Transcript
YCJvF20fi6Q • The House of Representatives Pushes for Legalization of Thrifting?! Minister Purbaya Firmly Rejec...
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/Bennix/.shards/text-0001.zst#text/0498_YCJvF20fi6Q.txt
Kind: captions Language: id Gua jujur tanya lu pakai hati nurani lu. Setengah juta orang bakal di PHK gara-gara ada bekicot pengen melegalkan impor baju bekas ilegal. Gila. Aduh, gua gak gua gak gua gak habis pikir, Guys. Ngeri banget nih, Guys. Ada pejabat DPR loh, anggota DPR kita itu bisa-bisanya mendukung bisnis ilegal. Ini ngeri banget sih, asli. Masa mereka mendukung drifting itu impor baju bekas ilegal itu harusnya dibolehkan, Guys. Komisi 11 DPR akan memanggil pemerintah untuk menentukan solusi [musik] agar perdagangan drifting tidak ditutup. Tuduhan bahwa drifting itu membunuh UMKM tidak didukung oleh data-data yang kuat. Karena memang kita lihat dari data-data yang disampaikan Bang Adian tadi, drifting ini bukan menjadi sebuah ancaman utama. Gila, ini ngacau nih. Zaman udah kebolak-balik, Guys. Ini ngacau banget sih. Lebih gila lagi. Malah kita yang waras ini disuruh ngalah sama mereka sampai-sampai Purbaadi a diserang, Guys. Nih gua ngacau nih. Benar-benar parah. Lu tahu ya Indonesia itu pengangguran lagi banyak-banyaknya, PHK massal di mana-mana. Eh, malah sekarang mau dihancurkan lagi UMKM di Indonesia. Kenapa? Karena sekarang kita harus impor baju bekas ilegal. Gila [musik] sih ngacau. Sampai ya. Bukan cuma purba yang diserang loh. Gua juga sampai diserang nih sama Bikicot 1 nih. Ini ada data valid kemarin dibuka Bang sama Andriana Pitupul di BAM DPR RI. Rekanan saya kemarin hadir dalam rapat tersebut. Rekanan apa ya? Bapak dapat data dari mana drifting menghancurkan usaha tekstil di drifting menghancurkan usaha tekstil di Indonesia? Goblok. Tol. Apakah ada data validnya? Kata dia. Hah? Data valid apa? Tidak elok. Nampaknya sekelas Vice Presiden mengiringi opini publik terhadap berita yang tidak kredibel. Woi, dia punya data, Guys. Apa bekicot satu ini? Coba kita lihat apa sih yang diomongin. Jadi rupanya dia ngomong, dia ngambil dari salah satu pernyataan anggota DPR, Andriana Pitupulu ya. Nah, menurut saya untuk awal adalah dilegalkan tapi dibuat kuota. Dengan asumsi satu kontainer 40 fit itu beratnya 28 ton dengan 24.000 1000 kontainer jumlahnya adalah 784.000 ton. Lalu kita lihat import drifting ilegal berapa menurut Kementerian UMKM? 3.600 ton. Lalu berapa sumbangsih ilegalnya drifting? Perbandingannya impor drifting itu hanya 0,5% dari impor ilegal tekstil dari Cina. Nah, data ini dimiliki enggak oleh Kementerian Keuangan? Jangan-jangan Pak Menteri maksudnya baik. Tapi dia dengar data yang salah. Jadi di situ banyak hal yang ngacau, Guys. Ini, Guys. Ini anggota DPR kita enggak habis-habisnya mengeluarkan pernyataan konyol. Pertama, masa disuruh legalin bisnis impor baju bekas drifting ini? Ini aja udah najis gua dengarnya. Jiji gua. Bodo stupid nih. Lu tahu ya? Jelas-jelas ya, impor pakaian bekas itu ilegal. Itulah. Waduh, itu kayaknya enggak perlu sekolah tinggi-tinggi. Lu udah harus tahu dong. Di Indonesia ini banyak pengusaha tekstil mulai dari hulu sampai hilir yang bakal hancur lebur. Kalau kita biarin masuk nih baju baju Bekasi ilegal itu. Makanya jangan heran