File TXT tidak ditemukan.
Indonesian Economy is Sluggish!! BCA Director Reveals the Truth!
V5P6KCU6OC8 • 2025-11-19
Transcript preview
Open
Kind: captions
Language: id
Guys, kemarin hebo banget nih ada
anggota DPR betul-betul bikin kacau sih
dia merusak program MBG menurut gua
bahkan dia bisa menghambat perkembangan
MBG dan lu tahulah kalau Benix itu
sangat mendukung MBG. Tapi ya udahlah
itu soal MBG nanti kita bahas lebih
detail ya. Tapi yang hari ini gua mau
bahas itu soal kiriman soal interview
bersama direktur utama Bank BCA ya Seti
Maja yang dilakukan di bulan November
2024. dia ngasih penjelasan tuh tentang
economic Outlook 2025 akan seperti apa
dan sebetulnya Indonesia harus
persiapkan apa dan yang paling penting
apa dia juga share pandangan dia soal
MBG ini penting atau tidak penting harus
enggak sih kita jalankan. So kalau lu
penasaran gimana sih pandangannya ya
CEO-nya Bank BCA soal ekonomi Indonesia
dan yang paling penting MBG itu gimana
sih sampai kemudian kemarin bisa bikin
hebo anggota DPR salah ngomong menghina
ahli gizi Indonesia ya nanti deh kita
lihat jangan diskip video ini. Let's
check di sana.
tahun 202122 sesudah COVID itu daya beli
masyarakat terutama ekonomi yang strata
di bawah itu lebih kuat dari saat ini.
Kenapa? Ada beberapa hal. Pertama kalau
kita lihat ya bahwa dulu ada
bantuan-bantuan sosial. Kalau Bapak
masih ingat sesudah COVID pemerintah
menyediakan bansos-bansos yang lumayan
itu menggelontor ke bawah. Kedua,
e-commerce. E-commerce itu 1 tahun bisa
menggelontorkan dana 100 triliun dan ini
bakar duit. Di mana sumber dari
e-commerce? Investor asing. Dana asing
masuk invest di company-comany boleh
saya sebutlah cukup banyak karena ada
beli-beli ada topet, ada Bukalapak, ada
Shopee dan lain-lain. Mereka itu bakar
uang. Yang ketiga dulu awalnya kita
ingat pinjol. Pinjol di mana-mana.
Memang pinjol ini seperti obat isinya
racun. Jujur aja bagi orang bank kita
melihat begitu. Jadi teman-teman sudah
lihat lah ya videonya si Setiat Maja
yang gua mau bilang apa ya? Dia tuh bagi
jadi tiga fase nih perekonomian
Indonesia ya. Fase pertama di era COVID
lah. Indonesia sampai minus tuh
pertumbuhan ekonominya tapi kemudian
bisa grow. Grow-nya di atas 3%. Kenapa
bisa? Karena ada tiga alasan. Yang
pertama karena e-commerce bakar duit.
Yang kedua, karena pinjol juga lagi
bakar duit. Orang banyak enggak punya
duit kena PHK dia belanja akhirnya pakai
duit pinjol. Nah, yang ketiga orang juga
dapat bansos nilainya 300 triliun dan
ini fakta. Nah, ini semua yang dia
bilangin sama si Seti Maja ya. Benar
sih. Nah, khususnya dalam konteks
konsumsi lah. Kita bisa lihat ya dari
rasio pendapatan masyarakat nih data
dari Bank Indonesia Oktober 2022
dibandingkan Oktober 2025 ya terjadi
penurunan. Oktober 2022 itu 75%, Oktober
2025 cuma 74,7%.
Jadi dari situ menurun nih. Nah, di sisi
lain ya konsumsinya berkurang tapi yang
terjadi dengan cicilan pinjaman mereka
ternyata naik tinggi. Jadi di Oktober
2022 cicilan orang-orang di Indonesia
itu 9,2% tuh. Jadi penghasilan dia yang
hilang untuk bayar cicilan 9,2%. Hari
ini di Oktober 2025 itu naik jadi 11%.
