DO THE DEMANDS OF THE 17+8 DEMO REPRESENT THE 280 MILLION INDONESIAN PEOPLE?
3pCcLodGzP4 • 2025-09-03
Transcript preview
Open
Kind: captions Language: id Saya Benix dengan ini menyatakan dukacita yang sebesar-besarnya yang sedalam-dalamnya atas gugurnya saudara sebangsa setanah air kita Afan Kurniawan, 21 tahun dari Jakarta. Sarinawati 25 tahun dari Makassar. Syaiful Akbar 43 tahun dari Makassar. Muhammad Akbar Basri 28 tahun dari Makassar. Rusdam Diansyah 21 tahun dari Makassar. Sumari 60 tahun dari Solo. Reza Sandi Pratama dari Yogyakarta. Total sudah ada tujuh jiwa yang melayang, mati tragis dalam proses demonstrasi ini. Dan mereka menyuarakannya suara hati rakyat. Jeritannya melihat para pejabat kita yang semena-mena yang menindas dan suka melecehkan rakyatnya sendiri. Semoga ini adalah peristiwa tragis yang terakhir, tidak terulang lagi dan mari kita sama-sama berdoa ya supaya Indonesia sistem demokrasinya bisa menjadi lebih baik lagi. Aksi demonstrasi besar-besaran di depan gedung DPR RI hari ini, Senin, 25 Agustus 2025 berdampak langsung pada jalannya rapat dengan Pendapat umum Komisi 1 DPR. [Musik] Halo, Guys. Jadi kita mau komentarin soal banyak yang salah kapra ya di kolom komentar ini tentang gaji guru minta naik, gaji ojol minta naik, gaji PNS minta naik, semua pada minta naik gaji lah. Intinya dari salah satu dari tuntutan itu adalah penambahan gaji. Dan banyak orang yang salah kapra ketika gua bilang, "Lu hati-hati dengan permintaan lu itu." Kenapa? Kalau gua adalah presiden yang jahat, gua adalah presiden yang tidak bijaksana, gua akan iakan permintaanmu. Serius langsung gua iakan saat itu juga. Kenapa gua akan naiakan? Karena ketika lu ngomong soal gaji segala macam, lu mau naik berapa kali lipat? 5 kali lipat, 10 kali lipat, 200 kali lipat, enggak ada masalah. Kalau presidennya jahat, dia akan iakan itu supaya lu senang. Karena yang pertama kalau lu minta naik gaji, penghasilan lu berlipat-lipat, negara mau kasih, kasih aja. Toh bukan duit gua, toh bukan duit presiden, itu kan duit negara. Teman-teman happy. Oh, dapat nih gajinya dari R juta minta naik jadi 14 juta. Happy enggak? Happy. Tapi lu harus pikir duitnya itu duit dari mana? Apa iya turun dari langit? No. Duit dari negara. Negara bayar gaji lu naik 2* 4 14 juta, lu happy. Tapi negara duitnya dari mana? Dia naikin pajak karena penghasilan kita paling besar ya dari pajak. Jadi teman-teman yang tidak terpuaskan, yang tidak bagian dari demonstrasi ya harus siap-siap pajak lu bakal dinaikin. Tapi sebagai presiden yang jahat, dia akan iyakan keinginanmu. Terus gimana kalau seandainya duit pajaknya enggak ada? Enggak cukup. Apakah masalah? Enggak juga. Tinggal cetak duit. nge-print out of the blue, cetak duit, naik gaji lu semua, penghasilan lu semua. Yang lu harus tahu ketika naik gaji lu, artinya apa? terjadi peningkatan suplly duit di market, peningkatan gaji lu yang tidak disertai ya dengan kenaikan produktivitas, kenaikan value. Padahal kerjaannya sama aja tapi lu berharap pembayaran untuk pekerjaan yang sama itu dihargai lebih mahal tanpa disertai kenaikan value. Maka yang terjadi adalah inflasi. So, lu minta naik gaji dua kali lipat. Gua kasih loh. Gua sebagai presiden yang jahat dan kejam. Gua akan kasih lu minta yang R juta, gua kasih 14 juta. And then lu happy. Ha hi hahi. Gaji lu merasa enak. Lu ganti handphone baru, ganti laptop baru. Tapi satu hal yang lu lupa. Begitu gaji lu naik dan semua orang menikmati itu, apa