KENAPA 90% KELAHIRAN INI AKAN HIDUP SUSAH. GENERASI EMAS 2045?
5giBV2O2apg • 2024-04-16
Transcript preview
Open
Kind: captions Language: id they say that in 2045 there will be a demographic bonus that will benefit [Musik] Indonesia many are optimistic but I choose to be [Musik] skeptical I think the opposite is true it could be that we were all born in the wrong Generation we the millennials and who were born between 1990 and 2005 this video will discuss why we were born in the wrong Generation [Musik] mungkin Lu pernah dengar bahwa Indonesia tuh sedang mengalami bonus demografi dan program kerja presiden sekarang pun pengen bikin Indonesia emas di tahun 2045 katanya 2045 itu akan jadi dampak terbesar ya dampak positif ke ekonomi Indonesia dan ini jujur benar jika dan hanya jika nah supply dan demand-nya bisa Balance suly kita udah punya suplly pekerja udah ada umur 20-an 30 40 produktif banyak tapi apakah diand pekerjaannya sudah pasti ada Jawabannya adalah tidak kerja kerja kerja kerja kerja kerja kerja kerja kerja kerja kerja pokoknya kerja gak tahu kerja apa aja masalahnya sekarang diand pekerjaan Sekarang tuh masih jauh di bawah suplai pekerja dan ini bikin angka pengangguran itu masih tinggi sampai saat ini Jadi kenapa gua bisa bilang bahwa kita kemungkinan besar lahir di generasi yang salah atau bakal up nih di tahun 2045 Ya karena ini karena bisa jadi kita hidup di negara yang overpopulasi dan itu bisa jadi bikin kita up bukan bikin kita jadi negara paling produktif sedunia dan kita bisa lihat Jugal lah perbedaan kelahiran ini banyak dari lu yang mungkin lahir di atas 90-an ya kalau lu lahir sebelum tahun 1980 di situ memang itu enak banget hidup ya angka kelahiran tinggi akses pendidikan memang masih susah enggak segampang sekarang tapi pekerjaan masih relatif Mudah buat didapetin pekerjaannya juga terbatas ya Kay PN polisi TNI bwmn tapi ya udah kalau misalnya lu dapat nih lu dapat bwmn PNS tahun 90-an misalnya ya lu akan aman seumur hidup karena most likely lu ggak akan dipecat gitu kecuali lu up banget makanya generasi tua tuh selalu nyaranin kita untuk masuk BUMN PNS dan lain sebagainya karena di zaman dulu itulah yang paling oke itu yang bisa ngasih lu rumah dan mobil yang mana harga rumah juga belum segede sekarang How much did you pay for your first House OH goodnesscious long Yes Nah sekarang kita lanjut kalau kita lahir tahun 1980 sampai 2000-an angka kelahiran mulai menurun ya tapi akses pendidikan makin mudah skill orang-orang juga makin mantap Nah pendidikan makin mudah apa yang terjadi makin kompetitif karena diand pekerjaan enggak naik jadi pendidikan gampang pekerjaan lebih susah di sinilah mulai kelihatan dampak overpopulasi nyari kerja kok susah ya pendaftaran PNS BUMN yang awalnya enggak sesulit itulah tahun 197080 kok sekarang bisa susah tahun 2000 memang banyak perusahaan yang datang Nah akhirnya orang-orang pada kerjanya di mana di perusahaan swasta atau sebagian dari anak 90-an milihnya kayak gua sekarang ngambil resiko bikin startup atau bikin media ada yang sukses dan bertahan tapi banyak juga yang gagal Nah kalau lu lahir tahun 1990-an akhir sampai tahun 2005 ini buat lu para-para Genzi yang nonton di sini sekarang tuh populasi udah udah banyak banget lu bersaing bukan cuma dengan generasi lu tapi dengan generasi atas dan generasi bawah yang udah jauh lebih pintar dan juga lu bukan bersaing dengan diri lu aja dan manusia ya lu juga bersaing dengan Ai dan robot dengan software saking majunya lu Beneran enggak bisa nih kerja sesantai orang kerja tahun 2000-an tuh udah enggak bisa cuma modal kenalan gitu Iya ada saudara gua ada adik gua kakak gua di sana enggak bisa udah enggak bisa sekarang kayak gitu bedal orang kerja 2010 2015 2020 dengan kan orang kerja tahun 0-an apalagi tahun 70-an tuh admin misalnya yang cuma mainin ya kertas sama minta tanda tangan enggak bisa lu harus upgrade terus pekerjaan lu tiap tahun karena kalau enggak lu bakal dipecat