Jadi lu bisa lihat di sini bahwa banyak
orang habis duitnya, tabungannya atau
kalau perlu ngutang sampai pinjol buat
bayar cicilan mereka. Akibatnya mereka
enggak sempat konsumsi lagi. Makanya
logis konsumsinya berkurang karena du
ini harus disisikan buat bayar
cicilan-cicilan angsuran ini. Dan
pilihan lain apa? Ya, makan tabungan.
Makanya teman-teman lihat di Oktober
2022 tabungan itu masih bisa mereka
nabung 15,7% dari penghasilan mereka.
Tetapi di Oktober 2025 yang mereka bisa
tabung itu 14,3%.
Jadi ya yang bisa kita bilang ya betul
bahwa ekonomi kita saat itu bisa bagus
banget di tahun 2022 bangkit dari COVID
konsumsinya tinggi. Memang konsumsinya
tinggi. Kenapa? Ya tadi benar karena ada
bansos, karena e-commerce bakar duit
gratis ongkir ke mana-mana. Teman gua
bisnis logistik punya truk itu nambah
terus tiap bulan 100% jumlah truknya.
Sehari-hari ini enggak ada ya. Jadi
tiarap semua konsumsinya tiarap utang
tambah naik tabungan makin berkurang dan
pinjol ya juga makin ketat guys. Jadi ya
enggak heran juga sih kalau dibilang
bahwa ya GDP Indonesia saat itu ketolong
karena investor asing. Itu dulu karena
mereka bakar duit tuh. Dia bilang kan
beli-beli duluan. Ya, lu udah tahulah
bagus juga dia ngomong beli-beli duluan,
bukan Tokopedia sama Shopee. Karena kan
ini BCA yang punya jarum, jarum punya
beli-beli. Pintar nih dia ngomongnya
beli-belian, promosi gratis ya. Tapi ya
beli beli beli Tokopedia, Shopee ya itu
menyelamatkan ekonomi Indonesia. Dia
bakar duit ratusan triliun pada saat
itu. So, that's a good news. Nah,
sekarang apa kita bisa andalkan itu di
fase kedua? Ternyata tidak dong. Karena
duit mereka kan juga habis bansos.
Enggak mungkin juga digelontorin terus
ratusan triliun setiap tahun. Enggak
bisa juga. So, di fase kedua ya setia
bicara soal hilirisasi karena ternyata
ekonomi Indonesia bisa tumbuh 5,02%. Itu
bukan lagi dari bansos ya, Guys ya. Tapi
bisa tumbuh dari industri besar,
hilirisasi bukan dari UMKM. Hil industri
besar mereka lakukan hilirisasi. Kita
tadinya ekspor bahan mentah, raw
materials, sekarang ekspor bahan jadi
atau setengah jadi. Akibatnya apa? Naik
jadi 10 20 kali lipat. Value of goods
yang kita ekspor. Betul enggak? Betul.
Lu lihat di layar kaca dari nikel aja
tadinya cuman bisa ekspor 40-an triliun,
sekarang sudah jadi R80 triliun karena
ada hilirisasi. Jadi ini benar dampaknya
bagus bagi perekonomian kita secara
makro. Iya, good. Tapi apakah bisa kita
andalkan untuk fase selanjutnya? Karena
ternyata lu kan hari-hari juga merasakan
bahwa oke bagus tambang di mana-mana,
smelter di mana-mana, good news. Tetapi
secara nasional apakah lu rasakan itu
duit makin kering di bawah? Bisa jadi.
Kenapa? Karena tadi memang ekonomi grow
tapi didukung sama sektor-sektor yang
wah bisnis yang triliunan lah. Lu enggak
kebayanglah UMKM di Indonesia. Jadi kita
butuh nih pembangkitan ekonomi kita dari
sektor ekonomi bawah UMKM kecil. Tapi
yang sedikit gua mau kritisi di sini
sama sisi ayah Setian Maja adalah ketika
dia bilang ya ekonomi Indonesia itu
paling bagus dibandingkan tetangganya.
