Transcript
t7q-QnPYCys • 5 STUPID Habits That Make Your Wallet LEAK CONSTANTLY!!
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/Bennix/.shards/text-0001.zst#text/0513_t7q-QnPYCys.txt
Kind: captions
Language: id
Halo, Guys. Lu tahu ggak banyak orang
Indonesia itu merasa mereka gagal kaya.
Mereka susah banget kaya raya karena
gaji mereka kecil. Tapi ini sebetulnya
salah. Soalnya yang bikin miskin itu
bukan gaji lu. Yang bikin lu miskin itu
perilaku lu, habits lu, kebiasaan lu
sendiri. Dan lu tahu enggak kalau lu
masih melakukan lima hal ini, maka gaji
lu naik 10 kali lipat, 1000 kali lipat
pun lu enggak bakal bisa kaya. Lu bakal
tetap bocor. Kok bisa? So, ini dia lima
kebiasaan yang harus lu singkirkan.
Karena lima kebiasaan ini diam-diam
bikin lu tambah miskin, bikin lu tambah
susah, bikin lu gagal kaya, Guys. Dan lu
jangan khawatir soalnya di akhir video
ini gua juga bakal ngasih tahu cara lu
merubah kebiasaan buruk ini. Yang
pertama, kebiasaan buruk yang fatal itu
adalah kebiasaan mengejar barang branded
biar kelihatan mewah. Ini bahaya, Guys.
Kenapa ini bisa bikin lu susah kaya?
Karena lu itu mengejar logo bukan
kualitas. Lu beli barang, baju, sepatu,
ikat pinggang, harga gila-gilaan, tapi
manfaatnya, nilainya itu nol. Sering tuh
orang begitu, Guys. Dan sedih lagi
ujung-ujungnya apa? Uang lu habis buat
sesuatu yang sia-sia. Uang lu habis buat
gengsi. Uang lu habis buat menyenangkan
orang lain yang sebetulnya enggak peduli
sama lu dan enggak kenal sama lu karena
gengsi. Jadi, lu punya duit habis buat
gengsi, bukan habis buat investasi. Duit
habis buat menyenangkan asumsi, pikiran.
mata orang lain, bukan buat masa depan
lu sendiri ya, investasi lu
ujung-ujungnya lu bakal miskin terus.
Duit seberapaap pun banyaknya enggak
bakal pernah cukup karena lu hidup di
dunia orang lain. Lu tidak hidup dari
kacamata lu sendiri. Gimana caranya lu
pengin lu jadi lebih baik 5 tahun lagi,
10 tahun lagi. Enggak penting tetangga
lu gonta-ganti motor baru. Enggak
penting teman kantun lu gonta ganti
handphone baru. Enggak penting. Itu
contoh perilaku yang salah. Kalau lu
dikit-dikit mau upgrade ini, mau beli
ini, beli itu, beli hoodie baru, beli
sepatu jutaan biar kelihatan keren.
Padahal orang enggak ada yang peduli
sama lu, Guys. Jujur mereka enggak
peduli. Enggak ada orang lihat sepatu lu
merek apa. Enggak ada, enggak ada,
enggak ada. Sebetulnya orang ggak ada
yang peduli dengan itu. Bahkan lu sampai
ada orang nih ketemu gua ketemu mereka
bisa ganti outfit baru tiap minggu biar
kelihatan update. Gila ini orang ini
betul-betul menurut gua sedih nih. Dan
ujung-ujungnya orang-orang begini, "Be
banyak nih di SCBD yang begitu ya, punya
gaji belasan juta, puluhan juta, nothing
enggak jadi apa-apa. Ujung-ujungnya Pak
dikejar-kejar pinjol. Gua tahu dari mana
gua punya teman, punya usaha minjamin
duit." Gua tanya, "Kenapa lagi stres?"
"Iya gua udah pernah minjamin duit ke
orang SCBD R juta." R juta kerjaannya
apa? Iya. Dia salah satu petinggi di
perusahaan perbankan di sana di CBD.
Ternyata kerjanya ngutang buat gaya
hidupnya. Jadi tiap terima duit gaji
bulanan dia sekitar Rp0-an juta udah
habis buat bayar cicilan dia, Guys.
Ngeri enggak? Plafon kredit dia mentok
kanan, Guys. Lu kira cuman kualitas
grafik di handphone atau di komputer
kalian yang bisa mentok kanan? Ya. No.
Ini plafon kredit dia mentok kanan.
