File TXT tidak ditemukan.
Purbaya Redenomination! The Rp1,000 Bill Becomes Rp1, Thousands of Trillions Will Return to the S...
GRA-0D9PojY • 2025-11-11
Transcript preview
Open
Kind: captions Language: id 60 L yang dihilangin. Indonesia cuman tiga loh orang udah pada jerit-jerit. Profesor S3 jerit-jerit ya karena mereka anjing peliharaan koruptor-koruptor itu. Mereka ngamuk, mereka mau melawan, mereka mau berontak, mereka enggak mau duitnya tiba-tiba tidak berlaku lagi. Good news Indonesia. Akhirnya keinginan rakyat Indonesia dikabulkan oleh pemerintahan Prabowo. Jadi ini good news buat kita semua, good news buat followers BN dan good news untuk para pelaku ekonomi dan investor yang ada di Indonesia. Karena delan tuntutan BENX ya, berkat kalian semua ya. itu akhirnya dikabulkan karena Menteri Perekonomian kita Bapak Purbaya akhirnya secara resmi mengumumkan dia bakal mengurangi nol yang ada di rupiah tiga biji banyak guys. Lumayan nih. Dan gua happy banget. Kenapa? Karena kalau lu udah ikutin BX dari lama lu udah tahu udah bertahun-tahun lalu gua bahkan udah suarakan Indonesia perlu lakukan redominasi. Dan ini merupakan kabar baik buat kita semua karena lu udah tahu dong delan tuntutan benix [musik] yang keluar ya gara-gara ada bocil-bocil yang bikin tuntutan 17/8 pink pink pink padahal anjing peliharan Geor Soros isinya enggak jelas lebih benar del8 tuntutan Benix dan kita harus bersukacita semua rakyat Indonesia karena akhirnya satu dari delapan tuntutan Benix yang nomor 4 itu dikabulkan guys apa redenominasi kita minta supaya pemerintah Indonesia potong 30 itu yang terakhir dibuang supaya Indonesia cuan kok bisa? Makanya kalau lu penasaran lu jangan skip video ini karena gua juga akan bahas para ekonom-ekonom profesor ekonomi kucing yang enggak punya otak yang benar-benar membuktikan dirinya adalah [musik] antek koruptor di Indonesia mereka akan melawan mati-matian purbaya. So, jangan skip video ini. Let's check this out. [musik] Jadi, teman-teman lihat ya di layar kaca di sini ada kompas nih, ada ekonom bodoh ya tentu saja ya. Dia bilang bisa inflasi, bisa reker di redenominasi rupiah. Ada lagi inila.com. Redenominasi cuma ganti angka katanya, Guys. Di inila.com dia bilang ekonom ahli ekonomi nih dewa ekonomi S4 nih kayaknya dari universitas ini. Dia bilang ekonomi tidak otomatis tumbuh malah membebani APBN. Ya, karena dia bodoh enggak apa-apa. Terus ada lagi di investor.id lihat di layar kaca. Ekonom soal red denominasi rupiah cuma ilusi, rampas anggaran. Kontan ekonom dari cendol 5 ons. Ini sesuai kapasitas otak dia yang cuma 5 ons. Saya denominasi butuh 10 tahun persiapan bukan tergesa-gesa ya. Kata orang bodoh di cendol 5 ons ini. Ini organisasi paling bodoh di dunia. Tuh kan guys banyak banget nih Purbaya langsung mancing banyak musuh nih. Kenapa? Karena anjing-anjing peliharaan koruptor-koruptor di Indonesia semua langsung keluar nih menyerang. Mereka takut duitnya tidak berlaku lagi. Makanya lu jangan heran kalau redenominasi ini udah pasti bikin heboh. Dan ini menakutkan bagi para profesor-profesor yang hobinya makan duit haram. Kenapa bisa? Ya karena redenominasi ini memberikan banyak kebaikan bagi bangsa dan negara kita. Apa buktinya? Ya sebelum kita masuk ke situ, kita bahas dulu lah. Karena masih banyak orang yang bodoh, netizen, haters yang sok pintar. Banyak orang yang bilang, "Waduh, nanti uang gua jadi berkurang. Gua rugi dong uang gua daradinya Rp100.000 R000 jadi 100 perak. Gimana gaji gua tadinya R5 juta jadi cuma 5.000 perak. Padahal cicilan motor tetap R juta. Rugi dong. Ya itu orang bodoh. Jadi lu bedakan redenominasi dengan suning. Jadi kalau saning itu lu pemotongan valuasi nilai uang lu. Jadi value nilai uang lu berkurang. Kalau redenominasi yang dirubah bukan value nilainya tetapi penyederhanaan angkanya. Tadinya R5 juta, nolnya ada 6. Sekarang R5 juta. Tetap R juta value-nya. Tapi nolnya cuman 3. Jadi R5 juta berubah jadi R5.000 atau duit Rp100.000 berubah menjadi duit 100. Terus gimana, Pak, kalau ada orang punya utang Rp100.000 ke bank? Berkurang juga. Jadi kalau lu punya utang di bank tadinya Rp1 juta ya jadi R.000. Lu punya utang KPR R5 juta per bulan berkurang jadi R5.000 per bulan. Jadi enggak ada berubah sama sekali nilai mata uang lu. Yang berkurang cuma jumlah angkanya doang. Jadi daya beli lu enggak berkurang, nilai ril-nya tetap sama. Dan ini jauh berbeda dengan Sunring yang memang jumlah nolnya berkurang, nilai uangnya juga berkurang. Jadi semoga ini semua clear ya. Enggak ada lu tambah miskin itu enggak ada. Tapi kenapa redenominasi ini penting lah buat kita lakukan dan ini udah gua suarakan ya sejak bertahun-tahun lalu ya. Hal yang paling penting ya lu sudah tahulah Indonesia itu pengin pertumbuhan ekonominya GDP kita naik itu 8%. Ini luar biasa. Wow. Kita pengin negara kita menjadi negara yang bonafit lah