Peraturan Menteri Perdagangan nomor 40 tahun 2022 melarang impor pakaian bekas. Ada kode HS-nya 630900. Intinya apa? Lu impor pakaian bekas itu enggak boleh, Guys. Logis enggak? Menurut gua logis. Ini dibuat ini buat melindungi pelaku usaha di Indonesia. Pengusaha sablon, pengusaha celup warna, pengusaha gunting baju, pengusaha konveksi, pengusaha yang merubah benang menjadi kain, pengusaha yang bikin kain menjadi pakaian. Hm. Gila sih hancur-hancuran sih. Buat apalagi mereka sekarang gua tanya buka pabrik baju di Indonesia? Kalau ujung-ujungnya orang bisa impor baju bekas, harga jauh lebih murah terus dilegalin lagi kan konyol. Ini menurut gua tol banget. Tol sih asli tol banget. Kalau menurut lu gimana sih? Terus banyak hal yang aneh sama pernyataan ini. Ini gara-gara lu nyerang gua di Instagram gua. Kita buka aja apalagi dia bilang. Dengan asumsi satu kontainer 40 fit itu beratnya 28 ton dengan 24.000 kontainer jumlahnya adalah 784.000 ton. Dia bilang tadi 28 ton 24.000 kontainer itu berapa? 28 ton 24.000 kontainer tuh hasilnya Rp672.000, Guys. Tolong Andriana Pitup lu belajar berhitung dulu lah sebelum asal bacot tuh. Akibatnya apa nih? Banyak orang bawa data udah datanya goblok terus berhitung pun enggak bisa. Penjumlahan itu belajar dulu lah gitu. Sertifikat ijazah TK lu mana? Tolonglah please jangan goblok lu. Terus sekarang mau minta bisnis ilegal ini dilegalin. Apa enggak maksud gua benar-benar enggak masuk akal ini republik apa kita ini bisa-bisa punya wakil rakyat membela bisnis ilegal. Terus yang lebih gila lagi apa? 3.600 ton. Dia bilang ini datanya punya enggak Kementerian Keuangan? Lalu kita lihat import drifting illegal berapa menurut Kementerian UMKM? 3.600 ton. Lalu berapa sumbang sih ilegalnya drifting? Perbandingannya impor thrifting itu hanya 0,5% dari impor ilegal tekstil dari sini. Nah, data ini dimiliki enggak oleh Kementerian Keuangan? Jangan-jangan Pak Menteri maksudnya baik, tapi dia dengar data yang salah. Sebenarnya ya, justru anggota DPR ini harusnya bertanya-tanya apa mungkin cuman 3.600 ton? Bahkan menurut gua 3.600 ton ini dikit banget. Lu bayangin ya, kalau seandainya satu kontainer 40 fet lah, 40 kaki itu kapasitasnya bisa 25 sampai 30 ton tuh. Tergantung lu bawa barang apa ya. Kita taruhlah 30 ton. Terus kata si Andrea sampai 20 nih 3.600 ton. 3.600 ton dibagi 30 ton berarti cuman setara 120 kontainer, Guys. Masuk akal enggak dengan begitu banyaknya barang-barang bekas baju bekas ilegal ini? Lu logis enggak sih? Kalau cuman 120 ton kontainer yang masuk bawa baju bekas ke Indonesia? Pikir dong 120 kontainer. Gila dikit banget ini. Enggak enggak enggak masuk akal ini. Sampai-sampai dibilang 3.600 ton itu kan kecil banget, sedikit banget. Dia kan bikin perbandingan kalau di tootal impor tekstil Cina aja Rp784.000. Drifting ilegal menurut dia cuman 3.600 berarti cuman 0,5% kata dia. Aduh inilah kalau udah pakai data salah ditambah enggak bisa ngitung. Jadi ini orang gob tambah tol terus gila lagi jadinya begini ngacau coba gua penasaran dia ambil data dari mana? Jangan-jangan dari tempe bacem setelah gua gali-gali ternyata betul dari tempe bacem lu lihat nih tempe bacem bilang apa? Impor pakaian bekas 2021 7 ton. Impor pakaian bas 2022-2023 12 ton. Impor pakaian bekas 2024 3.600 