Padahal dia pejabat tinggi di sebuah
bank di SCBD. Ternyata gaji dia habis
dari bulan ke bulan cuma buat bayar
bunga cicilan pinjol dia. Ngeri sih.
Padahal ada cara yang lebih benar sih,
Guys. Gimana caranya lu gak jadi korban
budak barang-barang branded? Supaya lu
enggak usah lagi upgrade fashion tiap
detik, tiap bulan, tiap minggu. Enggak
usah. Lu cukup beli pakaian yang simpel,
warna-warna yang netral, bisa dicombine
dengan celana apapun, dengan aksesoris
apapun. Dan yang paling penting awet.
Karena sekarang lu bisa belajar. Lu
sebaiknya jadi manusia yang lebih fokus
ke fungsi, bukan fokus ke brand. Dan lu
harus sadar diri besok-besok lu mau beli
tas harga Rp35 juta atau lu mau ganti
celana harga R2 juta, lu harus saksikan
video Benix ini. Kenapa? Karena di sini
ada pelajaran penting dari Charlie
Manger. Orang ini punya duit 40 triliun.
Kalau pergi ke toko, apa yang dia
lakukan? Dia cari baju yang harganya 7.
Dia cari celana yang harganya 7. DO itu
berapa? Rp100.000, Guys. Jadi, lu
bayangkan salah satu orang terkaya di
dunia 40 triliun. Kalau pergi belanja
dia pergi ke Costco. Costco ini bukan
toko barang mewah, Guys. No. Toko Cosco
ini adalah toko barang diskon, toko
barang murah. Lu bayangkan orang dengan
duit 40 triliun beli celana harga 7
dolar pergi keco. Gak percaya lu lihat
video ini.
Cco
each or less.
Jadi buat teman-teman di rumah sana
khususnya yang masih muda dan gua lihat
juga ada sedihnya ya ada orang umur 42
tahun gua lihat susah banget hidupnya
karena hidupnya ngejer barang branded
biar kelewatan mewah. Jam tangan harus
Apple. Udah jam tangan Apple harus
gonta-ganti Apple Watch 1, Apple Watch
2, Apple 3 ganti tahun ganti itu.
Ujung-ujungnya apa? Cuma hidup dari
lubang ke lubang rentenir. Hidup enggak
jauh dari pinjol. Hidup enggak jauh dari
dep collektor kartu kredit. Enggak usah
jadi orang kayak gitu, Guys. Hidup
berdasarkan utilitas. Beli yang lu
butuhkan bukan yang lu inginkan. Nah,
yang kedua guys, perilaku bikin miskin
itu ya beli gadget tiap tahun. Kalau
tadi kan beli barang branded biasanya
fashion. Tapi ini beli gadget banyak
orang enggak bisa stop gadget harus
mengikuti mana yang paling ngetren,
paling modern, paling cepat, paling
canggih, loading-nya paling kencang.
Ujung-ujungnya apa? Dia upgrade
handphone tiap tahun, upgrade tablet
tiap tahun, upgrade TV di rumahnya,
kulkas di rumahnya, harus smart TV,
smart rice cooker lah, segala macam.
Buang duit belasan juta, puluhan juta
hanya demi fitur yang 10% lebih bagus.
Padahal duit yang sama kalau
diinvestasikan bisa jadi 100% lebih
banyak. Contoh paling bodoh begini,
zaman-zaman gua dulu ya kan gua dulu
kuliah gua programmer IT gua. Jadi
kadang-kadang kalau Nvidia itu suka
ngasih kartu grafis dari GTX 970, GTX
980, terus upgrade lagi jadi serius 1000
series, terus upgrade lagi jadi seri
1000 series, ada 1060 terus jadi 1030,
ada segala macam lah. Kadang-kadang
ketika diupgrade itu lu harus bayar dua
kali lipat lebih mahal. Dulu beli VG AK
misalkan harga Rp3 juta datang seri baru
lu harus bayar Rp juta dua kali lipat
lebih mahal. Padahal beda performanya
dia cuman 10% lebih bagus, Guys. Gua
suka tanya sama teman gua, "Lu ngapain
sih beli kartu VGA yang paling mahal
atau handphone yang paling canggih?"
Iya, Ben. Soalnya kalau yang dulu itu
warnanya cuman ada 300 warna. Di
hardware yang baru ini ada 330
warna. Loh, kayaknya sama-sama aja, cuy,
cuman 30 warna. Tapi lu harus bayar
berkali-kali lipat. Menurut gua enggak
logis. Lu kan investor, lu udah bisa
hitung dong benefit lu apa. Iya dong.
