Bongkar Mafia Beras, Menteri Amran Ditegur Wapres: Apa yang Sebenarnya Terjadi?
dGWKJY1-Roo • 2025-04-25
Transcript preview
Open
Kind: captions Language: id Wah, di sini sih nyali tinggi sih ini gua jujur. Dan dia berhasil ngomong di forum terbuka loh. Berani ngomong di forum terbuka bahwa dia pernah ditegur oleh wakil presiden. Nah, ini jadi pertanyaan guys. Siapa nih wakil presidennya nih? Guys, seru banget nih. Kita baru aja dapat video dari salah seorang tim kita tentang salah satu menteri yang dianggap sebagai menteri terbaik di republik ini saat ini. Menteri favorit bangsa Indonesia katanya. Tetapi sebelum kita bahas itu, gua belum lihat juga videonya. Ini berhubungan dengan hasil live kita kemarin ya, dengan kome di Jepang yang intinya di Jepang lagi krisis beras. Sesuai dengan ramalannya Prabowo nih. Harga beras di Jepang terus melambung tinggi meskipun pemerintah telah melepas stok beras darurat selama 1 bulan terakhir untuk menekan kenaikan harga. Namun upaya tersebut belum membuahkan hasil. Beras semakin tak terjangkau dan mulai membebani warga Jepang secara luas. Data Kementerian Pertanian Jepang menunjukkan rata-rata harga beras 5 kg di supermarket telah menyentuh 4.206 yen atau setara dengan 29 Amerika Serikat. Jepang krisis beras. Harga beras di Jepang udah naik berkali-kali lipat. Sekarang lu harus beli beras seharga Rp800.000 per karungnya. Satu karung di sana isi 10 kilo. Artinya sekarang harga beras di Jepang menurut data dari Kome ketika kita live kemarin, makanya lu harus join. Harga beras di Jepang itu sudah sampai Rp80.000 per kilo. Ini luar biasa, Guys. Di Indonesia aja paling Rp15.000 sampai 17.000 per kilo. Tapi di Jepang Rp80.000 per kilo. Jepang betul-betul hancur-hancuran nih. Kris beras itu nyata, Guys. Ngeri nih. Ini masalah pangan soalnya. So, tunggu apaagi ya? Jangan dikip video ini. Yuk, langsung kita lihat gimana sih video reaksi dari menteri yang katanya nih yang paling hebatlah di kabinet saat ini, yaitu Menteri Pertanian Amran. Let's check this out. Alhamdulillah setelah 160 hari kami dampingi Bapak Presiden kemarin, ada yang menarik capaian pertanian tertinggi selama merdeka yaitu lompatannya produksi 62%. Ini bukan kata saya, kata BPS ini bukan kata saya. Kemudian bulok stok pangan kita di saat terjadi goncangan di tingkat global. Malaysia kekurangan pangan, Jepang yang begitu negara maju. Bisa lihat fotonya Jepang ini Jepang. Kemudian Filipina kekurangan beras krisis hari ini. Harga beras di sana tahu terakhir R85 eh Rp89.000 per kg. Bayangkan kalau Indonesia naik saja Rp20.000 itu negara ini dalam keadaan terancam. I bisa dijerit-jerit orang demo di mana-mana. Betul. Betul. Jadi di sini mau bilang ya e selama 160 hari menjabat produksi pertanian khususnya padi naik hingga 62%. Ya, ini gua percaya sih. Ini gua percaya bukan karena Menteri Amran yang ngomong ya. Tapi memang realitanya memang gua lihat khususnya di daerah-daerah tertentu kayak di Sulawesi itu memang kita sudah lakukan penanaman skala besar, mekanisasi, sistem irigasinya bagus dan asal-asil apa ya? Kita mencapai target produksi pangan kita. Ini gua bukan ngadi-ngadi nih, tetapi satu hal yang pasti menurut gua sih orang ini ngerti. Memang menteri yang satu ini memang ngerti dengan bidang yang dia lagi