ton. Kata dia ini datanya Menteri UMKM apa iya guys? Masa 2021 cuma 7 ton? 2022 12 ton. Nih kan enggak logis. Terus kita mau baju argumentasi pakai data kayak begini kan bodoh banget. Lu tahu enggak sebodoh apa ya? 2021 katanya cuma 7 ton nih. Tempe bacem nih. 7 ton itu berarti enggak ada satu kontainer, Bro. Itu berarti cuman sepertiga kontainer. Berarti selama ini yang kita lihat barang bekas ya tahun 2021 itu turun dari langit ternyata. Karena berdasarkan data cuman 7 ton, Guys, yang masuk. Enggak masuk akal. Dan lu tahu ya, kita sebagai investor enggak boleh percaya dengan data-data yang enggak masuk akal. Mau data Kementerian Koperasi kek, UMKM kah, tempe bacem kek, kalau ngacau ya ngacau aja. Kalau goblok ya goblok aja. Enggak. Enggak laku logika tolol itu. Zaman sekarang ini era keterbukaan informasi lah. Jangan bodoh-bodoh banget jadi orang. Lu buka data UN Comlet, lu tahulah Indonesia gimana sih pencatatan di Indonesia bisa dimanipulasi data demi kepentingan mereka supaya mereka bisa melindungi mafia-mafia tekstil itu. Mereka bisa melindungi penyelundup-penyelundup barang ilegal itu. Kenapa? Ya, kalau lu lihat dari sisi Indonesia ngaco, masa impor cuman 7 ton, cuman 12 ton. Masuk akal enggak? Enggak. Gua pun menolak untuk percaya itu. Menolak gua. Karena logika kita sebagai orang waras, enggak mungkin baju bekas ilegal cuman 7 ton 1 tahun yang masuk. Enggak mungkin. Bahkan 1000 ton, 3.000 ton gua juga enggak percaya. Akibatnya apa yang gua lakukan? Gua cek ke UNC trade. Kalau versi Indonesia cuma 7 ton, gimana sih versi negara lain? Gua yakin negara lain itu enggak tipu-tipu. So, ketika gua cek data dari Wcom, enggak usahlah gua cek yang dari Spanyol, yang dari Singapura, yang dari Amerika, enggak usah, enggak usah. Tetangga kita aja dekat Malaysia. Gua buka data ekspor dari Malaysia ke Indonesia. Lu pun bisa cek sama kayak yang gua lakukan. Lu cukup buka website-nya UN Trade terus cek masukin kode HS untuk pakai yang bekas yaitu 630900. Guys, gua gampangin hidup lu. Kalau lu buka di situ, terbukti secara gamblang. Malaysia aja mengakui ketika keluar dari port yang ada di Malaysia tahun 2020, enggak ada, Guys. Indonesia itu impor dari Malaysia itu 7 ton. Itu mah versi Indonesia. Kalau versi Malaysia, Malaysia itu tulis Malaysia ekspor 2020 22.000 ton, tahun 2021 25.000 ton. 2022 24.000 ton. 2023 19.000 ton. 2024 24.000 ton. Lu gila kalau bilang Indonesia itu cuman ada 3.600 ton. Goblok loh. Bahkan ada tadi yang bilang berapa? 7 ton lah setahun. Ada yang bilang berapa tadi? 14 ton. Itu tempe bacem gilanya. Ampun-ampunan. Enggak masuk akal. Ini data yang paling benar. Lu cek. Ini baru satu negara Malaysia. Lu bisa buka sendiri. Cek gimana yang dari Singapura, gimana yang dari Eropa, gimana yang dari Afrika, gimana yang dari Amerika, Indonesia dibikin jadi tempat sampah dunia. Dan ada wakil rakyat kita setuju lagi kalau bisa dilegalkan Indonesia jadi tempat sampah. Logis enggak? Goblok. Gimana enggak makin banyak pengangguran di Indonesia? Tol asli. Dan yang lebih ngacau lagi ya menurut BPS katanya si tempe bacem, impor pakaian bekas dari Malaysia 2020 cuma 1,9 ton. 2021 cuma 0,6 ton. 2022 1,6 ton. Lah logis ini. Lu bisa cek sendiri lu punya otak enggak? Tolong semua nih media kita jadi bodoh semua sehingga orang