File TXT tidak ditemukan.
5 TIPS TO REACH YOUR FIRST 100M, EVEN IF YOU'RE STILL OLD
VCo31f-JSpQ • 2025-11-16
Transcript preview
Open
Kind: captions Language: id Guys, kita barusan dikirimin video bagus banget nih ini tentang Purbaya yang ditanya gimana caranya dapetin R juta pertama dengan modal gaji UMR. Nah, video ini penting banget ya buat teman-teman yang penghasilannya masih UMR atau kalian yang baru mulai berkarir, baru lulus kuliah atau baru lulus selesai sekolah kerja, masih gajinya UMR tapi pengin jadi jutawan, pengin punya duit Rp100 juta. Gimana sih cara yang paling benar dan cara yang paling pas lah di generasi sekarang ini? di masa-masa seperti sekarang ini. Dan ini tipsnya bagus banget sih dari Purbaya langsung ya, Menteri Keuangan kita. Gimana caranya lu bisa punya 100 juta pertama? Nanti nih kalau untuk teman-teman yang ee gajinya UMR 5,4 juta ya untuk cari Rp100 juta pertama. Kalau dari situ aja kan kalau saya nabung R1 juta berarti 100 bulan. [musik] Berapa tuh kelamaan? Kan berarti lebih harus lebih agresif untuk menabungnya. Sebetulnya gua udah pernah ngajarin ini juga di tahun 2021 di salah satu forum sekuritas. Gua sharing tentang gimana caranya lu mendapat R00 juta pertama lu. Jadi, ada lima hal nih yang lu harus lakukan. Yang pertama itu harus berani buat merubah gaya hidup. Ini penting banget karena masih banyak orang di Indonesia yang enggak bisa membedakan ini lifestyle atau ini memang hal yang wajib buat lu lakukan. Contoh gini, lu ngopi-ngopi seminggu lima kali. Itu bukan hal yang mesti lu lakukan. Lu enggak mati, Guys, kalau berhenti ngopi 1 tahun juga lu enggak mati, Guys. Nah, lu ngopi sampai seminggu lima kali ke kafe itu menurut gua pemborosan. Gua aja enggak mau lakukan itu. Nah, lu belajar merubah gaya hidup lu, lifestyle lu. Jangan-jangan ada yang salah nih. Lu harus berani rubah gaya hidup lu. Jangan banyak gaya. Pelan-pelan, Pak. Enggak usah drastis. Enggak usah langsung seminggu lima kali langsung enggak usah. Enggak. Jadinya seminggu lima kali jadi seminggu sekali. Seminggu sekali nanti jadi sebulan dua kali. Jadi sebulan dua kali lu ke kafe, lu ngopi enggak apa-apa lu rileks. Tapi udah harus belajar membedakan. berani merubah lifestyle lu, merubah gaya hidup lu kalau lu pengin punya R00 juta pertama lu. Sebagai orang yang gajinya UMR harus sadar benar. Enggak boleh lebih besar pasak daripada tiang. Enggak ada ya namanya orang jadi orang kaya gara-gara lebih besar pasak daripada tiang. Itu udah enggak mungkin. Artinya apa? Lebih besar pengeluaran lu dibanding penghasilan lu. Enggak mungkin. Itu ujung-ujungnya nanti lu jadi korban pinjol, Guys. Jadi berani rubah gaya hidup lu. Tadinya nongkrong seminggu lima kali, lu rubahlah jadi nongkrong seminggu sekali. Terus contoh apa lagi merubah gaya hidup? Tadinya lu harus ke kantor pakai kendaraan pribadi, sekarang lu udah bisa belajarlah pakai kendaraan umum atau kalau bisa syukur-sukur patungan sama teman joinan. Eh, jangan salah ya, gua juga zaman gua dulu kerja ya, gua ke kantor pakai kendaraan umum. Gua naik busway, gua naik commuter lines. Gua udah merasakanlah generasi orang kalau naik kereta itu sampai duduk di atas keretanya, Guys. Tapi ya demi penghematan gimana juga namanya juga orang baru mulai karir sebisa mungkin gua naik kendaraan umum. Nah, terus apalagi gaya hidup yang lu bisa rubah? Banyak orang suka subscribe yang gak jelas-jelas. Bayar Netflix, bayar Spotify, enggak jelas. Udah hentikan itu. Apalagi lu belum tentu pakai juga. Ya, banyak orang juga banyak subscribe Netflix, dia enggak pernah pakai