File TXT tidak ditemukan.
IF PBV x1 IS IT STILL A GOOD FOR US TO BUY ?? STOCK INVESTORS BEGINNER MUST KNOW !!!
CsU_LB1VtBw • 2023-06-16
Transcript preview
Open
Kind: captions Language: id Halo selamat pagi kembali lagi bersama di serial ama yang ke-39 gila guys pertanyaannya banyak banget gak habis-habis nih tapi pertanyaan bagus-bagus gua senang ya Oke kita langsung bahas aja pertanyaan kamu yang keren-keren ini di video kita yang satu ini So let's Check [Tepuk tangan] this pertanyaan pertama dari Dimas Ilham kalau kita udah tahu produk dari perusahaan tertentu itu paling laris paling menang dibanding kompetitor lainnya tapi gimana ya caranya kita dapat data yang real tentang perusahaan itu biar yakin masuk di sahamnya Soalnya kata Om benix kadang laporan keuangan itu bisa dimanipulasi sama perusahaannya lah kamu bisa tahu produknya laris dari mana emang dari laporan keuangan pasti dari dunia nyata dong ya kenapa gua selalu bilang yang namanya laporan keuangan itu kamu enggak boleh percaya serat 100% ya real aja gua udah lama di Bursa Efek Indonesia dan Sampai detik ini gua juga Ah bekerja di begitu banyak perusahaan besar di dunia termasuk di Indonesia Sampai detik ini enggak ada satuun perusahaan yang jujur ngasih laporan keuangan camkan itu ya tidak ada satuun yang jujur bikin laporan keuangan ggak ada lalu apa yang jadi tugas kita yang jadi tugas kita adalah kita memfilter mana yang benar mana yang salah mana yang bisa dimaafkan mana yang bisa dibenarkan mana yang tidak bisa kita terima sama sekali gitu loh jadi laporan keuangan Itu bukan fakta bukan kenyataan laporan keuangan itu adalah propaganda isinya apa agenda agenda apa ada di situ kepentingannya kreditor jadi laporan keuangannya dibikin yang bagus-bagus biar kreditor senang Happy ngasih bunga rendah ngasih pinjaman gede Mak sense enggak ya Mak sense gitu Mana ada orang yang mau investasi ke perusahaan yang ekuitasnya minus asetnya jelek Enggak ada dong Jadi bank-bank itu juga akan lihat itu makanya penting buat l lu usaha kecil-kecilan aja kalau minjam ke bank BC pasti ditanya laporan keuangan lu mana kan sesimpel Itulah jadi ada kepentingan dia bikin laporan keuangan itu Untuk siapa ada untuk menyenangkan komisaris ada untuk menyenangkan negara ada laporan keuangan dibikin untuk menyenangkan kreditur dan lain sebagainya Jadi lu harus pintar-pintar nih pilih-pilih sebenarnya apa agenda yang ada di sana gitu loh so Bu tugas kita sebagai investor itu apa untuk mengecek realita yang ada di laporan keuangan sekali lagi gua bilang Kenapa karena Lu cuma bisa percaya 20% aja laporan keuangan sisanya apa Lu harus cek sendiri kenapa karena tugasnya emiten itu ya berbisnis sebetulnya I dong nah tugasnya kamu sebagai investor apa memastikan bahwa investasi kamu tepat so apa tadi kamu bilang kamu bilang produknya bagus kamu tahu dari mana bagus kamu sudah cek ke berapa toko udah cek ke pasar modern atau kamu cek ke pasar tradisional validasi itu dengan siapa dengan orang Indomaret dengan orang di toko-toko kelontong cek benar enggak cek vendornya pembayaran lancar bagus atau tidak jangan-jangan vendornya sakit hati semua cek juga yang paling penting ya Eh yang gua suka itu brand power ya cek brand power-nya ke user segmennya itu kuat atau tidak kompetitornya siapa aja jangan-jangan nanti colaps cuma karena lahir brand-brand kosmetik baru yang lebih murah di pasaran misalkan jadi itu hal yang menurut gua jauh lebih penting Nah teman-teman kalau masuk investasi ingat make investing cek momentumnya ada enggak dan unsur yang kedua ini penting ya age-nya kamu punya atau tidak kamu kuasai atau tidak sangat-sangat berbahaya bagi orang yang bermain di luar age-nya gua sangat tidak anjurkan yang kamu bisa lakukan apa kamu melakukan ekspansi Age kamu contoh kamu tadinya ahli ban Karet Ada tuh misalkan sahamnya gjtl ya eh lain sebagainya lu mau ekspansi tuh lu mau masuk ke roda dua atau truk atau alat berat atau roda at begitulah Tapi jangan lu tadinya berangkat dari pedagang Ban tiba-tiba lu mau ekspansi Bagaimana ya saham perusahaan satelit di dunia ini gitu loh jadi kayak enggak nyambung gitu dari bisnis Ban tiba-tiba lu masuk satelit telekomunikasi ya agak aneh lah gitu Jadi lu expansi Ed itu yang masih ada hubungan