bisa-bisanya bacot asal jeplak. Indonesia cuma sedikit kok impor dari luar negeri baju bekas ilegal drifting. Lindungi saja mereka itu kan cuman sedikit. Apa apa bodoh banget lu itu. Lu bisa cek jangan orang bodoh. Masa dibilang Malaysia cuman ekspor 1,9 ton. 2021 0,6 ton. 2022 1,6 ton. Enggak. Ini lu bisa lihat di layar kaca transaksinya gila, Bro. setengah triliun setiap tahun baru dari satu negara, Guys. Ini lu bisa bayangin ya ngerinya bisnis ini sampai banyak orang itu yang kelojotan kalau seandainya ini harus disikat habis dan gua setuju harus disikat habis. Enggak ada tuh lu berlindung di balik UMKM. Enggak ada sikat sikat. Lu tahu enggak sih nilai satu kontainer tuh berapa ya? Sebentar guys, bentar guys sebelum kita lanjut videonya. Halo goodis guys. Teman-teman investor Benix Investor Summit 2025 akan segera diselenggarakan di bulan Desember 2025 di Swiss Bell Solo. Jadi buat teman-teman yang pengin segera diskusi, ketemu, dan interaksi langsung ya, karena kita bakal membahas tiga sektor penting. Yang pertama terkait energi, yang kedua terkait bisnis logistik, dan yang ketiga ada sektor spesial nih dengan pembicara yang spesial juga karena ya cuannya gede banget nih, Guys. Nah, buat lu yang penasaran dan pengin segera ikutan di event acara offline spesial Benix cuman ada 1 tahun sekali yang namanya Benix Investor Summit 2025. Yuk, segera daftar sekarang juga nih sebelum terlambat. Dan ingat, kursinya juga terbatas karena cuman ada 50 kursi, Guys. Total kursi yang kita sediakan. Ikut di sini sangat happy lah, ya. Jadi, banyak sekali membuka wawasan baru, terutama banyak bocoran-bocoran mengenai ee kebijakan maupun emiten yang akan terbang selanjutnya. Jadi puas sekali sih dengan ini. Kalau tahu Pak Ben di YouTube sendiri kan lebih apa ya ee pinggir jurang ini lebih pinggir lagiah ini. Mengikuti BIC [musik] investor Samet ini setelah dua kali saya mendapatkan manfaat bahwa kalau kita bisa memahami fundamental atas perusahaan dan forecast untuk perusahaan ke depannya kita pasti dapat akan mendapatkan hasil yang jauh lebih baik. Dan itu yang saya rasakan selama setahun ini. Dan saya harapin kalau e untuk Benik Investor Summit 2025 diadakan, saya pasti akan ikut lagi. Salam cuan. So, siapa cepat dia dapat. Sampai ketemu di Solo ya, guys. Bulan Desember 2025. Benix Investor Summit 2025 segera datang lagi. Segera daftarkan dirimu sekarang juga sebelum terlambat. Ingat, ini acara eksklusif yang kita selenggarakan private dan sangat intim. [musik] Kita bisa berinteraksi full nih selama 24 jam karena acaranya diselenggarakan selama 2 hari dari hari Sabtu sampai hari Minggu dari jam 09.00 pagi sampai malam. So, tunggu apaagi? Segera daftarkan dirimu sekarang juga di nomor WhatsApp yang ada di bawah ini. Sampai ketemu di Solo, Guys. Bye bye. Lu tahu enggak sih nilai satu kontainer tuh berapa? Ya, ini ada yang lakukan investigasi ini bukan tempe bacem ya, mungkin ini lebih terpercaya lah. Dia bilang berapa satu kontainer itu valuasi barang yang ada di dalamnya itu bisa sampai R550 juta. Banyak yang hilang buat ke sogok-sogokan. Lu udah tahulah pemainnya siapa. Gua yakin gak usah ngibul lah. Menurut lu Rp550 juta loh nilai per kontainer itu loh. Itu bukan duit kecil. Kenapa? Karena kalau lu kali 1000 kontainer kali