kerjakan. Nah, satu hal yang menurut gua patut kita cermati ya ternyata program ketahanan pangan yang selama ini mungkin banyak orang yang mentertawakan lah, haters lah, oposisi lah, dianggap buang-buang duit. Tapi memang kalau lu follower channel Benix lu udah lihat lah gua mulai dari El Nino, Lanina gua udah mau bisa memprediksi bahkan sampai ke hari ini bahwa harga minyak bumi akan terus turun tetapi harga sawit akan terus naik. Hari ini pun jadi kenyataan. Lu pun kalau beli saham yang kemarin kita beli, hari ini pun lu panen raya. Udah jelaslah ini semua bisa kita kalkulasikan. Satu yang gua salut adalah ternyata prediksi Prabowo jadi kenyataan. Itu sebenarnya prediksi gua by the way ya, bahwa kita harus segera mencapai kedaulatan pangan. Karena ya tentu saja global warming itu akan semakin ekstrem, akan makin banyak gagal panen di mana-mana. Kalau kita enggak bisa kasih makan 200 juta penduduk kita. Colaps ini negara bubar. Dan ini seperti yang sudah dinyatakan di Malaysia, di Jepang, bahkan Filipina hari ini mengalami krisis beras. So, ini mengkonfirmasi apa yang dibilang oleh Kome follower kita yang dari Jepang. Asli ya, bukan tipu-tipu. Lu bisa lihat videonya di situ. Kemarin Jepang gua tahu lagi krisis beras ya, Guys. By the way, harga beras di Jepang udah naik ee beberapa bahkan hampir 100% loh. Jadi harga beras lagi krisis nih Jepang dan mereka akhirnya banyak yang impor beras itu sampai ambil dari Amerika Serikat. Coba kita tunggu dari kome. Kome kamu kalau beli beras masih makan beras enggak? Jangan-jangan udah ganti makan gandum tiap hari nih. Benar enggak? Jadi kalau gua lihat secara teoritis kayak di Indonesia ya, eh COGS biaya penanaman harga gebah Rp6.000 eh di tingkat retail harga beras itu Rp15.000 sekilo. Masuk ke Jepang taruhlah Rp30.000. Berarti di Jepang itu harga beras itu harusnya sekitar Rp40.000-an per kilo rupiahnya. Benar enggak? Di sini ada yang dari Jepang enggak? Ee itulah kebijakan proteksionismenya Jepang dan ini digugat sama Donald Trump. Makanya Donald Trump itu marah besar ya karena banyak produk-produk petani Amerika enggak bisa masuk ke Jepang. Masih makan beras. Om 10 kilo Rp800.000 jadi sekilonya Rp80.000, Guys. Gila 100% lebih mahal memang. Benar kan kalau hitungan gua kan 40-an R.000-an harusnya cuman udah karena udah naik jadi Rp100.000-an jadi Rp80.000. Luar biasa. Bahwa apa? Ya faktanya banyak negara pada saat ini berada posisi krisis pangan. Dan gua yakin ya dalam beberapa bulan ke depan lagi lu akan lihat makin banyak negara yang keris pangan. Makanya lu jangan heran kalau Benix bersama bumi baru itu membuka fruit estate di Kalimantan. This is a good news. Kita ciptakan lapangan kerja dan ternyata hasil panennya bagus. Satu-satunya di Indonesia yang bisa bercocok tanam dalam skala besar dan tentunya panennya bagus ya. Kita kemarin habis panen pisang, nanas, dan semangka. Luar biasa. Lu harus cobain deh produksi pertanian bumi baru. Satu-satunya di Indonesia yang bisa memproduksi buah-buahan dari lahan kritis tanpa deforestasi, tanpa nebang pohon. Jadi betul-betul hijau, Guys. Next. Saya selalu katakan saudaraku, sahabatku mulai pengamat, pengusaha, petani, tolong jangan ganggu sektor pertanian. Kenapa? Pertanian bermasalah, negara bermasalah. Dan juga baru-baru