I AM OPTIMISTIC!! MINISTER OF AGRICULTURE NOW!! FARMERS' SALARY IS 10 MILLION PER MONTH?? ARE YOU...
GaV65N1JffE • 2024-11-28
Transcript preview
Open
Kind: captions Language: id Halo selamat pagi kembali lagi bers benix kita kali ini akan membahas sebuah video yang menurut gua sangat menarik Kenapa karena teman-teman dari tim produksi itu udah pada bilang ini ada video terkait seorang menteri yang kemarin sempat diserang soal prahara mengenai peternak susu sapi yang menyerang Menteri Pertanian Amran dan di situ kita sudah bilang bahwa itu bukan kesalahannya si Pak Amran ini dan gua kasih tahu alasan dengan jelasnya bahwa itu kesalahan dari masa lalu yang Bahkan presiden yang sudah lebih dari tahun lalu juga nah kali ini kita kedapatan sebuah video nih yang berhubungan dengan menteri salah satu menteri favorit gua di kabinet ini kenapa karena menurut gua ini salah satu menteri yang sangat strategis posisinya dan yang kedua juga berprestasi yang gak salah lagi yaitu Menteri Pertanian Amran Kenapa karena kemarin sempat bikin heboh guys mengenai petani milenial petani gen sekarang bisa lebih untung kalau Mere stop jadi karyawan tetapi menjadi petani yang akan terima gaji sampai 10 juta per bulan bahkan bisa lebih loh bisa sampai 20 juta per bulan apa benar so daripada kita bingung segera kita review aja yuk dan kita bahas Lebih detail lagi so jangan dikip videonya Let's check this out Pak Amran presiden Prabowo kan menargetkan akan adanya swas Mada pangan dalam 4 tahun ke depan sejauh ini kita tahu bahwa Indonesia ini masih mengandalkan impor dalam bentuk ketahanan pangannya kemudian juga ee kira-kira bagaimana akhirnya prognosis dari produksi pertanian ke depan untuk Swasembada pangan khususnya untuk mendukung program makan bergizi gratis pertama pertanian Harus satu komando yang dimaksud satu komando adalah mulai hulu Hilir itu satu komando sehingga tidak ada dualisme dalam mengambil ee kebijakan dan keputusan e Kemudian kami melihat kebijakan-kebijakan apa saja yang kita harus ambil karena kebijakan yang keliru itu berdampak besar pada sektor pertanian oke itu gua setuju guys ini gua cut dulu ini Sama persis dengan yang gua bilang di video sebelumnya yang mengenai prahara petani buang-buang susu itu peternak susu sapi yang ternyata yang ternyata itu kesalahannya bukan karena menteri pertaniannya tetapi itu ternyata kesalahan Karena ada pejabat-pejabat tinggi negara yang sengaja melakukan kegiatan penandatanganan perjanjian yang menguntungkan para peternak di Australia dan di New Zealand ga mereka bisa ekspor sapi besar-besaran ke Indonesia dan bisa ekspor susu sapi besar-besaran di Indonesia dengan bayar pajak 0% jadi dampaknya itu terasa sampai sekarang ingat ya tanda tangannya itu lebih dari 10 tahun lalu guys lu cek video kita tentang peternak susu sapi itu tetapi dampaknya kerusakannya itu terjadi sampai sekarang nah yang ngeri dunia pertaniingan itu seperti itu banyak masalah yang sebetulnya bakal menjadi besar bukan hanya dalam hitungan bulan atau Harir tapi hitungan tahun karena apa beda dengan bisnis lain ya bisnis pertanian itu kalau lu bikin kesalahan Sekarang baru kerasa dampaknya itu ya setelah bertahun-tahun makanya harus sangat berhati-hati nih kalau memilih menteri yang berhubungan dengan pertanian itu berbicara tentang investasi masa depan bangsa kita karena ketahanan pangan semua orang butuh makan ini adalah hal yang sangat penting sangat strategik dan menurut gua betul kalau ada orang punya mindset jangka panjang punya mindset seorang investor ya ini sosok yang bagus ini bagus sekali nih karena enggak bisa nih bikin uji coba tes-tes buat industri pangan itu enggak bisa itu sangat berbahaya salah sedikit detik ini dampaknya bisa sampai 