Kind: captions Language: id Halo selamat pagi kembali lagi bersama kita sekarang sudah ada di serial Asmi anything yang ke-38 wow mantap banget nih pertanyaannya bagus-bagus nih langsung kita bahas yuk pertahankan kamu apa aja soalnya [Tepuk tangan] yang pertama dari V ij288 Hai Om band menurut Om Ben Bagaimana ya sektor teknologi kedepannya mengingat saat ini ada trend artificial intelijen atau ai menurut Om band Apa ada emiten yang berpotensi bagus di 2023 ini Terima kasih Om band Oke jadi kemarin gua diundang makan siang sama salah satu Bandar terbesar di Indonesia bandara USG Jadi dia bilang sekarang strateginya adalah kalau lu mau jebak retail itu kalau bisa usahakan perusahaan yang mau Ipo bawa-bawa bendera Ai jadi itu bocoran buat lo buat makin hati-hati kedepannya kalau ada perusahaan teknologi yang mau review pakai iming-iming gitu loh Jadi lu harus hati-hati dan lebih bijaksanalah mau apakah teknologi sangat menarik dan bagus kalau menurut saya saat ini tidak kenapa karena berhubungan dengan suku bunga jadi rata-rata perusahaan teknologi itu mengandalkan utang untuk membiayai group bisnis mereka atau ekspansi bisnis mereka ketika suku bunga makin naik jadi cost of fun buat mereka berbisnis itu akan semakin tinggi dan semakin beresiko dan ini tidak sehat akibatnya pasangan asam teknologi bakal makin banyak yang turun kecuali apa dia bisa memanfaatkan momentum itu momentumnya Pak tadi yang kamu bilang ya salah satunya Ai lalu kita lihat lah nanti di Bank Indonesia sendiri gimana Apakah suku bunga bisa naik terus ada kemungkinan menurut gua bisa naik 2 sampai 3 kali lagi Jadi kalau itu terjadi perusahaan-perusahaan yang hutangnya masih banyak Mouse lagi kemungkinan perusahaan teknologi ya mereka akan terkena dampak dari sana Lalu kalau perusahaan yang bisa memanfaatkan momentum misalkan yang bener ya Saya rasa prospeknya bakal makin bagus dan ini udah teruji dari kemarin gua masih pantengin itu namanya emitan yang namanya Nvidia sebetulnya lagi bikin sih videonya tapi nggak tahu bisa kita tayangin atau enggak ya waktunya terbatas soalnya tapi long story short yang gua bilang apa ada terjadi anomali di perusahaan teknologi yang namanya Nvidia itu karena apa kalau kita lihat teknologi terakhir yang mereka rilis itu adalah arti x-ray 4000 series gitu ya Ada 460 470 4 tahun 90 buat lo yang gak tau gak papa karena ini bukan Edge investing di bidang teknologi chipset nah gue punya Edge di situ nah ini menjadi anomali Kenapa anomali karena ke semua orang tahu kalau bergerak di industri ini arti x4060 itu performanya tidak lebih bagus dibanding kalau lu pakai rtx sebelumnya rtxa43.000 serius Jadi kalau ditanya hari ini orang Apakah banyak yang pakai produk mainstreamnya Nvidia yang namanya rtx4060 gua rasa nggak mayoritas orang akan pakai rtx 360 atau pakai punya lawan yang Nvidia yang namanya AMD mereka punya kartu series rx-6700 jadi 6700 XT ini jadi anomali Kenapa 6700 XT notabene teknologi jadul bisa lebih bagus dibanding RR 2060 dan bahkan bisa lebih bagus di level mainstreamnya kalau dibandingkan dengan rtx40 artinya Apa artinya grafik Processing Unit yang terbaru dari Nvidia itu tidak bisa diserap masyarakat Tidak Dianggap oleh masyarakat khususnya teman-teman dari industri gamer mereka merasa itu kartu terlalu over price teknologinya nggak canggih-canggih banget tapi harga sahamnya naik terus berarti ada sesuatu dengan arti x4000 series ini yang menarik Maksudnya apa ternyata gue juga baru tahu ya gue sendiri tanya harusnya harga saham Nvidia karena produknya gagal karena orang kemudian jadi lari ke rtx 360 atau ke rx-6700 dan gua lihat harusnya jatuh ternyata enggak guys sahamnya Nvidia naik terus karena apa yang dia jual Itu