Enggak ya. Kalau dibandingkan India
betul ya India 6,2% di bawahnya ada Cina
5,4%. Si Indonesia 5,02% itu betul
akurat. Tapi kalau dibandingkan dengan
negara tetangga not so much. Kenapa?
Sebetulnya dalam konteks ASEAN di tahun
2024 ada banyak negara yang bisa tumbuh
lebih dari kita. Nah, sini setiahat aja
kurang pas nih. Contoh, Vietnam 2024
tumbuh 7,55%. Di bawah Vietnam ada
Brunei 6%. Di bawah Brunei ada Kamboja
5,5%. Nah, ini duit orang Indonesia nih.
Terus di bawah Kamboja ada Filipina
5,2%. Indonesia baru ada di peringkat
5,02%.
Jadi kalau dibilang Indonesia yang
terbaik enggak. Indonesia lebih baik
dibandingkan negara tetangganya juga
enggak, Guys. Indonesia cuma peringkat
lima di ASEAN sendiri ya. Kalau
dibandingkan negara G20 ya okelah
Indonesia bisa di top three tuh berama
India, Cina, dan Indonesia. Anyway, kita
kalau bicara soal itu ya, kita kan
sekarang mau ngomong menatap masa depan
nih 2026 2027 gimana ya? ada kabar baik
sih karena akhirnya ada negara di Asia
Tenggara yang bisa tumbuh di atas 8% dan
itu bukan Indonesia, Guys. Jadi Vietnam
sudah resmi nih sesuai prediksi BENX ya,
Vietnam sudah resmi berhasil mewujudkan
mimpinya Prabowo. GDP mereka tumbuh di
atas 8% atau lebih tepatnya 8,2%
di kuartal 3 2025. Nah, Indonesia di
mana? Indonesia apakah di peringkat dua?
Tentu tidak. Karena peringkat dua ada
Malaysia nih, negara favorit kalian ya.
Malaysia itu ekonominya tumbuh 5,2%.
Jadi peringkat 1 Vietnam 8%, peringkat 2
Malaysia 5,2%. Indonesia di mana?
Indonesia peringkat 3 di 5,04%.
Sedih. Sedih banget. Tapi ya udahlah
kita lihat masa depan. Ada satu hal yang
menarik dari omongannya si Setiat Maja
ini bahwa apa? Oke oke oke industri
besar udah bagus nih. Ah terbangun nih
hilirisasi bakal makin bagus lagi. Gua
setuju itu bahkan bisa tumbuh di atas
400 triliun bisa sampai 600 triliun. Lu
bisa lihat di daerah kaca hitungannya
gimana. dari sektor mineral lah, dari
sektor pertanian lah, dari sektor
ketahanan energi lah, dari sektor
kelautan perikanan, jadi banyaklah. Jadi
gua yakin sih kita bisa dapat sumbangan
ekstra bahkan sampai lebih dari 600
triliun dari hilirisasi. Much better lah
dibanding sebelumnya. Dan penciptaan
lapangan tenaga kerja juga bisa tambah
275.000 ekstra tenaga kerja karena ada
hilirisasi. Kalau zaman dulu cuman
gali-gali, keluar bahan tambang kita
jual, sekarang enggak. Bahan tambangnya
kita refine dulu, kita smelting dulu.
Akibatnya butuh lapangan kerja baru lagi
nih. So, this is a good news. Tapi
apakah bisa andalkan diri doang? Tidak
setia kasih bocoran nih bahwa apa perlu
yang namanya MBG.
Salah satu program yang cukup salut
adalah program untuk memberikan makan
siang gratis. Karena kita membayangkan
berapa banyak masyarakat yang akan
mendapatkan itu, berapa banyak
produsen-produsen harus UMKM yang harus
bekerja menyiapkan ini. Nah, jadi ini
pasti ada desentralisasi dan ini bisa
menambah perputaran bisnis di golongan
UMKM. Jadi di sini sudah bisa bilang ya
secara resmi gua udah bisa bilang mantan
CEO Bank BCA yang sekarang jadi
komisaris utama Bank BCA Setiat Maja
setuju atau tidak dengan MB dia setuju
beda dengan netigenen Indonesia si Jest
Tam makanan beracun gratis lanjutkan
kata dia. MBG makan tuh racun Rambo 071.
