Transcript
-Ve3m_rUOK4 • INDONESIA STOPS RICE IMPORTS!! Thailand–Vietnam FURIOUS! Global Rice Prices Plunge 42%!
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/Bennix/.shards/text-0001.zst#text/0491_-Ve3m_rUOK4.txt
Kind: captions
Language: id
Guys, ngeri banget nih, Guys. Dunia
terguncang gara-gara Indonesia melakukan
satu hal yang luar biasa ini. Dan bukan
main-main loh, negara yang sampai
ketakutan itu banyak banget. Ada
Thailand, Vietnam, India, dan Pakistan.
Gila ini negara-negara yang punya nuklir
ini sekarang lagi ketakutan, Guys.
Gara-gara Indonesia stop impor beras.
Menteri Koordinator Bidang Pangan
Zulkifli Hasan menyebut Indonesia tidak
akan mengimpor beras konsumsi tahun ini.
Saya mendapat paparan yang sangat
menggembirakan. produksi pangan kita
yang ada di gudang kita mendekati 2 juta
ton.
Loh, kok bisa ya? Apalagi gua makin
kaget lagi ketika gua dapat kiriman
video dari seminarnya Menteri Pertanian
favorit kita Amran Sulaiman. Dan di sana
dia buka nih pembicaraan rahasia dengan
Presiden Prabowo. Lu penasaran enggak
sih apa sih videonya si Amran itu?
Makanya lu jangan skip video ini. Let's
check this
[musik]
negara saja pragmatis. Tidak ada ingin
negara tetangga dan seluruh dunia
Indonesia sembad kenapa ini adalah
pasarnya pragmatis kan? Benar enggak?
Sekarang tidak impor. Tuh Indonesia
mengubah petapangan dunia tuh. Harga
turun dari 650 per tahun turun
serendah-rendahnya. Titik nadi terendah.
300 ini harga beras dunia turun. Tidak
bahagia kan? Thailand tidak bahagia,
Vietnam tidak bahagia, Kamboja tidak
bahagia, ee Pakistan tidak bahagia,
India tidak bahagia. Kenapa? Indonesia
menyetop impor mendadak dan presiden
kita bangga. Aku dampingi beliau.
Kamboja ketemu, kemudian Thailand,
Vietnam bisa enggak dikit saja dia
minta. Aku dengar langsung 250.000 ton.
Aku ditanya bak Mintan kasihan tuh dia
mau minta-minta setelah bergeser ke Pak
Presiden izin 1 liter pun itu kehormatan
bangsa 1 liter saja masuk itu terganggu
secara politik di Indonesia. Aku bukan
orang politik. Langsung dia bilang kalau
begitu ee kamu jangan hadir ya kalau
pert Oh iya siap Pak aku menghindar
sekarang tidak impor. Satu-satu kita
selesaikan.
Oke. Jadi di situ ada poin utama gini
guys. Yang pertama apa? Banyak
negara-negara di luar sana itu berpikir
praktis pengin Indonesia jadi budak.
Indonesia ini negara pasar. Penduduknya
ratusan juta jiwa. butuh makan beras,
kita perbudak aja. Perbudak dengan cara
apa? Bikin mereka bergantung pada
produksi pangan India. Bikin rakyat
Indonesia menjadi budak pangan Vietnam.
Bikin orang Indonesia ngemis-ngemis
beras ke Thailand. Wah, inilah pola
pikir dunia, Guys. Makanya harus punya
mindset global kalau jadi presiden.
Kalau enggak sibuk aja lu dikadalin. So,
kabar baik sekali sih ada menteri yang
aware ya dengan peta geopolitik dunia
hari-hari ini. Dan dia di situ udah
ngobrol yang kedua nih penting bukan
cuma soal pragmatisme politik dunia,
tapi yang kedua tentang bagaimana
Indonesia mempunya peranan yang sangat
penting dalam menentukan harga beras
dunia. Gua kaget ketika lihat video itu.
Lu bayangin harga beras dunia itu
tadinya 650 per ton. Hari ini jadi 300
per ton. Kok bisa harga beras dunia
turun drastis, Guys? Dari 650 per ton
jadi 371 per ton. Atau tadinya begini,
Guys. Tadinya Rp10,8 juta per ton beras
sekarang turun gara-gara Indonesia nih.
