AMA#27 Perang Baterai NIKEL VS LFP di tahun 2024 Bagaimana Investor Mobil Listrik
Xn4mqtzRwnk • 2022-12-23
Transcript preview
Open
Kind: captions Language: id Halo selamat pagi kembali lagi bersama benix kita kali ini sudah masuk ke Sesi Asmi anything yang ke-27 so thank you banget buat teman-teman yang udah masukin pertanyaannya yang keren-keren bagus-bagus dan gua bisa bilang sih ini beberapa punya masukkan yang sangat menarik yang bisa kita jadi pembahasan untuk sesi video yang lebih panjang so langsung kita bahas yuk pertanyaan hari ini tentang 27 Let's [Musik] Tolong bacain pertanyaan Anda dong semoga Om sehat dan lancar gue mau tanya saham dkft bidang nikel prospek ke depan gimana ya bagus untuk disimpan untuk jangka panjang nggak Oke jadi ini perusahaan yang berhubungan dengan bisnis nikel dkft atau orang suka bilang Central Omega resource nah perusahaan ini berafiliasi dengan banyak perusahaan yang ada di China sebetulnya nah buat kamu yang suka bisnis dengan melihat masa depan kamu udah pilih salah satu sektor yang bakal booming adalah mobil listrik dan mobil listrik itu akan membutuhkan yang namanya nikel untuk tenaga baterainya jadi ini salah satu hal yang menurut saya menarik dan prospek tetapi tergantung juga kepada jenis emitennya Kenapa contoh di pertanyaan kamu yang namanya dkft satu hal yang menurut saya kurang menarik adalah kalau kita lihat mereka bertahun-tahun merugi terus baru kemarin aja mereka bisa cuman sampai mungkin ada di atas 50 miliar ya dan yang membikin Berat adalah ternyata net profit marginnya itu sangat-sangat kecil sekali lalu yang kedua kalau dibandingkan dengan sektor yang sejenis yang berhubungan dengan nikel itu rata-rata ya mereka bisa bikin profit 2 tahun lalu profit tahun lalu profit toner Ini kemungkinan profit jadi menjadi pertanyaan ketika kemudian Kenapa di KFC rugi itu Jadi pertanyaan lalu yang selanjutnya berhubungan dengan prospek masa depan betul baterai mobil listrik bakal booming di Indonesia penggunaan baterai akan semakin diperlukan kalau baterai makin banyak populasinya nikel makin dibutuhkan Nah ada satu yang jadi perbandingan tergantung dengan jenis merk mobilnya Maksudnya apa gini baterai mobil rata-rata yang mobil-mobil mahal itu menggunakan lithium nikel jadi baterainya mengandung litium dan nikel itu rata-rata mobil yang butuh jarak panjang dan rata-rata harganya mahal so kalau kemudian kamu berharap untuk beli yang sama yang namanya dkft kamu harus berharap mobil lebih mahal yang berbasis nikel itu bakal naik daun sayangnya dari yang saya lihat penjualan mobil dalam satu tahun terakhir itu bukan didominasi dengan mobil yang menggunakan nikel apa ternyata mobil paling laris dalam satu tahun kebelakang adalah merek wuling mereka baru bikin mobil harga 200 sampai 300 jutaan bahan dasarnya apa menggunakan litium ferophosphart atau orang juga bilang baterai lft Nah kalau kamu pikir lagi kalau seandainya ke depan mobil-mobil yang laku menurut saya di Indonesia itu harganya ya di bawah 300 juta dibawah 350 juta Nah segmen yang dimasuki wuling ini betul-betul sangat bagus karena cocok dengan mobil yang laku di Indonesia kalau kamu lihat mobil yang laku di Indonesia itu bukan mobil model-model kayak kamu bisa bilang Toyota Fortuner tapi yang laku adalah Toyota Avanza Toyota Agya itu jauh lebih besar populasinya Kenapa karena mereka masuk ke segmen yang betul-betul Kuenya sangat besar yaitu segmen di bawah 300 jutaan Oke jadi ketika kamu kemudian beli yang namanya d FT kamu harus sudah punya keyakinan dan harapan bahwa mobil yang menggunakan nikel Which is harga baterainya lebih mahal dan rata-rata di atas 500 juta ya mereka akan dapat subsidi bakal turun ke bawah atau Yang Kedua mereka mau nurunin harga mobilnya karena selama itu tidak dilakukan ya pemakaian nikel yang ada di Indonesia menurut saya tidak akan sekuat tadi yang kita bilang lithium verofosfat