Kind: captions Language: id akhir-akhir ini setelah gua buka X ya atau Twitter itu banyak banget orang yang bilang bahwa kondisi ekonomi sekarang tuh lagi down ya mengingat sekarang udah mulai banyak konten-konten hidden jam ya yang orang awalnya makan di food courour Eh sekarang jadi banyak nyari-nyari ke kantin karyawan terus juga banyak PHK spending orang-orang mulai berkurang jadi muncul pertanyaan gitu dari orang-orang emang benar ya kondisi ekonomi sekarang tuh lagi enggak baik-baik aja Apakah kita akan kembali nih ke krisis ekonomi seperti tahun 19 8 apalagi dengan segala ketidakpastian yang ada mana kemarin habis demo lagi akhirnya ya Banyak orang mulai khawatir termasuk mungkin salahatnya adalah gua ya Nah pertanyaannya Apakah itu bakal terjadi Nah kita coba sedikit analisis kali ya Welcome to psychology of Finance di mana gua bakal ngebahas aspek Psikologi dan aspek Finance dari sebuah masalah stay tune Welcome to psychology of Finance tahun 1998 adalah salah satu masa terburuk ya dalam sejarah ekonomi Indonesia bukan hanya ekonomi tapi juga politik sih ya karena enggak stabil bangetlah pada saat itu rupiah tuh jatuh dari 2000-an ke belasan ribu dalam hitungan bulan lu bisa bayangin enggak gimana paniknya orang-orang waktu itu ya jadi kayak lu kebayang enggak sih lu adalah Direktur perusahaan lu misal punya utang luar negeri atau usaha Lu adalah impor atau ekspor gitu ya utang orang itu kalau misalnya dibayar pakai US Dollar yang awalnya ya utangnya sekian itu bisa naik ibaratnya naik 4 sampai 6 kali lipat dalam waktu singkat ekonomi dalam negeri juga benar-benar jadi kacau balau ya antrian panjang di bank orang pengen ngambil duit kerusuhan di mana-mana kegiatan ekonomi juga mandek bahan baku Susah didapat karena mau impor juga kagak ada duitnya ya kan karena dolar naik dan ditambah lagi ada kerusuhan yang bikin situasi makin kacau semua ini bikin Indonesia yang sudah rapuh yang awalnya memang Ya mulai enggak stabil lah ya seasia gitu itu jadi makin kacau banyak usaha yang akhirnya jadi gulung tikar kebakaran di mana-mana bahkan sampai pemerkosaan dan lain-lain harga kebutuhan pokok juga melonjak masyarakat dari semua lapisan sosial itu terkena dampaknya baik secara langsung maupun enggak langsung banyak juga tuh yang kabur ke luar negeri kan Nah kalau kita lihat kondisi sekarang apakah itu akan terjadi well Sebenarnya ada perbedaan yang cukup signifikan Ya kebijakan moneter kita dari Bank Indonesia sekarang juga lebih kuat pemerintah juga punya kebijakan yang jauh lebih fleksibel Sebenarnya ya buat menghadapi perubahan ekonomi dan inflasi sebenarnya udah lumayan terkendali meskipun ya kalau lu lihat harga-harga beras tuh ya sebenarnya kadang naik turunnya agak ngak masuk akal gitu ya dan yang paling penting meskipun sekarang banyak demo dan bisa jadi juga banyak yang tidak puas ya dengan pemerintahan saat ini ekonomi mikro ya pedagang kaki 5 dan lain-lain termasuk bisnis gua pribadi juga itu ya Gua ngelihat sih Nurun memang Tapi masih aman an aja jadi menurut gua sih Ya mungkin Harusnya kita bakal lebih tahan ya terhadap guncangan ekonomi daripada tahun 98 sebelumnya karena Ya kebijakan pemerintah juga E kalau gua lihat sih ya ya masih aman-aman aja sih asal jangan hambur-hamburin duit nah tapi apakah kita masih perlu khawatir atau waspada nah jawabannya adalah menurut gua sih harus Nah jadi kita balik lagi ke pertanyaan yang di