R550 juta. 1000 kontainer sebulan aja udah 550 M, Guys. Udah 1/2. Kalau lu kali 12 bulan itu udah 6T. Jadi ini bukan bisnis kecil, ini bisnis triliunan. Ada orang pakai berlindung, lindungi UMKM. Lindungi UMKM. Hei, ini bisnis triliunan. Mafia semua isinya ngacao. Makanya wajar aja Purba ya diserang makin banyak musuhnya. Dan gua harus bilang nih teman-teman ya pelaku industri tekstil mau lu bis konveksi kek tukang jeans kek lu mau bikin sablon kek dari hulu sampai hilir tekstil dari benang sampai pewarnaan penculupan pemotongan sampai jadi brand kita ini harus satu suara nih. Kita harus anti thrifting. Jangan kayak si Profesor Charlie Chaplin pengkhianat bangsa. Bangsa sendiri digadaikan dia setuju negara kita jadi tempat sampah dunia. Gila, makanya gua enggak heran bisa ada anggota DPR kok setuju Indonesia jadi tempat sampah. Harusnya kita itu tidak menyerang Purbaya lah. Pakai akal sehat lah. Indonesia jadi tempat sampah. Indonesia impor penyakit. Heh, kok malah disuruh legalin? Malah purbaya yang disikat. Ya, kita itu harusnya dukung Purbaya nih. Berantas drifting baju bekas. Harus kita berantas. Tangkap kalau perlu penjarain nih. Udah jelas ini pengkhianatan bangsa ini. Enggak bisalah. Ini dampaknya buruk sekali buat pengusaha tekstil lokal. Lu harus tahu banyak pengusaha-pengusaha kita yang bangkrut gara-gara ya drifting ini gimana bisa ngelawan baju bekas mereka belanja itu karungan, Guys. Baju bekas ini satu karung R juta, R juta isinya bisa ratusan biji. Kaos sampai rebutan loh orang beli baju drifting ini sampai pukul-pukulan. Lu lihat video ini nih. Eh eh goblok eh. Jadi lu jangan heran ya kalau seandai kita biarkan hal-hal kebodohan semacam ini dan makin banyak pejabat kita, wakil rakyat kita apalagi yang harusnya melindungi kita ya. Bantu dong supaya iklim investasi kondusif supaya orang makin semangat bikin pabrik di Indonesia. Bukan hanya impar impor impar impor impor kay orang bodoh. Sehingga lu tahu apa? Bulan November ini aja diperkirakan 520.000 pekerja tekstil terancam PHK, Guys. 520.000 R orang bentar lagi akan di PHK kalau kita masih mau lindungin drifting ini, Guys. Gua jujur tanya lu pakai hati nurani lu. Seteng juta orang bakal di PHK gara-gara ada bekicot pengen melegalkan impor baju bekas ilegal. Gila. Aduh, gua enggak gua enggak gua enggak habis pikir. Ini rusak banget asli. Rusak banget asli. Jadi teman-teman lu tahu enggak bahkan ya pekerja tekstil di Indonesia makin lama makin habis. Kalau lu bingung, kenapa banyak pabrik tekstil bangkrut di Jawa Barat, di Jawa Tengah, ya ini salah satunya. Buat apaagi buka pabrik ini kan artinya wakil rakyat justru mendukung PHK massal, wakil rakyat justru mendukung deindustrialisasi supaya Indonesia tambah miskin. Dia pengin lu tambah miskin, dia pengin lu enggak punya kerja. Dia pengin PHK massal di mana-mana. Habis sudah negeri kita ini habis hancur sehabis-habisnya, Guys. Ngacau. Ngacau banget. Terus mau disuruh legalin lagi. Gila enggak sekalian aja lu legalin kan goblok. Goblok banget asli. Karena faktanya udah makin hancur-hancuran bisnis tekstil, Guys. Lu tahu ya data terakhir dari Kementerian Perindustrian jumlah tenaga kerja di industri tekstil itu terus menyusut minus 7,5%. Padahal mereka sektor manufacturing pabrik yang bisa menyerap banyak