sama perusahaan sekarang tuh banyak ya starup-starup yang melakukan layoff dan jujur 1% ya karena ini termasuk perusahaan juga yang gua punya dalam 3 tahun terakhir enggak jarang gua ng-phk orang bukan hanya karena ekonomi lagi buruk tapi memang karena orang-orang itu susah untuk keep up dengan kemajuan teknologi karena memang skillsnya udah enggak dibutuhin lagi kemajuan teknologi udah seoke itu sampai kita kayak asalnya customer service nih ada ada empat di 1% sekarang cuma satu itu pun nyatu sama kerjaan lain karena udah bisa pakai Ai dan udah pakai chatbot desainer yang awalnya kita ada tiga jadi cuman satu jadi enggak salah kalau orang bilang sekarang itu fres grade harus kriteria kerjaannya kayak nabi gitu experience harus banyak harus inovatif dan lain sebagainya karena kemajuan teknologi udah sejauh itu tapi pendidikan kita masih belum mendukung jadi ya Inilah hidup di negara yang populasinya banyak yang digadang-gadang bakal jadi Indonesia emas di tahun 2045 bisa jadi bencana yang sangat [Musik] besar mungkin untuk Kebanyakan orang susah tapi untuk aku kayak Ya udahlah gitu Mau diapain kalau memang juga makin susah ya diembrace aja di jalanin aja gitu itu gua agak resah sebetulnya karena e ya kalau kita lihat sekarang kemajuan Apa sih yang sudah kita capai itu kan enggak banyak akses masih terbatas kemudian Pan kerjaan terbatas juga dan Ya udah yang maksudnya bisa dibilang orang yang kaya Ya udah makin kaya dan yang miskin tetap miskin kayak gitu sekarang kita tahu ya bahwa overppulasi itu bikin hidup makin susah kita juga udah tahu rata-rata negara yang kebanyakan populasi memang growth ekonominya tinggi tapi inequality-nya juga tinggi sekarang yang jadi pertanyaan adalah lu kaum yang mana nih yang bisa ng-leverage GR ekonomi sekarang atau justru yang terjebak di bawah lu adalah kaum yang mana nih sekarang Nah hal yang simpel makanya dan bisa jadi solusi overpopulasi sebetulnya adalah Ini pertama lu ke luar negeri terutama negara yang populasnya dikit contoh paling gampang Australia l populasinya dikit kerjanya banyak dan kursnya lebih tinggi Nah inilah Kenapa work holiday visa itu lagi viral banget meskipun kita jadi buruh jadi kuli di sana ya gak apa-apa yang penting Sebulan bisa dapat jut 30 S juta dapat itu solusi pertama solusi kedua kalau lu punya cukup modal lu punya mental yang oke Lu mau kerja bagai kuli running bisnis nah ini yang gua lakuin juga Tapi tentu bisnis bukan untuk semua orang resikonya tinggi lu bisa bangkrut gila-gilaan lu bisa rugi gila-gilaan tapi memang high risk high return ada solusi ketiga nah solusi ketiga ini sebenarnya paling gampang low hanging fruit lah gua bisa bilang ya hampir semua orang Indonesia bisa melakukan ini hampir enggak ada barrier bahasa karena di Indonesia juga marketnya masih tinggi untuk freelancing tapi biasanya barernya di apa di skill dan di otak gitu loh kalau misalnya skill lu enggak seoke itu dan otak lu enggak terus-terusan belajar ya udah lu enggak akan bisa jadi freelancer tapi kalau lu udah nonton video 1% harusnya Mungkin lo udah aware sama hal ini dan Harusnya lu lagi self development sekarang nah yang jadi masalah adalah Jangan sampai kita freelance di kerjaan yang gampang kegantiin contohnya adalah apa ojek online mungkin taksi online buruh dan lain sebagainya gitu itu bakal jadi gila sih kalau lu kerja kayak gitu apalagi di Indonesia karena work hournya lama Kerjanya capek lingkungannya eksploitatif upahnya minim rentan dipecat pula jangankan ojol sekarang penulis hosm Manager desainer juga udah termasuk ke pekerjaan yang gampang kegantiin條件就壓得非常非常低像我個學生就是很能力嘛在這個地方跟你呢我就離開以想見這樣企還能 nah terus harus gimana dong kalau gua pengen freelance dan hassle gitu Ya jadilah freelance yang kerjaannya tidak gampang tergantikan nih buat lu semua yang mungkin udah nyoba freelance boleh ngacung ya di komen mungkin boleh sekalian sharing juga Biar orang-orang Indonesia lain di sini bisa jadi kaya bareng-bareng ada juga nih ya