di dunia internasional juga. Nah, itu enggak bisa kalau seandainya mata uang kita itu enggak bernilai, Guys. Teman-teman lihat di layar kaca ya. Mata uang Indonesia paling besar itu Rp100.000. Lu lihat aja nolnya ada berapa. Nolnya ada li biji, Guys. Lima biji itu banyak banget loh. Lu tahu ya, negara gagal di Asia Tenggara lah kita ngomong. Ada negara bumbu dapur namanya Laos. Jadi di Laos itu mata uangnya kip ya. Orang suka bilangnya pakai lak. Itu pecahannya juga sama kayak Rp100.000. Lu tahu 1 DO di Laos itu setara dengan Rp21.559 lak. Jadi mata uangnya sangat tidak berarti. Mata uang negara-negara gagal. Vietnam lu tahu Vietnam? Vietnam dong. pecahannya itu sampai 500.000 dong itu juga ada, Guys. Lu bayangin 500.000 dong. Lu berasa Indonesia ini udah kayak Afghanistan aja ya. Nolnya ada 5 R00.000 paling gede. Vietnam dong itu sampai R500.000, Guys, satu lembar. Lu bayangin. Nah, 1 dolar di Vietnam itu setara 26.200 Vietnam dong. Jadi jauh lebih lemah dibandingkan Indonesia. Terus ada lagi enggak negara nolnya sampai 5 biji? Ada rial. Iran. Iran itu sampai 100.000 pecahan paling besarnya eh mata uang rial di Iran. Dan 1 dolar itu setara 42.000 riyal. Jadi makin panjang lagi nih dibanding Indonesia. Jadi di situ lu bisa lihat ya, banyak negara-negara yang mata uangnya kepanjangan sampai ribet. Gua yakin pembukuan di Vietnam itu udah capek banget lah. Tapi gua enggak kebayang ya negara kayak Zimbabwe gimana y pada suatu masa dia punya nol itu sampai 16 biji, Guys. Capek lu ngitung jadi akuntan di Zimbabwe. Sedih banget. Nah, lu kalau lihat negara-negara maju, kita tentu patokannya selalu negara maju ya. Negara seperti Singapura. Lu tahu pecahan tertinggi dia itu nolnya cuma empat yaitu 10.000 sing dar. Duit ini langka, tapi ini masih berlaku sampai detik ini. Di bawahnya apa? Ada 1.000 sing dar dollar. Lalu yang ke bawah yang paling umum itu 100$00 Singapura. Kalau lu pasti tahunya mata uang dolar Singapura itu cuma sampai 100 ya? Enggak sih. Kalau di zaman kita dulu bahkan ketika transaksi itu bawa bisa sampai 10.000, 1,000 dolar per lembar loh ya. Nah, ada Cina. Cina itu pecahannya paling tinggi cuman 100 yuan. Amerika Serikat pecahan tertinggi itu juga sama cuman 100$. Tapi The Fat punya mata uang sendiri nilainya 100.000. Tapi lu enggak bakal pernah lihat karena dia cuma dipakai buat transaksi ya entar bank sentral doang. Anyway, gua mau bilang di sini adalah mayoritas negara maju itu nolnya dikit cuman dua biji. Cina itu maksimal 100 yuan. Dolar Singapura juga ya pada umumnya yang beredar paling maksimal tuh ya 100. Jadi dari sini kita bisa lihat ya at least Indonesia itu enggak lagi dianggap sampah di dunia internasional. Karena gua udah berkali-kali lakukan transaksi, kita pergi ke luar negeri negosiasi, ya mata uang kita itu ribet banget dan orang jadi kelihatannya negara kita dianggap sebelah mata, Guys. Dianggap negara Zimbabwe. Padahal enggak ya. Memang negara kita nolnya kebanyakan aja. Bukan artinya secara fundamental negara kita buruk. Enggak. Memang kita harus lakukan penyederhanaan. Nah, ini juga bisa membantu teman-teman yang hobinya akuntansi, ngurusin pajak, ngurusin keuangan, accounting. Lu tahu enggak potensi human error dalam penulisan atau input angka di Indonesia ini resikonya tinggi. Lu salah pencet sedikit transaksi hilang bisa rugi triliunan. Lu enggak percaya? Lu lihat nih ada di Bontang nih. Salah input nasabah rugi miliaran. Di Banjar orang salah input 4,7 triliun melayang. Lalu ada lagi, "Bang, salah lagi. Salah pencet nol karena Indonesia nolnya kebanyakan bikin orang bingung, ya. ini milion, ini miliar, ini triliun. Jadi enggak ada artinya. Dan gua yakinlah di sini mayoritas orang yang kerja di bidang finance, Kap, kantor pajak pasti sepakat sama gua. Investor juga pasti sepakat sama gua. Ribet banget kita ngitung analisis salah pencet pakai Excel sampai banyak kalkulator tuh error, Guys. Gara-gara nol kita kebanyakan kayak sampah. Nah, ini bisa meminimalisasi error ujung-ujungnya bisa jadi penghematan data juga. Karena lalu lintas data ngirim, wah, seolah-olah Indonesia transaksinya gede 100 triliun. Padahal mah R triliun duit kecil kalau dalam rupiah. Begitu didolarin nolnya langsung hilang banyak. Jadi bisa menyederhanakan data, bisa membuat transfer lebih efisien dan lebih cepat. Makanya gua yakin ya orang yang bergerak dibilang investasi, ekonomi, finance, accounting, pajak pasti setuju sama gua. nol kita harus dikurangin. Waduh, ribet banget kalau pegang Excel di Indonesia ini. Ribet banget, Guys. Nah, yang ketiga ini penting, Guys. Jadi, cukup jelas dulu ya sampai sekarang. Yang pertama ya memperbaiki citra kita Bonavit, mata uang kita dengan Bonfit negara kita ya lebih baguslah dipandang dunia internasional, bukan lagi negara Zimbabwe. Yang kedua tadi mengurangi potensi human error, simplifikasi ya dalam