Oh dia punya perut dari besi baja
makanya bisa makan racun. Kopi kato
makanan beracun gratis. Azale mukbang
beracun guys. Oke. Banyak orang nyinyir
lah soal MBG. Tapi kalau gua sih pro.
Kenapa? Karena gini, salah enggak ini
bilang sama Setiat Maj bahwa ini program
yang baik buat perekonomian di bawah
akar rumput. Menurut gua itu betul.
Faktanya gini aja ya, menurut
perhitungan Benix, MBG itu bisa
menumbuhkan 450.000
UMKM di Indonesia. Kok bisa? Lu bayangin
ya, satu dapur di Indonesia itu
membutuhkan 15 UMKM karena mereka suplly
apa? Mereka suplly beras, suplly
plastik, suplly sarung tangan, suplly
air bersih, mereka suplly wortel, mereka
suplly daging, mereka suplly telur. Jadi
banyak bangetlah suppliernya. minimal 15
lah di satu titik dapur MBG. Lalu
bayangin kalau sekarang ada 11.000 dapur
MBG berarti ada 175.000 nih UMKM yang
hidup. Targetnya kita punya 30.000
dapur. Kalau punya 30.000 dapur berarti
ada 450.000 UMKM yang hidup. Ini baru
dari UMKM belum penciptaan lapangan
kerja. Satu dapur SPPG, Guys. Satu dapur
MBG ya. Minimal itu menciptakan.
Sebentar, Guys. Bentar, Guys. Sebelum
kita lanjut videonya. Halo goodis guys.
Teman-teman investor Benix Investor
Summit 2025 akan segera diselenggarakan
di bulan Desember 2025 di Swiss Bell
Solo. Jadi buat teman-teman yang pengin
segera diskusi, ketemu dan interaksi
langsung ya karena kita bakal membahas
tiga sektor penting. Yang pertama
terkait energi, yang kedua terkait
bisnis logistik, dan yang ketiga ada
sektor spesial nih dengan pembicara yang
spesial juga karena ya cuannya gede
banget nih guys. Nah, buat lu yang
penasaran dan pengin segera ikutan di
event acara offline spesial Benix cuman
ada 1 tahun sekali yang namanya Benix
Investor Summit 2025. Yuk, segera daftar
sekarang juga nih sebelum terlambat. Dan
ingat, kursinya juga terbatas karena
cuman ada 50 kursi, Guys. Total kursi
yang kita sediakan.
Ikut di sini sangat happy lah, ya. Jadi,
banyak sekali membuka wawasan baru,
terutama banyak bocoran-bocoran mengenai
ee kebijakan maupun emiten yang akan
terbang selanjutnya. Jadi puas sekali
sih dengan ini. Kalau tahu Pak Ben di
YouTube sendiri kan lebih apa ya ee
pinggir jurang ini lebih pinggir lagiah
ini.
Mengikuti BIC investor Samet ini setelah
dua kali saya mendapatkan manfaat bahwa
kalau kita bisa memahami fundamental
atas perusahaan dan forecast untuk
perusahaan ke depannya kita pasti dapat
akan mendapatkan hasil yang jauh lebih
baik. Dan itu yang saya rasakan selama
setahun ini. Dan saya harapin kalau e
untuk Benik Investor Summit 2025
diadakan, saya pasti akan ikut lagi.
Salam cuan.
So, siapa cepat dia dapat. Sampai ketemu
di Solo ya, Guys. Bulan Desember 2025.
Benix Investor Summit 2025 segera datang
lagi. Segera daftarkan dirimu sekarang
juga sebelum terlambat. Ingat, ini acara
eksklusif yang kita selenggarakan
private dan sangat intim. Kita bisa
berinteraksi full nih selama 24 jam
karena acaranya diselenggarakan selama 2
hari dari hari Sabtu sampai hari Minggu
dari jam 09.00 pagi sampai malam. So,
tunggu apaagi? Segera daftarkan dirimu
sekarang juga di nomor WhatsApp yang ada
di bawah ini. Sampai ketemu di Solo,
Guys. Bye bye. Satu dapur SPPG, Guys.
