jam istirahat gitu
ya masih tetap di rumah kadang ya ikut
karena kan di tempat saya sendiri jadi
enggak ada larangan. Heeh. Terus di
tempat saya kan juga ada fasilitas untuk
kids, gymnastik kids. Kadang dia juga
main-main sendiri, ada teman-teman
pelatih yang di situ, ada admin juga
kan. Jadi kadang anak saya main sama
mereka,
jadi saya bisa kerja gitu.
Penting enggak seorang kayak ibu-ibu itu
memiliki olahraga yang rutin begitu biar
mereka apa ya sehat atau
Iya.
Apa istilahnya fit begitu ya?
Kalau menurut saya pribadi penting
banget.
Iya. Karena ternyata saya juga mengalami
dulu zaman belum punya anak sama
sekarang itu kondisi fisiknya sudah
berbeda. Apalagi setelah melahirkan,
hamil dan melahirkan kan udah
enggak terlalu banyak gerak waktu itu.
Terus kondisi badan itu kalau ibu-ibu
kayak saya apalagi anaknya masih kecil
mood-nya kadang-kadang cepat marah atau
cepat capek. Nah, itu karena enggak kita
enggak ada olahraga di situ, enggak ada
aktivitas fisik yang menunjang, akhirnya
cepat capek.
Tapi dengan olahraga
ee kondisi mood jadi lebih baik,
terus gendong anak enggak cepat capek,
ngadapin anak yang tantrum dan lain-lain
lebih santai, emosinya lebih town gitu
loh. Karena kan kalau olahraga itu
hormonnya naik, endorfinnya senang,
hormon senangnya naik, akhirnya
ee apa tuh namanya? hormon stresnya tuh
turun. Heeh. Tapi kalau kita enggak
olahraga kan endorfinnya enggak keluar
nih. Stresnya naik naik naik terus. He
he.
Akhirnya dikit-dikit marah, dikit-dikit.
Itu itu saya rasain sih.
Hm.
Memang capek.
Iya kan? Capek.
Heeh. Tapi kalau kita nurutin capek
gara-gara ngurusin rumah tangga akan
capek banget kalau kita enggak olahraga.
Tapi kalau olahraga ada yang emosi yang
keluar gitu loh. Akhirnya
oke lebih santai menghadapi
menghadapi
gitu. Itu itu beneran sih review jujur.
Dulu saya cuma dengerin orang-orang itu,
"Aduh aku capek sudah enggak sempat
olahraga." Saya pun juga gitu.
H.
Ternyata kalau ditambah olahraga ya
memang tambah capek tapi akhirnya
besoknya lebih fit, lebih bugar.
Kalau dari member-membermu itu yang
mereka bisa olahraga itu biasanya di
kayak di setelah apa? Misalnya di pagi
hari atau sore hari atau malam hari?
Pagi rata-rata kalau pagi ibu-ibu habis
antar anak sekolah yang enggak kerja
atau yang
ee pengusaha gitu tuh pagi latihan bisa.
Terus kalau yang malam yang pulang kerja
yang apa kakak-kakak masih kerja usia 20
25-an pulang kerja jam .00
atau jam .00 sore gitu sudah bisa
latihan.
Malam juga banyak.
Banyak juga ya.
Heeh.
Kalau yang ada kelompok itu kayak misal
saya pengin gitu ya kayak yang funsional
itu
apakah bisa langsung atau ada harus
berapa orang dulu begitu atau ikut aja
gitu?
Bisa langsung.
Oh.
Jadi tinggal reservasi ke admin aja
mau datang yang sesi berapa, sesi pagi,
sore atau malam.
Setiap hari ada.
Oh. Oh,
jadi orang-orang tinggal milih aja mau
hari apa, mau jam berapa.
Heeh. Itu yang per sesi R.000 tadi.
Heeh.
Oh, oke. Oke. Menarik ya.
Jadi, misal kalau kita bingung gerakan
kan tinggal ngikut aja sih.
Iya, kan ada pelatihnya.
Ada pelatihnya dan itu kan
terjangkau kan kalau yang PTI kan
sendiri-sendirian lumayan mahal ya.
Iya, betul.
Oh,
tapi ya PTI ya banyak juga karena banyak
orang yang enggak suka terlalu ramai
maunya private ya banyak. Masih kan bagi
yang punya uang lah ibaratnya ya. Kalau
yang mungkin masih bingung ekonominya
Heeh.
ee masih ngedum lah bahasanya itu
mungkin ya bareng-bareng gitu.
Itu kan beda program kan PT sama yang
bareng.
Iya beda. Kalau bareng kan programnya
general. Paling kita bedakan di
hari-harinya aja. Misalnya Senin hari
ini sudah latihan kaki, besok latihan
tangan, besok latihan punggung kayak
gitu. Kalau private lebih tercatat kayak
misalnya berat badannya hari ini berapa
kan ada kita ada timbangan buat ngukur
massa otot.
Heeh. He
untuk hitungan kasar lah ada. Terus sama
PT-nya kan tahu oh progres membernya
yang ini. Gerakan ini udah bisa
kilogramnya bebannya sudah bisa nambah
nih.
H
akhirnya ya itu lebih
ben di benar-benar diprogres gitu ya.
Heeh. Jadi tahu
kadang-kadang apa memang kayak beda
standar begitu ya. Jadi, piti di
tempatmu, piti di tempat lain beda gitu
kadang-kadang ya.
Iya, itu tergantung individunya sih
karena enggak ada enggak ada standar ya.
Heeh. Enggak ada standar tergantung
ee nyaman ke PTI yang mana gitu.