Jadi Rp6,2 juta per ton. Ya, sama aja
sih turunnya 4,6 juta ton. Gila ya, drop
parah banget loh. Hampir 50% harga beras
dunia itu anjlok dan itu gara-gara
Indonesia. Emang apa yang dilakukan sama
Indonesia, Guys? Ternyata itu bisa
terjadi karena Indonesia stop impor
beras. Jadi buat Teman-teman yang belum
tahu ya, Indonesia ini kan negara yang
hobinya ditipu, dikerjain, diperbudak
sama negara-negara di sekitarnya. Ya,
contoh paling gampang ya dari sektor
energi lah. Kita ditipu bertahun-tahun
enggak punya kilang minyak sendiri. Kita
disuruh impor dari Singapura. Kan bodoh
banget negara sekecil itu megang kendali
terhadap energi minyak di Indonesia. Eh,
kita juga impor juga dari Timur Tengah
dalam bentuk krut. Jadi, Indonesia
betul-betul bodoh. Habis kita
dibodoh-bodohin. Tidak ada presiden yang
punya pride kebanggaan sebagai orang
Indonesia diinjak-injak negara lain tuh
enggak ada, Guys. Tapi ternyata
Indonesia ya bukan cuma soal diperbudak
soal energi minyak, tapi Indonesia juga
diperbudak soal pangan, makanan yang lu
makan itu bertahun-tahun Indonesia
hobinya apa? impor kita dibikin bodoh.
Lu tahu tahun 2023 Indonesia impor berat
sampai 33 juta ton. Gila, katanya
Indonesia negara agraris, [tertawa] Bro.
Tapi faktanya kita dibikin bodoh sampai
impor 3 juta ton beras. Nah, di sini lu
harus bertanya-tanya, Guys. Kenapa ya
Indonesia bisa-bisanya ya sebelum Amran
jadi Menteri Pertanian, bisa-bisanya
kita itu impor sampai jutaan ton beras,
Guys. Ya, bisa jadi karena Menteri
Pertanian sebelumnya itu anak setan,
Guys. Wah, pasti banyak orang yang marah
nih. Benix, enggak ada adabnya. Enggak
tahu sopan lu sama orang tua. Eh, gua
beneran ngomong masa lu enggak tahu. Ini
menteri sebelumnya ini ya memang setan
yang lepas, Guys. Dan enggak
ngadi-ngadi, ya. Bukan cuma setan biasa.
Dia ini setan yang liar juga. Kenapa
liar? Karena dia lapar banget buat
bertindak jahat, Guys, sama bangsa kita.
Pengkhianat bangsa nih. Dia korupsi,
Guys. Jadi, lu jangan kuliahin gua.
Ngapain lu, Benix ngatain orang tua
setan. Enggak sopan lu. Enggak. Enggak.
Fakta bahwa menteri sebelumnya adalah
setan yang lapar, korupsi. Gila banget.
Udah tahu banyak petani Indonesia
menderita miskin. Apa yang dia lakukan?
Impor beras. Kan goblok. Tambah miskin
lah petani kita. Sadis. Makanya kalau
dibilang bendis kok enggak ada adabnya
yang ngatain mantan menteri itu kok
setan gitu. Simpel aja setan beneran
ini, Bro. Buktinya hari ini sekarang dia
lagi sekolah di penjara guys. [tertawa]
Dilapa Suka Miskin. Fakta aja lah. Tapi
udahlah memang itu nasib lu ya jadi
rakyat Indonesia. Hobinya apa? Lu itu
dibodoh-bodohi sama pejabat anak setan.
Ya, setan yang lapar memang laknat
banget memang. Cuman ya udahlah, setan
yang satu ini memang enggak ada duanya.
Tapi kita harus lihat ke depan lah. Anak
setan tuh udah masuk penjara. Ya,
sekarang kita dapat menteri yang baru
nih, menteri pertanian yang baru ya.
Syukurnya ternyata dia sangat brilian
lah. Gua lihat dia sangat brilian. Dia
tahu apa yang dia lakukan. Dia pekerja
keras dan terbukti juga dia berhasil
menggenjot swasembada pangan di
Indonesia. Ya untuk pertama kalinya lah
di Indonesia akhirnya punya menteri yang
memang ahli di bidangnya S1, S2, S3 di
bidang pertanian, Guys. Bukan bidang
filsafat Inggris kagak enggak. yang
memang punya berbakat di bidang
pertanian sampai S3 loh. Dan mungkin
satu-satunya ya menteri pertanian yang
punya paten, terdaftar patennya. Beda
sama Bobby Boss nih ngaku-ngaku ada
paten tapi kagak [tertawa] ada patennya.
Tapi ya udah kita ngomong fakta aja lah.
