Rakyat RI Makin MISKIN, PejabatNYA TAMBAH MEWAH! Mobil Dinas HAMPIR Rp1 M?!
ZGci3MwppY0 • 2025-06-30
Transcript preview
Open
Kind: captions
Language: id
Kalau lu punya hati, lu pikir, lu tahu
mobil mewah itu buat satu pejabat eselon
1 harganya 931 juta, lu bagi 8.000 perak
anggaran buat kasih makan satu mulut
anak Indonesia, lu dapat angka
Rp112.000.
Gila lu tuh. Lu gila emang.
Good News Indonesia, Guys. Kita dapat
data luar biasa. Kita dapat informasi
valid nih dari biro pusat skenario yang
ada di Kazakhstan menyatakan bahwa
pendapatan per kapita Indonesia itu
meningkat drastis loh di tahun 2024 aja.
Teman-teman tahu di 2023 rata-rata orang
Indonesia itu punya penghasilan 74,9
juta per tahunnya tetapi naik ke 2024
menjadi 78,6 juta setiap tahunnya. alias
rata-rata nih lulup pada yang ada di
rumah penghasilannya menurut BPS
diperkirakan sekitar 6,5 juta per bulan.
So, this is a good news buat kita semua
bahwa makin banyak orang kaya yang ada
di Indonesia karena kenaikan ya
pendapatan per kapita di Indonesia
artinya ada peningkatan kesejahteraan
rakyat Indonesia. So, ini adalah kabar
baik buat negara kita. Nah, lu sudah
tahu dong ciri-ciri negara Indonesia itu
kalau pendapatannya naik apa yang
terjadi? Ya, betul. Utangnya juga naik.
Ingat ya, hobi negara kita adalah
ngutang. Kalau enggak ngutang, pinjol.
Kalau enggak ikut judi online. Dan ini
ternyata sampai juga ke tingkat negara.
Karena apa? Di 2025 ini utang Indonesia
secara resmi sudah tembus di atas 9.000
triliun. Gila, Guys. Lebih tepatnya
R9.105
triliun. Padahal tahun lalu utang kita
cuman R8.600 triliun. Jadi luar biasa
sekali negara kita ini. Bukti bahwa
negara kita sangat kaya raya adalah
hutangnya terus bertambah. Luar biasa.
Makanya gua sangat aneh sekali ya
melihat orang Bank Dunia ya ahli ekonomi
internasional itu malah ketakutan.
Mereka malah bilang, "Eh, hati-hati lu
utang Indonesia naik." Artinya kan
bahaya. Loh, kok bahaya? Ya, dia bilang
kalau utang kita tambah banyak, artinya
beban bunga terhadap utang kita itu
bakal terus tinggi. Oh, benar juga ya.
Berarti kita enggak boleh senang dong
utang kita bertambah di atas 9.000
triliun. Apalagi kalau dilihat banyak
orang yang bilang enggak apa-apa orang
berdasarkan Undang-Undang Nomor 17 Tahun
2003 aja katanya Indonesia masih bisa
utang lagi sepanjang tidak lebih dari
60%
dari PDB kita. Artinya Indonesia masih
jauh karena hari ini posisi hutang kita
pun masih 39%
dari PDB. Apa iya? Teman-teman tahu ini
betul-betul mengerikan karena ternyata
kalau lu lihat ya banyak orang yang
bilang 60% dari PDB masih jauh. Lu lihat
dong Jepang di atas 100% dari PDB
hutangnya. Lu lihat dong Singapura di
atas 100% dari PDB hutangnya. Lihat dong
Amerika IO. Mereka semua bilang itu.
Yang mereka lupa adalah landasan
filosofis. Kenapa 60%. Landasan
filosofis kenapa utang itu dipatok 60%
dari PDB? Karena ada perjanjian di
Mastrick yang namanya Mastrick Trity di
Belanda yang mengatakan bahwa apa?
