Transcript
IeY5HK-UFAM • Purbaya Under Threat!! GOVERNOR ANGRY ABOUT LOCAL FUNDS BEING CUTS?
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/Bennix/.shards/text-0001.zst#text/0455_IeY5HK-UFAM.txt
Kind: captions
Language: id
Jadi Purbaya bikin hebo nih, Guys.
Banyak orang pejabat-pejabat di daerah
panik, ketakutan sampai mereka demo ke
Kementerian Keuangan. Kok bisa? Ya,
gara-gara ya TKD dipotong, Guys. Jadi
ada asosiasi ya, asosiasi pemerintah
provinsi seluruh Indonesia dan isinya
para pemimpin-pemimpin kepala daerah.
Jadi kemarin tuh ada gubernur dari
Sharli ya, gubernur yang dari Maluku,
ada gubernur Aceh, Mualim itu suka tuh
gua sama Mualim. Terus ada KDM ya lu
juga tahulah gua juga suka sama KDM.
Intinya mereka demo, Guys, ke Purbaya.
Purbaya bikin hebo nih. Nah, mereka demo
ternyata untuk menunjukkan, ya bukan
cuma mahasiswa loh yang berhak demo di
Jakarta. Sampai gubernur aja juga ikut
demo. Soalnya gini, kemarin gua udah
lama sebenarnya bikin video ini soal
TKD. TKD itu bakal makin dikurangin
terus sama pusat. Kenapa? Ya, karena
efisiensi, Guys. Teman-teman tahu ya,
pemerintah daerah kita itu banyak yang
hobinya korupsi, banyak yang hobinya
bikin proyek-proyek. Enggak jelas ya
gampang lah. Gua suka bolak-balik ke
seluruh Indonesia ini projjectnya banyak
yang enggak jelas. Ya itu bongkar pasang
trotoar. Pasti daerah lu juga hobi bikin
bongkar pasang trotoar masih bagus sih.
Bongkar pasang, bongkar pasang. Memang
enggak ada otak. Itulah faktanya
pemerintah daerah di Indonesia. Nah,
terus mereka demo kenapa? Karena TKD
dana transfer dari pusat ke daerah
namanya TKD itu dipotong isinya ada
banyak sih. Ada dana alokasi DAU ya, ada
dana alokasi khusus, ada yang umum, ada
dana keistimewaan, macam-macamlah.
Pokoknya isinya transfer dari pusat ke
daerah. Nah, berapa sih dana yang
dipotong ya sebetulnya dari tahun
kemarin juga udah dipotong sama Sri
Mulyani. Seingat gua 50 triliun ya waktu
itu Sri Mulyani udah potong tuh yang
tahun lalu. Ini gua seingat gua karena
gua enggak pakai script. Anyway, yang
tahun nanti 2026 itu bakal dipotong
lagi. Tadinya 900-an triliun, tersisa
600-an triliun. Gua sambil lihat Google
Map nih, Guys. Takut nyasar. Kita karena
mau jalan lagi meeting. Nah, eh wah
pesawatnya bagus tuh, Guys.
FedEx banyak lagi. Ramai nih, Guys, yang
terbang.
L ada produk baru tuh namanya Bukben
tuh. Anyway, yang gua ngomong bilang
dana dipotong dari 900 triliun ke 600-an
triliun. Dan ini udah pasti banyak bikin
orang panik di daerah itu. Karena apa
ya? Modal kampanye mereka bisa enggak
balik kalau dananya dipotong sebanyak
itu. Orang kan sudah hitung-hitungan ya.
Ada orang yang ikut pemilihan kepala
daerah itu habis hampir 300 miliar,
Guys. Lu bayangin untungnya dia menang,
Guys. Tentu yang dia pikirkan setelah
dia menang habis 300 miliar apa ya?
Baling modal terus tiba-tiba dia udah
bermimpi ya. punya rumah di Dubai,
bangun vila di Hawai, nanti korupsi
pembangunan jembatan jalan. Mimpinya
bubar nih, Guys. Karena tiba-tiba
dana transfer dari pusat ke daerah
dipotong. Dan kenapa ini penting?
Teman-teman sudah tahu nyawanya APBD di
Indonesia. Ingat ya, mayoritas kepala
daerah kita kan bodoh dan tolol.
Akibatnya apa? nyawanya kepala daerah
itu cuman ada tiga. Hidup dari duit
pajak bumi dan bangunan, hidup dari
pajak kendaraan bermotor, yang ketiga
hidup dari sumbangan. Jadi mereka itu
hidup dari belas kasihan. Belas kasihan
siapa? Pemerintah pusat ke daerah.
Itulah dana TKD. Dan mayoritas daerah di
Indonesia hidup itu seperti pengemis.
Pengemis. Mayoritas daerah di Indonesia
itu pengemis. minta duit dari pusat
supaya mereka bisa korupsi di situ.