jadi LSP itu jauh lebih murah cuman Daya tahannya juga jauh lebih buruk so ini dua sisi mata uang yang seharusnya jadi perbandingan kita kalau seandainya kita mau masuk ke sektor yang berhubungan dengan nikel ya kamu harus pastikan bahwa memang penggunaannya akan banyak satu-satunya menurut saya yang agak berat buat saya untuk masuk ke dkft adalah penjualan mobil Hyundai Saya kira dalam satu tahun ke depan mungkin masih akan dibawa penjualan mobil wuling kita ngomong bicara mobil listrik kalau itu terjadi ya orang makin banyak populasi menggunakan baterai LSP bukan baterai berbasis nikel lalu yang terakhir ini berhubungan dengan manajemen perusahaan dkft lagi Ya saya suka sektornya saya suka mobil listrik Saya suka bisnis baterai Saya suka bisnis tambang nikel Menurut saya itu kita berbicara tentang masa depan bukan batubara yang masa lalu saya suka dan ini faktor pemberat yaitu manajemen gua gak bilang manajemen jelek atau enggak Tapi kita harus bicara berdasarkan data dan fakta bahwa pemegang saham yang ada di KFC sudah bertahun-tahun lamanya dari kemarin yang mereka lakukan apa mereka jual terus sahamnya mereka pemegang saham terbesar so mungkin mereka melihat apa yang kita lihat itu satu atau ya mungkin mereka sedang berusaha melakukan spekulasi bisnis di tempat lain mau menemukan peluang investasi yang lebih bagus di tempat lain tetapi ini menjadi tidak sinkron dengan adanya yang tadi kita ngomong krisis baterai kan bagus mobil listrik kan bagus belum Nanti Mungkin di subsidi tapi kenapa memegang saham kabur terus itu bikin orang jadi bertanya-tanya ya pemegang saham terbesar dkft Itu jualan terus sahamnya dari semua data-data dari semua fakta yang kita sudah mengatakan kalau saya pribadi masih ada perusahaan yang berhubungan dengan nikel yang bisa kamu beli Jadi saya nggak bilang nih Kak RT jelek saya bilang prospeknya ada Tetapi beberapa hal yang harus kamu pantau kalau ada yang lain yang lebih bagus Why not apalagi yang bisa mencetak margin di atas 10 atau bahkan 20% di sektor sejenis saya jauh lebih senang yang seperti itu next Gimana cara cari emiten yang bagus sementara saya lagi di luar negeri jadi nggak bisa melihat lapangan langsung dan apakah direksi-direksi yang memiliki saham di perusahaannya itu layak untuk jangka panjang Terima kasih Om Ben Oke ini pertanyaan kamu nggak bisa dijawab dalam hitungan menit ya tapi yang bisa kita bilang adalah faktor direksi itu sangat-sangat dan sangat penting Kenapa contoh misalkan ada direktur hobinya sarapan bubur apa yang terjadi ya emitennya jatuh turun ke gocap jadi sampah saham sampah karena direksinya hobi makan sarapan bubur Walaupun dia pegang emiten itu bukan berarti perusahaan itu layak untuk diinvestasikan jadi nggak serta-merta itu adalah hal yang bagus tetapi secara umum kalau ada direksi berani pegang perusahaannya sendiri biasanya itu kabar baik biasanya tapi kita nggak bisa pukul rata kita harus lihat juga perilakunya seperti apa yang kedua Saya suka beli saham yang harganya diskon murah fundamentalnya bagus jadi dalam aliran ilmu making investing buat yang belum tahu saya investasi berdasarkan itu jadi bukan berdasarkan laporan keuangan bukan berdasarkan kata si Bandar kata si anu enggak berdasarkan metode yang sudah saya buktikan Shahih sah terbukti memberikan saya Cuan ribuan persen pertama apa Nike ada momentumnya yang kedua apa Edge saya kuasai yang ketiga secara kualitatif dan secara kuantitatif memang dia bagus lalu yang terakhir semua informasi yang ketiga yang di atas itu kita investigasi di lapangan terbukti sah jadi itu bukan gosip itu adalah fakta karena kamu udah investigasi Nah itu semua akan membuat saya percaya diri untuk beli suatu saham itu bagus oke kalau seandainya kamu nggak punya waktu karena kamu tinggal di luar negeri misalkan ya kamu bisa lakukan keempat itu secara online kamu bisa cek medianya kamu bisa bayar orang untuk