Satu dapur MBG ya minimal itu
menciptakan 50 tenaga kerja. Tukang cuci
omprengan, tukang masak, tukang bagi
porsi, tukang delivery, superir truk.
Wis banyak banget. minimal 50 tenaga
kerja diciptakan oleh satu dapur MBG.
Nah, ini kenapa gua bilang si Satiahan
Maja benar. MBG ini sampai ke level
kecamatan, kelurahan, desa yang diemploy
tenaga kerjanya, yang di-hire. Kalau
satu dapur bisa dapat 50 tenaga kerja
dan Indonesia punya target 30.000 dapur,
artinya 30.000 dapur 50 tenaga kerja itu
setara 1,5 juta karyawan tenaga kerja,
Guys. Jadi, ini perputaran ekonomi yang
luar biasa. Kalau rupiahnya lu bayangin
kalau satu dapur itu ngerjain 3.000
porsi, satu porsi itu rupiahnya sekitar
Rp10.000. Artinya kan per hari satu
dapur itu perputaran duitnya itu Rp30
juta yang dia belanjakan Rp30 juta,
Guys. Kalau lu kali ada R30.000 dapur
perputaran ekonominya R30 juta* R.000
dapur itu 900 M. Hampir R triliun per
hari. Nah, lu bayangin dalam 1 tahun
yaitu setara R26 triliun. Itulah
peredaran duit MBG dan ini tidak
dinikmati oleh korporasi besar no atau
pengusaha tambang. Modal satu bikin
tambang aja triliunan. Siapa bisa? Tapi
UMKM bisa suplly ke dapur MBG. Lu mau
bikin dapur MBG bisa enggak? Bisa juga.
Dan ini koperasi yayasan lu bisa jalanin
itu. Modalnya cuman 1 sampai 2 M lah
buat satu dapur. Dan ini bisa dilakukan
oleh kalian arisan ibu-ibu rumah tangga
bikin dapur PPG. Bisa enggak? Bisa juga.
sangat realistis buat pengusaha kelas
menengah bawa menjalankan dapur MBG ini.
Jadi, gua setuju sama siatmaja bahwa
memang ya faktanya MBG ini program yang
bagus karena bisa menghidupkan ekonomi
kalangan menengah bawah, bisa
menghidupkan putaran ekonomi penciptaan
lapangan kerja di menengah bawah.
Makanya kita harus dukung MBG ini. Gua
sendiri sangat mendukung konsisten gua
sejak bertahun-tahun lalu gua mendukung
MBG. Terlepas dari konteks politik ya,
gua dukung itu karena memang banyak
orang Indonesia yang makan cuma sekali
sehari. Gua udah pernah lihat di mata
kepala gua. Gua lihat itu dan banyak
orang Indonesia yang stunting. Waduh,
gua lihat dengan mata kepala gua dan
apalagi ada penciptaan ekonomi seperti
ini ya lebih bagus lagi. Jadi yang
dihidupi bukan korporasi besar karena
enggak mungkin lu kasih makan anak-anak,
kasih sayur buncis di Manado belanjanya
sama oligarki enggak bisa. Pasti lu
belanja di pasar di Manado. Lu kasih
makan anak worort di Papua pasti belanja
Papua dari petani di Papua. Jadi enggak
bisa perusahaan yang ada dari Sabang
sampai Merauke men-supply dapur MBG. Ya
enggak bisa. Enggak mungkinlah. Jadi
susahlah kemungkinan besar ya mereka
ambil dari supplier-suplier lokal,
petani buncis lokal, beras lokal, telur
ayam lokal, bumbu dapur lokal, bawangnya
lokal. Jadi banyak ya material di situ
yang bisa disuplly dari
pengusaha-pengusaha, petani-petani,
pelaku pasar lokal, guys. So, that's a
very good news. Cuman sedihnya gini ya,
kita gua nih capek-capek nih membela MBG
dan gua sangat setuju dengan MBG. Setia
MAJA sampai setuju juga lu sama MBG. Lu
bayangin ya, direktur bank terbesar di
Indonesia, BCA mendukung MBG juga karena
memang faktanya memang ini bagus. Cuman
sayangnya ya banyak orang itu suka
goblok gitu loh. Bukan hanya netizen aja
nih yang kemakan media-media busuk kayak
tempe bacem. Sampai anggota DPR aja
sampai bisa bicara ngacau kayak begini,
Guys.