Parti-parti udahlah semua orang juga
sudah tahu. Jadi memang penting ya ada
efisiensi anggaran karena memang banyak
kepala daerah kita yang enggak bermutu
dan enggak berkualitas. Ya enggak
semuanya sih memang ada juga yang
berkualitas ya gua akuilah tapi enggak
banyak. Dan akhirnya ya pemerintah pusat
mungkin nih menurut gua ya mereka
mengambil keputusan udahlah lu gua kasih
duit 900 triliun enggak jadi apa-apa
sama lu. Cuma jadi trotoar bolak-balik
trotoar aja.
Hai, gua Benix, the CEO of Benix
Investor Group. Dengan lu bergabung
bersama Benix Investor Group, lu bakal
dapat ilmu investasi saham selama 1
tahun penuh. Dan bukan cuman itu, lu
bakalan dapat strategi rahasia cuannya
Benix ratusan bahkan ribuan persa, dari
saham. Di Benix Investor Group, lu bakal
dapat begitu banyak pelajaran investasi
selama 1 tahun ke depan, Guys. Mulai
dari sharing saham yang bagus bareng
Benix setiap bulannya. Kita juga bakal
update portofolio BENX dan kita juga
akan membedah laporan keuangan setiap
bulannya. Yang paling seru, kita juga
bakal mengunjungi nih emiten-emiten yang
ada di ISG supaya lu bisa ngecek
langsung ini saham perusahaan bagus,
perusahaan bodong atau perusahaan
sampah.
Kalau gua sih jelas gua enggak mau beli
saham-saham perusahaan sampah. Nah,
kalau lu gimana? Lu udah yakin
portofolio Sam lu udah bersih dari
saham-saham perusahaan sampah ini? Kalau
belum, mendingan lu segera sapu bersih
deh kayak siem ini.
Tahun lalu gua dan teman-teman di
komunitas Sambenix saja udah cual
ratusan persen nih, Guys. Ini dari saham
ANJT. Bisnisnya simpel banget, cuma
jualan minyak goreng kelapa sawit. Lu
juga pakai di rumah lu, ya? Enggak, N?
Iya, Pak. Ini juga minum pakai.
Eh, stop, stop, stop, stop. Ini mah
saham gorengan bahaya, Guys.
Kolesterolnya tinggi. Lu masih suka
buang-buang duit, beli saham gorengan?
Hasil rekomendasi grup sambodong di
sebelah yang hobinya jualan candlestick.
Goblok. Berhenti, Bro. Itu sih bukan
investasi, itu judi.
Dan kalau lu masih belum join sekarang
juga, Guys, lu itu udah rugi banget.
Soalnya tahun ini aja kita udah cuan 50%
lebih loh dari saham parkiran mobil yang
namanya IPCC.
Jadi buat apalagi lo ragu bergabung di
komunitas saham Benix Investor Group.
Soalnya guys, tahun ini aja kita udah
punya list saham-saham yang berpotensi
memperkaya kita semua. So, tunggu
apaagi, Guys? Kalau lu mau cuan, segera
daftarkan dirimu di komunitas saham
Benix Investor Group sekarang juga.
[Musik]
Dan akhirnya ya pemerintah pusat mungkin
nih menurut gua ya mereka mengambil
keputusan, udahlah lu gua kasih duit 900
triliun enggak jadi apa-apa sama lu.
menjadi trotoar. Bolak-balik trotoar
aja. Bukan produk-produk bangun hal-hal
yang bermanfaat bagi daerah. Misalkan
bikin pabrik coklat orientasi ekspor,
bikin pengalengan ikan sarden orientasi
ekspor, bikin tempat pelelangan yang
proper, bikin tempat cold storage yang
mereka enggak ada otaknya enggak
kepikiran sampai ke situ. Konyol bodoh.
Lu bayangin BUMD ya, daerah di Cina, lu
bayangin provinsi di Cina itu ada yang
BUMD, badan usaha milik daerahnya itu
sedemikian hebat. Mereka sampai bikin
perusahaan mobil listrik namanya GAC.
GAC ION produk yang sampai diekspor ke
Indonesia. Lu bayangin bisa-bisanya
pemerintah provinsi di Cina punya BUMD
kerjainnya apa? Bikin mobil listrik. Lu
bayangin di Indonesia ada enggak BUMD
itu punya orientasi ekspor? Enggak.
Orientasi korup. Iya. Percuma dikasih
duit ribuan triliun pun enggak jadi
apa-apa, Guys. Sampah. Jangankan BUMD,
BUMN aja banyak yang bodoh apalagi BUMD.
Jadi kita enggak bisa akhirnya menurut
gua pribadi ya berharap kasih duit nih
ke daerah-daerah ke kabupaten, ke
kelurahan, kepala desa, gubernur.