yang terjadi? Inflasi besar. Terjadi enggak terjadi? Teman-teman tahu harga Honda Beat 20 tahun yang lalu itu motor paling murah di Honda itu eh ada Supra X ya tahun yang lalu kita ngomong tahun 2005 berarti. Tapi yang paling murah adalah Honda Beat. Honda Beat seingat gua zaman itu ada dua versi. Henda Beat FI pakai rem cakram terus Honda Beat rem tromol. Harganya berapa? Rp10 juta, Guys. Hari ini kalau lu lihat motor Honda Beat adalah motor paling murah juga di Honda. Harganya sudah 18,5 juta. So, lu bisa lihat kenaikannya itu hampir dua kali lipat. Motor yang sama. Apakah teknologinya tambah canggih? Enggak. Apakah motor Honda Beat setelah 20 tahun bisa terbang? Enggak. Tetap aja bannya tetap dua. Kalau lu jalan ditabrak truk, tetap mati lu. Enggak ada airbag atau enggak ada perlindungan. Enggak ada upgrade teknologi, barang yang sama, tidak ada upgrade yang signifikan, tapi lu bayar hampir dua kali lipat, Guys. Itu yang namanya inflasi. Jadi kalau presiden yang tidak bijaksana, Presiden yang kejam dan zalim, dia akan iya-yain aja enggak ada masalah. Toh duit bukan duit gua. Duit bakal gua tarik juga nanti dari pajak atau kalau enggak cukup cetak duit. Tapi yang menderita sengsara setelah kenaikan gaji yang besar-besaran tanpa disertai oleh output yang bertambah, apa yang terjadi? Ya, inflasi itu. Dan inflasi itu jauh lebih membunuh dibandingkan pajak, Guys. Kenapa jauh lebih membunuh? Karena kalau pajak ya, pajak itu harus ada keterlibatan banyak pihak. Anggota parlemen, Dtr, kementerian terkait. Jadi, enggak gampang gitu kalau mau naikin pajak. Tapi kalau naikin inflasi gampang, tinggal cetak duit. Enggak perlu meeting-meeting sama anggota DPR, cetak duit aja, ngutang selesai. Tapi yang jadi korbannya lu semua seantero Indonesia hari ini sudah nikmati belum? Nikmati. Harga bahan pangan naik, pendidikan naik, mau beli rumah harga naik, semua naik. Itulah namanya inflasi. Jadi yang gua mau bilang adalah percuma lu minta gaji karyawan naik tiga kali lipat, gaji guru naik 5 kali lipat, gaji apa buruh, gaji ojol naik 10 kali lipat. Kasih kasih coba. Tapi biaya hidup lu naik 20 kali lipat. Enggak ada artinya itu. Good news, Guys. Kabar spesial buat kalian karena sekolah Sambenix season 8 akan segera dibuka dan temanya luar biasa menarik nih. Khusus buat teman-teman investor pemula di IASG yang bingung cara beli saham, investasi, dan bisnis apa yang menarik. Kita akan membahas tentang mineral berharga dengan lebih detail lagi. So, buat kamu yang masih bingung gimana sih cara beli saham di ISG, gimana sih caranya profit di ISG, kamu bisa pakai kalkulator investasi yang ada di www.skolasahambenix.com. pakai di situ, tentukan target investasi kamu dan kamu bisa lihat bagaimana caranya kamu bisa mendulang cuan di ISG. So, buat kamu yang belum bergabung di season sebelumnya, ini kesempatan langka buat segera bergabung. Dari yang harganya R jutaan, sekarang tinggal R jutaan saja. Ingat ya, khusus 25 orang pertama yang mendaftar. Segera daftarkan dirimu sekarang juga di www.sekkolashambenix.com atau hubungi nomor WhatsApp yang ada di bawah ini. Tapi kalau presiden yang jahat, dia akan gampang mengiakan keinginan lu karena dia tinggal cetak duit, inflasi besar-besaran. Tapi yang penting apa? Keinginan lu terpenuhi, dahaga lu terpenuhi tanpa pinggir panjang ya. Karena golnya kan cuma gol jangka pendek. Di gua sebagai presiden, kenapa gua akan iyakan? Supaya gua populer. Nanti pemilu gua terpilih