Indonesia bersyukur hari ini kita
diturunkan Menteri Pertanian yang sangat
kredibel. Dan meskipun sebelumnya
Indonesia hobinya impor beras ya sebelum
Amran ya sekarang Indonesia sudah resmi
nih tahun 2025 kita itu udah stop impor
beras sampai akhir tahun ini kita sudah
stop impor beras. Bahkan produksi beras
Indonesia itu memecahkan rekor guys
tertinggi sepanjang masa. Ee tapi kita
bahas fair juga lah. Indonesia memang
berhasil enggak sih soal semada pangan?
Berhasil. Fakta. Tapi sebetulnya ada
loh, enggak banyak media yang tahu juga
kita mentrack sih di Januari, Februari
Indonesia itu ada impor beras tapi
jumlahnya sangat kecil sekitar 90.000
ton beras. Tapi itu kenapa ya menurut
gua itu sih ses lah dari masa lalu,
kebijakan masa lalu yang sudah terlalu
janji sama negara asing bakal impor. Ya
udahlah akhirnya kita impor berat 90.000
ton. Tapi kalau dibandingkan ya periode
Januari Februari 2025 itu kan ada 90.000
ton. Kalau kita bandingkan dengan
Januari 2024 impor kira itu 880.000 ton.
Jadi ya dari 800.000 ton ke 90.000 ton
ya itu udah tetap drop parah sih
lama-lama di Meet, April, Mei, Juni
sampai akhir ini gak ada lagi impor.
Nol. Indonesia benar-benar suasembada
pangan. Tapi itulah itulah nokta merah
lah dalam raportnya si Amran ya. Jadi
harus menikmati dosa masa lalunya bahwa
Indonesia 2025 masih ada jejak kotor
JanuariFebruari ya walaupun kecil 90.000
ton memang kita ada impor. Paling banyak
sih dari Thailand. Thailand tuh 13.000
ton. Di bawahnya ada Vietnam 15.000 ton.
Terus ada Myanmar 6.000 ton. Terus ada
Pakistan 16.000. R000 ton. Terus ada
India 26.000 ton. Ya udah kalau
ditotal-total Januari sama Februari sih
enggak nyampai Rp90.000 sebetulnya. Tapi
then again ya kalau lu bandingkan ya
2025 total impor kita itu 90.000 ton itu
udah jauh lebih kecil dibandingkan 2023
dibandingkan ya sebelum si Amran jadi
menteri 2023 kita impornya 3 juta ton
guys dari Rp3 juta ton ke 90.000 ton ya
pengurangan yang drastis sih. Nah
hari-hari ini udah 0. Jadi kalau lu
lihat datanya juga ya udah jadi
Indonesia swatbada pangan resmi. Dan gua
bisa lihat di 2026 sepertinya tidak akan
ada lagi nokta merah itu tuh
Januari-Februari kita walaupun cuman
1.000 ton walaupun cuma 10.000 1000
tahun itu kan kenajisan, Guys. Ya,
harapannya Indonesia betul-betul
memberdayakan petani kita sendiri. Makan
beras ya beras petani kita sendiri. So,
itulah, Guys, faktanya dunia Indonesia
sekarang kita akhirnya berhasil lolos
dari jebakan setan. Tadinya kita
digoblok-goblokin sama anak setan,
sekarang kita sudah merdeka nih. Maju
bersama menteri kita yang baru nih sama
si Amran dan membawa Indonesia akhirnya
ke swasbada pangan. That's a good news
buat Indonesia. Tapi buat dunia lain
gimana ya? Gimana nasib negara-negara
lain yang selama ini dipuja-puja,
dijilat pantatnya sama pejabat Indonesia
supaya dapat komisi impor itu? Karena
mereka selama ini menikmati kebodohan
Indonesia dengan impor beras
besar-besaran jutaan ton dari negara
tersebut. Yuk, kita cek nasibnya. Jadi,
FYI aja, Guys. Di tahun 2023, Indonesia
itu menjadi importir beras terbesar dari
Thailand. Jadi, kalau ngomongin Thailand
hobinya ekspor beras, ternyata paling
banyak beras Thailand itu pindah ke
mana? Bukan ke Zimbabwe ya, bukan juga
ke Jepang, tapi ternyata ke Indonesia.
Kok bisa Indonesia? Sedih banget katanya
negara agraris, tapi ya itulah negara
gris tapi hobinya korupsi. Jadi
Indonesia ini bukan negara agraris.
Indonesia ini negara korupsi. Lu tahu di
tahun 2023 total ekspor beras Thailand
itu Rp6 triliun. Dari Rp6 triliun data
menunjukkan bedw ini data resmi di tahun
2023 kita itu impor senilai 800 juta
dolar beras dari Thailand. Lu bayar 800
juta dolar itu setara dengan 13,4
triliun, Guys. Jadi kalau lu hitung ya,
total ekspor beras Thailand itu 66
triliun. Indonesia belanja 13,4 triliun.