juga. Ya udah, stop aja dulu langganannya dibanding lu enggak pernah gunakan layanan itu juga. Nah, terus satu lagi yang tadi di-share sama Purbaya juga sama. Ini gua setuju. Lu minimal masak sendiri lah di rumah. Dulu zaman-zaman gua awal merintis karir juga gua usahakan untuk masak dari rumah karena jauh lebih murah, jauh lebih hemat, jauh lebih bersih juga karena lu tahu apa yang lu makan. Jadi mulailah enggak usah ekstrem lah. Tiap hari masak juga terlalu ekstrem. Lu mulai belajar ya. Tadinya tiap hari lu makan di luar, sekarang lu belajar seminggu tiga kali. Makan di rumah, masak di rumah. Dan gua pun sendiri sampai detik ini selalu berusaha kalau gua makan siang at least dari rumah. So, kalau gua aja begitu, kenapa lu juga harus gaya-gayaan makan harus di restoran tiap hari? Kan enggak juga sih. Jadi yang pertama lu harus berani merubah gaya hidup lu. Mulai dari makanan lu, entertainment lu, sampai gaya nongkrong lu. Beranilah hurubah. Yang kedua, apa? Lu harus belajar berhemat, Guys. Ini bukan gua ngomongin lu harus pelit, ya. Enggak. Ini lu harus hemat. Belajar membedakan mana kebutuhan, mana keinginan. Lu harus tahu mana yang harus jadi prioritas lu, mana yang lu harus tunda. Bayar uang sekolah itu prioritas, Guys. Tapi beli iPhone terbaru itu bukan prioritas. Itu cuma keinginan lu. Kalau bisa pun enggak usah lu beli. Kalau handphone lu juga masih bagus, enggak usahlah beli. Ganti handphone setahun sekali, setahun, dua kali buat apa? Enggak penting. Makanya lu selain belajar berhemat, lu itu harus juga tahu pengeluaran lu. Catat pengeluaran lu, simpan resi-resi pengeluaran lu supaya lu tahu lu lakukan pencatatan itu. Jadi tahu kebocorannya ada di mana. Oh, gua terlalu sering makan. Oh, gua terlalu sering beli pulsa. Oh, gua terlalu sering jajanin cewek orang. Oh, gua terlalu sering beli minuman. Oh, gua terlalu sering nonton di bioskop. Oh, gua terlalu sering ngopi-ngopi. Lu perlu tahu. Kalau lu enggak catat, lu tidak tahu. Kalau lu tidak tahu, lu akan bablas. So, belajar berhemat salah satunya dengan mencatat apa yang lu keluarkan, Guys. Nah, yang ketiga, lu harus pahami konsep 7030. Ini khusus buat teman-teman yang single. 7030 maksudnya apa? Ini ini gaya gua ya ekstrem ya. Jadi, ketika gua dulu punya penghasilan juga enggak langsung di atas UMR ya. Dulu gua persering bahkan bekerja dengan gaji di bawah UMR. Gaji gue zaman-zaman kerja awal itu di bawah Rp500.000 bahkan. Tapi apa yang gua lakukan konsepnya sama 70 30. apapun yang lu terima, 70% lu harus sisihkan untuk tabungan masa depan lu. 30% sisanya itulah buat lu. Mau lu makan, cicilan, bayar listrik, bayar pulsa. Kalau lu masih single, usahakan 70% dari penghasilan lu lu bisa sisihkan untuk tabungan masa depan lu. 30%-nya lu baru gunakan. Jangan dibalik. Banyak orang belanjakan dulu, sisanya dia tabung. Salah. Tabung dulu, sisanya baru belanjakan. Nah, kalau pakai logika ini lu punya penghasilan katakan Rp5 juta, 70% berhasil lu sisihkan setiap bulan, berarti kan lu punya pegangan Rp3,5 juta per bulan. Kalau target lu ma punya Rp100 juta, artinya dalam 2 tahun 5 bulan lu udah capai Rp100 juta. Congrats, Guys. Hanya butuh 2 tahun 5 bulan buat mencapai Rp100 juta. Gampang, kan? Terus gimana, Pak, kalau sudah berkeluarga? Oke, lu balik konsepnya enggak bisa lagi 7030 tapi jadi 30 30 40. 30 30 40 ini khusus yang sudah berkeluarga. Maksudnya apa? 30% pertama lu sisihkan untuk tabungan masa depan. 