lapangan kerja. Tapi makin lama makin dihancurkan karena kita punya pejabat politik pengkhianat bangsa. Ya, pengkhianat. Jelas ini pengkhianat bangsa nih. Masa dibikin Indonesia tempat sampah? Indonesia dibikin jadi budak Malaysia. Lu setuju Indonesia jadi budak Malaysia? Pakai baju bekas nanah, bekas kudis, kurap, panu. Orang Malaysia lu pakai. Setuju lu Indonesia dibego-begoin begitu? Tolol banget. Ini baju kan sampah. Sebetulnya banyak di Eropa itu pabrik-pabrik itu nyampah, Guys. Di negara sendiri itu biayanya mahal buat mengolah sampah itu. Jadi apa yang dilakukan pengusaha Eropa, pengusaha Amerika? Mereka sok-sokan ngajarin lu cinta lingkungan. Dia sendiri kagak dibuang ke sini. Itu barang harusnya buat di tempat sampah harus diolah, dibakar biar polusi. Banyak orang Indonesia tambah bego, tambah stunting, tambah tol. Gara-gara disuruh impor baju bekas itu sebetulnya sampah. Sudah jelas itu enggak benar, Guys. Makanya paling benar ya dilarang masuk. Masa kita memperkaya pabrik-pabrik fashion dari Eropa, kita jadi tempat sampah mereka. Masa kita jadi budaknya Malaysia. Lu setuju impor baju bekas dari enggak ada harga diri lu bikin negara ini. Jiji gua lihat pejabat kayak gini anggota DPR bangga banget Indonesia jadi anjingnya Malaysia. Pengkhianat lu, pengkhianat lu. Celana saya drifting dan sepatu yang saya pakai juga drifting. Tadi Pak Ketua jugais [tertawa] ini drifting dari lu ada ya? Sudah saya juga sering belanja. Enggak masuk akal. Kita disuruh impor baju bekas dan harus bangga dengan itu. Harus dilindungin bahkan pelaku usahanya. Apa ini negara ini? Dan gua makin hari gua lihat makin sering nih Purbaya ya mantri favorit kita by the way diserang nih sama media-media asing begini. Tapi ini udah jelas-jelas serangan sih guys. Ini udah jelas-jelas serangan lah. Media-media asing berkolaborasi dengan pejabat-pejabat kita buat menyerang menteri Purbaya lah. Ud jelas barang salah. Dan memang kita harus berani sih nyatakan dukungannya. Kalau benar bilang benar, kalau salah bilang salah. Lu tahu gua lah Benix, kalau pejabat kita benar kita gua bilang benar. Kalau ngacau ngaco. Tapi kalau menteri kita con purbain melakukan hal yang benar ya kita harus dukung. Bahkan ketika dia digencet ya kita harus belain guys. Makanya teman-teman lu harus dukung juga. Berani lu dukung perubahaya. Kalau enggak dia makin banyak musuhnya, Guys. Gila ini orang makin hari makin digebukin sama semua orang, Guys. Gila ya. Gua senang sih dia punya nyali tinggi sih mafianya. Ini bisnis triliunan soalnya bukan bisnis UMKM, Guys. Drifting ini bisnis triliunan, bukan bisnis UMKM. Dan untungnya sih si Purbaya ini sampai detik ini ya masih berani sih ini orang kayaknya nyawanya ada sembilan. Dia berani nih ngeladenin bangsat-bangsat yang sibuk mau menghancurkan negara ini. Pengkhianat-pengkhianat bangsa yang duduk di parlemen itu. Apa yang dibilang sama dia soal drifting ini? Saya enggak perlu dengan bisnis drifting. Dia mau mengendalikan barang ilegal yang masuk ke Indonesia. Tanggapan saya, saya enggak perlu dengan dengan bisnis drifting. Yang saya kendalikan adalah barang ilegal yang masuk ke Indonesia. Saya akan membersihkan Indonesia dari barang-barang ilegal yang masuknya ilegal. Drifting kan kalau barang bekas kan dilarang kan. Sudah