10 20 tahun ke depan saya sangat setuju nih salah satu contoh eh ee pupuk itu adalah ee sangat vital sektor pertanian bapak presiden sudah menyetujui pupuk naik 100% jadi Insyaallah masalah pupuk kemudian benih bersertifikat kita berikan secara gratis eh kemudian memperbaiki irigasi ee kemudian ee pompanisasi ee cetak sawat dan seterusnya itu langkah-langkah kita e lakukan ee ke depan Kami yakin ee hal ini bisa kita Oke luar biasa ya ini jawaban menteri bukan menteri plelonga-plongok Ya seperti toko sebelah ditanya apa ngalor ngidul karena memang enggak ngerti apa yang dia kerjain dia dapat itu karena memang Ya bagi-bagi konsel sih tapi ini menteri yang jawabannya betul-betul gua catat nih betul-betul presisi nih Ini bukti bahwa dia memang turun ke lapangan dia tahu masalah real di lapangan masalah di akar rumput Kenapa karena gua catat ada lima nih yang diomongin pertama ada masalah soal pupuk benih irigasi pompanisasi dan cetak sawah gua akan bahas begini pertama dia bicara soal pupuk ini selalu jadi masalah di Indonesia selama 20 tahun terakhir siapapun presidennya enggak pernah kelar isu pupuk itu selalu langka Kenapa karena banyak oknum yang bermain soal pupuk ini tahu-tahu pupuk ini harusnya jatah untuk petani ditanam tahu-tahu pupuknya sudah berubah jadi Pajero itu kenyataan yang punya Pajero siapa kepala desa yang punya Pajero siapa oknum berseragam itu realita di lapangan pupuk itu terlalu banyak mafianya Nah akibatnya apa ya yang turun ke petani ujung-ujungnya jadi cuman sedikit Nah kalau petani terima pupuk sangat sedikit apa yang terjadi Jangan berharap Ya panennya itu bisa subur panennya bisa melimpah Bagaimana lu bisa panen melimpah kalau nutrisinya aja enggak ada nutrisinya aja kekurangan karena dipermainkan oleh mafia pupuk yang sibuk menjadi pedagang pupuk subsidi ini dimension pertama nih sama si menteri Amran dan gua sangat setuju dia ngerti soal ini yang kedua dia ngomong soal benih ingat ya dia ngomong soal kita itu harus berpikir secara terintegrasi dan berpikir jangka panjang Kenapa yang kedua soal benih ini penting di Indonesia begitu banyak mafia benih benih-benih palsu dan ini Ngeri contoh gua udah berkali-kali bolak-balik ke Kalimantan Barat Kalimantan Tengah Kalimantan Timur ke Jambi ke Riau bertemu banyak petani di sana salah satu yang paling terkenal ya petani sawit nah permasalahan petani sawit apa mereka sering banget ditipu bukan lagi soal pupuk tapi soal bibit benih lu tahu tanaman sawit itu baru berbuah setelah 4 sampai 5 tahun nah bayangkan mereka belanja benih bibit sawit yang palsu terus kemudian dia tanam terus kemudian ngetrek alias buahnya jelek tidak berbuah buahnya berpasi alias enggak bisa panen lah dan itu baru ketahuan Setelah 5 tahun Ah ternyata bibit gua palsu kan ngeri petani dikerjain oleh mafia benih-benih ini karena apa Karena sangat jarang dan sangat susah mendapatkan benih bersertifikat di Indonesia sangat sedikit ini baru ngomongin sawit ya gua belum bicara soal yang lain soal apa bawang buah-buahan hortikultur semang cabe termasuk padi mendapatkan bibit benih yang berkualitas yang bersertifikat itu sangat sulit salah satu contoh yang gampang aja gua kemarin habis beli sekitar 4.000an lah bibit pisang dari sebuah lembaga milik negara yang dianggap bertanggung jawab dengan kualitas dan sertifikasinya gua belanja namanya juga bibit pisang ya kan lu beli tanamannya Masih pendek 5 C 10 C paling tinggi begitu ditanam Apakah sama semua ternyata tidak memang Bro ini satu perusahaan ngaku-ngaku perusahaan benih tapi begitu ditanam 90% sesuai dengan spek yang kita inginkan tetapi ternyata dari ribuan bibit yang kita beli terselip ya bibit benih-benih pisang yang tidak jelas tercampur di sana artinya