bukan lagi soal bagaimana menggunakan anti aliasing atau dlss teknologi-teknologi supaya menampilkan gambar yang bagus nggak ternyata mereka melakukan brand positioning untuk sektor produktivity artinya apa kalau lu mau jadi ahli 3D animasi lu mau jadi editor yang bagus lu mau bikin video 3D editing yang bagus VGA yang dianjurkan GPU yang dianjurkan itu bukan AMD teknologi itu adanya di rtx yang terbaru 4000 series jadi ini menciptakan kompleksitas ya Bagi teman-teman kalau lu gamers lu pengen beli 4000 series sayang mendingan 3000 series tapi kalau lu Creator lu pengen beli yang rtx 4000 series karena lu bisa dapat fitur-fitur khusus editing khusus animator walaupun secara kualitas gambar segala macam Masih lebih oke sering sebelumnya dan lebih murah Nah inilah segmen yang sekarang lagi diincar oleh Nvidia bahwa mereka udah sadar eranya Bitcoin Udah lewat eranya cryptocurrency Udah lewat mereka harus masuk ke segmen baru lagi karena segmen gamer mereka udah bisa kuasai sekarang mereka mau masuk ke segmen produktivitas yang berhubungan dengan artificial intelligence sehingga mereka menciptakan teknologi terbaru mereka GPU mereka itu sangat super ya kalau lu kombinasikan dengan generatif reginative Ai LLM language modeling bahkan yang terbaru kalau lu bikin grafik mengulang menggunakan Stable tvtion dulu udah bisa bikin gambar bikin film pakai Ai dan itu nggak bisa lu lakukan kecuali lu pakai vganya Nvidia kalau lu pakai kartu dari teknologinya am ribet lo harus install macam-macam lah kebanyakan di platform Linux so ini salah satu bidang yang menurut gua sangat menarik teknologi ya AIA menarik Tapi sayangnya di Indonesia nggak ada yang bisa lakukan itu kalau lu masuk ke sektor teknologi kita jadi ngomong kepanjangan nih soal Teknologi tapi lu hanya bisa lakukan itu kalau lu masuk ke saham-saham yang listing di Bursa efek di Amerika Tapi gua sekali lagi gua sangat tertarik untuk masuk ke sana saya kalau di Indonesia nggak di Indonesia rata-rata teknologi-teknologi klaim Bisa ini bisa ini Bisa itu bisa bikin air jadi bensin lah bisa bikin bensin jadi matahari lah jadi harus hati-hatilah Kalau yang di Indonesia punya ya Tapi secara umum gua sangat suka dengan ai infect kita lagi siapkan sistem terbaru artificial intelligence untuk metode investasi kita biar membantu gua sendiri jadi kita bikin platform khusus buat kita pakai personal pribadi untuk memudahkan kita dalam menyusun Black Book dalam membukaan psiklopedia saham yang kita punya dalam mengklasifikasikan saham-saham yang masuk ke dalam kategori 16 Channel secara lebih cepat dan efisien so gua termasuk orang yang merasa beruntung karena kita bisa gunakan teknologi LLM kita bisa gunakan teknologi text recognition ya untuk bisa mensadur laporan keuangan secara lebih cepat dan efisiennya gua Thank you buat itu dan Gua merasa itu game Changer Kalau ada emitennya mau masuk ya Tapi sayangnya per hari ini tidak ada yang cukup layak dari sudut pandang gua By the way menarik enggak menurut lu kalau kita bikin video khusus ya indek bahas tentang investasi di dunia microprosesor chip eh bahkan teknologi yang berhubungan dengan ai karena kebetulan yang bikin prosesor-prosesor itu ya gua kenal orangnya juga orang Belgia menurut lo bagus enggak kalau kita bikin videonya Hai guys sebelum lanjut ke Pertanyaan selanjutnya kita mau bagi-bagi giveaway nih satu tiket gratis senilai 12.300.000 untuk ikut sekolah sampai next di bulan Oktober nanti buat kalian yang mau ikutan caranya gampang banget nih jawablah pertanyaan berikut ini semenjak covid 1999 dunia ini kegiatan haji dan umroh diberhentikan sepenuhnya namun hari ini muncul berita bahwa Arab Saudi telah membuka satu juta kuota haji untuk Indonesia