Buat apa lu spending duit dua kali lipat
lebih mahal padahal benefit lu cuman 10%
lebih baik. Logis dong berpikirnya
gimana sih? Atau ada orang mau beli
laptop. Kemarin gua ditawarin beli
laptop karena laptop kita rusak kan
sampai detik ini. Laptop MacBook gua
rusak lagi diervis enggak sembuh-sembuh.
Kenapa gua enggak mau beli yang baru?
Buat apa? Karena masih bisa diervis. So,
lu bayangin, Guys. Dia nawarin, gimana,
lu mau ganti enggak dengan laptop yang
lebih baru? Lu mau beli enggak nih? Ada
laptop sekarang udah M4. Jual lebih
cepat tuh dibanding punya lu. Cuman M1.
harganya beda empat kali lipat. Buat apa
emang lebih cepat 4 kali lipat? Enggak
juga. Terus apaagi ya? Monitornya udah
144 Hz monitornya nih. Kalau laptop gua
belum sampai 100 Hz. Pertanyaan gua
simpel. Gua kan manusia ya. Apa iya mata
gua bisa melihat kecepatan cahaya 144 Hz
sama 100 Hz? Gua rasa enggak beda jauh
deh. Gua rasa enggak ada manusia yang
bisa membedakan layar monitor yang ini
lebih bagus dari gua rasa pun kalaupun
bisa ngelihat perbedaannya insignifikan,
Guys. Enggak penting. Tapi lu harus
spend money empat kali lipat lebih
banyak. Menurut gua enggak worth it.
Buat apa? Mendingan duitnya gua pakai
buat beli saham, buat investasi. Duit
yang sama bisa bertumbuh berkali-kali
lipat dibandingkan gua spend 400% lebih
mahal buat sesuatu hal yang mungkin cuma
5% lebih baik. Enggak logis. Makanya,
Teman-teman, besok kalau lu ditawarin
beli sepatu, ada dua sepatu nih, warna
merah sama warna biru. Yang biru empat
kali lipat lebih mahal dibanding warna
merah. Lu tanya, "Apakah kalau gua pakai
sepatu warna biru gua bisa lari empat
kali lipat lebih cepat? Apakah kalau gua
pakai sepatu warna biru gua bisa
terbang? Apakah gua kalau pakai warna
biru gua bisa berenang lebih cepat?" Gua
rasa enggak. Lu harus tanyakan itu apa
benefitnya, apa feature-nya. Worth it
enggak? Memberikan kemudahan enggak ke
dalam hidup lu, memberikan kenyamanan
enggak? meng-upgrade enggak value lu?
Kalau ya, ya not gua jujur aja dibanding
gua beli sepatu harga puluhan juta,
mendingan gua kemarin habis ikut kursus
nilainya sama juga Rp40 juta. Tapi ya
gua dapat ilmu jauh lebih banyak, gua
dapat value jauh lebih besar. Sepatu
enggak ada 2 3 tahun rusak, tapi ilmu
gua bisa bawa sumber hidup gua. Itu jauh
lebih penting. So, lu jangan sampai
terjebak perilaku yang salah. Gua ganti
gadget tiap tahun. Beli HP baru hanya
karena serial terbaru. Software-nya
lebih canggih, warnanya lebih banyak.
Padahal mah lu juga enggak bisa bedain
yang kiri sama yang kanan. Lu enggak
bisa bedain. Orang beli TV kemarin
enggak bisa bedain. Harus beli TV ini.
TV ini sudah olet. Emang kenapa kalau
yang sebelahnya? Sebelahnya cuma kilet.
Lu bisa bedain olet sama kilet? Gua rasa
enggak. Nanti ada lagi yang ini sudah
mini LED. Lu emang bisa bedain? Gua rasa
juga enggak pun. Lu punya waktu enggak
buat nonton TV? Gua tanya sama teman gua
tuh. Ee enggak. Dia sehari nonton TV
enggak mungkin karena dia masuk kerja
jam 5.00 pagi pulang dari kantor jam
11.00 malam. Ujung-ujungnya pernah
nonton TV. Enggak. ujung-ujungnya dalam
1 bulan nonton TV paling dua kali dan lu
gak bakal melihat tuh bedanya tuh yang
OLED, key, minil, super LED, apalah itu.