awal ya Dan kita coba balik ke lagi juga ke tahun '98 ketika krisis 98 nilai tukar rupiah tuh sampai angka 16.800 17.000 gitu ya kemarin gua lupa tapi intinya sekarang itu memang udah parah banget ya E dan gua ketika record ini gua lagi di Kuala Lumpur di Kuala Lumpur udah 3.500 3.600 padahal awalnya 3.300 ya awalnya bisa beli elektronik murah sekarang di sini tidak bisa nah Sebenarnya gua sih lebih condong ke bisa jadi tidak akan terulang dengan syarat-syarat tertentu pertama Perbankan Indonesia itu harus ya Sehat terus ya harus jauh lebih oke Jangan sampai banyak kredit-kredit matset Nah ini gua enggak tahu nih gimana ee sebenarnya perbankan-perbankan Indonesia men-handle hal-hal tersebut Tapi selama lebih kuat selama lebih aman itu harusnya aman-aman aja kedua kebijakan ekonomi Jangan sampai kita ngambur-ngamburin duit ya contohnya misal kalau IKN tidak ada investornya dan lain-lain ya gua enggak tahu gua enggak ngikutin banget tapi kalau pemerintah mau ngegas di projek-projek kayak gitu mungkin harus rada di rem dikit Jadi kalau pemerintah bisa bikin kebijakan yang Oke bisa hemat dan bisa bayar hutang ya entah itu princiipelnya dan lainlain dengan Oke keluar negeri ya harusnya sih bakal aman-aman aja memang mungkin ya globalization depan mata Ya memang bakal berat harusnya tapi ya enggak akan sampai mengulang 98 karena 98 Ya parah bangetlah ibaratnya yang ketiga alasan ketiga adalah Bank Indonesia ya Bank Indonesia Sebenarnya sekarang udah jauh lebih independen dan punya cadangan devisa yang kalau gua lihat-lihat itu sebenarnya lebih kuat daripada dulu ya tahun 98 apalagi udah banyak restrukturisasi juga sejak tahun 98 si lembaga Bank Indonesia ini ya jadi Harusnya sih sebenarnya bisa dihindari atau minimal tidak hard landing kalau kebijakan ekonominya pas tapi ya ini sesuai dugaan gua juga di Kuartal pertama Kuartal kedua tahun 2024 muncul banyak berita tentang krisis ekonomi ya kan kalau lihat-lihat Sekarang juga Mulai banyak kegelisahan nih Ya seperti yang gua bahas di video sebelumnya yang gua bilang Ind 2024 bakal Resesi gua bilang itu di tahun 2023 jadi Meskipun kita udah jauh lebih siap Udah jauh lebih oke daripada tahun '98 bukan berarti kita sepenuhnya aman ya potensi tetap ada sama kayak kasus Jepang kemarin yang mengagetkan semua orang termasuk bocil-bocil kripto ya kemarin kaget juga tuh kayak satu negara yang jauh di sana aja ketika bikin sebuah kebijakan yang tidak diduga itu ternyata bisa ngaruh ke banyak harga aset ya dan ngaruh ke banyak negara juga Crash lah ya Meskipun enggak Crash banget sih dan kalau kita lihat dari banyak analis termasuk dari salah satu ekonomi ini juga bilang kalau sekarang jarak waktu antar krisis ekonomi itu makin pendek jadi yang awalnya 30 tahunan 50 tahunan sekarang tuh jadi bisa terjadi ya tiap 2 tahun tiap setahun tiap 3 tahun bisa tiba-tib lah tanpa peringatan yang jelas gitu oke yang lu bisa baca di tabel ini ya Mulai dari krisis 2008 2012 terus juga 2018 perang dagang 2019 sampai krisis pandemi covid sampai sekarang ya c covid jadi banyak banget ketidakpastian di dunia itu terjadi terus belum lagi kita nanti kena efek climate change perang Ya yang gua enggak tahu Kapan kelarnya nih yang terjadi di Timur Tengah ada juga yang terjadi di Eropa ya wah pokoknya Udah makin banyak banget tantangan belum lagi kemajuan Ai yang sekarang sebenarnya belum kerasa banget tapi gua yakin bakal ada PHK