Negara-negara yang datang di sana ya itu
negara-negara majuah, negara Eropa Barat
mayoritas mereka berkomitmen supaya
stabilitas ekonomi dunia terjaga. Yuk
kita sesama negara-negara maju kita
bikin cap yuk. Kalau beban utang kita,
rasio utang terhadap PDB itu tidak lebih
dari 60%. Artinya di sini sudah tahu
dong mindsetnya adalah oke mindset 60%
itu bisa dipakai kalau kita itu member
dari negara-negara maju itu. Faktanya
tidak. Makanya gua sangat senang ketika
ada ekonom ya yang bilang Indonesia
enggak usah percaya itu 60%. Kita bahkan
harus lebih hati-hati lagi. Yang ideal
buat negara berkembang seperti kita itu
hanya di 40% rasio hutang kita terhadap
PDB kita. Nah, kenapa ini jadi penting?
Karena teman-teman tahu tahun ini Bank
Dunia memprediksi hutang kita, rasio
hutang di Indonesia terhadap PDB itu
akan tembus di atas 40% dan ini
berbahaya. Ingat loh, bayar hutang itu
pakai bunga. Kalau hutang kita tambah
banyak, bunga kita tambah banyak yang
harus kita bayar. Jadi kita sekarang
harus ketakutan, Guys. Karena hutang
kita makin banyak nih. Apa iya begitu?
Enggak juga, Guys. Tunggu dulu. Karena
kita bersyukur Indonesia dapat presiden
yang luar biasa, hebat, pintar, dan
cerdas. Namanya Presiden Prabowo yang lu
pilih, Presiden lu yang super cerdas itu
punya ambisi bagus buat bangsa ini.
Ketika dia terpilih jadi presiden, salah
satu hal pertama yang dia lakukan adalah
tanda tangan Indonesia join bricks yang
sepertinya bentar lagi bubar nih bricks.
Itu terus hubungan dengan ini apa? Salah
satu hal yang dia lakukan juga adalah
melakukan program efisiensi anggaran.
Ini brilian karena tahu ya Indonesia itu
kan korupsinya gila-gilaan, kebocoran
ada di mana-mana. So, ketika Presiden
Prabowo bilang dia mau lakukan
pengematan anggaran, gua sangat dukung,
gua sangat setuju. Apalagi
penghematannya luar biasa loh.
Diperkirakan targetnya penghematan R50
triliun di tahun 2025 ini. Ini sesuatu
hal yang luar biasa. Artinya, Presiden
kita sudah lihat bahwa kita harus sangat
hemat, sangat hati-hati di tengah era
ketidakpastian global ini. Sungguh
brilian Presiden kita ini. Eh, tapi
tunggu dulu, Guys. Ada yang aneh.
Kenapa? Soalnya menteri keuangan kita
Sri Mulyani, menteri favorit dulu adalah
menteri keuangan segala zaman. Siapapun
presidennya mulai dari SB, Jokowi,
Prabowa, menteri keuangannya pasti Sri
Mulyani. Menarik. Kenapa? Karena ketika
negara harus berhemat, ketika terjadi
krisis di mana-mana, Sri Mulyani,
Menteri Keuangan kita itu justru
mengeluarkan peraturan Menteri Keuangan
PMK nomor 32 tahun 2025 yang isinya
meningkatkan dan menambah anggaran buat
pejabat di negeri ini. Luar biasa pintar
ini orang nih. Negara lagi krisis, orang
miskin bertambah kata bank dunia sampai
60% tapi yang dilakukan apa? menambah
anggaran mobil dinas pejabat di
Indonesia. Teman-teman tahu sekarang di
Indonesia lu sebagai pejabat salon 1 lu
bisa dapat anggaran sampai 1 miliar loh.
Jadi hampir R miliar loh duit beli mobil
pejabat kita. Ini indikasi bahwa negara
kita sangat kaya raya. Hebat negara ini.
Ini luar biasa ya, Guys. Karena soalnya
di tahun 2024 ya, anggaran buat mobil
pejabat eselon 1 itu cuma R00-an juta.
Enggak nyampai R00 juta. Eh, di tahun
sekarang mau dibikin lagi anggaran yang
baru itu 900-an juta up gitu loh. Jadi
hampir R miliar. Kenapa ini sungguh
tragis, Guys? Lu tahu enggak sih di
Indonesia eh tunggu dulu pasti lu banyak
yang bacot nih lagi. Eh, Pak, kenapa
emangnya kalau pejabat naik mobilnya
miliaran? orang. Gua kemarin liburan ke
Jerman, pejabatnya naik mobil Mercy, S
class, harganya di atas 2 miliar. Di
Singapura pejabatnya ada yang naik seri
7 di atas 2 miliar. Tunggu dulu, Guys.