jelas itu ilegal. Setuju gua. Kalau lu setuju enggak dengan pernyataan dia? Tapi guys, ya memang udahlah nasib kita jadi bangsa Indonesia kita dihancurkan, diinjak-injak sama banyak pengkhianat, pejabat-pejabat, wakil rakyat kita itu betul-betul enggak ada otak. Betul-betul penginnya menghancurkan bangsa ini. Betul-betul pengkhianat bangsa lah. Mentalnya itu betul-betul ngeri, Guys. Ngeri ngeri banget. Kalau lu lihat makin hari ke sini, lu lihat Purbaya ini makin banyak yang keroyokin, makin banyak yang gebukin, Guys. Makin banyak musuhnya. Karena apa? Dia melakukan yang benar, Guys. Makanya musuhnya banyak ya karena melakukan hal yang benar. Lu sendiri setuju atau enggak sih Purbaya ini digebukin? Gua sih jujur prihatin lah. Bisa-bisanya hal yang seharusnya secara waras, secara logika, secara akal sehat. Aduh kok bisa-bisanya sih impor baju bekas dibiarin loh. Gila sih. Tapi untungnya ya Purbaya ya menteri favorit kita berani guys. Dia bikin komentar begini guys. Pokoknya yang barang masuk ilegal saya berhentiin. Saya enggak mungkin saya enggak mungkin buka pasar untuk ee barang-barang ilegal kan. Ini hebat sih. Ini hebat banget sih si Purbaya. Teman jangan dibiarin dia sendiri, Guys. Lu juga harus nyatakan dukungan lu, Guys. Lu segera like video ini, segera share video ini. Jangan biarkan makin banyak pengangguran di Indonesia. Jangan biarin makin banyak pabrik-pabrik yang tutup kalau makin banyak orang-orang yang impor baju bekas ilegal dibiarkan. Enggak boleh, Guys. Ini aparat harus bertindak, harus ditangkepin nih. Udah jelas ilegal kalau dibiarin berkembang malah eh sekarang malah minta lebih. Dikasih hati minta jantung, sekarang minta dilegalin. Besok bandar narkoba yang minta. Diain lagi sama wakil rakyat. Ngacau nga guys. Gua sih enggak setuju kalau gua sih gua bersama Purbaya lah lawan drifting ini lawan tuh profesor setan itu udah S3 malah belain drifting ngaco enggak benar orang yang kita harap bisa jadi bawa negara kita jadi lebih baik malah sibuk jualin negara kita ke asing guys gila ini. Ini udah parah sih. Kalau lu sendiri gimana lu lebih setuju sama si Purbaya? Hancurkan drifting, hancurkan baju bekas ilegal. Jangan mau lagi impor lagi baju bekas ilegal. Atau lebih setuju lu sama si Andriana Pitupulu ini belain mereka. legalin mereka. Izinkan mereka impor baju Bekasi legal. Hancurkan pengusaha Indonesia. Bunuh, buru-buru di pabrik itu. Bunuh semua biar mati semua. PHK masal di mana-mana. Lu maunya begitu, lu pilih begitu. Logis enggak menurut lu? Asli jiji gua. Jiji banget gua. Kalau lu gimana? Kasih tanggapan lu, Guys, di bawah ini, Guys, supaya Purbaya makin PD bahwa dia tahu rakyat Indonesia yang waras, yang punya hati bersama Purbaya. Jangan lu diam aja, minimal lu share and like video ini sebanyak-banyaknya, Guys. Semoga video ini bermanfaat, Guys. Ditunggu komentar kalian seperti apa terkait thrifting ini. Harus kita pelihara atau kita binasakan. Negara harus tegas, lu harus tegas. Tentukan pilihan lu di bawah ini. Lu bersama Benix atau lu bersama bangsat-bangsat di parlemen itu, Guys. Ngaco ini. Oke, semoga videonya bermanfaat. Segera subscribe channel Benix karena cuma 50% viewers kita loh yang subscribe. Sayang banget. Semoga video ini bermanfaat. Salam sehat, salam cuan. Bye bye. [musik]