ini kita dapat penghargaan terbaik dunia, sektor food security, ketahanan pangan. Ini terbaik dunia setelah 40 tahun dan itu dicetak oleh alumni Fakultas Pertanian, Unhas. Ini penghargaan tertinggi dunia. Kami diundang ke Brazil. kami ke Arkansa Amerika menyampaikan bagaimana bisa mengubah Indonesia krisis menjadi swasmad. Oke, ini hebat sih tadi ya. Gua kira penghargaannya penghargaan ngadi-ngadi ya asal-asal bikin DW ya. Ternyata penghargaannya itu penghargaan level dunia, Guys, dari PBB, unit PBB yang namanya FAO, Food and Agriculture Organization. Jadi setelah 40 tahun nih, Indonesia akhirnya dapat penghargaan terbaik dunia di sektor food security alias ketahanan pangan. Bahkan saking canggihnya nih produksi pertanian Indonesia ya, kita itu sampai diundang loh sama negara Brazil untuk membahas tentang prestasi Indonesia khususnya yang berhasil mengubah situasi krisis karena kita impor hobinya impor bahan pangan tapi sekarang menjadi swasembada. So, menurut gua ini salah satu hal yang penting sih buat seorang pemimpin ya untuk bisa melihat, memprediksi, bahkan mengambil tindakan antisipatif sebelum krisis itu terjadi. So, this is one of a good things. Jarang-jarang loh gua muji-muji menteri. Jujur aja lu tahu lah. Jarang banget gua muji-muji menteri. Tapi jujur buat yang satu ini, ini oke lah. Ini oke asli. Karena sudah bertahun-tahun ya Indonesia ini gagal produksi pangan, gagal produksi beras, gagal produksi jagung, gagal sapinya, semuanya kita impor lah. Sekarang kita mendapatkan good news bahwa ternyata orang Indonesia itu orang Indonesia itu bukan bisanya impor doang, enggak. Orang Indonesia itu juga bisa berproduksi dengan efektif, dengan efisien, dengan menggunakan teknologi canggih mekanisasi. So, this is a very, very good news buat Indonesia. Jadi enggak heran ya kalau kita bisa dapat penghargaan level internasional, bukan penghargaan ecek-ecek dari universitas gitu. Bukan, bukan, bukan. Ini penghargaan tingkat dunia dari PBB. Luar biasa. Nah, ini tapi tetap bikin jadi pertanyaan sih, teruk menteri yang sebelumnya ngerjain apa ya? Mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo divonis hukuman pidana 10 tahun penjara oleh Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat terkait kasus pemerasan dan gratifikasi. Harul Yaslim. Oleh karena itu, dengan pidana penjara selama 10 tahun, kita enggak bahas di sini ya, Guys, ya. Ee menteri yang sebelumnya ngerjain apa enggak tahulah kita ya. Mungkin sibuk impor kali ya. Ya udahlah. Tapi anyway, kita bersyukurlah akhirnya ada cercah harapan ya, ada salah satu pejabat di Indonesia yang punya otak dan punya hati nurani untuk membangun bangsa ini. Kalau enggak kita bisa-bisa krisis beras juga kayak Jepang. Lu bayangin kalau lu harus beli beras harganya Rp80.000 sekilo, apa yang terjadi dengan lu? E sebentar guys, bentar guys sebelum kita lanjut videonya. Good news guys. Kalau Samen season 7 kembali dibuka nih. Jadi buat teman-teman yang belum sempat join yang season 6 kita sekarang udah masuk ke season keet7uh dan ini seru banget karena tahun ini kita membahas tentang energi terbarukan. So, teman-teman tahu enggak orang kalau ngomong energi di Indonesia ini cuman ada batu bara atau minyak bumi. Tetapi sekarang kita sudah masuk ke era di mana