Misalnya ee saya nyaman sama PTI A,
ternyata orang lain nyaman sama PT B
gitu. Mungkin komunikasinya atau cara
kita ngelatihnya itu beda-beda.
Apa standar kesuksesan yang menurutmu
ini paling wah ini berhasil nih di
member saya gitu apa? Kalau member itu
udah enggak latihan sama kita.
Oh, gitu malah ya.
Heeh.
Oh.
Jadi kalau saya pribadi PT kan saya juga
masih ngajar di gym lain masih ngajar.
Heeh. Heeh. Heeh.
Jadi kalau member saya itu sudah bisa
latihan mandiri berarti sukses nih saya.
Dia tekniknya sudah betul, sudah bisa
ngatur gerakan
progres bebannya sudah betul. Karena kan
personal trainer sebetulnya
enggak selamanya juga kan kita sama
personal trainer. Heeh. Heeh. He he.
Kan ada saatnya kita lulus ibarat
sekolah gitu. Dia sudah lulus nih
berarti gitu ya.
H aku sekolah sama Piti 1 tahun. Oh
ternyata sudah lulus. Ada yang butuh 3
tahun, ada yang ikut terus juga ada.
Kayak misalnya kalau enggak ada PTI aku
malas latihan,
capek sedikit istirahat. Tapi kalau ada
PTI ada yang nge-push, ada yang kasih
motivasi gitu. Tapi kalau
ada yang bisa lulus latihan sendiri itu
udah wah keren-keren.
Tapi dia lulus bukan berarti jadi enggak
olahraga gitu ya. Nah, itu [tertawa]
dia enggak udah lagi enggak datang. Tapi
ternyata sudah berhenti olahraga.
Heeh. Tapi alhamdulillah sejauh ini yang
saya temui masih tetap olahraga. Justru
dengan
mereka akhirnya bisa explore ke olahraga
lain yang awalnya enggak suka olahraga
dari olahraga privat biasanya gitu. Tuh
saya ajakin ayo main badminton, ayo main
ini. Akhirnya dia kenal, ayo ikut lari
gitu. Akhirnya mau mengenal olahraga itu
pelan-pelan didalami terus senang
sendiri. Jadi dari satu olahraga bisa
ke olahraga yang
Heeh. biar enggak bosan, bisa jadi
selang-seling gitu.
Siap. Ee
closing statement, Mbak. Jadi
bagi pengusaha
apa nih kalau kan penonton kita
pengusaha nih
ee jangan takut memulai sih.
Oke.
Karena apa ya? Langkah kecil yang kita
lakukan itu nanti akan jadi kesuksesan.
Heeh.
Gitu. daripada kita menyesal karena
tidak mencoba, lebih baik kita gagal
tapi kita mencoba, gitu. Jadi nanti bisa
cari yang lain kalau gagal.
Kalau gagal mending mulai dan kalau
gagal cari yang lain gitu ya.
Heeh. Jadi kita bisa tahu hasil akhirnya
tuh apa yang jadi angan-angan itu
dan pasti struggle ya di awal-awal.
Pasti pasti nyari
di mana
banak banyak juga struggle dulu di
awal-awal.
Heeh. Jadi awalnya saya enggak punya
studio kayak sekarang,
enggak punya tempat.
Ya, itu tadi latihan gratis terus nyewa
tempat di tempat lain. Paling nyewanya 1
jam, 2 jam. He.
Setelah itu dapat ada yang disewa
murah-murah gitu, coba di situ.
Terus karena membernya makin banyak,
cari lagi tempat yang lebih besar lagi
gitu. Nah, sekarang mimpinya juga karena
membernya sudah makin banyak, penginnya
juga punya fasilitas olahraga yang lebih
lengkap lagi. Pengin lagi tempat yang
lebih memadai. Begitu.
Berarti ini sudah ke tempat sekarang kan
dinamakan studio ya. Berarti sudah
studio ke berapa saat ini?
Ini kedua sih dari pindah pertama masih
kedua.
Siap.
Harapannya nanti berarti pindah ke
studio yang lebih besar begitu.
Heeh. Pindah atau menambah?
Menambah ya. [tertawa] Iya,
mantap
gitu. S.
Terima kasih Kak Zaina, semoga tambah
sukses, tambah banyak membernya.
Teman-teman harus coba nih
eh fitness di tempatnya ZFIT.
I
apa tuh? Oh, ya. Belum tak tanya apa
ZFIT itu. Apa tuh?
ZFIT itu nama saya sih kan inisial Z
gitu terus apa ya? Ya udah Z Fit aja.
Kok ada fes-nya di belakang?
Oh, kalau ini waktu itu ee acara
tahunan. Eh,
jadi acara tahunan gitu kita ada Zfit
Fest, Zfit Festival itu ada running,
terus ada tahun kemarin ada gymnastik
kids competition, ada
apa challenge dead lifa, terus ada
apaagi ya kemarin ada Zumba, ada Ponfit
itu jadi banyak olahraga di satu event
itu.
Jadi enggak cuma event lari aja
kayak 1 tahun tiap event tahunan begitu
ya dibikin
memperingati ulang tahunnya ZFIT gitu.
ada acara.
Siap siap siap makin ramai ya, semoga
makin sukses.
Amin.
Teman-teman terima kasih sudah menyimak
jangan takut untuk memulai kata Kak
Zalina.
See you. Asalamualaikum warahmatullahi
wabarakatuh.
Yeah.
Resume
Read
file updated 2026-02-12 02:30:05 UTC
Categories
Manage