freelance yang skillnya tidak bisa digantikan ya Contohnya kayak si lookereller ini ya yang video editing Akhirnya bisa kerja di us tapi tinggalnya di Indo Nah itu menurut gua yang mesti kita tiru Nih orang-orang kayak [Musik] gini sekarang kerja freelance sebagai uux desainer dari rumah kadang numpang di kafe parttime buat perusahaan di Jerman Halo personeners Nama gua Andreas sekarang gua Bukannya adalah menjalankan satu agensi kreatif namanya XT collectif gua juga bikin Show di tiktok namanya andov Andrea show bikin baju juga namanya World before pandemic ada io juga banyak lah pokoknya Gimana caranya bertahan hidup di Jakarta aja gitu kalian akuioner jadi aku sekarang itu sebagai cance fotografer dan aku punya agency sebenarnya cuman ya masih hitungnya freelance ya karena kan enggak under korporat juga jadi aku punya agency yang bergerak di bidang jasa sosial media dan foto juga sih dalam seminggu karena freelance ya Tergantung request biasanya terkadang hektik banget terkadang ya slow gitu kalau kita bilang paling slow-nya seminggu itu bisa jadi cuman sehari kerja atau bahkan pernah seminggu dibur enggak ada kerjaan dan kalau paling hektiknya ya ya sejauh ini itu 4 sampai 5 hari kerja dan 1 hari kerja itu bisa makan 3 sampai 6 jam ya itulah rata-ratanya 3 sampai 6 jam kalau di fase sekarang sih kalau efektifnya kayaknya under under 6 jam ya kayaknya Jadi sebenarnya kayak ngikutin jam korporat juga masih oke gitu karena itu kan jam juga ya jadi dari pagi sampai sore jam 5. gitu udah gitu udah beres range ya dulu di awal kerja itu pengalaman masih 0 tahun di perusahaan dan saat freelance sudah digaji seperti senior 5 tahun senior 5 tahun itu bisa rentang 10 sampai 20 10 sampai 20 juta Gitu pernah juga lebih sih Nah untuk biayanya ya kalau Project Nasional 2 digit kalau proek Internasional 3 digit I balik lagi sih soalnya Pance Tu kan pekerjaan yang unprediktable ya kadang kalau misalnya kayak lagi rame banget gitu kayak dapat project-proek ap lagi kayak kalau di aku Kalau dapatnya kayak campamp shoot gitu-gitu sama sosial media itu kadang bisa di atas 20-an gitu dan itu tuh oke banget sih menurut aku [Musik] untuk menurut saya menjadi freelance itu itu seperti berbisnis juga J kalau bisnis kita biasanya jualan produk ya dagang produk sedangkan di freelance terutama designer kita berdagang jasa dan bagaimana cara orang percaya dengan jasa kita kadang ada penjualan kadang liburan pengangguran kadang berhasil atau kadang mengecewakan kalau di si gampang-gampang aja Ya gampang dalam artian lu dari awal tahu posisi lu sebagai freelance gini kadang-kadang tantangan seorang freelance itu adalah merasa skillnya lebih mahal dibanding e bisnis offer yang datang gitu kalau lu punya mindset itu lu enggak akan jadi freelance yang berhasil menurut gua sama sekali enggak akan mungkin kalau lu punya mindsetnya itu kalau kontra lebih ke benar-benar enggak ada jamnya enggak ada jamnya sama sekali gitu kayak ya Udah tap Ini yang dibatesin dari tiap agency juga beda-beda tiap freelancer juga beda-beda cuman kalau dari aku untuk kayak tektokan sama klien itu cuma cuman bisa sampai jam 5 tapi kadang misalnya klien kita kan ada yang punya kerjaan lain juga gitu jadi kayak boleh enggak nih malam Nah itu tuh nyata waktu malam-malam kita harus ada kalau aku desain foto segala macam itu kayak balik lagi enggak bisa dipatok waktu gitu jadi kayak benar-benar semua hidup tu jadiadan buat kerja kayak hari Sabtu Minggu tidak ada libur ya karena kan sosial media Tetap ngupload Jadi intinya bilan tuh sebenarnya tidak ada libur ya Kanya mungkin Pro kali ya Pro karena aku lumayan nmatik sih jadi karena kepribadian aku juga orang yang tidak diatur ya jadi proya itu ya waktunya untuk kita ma Jadi sebenarnya pintar-pintar ngatur waktu Mungkin orang lain yang freelance bisa kali Ya maksudnya hidupnya tuh lebih teratur daripada aku mungkin mereka tidak kerja 24 jam sampai subuh mungkin bisa terhubung sama teman-teman