apa tidak murni entah penipuan yang disengaja atau ya memang pengelolaan Balai bibitnya ya asal-asalan cap kaki lima nah akibatnya apa ya gua jadi enggak mau lagi pesan ke sana sumpah kita kan ketika membeli itu ngomongin masa depan contoh lu nanam pisang pisang kan berbuah sepanjang tahun tahun pertama lu bisa panen kedua lu bisa panen ketiga panen empat panen hanya kesalahan lu nanam di detik pertama dampaknya bisa terasa sampai bertahun-tahun kemudian dan yang terdampak siapa ya bukan cuma karyawan gua tapi petani-petani kita juga karena apa bibik yang kita terima tidak sesuai dengan spek lu bayangkan itu baru sekelas pisang gitu apalagi yang lain ya Banyak banget apalagi sekelas padi yang ada jutaan orang petani menanam padi Bagaimana kalau dia kena tipu ini bibit padi berkualitas kita ditanam keluar apa rumput kan ngeri jadi gua sangat setuju Kalau menteri Amran bilang Kita betul-betul Harus berpikir jangka panjang ditertibkan itu dari hulu kalau Hilir karena ada begitu banyak PR yang harus dirapikan sayangnya sampai sekarang gua sangat jarang ketemu ee bibit-bibit pemain bibit palsu ini yang masuk penjara harusnya dihukum mati bahkan karena banyak petani-petani juga yang gua lihat ya sengsara karena yang nanam sekarang dampaknya baru terasa 34 tahun kemudian itu kan menyedihkan terus yang ketiga dia bahas soal pompanisasi soal eh irigasi dan Ini masalah di Indonesia kenapa ini fakta di dunia luar sana di Vietnam di Cina itu gua suka ketemu petani yang 1 tahun bisa tiga kali panen Oke berarti bibitnya berkualitas pupuknya juga disediakan dan satu yang paling penting apa air ketersediaan air itu selalu ada nah di Indonesia rata-rata Petani yang gua temuin di Kalimantan contohnya itu cuman bisa setahun satu kali panen di Jawa Kalau lu hoki setahun bisa dua kali panen Tetapi kalau yang tiga kali panen Sampai detik ini gua belum pernah lihat dengan mata kepala gua di Indonesia ini nah artinya apa apalagi Khususnya buat di Pulau Jawa ya itu banyak tanah yang sudah semakin rusak karena tidak dididik untuk tidak menggunakan pupuk kimia berlebihan akibatnya makin lama makin rusak kabarnya 40 tahun yang lalu kalau lu bertani di Jawa dan Bali lu memang bisa tiga kali panen tetapi karena tanahnya masihin rusak sekarang dua kali panen dan sekarang jadi satu kali panen ya Hopefully menteri Amran udah aware dengan situasi ini Dan ya Kemungkinan dia akan lakukan perbaikan secara menyeluruh nah kembali lagi ya kalau lu mau dua kali atau tiga kali panen artinya nutrisi yang lu kasih Harus dua kali lebih banyak bahkan tiga kali lebih banyak dan air yang lu Sediakan ya harus tersedia sepanjang tahun karena Indonesia ada musim kemarau guys terus gimana mau panen logis aja Jadi kalau seandainya mau kita panen lebih dari dua kali harus disediakan saluran irigasi yang memadai yang airnya selalu ada dan pompa untuk sedot air dari saluran irigasi ke sawahnya mereka nah menteri Amran saya lihat sudah melihat ini dari hulu ke hilir terakhir yang kelima program cetak sawah ini bagus dan ini cocok memang jujur dieksekusi di luar pulau Jawa Kalau dalam contoh ini dibilang Katanya dia mau jalanin di marauki itu gua sangat setuju Kenapa di Jawa ta Udah terlalu padat sudah tercavling-cavling dan rata-rata petani di Jawa satu petani itu paling kelola berapa ya paling hebat 5.000 m itu pun jarang gua ketemu 5000 m 5000 m 3.000 m itu berarti petak-petak sawahnya kecil-kecil dempet-dempet dan enggak bisa produktif kenapa enggak bisa produktif karena akibatnya lu enggak bisa pakai mekanisasi begitu masuk satu traktor kapasitas 50 HP bisa ngerjain 50 hektar eh ternyata baru jalan 5 menit kepentok pematang sawah Karena luasnya cuman 500 m luasnya cuman 3000 m enggak efektif ujung-ujungnya