lakukan investigasi untuk atas nama kamu gua pernah mau cerita jadi salah satu gua waktu itu menginvestasi di sebuah perusahaan properti dari daerah bandung namanya dari kolot dia jual perumahannya dia punya Perumahan udah mau kolaps gua mau beli perumahannya tapi gue juga nggak mau keluar biaya juga buat ke sana ngecek jauh-jauh buat apa so yang gua lakukan apa yang gua lakukan sangat-sangat simple gua pesan go food suruh kirim ke alamat yang ada di perumahan itu ternyata Kemudian datang gua bilang Pak kalau udah nyampe Tolong foto-foto dong perumahannya gue pengen lihat ternyata kata Kenapa saya susah banget mau anterin makanannya Jalannya macet banget Terus kenapa Macet banget di Dayeuhkolot yang kedua banjir ternyata daerah itu banjir jadi gue dapet dua informasi yang bagus lalu yang ketiga perumahannya tidak terurus dan tidak terawat so Akhirnya gua ambil kesimpulan sebaiknya gue tidak investasi di perusahaan properti itu selang satu setengah tahun ternyata ada kabar perusahaan ini bermasalah karena penjualan susah orang enggak mau beli di daerah yang banjir perusahaan itu bangkrut jadi gua selamat modal Gua cuma berapa enggak sampai Rp15.000 untuk melakukan investigasi semudah itu jadi itu fakta dan kalian nggak bisa lagi bisa punya alasan ada begitu banyak jalan menuju Roma lu nggak bisa lagi bilang Oh gua nggak kenal sih ini Oh gua nggak tahu ini gua nggak tahu itu nggak zaman sekarang mah semua gampang Lalu ada juga emiten yang berhubungan dengan perhotelan namanya homo Hotel Mandarin Regency adanya di Batam mungkin sekarang namanya udah suspendid itu juga pakai gofood waktu itu Waktu itu sama juga gua bilang gua nginep di lantai 4 tolong kirim makanan gua pesen makanan khas Batam kepiting yang enak yang kecil-kecil gue suruh anterin begitu diantar Ternyata Pak di mana ya Saya di lantai 4 loh dia bilang Pak Hotel aja tutup mana mungkin Bapak ngerjain saya kan beneran coba Coba difotoin dong ternyata benar guys hotelnya hantu bro Jadi orang-orang pada beli sahamnya waktu itu lagi booming karena ada bos bencok di situ mereka nggak tahu barangnya itu enggak ada so Ya itu salah satu metode investigasi dalam make investing yang sebetulnya Nggak semuanya harus kamu bikin sulit kamu bisa mempermudah gitu loh kalau saya aja bisa kamu juga bisa saya punya Handphone kalau punya handphone tinggal install aplikasi go-jek gratis nggak pakai bayar so enggak ribet investasi itu lalu soal harga ya harga itu ada banyak orang bisa perhitungan cuman menurut Kenapa karena harga bisa murah atau mahal itu karena biasanya orang lihat laporan keuangan yang namanya laporan keuangan ya temen-temen saya kasih tahu seumur hidup saya di Bursa Efek tidak ada orang yang jujur bikin laporan keuangan tidak ada satupun perusahaan yang jujur semua karena ada agenda semua karena ada kepentingan mau menyelamatkan muka direksi mau menyelamatkan posisinya kreditur mau jebak investor saham retail dan lain sebagainya so Menurut saya itu adalah salah satu hal yang paling konyol kalau orang investasi serta-merta karena laporan keuangannya bagus apa itu bukan investasi itu aneh itu nggak ada jauh bedanya sama orang-orang yang hobinya percaya-percaya tahayul karena apa ya faktanya begitu faktanya memang yang ada di laporan keuangan isinya adalah agenda isinya adalah kepentingan tetapi bukan artinya itu bukan sesuatu yang bisa kita buang ke tempat sampah nggak kamu bisa sortir kamu bisa lihat mana yang fakta mana yang palsu Nah itu fungsi kamu sebagai investor jadi ya investasi menurut saya sangat-sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat mudah yang susah itu trading Bro susah banget gue cari orang yang Cuan dari trading susah kalau investor ya oke ya karena dalam jangka panjang kita kemungkinan menangnya sangat tinggi Oke semoga Cukup jelas next Pertanyaan selanjutnya dari Christian Atmaja omben aku mau tanya strategi rca atau DCA