Artinya 20% produksi beras Thailand
diimpor oleh Indonesia. Artinya orang
Indonesia dilahirkan di bumi ini untuk
jadi budak Thailand, untuk jadi tulang
punggung petani-petani Thailand. Lu
bayangin ya, petani Thailand itu bisa
hidup hari ini karena ada orang
Indonesia yang goblok-goblok itu hobinya
apa? Impor beras Thailand. Petani
sendiri di negeri sendiri disuruh
miskin, disuruh mati, Guys. Sadis ini.
Dan saking kita bergantungnya ya sama
beras impor Thailand sudah
bertahun-tahun ya, beribu-ribu tahun
Indonesia dari sejak zaman Majapahin
kali ketololan ini terjadi. Lu tahu
Indonesia hobinya makan beras Thailand,
impor beras Thailand, jadi budak
Thailand. Bahkan ya sampai grup musik
terkenal dari Bandung, Project Pop aja
ya itu bikin video klip kalau di
musiknya ini. Ini udah bertahun-tahun
yang lalu. By the way videonya nih itu
Indonesia itu begitu korupnya, begitu
bodohnya sampai kalau main bola bisa
disogok pakai beras Thailand. Jadi udah
legendaris nih Indonesia ini budaknya
petani Thailand. So hari ini gimana
nasibnya Thailand, Guys? Setelah
bertahun-tahun kita dibodohin sejak
zaman Majapahit menjadi anjing
peliharaan Thailand, kita disuruh
belanja berasnya Thailand. Akhirnya
Indonesia bisa bangun juga ya dari
kebodohan itu. Indonesia bisa bangun
dari tidurnya. Indonesia selama ini
dinin bobokan untuk impor, impor, impor,
impor terus biar pejabatnya makin kaya,
dapat komisi, dapat kickback, selesai.
Tapi akhirnya Thailand enggak bisa lagi
menikmati kebodohan rakyat Indonesia ya.
Karena sekarang Indonesia sudah berani
stop impor beras. Thailand sampai
kelabakan. Lu bayangin sampai surat
kabar terbesar di Thailand, Bangkok Pos,
ibuotanya Thailand itu Bangkok itu
sampai bikin berita
petani beras di Thailand mendemo
Kementerian Pertanian Thailand. Kenapa?
Karena semenjak Indonesia stop impor
beras Thailand, harga beras dunia
anjlok. Beras di Thailand oversupply.
Tidak ada yang beli lagi beras-beras
petani-petani ini. Sehingga mereka
sampai demo ketakutan. Di tahun 2025 ini
ribuan petani di Thailand menjerit,
Guys. Haduh, orang Indonesia kenapa lu
tambah pintar? Petani Indonesia kenapa
lu tambah sejahtera? Menteri Indonesia
kenapa lu enggak doyan duit sogok? Kan
enak tinggal impor lu dapat duit. E
sebentar guys, sebentar guys sebelum
kita lanjut videonya. Halo goodis guys.
Teman-teman investor Benix Investor
Summit 2025 akan segera diselenggarakan
di bulan Desember 2025 di Swiss Bell
Solo. Jadi buat teman-teman yang pengin
segera diskusi, ketemu dan interaksi
langsung ya karena kita bakal membahas
tiga sektor penting. Yang pertama
terkait energi, yang kedua terkait
bisnis logistik, dan yang ketiga ada
sektor spesial nih dengan pembicara yang
spesial juga karena ya cuannya gede
banget nih guys. Nah, buat lu yang
penasaran dan pengin segera ikutan di
event acara offline spesial Benix cuman
ada 1 tahun sekali yang namanya Benix
Investor Summit 2025. Yuk, segera daftar
sekarang juga nih sebelum terlambat. Dan
ingat, kursinya juga terbatas karena
cuman ada 50 kursi, Guys. Total kursi
yang kita sediakan.
Ikut di sini sangat happy lah, ya. Jadi
banyak sekali membuka wawasan baru,
terutama banyak bocoran-bocoran mengenai
ee kebijakan maupun emiten yang akan
terbang selanjutnya. Jadi puas sekali
sih dengan ini. Kalau tahu Pak Ben di
YouTube sendiri kan lebih apa ya ee
pinggir jurang ini lebih pinggir lagiah
ini.
Mengikuti BIC [musik] investor Samet ini
setelah dua kali saya mendapatkan
manfaat bahwa kalau kita bisa memahami
fundamental atas perusahaan dan forecast
untuk perusahaan ke depannya kita pasti
dapat akan mendapatkan hasil yang jauh
lebih baik. Dan itu yang saya rasakan
selama setahun ini. Dan saya harapin
kalau e untuk Benik Investor Summit 2025
diadakan, saya pasti akan ikut lagi.