30% yang kedua lu gunakan untuk membayar liabilities lu. Kewajiban lu apa? Kewajiban lu lu ikut pinjol moga-moga enggak. Kewajiban lu bayar kredit KPR, kredit motor dan lain sebagainya. Lu lakukan itu. Jadi kewajiban lu harus tunaikan utang-utang lu harus lunasi dengan 30%. Yang kedua, lalu sisanya 40%. Nah, ini 40% inilah yang buat kehidupan lu, kebutuhan lu. Beli susu, beli listrik, beli makan. Inilah yang lu spending di situ. Kalau lu lihat pakai format ini, lu pasti udah lihat kalau di Benix intinya adalah sisihkan dulu buat tabungan, sisanya baru konsumsi. Jangan dibalik pola pikir lu. Habisin dulu, ada sisa baru nabung. Lu miskin mental lu. Jangan lakukan itu, Guys. Kalau lu pakai metode ini 30% di awal udah lu sisihkan dari Rp5 juta ya patokannya gaji lu, berarti lu bisa nabung Rp1,5 juta setiap bulannya. So, kalau targetnya dapat Rp100 juta, maka lu hanya butuh 5 tahun 7 bulan untuk punya duit Rp100 juta. Cepat loh 5 tahun tuh enggak berasa, Guys. Jadi gampang kan kalau lu mau jadi jutawan Rp100 juta sangat achievable even gaji lu UMR. Yang penting lu konsistensi menyisihkan penghasilan lu untuk masa depan lu. Sebentar guys, sebentar guys sebelum kita lanjut videonya. Halo, goodis guys. Teman-teman investor Benix Investor Summit 2025 akan segera diselenggarakan di bulan Desember 2025 di Swiss Bell Solo. Jadi buat teman-teman yang pengin segera diskusi, ketemu, dan interaksi langsung ya, karena kita bakal membahas tiga sektor penting. Yang pertama terkait energi, yang kedua terkait bisnis logistik, dan yang ketiga ada sektor spesial nih dengan pembicara yang spesial juga karena ya cuannya gede banget nih, Guys. Nah, buat lu yang penasaran dan pengin segera ikutan di event acara offline spesial Benix cuman ada 1 tahun sekali yang namanya Benix Investor Summit 2025. Yuk, segera daftar sekarang juga nih sebelum terlambat. Dan ingat, kursinya juga terbatas karena cuman ada 50 kursi, Guys. Total kursi yang kita sediakan. Ikut di sini sangat happy lah, ya. Jadi, banyak sekali membuka wawasan baru, terutama banyak bocoran-bocoran mengenai ee kebijakan maupun emiten yang akan terbang selanjutnya. Jadi puas sekali sih dengan ini. Kalau tahu Pak Ben di YouTube sendiri kan lebih apa ya ee pinggir jurang ini lebih pinggir lagiah ini. Mengikuti BIC investor Samet ini setelah dua kali saya mendapatkan manfaat bahwa kalau kita bisa memahami fundamental atas perusahaan dan forecast untuk perusahaan ke depannya kita pasti dapat akan mendapatkan hasil yang jauh lebih baik. Dan itu yang saya rasakan selama setahun ini. Dan saya harapin kalau e untuk Benik Investor Summit 2025 diadakan, saya pasti akan [musik] ikut lagi. Salam cuan. So, siapa cepat dia dapat. Sampai ketemu di Solo ya, guys. Bulan Desember 2025. Benix Investor Summit 2025 segera datang lagi. Segera daftarkan dirimu sekarang juga sebelum terlambat. Ingat, ini acara eksklusif yang kita selenggarakan private dan sangat intim. Kita bisa berinteraksi full nih selama 24 jam karena acaranya diselenggarakan selama 2 hari dari hari Sabtu sampai hari Minggu dari jam 09.00 pagi sampai malam. So, tunggu apaagi? Segera daftarkan dirimu sekarang juga di nomor WhatsApp yang ada di bawah ini. Sampai ketemu di Solo, Guys. Bye bye. Nah, terus yang keempat apa, Pak? Gimana caranya? Lu juga harus mulai berani menempatkan uang lu di investasi yang lu kuasain, yang lu mengerti. Contoh paling gampang kan lu nabung-nabung tiap bulan paling mudah, paling aman, ya lu deposito. Toh kalau bank yang colollaps lu garansi sama LPS. Jadi, lu deposito terus kemudian lu naik level beli surat utang negara karena lu mau membangun negara ini supaya bisa bangun ibu kota baru di planet Neptunus. So, lu belilah surat utang negara ini. Pasti