Bapak, Ibu sekalian, saya enggak suka
anak-anak muda arogan kayak gini.
Saya sekarang akan nanti ajak rapat BGN
akan merubah diksi daripada ahli giji
ini adalah satu tenaga yang menangani
giji, tidak perlu ahli giji. Cocok
enggak?
Cocok.
Nanti saya akan selesaikan di DPR.
Kalian enggak boleh arogan gitu bicara
undang-undang. Ketika saudara ke DPR,
saya ketahu kita tidak perlu ahli biji,
tidak perlu persagi. Yang diperlukan
adalah salah satu tenaga yang mengawasi
giji. Tidak perlu hari gitu. Selesai
kalian.
Yang intinya di situ gini loh, gua tahu
kendalanya sih. Gua bisa pahami bahwa
banyak dapur-dapur itu kesulitan cari
tenaga ahli di bidang gizi. Gua bisa
pahamin itu. Dan sekarang mau ambil
jalan pintas. Gua enggak setuju. Jujur
aja kita perlu yang namanya ahli gizi.
Ahli gizi bukan ahli ngecor tembok.
dikasih training 2 bulan terus jadi
pegang dapur SPPG. Enggak begitu
ceritanya, coy. Gua setuju banget kalau
memang kita butuh orang yang ahli,
tempatkan orang yang ahli, bayar orang
yang ahli. Karena program ini namanya
makanan bergizi gratis, bukan program
makan beton gratis. Jadi yang lu hire
orang ahli ngecor, enggak. yang lu hire
ya memang gizi. Jadi di sini ya sorry
banget nih gua sih sangat anti
sebetulnya sama asosiasi-sasi lu tahulah
kayak Ikatan Dajjal seluruh Indonesia
itu yang ujung-ujungnya membuat asosiasi
paling jahanam sepanjang sejarah
republik ini. Mempersulit orang buat
jadi spesialis, mempersulit orang kalau
mau praktik, mempersulit orang kalau mau
kulk. Kenapa? karena mereka jadi
monopoli, mereka jadi diktator. Guys,
gua enggak setuju. Nah, mungkin juga
yang dirasakan oleh si anggota DPR itu
bahwa ada asosiasi ini bakal bisa jadi
the next ikatan dajal seluruh Indonesia
gitu ya. Takut juga sih. Memang gua juga
melihat kekuatan ikatan dajal itu hari
ini benar-benar dajal tuh. Binatang
haram. Betul-betul. Tapi kembali ke
konteks MBG. konteks MBG ya kita mau
makanan yang dibagikan ini bergizi,
Guys. Dalam konteks ini gua setuju bahwa
kita harus taruh ahli gizi di situ.
Bukan ahli nyemen, ahli ngecat, ahli
ngecor, atau ahli-ahli yang lain.
Enggak. Karena gua udah ketemu ada dapur
ya, dapur MBG. Kokinya gua tanya,
"Background lu apa?" Sarjana hukum,
Bang.
Kok lu bisa jadi kepala koki di sini?
Iya, karena ada kursusnya 3 bulan. But
that's the real story, guys. Bahkan
kepala SPPG juga gua udah ketemu ahlinya
para sarjana elektronik jadi kepala SPPG
karena lulus katanya latihan 3 bulan, ya
udahlah okelah gitu loh. Tapi kalau
konteksnya gizi, sekali lagi nih kita
ngomongin gizi karena nama makanannya
makanan bergizi gratis ya. Bukan makan
kabel nasional tapi makan bergizi
gratis. Ya please lah hre lah orang yang
ahli di bidangnya. Dan tolong buat para
politisi di Indonesia jangan bikin
statement-statement ngacao. Udah enggak
zaman yang kayak gitu. malah bikin
kerusuhan, malah lu menghancurkan
program kebanggaan Presiden Prabowo.