Salam cuan.
So, siapa cepat dia dapat. Sampai ketemu
di Solo ya, guys. Bulan Desember 2025.
Benix Investor Summit 2025 segera datang
lagi. Segera daftarkan dirimu sekarang
juga sebelum terlambat. Ingat, ini acara
eksklusif yang kita selenggarakan
private dan sangat intim. Kita bisa
berinteraksi full nih selama 24 jam
karena acaranya diselenggarakan selama 2
hari dari hari Sabtu sampai [musik] hari
Minggu dari jam 09.00 pagi sampai malam.
So, tunggu apaagi? Segera daftarkan
dirimu sekarang juga di nomor WhatsApp
yang ada di bawah ini. Sampai ketemu di
Solo, Guys. Bye bye. Kan enak tinggal
impor lu dapat duit tapi enggak bisa,
Guys. Ya, karena Indonesia kali ini
beruntung, ya. Kita dapat menteri yang
capable, yang reliable, yang punya
integritas. Guys, Indonesia beruntung
nih hari-hari ini walaupun Thailand
menjerit sedemikian parah dan gua yakin
dia udah pasti sering disogok juga nih
sama Thailand nih buat masukin beras
dari sana ke sini, tapi dia tak
bergeming. Ya, data menunjukkan ya
sampai hari ini impor beras kita di
tahun 2025 nol 0 sampai akhir tahun gua
yakin nol. Indonesia stop impor beras
dari Thailand. Ini sebuah keberanian
yang luar biasa sih. Dan ini konsistensi
ini juga kita bisa lihat Indonesia tahu
ya, bertahun-tahun juga dijadikan anjing
peliharaan Vietnam. Kita disuruh makan
beras Vietnam. Dan gilanya lagi ya,
beras Vietnam itu mahal, Guys. Udah
kualitasnya rendah, berasnya mahal lagi.
Di tahun 2024, impor beras dari
Indonesia itu bahkan sangat berdampak
bagi petani Vietnam. Lu tahu kita beli
beras dari Vietnam itu harganya Rp9,6
juta per ton. Itu mahal banget. Jauh
lebih murah beras dari Thailand. Tapi
memang Indonesia ini memang hobinya
korup ya. Beras mahal aja dari Vietnam
itu kita impor. Dan begitu bodohnya
Indonesia sampai masuk kok di berita
Vietnam. Salah satu koran investor
terbesar di Vietnam namanya Fear ya.
Vietnam Investment Review itu sampai
bilang Vietnam akan sangat diuntungkan
karena Indonesia meningkatkan impor
beras Vietnam. Karena dari Vietnam aja
ya di tahun 2023 itu kita impor sampai
1,1 juta ton beras dari Vietnam. Gila
memang ini gila banget. Kita ini
ternyata enggak puas ya, cuma jadi budak
Jepang ya, disuruh beli mobil Jepang,
suruh subsidi mobil Jepang pakai
bensin-bensin yang dikasih murah itu
biar tambah kaya kaisar Jepang. Enggak
habis-habisnya kita dibodoh-bodohin
lagi. Sekarang kita harus beli beras
dari Thailand, dari Vietnam. Jadi zaman
dulu itu kita betul-betul memalukan,
Guys. Enggak ada harga diri negara kita
ini. Bahkan sampai Vietnam ini tertawa,
terbahak-bahak melihat kebodohan
Indonesia, pejabat-pejabat Kementerian
Pertanian Indonesia. Enggak, enggak ada
otaknya. Negara segini besar masa masih
impor beras. Sampai-sampai ya
perusahaan-perusahaan beras di Vietnam
itu mentertawakan kebodohan Indonesia.
Lu baca nih Nguyan Fantat nih, CEO
perusahaan Chantau, Rice Export dari
Vietnam. Dia sampai bilang peningkatan
impor beras dari Indonesia adalah sinyal
positif bagi ekspor beras Vietnam.
Meskipun harga beras Vietnam yang
tertinggi di dunia, memang Indonesia ini
goblok banget ya. Udah harganya tinggi
banget malah dibeli lagi dari Vietnam.
Bodoh nih emang si Nguyan pantat ini dia
memang jago banget nih ngeciipoin
pejabat Indonesia nih. Ya udah anyway
dia bilang meskipun harga beras Vietnam
yang tertinggi di dunia harganya 578 per
ton alias Rp9,6 juta per ton, tapi kami
pengusaha beras Vietnam yakin Indonesia
bakal meningkatkan impornya dan
Indonesia akan menciptakan peluang
bisnis sehingga mereka bisa terus
mengeksploitasi
pasar Indonesia. Gua ulangin
kata-katanya. mengeksploitasi
Indonesia. Lu bayangin Indonesia udah
dianggap sebagai budak yang harus
dieksploitasi.