Lu gak bakal tahu. So, buat apa? Kecuali
lu seorang direktur film ternama atau lu
content kreator ternama yang memang
punya akurasi gam color gamut yang harus
akurat. Karena lu berbisnis percetakan
atau lu berbisnis periklanan atau lu
berbisnis desain grafis, memang lu
butuh. Itu ada value di situ, Guys. Itu
worth it. Itu investasi. Lu beli TV yang
super canggih, super akurat warnanya,
itu worth it. Tapi kalau lu pakai itu
cuma buat main Mobile Legends, Guys, gua
rasa enggak ada bedanya. Lu mau
[tertawa] pakai layar apa, LED, ultra
HD, OLED kill, enggak ada bedanya, Guys.
Jadi, lu pikir lagi sebelum lu ganti
laptop lu, mau ganti laptop baru,
sebetulnya laptop lama lu jangan-jangan
cukup, cuma butuh ganti RAM atau ganti
SSD-nya doang. Pikir lagi deh. So, lu
harus mulai berpikir secara logis,
secara clear. Gunakan gadget lu dengan
benar, ya. minimal 3 sampai 4 tahun
sampai benar-benar lu yakin lu butuh
upgrade. Gua sih ya detik di mana gua
ganti handphone itu ketika handphone-nya
udah enggak bisa hidup lagi, Guys. Kalau
cuma retak-retak dikit biasa aja enggak
ada masalah. Kameranya enggak jalan
enggak ada masalah. Tapi begitu dia
enggak bisa aktif lagi kayak handphone
yang ada di belakang kameraman kita,
karena memang udah enggak bisa hidup
lagi baru gua ganti selesai. Selama
masih ada keresek-keresek suaranya masih
bisa gua dengar 70%. Udah rusak ya. Tapi
70% masih bisa gua dengar sih suaranya
atau monitornya, layarnya masih bisa gua
pakai. Mungkin ada titik-titik hitam
atau ada retak-retak, ada hologram, gua
akan pakai sampai kemudian mati total
ganti. That's it. Dan lu harus
pertimbangkan buat beli gadget second
atau seri sebelumnya karena biasanya
lebih murah. Udah speknya canggih, high
end, tapi karena ada seri yang lebih
baru, harga dia jadi lebih murah. Kalau
gua lebih prefer beli yang itu sih.
Makanya lu udah tahulah kalau investor
ya kayak gua. Gua anti beli mobil baru,
mendingan gua beli yang second. Kenapa
gua bisa dapat diskon 50%?
[tertawa] Kenapa enggak? Padahal cuman
second setahun atau 2 tahun, kilometer
juga rendah. Bawa ke bengkel, General
checkup masih bagus. Gua sih lebih
prefer begitu. Diskon namanya juga
investor. Kalau bisa beli saham harga
diskon, kenapa harus beli overprice? Kan
begitu. Jadi lu mulai belajar membedakan
udah penting belum lu upgrade gadget?
Tambah produktif enggak lu? Tambah hebat
enggak lu? Kasih value enggak apa lu?
Kalau enggak tahan diri lu ngapain
upgrade gadget baru. Jangan-jangan itu
cuma kepenginan lu doang. Lu enggak
butuh gadget baru. Pikir itu. Nah, yang
ketiga yang parah adalah belanja
gara-gara diskon. Ah, ini jebakan
Batman, Guys. Jadi, lu belanja gara-gara
ada diskon bukan karena butuh banyak
orang. Contoh, kemarin ada promosi beli
anggur, beli dua dapat satu, beli dua
dapat satu. Padahal orang pergi ke toko
tadinya cuma pengin beli satu anggur,
tapi dia pulang dari toko bawa tiga
anggur. Ditanya, "Kenapa bawanya tiga?"
Banyak banget. Karena kalau beli dua
dapat satu. Elgak pernah berpikir
jangan-jangan sebetulnya lu enggak
butuhkan itu. Begitu lu masuk anggur itu
ke dalam kulkas, lu busuk dong. Karena
lu enggak bisa habisin juga sebanyak
itu, secepat itu. Bahkan ada yang enggak
muat kulkasnya, ujung-ujungnya busuk
juga di luar. Orang niatnya cuman beli
satu, tiba-tiba jadi beli tiga. Dia
berpikir dia bisa hemat bonus gratis
satu. Yang dia tidak pikir, tadinya dia
cuma mau beli satu, tiba-tiba jadi
belanja dua. Ujung-ujungnya lu belanja
dua kali lipat lebih banyak dibandingkan
yang seharusnya. Tapi mindset lu dilatih
buat berhemat. Tapi berhemat dari mana?