Gua mau kasih lu perhitungan yang logis.
Jangan lu dikit-dikit bandingin sama
negara kayak kayak tadi, rasio utang
PDB. Lu bandingin ke Jepang lah, ke
Singapura lah. Eh, ini pakai logika,
Guys. Indonesia menurut BPS, versi BPS
tadi di depan, pendapatan per kapita
kita adalah 78 juta per tahun. Kalau lu
bagi 12 bulan, artinya versi BPS rakyat
Indonesia penghasilannya itu di 6,5 juta
per bulan. Artinya kalau lu punya budget
buat beli kendaraan itu sampai Rp931
juta. R31 juta dibagi 6,5 juta per bulan
penghasilan rakyat Indonesia, artinya
dibutuhkan 143
gaji. Luar biasa, Guys. 143 bulan. Lu
harus kerja selama 143 bulan. Tidak
makan. tidak minum, tidak bayar listrik,
tidak pakai internet, dan lu juga enggak
boleh kencing. Karena kalau kencing lu
bayar, gaji lu berkurang. Lu enggak
boleh pakai buat apa-apa tuh 6,5 juta
per bulan kerja selama 143 bulan alias
hampir 12 tahun baru kebeli itu mobil
pejabat. Terus hubungannya apa?
Teman-teman tahu lu tadi kan bandingin
sama Singapura. Singapura mobil
pejabatnya eslon 1 itu BMW seri 7.
Harganya di atas 2,7 miliar. Tapi lu
tahu penghasilan rata-rata rakyat
Singapura, penghasilan per kapita mereka
per bulan itu setara 116 juta per bulan.
Yang artinya buat rakyat Singapura
normal pada umumnya buat beli mobil yang
sama dengan pejabat di sana, mereka cuma
butuh bekerja selama 23 bulan. Tragis.
Lu enggak bisa menganggap itu wajar? Ya,
di Singapura wajar rakyatnya kaya raya.
Lu kerja 23 bulan, lu bisa beli mobil
yang sama dengan pejabat itu. Di
Indonesia ternyata lu butuh waktu 143
bulan alias 12 tahun kerja baru bisa
beli barang yang sama. Lu enggak boleh
beli rumah ya, enggak boleh bayar uang,
uang kontrakan juga enggak boleh. Istri
lu melahirkan. Enggak boleh ke bidan lu
lahirin aja sendiri di rumah atau di
pinggir jalan. Itulah luar biasanya
negara kita. Gila, negara kita sekaya
itu ternyata, Guys. Sehingga pejabat
kita ini tidak ada hatinya sama sekali.
Mereka rela
hampir R miliar. Sementara rakyatnya
gajinya alah menurut BPS 6,5 juta per
bulan. Iya. Apa benar? Coba gua tanya
lu. Gaji lu nyampai 6,5 juta per bulan
versi BPS ini sedih enggak sih? Dan
tragisnya ya ini enggak sampai soal
mobil dinas doang loh. Pejabat di
Republik Indonesia masih dikasih
fasilitas lain, fasilitas mewah buat
mereka lakukan perjalanan dinas di dalam
negeri maupun di luar negeri. Jadi buat
teman-teman asal tahu aja ya menurut
Menteri Keuangan kita yang luar biasa
cerdas, pintar, brilian ini biaya
penginapan di dalam negeri buat pejabat
menteri dan eselon 1 dikasih budget
sampai 9,3 juta per malam. Gila, 9,3
juta per malam. Masih banyak orang
Indonesia yang tinggal di bawah kolong
jembatan, tapi pejabatnya berhak tidur
di hotel harga R9,3 juta per malam.
Bukan hanya itu, mereka juga bisa dapat
tiket pesawat pulang pergi. Kalau kelas
ekonomi maksimal 11,4 juta harga
tiketnya. Kalau kelas bisnis maksimal 22
juta harga tiketnya. Mereka juga dapat
duit lagi kalau mereka jalan-jalan
transportasi di dalam negeri.
Anggarannya itu sampai R62.000,
Guys. Dan mereka dapat lagi uang harian.