proses pembukuan kita, accounting kita. Nah, jadi yang ketiga ini penting karena ternyata redenominasi bisa mendorong pertumbuhan ekonomi, Guys. Jadi, udah banyak jurnalnya sih yang tulis tentang redenominasi ini bisa mendorong pertumbuhan ekonomi di Turki gara-gara Turki melakukan redenominasi. Nah, lu bisa baca sendirilah judulnya Evaluating Financial Performance of Turkish Manufacturing Companies Before and After Redenomination. Jadi, jurnal ini menulis bagaimana pertumbuhan ekonomi di Turki sebelum dan setelah redominasi. Ternyata apa? transaksi bertumbuh, ekonomi bertumbuh, konsumsi bertumbuh. And this is a very good news. Kenapa lu tahu pertumbuhan ekonomi Indonesia, pertumbuhan kita, GDP kita mengandalkan yang namanya konsumsi. Jadi kalau setelah dilakukan redenominasi itu ada yang namanya money illusion. Seolah-olah barang itu harganya lebih murah. Contoh, lu mau belanja rumah, rumah subsidi di Jakarta harganya Rp16 juta sampai R240 juta. Biasanya cicilan lu itu R sampai R,5 juta per bulan. R,5 juta bunganya 5% setahun. Nah, sebelum redenominasi lu kalau mau beli rumah itu harganya Rp16 juta. Kelihatannya gede bikin takut. Nolnya panjang bener. Udah kayak milioner kalau di Amerika Serikat. Tapi karena udah redominasi harga rumahnya turun seolah-olah jadi Rp16.000. Nah, berdasarkan teori illusion ini, harga barang baru, rumah baru itu terlihat jauh lebih murah dibandingkan harga awalnya. Nah, hal ini bisa membuat sebagian orang itu merasa mereka makin kaya hingga mereka memiliki keinginan membeli yang jauh lebih tinggi dibandingkan sebelum redenominasi berlangsung. Sebetulnya harganya enggak berubah sih, masih sama aja Rp16 juta, tetapi memberikan ilusi seolah-olah lebih rendah dan ini memberikan dampak positif bagi negara kita. Kenapa? E sebentar guys, bentar guys sebelum kita lanjut videonya. Halo goodis guys. Teman-teman investor Benix Investor Summit 2025 akan segera diselenggarakan di bulan Desember 2025 di Swiss Bell Solo. Jadi buat teman-teman yang pengin segera diskusi, ketemu dan interaksi langsung ya karena kita bakal membahas tiga sektor penting. Yang pertama terkait energi, yang kedua terkait bisnis logistik, dan yang ketiga ada sektor spesial nih dengan pembicara yang spesial juga karena ya cuannya [musik] gede banget nih guys. Nah, buat lu yang penasaran dan pengin segera ikutan di event acara offline spesial Benix cuman ada 1 tahun sekali yang namanya Benix Investor Summit 2025. Yuk, segera daftar sekarang juga nih sebelum terlambat. Dan ingat, kursinya juga terbatas karena cuman ada 50 kursi, Guys. Total kursi yang kita sediakan. Ikut di sini sangat happy lah, ya. Jadi, banyak sekali membuka wawasan baru, terutama banyak bocoran-bocoran mengenai ee kebijakan maupun emiten yang akan terbang selanjutnya. Jadi puas sekali sih dengan ini. Kalau tahu Pak Ben di YouTube sendiri kan lebih apa ya ee pinggir jurang ini lebih [musik] pinggir lagiah ini. Mengikuti BIC investor Samet ini setelah dua kali saya mendapatkan manfaat bahwa kalau kita bisa memahami fundamental atas perusahaan dan forecast untuk perusahaan ke depannya kita pasti dapat akan mendapatkan hasil yang jauh lebih baik. Dan itu yang saya rasakan selama setahun ini. Dan saya harapin kalau e untuk Benik Investor Summit 2025 diadakan, saya pasti akan ikut lagi. Salam cuan. So, siapa cepat dia dapat. Sampai ketemu di Solo ya, guys. Bulan Desember 2025. Benix Investor Summit 2025 segera datang lagi. Segera daftarkan dirimu sekarang juga sebelum terlambat. Ingat, ini acara eksklusif yang kita selenggarakan private dan sangat intim. Kita bisa berinteraksi full nih selama 24 jam karena acaranya diselenggarakan selama 2 hari dari hari Sabtu sampai hari Minggu dari jam 09.00 pagi sampai malam. So, tunggu apaagi? Segera daftarkan dirimu sekarang juga di nomor WhatsApp yang ada di bawah ini. Sampai ketemu di Solo, Guys. Bye bye. Dan ini memberikan dampak positif bagi negara kita. Kenapa? Karena negara kita berbasis konsumsi. Jadi, harapannya ya orang makin banyak yang mau belanja. Apalagi pemerintah lagi bagi-bagi duit. Nah, ini sejalan nih dengan golnya sih Purbaya. Purbaya yang menggencot pertumbuhan ekonomi kita. Dan ini bisa didapatkan dari jalur redenominasi. Kenapa? Karena dengan adanya redenominasi bukan cuma konsumsi appetite-nya meningkat, tetapi peredaran duit juga bisa meningkat, Guys. Nanti gua kasih tahu di akhir video ini. Makanya jangan skip. Kita mau masuk dulu yang keempat. Nah, yang keempat. Nah, ini ada hubungannya dengan yang ketiga tadi ya. Gimana caranya bisa juga mendorong pertumbuhan ekonomi? Karena lu sudah tahu ya yang keempat ini ada hubungannya dengan tuntutan Benix yang nomor satu. Pemberantasan korupsi koruptor wajib dihukum mati. Nah, lu tahu ya, mayoritas orang bilang, "Wah, enggak penting nih redenominasi kalau mau pemberantasan korupsi." Gini