Ya karena dapat satu, Pak. Enggak. Lu
itu keluar dua. Lu bukan dapat satu. Lu
itu keluar dua, Guys. Pikir belanja
gara-gara diskon ni jebakan Batman. Atau
ada lagi, beli satu nanti barang yang
kedua diskon 50%. Wah, lumayan nih
diskon 50%. Tidak. Yang ada lu itu
keluar 150%.
Iya dong. Tadinya lu cuman mau keluarin
100% duit lu. Tiba-tiba lu beli dua, lu
jadi keluar 150%.
So, apakah lu benar-benar berhemat?
Enggak. ujung-ujung membeli barang yang
lu tidak butuhkan dan ini lu harus
belajar stop karena sale mega disun mega
sale ini membuat orang-orang bisa
terpancing membeli barang-barang lebih
murah asumsi dia. Padahal sebenarnya dia
tidak perlukan. Hati-hati loh. Karena
barang diskon pada intinya adalah tetap
pengeluaran. Bukan duit rekening bank lu
bertambah tetapi rekening bank lu
berkurang. Dan ujung-ujungnya barang ini
apa? Numpuk. Jarang dipakai. Mubazir.
Akhir tahun lu lihat kok sepatu ini gua
belum pernah pakai, kok baju ini gua gak
pernah pakai. Makin bertambahlah gudang
lu, rumah lu jadi tempat sampah. Jangan
lakukan ini. Banyak orang terjebak.
Enggak bisa membedakan diskon itu bukan
penghematan. Buy one get one bukan
penghematan. Buy one bukan penghematan.
Buy one get another 50% discount on
second purchase bukan penghematan. Itu
pengeluaran lebih banyak dibandingkan
yang seharusnya. Jadi teman-teman sekali
lagi jangan terjebak kebiasaan salah.
Belanja 111 121 Harbolnas itu lu belanja
cuma gara-gara murah. Jujur aja lah lu
ikut 11 12 ikut promo cuma karena murah
enggak usah guys lu beli tiga item
supaya dapat gratis ungkir. Padahal
tadinya mau beli satu item. Itu artinya
lu bukan penghematan, Guys. So, gua mau
bantuin lu bikin cara belanja yang benar
nih. Sebelum lu belanja harus ada yang
namanya shopping list. Ini gua lihat
teman-teman kita nih yang ada di Jepang
itu lebih jenius tuh. Yang di Cina
biasanya orangnya pelit. Di Belanda
orangnya pelit semua. Bahkan ketika
mereka mau pergi ke toko, mereka bikin
list belanja dan mereka stick to the
plan. Enggak ada tuh tiba-tiba, "Eh,
gara-gara beli tiga dapat satu, gua beli
tiga aja deh, enggak ada." Tiba-tiba lu
beli belanja yang lu butuhkan enggak
ada. Karena banyak jebakan, Guys, di
retail tuh banyak jebakan. So, lu harus
bikin list dan lu harus setia sama
daftar belanja lu. Lu hanya belanja
barang-barang yang sudah lu tulis. Stick
to the plan. Ingat, harus berani bikin
daftar belanjaan. Lakukan itu, Guys.
Kalau enggak lu kena jebangan Batman.
Ada teman gua pergi ke toko. Sebelum
pergi ke toko, Ben, temenin gua dong.
Gua mau beli handphone baru. Sebelum ke
toko, dia udah ada mindset dia. Gua cuma
mau beli handphone yang 4 gig, memorinya
128 gig, harganya maksimal R5 juta.
Nyampai ke toko kok yang 6 gig harganya
cuman beda sedikit nih harganya. Apa
enggak mendingan 6 gig? Pas dia mau beli
yang 6 gig. Eh, kayaknya yang 8 gig
bedanya cuman tipis nih sama yang 6 gig.
akibatnya ujung-ujungnya beli yang 8
gig. Padahal dulu sebelum dia ke toko,
niat dia mau beli yang 4 gig harganya
murah. Ujung-ujung yang keluar dari
toko, beli barang yang harganya 8 gig
yang harganya lebih mahal. Makanya kalau
lu mau pergi belanja, bikin list
kebutuhan lu dan lu harus stick to the
plan. Dan kalau bisa, belilah kebutuhan
yang penting-penting aja. Skip
barang-barang yang enggak penting, Guys.