Kalau melakukan jalan-jalan dalam
negeri, mereka perlu beli snack dong,
perlu beli oleh-oleh dong, perlu duit
buat haha hihi dong. Jadi mereka dapat
uang harian lagi nih, Guys. Rp580.000
per hari. Bukan cuman itu doang, mereka
dapat lagi. Ada namanya uang
representasi. Ini gua juga enggak tahu,
Guys, representasi maksudnya apa ya?
kayaknya bukan anggota DPR nih, tapi
mereka terima uang representasi dalam
negeri sampai Rp250.000
per harinya. Gila, Guys. Mau lebih gila
lagi? Tunggu dulu. Masih ada yang lebih
gila lagi. Lu welcome to negara gila
Kazakhstan. Mereka dapat lagi duit buat
perjalanan dinas luar negeri yang
jumlahnya ngacau luar biasa, Guys.
Mereka bisa beli tiket pesawat dikasih
anggaran. Kalau lu kelas ekonomi, tiket
PP lu bisa sampai 198 juta per orang.
kelas bisnis sampai 250 juta per orang,
kelas eksekutif sampai Rp378
juta per orang. Ini betul-betul kabar
yang sangat luar biasa. Betul-betul
pertanda bahwa negara kita itu sudah
Guys. Guys, tunggu dulu nih, Guys.
Tunggu dulu, Guys. Ada berita yang
sangat-sangat gawat. Lu tahu dunia
sedang tidak baik-baik saja. Mulai dari
perang di Yemen, di Selat Hormus,
kabarnya mau ditutup. Iran lagi perang
dengan Israel dan masih belum kelar loh
perang yang antara Rusia dengan Ukraina.
Wah, dunia tambah kacau nih. Dan bukan
cuma itu doang loh, negara-negara juga
sekarang berada dalam krisis. Inflasi
tinggi di mana-mana. Kebijakan fiskal di
Amerika Serikat makin enggak jelas.
Negara Indonesia utangnya makin banyak,
bukan makin berkurang. Dan harga minyak,
bakal makin tinggi lagi, Guys. Ini bisa
melemahkan posisi rupiah. Jadi, begitu
banyak potensi krisis nih di dunia kita.
Nah, sebagai investor yang cerdas, Guys,
lu harus mengambil keputusan investasi
yang tepat. Dan kalau lu bingung dengan
apa yang terjadi di dunia ini, gak usah
khawatir. Karena kita ada komunitas
khusus buat investor saham yang namanya
Benix Investor Group. Karena di tengah
perkara yang terjadi, kita bukannya
tambah rugi tapi malah cuan besar, Guys.
Lu tahu kemarin kita baru bikin video
komunitas sama Benix pergi ke perusahaan
sawit yang ada di Belitung. Hari ini
sahamnya udah naik 140%. Di awal tahun
ini komunitas saham Benix, Benix
Investor Group udah datang lagi ke
pelabuhan. Di sana kita ketemu
perusahaan emiten parkiran berhubungan
dengan mobil listrik. Hari ini mungkin
sahamnya udah di atas 50% dan kita juga
melihat ada begitu banyak loh perusahaan
di Indonesia yang bisa kasih kita cuan
lebih tinggi lagi. So, teman-teman
tunggu apaagi nih? Di tengah era yang
penuh ketidakpastian dibanding duit lu
habis kena inflasi, lebih baik lu jadi
investor saham. Dan kalau lu bingung
dengan dunia saham, jangan ke mana-mana,
langsung aja daftar di komunitas saham
Benix Investor Group. Karena kalau lu
punya komunitas saham, lu punya teman
diskusi. Kita di sini banyak sharing
tentang perusahaan-perusahaan yang
bagus, pilihan investasi yang ada di
Indonesia. Apalagi teman-teman di sini
juga bisa dapat fasilitas loh akses ke
direktur-direktur perusahaan emiten yang
ada di IASG. Kita juga datang loh ke
lokasinya. Jadi teman-teman enggak beli
kucing dalam karung karena teman-teman
bisa datang site visit langsung lihat
lokasi usahanya. So, tunggu apaagi,
Guys? Segera daftarkan dirimu sekarang
juga di Benix Investor Group di
www.benix.id ID atau di nomor WhatsApp
yang ada di bawah ini. Dan lu harus
segera daftar karena di tanggal 30 Juni
ini harga naik dari Rp40 juta ke R juta
per tahun. Rp50 juta per tahun itu cuman
setara R jutaan lah per bulannya. So,
tunggu apaagi, Guys. Sampai ketemu di
komunitas saham BENX. Betul-betul
pertanda bahwa negara kita itu sudah
gemari palinawi, Guys. Sudah sejahtera
dari ujung barat sampai ujung timur.