dari fenomena berikut ini menurutmu saham apa yang akan diuntungkan dalam satu sampai tiga tahun kedepan lalu Bagaimana skenarionya jika kamu seorang investor sejati tentunya kamu sangat mudah untuk menjawab pertanyaan ini dan buat kamu nih yang memiliki jawaban paling menarik kamu berhak mendapatkan satu Golden tiket gratis untuk ikut sekolah sambil NYX Ayo segera tulis jawaban menarikmu di kolom komentar di bawah ya dalam hitungan kelima kita akan lanjut ke Pertanyaan selanjutnya 1 2 3 4 5 lanjut Pertanyaan selanjutnya dari Yon Saryono masih belum kejawab nih pertanyaan saya Semoga nyantol deh dia mah berikutnya selamat pertanyaanmu nyantol nih Apa sih pertanyaannya saya ini baru belajar Om seandainya hanya melihat pir dan pbv rendah sebagai cara pilih awal berinvestasi di saham aman gak Om dan saya bingung juga saat saya buat table dari saham bank-bank di Bursa Efek ora rata-rata yang asetnya besar liabilitasnya juga nama besar ya Om apakah aman saat kita beli saham bank yang net asetnya lebih kecil dari liabilitasnya meskipun liabilitasnya Lebih Dari 50% aset please mohon pencerahannya Om band investor kecil nih soalnya pengen nabung saham 1 juta per bulan Oke pertanyaan kamu bagus dan gua Senang lu lebih pilih jadi investor dibandingkan trader ya it's oke Lu mau nabung satu juta sebulan 500.000 sebulan 500 juta sebulan itu bagus itu sama aja yang penting apa mindset investasinya lu dapat namun pertanyaan lu kenapa bang-bang itu liability-nya gede jadi gua mau kasih sharing bahwa berbeda dengan perusahaan pada umumnya misalkan kamu investasi di perusahaan snack jualnya makanan-makanan snack chiki-cikian gitu ya kalau lability yang tinggi itu pasti berbahaya karena artinya kewajiban-kewajiban perusahaan itu banyak banget yang dia harus bayar akibatnya apa kalau salah manajemen bisa kolaps sama seperti banyak perusahaan BUMN yang kolaps liability banyak dia nggak bisa bayar vendor dia banyak nggak bisa bayar itu fakta nah khusus untuk perbankan kok beda ya Kok labeltisnya jadi gini labilitiesnya di bank itu diukur bukan seperti perusahaan misalkan BUMN ya atau mereka labilitinya hutang-hutang mereka terhadap vendor itu ada juga nih Bang tapi mereka labisi terbesar adalah di bidang bisnisnya sendiri bidang bisnis perbankan Apa ada orang nabung duitnya sama Bang dipinjemin lagi jadi orang deposito ke bank atau nabung ke bank sama bank dipinjemin lagi ke orang Nah kenapa lability saya tinggi jadi ketika orang nabung ke bank katakan bunga 10% 1 tahun dia nabung 100 juta ke bank apa yang terjadi di bank ini apakah dia bisa catat 100 juta ini sebagai harta milik bank itu ya nggak itu kan duitnya Bukan duit punya bank ya toh Apa yang dia harus catat Dia itu sebagai labelitis itu sebagai kewajiban Kenapa karena orang ini duit 100 juta ke bank bank itu jadi punya kewajiban pulangin 110 juta nabung 100 juta nabung bunganya 10% kan 100 juta ditambah 10 juta orang nabung 100 juta dia catat itu sebagai labilities dia punya utang bank ini punya utang 110 juta artinya apa makin banyak nasabah yang nabung banknya jadi punya banyak kewajiban yang dia harus bayar makes ya jadi khusus untuk saham perbankan dan ini gua bilang ada 16 jenis saham di HSG lu nggak bisa pukul rata Palu gada soalnya semua itu barang yang sama enggak ada 16 jenis saham saham perbankan lu tidak bisa lihat dengan kacamata saham properti kacamata saham pertambangan nggak bisa mindsetnya beda so buat temen-temen yang investasi di saham perbankan jangan takut kalau kamu lihat dia punya liability tinggi sepanjang itu bisa dipertanggungjawabkan dengan dua syarat pertama dia punya nasabah yang saya sebel nasabahnya besar and growing lalu yang kedua apa dia Memang secara faktual itu