konteksnya, mayoritas orang korupsi di Indonesia memang ada sebagian yang pakai dolar Singapura, dolar Amerika, emas dan lain sebagainya. Tapi tetap percayalah banyak koruptor di Indonesia itu simpan duit dalam bentuk rupiah karena itu tetap mode yang paling gampang. Jadi, kalau kita hilangin 3-0 itu apa yang terjadi? banyak uang-uang yang nolnya kebanyakan otomatis jadi tidak laku. Selama ini koruptor-koruptor itu duitnya disimpan di belakang tembok, dikubur di bawah tanah, disimpan di koper-koper, ditaruh di bawah tempat tidur. Literally ditaruh di bawah tempat tidur. Lu lihat video ini. Geger penemuan uang miliaran rupiah di bawah kasur hakim Ali Muhtaram. [musik] Uang sebanyak itu ditemukan Kejaksaan Agung saat menggeledah kediaman hakim Ali Muhtaram. Dari situ lu aja lu udah bisa tahu banyak, sangat banyak koruptor di Indonesia yang simpan duitnya dalam bentuk uang kertas dan dia taruh rupiah itu. Lu bayangkan kalau tiba-tiba mendadak berlaku nih redominasinya Benix ini, Guys. Apa yang terjadi? Mereka bakal panik. Either duitnya mendadak jadi invalid, tidak berlaku, dibakar aja buat bakar singkong bisa ya. Atau apa ya spending. Mereka terpaksa belanja dibanding dunia enggak berlaku. Mereka beli mobil, mereka beli tanah. Mereka bangun rumah, mereka beli apartemen, ekonomi Indonesia jadi berputar. Lu bayangin aja ya kalau setahun duit Indonesia yang dikoruptor sama para pejabat itu 500 triliun aja kali selama 30 tahun republik ini berdiri. Lu bisa bayangin berapa duit, berapa ribu triliun yang bakal banjir masuk ke perekonomian kita yang sebelumnya itu menguap, menghilang, sembunyi di belakang tembok, sembunyi di basement, sembunyi di kasur kayak yang di video tadi. Dan lu jangan anggap sedikit karena lu belum pernah masuk ke rumah pejabat. Gua udah pernah masuk ke rumah anggota DPRK ya, Dewan Perwakilan Rakyat Kazakhstan yang bangga banget mereka punya lemari besi. Lemari besinya ukurannya udah kayak rumah, Guys. Jadi, lu bisa masuk mobil, bisa masuk manusia ke lemari besinya isinya banyak duit rupiah juga di Kazakhstan ya tentunya. Dan kalau ditanya-tanya kenapa mereka pegang duit rupiah itu ya ada hubungannya juga dengan sistem politik di Indonesia yang mewajibkan korupsi, yang mewajibkan sogok-menyogok, yang mewajibkan jual beli suara. Namanya serangan fajar. Lu enggak bisa bayarnya pakai voucher Gofood? Enggak. Bahkan banyak koruptor itu yang simpen duit dalam pecahan kecil, Guys. Jangan aneh ya. Rp2.000, Rp50.000. Kenapa? Karena itu perlu buat serangan fajar. Serangan fajar lu Google aja sendiri. Kalau lu masih bocil, lu enggak bakal ngerti apa artinya serangan fajar. Itulah kenapa di Kazakhstan wajib korupsi dan disimpan dalam bentuk rupiah. Cadangan peluru untuk 5 tahun lagi bagi-bagi amplop berubah jadi suara. Makanya enggak mungkin ketika pemilu lu bagi-bagi emas 1 gram. 1 gram enggak mungkin loh bangkrut. Gak mungkin lu bagi-bagi dolar, gak bisa belanja di pasar basah. Yang lu bisa lakukan apa? Bagi-bagi rupiah. Makanya setiap mau pemilu Bank Indonesia itu kehabisan duit karena orang pada mecah duit ke sana. Nah, yang orang-orang cerdas udah taruh dalam bentuk karungan, Guys. Di sini ngaku aja lah. Di sini pasti gua yakin banyak follower gua ini tim ses atau pernah kerja buat Sekda, kepala dinas, walikota, bupati, gubernur pasti sudah ngerti apa yang gua bilang. Banyak kan dari kalian pernah lihat orang pakai bawa duit sampai miliaran lah simpan di kresek cadangan peluru. Itulah koruptor di Indonesia. Lu bayangin tiba-tiba satu bupati ya bisa punya duit R miliar di rumahnya. Kalikan 1000 bupati aja bupati walikota berarti peredaran duit 100 triliun di depan mata nih. Lu bisa bayangkan itu. Dan inilah kenapa gua yakin konsumsi kita bakal makin terbuka karena mereka mau enggak mau harus lakukan itu kalau enggak duitnya hilang. Nah, ada lagi yang kelima. Yang kelima adalah bukan cuman duit korupsi yang kita bisa bawa tarik keluar permukaan naik dari kuburan, naik dari belakang tembok, keluar dari dalam fas bunga. Lu belum pernah ya bertamu ke rumah orang yang fas bunganya banyak? Kalau lu intip ke dalam isinya duit, Guys. Duit kertas. Lu enggak bakal ngertilah yang gua omongin kecuali lu mengalami itu. Di sini gua mau bilang bahwa banyak uang bukan cuma hasil korupsi, tapi hasil underground ekonomi. Orang-orang yang dagang nar bisnis prostitusi, jual beli manusia, jual beli judi ilegal. Waduh, itu udah begitu banyak duitnya itu ya enggak bisa masuk ke sistem. Lu bayangin ada orang penghasilan bisa 2 miliar per hari ke bank diperiksa itu pasti. Akibatnya apa duitinnya? Dia simpan di kamar, dia simpan di bawah kulkas, dia simpan di lemari. Dan itu enggak bisa masuk ke sistem. Akibatnya bara bandit-bandit ini kalau belanja mobil selalu mobil second, Guys. Supaya enggak kedetect. Jadi bukan cuma duit koruptor yang kita bisa tarik, tapi duit dari