Bodoh. Ini yang ngomong orang Vietnam
langsung, Guys. Mereka menikmati
kebodohan Indonesia dengan
pejabat-pejabat yang tolol,
menteri-menterinya yang korup bisa
dieksploitasi rakyat kita. Kita ini
cuman bahan, kita ini cuma market, Guys.
Ih, jiji banget gua baca berita-berita
dari Vietnam ini. Betul-betul kita
dibodohin habis-habisan nih. Tapi memang
ada dasarnya. Si Nguyan ini ngomong
begitu bahwa Indonesia ini bodoh, berhak
dieksploitasi. Mereka akan sibuk
membodoh-bodohi rakyat Indonesia. Karena
apa? Faktanya aja lah. Pakai data lah.
Faktanya tahun 2023 impor beras kita
dari Vietnam nilainya 11 triliun, Guys.
Jadi memang fungsi rakyat Indonesia itu
lu kerja dari pagi sampai malam terima
duit terus dibelikan beras petani
Vietnam atau beras petani Thailand
supaya mereka tambah kaya. Lu tambah
bodoh. Negara kita bodoh, Guys.
Bertahun-tahun ditipu aja. Enggak
sadar-sadar, enggak bangun-bangun. Tidur
aja lelap terus. Rakyat terlantar,
rakyat tambah miskin, mampus. Dan makin
gila lagi lu tahu begitu superheronya
Indonesia ya benar-benar Indonesia ini
negara religius yang sudah pasti masuk
surga semua rakyatnya. Karena apa?
Produksi beras Vietnam seperempatnya itu
ke Indonesia. Artinya petani Vietnam
nyawanya ada di Indonesia. Lu bayangin
1/4at 1/4 25%
produksi beras Vietnam itu kita yang
serap. Gila ini Indonesia ini
benar-benar jadi pahlawan. Udah pasti
masuk surga lah semua orang Indonesia
ini karena hobinya memperkaya petani
Vietnam, memperkaya petani Thailand. Wah
hebat, Guys. Duit triliunan kita kasih
ke mereka. Ratusan triliun. Bodohnya
enggak habis-habis. Makanya lu jangan
kaget, ya. Ketika Indonesia akhirnya
memutuskan buat stop impor beras dari
Vietnam, apa yang terjadi? Duta besar
Vietnam itu sampai panik, Guys. Gila
enggak? Duta besarnya aja turun. Ini
beda dengan duta besar Indonesia, ya.
Enggak ada nih kayak begini. Duta besar
kita kalau di negara-negara lain tuh
banyak enggak ada kerjanya, Guys.
Ongkang-ongkang kaki. Nikmatin duit
rakyat, nikmati fasilitas. Iya. Tapi
kalau duta besar Vietnam begitu tahu
Indonesia stop impor beras, begitu tahu
Indonesia sasembah depangan, apa yang
dia lakukan? Panik langsung lobi-lobi
sana sini supaya Indonesia impor lagi
dong. Impor lagi dong. Ya, wajar juga
dia membela rakyatnya. Tapi kan
Indonesia juga berhak dong membela
rakyat kita sendiri, membela petani kita
sendiri dong. Terus memang bilang apa si
Duta Besar Vietnam ini ketika dia tahu
Indonesia sasada pangan, dia sampai
ngata-ngatain kita. Dia sampai
nyumpa-nyumpain kita. Lu bisa lihat nih
di Jakarta Glob duta besar Vietnam
Tafantong itu sampai bilang apa? Ini si
Tafantong ini memang minta dikeplak juga
ya.
[tertawa]
Dia bilang, "Gua udah dengar nih,
Indonesia mau stop impor beras karena
katanya lu punya cadangan banyak." Ya
memang kita sasap pangan, Bro. Tapi
menurut Fantong ini rencananya enggak
sustainable. Ini enggak mungkinlah lu
bisa stop impor. Dia yakin Indonesia
akan segera kehabisan beras. Dia yakin
Indonesia pasti bakal impor lagi dari
Vietnam. Dan Indonesia ya harus jadi
budak Vietnam. Kenapa sampai duta besar
mereka panik, Guys? sampai segitunya
berharap supaya Indonesia gagal panen.
Berharap supaya Indonesia petaninya
miskin lagi. Berharap supaya kita impor
beras lagi dari Vietnam. Simpel aja.