lu pakai apa kerbau pakai cangkul Kan tolol Gimana caranya lu bisa berharap dapat output yang besar dan efisien so kemudian ketika mereka buka ini di daerah lain di Indonesia t gua udah lihat salah satu sukses story di Sulawesi dan Hopefully ini bisa juga jalan di Papua ya program cetak sawah itu harus dilakukan dan memang harus dilakukan dengan skala besar ya satu orang begitu dengan mekanisasi satu orang orang bisa kelola 50 hektar dengan mudah dengan mekanisasi dengan teknologi jadi ketika gua lihat Pak Amran ini bahas dari 1 2 3 45 mulai dari pupuk terus Kemudian beliau berbicara benih terus berbicara irigasi lalu pompanisasi dan terakhir cetak sawah menurut gua ini contoh menteri yang mengerti apa yang dia kerjakan yang dia lakukan dan gua sangat-sangat setuju Jujur aja ya lu kalau lihat Menteri Pertanian kita dari 102 tahun lalu mayoritas apa sih berakhir di tahanan penjara korupsi gak ada yang bisa becus hobinya cuma ngimpor impor impor impor kayaknya menteri Amr ini serius nih kita harus berdaulat secara pangan stop impor tingkatkan produksi kita dari obrolan ini gua lihat dia sangat ngerti kendala dan situasi yang ada di lapangan it's a good choice nih dari Prabowo nih milih si Pak Amran next 1 tahun yang lalu kami rancang memperbaiki regulasi kemudian e sumber saya yang ada kemudian ee pendekatan kita seperti apa ee pendekatan kita ke depan adalah transformasi pertanian tradisional menuju pertanian modern kemudian salah satu wilayah yang kami bangun adal Merauke nah kemarin ee kunjungan pertama bapak presiden ke Marauke kami Tunjukkan yang lahan optimalisasi dan ada lahan cetak baru jadi ada intensifikasi ada ekstensifikasi intensifikasi adalah ada lahan ee Rawa eh atau lahan upland tanah Tan hujan itu hanya Tanam Satu kali 1 tahun kita jadikan tiga kali H kemudian produksinya ee bapak presiden tanya langsung kepada petaninya dulu hanya 2 tah per hektar beliau tanya langsung itu dijawab spontan oleh masyarakat e Marauke Kurik eh daerah Kurik itu 7 Ton jadi tiga kali lipat tanamnya juga tiga kali satu kali menjadi tiga kali Nah ini adalah pendekatan kita adalah pertanian modern transformasi pertanian tradisional ke modern kalau kita bertahan pada tradisional tidak mungkin kita mampu mengelola l yang begitu luas ya ini ah gua jawab ya tadi ya Ternyata ini Sama persis dengan yang gua bilang ya Kalau seandainya dilakukan mekanisasi dan dilakukan lima poin penting tadi itu ya Mulai dari pupuk sampai pengairan itu pasti sangat Mungkin kita bisa panen tiga kali dalam setahun dan di sini terbukti memang kita berhasil meningkatkan produktivitas kita sebelumnya cuma 2 ton per hektar sekarang jadi 7 ton per hektar di Vietnam itu bahkan bisa 9 ton padi per hektar jadi dari sini kita bisa lihat bahwa oke Ada improvement dan memang terbukti ya khususnya di wilayah tadi yang di Papua itu Kurik Ya dibilang itu bisa bertambah menjadi 7 ton per hektar dari yang sebelumnya 2 tah per hektar artinya lebih bahkan dari tiga kali lipat hanya dengan satu kunci apa ya dilakukan mekanisasi itu Jadi mau enggak mau kita Engak harus tinggalkan tuh metode lama banyak orang-orang bertani pakai metode jadul pakai kerbau pakai metode-metode yang gak masuk akalah menurut gua sekarang udah era udah teknologi canggih Kenapa kita gak gunakan itu ya ya gua sangat setuju dengan yang dibilang Pak Amran di sini Jadi kami membuat kluster semua cetak sawah baru dan eh intensifikasi ekstensifikasi ini kita kluster ini kita membangun pertan modern Apa tujuannya karena tenaga kerja luas lahan tetapi tenaga kerja kan e terbatas Nah kalau menggunakan full mekanisasi mulai hul sampai Hilir menggunakan mekanisasi peningkatan indeks tanaman tanamnya satu kali bisa jadi tiga kali