underground ekonomi. Banyak di sini pelaku dagang kaki li. Lu belum tahu? Gua udah ketemu banyak pelaku pedagang kaki lima. penghasilannya miliaran per bulan, 3 miliar, 4 miliar, barangnya lu enggak bakal anggap wow. Tapi banyak, Guys, pelaku usaha yang di trotoar yang lu kira kecil, dagang ayam, dagang nasi goreng penghasilannya miliaran. Duitnya enggak bisa masuk ke sistem, langsung kedetect banyak. Jadi, para pelaku underground ekonomi ini apa yang mereka lakukan dengan duitnya? dia taruh di bawah kasur. Makanya Purbaya waktu masih jadi pramuka, zaman dulu dia masih muda, dia udah berkali-kali bilang, "Jangan taruh duit lu di bawah kasur." Nabung di bank pasti amannya [musik] jangan taruh di bawah kasur. Jangan taruh di bawah kasur. Jangan taruh di bawah kasur. Tapi anehnya redenominasi dengan segala kehebatannya, keajaibannya itu banyak ditentang. Dan gua udah lihat pasti bakal banyak ditentang oleh orang-orang yang ngaku ekonom. Bukan cuma itu, netizen-netizen goblok gak ada otak juga. Karena kebanyakan baca media tempe bacem, makanya tambah tolol mereka. Mereka bikin komen kayak pensiun sehat nih. Enggak usah redominasi bikin rakyat bingung. Toh sudah dilakukan di resto DK. DKL DKI apa nih? Orang menulis aja enggak bisa nih. Harga 50K 50K bukan Rp50.000 singkat. Udah nih enggak ada otak. Skip. Nah ini komentar yang bodoh nih. Gua suka nih komentar yang bodoh nih. Si Fontesa nih. 1 dolar akan jadi 16,5. Harga Coca-Cola Rp8. Harga sate Senayan Rp150. sama aja enggak sih? Ya gak apa-apa sih, lebih gampang ngitungnya ya. Bagus memang, tapi apa enggak boros ya mencetak buang baru enggak. Biayanya cuma R triliun dan bukanya inflasi akan jadi lebih tinggi misalnya Coca-Cola 8.000 paling naik bisa jadi 8.100. Kalau jadi Rp8 terus naik jadi RP9 kan mahal ya. Ya. Iya karena lu goblok. Kalau harga barang yang R8.000 atau 8.100 gara-gara redenominasi jadi Rp9 itu goblok. Karena Rp 8.100 jadinya Rp 8,1. Bodoh banget loh lu. Kalau pergi ke Burger King loh di Amerika Serikat enggak ada harga burger 4, 5 dolar? Enggak sama juga 4,82 5,12,99 semua. Enggak ada bedanya. Mau Indonesia 8.100 jadi 8,1. Ya bisa. Bukannya enggak bisa, simpel aja. Enggak berubah. Lu harus sih kebanyakan baca media tempe bacam, jadi enggak punya otak buat tahu hal simpel ini. Biaya cetak duit itu gampang, Guys. Murah 5 triliun. Enggak ada artinya. Kenapa? Karena shadow ekonomi yang gua bilang, karena duit koruptor yang gua bilang disimpan. Itu nilainya ribuan triliun selama ini terpendam di bawah tanah, kita bisa tarik keluar daripada duitnya enggak laku. Udah lu belanjakan. Makanya teman-teman jangan kaget. Bentar lagi lu bakal lihat ekonomi kita meledak yang akan ditandai dengan penjualan emas semakin langka. Susah lu dapat silver, susah lu mau cari emas. Yakin gua antriannya panjang. Kenapa? Karena banyak koruptor-koruptor ini, banyak bangsat-bangsat ini, orang-orang brengsek ini, pelaku ekonomi, shadow ekonomi ini, akhirnya mereka keluarin duit dia, mereka akan belanja emas. Tapi jangan khawatir terus gimana, Pak? Rugi dong negara enggak ya. Mereka udah deh pasti akan lebih aktif mengkonsumsi barang dan jasa yang ada di Indonesia. Makanya teman-teman perhatikan deh kan ini targetnya 2026 2027 redenominasi jalan. Lu bakal lihat pertumbuhan ekonomi kita tuh naik, positif. Makanya gua sangat yakin ISG itu Rp10.000, Guys. Dalam waktu dekat udah pasti ISG Rp10.000. So, gua sangat-sangat dukung redonominasi ini dan gua sangat yakin akan banyak koruptor yang benci karena duitnya bisa tidak berlaku lagi. Lu bayangin mereka selama ini enak-enak aja korupsi 20 miliar setahun. Dibawa ke mana duitnya? Ke bank. Ditanya dari mana? Transaksinya apa, duitnya siapa. Kalau enggak dituduh pencucian uang lu. Ah, sekarang mereka bakal pusing nih. Akibatnya mereka terpaksa belanja belanja belanja belanja daripada duitnya kena sit beli jam mewah, beli emas, beli berlian, beli tanah, beli rumah, udah pastilah transaksi naik. Kalau perlu pakai nama orang lain tuh. Tapi jangan khawatir, itu semua ada cara menanggulanginya. At the end of the day, yang paling menarik adalah duit balik ke sistem ekonomi kita. Itu yang paling penting. Duit-duit haram yang selama ini sembunyi di bawah tanah, di bawah kasur, di belakang tembok. Dari ketahuan ya orang yang sembunyiin duit di belakang tembok ketawa-ketawa sendiri dia di rumah sekarang itu rumah gua tuh katanya. Dan buat teman-teman yang masih banyak bodohnya, redenominasi ini juga bukan barang baru. Kenapa? Karena udah banyak negara yang sukses melakukan redenominasi. Pertama ada Turki. Turki tahun 2005 nilai 1 dolar itu setara Rp1.500.000 Lira. Lu bayangin nolnya banyak banget. 