Sudah jauh lebih kaya raya dibanding
negara Singapura. Karena negara miskin
Singapura pejabatnya kalau pergi ke luar
negeri, kalau pergi traveling, kalau
naik pesawat enggak boleh lu pakaian
pesawat jet pribadi enggak boleh. Lu
harus pakai pesawat jet komersil seperti
manusia normal pada umumnya, seperti
rakyat Singapura pada umumnya. Mayoritas
rakyat Singapura kalau traveling naik
pesawat cuma bisa naik kelas ekonomi,
naik Scut Airlines, naik SQ, ya udah
naik. normal seperti rakyat jelata pada
umum yang ada di Singapura karena negara
mereka negara miskin. Makanya jangan
kaget ketika kemudian kemarin ada berita
beredar perdana menteri Singapura yang
namanya Lawrence Wong tertangkap kamera
melakukan tindakan tercela dan memalukan
najis menjijikan. Seorang nomor satu di
Singapura naik pesawat kelas ekonomi,
Sco airlines. Kasihan nih lihat negara
nih miskin banget. Perdana menterinya,
pejabatnya yang nomor satu sampai harus
jalan-jalan naik kelas ekonomi. Pesawat
murah skota Airlines di Indonesia ya
setara lion Air lah masih lah. Jadi gila
ya betul-betul kita ini negara yang
super kaya loh. Sampai gua tragis gua
menangis gua melihat perdana menteri
Wong jalan-jalan naik pesawat di kelas
miskin kayak begini.
Lebih tragis lagi ketika gua melihat
anggaran mereka, Guys. Jadi kita buka
nih anggaran perjalanan dinas di
Singapura. Teman-teman tahu di Singapura
biaya hotel buat pejabat senior di
Singapura menginap di hotel maksimal
berapa? Maksimal Rp4,2 juta loh satu
malam. Di negara Indonesia nginp di
hotel bisa sampai 9,3 juta per malam.
Gila. Gila banget, Guys. Hebat nih
Menteri Keuangan kita ini memang super
brilian, super cerdas loh. Penghematan
anggaran itu jadi kayak tong sampah.
Luar biasa negara ini. Lu tahu enggak
sih di negara terkaya di Eropa Barat
yang namanya Jerman, begitu miskinnya
mereka kalau pejabatnya jalan-jalan.
Biaya buat bayar hotel per malamnya
maksimal cuman Rp2,3 juta.
Indonesia sekali lagi per malam bisa
sampai 9,3 juta.
Weh, hebat banget Indonesia ini. Kaya
raya banget. Lu bandingin lagi sama
Amerika Serikat. Lu kan hobinya
bandingin sama negara maju kan. Karena
negara maju boleh utang sampai 60% dari
PDB. Indonesia juga berhak dong
gaya-gayaan sampai mereka pakai hotel
mahal kayak mereka. Apa iya? Lu tahu
Amerika Serikat kalau lu nginp di hotel
sebagai pejabat di Amerika Serikat itu
sudah dikasih budget maksimal 4,1 juta
per malamnya. Di Indonesia berapa?
Maksimal Rp9,3 juta. Kaya raya banget
negara kita. Gila. Amerika juga kalah,
Bro. Dan mereka dapat juga loh tiket
pesawat kelas bisnis domestik. Tapi
dikasih standar maksimal berapa? Rp15
juta kalau mereka terbang naik pesawat.