dibayar pasti. Kecuali negaranya bubar, kemungkinannya kecil. Lu belilah surat utangnya ini. Kontribusi lu sama pembangunan negara ini. Dapat lu bunga 3%, 6% setiap tahun. That's ok. And then lu belajar lagi instrumen investasi yang baru. Masuk ke saham, masuk ke reksa dana dan lain sebagainya. Kenapa penting lu buat belajar investasi dan harus lu belajar investasi? Karena orang kalau tidak melag finansial itu berbahaya. Orang bilang buta huruf itu bahaya. Iya jelas. Tapi buta investasi, buta finansial itu lebih bahaya lagi. Karena yang ada lu bakal habis kena tipu orang, lu bakal masuk investasi bodong, lu bakal habis juga duit lu dimakan inflasi. Makanya penting buat teman-teman belajar investasi yang benar. Mulai belajar membeli sesuatu yang nilainya akan terus naik seiring waktu. Jangan belanjakan duit lu buat sesuatu yang nilainya habis seiring waktu. Contoh, beli handphone habis, tambah tahun, tambah murah, tambah tahun, tambah murah. Mobil lu beli tambah tahun, tambah murah, tambah tahun, tambah murah. Jadi belajar punya mindset investasi, ada duit belanja sesuatu yang nilainya akan naik terus seiring waktu. Tanah, emas, deposito, rumah, itu nilainya akan naik seiring waktu. Nah, terus gimana kalau orang yang gajinya di bawah UMR? Apa yang lu harus lakukan? Ya saran gua tetap sama. Dari dulu gua selalu bilang, "Investasi layar ke atas dulu. naikin skill lu, naikin kualitas lu, naikin value lu. Caranya gimana? Lu bisa kursus bahasa Inggris, lu bisa kursus menggambar, lu kursus komputer atau gua punya contoh ya yang gua kenal sales motor. Dia jadi sales motor di Yamaha selama bertahun-tahun. Dia beratih soft skill-nya. Dia investasi soft skill. Gimana cara ngomong, gimana cara presentasi, gimana cara jualan, gimana cara marketing. Itu dia fokus. Dan dia sangat keras, Guys. Sudah tahu penghasilannya dikit, gajinya enggak nyampai Rp800.000 sebulan. Tapi dia berusaha sisihkan itu buat investasi layar ke atas. Dari tahun 2011 dia sisihkan terus gajinya tuh karena dia punya mindset jangka panjang mau jadi pemenang. Dan dia tahu dia hidup hari ini waktu itu 2011. Dia punya visi misi dia akan berjaya di tahun 2030. Jadi lu bayangin ya ini bocah STM udah punya mindset 2030 jadi pemenang. Ini kejadiannya di tahun 2011 nih anak STM sales Yamaha nih. Nah, hebatnya dia, dia tiap kali dapat gaji, bonus, insentif, nam juga sales, ya duitnya dia tabung terus dipakai buat apa? buat kursus mesin. Dia pengin ngerti gimana caranya servis motor toko sebelah, bukan cuma Yamaha doang. Jadi dia kursus tuh jadi montirnya Yamaha, Honda, KTM, Suzuki itu dia belajar tuh ilmunya. Bahkan dia sampai ambil kursus ya di bengkel milik pembalap ternama lah, Asep Hendro kalau lu tahu punya bengkel namanya ARS. Zaman dulu zaman gua sih terkenal ya di Depok. Dia sampai berangkat tuh dari Pringseu kursus tuh ke Depok ARS buat jadi mekanik. Dan sambil kursus dia juga ambil kerjaan nih orderan ya ngervis motor ke rumah ke rumah jadi home service. Nah jadi dari sini lu bisa lihat ini orang memang punya jiwa fighter orang dari Pring Sewu guys. Sales motor belajar mesin, bongkar mesin, bikin mekanik ujung-ujungnya bisa jadi setting motor balap juga. Dan dia fokus terus dengan dunianya. Dia enggak coba ngadi-ngadi ya mendadak coba buka tambang pasir gitu enggak, Guys. Atau mendadak tiba-tiba jualan pecele. Banyak orang kayak begitu ya. usahanya aja belum jalan, udah mau coba buka-buka yang lain. Nah, dia fokus jadi sales motor Yamaha sampai kemudian naik jabatan jadi sales manager di dealer Yamaha itu. Sampai kemudian setelah sekian tahun