saham-saham perusahaan yang prospek itu justru datang bukan dari batu bara lagi, tapi dari energi terbarukan. Dan banyak loh sebetulnya energi terbarukan. Ada lu ngomong minyak sawit, ada namanya gas bumi, ada namanya tenaga surya dari matahari termasuk tenaga air. Dan masih begitu banyak lagi yang belum kita bahas. Nah, makanya di season 7 ini kita akan membahas saham-saham yang sangat prospek, investasi yang menurut gua sangat menarik buat kita pelajari bersama. Hanya di Skol Shamben Benix Season 7 tentang emiten-emiten dan prospek prospek yang luar biasa dari sektor energi terbarukan. Makanya jangan sampai ketinggalan, Guys. Segera buruan daftar karena kita ada promo nih diskon 25% hanya untuk 50 orang pertama yang daftar sebelum 25 April 2025. So, tunggu apaagi, Guys? Buruan yuk, segera hubungi nomor handphone yang ada di bawah ini atau www.skalasalambenix.com. Apa yang terjadi dengan lu? Pusing, Bro. Beras itu makanan pokok di Indonesia. Lu harus bayar Rp80.000 sekilo. Berarti satu karung lu harus bayar Rp800.000 buat 10 kilo. Kan ngeri ya. Untungnya ya kita bisa ambil tindakan antisipatif ya karena ternyata pejabat kita khususnya ya di sektor ini berhasil melakukan swasembada pangan. Memang ini orang bisa kerja sih memang ahli di bidang ini. Next. Kami diundang jadi menteri tidak ada yang kenal enggak ada nama kami di Google. Dicari siapa ini Amran dari perguruan tinggi mana? Nanti 6 bulan ketahuan, 3 bulan berket ketahuan dengan teman-teman yang lain dari Harpat dari mana? Tapi saya katakan aku akan beresin pekerjaan yang diberikan pada pundak saya. Alhamdulillah sembada baru saja juga mafia doakan kami tempur ingin kami bersihkan sektor pertanian di republik ini karena kami ingin kalian melanjutkan perjuangan ini nanti. Kami tidak ingin Anda menyesali saya nanti setelah saya tiada. Ini ada kemarin minyak goreng, ada mafia pupuk, ada mafia beras. Sekarang dua t kemarin laporan kami di SMS Kapolri ada 20 sudah tersangka. Kami kirim ke neraka nerakanya dunia yang ingin mempermainkan nasib rakyat. Boleh nih kirim ke neraka nih sahabatnya malaikat ni dia ni yang menarik adalah salah satu keluarga pejabat yang aku pecat. Nanti setelah saya pecat baru aku tahu dan aku minta maaf yang penting saya sudah pecat mereka. Ada juga kami pernah diteku ditegur wakil presiden gara-gara ada mafia beras kami tutup perusahaannya. Ternyata semuanya adalah pemimpin-pemimpin besar ada di dalamnya. Kami dimarai. Kami berterima kasih. Kami katakan yang penting kami sudah tutup karena dia melanggar regulasi yang ada di republik ini. Oh, ini luar biasa sih. Luar biasa sih. Ketika si Pak Amran, by the way, dia sudah dua kali ya jadi Menteri Pertanian ya. Tapi pas dia jadi menteri pertama kali tidak ada yang kenal dengan dia. Jujur gua juga gak kenal nih dengan menteri Amran nih. Tapi ternyata setelah dia jadi menteri dia bisa menyelesaikan banyak pekerjaan yang tidak bisa diselesaikan oleh menteri-menteri sebelumnya khususnya di bidang pangan ya. Dia berhasil sembada pangan. Makanya semua orang kaget gitu. Dan dia juga bilang di sini dia ngomong blak-blakan. Dia berhasil membersihkan 20 mafia beras. Salah satunya yang terlibat adalah keluarga pejabat yang ingin mempermainkan nasib rakyat kecil. Wah, di sini sih nyali tinggi sih ini