Program yang gua sangat suka. Kalau gua
jadi pejabat, gua pasti kasih makanan
gratis, susu gratis, telur gratis. Pasti
gua lakukan itu. Karena banyak rakyat
Indonesia stunting. Kita secara IQ aja
udah kalah. Heh, dari dalam kandungan
aja udah kalah dibandingkan negara lain.
Karena bayi kita lahir kemudian
stunting. Makanya gua sangat ingin lihat
MBG ini berhasil. dampak ekonominya
bagus, dampak sosialnya bagus, dan
dampak kesehatannya buat masa depan
kita, anak-anak kita ya bagus. J kita
harus dukung ini. Sayangnya kalau makin
banyak politisi ngacau model begini,
apalagi jabatannya anggota DPR, wah
berat deh kayaknya. Susah ini.
Benar-benar susah ini. Dan by the way,
guys, gua ngomong begini karena gua udah
survei sendiri. Lu tahulah gua investor
selalu masuk pengen tahu dunia nyata
seperti apa. Bukan dunia laporan
keuangan duduk di balik meja. No. Gua
aliran orang yang sampai investigasi
datang ke lapangan. Lu lihat aja di
video ini,
Guys. Kita mau visit nih BJ keren.
Ini masak. Oh, ini buat masak nasi. Ini
buat telur.
Telur?
Iya.
Oke, guys. Kita sekarang lagi di salah
satu Dapur MG yang paling keren di Kota
Bogor. Lu lihat menunya keren banget
nih. Protein ada dari tahu, ada rolade,
ada wortel, jagung, nasi, klengkeng. Ya,
sekarang kita mau packing nasinya nih
karena masih ada nasi. Yuk, kita bikin,
Guys.
Oke, kura-kura. Oke, Guys. Ini juga ada
lagi makanan yang basah. Ini kan makanan
basah. Lihat, banyak banget. Gua mau
nyobain. Gua sampai masak, Guys. Lu
bayangin ya. Gua sampai kursus jadi
koki. Gua sampai apron. Gua training
cara cuci tangan, cara masak beras
kapasitas 200 kilo sekali masak.
Semuanya memang gua lewatin dan gua
laluin. Dan gua bisa lihat bahwa MBG ini
bagus. Ya memang sih ada dapur-dapur
yang ngacau ya, dapur yang belangsak.
Gua lihat tikus lewat juga ada tuh mau
disate kali itu tikus gua enggak tahu.
Tapi memang bukan artinya semua dapur
MBG itu belangsak. Enggak. Banyak dapur
MBG itu bagus. Salah satunya gua
kunjungin ini.
Ini untuk posandu sama ibu hamil. Ibu
hamil balita
dapat jeruk, dapat banana, dapat telur
puyuh tuh. Jadi proteinnya juga lengkap
guys. Ada roti. Wah enak banget. Jadi
buat teman-teman yang bilang katanya MBG
banyak yang ngacau atau yang enggak
benar, enggak itu ovnum aja.
I
sebetulnya banyak yang begini
sangat-sangat proper, sangat bersih,
sangat layak. Makanannya juga bergizi
tinggi,
porsinya juga banyak. Gua jadi pengin
jadi betul-betul semuanya proper lah.