Kalau lebih dari itu, lu bayar sendiri,
pakai duit lu sendiri lah. Di Indonesia
berapa buat tiket pesawat di dalam
negeri anggarannya itu bisa sampai 22
juta, Guys. Ngeri enggak? Lebih ajaib
lagi ya negara samurai yang namanya
Jepang itu kalau lu sebagai pejabat desa
nginp di hotel, lu itu maksimal bayar
hotel tuh Rp20.000 yen per malamnya atau
rupiahnya sekitar 2,1 juta. Lu bayangin
lu adalah pejabat di Jepang itu enggak
enak, Guys. Lu cuma dikasih anggaran
Rp2.000. R000 yen per malam itu setara
Rp2 juta. Di Indonesia sekali lagi lebih
enak di Indonesia negara super kaya
Indonesia yang utangnya di atas R9.000
triliun itu pejabatnya bisa nginp sampai
9,3 juta per malam. Gila banget. Gila
banget. Luar biasa ya. Ini bukti bahwa
uang pajak yang lu bayar itu
dipergunakan dengan baik, dipergunakan
dengan bijak untuk memperkaya
pejabat-pejabat ini supaya mereka jangan
sampai traveling naik mikrolet. Nanti
pantatnya bisulan. Mereka harus
traveling naik kursi kulit yang super
nyaman, enggak boleh kedinginan, enggak
boleh kehujanan. Kasih mereka mobil
mewah yang super mahal, yang rakyat
Indonesia sendiri mayoritas tidak bisa
beli mobil itu. Boro-boro mereka mau
bayar cicilan motor aja enggak bisa,
cicilan mobil aja enggak sanggup. Tapi
pejabatnya tentu saja harus dihormati.
Mereka berhak naik mobil sampai hampir R
miliar loh harganya. Gila enggak? Kenapa
ini gila, Guys? Teman-teman tahu di
Indonesia itu nonperforming loan ya buat
kredit kendaraan bermotor itu aduh naik
terus loh NPL di kredit kendaraan
bermotor di Februari 2025 itu sudah naik
menjadi
sebelumnya di 2024 itu cuman 2,01%
artinya di sini terjadi peningkatan
orang yang gagal bayar lebih ekstrem
lagi orang yang NPL di kredit pemilikan
rumah atau KPR
Tahun 2024 itu 2,5% yang gagal bayar.
Masuk 2025 NPL-nya naik ke 2,94%.
Semua pada naik. Kartu kredit NPL
Februari 2024 1,73%.
Di 2025 Februari bulan yang sama sudah
naik menjadi 2%. Jadi guys ini indikasi
bahwa aduh luar biasa ya program
penghematan anggaran itu. Gua sangat
setuju sama Presiden Prabowo. Tapi kok
tidak dilaksukukan ya praktiknya? Kok
ternyata bukannya tambah hemat tapi
tambah boros. Tapi yang lebih tragis,
Guys, tadi kan gua udah bilang mereka
ini juga dapat uang harian. Setiap hari
mereka dapat duit Rp580.000
per harinya pejabat-pejabat kita. Dan
teman-teman tahu ya, Indonesia itu masih
banyak anak stunting. Tapi sekali lagi
Indonesia beruntung karena datang juru
selamat namanya Presiden Prabowo dengan
program makanan bergizi gratis buat
anak-anak kita yang kekurangan gizi itu.
Luar biasa sekali. Mereka dikasih
makanan siang bergizi gratis dengan
budget Rp10.000 R000 per anak. Eh,
tunggu dulu. Ternyata budgetnya itu kena
potong lagi nih, kena sunat. Karena kita
harus berhemat ya, efisiensi anggaran
dari 10.000 turun lagi sekarang jadi
8.000 perak per porsi. Dan kenapa ini
tragis? Ketika anak-anak di Indonesia
cuman bisa dapat makanan bergizi dengan
harga Rp8.000 R.000 per kepala, pejabat
kita malah dapat mobil yang harganya
hampir R miliar ini.
Dan kalau lu masih punya hati nurani, lu
tahu enggak kenapa ini tragis?
Teman-teman tahu di Indonesia masih
banyak anak yang stunting,
anak-anak miskin boro-boro makan tiga
kali sehari, makan satu kali sehari udah
syukur. So, gua sangat senang ketika
Presiden Prabowo bilang apa? Hei, ayo
kita kasih mereka makanan bergizi gratis
karena mereka ini masa depan Indonesia.
Masa depan bangsa Indonesia ada di
anak-anak ini. Ayo kita kasih mereka
makanan bergizi gratis. Budgetnya
berapa? Rp10.000 per bocil. Eh, tunggu
dulu. Sekarang sudah disunat nih. Kan
ada efisiensi anggaran. Sekarang turun
jadi Rp8.000
per bocil. Bocah-bocah ini dikasih
budget supaya sehat, supaya pintar. Masa
depan kita ada di mereka dikasih
anggaran Rp8.000 per anak. Jadi mereka
disunat anggarannya. Tapi konyolnya
pejabat Indonesia mobil mewahnya malah
dinaikin anggarannya dari 800 jutaan ke
900 jutaan hampir R miliar. Gila.