1 dolar di Indonesia cuma 16.000-an, Guys. Nah, pemerintah akhirnya di tahun 2005 hapus 60. Akibatnya 1 juta lira ya hari ini setara dengan 1 lira karena 60 sudah dibuang. Hebat Turki. Ada lagi negara lain yang namanya Rusia. Negara favoritmu Rusia. Di tahun 1998 Indonesia ribut dengan Krismon. Rusia juga lagi heboh karena mau redensi. Dia menghilangkan 3-0 dari Rubel karena ada krisis di tahun '90-an. Berhasil enggak? Berhasil. Sekarang mata uang Rubelt lebih terpercaya di dunia internasional. Nah, yang ketiga ada negara yang namanya Rumania di tahun 2005 dia hapus 4 dulu nama uangnya namanya Lei. Jadi satu lei yang baru setara dengan 10.000 lei yang lama. Jadi lebih singkat. Nah, dari situ sudah bisa lihat banyak negara sebetulnya ya. Sebbenar ada lebih banyak lagi negara yang memang melakukan redenominasi ini dan mereka melakukan ini karena mereka tahu taming yang tepat. Kita back dulu lah ke Turki. Kenapa Turki bisa sukses menghilangkan 6-0? 6 L yang dihilangin. Indonesia cuman tiga loh orang udah pada jerit-jerit. Profesor S3 jerit-jerit ya karena mereka anjing peliharaan koruptor-koruptor itu. Mereka ngamuk, mereka mau melawan, mereka mau berontak, mereka enggak mau duitnya tiba-tiba tidak berlaku lagi. Anyway, pelajaran penting dari Turki yang pertama ya. Kenapa mereka berani melakukan redominasi? Pertama karena inflasi dia sudah turun. Jadi sudah waktu yang tepat untuk lakukan redenominasi. Memang penting redenominasi ini dilakukan ketika inflasi kecil. Nah, yang kedua kenapa bisa sukses di Turki? Karena edukasinya masif, dipublikasi secara massal dan jelas. Jadi, enggak bikin orang panik. Nah, yang ketiga, mereka melakukan dual harga, dual pricing selama 2 tahun. Maksudnya apa, Pak? Dual pricing. Jadi gini, kalau lu pergi ke April Maret, lu mau beli bankbank harganya Rp8.000. Ada dua harga, harga Rp8.000 sama Rp8. Jadi, lu enggak confuse. Oh, lama-lama lu tahu nih ada masa transisi dari Rp8.000 ke Rp8. Dual pricing dilakukan selama 2 tahun. Nah, metode yang sama ini juga dilakukan sama Rumania. Jadi, Rumania sukses story-nya juga sama. Kenapa Rumania bisa sukses menghilangkan 4 dari mata uang Lidia di tahun 2005? Karena yang pertama dia juga melakukan dual pricing. Di toko-toko diwajibkan melakukan dual pricing. Rp1.000, Rp10. Ada dua harga supaya lu enggak confuse. Siap-siap lu setelah 2 tahun yang sebelah kiri hilang jadinya yang sebelah kanan yang nolnya lebih dikit. Rumania juga lakukan itu. Mereka belajar dari Turki. Dan kenapa mereka berani lakukan itu, K? Ya, karena pemerintah akhirnya sudah berhasil menekan inflasi. Inflasi tadinya double digit di Rumania kemudian turun ke satu digit. Artinya ini timing yang tepat untuk lakukan redenominasi. Karena secara teoritis redenominasi itu hanya bisa dilakukan kalau inflasi di bawah 10%, Guys. Apakah ini memberikan dampak baik buat Rumania? Iya, karena kemudian mata uang dia dianggap mata uang yang terpercaya di dunia internasional. Hingga akhirnya Rumania diizinkan masuk Uni Eropa karena mereka dianggap sukses melakukan reformasi ekonominya. Jadi wajib ya transisi ekonomi berjalan mulus. Negaranya perekonomiannya stabil kalau mau melakukan redenominasi. Rumania bisa, Turki bisa, Rusia bisa, dan Rusia juga sama. Dia lakukan itu ketika inflasinya lagi kecil. Dan ini memberikan dampak baik bagi Rubel karena Rubel menjadi lebih simpel dan kepercayaan masyarakat akibatnya meningkat terhadap mata uangnya sendiri. Kenapa penting ya kepercayaan masyarakat ya masyarakat sendiri maupun masyarakat internasional terhadap mata uang? Ya ya gini aja lu kalau tinggal di Jawa lu enggak bakal ngerti lah. Tapi kalau lu sering ke luar negeri itu pertama. Atau yang kedua, kalau lu sering tinggal di daerah perbatasan, misalkan lu perbatasan Kalimantan tuh dengan Malaysia, pasti lu sudah tahulah mata uang kita itu dianggap sampah di situ. Pasti jadi lelucon lah di negara-negara perbatasan. Kalau lu juga sering keluar masuk Batam, Singapura, lu pasti juga akan merasakan hal yang sama. Bahwa penting identitas kita yang namanya rupiah itu ya dijaga nama baiknya, dijaga harga dirinya. Nah, ini dilakukan oleh negara Turki, dilakukan negara-negara Rusia, dilakukan Rumania dan sebetulnya banyak bangetlah negara lakukan ini dan berhasil. Iya. Nah, ini adalah timing yang tepat buat Indonesia bisa masuk ke situ. Tapi anehnya masih banyak orang Indonesia yang kebanyakan baca koran tempe baceng percaya bahwa Indonesia akan bubar gara-gara redominasi Indonesia bakal jadi the next Zimbabwe. Lihat ini dafalanica nih. Zimbabwe hiperinlasi enggak kebayang plus 62 yang nolnya cuma lima aja pengen redominasi si goblok. Ambil contoh Zimbabwe. Ada lagi TPI 101. Mantap. Indonesia menuju Zimbabwe. Ini dia contoh juga orang yang perlu ikut program food estate. Terus ada lagi Muhammad Fatoni. Hati-hati redominasi bisa menyesatkan. Enggak ada negara yang berhasil dapat memperbaiki ekonominya hanya dengan redenominasi. Lihat tuh negara yang pernah lakukan redenominasi. Brazil, Peru, Rusia, Argentina, Venezuela, Zimbabwe. Bodoh