mempunyai DPK yang besar BPK itu apa Dana pihak ketiga nah ini lu harus cek cara ceknya gimana Lu bisa tahu nih bank Nibung apa nggak ceknya di laporannya OJK ceknya di laporan Bank Indonesia mereka punya list itu bank-bank itu punya stok BPK itu berapa nanti DPK nanti dibagi lagi kalau lihat laporan DPK gua selalu terima laporan DPK Berapa orang yang nabung dalam jumlah dolar berapa yang jumlah nabung pakai duit rupiah berapa yang nabung atas nama perusahaan berapa yang nabung atas nama individual itu semua lu bisa cek Jadi semua bisa dipertanggungjawabkan dan kita beruntung ya buat orang yang investasi di sektor perbankan karena yang bantu untuk melototin laporan-laporan keuangan itu udah banyak bukan cuma Bursa Efek doang tapi ada Bank Indonesia dan OJK jadi kita bisa crochet itu secara lebih gampang dan faktual So that's what I like tentang saham perbankan so buat temen-temen jangan khawatir jangan ketakutan kalau lu investasi di bank dia menyalahbility tinggi enggak sepanjang bisa dipertanggungjawabkan dengan 2 Matrix itu pertama na hanya ada dan banyak dan bertambah Terus yang kedua dpk-nya memang real Nanti kalau udah ke sana tinggal lu lihat kalau yang masuk itu udah ada bagus nggak bagus real Bagus nggak bagus tahu saja tinggal lu cek bank bisa nggak muterin itu jangan sampai dia udah nerima orang nabung Bunga 10%. Terus dia pinjamin ke orang bunganya 3% kan bloon namanya Jadi lu harus cek bank ini mampu Nggak duit 10% itu dia pinjamin ke orang lain 20% atau 15% jadi dia punya selisih yang namanya NIM net interest margin selisih antara suku bunga yang dia pinjamin sama suku bunga orang yang nabung di dia itu lo harus cek dan yang terakhir lu cek Berapa banyak sih orang yang dipinjamin itu balik lagi yang bisa bayar lunas hutangnya bisa bayar bunganya pokoknya itu namanya npl jadi non Performing lo tinggal cek itu so lu nggak usah lihat yang aneh-aneh indikator yang aneh-aneh bintang-bintang bandarmologi lu lihat itu khatulistiwa Seperti apa susunan planet Pluto sama Uranus itu nggak nyambung jadi better check yang tadi gua bilang nasabahnya cek DPK nya real apa tidak kalau bener itu real tinggal lo sinkronkan dengan dia menyalurkannya seperti apa gampang kan investasi dan buat teman-teman yang belum tobat yakin dan Percayalah ya tindakan lu tuh hari ini merasa manusia setengah dewa karena lu habis Cuan tadi pagi 2%. Percayalah Bro itu bandarcuannya jauh lebih gede dari lu hari ini lu untung 2% besok lu untung 7% tapi lupa tuh besok kelucuan 7% nanti lu rugi lagi 3% besok rugi lagi 5% lu total rugi lu udah berapa banyak yang limit ah dulu untung 7% tuh Kalian seumur hidup tapi dari 300 hari dalam 1 tahun mayoritas lukat loss itu fakta karena kalau seandainya lebih sering menang daripada bandar ini fakta realitanya Bandar itu duitnya bertambah trilinan setiap tahunnya dari mana dari lu nah dia dunia nambah triliunan dulu tiap tahun berkurang secara konsisten makanya lu harus bener-bener kalau trader harus bener-bener punya ilmu yang namanya disiplin Cut loss wajib ilmu wajib trader adalah disiplin Cut loss Karena Mereka diciptakan khusus untuk memperkaya bandar bandar diciptakan untuk memperkaya benix simple Oke Guys semoga video ini bermanfaat buat kamu yang bertanya yang belum dijawab jangan takut jangan khawatir akan kita jawab di sesi ama yang selanjutnya jadi langsung aja tulis ya pertanyaan kamu di kolom komentar di bawah langsung kita tanya di pertanyaan yang selanjutnya so thank you buat teman-teman yang sedang mengajukan pertanyaan bagus-bagus dan keren-keren segera mulai investasi hindari trading ingat Jauhi narkoba Jangan mau jadi trader Saya ingin keluar Salam sehat salam Tuhan bye bye [Musik] [Tepuk tangan] [Musik]