dia resign karena dia udah cukup modal, hasil tabungan dia, jeripah dia yang tadinya gajinya yang cuman Rp700.000 itu akhirnya bisa bangun bengkel, buka bengkel sendiri walaupun ukurannya cuman 4* 4. Itu ada di pinggiran Sidoarjo lah tahun 2014-an. Terus fast forward tahun 2021. Anak STM ini ketika gua ketemu lagi tahun 2021 sekarang apa yang terjadi? Dia sudah punya dua dealer motor Yamaha di Papua guys. Gila, lu bayangin nih orang fighter banget loh dari pring sewu, kursus, leher ke atas ya, investasi ya di berbagai bengkel-bengkel motor sampai masuk ke Asep Hendro AHRS. Habis itu sampai buka bengkel kecil di Sidoarjo dan sekarang dia punya dua dealer motor di Papua. Salah satu dengan penjualan yang paling tinggi bahkan di Papua. Nah, ini yang namanya investasi layar ke atas, Guys. Penting. Jadi, kalau lu penghasilnya masih di bawah UMR, masih kecil, fokus investasi layar ke atas, tingkatin value lu. Tadiah, kursus musik, kursus komputer, kursus AI, kursus mekanik motor, that's ok. Tapi lu harus bisa naikin value lu. Jangan sampai lu tahun ini bentar lagi berganti tahun ini 2026. Lu di tahun 2025 sama persis dengan lu di tahun 2026. Artinya, lu tidak bergerak ke mana-mana. Lu jalan di tempat sementara kiri kanan lu bergerak maju. Bahkan ketika lu diam saja lu ketinggalan. Ngeri enggak? Lu diam aja lu ketinggalan kear kiri kanan lu bergerak maju. Bayangin kalau lu jalannya malah mundur bodoh. So dari sekarang lu udah harus punya mindset investasi leher ke atas. Bangun diri lu sendiri. Bangun keluarga lu. Perbaiki value lu. Tingkatin value lu. Tambah soft skill lu. Bikin diri lu jadi lebih produktif. Jadi teman-teman tolong jangan pernah lupakan ya. Investasi leher ke atas itu sangat penting. Ya, itu contohnya tadi. Banyak kan lu bisa ikut kursus, kursus komputer kek atau menabung buat lu kuliah supaya lu punya S1. Meskipun kuliahnya di universitas terbuka enggak apa-apa. That's ok. Itu juga investasi lahir ke atas. Baca buku nonfiksi. Jangan komik-komik terus yang lu baca nonfiksi lu baca. Baca buku bahasa Inggris, les bahasa Inggris. Ya, itu loh berani investasi layar ke atas. Dan lu jangan pernah anggap remeh ya dari segala jenis investasi. Sebetulnya yang paling penting itu ya bukan investasi saham atau emas. Enggak, tapi investasi layar ke atas. Bahkan ya investor ten Warren Buffet, Peter Lynch aja terus melakukannya. Dulu sebelum mereka jadi kaya raya ya mereka itu ambil kursus bahasa loh, kursus menggambar loh, kursus komunikasi loh. Steve Jobs aja ya yang pendirinya Apple itu pakai kursus menulis loh, kursus kaligrafi loh. Jangan salah Peterle sampai kursus psikologi dan sejarah. So, investasi Lerkates itu kenapa cuan? Karena dia tidak akan pernah merugikan diri lu sendiri. investasi itu bakal terus berguna dan bermanfaat sampai hari tua. Lu pasti lu pakai terus dan tidak akan bisa dicuri dari lu. Kalau lu investasi emas masih bisa dirampok kan ya. Tapi kalau investasi layar ke atas bakal terus bermanfaat sepanjang hidup Anda. Jadi sebelum lu mulai belajar atau coba-coba ambil resiko investasi ke perusahaan orang lain, coba deh mulai dulu investasi ke diri lu sendiri. Invest in yourself. So, thank you buat teman-teman yang udah sampai akhir video ini. Gua bakal kasih hadiah. Kalau Purbaya bantuin lu supaya dapat Rp100 juta, gua sekarang mau bantuin lu supaya dapat R miliar pertama di dalam hidup lu dengan modal kecil, lebih kecil dari UMR. Modalnya cukup Rp500.000 per bulan. Ini gua ajarin loh. Ini namanya compounding interest. Lu buka sekolasbenix.com, di situ lu masuk ke bagian kalkulator Benix. Ini gua bikin spesifik buat lu. Gratis, Guys. Masukin di situ parameter investasi. Investasi awal lu Rp500.000 doang. Murah. Setiap bulan lu isi lagi Rp500.000 top up tiap bulan. Tiap bulan lu punya gaji toh Rp500.000 lu top up. Jangan buat judi online, Guys. Jangan buat pinjam online. No. Buat masa depan lu investasi saham di sini. Terus jangka waktunya berapa? 