produktivitasnya bisa naik dua kali tiga kali kemudian biaya produksi turun sampai 50%. oke contoh kalau panen panen padi itu itu manual satu orang panen itu 25 hari tapi dengan alat combine harvester yang dipakai bapak Presiden kemarin lihat kan dipakai itu hanya 4 jam 1 hektar Oke jadi bisa dibandingkan 25 hari dengan ee 4 jam tidak cukup S hari Nah itulah tujuan dan nantinya kluster ini sejajar dengan negara maju Saya ulangi kluster pertanian modern ini sejajar dengan Amerika kami baru pulang dari arkansa kemudian ke China ke Vietnam melihat teknologi kita tidak kalah ini sejajar ne-negara maju nan Oke jadi gua sempat berbicara dengan teman-teman pengusaha di bidang pertanian ya dan merekajur ka tahun lalu sangat-sangat pesimis program food Estate yang dilakukan di Papua ini bakal berhasil Kenapa karena salah satu faktor yang paling penting adalah manusia tidak ada manusia di Papua ketika kita buka 1 juta hektar katakan pangan siapa yang akan mengolah itu nah mereka semua pada ketawa mereka pada bilang itu pasti akan gagal kenapa Karena untuk mengelola satu hektar butuh satu manusia nah kalau mau mengelola 1 juta hektar berarti butuh 1 juta manusia nah ketika gua dengar pernyataan itu ada benarnya juga enggak jujur menurut gua ada benarnya juga kalau lu masihai metode tukang Pacul yang ada di Jawa nanam padi pakai pacul ya Iya Lu butuh satu hektar bahkan butuh sampai dua orang suami dan istrinya Nah kalau seandainya itu dicopy paste di Papua ya enggak akan berjalan lancar enggak akan berhasil tetapi tadi dibilang kalau kita menggunakan mekanisasi itu menjadi mungkin kenapa tadi dibilang ya kalau seandain lu Bicara soal Harvest lah panen ketika panen raya 1 hektar realitanya di Indonesia di Jawa mereka ngundang tetangganya saudaranya buat bantuin manen lahan 1 hektar pun gak bisa dipanen dalam waktu 1 jam rata-rata Butuh Waktu S hari seharian makanya di Indonesia itu ketika panen itu banyak orang yang juga ramai-ram buat jagain juga karena panennya lama kenapa harus Dijagain kalau enggak besok udah dipanen orang lain itu realita yang terjadi di Jawa nah ketika kita ngobrol soal ini di Papua dan dengan mekanisasi ternyata Lan 1 hektar bisa di cuma butuh waktu 4 jam dengan menggunakan combine harvester itu salah satu alat panen yang modern dan harganya sangat mahal ya Nah teman-teman di sini gua mau bilang apa bahwa ya betul kita butuh tenaga kerja lebih banyak tetapi ternyata dengan mekanisasi tadi gua udah bilang ya dengan satu traktor lu udah bisa ngerjain 50 hektar bandingkan dengan zaman dulu dengan satu Pacul lu cuman bisa ngerjain 3000 m ini udah sesuatu hal yang berbeda so gua setuju sekali lagi gua bilang di depan dan terbukti bahwa apa ya dengan penerapan teknologi kita bisa mengefisienkan pola pertanian kita sama seperti negara maju ini udah gue pengin banget bisa kita lihat dari sejak tahun 2000-an dari sejak 20 tahun lalu ya syukurnya ya akhirnya ada menteri kita yang waras yang punya otak yang punya hati dan memang betul-betul mau merevolusi dunia pertanian Indonesia supaya enggak gitu-gitu doang dari zaman dulu masih macul macul ul banget akhirnya sekarang ada orang yang ngerti bisnis ini so Menteri Pertanian Amran gua respectek gua salut sama lu masih ada lagi enggak Coba kita next Oh masih ada dengan klaster peranian modern ini yang tadi sejajar dengan maju Saya rasa Indonesia dalam waktu dekat mungkin juga sudah bisa bersing dengan negara maju dan e meraih swasada pangan tadi ya Pak Insyaallah bisa yang ekstensifikasi dengan intensifikasi ini kita upayakan ini pertanian modern dengan melibatkan bonus demografi kita ada mil 52% anak muda oke nah Ini anak muda kami libatkan 3.000 sekarang yang mendaftar sekarang ini ada 20.000 lagi untuk ikut