nih orang bodoh ngomong enggak pakai data. Tapi udahlah ini semua orang kayaknya penggemar Zimbabwe. Kita buka, Guys, Zimbabwe. Demi lu nih. Zimbabwe itu betul enggak contoh negara yang gagal melakukan redenominasi? Betul. Lu tahu Zimbabwe itu sudah tiga kali melakukan redenominasi. Tahun 2006 dia hapus 30. Tahun 2008 dia hapus 10. Tahun 2019 dia hapus 12. Total ada 25 yang dihapuskan. Gila ini negara gagal. Gagal. Semua upaya redominasi dia tidak berhasil. Mata uangnya jatuh. Dan akhirnya Zimbabwe menghapus mata uang negaranya dan pindah ke US dollar, Guys. Oke, Zimbabwe gagal. Nanti gua bahas kenapa dia gagal. Contohnya bukan cuma Zimbabwe. Tadi banyak juga yang bilang apalagi tuh Venezuela. Venezuela sampai tiga kali redenominasi. Tahun 2008, 2018, 2021, tahun 2008 30. Tahun 2018 50. Tahun 2021 60. Total ada 140 yang dihapus sama Venezuela. Gagal. Iya. Kenapa? Tentu ada alasannya. Kurang banyak. Ada lagi Yugoslavia tahun 90 1990 sampai 1994. Mereka itu sudah hapus nolnya berkali-kali. Udah enggak kehitung, Guys. Karena inflasinya di sana sampai R juta%. Makanya mereka terpaksa harus hapus terus nolnya. Masyarakat enggak percaya sama mata uang mereka. Akibatnya mereka pindah pakai mata uangnya Jerman namanya Dutchmark zaman itu. Terus kenapa ya mereka bisa gagal? Nah, ini yang penting, Guys. Dan lu harus tahu bedanya Indonesia dengan Zimbabwe. Kenapa Zimbabwe potong nolnya sampai tiga kali, Guys? 2006 hapus 30, 2008 hapus 10, 2009 hapus 120. Jadi contoh redenominasi yang pertama tahun 2006 mereka lakukan redominasi waktu itu inflasinya 1000% guys. Gila inflasinya 1000% dia potong 30 apakah berhasil tidak maklah makin parah hyperinflasi tahun 2008 diaak redenominasi 10 dibuang tapi inflasinya saat itu 231 juta% guys ngeri enggak? Habis itu apa 2009 Redon M lagi 120 dibuang tapi inflasinya udah 500 miliar per gila nih sampah banget mata uang ini. Bahkan orang-orang kalau belanja ke pasar lu tahu bawa gerobak dorong mereka bawa karung isinya duit lebih mahal cetak duitnya dibanding duitnya itu sendiri guys. Lu bayangin lu mau beli buah aja harus bawa karung isinya duit kertas lu yang enggak ada nilainya itu. Jadi kenapa mereka bisa gagal? Ya karena mereka lakukan itu ketika inflasinya sangat tidak terkendali. fatal. Pemerintah akibatnya terus cetak uang gila-gilaan buat nutup defisit sama utang mereka. Dan negara enggak benar-benar mau ngurus fiskalnya. Jadi, tidak ada reformasi ekonomi di sana. Korupsi dipelihara, negara tidak efisien, kebocoran di mana-mana, ya bubar. Bubar. Nah, contoh yang sama juga berlaku kalau kita bicara negara Venezuela. Ternyata kenapa Venezuela gagal redenominasi sampai tiga kali? Tahun 2008 nolnya dihapus 30. Gagal karena inflasi dia tinggi 30% inflasinya. Tahun 2018 potong lagi 5 tapi gagal lagi karena apa? Inflasinya 130.000%. Tahun 2021 mereka potong lagi 60 tapi gagal lagi karena inflasinya di atas 1000%. Jadi dari sini lu bisa lihat Venezuel itu gagal ya karena negaranya inflasinya tinggi banget guys. Bank sentral cetak duit terus. Subsidi populis dijalanin terus. Negara enggak disiplin dalam fiskal. Produksi domestik mereka merosot. ekonominya bergantung sama satu sektor minyak doang ya collaps ketika minyaknya jatuh semua runtuh itu kayak kartu domino. Akibatnya apa? Harga barang terus naik. Redenominasi hanya menyamarkan gejala-gejala kehancuran kanker ekonomi. Mereka tidak pernah memperbaiki akar masalah. Makanya Indonesia juga wajib tuh perbaikin akar masalahnya. Tapi dari sini lu dapat kesimpulan yang sama. Apa? Kenapa Venezuela gagal? Karena inflasinya tinggi ketika dilakukan redonominasi. Kenapa Zimbabwe gagal? Karena inflasinya tinggi ketika dilakukan redominasi. Dan kenapa Yugoslavia gagal meskipun melakukan redenominasi? Karena di tahun 1990 ketika dia potong 0 sampai 6 biji, inflasinya saat itu R5 juta%, Guys. Jadi kesimpulannya sama, semua negara-negara gagal yang melakukan redominasi karena mereka lakukan itu ketika inflasinya tinggi. Nah, Indonesia gimana kalau gitu? Gawat nih dong. Karena banyak ahli S3, profesor ekonomi S4 pada bilang redominasi ini bahaya buat negara kita. Padahal gua sudah jelaskan berulang-ulang redenominasi sangat baik bagi perekonomian kita. Dan mereka berulang kali ambil contoh Zimbabwe tanpa pernah tahu apa kejadian di Zimbabwe. Si tolol-tolol itu. Tapi ya udahlah itulah namanya media peliharaan George Soros ya. Sudah harus begitu karena mulutnya mangap dikasih makan sama asin. Tapi kalau kita lihat Indonesia gimana? Indonesia apakah berada di posisi yang sama dengan Zimbabwe? Inflasi jutaan persen atau Venezuela inflasi sampai ribuan persen? Ternyata tidak. Berdas data di Bank Indonesia bulan Oktober 2025 inflasi kita itu hanya 2,86%. yang artinya ya ini masih aman untuk lakukan redominasi bahkan timing-nya pas karena inflasinya di bawah 10% dan stabil di angka 2%-an