atau rupiah cost averaging menurut pendapat Om Ben nih gimana terima kasih Oke metode rca ya rupiah jadi kita enggak peduli misalkan kamu udah siapin budget 1 juta setiap bulan beli sahamnya Bank BCA bulan depan kamu beli lagi 1 juta bulan depan beli lagi 1 juta jadi on everage nggak peduli situasi ekonomi dunia seperti apa dia mau naik mau turun mau naik motor kamu tetap beli satu juta secara umum dalam jangka panjang Iya kamu pasti profit dengan syarat perusahaan yang kamu beli layak untuk kamu lakukan ruqyah atau dollar closerging itu bagus sepanjang perusahaannya bagus Nah metode ini menurut saya sangat layak kalau perusahaannya perusahaan jenis kapal induk yang minimal bisa naik 20-25% setiap tahun so itu make sense untuk melakukan yang namanya DCA nah DCA atau rca itu sangat tidak cocok kalau kamu lakukan di saham aliran momentum teman-teman pasti sudah tahu yang namanya benix itu punya Edge di bidang finansial punya bidang perbankan buat cuman berkali-kali disitu karena gua kuasai bidang itu ketika gua masuk ke sebuah saham misalkan ke BCA hari ini satu persen gue jual itu konyol dia menang dalam jangka panjang tapi kalau kamu masuk ke saham misalkan babp misalkan btg kalau beli sahamnya Terus kamu pegang 5 tahun 7 tahun 10 tahun itu salah besar itu konyol kamu tidak mengerti investasi sebenarnya metode kita itu bukan metode yang dipakai oleh orang kebanyakan gitu nggak kita making investing ingat apa M momentum ketika ada emiten yang memang secara bagus secara kualitatif secara kuantitatif tetapi momentumnya tidak ada atau jelek ya berarti kamu bisa berharap sama itu pasti akan naik tidak dalam jangka waktu 3 tahun apa 4 tahun tetapi sama momentum adalah saham yang kamu beli ketika semua orang tidak suka walaupun secara kualitatif bagus secara kualitatif bagus tapi orang tidak sadar bahwa itu barang bagus kalau mau beli dan kamu jual ketika momentumnya sudah mau habis jadi bukan tipe saham yang kamu bisa pegang seumur hidup tidak tidak segala sesuatu itu ada momentumnya kemarin momentumnya buat Messi juara dunia juara World Cup momentumnya 4 tahun lagi apa bisa mengisi juara dunia Saya rasa nggak jadi segala sesuatu itu ada momentum ya itulah yang kita terapkan dalam metode investasi making investing rca bagus atau tidak menurut saya bagus dengan catatan Kamu beli di perusahaan sejenis kapal induk dan sudah terbukti selama bertahun-tahun dia bisa naik minimal 20% per tahun itu cocok Selain itu kamu mau pakai DC menurut saya berbahaya Kenapa karena yang ini Indonesia Bung ini hutan rimba hari ini perusahaannya bagus besok perusahaannya jatuh ke tangan kanannya atau ke anaknya yang gak pakai otak duit perusahaan dipakai buat hal-hal yang tidak jelas menurut saya jadi berbahaya tapi saya bukan aliran yang seperti itu saya bukan lu keong butuh pegang sama 15 tahun tidak saya tidak cukup yakin saya masih hidup 20 tahun lagi atau 30 tahun lagi sombong kembangkan metode investasi menggunakan aliran make investing supaya kita bisa generate profit walaupun tidak besar mungkin cuman 300% mungkin cuman 500% tapi kita bisa chip itu dalam waktu 2 tahun 3 tahun tuh Why not Terima kasih banyak Om Ben omben ada beberapa alasan saya menanyakan hal ini kira-kira jika menjadi trader metode seperti apa yang akan online gunakan Kalau saya tidak salah sebelumnya Om band adalah trader sekali lagi terima kasih Om Ben Oke jadi metode yang paling bagus buat trading menurut gua ya Dan ini berdasarkan pengalaman ya gue lebih tepatnya bisa dibilang scalper sih Jauh sebelum orang-orang ngomong scalper zaman sekarang anak-anak lucu-lucu baru lahir kan kita scalping bukan trading Ya bisa dibilang trading dalam hitungan detik menit Jadi bukan beli sekarang jualan anti sore nggak atau beli sekarang jual Besok enggak begitu enggak scalping nah menurut gua tidak ada metode yang bagus dalam metode trading menurut gua tuh metode paling idiot