teman-teman kuliah teman-teman yang terbiasa di dunia kerja Banyakin tuh hubungan sama mereka dan kalau uaux desain ini banyak teman sama developer Alhamdulillah sejauh ini aku gak pernah aktif mencari gak pernah aktif mencari klien semua allah mudahkan karena biasanya developer itu sering yang sering banget dicari kalau developer itu jago mereka pasti dicari sama sama klien-klien freelance atau bahkan perusahaan dan mereka developer kebanyakan butuh desainer nah jadi itu juga yang pertama kali aku dapat kerjaan yang bagus gu ya untuk part time ini kerjaan yang part time ini gu punya teman developer dan dia kenal aku dekat gitu Kenal pas kuliah dulu dan tahu aku bisa ngedesain jadi tiba-tiba aja tuh dihubungin sama mereka kalau lu mau jadi freelance yang pertama Lu harus punya adalah portofolio karena e di kreatif itu hasil kerja lu dilihat bukan dari ijazah bukan dari background gua enggak pernah atau dihire karena ijazah gua tapi karena apa Project yang lu lakukan sebelumnya gua di-hire sama entitas nasional internasional itu gua enggak dilihat ijazah gua bahkan ijazah gua masih di kampus tapi yang dilihat adalah Project gua sebelumnya jadi portofolio itu penting Makanya kalau kalian ada aktivitas-aktivitas di kampus atau Kalian ada aktivitas-aktivitas di organisasi kalian di luar kampus itu dilakuin dan dieksekusi dengan semaksimal mungkin karena hasil kerja kalian yang sebelumnya lah yang akan membawa kalian ke opportunity job sekarang boleh dicoba dulu gitu siapa tahu itu bisa jadi kerjaan freelance kalian di luar maksudnya entar itu menghasilkan atau enggak intinya coba dulu aja cuman buat orang-orang yang misalnya lagi kerja gitu terus Aduh pengen nih jadi freelance juga atau ngerjain sesuatu hal yang lain kan freelance tu bukan berarti kayak itu bisa jadi f j juga juga freelance tu mungkin yang lagi kerja di sebuah kantor gitu atau jadi anak korpor Coba aja dulu gitu maksudnya di di weekend Sori di weekend atau weekday pulang kantor kalian cobain hal yang kalian suka Ya siapa tahu itu menghasilkan dan Maknya akhirnya kalian bisa merasakan hidup freance juga gitu Dan mungkin [Musik] menyenangkan sebagai ya Kami berempat ini tidaknya butuh 6 juta dan itu udah termasuk Kayak listrik internet hubungan dengan rumah belanja bulanan itu 6 juta enggak kurang gak pernah kurang dari 6 juta yang menurut saya UMR itu setidaknya 6 juta tapi 6 juta tu belum bisa nabung Kalau menurut saya jadi harus di atas 6 juta kalau mau nabung ya dan Ya aku juga gak terlalu mendetailkan gimana manajemen ke uang ya karena aku Aku biasanya kayak gini caranya asalkan aku bisa nabung Ian gitu maka aku bisa mengeluarkan uang bebas asalkan belum tercapai batas itu untuk ngurusin keuangan tuh Jeleklah karena gua enggak punya red savings yang bagus sedangkan dari beberapa literasi yang gua baca dari income lu aja sebenarnya kondisi paling idealnya itu Lu save 50% dari penghasilan lu per bulan cuman literasi itu kan sebenarnya works untuk orang-orang yang punya gaji yang bulanan gitu untuk freelance kan kita enggak tahu ya kayak gimana lumayan Cum mungkin ng uang B paling habis buat apa sih gitu Makanya lebih dipilah-pilah aja sih paling habis buat apa terus udah gitu kayak yang pasti kalau aku ya kalau misalnya lagi kayak emang Lagi low gitu yang mengurangi mainnya sih main dan mungkini ya dikurangi karena itu yang paling paling banyak di kehidupan manusia ya main weekend weekend gitu ya dikurangin terus ah gitu kalau mis tidak jaajan-jajan ya itu sih paling kalau buat daily Ya tapi kalau misalnya buat keberlangsungan hidup kalau mis lagi l jangan sampai acak-acak tabungan juga jangan sampai diof Nah inilah freelancefelance seperti ini yang memang harus kita ambil biar gajinya lebih layak lingkungannya tidak eksploitatif Dan Kita juga enggak gampang dipecat Ya selama of course kita niat kerjanya gitu nah pilihan freelance Kan udah banyak ya dan yang paling penting sebenarnya banyak juga yang udah freelance tapi