Dan kalau bisa, lu juga menerapkan
aturan 24 jam. Sebelum lu mau belanja
barang yang lu masih ragu ini kebutuhan
atau keinginan, gengsi atau bukan, ada
value atau bukan, kasih waktu 24 jam
buat lu berpikir waras dan normal.
Tunggu 1 hari baru besoknya kalau lu
yakin lu mau beli, baru lu beli. Dan
usahakan ketika lu belanja jangan pernah
belanja dengan perut kosong. Kalau lu
belanja dengan perut kosong yang terjadi
apa? Lu kalap belanja. Lu enggak bisa
membedakan rasa lapar dengan nafsu
membeli. Bahaya, Guys. Jangan pernah
belanja dengan perut kosong. Nah, yang
keempat ini namanya jebakan bulk buying
nih. Beli barang banyak sekaligus. Ini
bahaya nih. Banyak orang pikir beli
banyak barang itu sekaligus ya serentak
itu penghematan. Padahal belum tentu.
Contohnya tadi kalau lu belinya makanan,
makanannya cepat busuk. Beli barang
barangnya numpuk karena lu enggak pakai.
Lu beli sayur beli lima, gratis satu.
Iya kali lu mau makan lima. Emang lu
sapi gitu ya, herivfora kan? Enggak.
Pasti ada. Lu pengen makan daging lah,
pengen makan sarden lah, pengen makan
mie lah. Ujung-ujungnya sayurnya
kebuang. Ujung-ujungnya berakhir di
tempat sampah. Bulk buying ini jebakan
yang berbahaya, Guys. Karena artinya
uang lu pergi ke tempat sampah. Contoh
perilaku yang salah, ya. Lu misalnya
beli stok sayuran atau lu beli bahan
makanan 1 minggu, 2 minggu, terus
kemudian busuk. Tadinya lu berencana
bulk buying, beli belanja buat 1 bulan,
tiba-tiba apa? Busuk semuanya. Karena lu
beli 1 hari 30 hari udah busuk tuh
bareng. Enggak fresh. Lu beli banyak
produk tapi awalnya lu belanja banyak
supaya murah. Padahal kebutuhan lu
sedikit apalagi lu tinggal sendirian.
jauh lebih untung buat lu beli di luar
dibanding masak sendiri. Atau banyak
juga orang yang beli banyak barang
sekaligus dia pikir dia bisa masak, dia
rajin, dia punya waktu ujung-ujung
enggak bisa juga. Ternyata dia cuman
bisa mengolah masak sedikit. Lu harus
pintar nih, Guys. Padahal ilmu belanja
yang benar ya lu bulk bank itu boleh
loh. Bukan enggak gua larang. Boleh lu
beli banyak serentak langsung banyak itu
cuma untuk beli barang yang tahan lama
enggak bisa kada luarsa dan pasti lu
pakai. Contoh, lu beli odol, beli tiga
gratis satu, beli gak apa-apa promo.
Kenapa? Karena lu pasti pakai sabun, lu
pasti pakai tisu, deterjen, lu pasti
pakai tuh. Dan dia tidak akan habis kada
luarsa kayak makanan, minuman. Jadi
enggak apa-apa lu beli bulk buying
diskon. Itu cerdas, pembeli cerdas. So,
lu udah bisa tahu sekarang kalau buat
makanan perisable yang bisa kada luarsa
belilah secukupnya. Tapi kalau barang
yang memang lu pasti konsumsi, pasti
umurnya panjang, susah, busuk juga
enggak apa-apa. Asal lu memang bisa
pakai. Jadi teman-teman mulai sekarang
mulai cek tuh jumlah konsumsi harian lu,
mingguan lu, bulanan lu, belanja
keluarga lu. Sebetulnya lu benar-benar
beli yang lu butuhkan atau enggak? Gua
sih yakin banyak orang di Indonesia
karena ada datanya kita, mayoritas
barang yang ada di kulkas lu, gua yakin
lebih dari 20% tuh sebenarnya udah
enggak bisa lu konsumsi. Enggak percaya
hari ini lu pulang cek kulkas lu, lu
pasti temukan barang yang kada luarsa di
dalam kulkas lu. Nah, yang terakhir nih,
jebakan yang sering bikin lu gagal kaya.