Karena kalau lu lihat surat kabar
terbesar di Vietnam hari ini, itu juga
lagi pada panik. Karena harga beras di
Vietnam itu udah turun, Guys, ke titik
terendah juga sepanjang sejarah
gara-gara Indonesia stop impor beras
Vietnam. Jadi banyak tuh beras-beras
petani-petani di sana terjejer aja di
pinggir jalan gak ada yang beli. Kalau
zaman dulu dikirim tuh buat ngasih makan
mulut-mulut tuh yang kerja di Depok tuh
orang Jakarta, orang Bekasi, mulut lu
dikasih makan tuh beras Vietnam. Hari
ini sekarang enggak bisa karena ternyata
Indonesia sudah suasada pangan, Guys.
Kita makan beras dari hasil tanah kita
sendiri. Akhirnya Indonesia punya
kebanggaan juga. Ya, untung aja menteri
yang kemarin itu ya si setan yang liar
itu udah masuk penjara nih. Bersyukurlah
kita diturunkan menteri baru yang sangat
capable lah. Tapi sebetulnya memang
enggak gampang, Guys, jadi pejabat di
negara ini. Karena siapapun pejabatnya
pasti harus berurusan dengan birokrasi
yang ada. pejabat-pejabat yang ada
PNS-PNS yang ada di kementerian itu
banyak rampok semua, Guys. Dan mereka
banyak juga yang enggak takut sama
menterinya karena dia juga punya pikir,
"Eh, menteri, lu paling 2 tahun lagi di
resavel presiden lu 5 tahun sekali
ganti. Gua tetap jadi PNS di sini, Bro.
Gua tetap jadi birokrat di sini, Bro.
Ada enggak ada lu setiap tahun gua naik
pangkat." So, apa yang dilakukan pejabat
itu? Banyak yang enggak mau kerja,
banyak yang mentalnya perampok, banyak
yang korup, enggak peduli menteri
ngomong apa, mereka suka-suka sendiri.
Alah, lu paling 2 tahun lagi hilang. Kan
gitu mindsetnya. Makanya susah.
Betul-betul susah lu mau jadi menteri
juga susah. Makanya jangan heran juga
kalau banyak menteri. Ya udahlah kalau
gitu toh. Benar juga ya kata
pejabat-pejabat eselon 123 ini gua
bentar lagi di resivel. Ya udahlah
ikutan korupsi aja ya udahlah ikutan aja
parti-parti aja nark aja mabuk-mabukan
aja. Enggak usah kerja pikirin rakyat
enggak usah toh 2 tahun lagi diganti
gitu guys. Itu yang salah mindsetnya.
Makanya jarang lu bisa berharap. Sangat
jarang lu bisa berharap ada menteri yang
berani sama bawahannya. Itu jarang loh.
Makanya gua salut sama si Amran. Kenapa
dia jadi menteri? Kemarin dia ditipu
sama karyawannya sama PNS di
kementerian. Pejabat-pejabat kementerian
mau tipu dia. Apa ada tanah kementerian
200 hektar bukannya dipakai buat suat
sembada pangan malah disewain, Guys.
Geblek ini. Gila banget ini. Lu
bayangin. [tertawa]
Lu kira tanah bapak lu. Lu main
sewa-sewain aja.
Ini memang banyak yang kayak gini harus
dibersihin, Guys. Dan gua salut karena
akhirnya ada menteri kita yang berani
loh. Jarang ada menteri yang berani sama
bawahannya. Jarang. Banyak birokrat itu
ngepung menterinya sendiri. Menterinya
tersandera, enggak bisa gerak. Ya banyak
juga. Jadi menteri yang pintar aja
enggak cukup, jujur aja enggak cukup,
berani aja enggak cukup. Lu harus
semuanya bisa dan lu harus cerdik gimana
caranya navigasi sama PNS-PNS ini yang
sudah bertahun-tahun mendarah daging.
Bapaknya di situ, aneknya di situ,
ponakannya di situ. Sudah bikin dinasti
bahkan di situ. [tertawa] Lu sudah
tahulah ya di daerah juga begitu kok. Lu
penges daerah semua bikin dinasti semua.
Jadi siapapun yang jadi pejabat mau
walikota, mau jadi bupati, mau jadi
gubernur udah enggak ada enggak ada
fungsi. Birokrat di situ yang menang.
Tapi ya syukurlah si Amran berani karena
ketika dia ketemu pejabat Kementan yang
curang apa yang dia lakukan dia cut.