up soal duit nah ini adalah jebakan nih kalau misalnya lu udah punya duit baik itu lu jadi freelance atau lu jadi Pekerja Biasa yang memang gajinya udah du digit lah gitu ini lu wajib nonton sih dan buat lu yang masih miskin juga ini lu wajib nonton di next karena ini adalah pengetahuan keuangan yang basic jangan sampai lu terjebak pengelolaan keuangan yang menurut gua harus lu lakuin adalah pertama jangan lupa siapin dana darurat selalu siapin tabungan dana darurat Tuh wajib kalau standarnya financial planner itu biasanya minimal tiga kali pengeluaran kalau standarnya gua 12 kali pemasukan kalau pemasukan lo R juta per bulan kalilah 12 jadi 1210 juta berarti kan lu udah punya Nah itu juga yang ah pernah gua bahas di video sebelumnya ya di cara nabung yang benar jadi jangan lupa ditonton tuh video habis ini ditonton ya Nah terus yang kedua adalah budgeting dan pengeluaran yang stabil Nah kalau bisa jangan sampai lu udah gajinya gede lu terlena lu beli mobil ya lu beli aset-aset yang sebenarnya lu enggak perluin padahal Lu kerjanya cuma di rumah doang ngapain beli mobil kalau kayak gitu enggak usah terlalu upgrade Lifestyle baru kalau nanti udah dana darurat kekumpul itu bisa tuh ya kecuali kalau memang lu beli hp mahal laptop mahal ya memang itu menunjang pekerjaan lu itu mah investasi namanya oke yang ketiga investasi sesuai profil resiko jadi jangan mau kayak instan dari investasi lu kalau lihat semua influencer di luar sana ya yang ngomongin soal personal Finance mereka rata-rata kayaknya tuh Enggak dari investasi doang malah rata-rata kebanyakan kayaknya dari bisnis gitu loh jadi kayak ya bisnisnya bisnis apa bisnis kelas lah termasuk Mungkin gua gitu gua kan mungkin kadang-kadang ngomongin investasi gua ngasilin duit tuh Dari mana ya dari bisnis lah bukan dari investasi terus gua gulung-gulung terus enggak itu mah high risk banget that's why sering kali video yang ngebahas investasi trading di 1% itu biasanya kita kasih disclaimer nah gimana lu bisa belajar ini semua di bulan April ini nih kebetulan kita ngadain lagi ya bootcamp bareng blue Academy dan ini gratis di Blue Academy ini ini lu nanti bakal dapat bootcam tentang keuangan secara bertahap gratis lu akan dikasih pembelajaran dari dasar gimana cara nabung yang tepat Gimana cara invest dan masih banyak lagi untuk kelasnya sendiri nanti ada beberapa rangkaian kelas dan sekalian juga sama cashback dan reward juga kalau misalnya lu udah pakai blue dan gua sangat menyarankan pakai blue karena memang di dalamnya tuh enak banget sih user experience-nya terus ada juga beberapa poket ya Jadi kalau misalnya lu nabung saran gua sih ya bagi-bagilah Ada yang buat dana darurat ada yang buat beli iPhone ada yang buat apa itu di pocket-pocketnya lu bagi-bagi lu praktekin tuh apa yang lu pelajari di kelas bootcam ini karena kelasnya banyak pakai fitur-fitur yang tersedia nanti setelah terbiasa lu bakal dapat cashback reward gitu loh jadi that's why gua sangat menyarankan untuk ikut blue Academy sambil dipraktekin sambil lu nabung di blue-ya Nah dari sana kita bisa tahul lah Ya bahwa kalau misalnya jadi freelancer pengen beneranja jago itu memang butuh dedikasi semangat dan kedisiplinan yang tinggi biar bisa dapat high income apalagi freelancer duitnya kadang ada dan kadang enggak ada samsek jadi money managementnya juga harus Oke biar lu bisa Survive nah buat lu yang pengin ikut blue Academy lu bisa langsung aja join ke link blue.id/pendaftaran blue Academy oke oke mungkin sekian kali ya kita ngebahas soal generasi sekarang jadi generasi sekarang itu Ya kita harus bertarung guys dengan banyak banget orang yang di luar sana sama-sama orang Indonesia juga yang nyari pekerjaan Nah makanya kita Justru harus bukan hanya kompetitif tapi juga gotongroyong saling bantu kan biar nanti kita bisa kayak bareng-bareng nih Indonesia bisa kayak bareng-bareng Oke mungkin itu aja dari gua ya Gua F 1% well [Musik] thanks thane [Musik]
Resume
Categories