gua jujur. Dan dia berhasil ngomong di forum terbuka loh. Berani ngomong di forum terbuka bahwa dia pernah ditegur oleh wakil presiden. Nah, ini jadi pertanyaan guys. Siapa nih wakil presidennya nih? Eh, gua juga enggak tahu ya. Kita bisa menduga-duga wakil presiden di Indonesia ada banyak ya. Mantan wakil presiden pun ada banyak. Jadi, siapa yang dimaksud oleh Amran? Tapi kita enggak cari drama di sini. Tapi cari satu hal yang penting di sini. Apa yang dilakukan Amran itu luar biasa. Yang penting apa? Dia tutup dulu nih perusahaannya. Dia tutup dulu nih mafia-mafia ini baru kemudian dimarahin. Tinggal minta maaf. Yang penting sudah lakukan yang baik dulu. Pecat dulu, tutup dulu, selesaikan dulu. Ini begitu nanti dipanggil dimarahin, ya okelah. Tapi yang penting perusahaannya udah enggak ada. Ini menurut gua nyali tinggi sih. Memang di Indonesia ini yang butuh itu nyali, Guys. Tadi kita habis meeting nih sama salah satu direktur ya, mantan direktur BUMN besar di Indonesia. Dia bilang, "Di Indonesia ini memang butuh nyali. butuh nyali buat lakukan itu. Karena kalau enggak dikit-dikit ini anaknya pejabat ini, ini anaknya pejabat itu, ini ponakannya si anu, ini cucunya si anu, was habis sudah satu silsilah itu dibawa ponakannya sinilah, tetangganya sini, lama-lama anak dari bunya, kakek saya kan ribet juga gitu kan. Gimana caranya lu bisa kerja dikit-dikit enggak boleh ini, enggak boleh itu. Tapi di sini kita bisa lihat orang ini punya nyali nih. Ini hebat ini. Hebat. Cuman moga-moga ini bukan jadi komentar yang menjadi bola panas ya. Tolong J orang jadi nyari nih siapa ya wakil presiden yang membekingi mafia beras tanah air. Ya, moga-moga enggak begitulah. Karena kita pengin lihat menteri kita yang bisa kerja ini itu panjanglah perjalanannya. Karena tantangan di depan itu masih banyak, Guys. Tadi dibilang ada mafia pupuk, kita masih ada lagi mafia daging. Kita hobi beras impor, sapi impor, soal jagung, soal belum lagi ngomong bibit. Mafia bibit di Indonesia begitu banyak, Guys. Petani yang menjerit. Capek-capek nanam tanaman. Ternyata bibitnya palsu, baru ketahuan setelah 2 3 tahun. Ini kan ngeri ngeri banget nih kalau dibiarin seperti ini. Menurut gua itu harus dihukum mati loh. Jujur banget deh. Jujur aja. Gua udah ketemu petani yang buka lahan 2 hektar. Ada yang nanam kopi, ada yang nanam coklat, ada yang nanam sawit. Begitu setelah nunggu 3 tahun keluar buah pertama ternyata palsu. Karena bibitnya ternyata bibit palsu, tapi enggak bisa kelihatan. Kan ngeri, Guys. Lu 3 tahun hidup dalam kepalsuan dengan harapan yang bodong. Karena lu termakan buaian, pedagang-pedagang bibit palsu, pestisida palsu, benih palsu. Lu rawat itu selama bertahun-tahun. Begitu naik ke tahun keempat zong. Kan sadis sih menurut gua. Ini menurut gua sadis. Gua juga salah satu korbannya. Kita pernah dapat korban bibit palsu. Karena gua nanam semangka ya sekian hektar di Kalimantan dapat bibit palsu. Aduh sedih banget petani-petani kita yang di sana yang gagal panen. Gua tetap bayarin itu dengan harga penuh sih. Memang gua yang rugi jatuhnya. Cuman ya kok tega banget ya? Tega banget sih asli. Itu kan hajat hidup orang banyak loh. Masih banyak orang Indonesia ini enggak punya gelar S1 kayak lu. Bahkan, jangankan S1, cuman lulusan SD aja