20 tahun. Katakan lu cuan berapa? Ya, kecillah 20% setiap tahunnya. Pencet tombol hitung di compounding dalam tahunan. Lu bakal lihat di sebelah kanan ada total nilai akhir 1,1 miliar. Ternyata cuma modal Rp500.000 setiap bulan. Kalau umur lu hari ini 17 tahun cuma butuh 20 tahun, lu punya duit R miliar dengan modal Rp500.000 setiap bulan. Jadi semua orang bisa jadi miliarder, Guys. Salah apa? Konsisten. Enggak usah banyak gengsi, banyak gaya belajar hidup hemat. Lifestyle lu kurangin gaya lu. Nanti lu stres lagi. Cernatnya cuma butuh waktu 20 tahun buat jadi miliarder loh. Dengan modal Rp500.000 per bulan. Kalau lu mau jadi R00 juta, mau punya duit R juta pertama, lu lihat di tabulasinya, lu bisa download PDF-nya gratis buat lu mah server udah gua bayarin nih. Lu cuma butuh waktu 8 tahun, Guys. Ternyata R500.000 per bulan dengan pertumbuhan 20% per tahun cuma butuh 8 tahun, duit lu akan berubah jadi Rp100 juta. Cuma butuh waktu 8 tahun. Jadi, lu enggak usah lagi sekarang nunda-nunda. Aduh, gua bukan orang kaya. Aduh, gua belum dapat warisan. Aduh, duit gua belum Rp100 juta. No, no, no. Namanya investasi, Guys, bukan modalnya yang gede, bukan. Tapi tekun, konsisten. Lu harus komitmen buat masa depan lu yang lebih baik. Ternyata enggak butuh duit miliaran lu buat dapat duit miliaran. Enggak. Cuma Rp500.000 setiap bulan yang penting lu konsisten. Lu bisa punya duit Rp100 juta dalam waktu 8 tahun dan lu bisa punya duit R miliar dalam waktu 20 tahun. Jadi buat teman-teman yang masih muda nih, umurnya 17 tahun, lu sebelum usia 40 tahun gua garansi jadi miliarder. Asal lu konsisten mau jadi investor, konsisten berpikir buat masa depan lu, bukan buat besok doang atau hari ini. Entar dikit-dikit lu jajan inilah, jajan itulah enggak penting, malah kena judul lagi kan ngeri, amit-amit. Udah gitu aja, Guys, dari gua, guys. Semoga apa yang gua share ini bermanfaat lah dan lu pakai tuh kalkulator investasinya Benix. Jangan lupa bahwa apa? Semua orang bisa jadi miliarder. Walaupun gaji lu UMR, lu bisa kok jadi miliarder. Apalagi cuma duit R juta kayak si Purbaya. Hemat makan, hemat gaya hidup. Waduh, udah banyak banget deh duit lu. Jadi lu harus ingat terus ya tips yang gua kasih tahu sama lu ini. Pakai kalkulatornya supaya lu punya visi misi jangka panjang. Oh, gua punya target 30 tahun lagi seperti apa? Oh, gua punya target 10 tahun lagi seperti apa? seperti kawan kita si anak STM itu sales motor Yamaha itu sekarang jadi juragan motor punya dealer di mana-mana. Orang pring Sewu berhasil merubah nasib keluarganya. Tadinya gajinya cuman Rp700.000 sebulan. Hari ini penghasilan dia lebih dari ratusan juta setiap bulannya. Dia aja bisa, kenapa lu enggak? Nah, kalau menurut lu gimana? Lu ada tambahan lagi enggak tips apa yang sebaiknya dilakukan ya buat Genzi di Indonesia? Dan dari lima tips itu, mana sih yang menurut kamu paling berat ya buat dilakukan? Dan share juga dong alasannya kenapa itu berat banget buat lu lakukan. Ya, biar jadi sharing-sharing juga nih. Nanti dibantu sama teman-teman yang lain di kolom komen di bawah ini. Share dong pandangan kalian di bawah ini. Semoga video ini bermanfaat. Salam sehat, salam cuan. Bye bye. [musik]
Resume
Categories