terus guys. Nah ingat negara yang gagal ketika mereka melakukan redominasi di saat inflasinya double digit lebih, puluhan pers ratusan pers ribuan bahkan jutaan persen. Makanya teman-teman jangan takut dengan yang namanya redenominasi dan teman-teman gua garansi purbaya makin banyak musuhnya karena semua koruptor ketakutan di luar sana. Pelaku shadow ekonomi, judi online, takut prostitusi, takut pedagang obat-obatan terlarang, miras ilegal, semua bisnis-bisnis ilegal itu pada ketakutan sama Purbaya. Karena mereka sekarang udah enggak bisa lagi tenang-tenang aja nyimpan duit di belakang kasur, di belakang tembok, di bawah tanah. Haduh, panik mereka. Dan dia akan lakukan segala cara buat bayar media-media peliharaan ini. Profesor-profesor yang hobinya makan duit sogok. Kenapa? Karena mereka pengin negara kita tetap korup, tetap hancur. Mereka enggak pengin ekonomi kita naik 8%, Guys. Padahal udah gua bilang ribuan triliun bisa masuk ke perekonomian kita ketika redenominasi ini dijalankan. Nah, tapi gua mau kasih sedikit tips. Gimana caranya supaya redominasi ini bisa bagus? Lu pasti lihat pasti akan terjadi banyak pergeseran duit di duit ilegal itu pindah belanja emas, belanja lain sebagainya. Enggak apa-apa biarin aja. Ada caranya juga gimana kita tanggulangin itu. Gimana, Pak? Pertama, ketika orang buat transaksi di atas 10 gram emas, nanti tinggal bikin aturan wajib sertakan NPWP. Jadi kalau lu mau beli emas silakan 1000 kilo pun 1 ton pun enggak ada masalah. Tapi mana NPWP-nya? Lu mau jual di atas 10 gr mana NPWP lu? Lu mau beli di atas 10 gr mana NPWP lu? Wih, ngeri dong, Pak. Ya enggak apa-apa biar kedeteksi. Kalau duitnya duit haram kedeteksi. Tapi kalau duitnya legal, ngapain takut lu? Harus nyetor NPWP. Iya dong. Zaman sekarang lu mau ambil motor aja cuman harga Rp10 juta, lu pakai NPWP kok. Masa lu mau beli emas, jual beli emas ratusan juta, miliaran enggak pakai NPWP? Enggak masuk akal lu. Jadi dari sini pemerintah juga bisa ngetrek. Biarin aja mereka. Terus gimana, Pak, nanti kalau ada yang dipindahin duitnya dari bawah tanah dipindahin ke kripto gampang. Justru malah lebih enak karena bisa dirack. Ada caranya? Ada. Nanti gua kasih tahu tipsnya. Tapi pertanyaan gua buat teman-teman semua, lu setuju enggak redenominasi dilakukan di Indonesia dengan segala keuntungan yang gua bilang tadi? Atau mendingan kita ikutin kata ekonom-ekonom pintar itu aja. Enggak usah redenominasi, bodoh, ngapain? Nanti inflasi, nanti jadi zimbo apa? Lu percaya enggak sama mereka? Lu lebih pilih kayak mereka. Duit itu ngedot aja biar kering duit sekarang. Karena banyak koruptor tuh banyak menyedot ya duit dari negara kita. Tapi dibalikin lagi ke dalam sistem ekonomi enggak? Lu lebih setuju begitu. Ikutin kata profesor-profesor ahli ekonomi itu atau lu lebih setuju dengan Benix, redominasi ini harga mati harus kita jalankan. Terus yang paling penting menurut kalian ya, apa sih keunggulan dan kenapa Renominasi ini harus kita jalankan sekarang juga secepat-cepatnya? Boleh enggak kasih sarang share di bawah ini alasan kamu kenapa kamu setuju Redominasi dilakukan secepat-cepatnya. Dan buat teman-teman ya, lu bakal lihat ya dalam beberapa bulan ke depan bakal masukin masif nih gerakan mereka membayar mahasiswa, membayar profesor-profesor, membayar ahli-ahli ekonomi buat bikin narasi-narasi negatif tentang Purubaya, narasi negatif tentang redenominasi. Makanya kita harus kompak nih, Guys, buat belain Purubaya. So, buat teman-teman yang setuju dengan redenominasi, tolong please langsung isi suara kalian. Tanda tangan petisi ini, Indonesia mendukung redominasi bersama Purbaya. Share ke orang sebanyak-banyaknya supaya makin cepat pertumbuhan ekonomi Indonesia. Supaya masuk lagi duit-duit gelap itu, duit-duit shadow ekonomi itu, duit-duit koruptor yang selama ini sembunyi di bawah kasur, sembunyi di bawah tanah, sembunyi di dalam fas bunga, sembunyi di dalam kulkas. Lu harus segera tanda tangan petisi ini. Ini bukti dukungan rakyat Indonesia kepada Purbaya. Bukti dukungan Indonesia terhadap redenominasi ini. Bukti bahwa kita sudah muak dengan koruptor-koruptor itu. Segera isi petisi ini, Guys. Supaya Purbaya tambah PD, Guys. Supaya Purbaya tidak stres di rumah tidur. Supaya Purbaya tahu. Mayoritas orang Indonesia mendukung Purubaya. Mayoritas orang Indonesia mendukung redenominasi. Jangan takut Purubaya. Kita dukung Anda. Seluruh rakyat Indonesia mendukung Anda. Dan semua investor yang tentunya punya hati nurani pasti setuju dengan redenominasi. Buktikan dengan share link ini. Dan jangan lupa ya share video Benix dan subscribe sekarang juga channel kita. Ditunggu komentar kalian terkait redominasi ini. Lu setuju apa enggak dan kenapa ini wajib banget kita laksanakan sekarang juga. Semoga video ini bermanfaat. Salam sehat. Salam cuan. Bye bye. [musik] [musik]
Resume
Categories