Berharap mereka berpikir revolusioner.
Dikasih duit triliunan, ratusan triliun,
ya Indonesia bisa punya pabrik nuklir.
Indonesia punya pabrik mobil sendiri,
punya pabrik kereta, pabrik tank,
pesawat jet. Enggak. Enggak ada. Mereka
pikirnya gimana caranya bisa korupsi
secepat mungkin. Makanya karena otaknya
juga bodoh, bikin projeknya juga
projek-projek yang bodoh. Ya, kita tahu
ada daerah bikin projek, bikin jalan 100
km yang dibangun cuma 7 km. Fakta
sisanya apa? Tanah lihat aja. Enggak ada
yang survei juga di ujung dunia. Korup
duitnya. Atau tadi yang paling bodoh ya
bongkar pasang trotoar. Kan itu bodoh
banget. Gila duit rakyat dipakai buat
hal yang enggak berguna. Padahal dia
bisa bikin tadi ya penciptaan lapangan
kerja, bikin pembangkit listrik, bikin
tadi pabrik coklat, pabrik kopi,
orientasi ekspor, menyerap tenaga kerja
dibanding dia korup-korup ya lu koruplah
bangun pembangkit listrik itu atau
pembangkit atau pabrik coklat itu lu
korup 5% 10%. Oke. Hasil korupsi lu tapi
kan bermanfaat bagi orang Melayin ya
dibanding lu bongkar pasang trotor.
Bukannya gua mau membenarkan korupsi,
enggak. Cuman ya bodoh banget kalau
seandainya duit kita itu cuman hangus.
buat hal yang enggak berguna atau
apalagi biasanya duit di hangus mereka
hire, Guys. Karyawan kontrak PPK, P3K
atau apalah gua enggak ngerti juga.
Cuman intinya itu konstituen. Lu menang
pemilu, biar menang lu janjiin sama
rakyat. Nanti lu jadi PNS ya, tapi
karyawan kontrak dulu ya. Intinya janji
politiklah biar menyerap suara. Begitu
dia jadi pemimpin daerah menang dia nih
jadi bupati apa gubernur? Apa dia
dilantik jadi PNS? Enggak. Ya enggak
bisa. Cuma dia sudah terlanjur janji
ujung-ujungnya apa? Membebani keuangan
daerah. Menghire orang-orang yang enggak
capable, yang enggak punya kemampuan.
Tapi karena sudah dijanji politik supaya
dia dapat suara. Nah, itu hal yang bodoh
menurut gua. Banyak hal-hal yang
inefisien lah. Duit dipakai jalan-jalan
ke luar negeri sama kepala daerah. Wah,
banyak banget, Guys, meeting-meeting
enggak jelas. Aduh, udahlah. Memang gua
setuju TKD itu harus dikurangin. Setuju
gua. Memang banyak daerah kita itu yang
enggak enggak ada enggak ada otak,
enggak ada logika berpikir, ya. itu
realitanya. Tapi juga pemerintah harus
hati-hati, Purbaya lu harus hati-hati.
Karena kalau lu masih punya daya ingat
pati kerusuhan bukan karena harga tempe
bacem naik ya atau tepung terorigu naik,
no. Tapi karena pemerintah daerah Pati
menaikkan pajak PBB itu. Ingat nyawanya
pemerintah daerah yang bodoh itu enggak
tahu gimana cara mengelola keuangan
daerah. Tahunya apa? Naikin pajak,
naikin pajak, naikin pajak. Bukannya
naikin perekonomian rakyat. Jadi memang
harus hati-hati karena kalau seandainya
enggak hati-hati, Guys, bisa jadi
terulang tuh demonstrasi yang dipati.
Memang harus benar-benar bijak. Gua
bukannya anti ya dengan pengurangan TKD.
Enggak. Gua justru sangat mendukung
karena banyak anggaran kita tuh yang
misal alokasi. Banyak pemda-pemda itu
yang enggak benar lah. Itu fakta lah.
Cuman betul-betul harus hati-hati dan
ini bisa juga momen yang dimanfaatkan
nih buat orang-orang yang berkepentingan
buat bikin demonstrasi lanjutan. Lu
setuju enggak sih kalau kita bikin lebih
detail nih video tentang prahara TKD
ini? Kalau lu setuju segera like and
comment di bawah ini ya biar kita bikin
video analisis yang lebih mendalam
terkait prahara TKD ini dan ini
sebetulnya bom waktu atau enggak sih
buat pemerintahan Prabowo? Penasaran
enggak? Setuju enggak? Yuk, segera likes
bikin 24.000 likes dalam 24 jam biar
kita bikin video analisis yang lebih
detail terkait TKD ini seperti apa.
Ngeri ini, Guys. Oke, Guys. Semoga video
ini bermanfaat. Salam sehat, salam cuan.
Bye bye.
[Musik]