Dia lakukan a to Z. Dia lakukan
kebersihan, sanitasi, pengiriman,
delivery, packaging, portioning, semua
dilakukan dengan sangat proper. Dan gua
lihat bagaimana penciptaan ekonominya
karena dia sampai belanja susu, susu
kedelai. Kalau ada dia belanja dari
warung di sekitar itu. Kalau mereka
butuh telur, mereka butuh daging, dia
belanja dari ya supplier yang ada di
daerah itu. By the way, yang gua
datangin bukan di Jakarta ya, tapi di
luar kota. Nah, ini ya menurut gua kalau
ini bisa dilakukan makin banyak
dapur-dapur yang bagus seperti yang gua
kunjungin ini ya gua udah yakin lah
makin banyak anak Indonesia yang
bergizi. Lu bayangin yang gua datangin
sampai bagi-bagi telur puyu, bagi-bagi
susu, makanan yang juga waduh
sangat-sangat proper. Gua aja pengin
ngambil ya, tapi enggak dikasih izin
sama kepala SPPG-nya. Udah jauh-jauh gua
ke situ udah dikasih. Tapi dari situ gua
bisa lihat, oh ini proper. Lu bayangin
gua datang, gua mau ngambil aja. Enggak
boleh. Enggak boleh, Pak. Kan Bapak
bukan penerima manfaat B bukan anak-anak
itu. Tunggulah porsinya dibagikan ke
3.000 anak kalau ada sisa baru Bapak
boleh makan. Wih, hebat juga ini orang
kata gua. Dalam hati gua senang dilarang
nyomot karena gua udah lihat rolade
telurnya itu enak banget, Guys. Gua
pengen nyomot tapi enggak dikasih. Tapi
syukur kepala SPPG-nya baik. Kita
dikasih oleh-oleh keripik tempe. Lu
makan di depan itu jatang MBG tuh.
Tapi enggak, itu ekstra lah, ekstra dari
dapur. Karena mereka punya cadangan
protein. Kalau seandainya anak-anak
butuh snack, mereka kasih additional
crepik tempe. Kan ada proteinnya juga di
situ. But anyway, gua mau bilang adalah
jangan sampai program MBG yang bagus ini
rusak, Guys. Karena segelintir oknum
kayak anggota DPR kagak ada otak ini ya.
Atau banyak orang-orang lain yang
menjalankan dapur seenak jidat aja. Ya,
gua udah lihatlah dapur yang hancur
lebur ada, dapur yang bagus banget juga
ada. Dan harapannya ya makin banyak
dapur yang bagus-bagus begini. Dan tentu
kalau mau bagus ya lu serahkan pada
ahlinya. Hire memang kalau perlu hire
ahli gizi ya ahli gizi loh. Hire jangan
ahli ngecor tembok guys. Please ini kita
mau bikin program makanan bergizi gratis
bukan makan beton gratis ya guys ya.
Kalau lu sendiri gimana guys? Lu setuju
enggak sih dengan MBG? Benix setuju. CEO
Bank BCA yang sekarang jadi komisaris
utama Bank BC juga setuju. Kalau lu
sendiri gimana? Lu setuju enggak sih MBG
ini program yang bagus? Karena kalau gua
lihat makin banyak media-media di luar
sana khususnya anjing peliharaan Jor
Soros ya selalu ngata-ngatain soal MBG
ini ya memang ada yang ngacau dan gua
lihat ada cuman ya banyak juga yang
bagus. Nah menurut lu gimana? Menurut lu
kita harus jalanin enggak sih MBG ini?
Duit negara dipakai untuk bayar makanan
yang bergizi buat anak-anak kita atau
mendingan duitnya dipakai lagi buat
membangun infrastruktur dari Sabang
sampai Merauke? Bangun bandara, bangun
Kota Baru di planet Neptunus? Lu sendiri
menurut lu gimana sih sebaiknya duit
negara ini dipakai? Kalau gua sih setuju
sih buat masa depan anak kita yang lebih
hebat, lebih bagus, kita harus investasi
di gizinya mereka. Oke, guys. Semoga
video ini bermanfaat. Ditunggu pandangan
kalian seperti apa. Dan buat teman-teman
pelaku usaha MBG, gua yakin nih banyak
follower gua pelaku usaha UMKM, pasti lu
juga ditawarin buat invest. Pasti lu
ditawarin buat buka dapur MBG atau
yayasan MBG. Menurut lu itu bagus atau
tidak? Share dong pandangan kalian di
bawah ini. Menurut kalian itu bagus
enggak sih buat perekonomian kita?
Khususnya ya perekonomian kalangan akar
rumput. Ditunggu pandangan kalian
seperti apa? Semoga video ini
bermanfaat. Salam sehat, salam cuan. Bye
bye.
Resume
Read
file updated 2026-02-12 02:06:38 UTC
Categories
Manage