dan paling sampah karena event pun gua ke orang mantan scalper gua adalah scorver yang menggunakan Winda mental Jadi kemungkinan menang kita itu sangat besar gua bisa dapat Cuan satu persen sehari itu hal yang biasa dan mudah sebagai seorang scalper Kenapa karena kita beli memang sangat bagus sampai kemudian gua berpikir begini gua udah tahu ini saham bagus gitu ya hari ini gua beli di 300 ternyata setelah 1 menit Misalkan gua untung 10% dari 300 naik ke 330 lalu Gua pikir begini gua kan udah reset perusahaan dan udah bagus ya kenapa baru naik 10 Gua jual apa nggak konyol banget Kenapa karena dia udah dia bisa naikin 100% Terus kapan gue bisa cuman 100% kalau baru cowokan satu persen gua udah jual baru Cuan 10% gua udah jual Kapan gue bisa jual gitu kan so akhirnya gue pikir capek-capek gua riset capek-capek gua analisa hanya Demian satu dua tiga persen buat apa gitu loh dan menurut gua itu sangat-sangat tidak tidak benar gitu apalagi ketika kemudian gua menjadi scalper ketemu temen-temen yang hobinya trading pakai candlestick lilin mology itu ilmu gua itupun baru Setelah gua nonton videonya juga Warren cafe jadi gua baca bukunya Dia juga mantan trader Dia bilang gini dia udah mempelajari sekitar 17 buku yang mengajarkan candlestick dia pelajari dia praktekkan ke dunia nyata ketika dia praktekkan ke dunia nyata itu candlestick mau dibolak-balik bentuknya begini kalau dia balik begini hasilnya tetap apa tetap bagus mirroring hasilnya tetap sama tetap bagus ujung-ujungnya apa ini perusahaan nggak bagus ini nggak bisa dipakai untuk memprediksi masa depan Bagaimana mungkin lu beli misalkan perusahaan nikel ya atau perusahaan yang berhubungan dengan bank digital Padahal semua orang udah tahu tahun depan udah selesai momen tahun ini tapi karena candlestick katanya menunjukkan Bang digital itu bagus lu beli itu nggak main sense atau lu beli perusahaan yang berhubungan dengan batubara candlestick bilang ini bagus tapi faktanya di dunia nyata harga batubara jatuh terus itu sangat tidak logis Jadi lu beli saham ini karena candlestick bilang bagus merupakan faktanya batubara merakit ke bawah itu kan nggak logis Jadi kalau ditanya metode trading yang bagus atau enggak menurut gua nggak ada itu sampah semuanya sampah semuanya itu sama cuma buat bikin lu bertransaksi cuma buat bikin lo trending supaya lu tambah miskin menurut gua nggak begitu menurut gue investasi itu sangat mudah jangan personik diri kamu sendiri nah buat teman-teman metode trading yang paling bagus sekali lagi gua bilang tidak ada metode trading yang paling bagus adalah berhenti trading dan mulai investing yang benar bertobatlah Berhentilah memperkaya mafia mafia di HSG stop please stop nggak ada namanya metode semua itu palsu bandarmologi lilin mology candlemologi astrologi palsu tukang tipu itu udah terbukti kalau lu nggak percaya lo harus baca tulisannya dia udah jauh lebih lama di Bursa Efek dan dia sama cuma orang dia lebih keras lebih kasar dari gua cuma anjing buduk yang mau trader selesai Kenapa karena itu tidak ada logikanya tidak ada akal Sehatnya tidak masuk akal oke teman-teman By the way itu yang nanya Siapa sih ini buang-buang waktu aja nih asli karena apa Karena kita bukan trader gitu lu udah salah salah kaprah ini buang waktu kita nih cuman ya itu aja mau sharing aja Jadi nggak ada metode yang paling benar jadi trader yang paling benar adalah lu jadi investor selesai Selesai masalah hidup lu Oke Guys Terima kasih buat yang udah kasih pertanyaan-pertanyaan bagus-bagus keren-keren tadi ada yang nanya soal BB nantikan video kita tentang BBB di sesi video kita yang full video di episode yang selanjutnya buat kamu yang pertanyaan yang belum dijawab jangan takut jangan khawatir kita akan bahas di sesi ama selanjutnya Thank you guys Salam sehat salam Jon bye bye [Musik] [Tepuk tangan] [Musik] [Tepuk tangan] [Musik] [Tepuk tangan]
Resume
Categories