Yang jebakan yang bikin lu tetap miskin
yaitu apa? Lu coba-coba jadi investor,
lu investasi di hal-hal yang rumit,
hal-hal yang spekulatif karena lu enggak
paham lu investasi di mana. Ini bahaya,
Guys. Dan lu harus segera hentikan
kebiasaan buruk ini. Kenapa? Karena
banyak orang gua ketemu pensiunan lah,
rata-rata orang-orang yang sudah di atas
40 tahun ya, mereka banyak itu rugi
bukan karena investasinya jelek, tapi
karena mereka membeli sesuatu yang tidak
mereka pahami. Mereka membeli sesuatu
yang tidak mereka mengerti. Contoh, lu
investasi sesuatu yang lu enggak pahami.
Lu hari-hari lu bekerja sebagai teller
di bank, tiba-tiba lu mau investasi
ternak bebek gitu. Lu udah enggak ngerti
lah ilmunya, penyakitnya, obatnya, belum
lagi perhitungan pakannya, tonasenya
berapa, fit conversion ratio. Kalau lu
ngasih makanan 1 kilo, berubah jadi
daging bebek itu berapa? Enggak mungkin
1 kilo juga. Jadi, begitu banyak
jebakan-jebakan Batman di bidang
investasi yang lu enggak pahami. Buat
apa? Kalau gua jadi lu, gua bakal jadi
investor di samp perbankan. Lu yang udah
lebih tahu lah mana bank yang lagi rame,
mana bank yang lagi sepi, mana bank yang
profit, mana bank yang rugi. Karena lu
bergerak di bidang itu. Jadi investasi
yang jelas itu pasti tidak rumit. Karena
kalau lu investasi di sesuatu yang
rumit, di luar kapasitas lu, di luar
pengetahuan lu, ujung-ujungnya apa?
Resikonya jadi besar karena kemungkinan
rugi lu jadi gede. Nah, lebih ngeri lagi
kalau investasi lu bikin lu kecanduan.
Kecanduan apa? Kecanduan bisa jadi cepat
kaya nih. Ujung-ujungnya apa? malah
rugi. Hati-hati, Guys. Ada orang nawarin
peluang investasi penghasilan 10% per
bulan, udah pasti scam. Kalau menurut
gua goodbye, thank you. No, udahlah
enggak usah aneh-aneh. Ujung-ujungnya
apa? Spekulatif. Lu bukan lakukan
tindakan investasi, lu malah berjudi,
Guys. Contoh perilaku salah. Lu fomo nih
ikut-ikut. Kayaknya kripto ini bakal
cuan saham gorengan, robot trading,
ponzi, MLM. Basisnya katanya investasi
ujung-ujungnya apa? Tipu-tipu.
Ujung-ujungnya enggak jelas. Lu juga
enggak pahamin. Banyak tipu-tipu itu
jelasin dia. Nanti lu cuan dari sini
duitnya di sini nanti bikin buka tambang
emas nanti tambang emas ini menghasilkan
koin. Koinnya bisa dijual. Lu investah
di perusahaan gua. Ujung-ujungnya apa?
Kabur. Terlalu ribet. Banyak tuh
investasi dibikin jelimet
perhitungannya. Ujung-ujungnya apa?
Kabur. Ujung-ujungnya investasi bodoh.
Enggak begitu. Investasi itu harus
simpel, masuk akal, logis. Selesai. Dan
lu harus tahu fundamental investasinya.
Jangan lu investasi kara kata orang,
kata teman. Jangan ikut-ikutan. Lu
betul-betul harus tahu dengan yang lu
mau invest. Makanya paling gampang
investasi ya dari hal yang resikonya
rendah, yang bisnisnya lu mudah pahami.
Harus. Contoh, kalau lu mau mulai
belajar investasi, ikutlah instrumen
yang sederhana, yang stabil, yang safe.
Misalkan lu beli deposito, lu beli emas,
surat utang negara, itu udah pasti jauh
lebih aman dan fix. Pasti lu dilindungi.
Enggak mungkin negara collaps gagal
bayar lu. Enggak. Kemungkinannya sangat
sangat sangat kecil. Lu belajar di situ,
lu damai enggak jadi investor di situ.
Baru kemudian lu naik level, ambil yang
resikonya sedikit lebih tinggi karena
return-nya sedikit lebih tinggi juga.