Kalau lu punya hati lu pikir lu tahu
mobil mewah itu buat satu pejabat eselon
1 harganya Rp931
juta, lu bagi 8.000 perak anggaran buat
kasih makan satu mulut anak Indonesia,
lu dapat angka Rp112.000.
Gila lu itu. Lu gila emang. Emang bangsa
ini hancur. Udah hancur
sehancur-hancurnya. 112.000 anak bisa
dikasih makan. Lu tahu di Indonesia ada
berapa pejabat eselon 1 yang berhak
menikmati mobil miliaran itu? Ada 712
orang. Lu kali 931
juta per orang lu bisa dapat Rp662
miliar, Guys. Lu bagi itu 8.000 R.000
perak, lu bisa kasih makan 82,8
juta anak Indonesia. Gila,
2 juta mulut bisa dikasih makan. Tapi
dia lebih pilih pantat pejabat itu harus
nyaman di mobil mewah, harus nyaman kena
AC sehingga biarkan rakyat kita mati
kelaparan. Biarkan set
gila lu gila.
Gua jiji lihat hal kayak gini, Guys.
Negara apa ini? Enggak ada otak. Apa
maksudnya? Hah? Kecewa gua. Justru
kecewa, Guys. Kecewa, Guys. Jujur aja,
Guys. Menurut lu masuk akal enggak? Kok
bisa negara bikin program beli mobil
baru? Katanya hutang tambah banyak.
Katanya kita harus berhemat. Katanya
anak-anak kecil miskin harus kita
berdayakan. Kasih makanan bergizi,
budgetnya dipotong, pejabatnya dinaikin.
Kok kayak begini? Mereka marah happy. Di
sini kita bisa tahu negara kita ini
negara yang hobinya memperkaya
pejabatnya.
Aduh, padahal lu tahu mereka dapat
fasilitas itu duitnya dari mana. Lu tahu
kan negara kita hutangnya banyak.
Berarti mereka itu terima duit, beli
mobil mewah pakai utang. Gila, bukan
pakai duit sendiri, pakai utang. Terus
yang suruh bayar utang, beli mobil mewah
siapa? Ya, anak cucu lu kan. Anak cucu
lu nanti belanja ke toko bayar pajak,
beli baju bayar pajak, kerja di kantor
bayar pajak. Supaya apa? Supaya bisa
bayar utang. Enggak. Supaya bisa tambah
kaya pejabat-pejabat ini kan sedih
banget sih. Gila lu. Menurut data Bank
Dunia, masyarakat miskin di Indonesia
itu sampai 60,3%.
Ngeri loh ini. Ngeri. Kok bisa-bisanya
justru malah meningkatkan kesejahteraan
pejabat. Kok itu solusi bangsa ini luar
biasa. Hebat. Jiji gua dengarnya. Asli
jiji gua. Memang betul kalau orang-orang
bilang kabur aja dulu. Kabur aja dulu ke
Singapura, kabur aja dulu ke Malaysia.
Kabur aja dulu ke luar negeri. Apa iya
kita pengin makin banyak orang kita
pindah ke sana. Orang-orang pintar di
Indonesia tidak dihargai pindah ke sana.
Apa iya seperti itu? Ini betul-betul
mengerikan, Guys. Menurut lu ini udah
benar belum sih kok menteri kita bikin
program seperti ini? Lu ini benar enggak
sih? Ini waras enggak? Coba sih,
Teman-teman, apakah ini contoh
penggunaan anggaran negara saat ini
sudah efisien? Kok kayaknya beda ya? Apa
yang dikatakan presiden kita harus
berhemat? Terus apa yang dilakukan
menteri? Kok kayaknya beda ya, Guys ya?
atau gue yang rabun jauh nih, enggak
bisa baca tulis nih sehingga enggak bisa
lihat kok fakta dengan yang dikatakan
jadi beda nih. Apa yang terjadi ya di
republik ini? Kok ada miskomunikasi ya?