dengan kegiatan kamu pengetahuan Kamu bisnis kamu hari-hari kamu gitu l dan semua orang punya Age ingat itu satu-satunya hal yang tidak bisa dicuri dari kamu Ya itu bakal lu bawa sampai liang kubur itu enggak ada kuliahnya buat ini lalu yang ketiga apa Nah ini laporan keuangan ada yang namanya kuantitatif jadi kuantitatif Q cuman satu unsur dari make investing jadi dia bukan decision Maker tapi apakah Enggak penting ya penting-penting juga kalau lu baca laporan keuangan bilang Enggak penting mah Itu juga salah ya dan yang terakhir ya kamu investigasi benar Enggak ini bagus perusahaan ini benar enggak direksinya ngantor benar Enggak dia enggak ada hutang benar Enggak ini perusahaan jarang dipanggil KPK ya nanti jarang dipanggil KPK tapi masuk Mabes Polri sama aja ya so lu penting buat lu itu investigasi ada perusahaan yang kayak begitu tuh hobinya kalauar masuk Mabes Polri ya Ya mungkin dia ada main catur di situ Siapa yang tahu ya Pertanyaan selanjutnya dari gagah mahajaya Saya adalah tipe orang yang jika belajar akan bersikap seperti gelas kosong tapi pertama kali kenal saham dari yang Om sebutin tentang rasi bintang dan lain-lain jujur aja nih yang lebih susah dari belajar adalah merubah mindset saya yang terlanjur terisi tentang astrologi dan candtick pertanyaan saya bagaimakah cara saya merahset yang bentuk sebagai trader ke mindset investor trik apa aja ya yang harus saya pelajari untuk mencabut Duri dalam daging ini saya sangat bahagia dan berterima kasih jika pertanyaan saya diangkat untuk Amama selanjutnya God bless you omix oke pertanyaan kamu sangat miris ya jadi sangat menyedihkan buat gua jawab aja ya Jadi hampir enggak ada obatnya guys jadi terjujul aja apalagi kalau trader ya masih ada bisa ketolonglah trader begitu dia Cut Los berasa tobat apalagi dari pinjam online duitnya ya pinjol kutl satu berasa Tuh tapi kalau udah aliran yang gila kayak astrologi saham itu udah gila itu jujur aja itu hampir enggak ada obatnya guys itu karena ya lu kalau pergi ke Indomaret beli obat batuk masih ada l ya tapi kalau obat Gila ya itu enggak ada dinomaru jadi memang susah guys diobatin nah buat teman-teman yang sudah terlanjur jadi trader jadi penjudi saham ini gua perlu bilang sama lu ya kejadian udah sering banget gua ketemuin Ada orang datang sama gua pengusaha ya minta gua marahin anaknya Kenapa karena anaknya terjebak J slot jadi anaknya rugi 17 juta setiap hari gua langsung kayang anjir gila gitu loh ada enggak solusi untuk menolong orang seperti ini ada gua bilang apa lu tarik handphone-nya tutup rekening banknya ambil kartu kreditnya ambil kartu atm-nya udah selesai jangan dikasih akses dia ke mana-mana karena apa orang yang punya mindset penjudi apalagi judi slot itu otaknya udah beda kalau lu ke MRI lu scan nih otaknya itu udah beda dengan dengan manusia normal ya jadi ketika lu berjudi judi saham lu menjadi spekulan mindset Otak lu adalah menjadi spekulator spekulator itu apa ujung-ujungnya percaya dengan tahayul percaya dengan probabilitas yang tidak mungkin hal yang mustahil jadi mindsetnya itu ah enggak enggak enggak Eh rasionalnya itu udah hampir enggak ada dan itu udah dites kok penjudi judi saham trader saham penjudi slot itu kapasitas otaknya itu berkurang sampai 20% lebih sama dengan efek orang yang kalau minum alkohol suka sampai mabuk berlebihan atau narkoba berlebihan tidak mungkin otaknya itu masih normal enggak mungkin sama sekali enggak mungkin jadi itulah bahaya ketika orang merusak otaknya meracuni otaknya dengan hal-hal yang tidak rasional now buat lu yang sudah terlanjur Apa yang lu bisa lakukan pertama yang lu harus lakukan adalah Lu harus tutup semua akun sekuritas lu Lu puasa itu selama 1 tahun biasakan diri lu ini gua Jujur ya gua tahu kok penyakit kayak lu tahu ada teman gua tiap hari Sabtu dia keringkit dingin kenapa karena Senin sampai Jumat dia berjudi di asg masuk hari sabtuuh dia kering-kedingin bangun jam 800 pagi nungguin market buka tapi enggak bisa transaksi gemeteran hari Minggu gemeteran hari Senin dia senang lagi kalau ada tanggil merah hari Rabu dia Stres dia pusing jadi dia anti tanggal merah bagus juga sih ini orang jadi e jarang liburnya ya tapi akibatnya apa bro Gua yakin teman-teman di situ tahu gua Yakin