tetapi syaratnya untuk mengikutkan milenial ee generasi set tidak mungkin dipaksa pendekatannya adalah targetnya adalah pertama menggunakan teknologi modern yang kedua adalah untung dua kali lipat Tiga kali lipat daripada jadi pegawai atau karyawan ah itu baru menarik kita hitung minimal pendapatannya R juta Wow per bulan ini saya tertarik jadinya Pak sebagai milenial dan juga Genzi begitu ya ya pertama milenial sama genzy aja udah beda l ya milenial is milenial gen is Genzi kalau lu ngomong soal dunia pertanian memang cocok buat Genzi karena usianya masih muda ketika lu pergi ke kebon itu kan di Kebon minimal 6 jam matahari panas lu dijemur jadi memang butuh orang yang masih muda masih segar masih semangat setuju nah soal yang kedua soal bisa dapat R juta ee itu gua belum tahu ya itu memang harus dites realitanya mungkin enggak itu tercapai karena apa karena selain tadi gua kira konsepnya gaji Tapi kalau ini kayaknya bukan gaji deh kayaknya ini konsepnya lebih kebagi hasil pertaniannya itu kan Nah teman-teman pun tahu kalau lu nanam padi ya padi itu lu enggak nanam hari ini besok berbuah artinya lu nanam hari ini Ya kemungkinan Lu butuh waktu 4 sampai 5 bulan baru terima hasil panennya Nah apakah milenial itu terima duit nih di bulan pertama di bulan kedua ketika dia lagi ngebibit ketika lagi pembenihan perjapan lahan belum panen terus duitnya dari mana itu gua penasaran tuh duitnya dari mana Apakah murni bagi hasil r0 juta itu dan jujur ya pribadi gua agak penasaran sih karena kayak yang petani kita aja petani kita di Kalimantan itu mungkin gajinya sekitar ya di atas UMR lah udah jelas dari bagi hasilnya aja mereka bisa dapat di atas UMR nah tapi satu hal yang pasti kalau bisa dapat R juta sebulan gua pesimis jujur terusang gua pesimis artinya kan lu dapat 120 juta per tahun kalau dapat 120 juta per tahun dengan tiga kali panen ya mungkin masih bisa Ya tapi kan sekali lagi ya soal lu menggunakan teknologi lu bisa dapat 7 ton per tahun per hektar good tapi di harga berapa jadi yang paling penting di sini menurut gua bukan soal juta per bulan pakr yanging pting buat petanionesia itu pastian pembelian jadi pasti hasil panennya dibeli itu satu yang kedua dibeli dengan harga yang pantas karena percuma misalkan lu bisa panen 10 ton per hektar tetapi harga gabal lu 1000 perak per kilo buat apa Jadi ini bisa jadi hal yang menarik bukan hanya soal karena teknologinya Ya tapi kalau memang petani-petani muda Genzi itu yang masuk itu dan lahan-lahan yang dibuka itu mereka dijamin oleh negara hasilnya pas MTI dibeli oleh negara dan dengan harga yang pantas itu sih kuncinya gua rasa kalau soal r10 juta 20 juta R juta itu Wills lah karena itu kan bergantung soal panen tapi Percuma kalau panennya tinggi tapi harganya rendah Gua yakin kalau lu petani sejati pasti ngerti apa yang gua bilang banyak orang Indonesia itu yang jago nanam banyak banget tapi yang susah apa jualnya Setuju enggak Lu next pertama untuk menarik kan ini ada e ee kekuatan kita adalah milik lahan kemudian teknologi ini tiga kekuatan kita nah lahannya luas ada kemudian eh teknologi ada sekarang sudah tersedia kami anggarkan 10 15 triliun kemudian ada milenial nah ini nanti kita optim kita optimalkan tiga tiga instrumen tiga kekuatan ini masuk Kemudian kami membentuk Brigade 200 hektar dikelola 15 Pemuda nilai alat mesin kami serahkan dari negara kepada pemuda yang 15 ini adalah nilainya kurang lebih 3 miliar kemudian penghasilnya penghasilannya adalah minimal 10 juta kalau rajin bisa R juta bersih per bulan Oke di bagian akhir ini ya Pertama gua setujuah kalau bilang ada milenial tapi mungkin lebih pasnya genzy ya kalau milenial kan umurnya udah 35 ke atas sekarang udah tua lah ambil yang umur 