Dan gua juga masih enggak masuk akal
ketika mayoritas rakyat Indonesia ini
data BPS loh yang bilang gajinya cuma 6
jutaan 6 jutaan sebulan cuma dikasih
tontonan pejabatnya naik mobil harga
miliaran. Gila. Enggak ada hati
betul-betul sadis bangsa ini. Sadis.
Menurut lu gimana, Guys? Ini normal
enggak? Ini benar enggak? Ini sehat
enggak sih? Apa sih pengelola negara
model apa ini? Atau jangan-jangan memang
Singapura aja yang kebangetan. Kok
Singapura bisa-bisanya naik pesawat
murah? Pejabat-pejabat mereka. Kok
pejabat di Jerman, di Belanda kok
bisa-bisanya kalau pergi ke kantor cuma
naik sepeda? Apakah negara mereka bukti
negara mereka super miskin atau
jangan-jangan negara kita aja yang
kebanyakan munafik? Bilang anti korupsi,
bilang jangan mencuri, bilang harus
hidup hemat, harus hidup sederhana.
Faktanya begitu dia jadi pejabat rakus
semua. Rakus, Guys. Apa betul begitu?
Dan ini lu bisa bayangkan ya, kalau ini
terus-menerus terjadi tahun ini, tahun
depan, 5 tahun lagi, 10 tahun lagi, 20
tahun lagi, apa yang terjadi? Gua sih
percaya ya dengan omongan salah satu
pejabat di negeri ini bahwa Indonesia
2030 jangan-jangan bubar beneran karena
orang udah bisa lihat ini enggak masuk
akal. Negara kita bukan di level yang
bisa beli mobil mewah buat para
pejabatnya selama masih banyak orang
mati kelaparan. Gila gila guys, gua udah
sedih banget hasil lihat ini guys. So,
ya udahlah ya guys ya dibanding gua mati
darah tinggi, gua tanya sama lu aja deh.
Lu setuju apa enggak sama menteri segala
abad, menteri paling pintar, brilian di
republik ini? Siapapun presidennya, dia
adalah menterinya untuk meningkatkan
fasilitas pantat pejabat harus semakin
mulus, semakin nyaman dengan
meningkatkan anggaran-anggaran
perjalanan dinas mereka, anggaran mobil
dinas mereka, anggaran uang jajan
mereka. Lu setuju enggak dengan itu?
Atau jangan-jangan memang ya mayoritas
orang Indonesia setuju yang namanya juga
pejabat ini kan bangsa feodal. Yang
namanya feodalisme itu nyata. Pejabat
itu harus happy, kaya raya, gendut,
makmur. Rakyat, rakyat mah apa? Cuma
buat dipanen. Lu itu cuma bahan panenan,
lu. Cuma jadi makanan. Apa iya begitu
ya? Lu setuju enggak dengan itu? atau
sebaliknya ya harusnya kita justru lebih
rendah ya kita harusnya lebih sederhana
ya dibandingkan Singapura dibandingkan
Belanda. Menurut lu gimana? Menurut lu
yang logis gimana sih? Ini dunia kayak
kebolak-balik. Gua jadi bingung nih
sebetulnya kalau punya akal sehat logika
yang waras seharusnya jangan-jangan
kalau pejabat Singapura aja bolehnya
naik naik pesawat kelas ekonomi.
Jangan-jangan kalau pejabat di level
negara Indonesia bolehnya naik becak. Ya
begitu ya, Guys. Gua enggak tahu ya. Gua
betul-betul absurd ini. Ini dunia ini
sangat-sangat absurd, Guys. Gua aneh nih
negara. Gimana menurut lu? Dan buat
teman-teman ya sebagai investor ya, ini
adalah indikator buruk atau indikator
yang baik? Karena kita investor ya. Lu
harus lihat makroekonomi kita
pengelolaannya seperti ini. Ini
mengindikasikan ya ekonomi kita dalam 5
tahun ke depan itu baik-baik saja atau
justru mengkhawatirkan nih kalau
pengelolaan anggarannya seperti ini.
Menurut lu gimana? Oke guys, ditunggu
ya. Masukan kalian seperti apa,
tanggapan kalian, pendapat kalian
seperti apa? Jangan lupa like, share,
and comment video ini. Jangan lupa
subscribe YouTube channel Benix. Salam
sehat, salam cuan. Bye bye.
[Musik]
Resume
Read
file updated 2026-02-12 02:06:34 UTC
Categories
Manage