Guys,
aku perintahkan sudah 1 tahun kami
temukan hanya 1 hektar 29
hektar disewakan. Mulai hari ini
dikerjakan kami beri waktu 3 bulan ini
harus berbuah. Hari ini juga kami copot
direkturnya dan esilon 3-nya di
bawahnya.
Tapi yang jadi pertanyaan gini, Guys.
Kita sekarang sudah dapat Menteri
Pertanian yang luar biasa, ya. yang gua
udah enggak sabar lagi lihat nih next
apa nih habis beras gua yakin next dia
akan beresin yang lain nih banyak nih
sektor-sektor lain yang butuh sentuhan
tangan emas golden touch-nya si Amran
masih ada kaka masih ada kelapa, masih
ada sawit masih ada kopi. Wah, masih
banyak lagi nih. Yang ini kalau kita
bisa kembangkan lagi Indonesia bisa
dapat duit ribuan triliun. Gua percaya
banget itu akan terjadi. Tapi
pertanyaannya karena menteri Amran ini
kan sangat berprestasi. Gua yakin
musuhnya juga sangat banyak dari Sabang
sampai Merauke. Bahkan sampai orang
Vietnam, Thailand aja semua bersekutu
buat menjatuhkan dia. Ya, lu bisa tebak
lah arahnya ke mana. Menurut lu, para
mafia pangan ini, mafia pertanian ini
selama ini menikmati duit-duit haram,
duit-duit koruptor. Menurut lu mereka
bakal diam aja enggak sih? Atau mereka
bakal melakukan segala cara ya supaya
Indonesia ini kembali kacau, kembali
keos, kembali jadi negara yang bodoh.
Karena mafia pangan ini duitnya ribuan
triliun loh, Guys. Mereka udah siap loh
hancurin Indonesia. Kalau Indonesia stop
impor beras Vietnam, Indonesia stop
impor beras Thailand, Indonesia stop
jadi anjing peliharaan Singapura. Oh,
mereka siap-siap aja lawan kita itu
negara l. Negara loh yang dilawan loh.
Kalau kita stop impor, duit ratusan
bahkan ribuan triliun yang selama ini
kita sumbangin gratisan nih ke Vietnam,
Thailand, Malaysia, Singapura lenyap.
Menurut lu negara bakal diam aja atau
negara mereka bakal ngirim tim untuk
bikin kekacauan di Indonesia? Lu masih
ingat enggak ya ketika Indonesia
dibombardir sama Malaysia? Masih ingat
enggak? Mariot dibom, Bali dibom sama
orang Malaysia. Lu masih ingat enggak?
So, menurut lu gimana? Mafia-mafia itu,
negara-negara itu bakal diam aja apa
enggak? Atau mereka bakal lakukan
serangan balik nih, Guys. Dan kalau dia
lakukan serangan balik, Indonesia sudah
siap atau enggak? Dan satu hal yang
paling penting, siapa sih yang bakal
diuntungkan? Ya, kalau Indonesia
berhasil swas panganan, kalau Indonesia
berhasil stop impor beras-beras dan
pangan-pangan dari luar negeri, itu
pasti ada dong pengusaha kita sendiri
yang diuntungkan. Dan kalau lu investor
pasti sudah tahulah akan banyak nih
petani-petani baru di Indonesia,
pengusaha-pengusaha baru di Indonesia
yang jadi kaya raya. Ya inilah kaya
sama-sama. Lu sendiri sudah siap belum
jadi tambah kaya dari sektor pertanian?
Dan menurut kalian ya, sektor apa yang
akan makin diuntungkan kalau makin
banyak menteri yang berani kayak si
Amran ini untuk stop impor dari luar
negeri? Kita harus mulai berpikir
hilirisasi. kita harus berpikir start
explore produk jadi atau produk setengah
jadi dari Indonesia. Jangan lagi ekspor
hasil sumber daya alam lah dalam bentuk
raw material. Oke, guys. Ditunggu
jawaban kalian seperti apa, pandangan
kalian seperti apa. Dan lu setuju enggak
sih kalau kita makin banyak yang
menteri-menteri kayak Amran, kayak
Purbaya ini atau biar ajaalah Indonesia
selalu keterbelakangan mental, bodoh,
jadi pelihara negara-negara itu.
Pejabat-pejabat kita tambah kaya juga
kalau Indonesia hobi barang impor.
Gimana menurut lu, Guys? Oke, guys.
Segara kasih tanggapan kalian. Semoga
video ini bermanfaat. Jangan lupa
subscribe channel Benix sekarang juga
karena cuma 50% loh viewers kita yang
subscribe di channel Benix. Makanya lu
subscribe dong sekarang juga. Semoga
video ini bermanfaat. Salam sehat, salam
cuan. Bye bye.
[musik]