Tapi lu harus membiasakan dulu jiwa
investor lu. Enggak ada orang beli emas
hari ini jual 2 detik lagi. Enggak ada
orang gila. Iya. Lu ngaku investor emas
beli emas hari ini, lu jual mungkin 5
tahun lagi, 10 tahun lagi. Itulah
investor lu. Nyaman enggak dengan itu?
Lu invest di surat utang negara, lu
invest di deposito juga sama kan? Lu
tunggulah 1 tahun, 2 tahun lu nyaman
enggak? Cocok enggak dengan lu? Lu punya
jiwa investor enggak? atau jangan-jangan
lu 1 detik, 2 detik langsung lu jual.
Enggak masuk akal. Jadi wajib buat lu
harus memahami dulu apa yang lu beli
sebelum lu mutuskan masuk ke investasi
manapun itu. Dan lu harus konsisten
investasi tiap bulan. Jadi lu terbiasa
melihat bertambah investasimu, bukan
berkurang. Makanya penting investasi
pakai uang dingin, Guys. Apapun itu
investasi lu, mau investasi rumah,
investasi tanah, investasi emas, bahkan
emas sekalipun aja geraknya naik turun
loh. Jangan sampai lu mudah panik.
Ketika harganya turun lu malu jual.
Ketika harganya naik, lu malah beli. Itu
kan kebalik logika lu. Kapan lu
untungnya? Kalau turun lu malah jual,
kalau naik lu mana beli. Salah. Justru
ketika turun lu beli. Terus ya udah
lihat aja dalam jangka panjang gua yakin
akan bertumbuh. So, Teman-teman, semoga
dari sini lu sudah jelas lah. Lima
kebiasaan ini sering banget bikin orang
Indonesia tambah miskin. Karena dia
tidak ngerti apa yang dia beli, dia
tidak ngerti apa yang dia konsumsi, dia
tidak ngerti apa yang dia investasi.
Bahaya. Dan ini penting buat teman-teman
share ke semua orang karena gua mau
teman-teman tambah kaya raya, tambah
sejahtera. Kalau lu semua tambah kaya
raya, tambah sejahtera, artinya
perekonomian rakyat Indonesia,
masyarakat Indonesia tambah baik, tambah
bertumbuh. Ini yang namanya kata purba
ya. Kita sama-sama cuan, sama-sama kaya
raya. penting buat gua, Elah cuan supaya
negara kita jadi lebih baik lagi, Guys.
Makanya dari sekarang semoga lu udah
mulai ngerti ya, kalau lu mau tambah
kaya itu bukan cuma soal nambah gaji lu,
enggak. Tapi lu juga harus belajar
ngurangin kebocoran lu. Dan kalau lu
udah bisa mengurangi kebocoran lu,
berarti lu udah bisa menyisihkan duit
buat investasi, buat nabung, buat modal
masa depan lu. Bukan lagi sibuk
memuaskan gengsi lu atau naluri-naluri
niat impulsif buying lu yang enggak
penting itu. Oke, ya, Guys, ya. Semoga
lu paham dengan maksud video ini. Dan
kalau lu setuju, coba deh lu komen. By
the way, lu setuju enggak sih dengan
video Benix? Dan dari lima hal yang gua
jabarin tadi, mana yang sebetulnya
paling sering bikin dompet lu bocor
selama ini? Boleh sharing enggak sih di
kolom komentar ke bawah ini? Dan lu
bayangkan ya, kalau duitnya lu taruh ke
emas aja di 5 tahun yang lalu, hari ini
udah naik hampir 150% loh. Dan lu coba
hitung sendiri deh. Kalau 5 tahun yang
lalu lu hentikan kebiasaan lu terus lu
pindahin ke emas atau ke saham IPCC
bukan rekomendasi jual atau beli. Lu
tahu enggak hari ini sudah naik hampir
200%. Coba deh lu hitung kebiasaan lu
itu, kebocoran lu itu. Artinya hari ini
lu udah cuan berapa sih? Kalau 5 tahun
lalu lu berhasil menghentikan kebiasaan
buruk lu, itu. Kebiasaan yang paling
bikin dompet lu bocor. Hari ini udah
naik dua kali lipat, berarti lu hari ini
harusnya dapat duit berapa sih di
rekening bank lu? Share dong di kolom
komentar di bawah ini jebakan-jebakan
mana yang paling sering menipu lu. Oke,
guys. Semoga video ini bermanfaat.
Jangan lupa segera share video ini
sebanyak-banyaknya dan subscribe channel
Benix. Salam sehat, salam cuan. Bye bye.
[musik]