teman-teman nih yang nonton ini lu harus komen di bawah ya Lu pernah rasa akan itu enggak keringat dingin karena market tutup market libur enggak usah bohong guys jadi buat lu yang sudah terlanjur kena penyakit sakau itu sakau jadi penjudi itu dunia nyata yang gua ngomongin lu delete sekuritas lu cari kesibukan di Dunia Lain Mungkin lu ikut aktivitas olahraga aktivitas keagamaan atau lu ikut hal-hal yang lebih positif lah supaya lu enggak bersentuhan dengan sekuritas terus Pak gimana kalau saya terlanjur investasi lu pindahkan akun lu dari online trading atau online transaksi ke transaksi lewat telepon atau datang ke GraPARI Jadi lu makin jaranglah bertransaksi jadi intensitas lu kurangin kurangin kurangin kurangin begitu sudah selesai apa lu tutup buka account baru jangan pernah gunakan sekuritas yang sama karena Gua yakin sekuritas lu yang lu pakai adalah sekuritas branksek yang hobinya menjebak lu yang hobinya kasih lu suntikan-suntikan rohani hari ini beli ini nanti siang beli ini nanti sore jual itu dia mau menginduce aktivitas judi ke lu so Lu harus segera Cut dari sekuritas itu delete kontak keluar dari grup-grupnya Gua yakin dia Bikin grup buat lu supaya lu bisa menjalankan aktivitas judi lu dengan lebih semangat dia lihat itu semua lu bakal bisa keluar dari junkis dari kecanduan judi saham lu itu so teman-teman hati-hati ya teman-teman yang trading saham hati-hati apalagi istri-istri di rumah nih kalau lihat suaminya hobi melototin harga saham itu udah error delete aplikasinya jangan sampai terjebak seperti itu itu sangat tidak enak tidak enak l Sako saham jangan lu jebak diri lu pakai sekuritas-sekuritas sampah itu yang ngobi nibulin lu hati-hati guys pertanyaan terakhir dari Tommy Effendi kalau saham dengan pbv di atas satu tapi perusahaan positif bertumbuh dan manajemennya bagus Bagaimana apakah ini termasuk bagus ya itu bisa dibilang bagus dengan catatan ya dia bisa grow jadi dia bisa grow at least 20% lebih oke Bisa 25% setiap tahun Kenapa karena kalau dia bisa bertumbuh secara linir linear konsisten let's say 25% setiap tahun profitnya nambah terus artinya di akhir tahun keempat ini perusahaan valuasi asetnya itu sudahah dua kali lipat dari hari ini Mak sense ya hari ini R miliar konsisten tumbuh 25% terus net asetnya jadi 1 miliar akan menjadi 2 miliar cukup nunggu 4 tahun kalau dia bisa grow 25% setiap tahun net growth so kalau ditanya perusahaan dengan PBB 1 Oke enggak ya oke oke aja enggak ada masalah sih sepanjang dia bisa growing dan grownya itu konsisten dan sehat jangan sampai dia punya growth hanya karena dia ngutang hanya karena dia dapat duit dari negara kayak yang kemarin tuh ingat enggak ada sahamnya tuh emiten depannya huruf ngaku-ngaku wuh gua profit Aduh gua untung ah tipu-tipu lu Lu kan cuma terima duit dari negara bukan karena lu profit lu enggak bener lu dari tahun ke tahun kerjanya ngibul aja lu gak benar jangan yang kayak gitu lu cari perusahaan yang benar-benar real bisnisnya real produknya dipakai orang happy profitnya real ya bukan karena diinject dana dari pemerintah tukang tipu namanya pertanyaan selanjutnya dari Instagram dari sab Firmansyah Mas Bro bahas ptcmnp dong yang lagi rameai biar nambah-nambah ilmu nih oke Pertanyaan bagus and saking bagusnya ya kita akan bikin video khusus untuk membahas saham cmp tapi penting enggak sih dibahas ini emang enggak jelas juga nih satu ya tapi ya udahlah karena banyak yang minta kita akan Bahas eh tentang saham cnnp ini kenapa Karena kalau kita lihat di media massa kayaknya seolah-olah dibikin Min Yusuf Hamka Raja tol Yusuf Hamka pemilik cmnp Apa betul lu kan investor kan lu bisa lihat kan Apa betul penasaran gak sebetulnya Siapa pemilik cnp sebetulnya siapa sih Ratu tol Indonesia Eh maksud gua Raja tol Indonesia kalau penasaran cek ya video kita selanjutnya tentang rahasia gelap cmnp Oke Guys stay tune terus di channel benix pertanyaan kamu bagus-bagus sampai ketemu lagi di serial ama yang selanjutnya buat kamu yang pertanya belum dijawab jangan takut jangan sulol ini at inbo ke DM kita di instagram@.ofici akanah pertanyaan kamu di seralama yang selanjutnya Oke sampai ketemu lagi semoga video ini bermanfaat Salam sehat salaman bye [Musik] [Tepuk tangan] [Musik]
Resume
Categories