20 ke atas genzy cari yang mental baja pengin maju itu gua setuju Nah yang kedua lu bahas soal tentang gaji tadi R juta R juta per bulan ini gua sangat-sangat pesimis gini hitungannya gampang kan tadi menteri Amran bilang bisa dapat berapa 7 ton panennya sekali panen 7 ton Oke kalau seandainya harga gabahnya dibeli seharga Rp3.000 per kilo r7.000 kg alias 7 ton dikali Rp3.000 per kilo itu sama dengan rp21 juta Nah kalau setahun tiga kali panen berarti 21 juta dikali 3 aja cuman Rp0 jutaan lah lu bayangin kalau lu digaji R Jut per bulan setahunnya kan 120 juta dapat dari mana tuh ada selisih 60 juta tuh coba dicek apalagi kalau R juta per bulan berarti kan 240 juta S tahun Padahal tadi kita hitung kalau lu 7 ton per hektar ya gak dapat tuh hitungannya tuh kecuali apa tadi masuk tadi dibilang 200 hektar akan dikelola oleh 15 orang yang artinya per orang akan dapat kurang lebih 13 hektar artinya kalau 13 hektar 13 hektar kal 7 Ton itu sama dengan 91.000 kg artinya 91 ton nah 91.000 kg kalau dikali harga gabahnya Rp3.000 per kilo itu hasilnya sama dengan rp273 juta per 13 hektar ingat ya tadi 200 hektar dibagi ke 15 orang Nah kalau di situ hitungannya jadi masuk akal tetapi yang jadi pertanyaan Apakah betul negara siap menjadi penjamin final dengan dengan harga Rp3.000 per kilo That's yet to be seen jadi buat teman-teman yang hyper optimis ya bahwa Apa itu realistis hanya ketika lu memang memiliki kapasitas untuk mengelola 15 hektar per orang bukan 1 hektar per orang ya lu masih mungkin bisa terima setara dengan gaji ya 10 sampai 20 juta per bulan dengan asumsi ya lu juga hidup hemat Kenapa karena biaya hidup di Papua itu mahal banget bro closing statement dari gua adalah gua sangat setuju dengan yang dibilang Pak Amran dari a to Z semuanya gua sepakat menurut gua dia orang yang paham He is the right man in the right place dan kita butuh dia bangsa ini membutuhkan orang seperti menteri Amran dan sangat jarang bahkan gua belum pernah lihat ya Menteri Pertanian yang benar-benar ngerti soal ini yang gua tahu Menteri Pertanian hobinya apa korupsi dagang sapi aja dari zaman dulu mainannya kuota aja Nah sekarang akhirnya kita dapat menteri yang benar-benar capable semua yang dibilang menurut gua sangat logis dan kita lihat aja Bagaimana perkembangan selanjutnya gua sih Berharap penuh bahwa food Estate kita bisa berhasil karena kalau enggak apa global warming itu real ya banyak negara yang akan meng-close expor mereka India akan meng-close ekspor mereka kita sama ini terlalu terlena dengan mafia-mafia yang ada di pejabat-pejabat negeri ini hobinya impor hobinya impor tapi ketika krisis terjadi di mana-mana Jangan berharap negara Cina mau ekspor bahan makanan ke kita Vietnam ekspor bahan makanan ketika kita Argentina Chili India mau ekspor bahan makanan nya ke kita ketika negara krisis semua akan berusaha menutup dan melindungi dan memprioritaskan memberi makan rakyatnya sendiri kenapa begitu karena penguasa di negara-negara itu juga tidak mau berakhir di pisau geletin seperti raja-raja yang ada di Eropa zaman dahulu kala dieksekusi oleh rakyatnya sendiri karena gagal memberi makan rakyetnya sendiri oke Guys itu kesimpulan gua Dari video ini bahwa apa ya Indonesia darurat pangan dan I think he is the right guy thank you banget pak Probowo memilih orang yang capable di bidang ini Menurut kalian gimana Menurut kalian strategi pamr ini benar atau salah atau Ada Lagi Enggak bagian yang kurang yang bisa kita improve yuk segera kirim komentar kamu di kolom di bawah ini kenapa karena banyak orang-orang di Kementerian yang nonton youtube-nya benix sehingga suara kamu akan didengar Oke Guys semoga video ini bermanfaat Salam sehat salam Juan byee [Musik]
Resume
Categories