udah bagus. Mereka enggak bisa kerja di bank kayak lu. Mereka gantungkan hidupnya di pertanian. Eh, tiba-tiba kena pupuk palsu, bibit palsu, benih palsu. Udahlah, tolonglah Pak Menteri ini semua tolong diberesin. Kalau enggak apa negara kita bakal terus-menerus jadi negara miskin, korban mafia, yang kayak pejabat-pejabat itu juga. Semogalah ini kita segera terbebaslah dari neraka ini, Guys. So, teman-teman, menurut lu gimana ya kalau lu melihat ini? Ini, is this another good news? Apakah ini kabar baik bagi bangsa kita? Akhirnya adalah menteri kita yang bisa kerja. Ya, dari kemarin kan menteri kita aduh asal jeplak aja enggak ada yang bener. Tapi akhirnya ni ada cerca harapan lah di republik ini selain Gubernur Kang Dedi Mulyadi. Inum K Amang Sok inum ya. Ternyata di level pejabat menteri ternyata kita bisa mengharapkan oh masih ada pejabat kita yang punya hati nurani guys. Dan menurut lu sendiri gimana? Menurut lu sejujurnya ya, penting enggak sih buat negara kita itu investasi besar-besaran di sektor pangan atau justru sebaiknya duitnya dipakai buat hal yang lain? Bangun jembatan misalkan, bangun bandara. Menurut lu gimana? Sebetulnya bagus enggak sih program food estate, program swasmemba bada pangan yang dibikin oleh Presiden Prabowo? Gua harap bazer jangan komen di sini. Kita butuh komentar yang natural, yang real dari rakyat Indonesia. Lu mendukung atau enggak sih program ketahanan pangan? Soal sembada pangan yang diupayakan oleh pemerintah supaya lu enggak usah bayar beras Rp80.000. R000 sekilo. Lu setuju atau enggak? By the way, Guys, lu udah lihat ya Amran ini juga kayaknya Bapak Menteri yang satu ini terlalu berani nih ngomong belak-blakan sampai nyebut merek bahkan. Tapi namanya untung dia enggak sebut. Menurut lu umur dia akan lama enggak di republik ini? Menurut lu dia akan dipertahankan enggak cukup lama di republik ini karena dia terlalu berani, terlalu pintar, dan bisa kerja. Menurut lu orang-orang seperti ini akan terus dipakai enggak sih? Atau yang jago ngejilat aja yang bagusnya dipelihara? Oke, guys. Semoga video ini bermanfaat. Ditunggu ya pandangan kalian gimana dan saran kalian gimana ya supaya dunia pertanian Indonesia bisa tambah sukses lagi, tambah berhasil lagi supaya makin banyak nih kita lihat orang-orang kaya baru dan anak-anak muda baru yang bersemangat untuk terjun ke sektor pertanian. Karena kalau bukan kita ya siapa lagi? Lu masih mau ngandalin impor dari India, dari Cina, dari Vietnam sampai kapan? itu nyawa kita loh. Jangan sampai isi perut kita aja ada di negara lain. Menurut gua itu sangat-sangat ngeri. Ya, bukan cuma itu aja sih, memang kedaulatan pangan penting, tapi kedaulatan energi juga penting. Oh, jadi banyak yang penting ya. Penting semuanya memang. Tapi mana yang paling penting? Tulis dong di bawah ini. Menurut kalian udah bagus atau tidak sih program swasembada pangan pemerintah atau lebih baik dananya dipakai buat yang lain aja? Enggak usah ngasih pupuk, enggak usah ngasih traktor, enggak usah bangun irigasi pertanian. Biarin aja petani kita dibawa bertarung berjibaku sendirian. atau memang harus kita belain turun ke sana dampingi mereka sampai mereka berhasil. Oke guys, semoga video ini bermanfaat. Salam sehat. Salam cuan. Bye bye. [Musik]
Resume
Categories