lagi. Toh ketika gua naikin gaji lu, inflasi enggak langsung berdampak secepat kilat. Hari ini cetak duit, besok harga naik. Enggak. Enggak. Setelah cukup lama ya hitungan bulan atau tahun baru kelihatan inflasinya. Belum waktu. Iya. Tapi gak apa-apa yang penting gua terpilih lagi. Lu perlu apa? Bansos gua kasih bansos lu perlu apa? PlayStation 5 gua kasih R juta PlayStation 5. Enggak ada masalah satu PlayStation 5 berapa sih harganya Sony PlayStation? Paling Rp15 juta ya kali sejuta paling 15 triliun. Bagi enggak apa-apa biar Genj senang nanti pemilu gua dicoblos. Dan tentunya terima kasih kepada seluruh tim kampanye nasional Prabowo Gibran yang telah bekerja keras men-support penuh Bapak Prabowo Subianto dan juga Mas Gibran. Ngeri populer. Iya. Menyenangkan dahaga lu. Iya. Tapi hanya demi menyenangkan segelintir orang yang sebetulnya tidak mewakili 280 juta orang juga dampak kenaikan inflasi yang sangat membunuh itu. Lu bisa lihat sendiri ya, harga beras naik tinggi, harga makanan naik tinggi, semuanya itu adalah dampak inflasi. yang jadi korban ternyata 280 juta manusia. Itu dampaknya parah, Guys. So, kalau dibilang gua adalah presiden yang tidak bijak, gua akan iakan keinginan lu naik gaji lu dua kali, 3 kali, 10 kali lipat pun enggak ada masalah. Toh nanti yang bayar itu apa? Lu sendiri. Lewat jalur apa? Either pajak atau lewat inflasi. Simpel enggak? Jadi, buat teman-teman lu hati-hati tuh dengan narasi-narasi begitu yang enggak pakai otak ya. Seolah-olah lu segampang itu. Karena sekali lagi gua udah bilang banyak contoh studi kasus negara-negara itu collaps ya. Bukan karena diserbu sama tentara dari negara lain. Enggak. Banyak kasus negara dinasti imperium Romawi pun bubar gara-gara inflasi. Inflasi yang terlalu tinggi. Nah, Indonesia ini masuk ke detik-detik yang mencengangkan itu. Kenapa? Karena ya posisi keuangan kita enggak bagus, penerimaan pajak kita berkurang dan penerimaan negara bukan pajak kita ya tadi royalti segala macam bukannya nambah juga tambah berkurang karena tambang kita banyak diserang sementara negara harus bayar bunga utang tahun ini 550 triliun duit dari mana cetak hutang lagi. Karena apa? Lu minta naik gaji ya udah dikabulkan keinginan lu biar lu happy dalam jangka pendek. Everybody is happy. Gua juga happy. Lu coblos gua lagi dong karena lu happy. Lu terima bansos dari gua, lu terima makan gratis dari gua. Lu terima pendidikan gratis semua gratisin semua gratis tis yang mending gua kepilih lagi kalau tidak bijak. Jadi lu hati-hati be careful with what you wish is for. Lu betul-betul harus hati-hati dengan permintaan itu. Ya, bukannya gua tidak setuju dengan peningkatan kesejahteraan, tapi bukan itu yang sebaiknya lu minta. Yang sebaiknya lu minta adalah harga, bahan pokok, ketersediaan yang melimpah. Lu mau barang-barang pokok itu tersedia dan terjangkau. Itu yang penting. Jadi tuntutannya bukan soal gaji lu naik 10 kali lipat. Enggak ada artinya gaji lu naik 10 kali lipat. Tapi harga kebutuhan hidup naik 20 kali lipat, harga listrik naik 20 kali lipat, harga bensin naik 20 kali lipat. Enggak ada artinya gaji lu naik 10 kali lipat. Nyambung enggak sih lu yang gua mau bilang? Tapi udahlah haters gua banyak banget. Tapi faktanya adalah yang jauh lebih penting lu minta adalah tadi ketersediaan dan keterjangkauan affordability itu yang lu harus minta dan itu bisa enggak diwujudkan? Bisa kalau ya tadi yang paling penting ya negara ini dikelola secara profesional dan bebas dari korupsi. Makanya sekali lagi yang gua minta apa? Penegakan hukum. Korupsi dihukum mati lu. Korupsi lu dihukum mati. Selesai. Itu penting. Bukan perihal naikin gaji lu dua kali lipat 3 kali. Itu gampang banget guys. Tinggal diain selesai. Enggak ribet percayalah. Tapi yang jadi korban 280 juta rakyat Indonesia yang 3 tahun lagi akan makin sengsara karena harga-harga melambung tinggi. Inflasi sedih dan ngeri, Guys. Inflasi itu adalah pajak yang tak terlihat. Inflasi itu adalah pencurian yang ada di depan mata lu. Tapi karena seizin lu juga. Tapi lu enggak bisa lakukan apapun karena inflasi yang bikin enggak ada undang-undang inflasi atau apa. Enggak ada. Enggak ada. Orang tinggal cetak duit, negara tinggal ngutang lagi. So, teman-teman hati-hati sekali lagi gua bilang ya jauh lebih penting buat lu kalau lu ngerti makroekonomi. Gua harap lu ngerti apa yang gua bilang. Perkara mudah gaji PNS naik Rp1 juta, Rp2 juta, Rp5 juta, R juta. Perkara mudah, Guys. Perkara mudah. Kalau presidennya jahat dan tidak bijaksana, dia akan iyakan itu. Tapi kalau dia bijaksana, dia tidak akan lakukan itu. Jauh lebih bagus kalau lu tadi minta apa? Ketersediaan, bahan-bahan keperluan hidup lu, listrik, bahan bakar, tempat tinggal, makanan, sembakau supaya tersedia dan terjangkau. Salah satunya dengan cara apa? Simpel. Lu kan hobi makan martabak, bahan dasarnya tepung terigu. Lu hobinya makan tempe goreng, bahan dasarnya kacang kedelai. Dua-duanya impor dari Amerika. Sekarang pajaknya 0%. Seharusnya harganya turun atau naik? Ya, harganya turun. Panen raya suasembada pangan harusnya apa ya? Berarti suplly meningkat. Seharusnya harganya turun tapi memang misman di mana-mana negara ini. Justru ketika suasada beras harga beras malah naik. Hebat ya. Emang Indonesia ini sukanya mengecewakan ya. mengecewakan orang yang optimis juga mengecewakan orang yang pesimis, Guys. Jadi betul-betul absurd, Guys, negara ini. Tapi sekali lagi buat Teman-teman yang demonstrasi, yang minta tuntutan, lebih bijaklah sama yang lu minta. Karena itu lu cuman minta sesuatu yang hanya akan menciptakan bom waktu dalam jangka panjang. Jadi, pikirkan nasib bangsa ini. Bukan golongan lu sendiri, lu golongan ojol, lu cuma mementingkan kepentingan ojol lu sendiri. Enggak. Atau lu golongan guru cuma mementingkan kepentingan guru. Atau lu golongan buruh, lu cuma mementingkan kepentingan buruh. Lu enggak berpikir tentang puluhan juta rakyat kita yang profesinya petani yang diuntungkan dengan program-program yang sifatnya ya mengembangkan pertanian. Lu enggak berpikir tentang teman-teman yang bergerak di bidang kewirausahaan atau UMKM yang akan terdampak fatal. Kalau seandainya inflasi makin tinggi lagi, harga bahan-bahan produksi mereka makin tinggi lagi, UMR semua orang minta naik 4 kali lipat, 5 kali lipat, siapa yang sanggup bayar gajinya? Pengusaha itu kalau negara bisa lu tinggal cetak duit, tapi kalau swasta gimana? Semoga tambah jelas, Guys, apa yang gua mau utarakan ya, karena banyak orang ternyata masih gagal paham. Bukannya gua tidak setuju dengan demonstran, bukannya gua tidak setuju dengan tuntutan kalian, tapi lu harus berpikir bukan membela golongan lu. Lu harus berpikir tentang konteksnya adalah bangsa negara kita. 280 juta orang. Bukan golongan lu yang mungkin jumlahnya cuma R juta, R juta, tapi 280 juta nasibnya akan seperti apa, Guys? Oke, Guys. Semoga video ini bermanfaat. Salam sehat, salam cuan. Bye bye. [Musik]
Resume
Categories