besar-besaran sih gara-gara Ai makanya pemerintah maupun El sebagai masyarakat Ya harus siap buat menghadapi segala kemungkinan yang ada terutama untuk melindungi harta kita ya harta kita pribadi yang udah kita kumpulin bertahun-tahun nih ya dana darurat segala macam ya harus dilindungi dong jangan sampai kita invest terus malah Nurun gitu kan Ya bukan invest namanya gitu ya kalau seperti itu tapi gua masih tetaplah dengan prediksi ya bahwa 2024 adalah awal dari Resesi yang semoga aja terjadi soft landing bukan hard landing Karena yang namanya di kapitalisme ya Resesi pasti ada l ya lu bisa cek video sebelumnya Tapi nanti jangan cek Sekarang nanti habis video ini habis tapi gini mau Resesi kek mau enggak Resesi kek sebenarnya yang tetap penting adalah buat kita ngelakuin langkah-langkah yang tepat buat melindungi keuangan kita ada kalimat menarik yang pernah gua dengar Tapi gua lupa dari mana dengarnya ya kalimatnya adalah gini diversifikasi itu hanya untuk orang bodoh jadi ada sempat orang beberapa orang yang bilang kalimat seperti itu Nah menariknya kalau kita ngomongin diversifikasi e ada juga yang bilang lu jangan naruh semua telur lu dalam satu basket Kalau enggak salah itu Warren buffet yang bilang ya Nah menariknya adalah kalaupun diversifikasi ini adalah orang bodoh kita semua di sini Mungkin ada orang bodoh gitu dalam banyak hal termasuk dalam investasi ada yang pintar saham mungkin tapi ya bodoh soal Forex ada yang pintar Forex bodoh soal kripto semua orang ya pas pada dasarnya pasti bodoh lah dalam e jumlah tertentu intensitas tertentu dalam banyak hal apalagi investasi ini enggak pernah diajarin di sekolah kan yang diajarin di sekolah aja kadang kita lupa nah menurut gua untuk orang-orang umum normal kayak kita nih Yang kemungkinan bodoh ya enggak Fokus sama investasi lebih fokus kerja lebih fokus bisnis sama kayak gua salah satu cara paling efektif buat melindungi keuangan itu adalah dengan diversifikasi aset maksudnya adalah Jangan taruh semua uang lu di satu tempat apalagi kondisi kita enggak tahu nih gimana ke depannya Nah jadi memang e rasio yang normal buat semua orang adalah ya lu punya tabungan di bank lu invest di saham dan mungkin lu punya emas lu punya criripto sedikit menurut gua normal kayak gini itu udah oke banget rasionya gua pribadi jadi merasa kita jangan pernahlah anti banget dengan satu aset atau mendewakan satu aset tertentu karena aset tertentu juga akan turun pada akhirnya G enggak ada aset yang naik terus seumur hidup Kalau ada lu boleh kabarin sih gitu enggak l intinya aset yang naik terus seumur hidup pasti ada kalanya fase ketika mereka turun ada kalanya fase ketika mereka asetnya naik Nah ada satu aset yang menurut gua lagi turun sekarang tapi lumayan menarik kalau misalnya Katanya sih September us tuh bakal melakukan Cut R ini kalau lu enggak ngerti tentang bunga kayaknya lu harus nonton video sebelumnya ya yang gua publish Nah ada satu aset yang menurut gua lagi turun yaitu adalah ya aset highris ya jadi e gua jelasin dikit semakin tinggi suku bunga semakin sedikit jumlah uang di market semakin sedikit orang yang invest di highrisk aset kayak saham atau cripto tuh bakal lebih dikit makanya harganya bakal cenderung turun sebaliknya Semakin rendah suku bunga yang mana Ini bakal direndahin semakin banyak jumlah uang di market dan semakin banyak orang yang akan invest di high risk asset dan di sinilah harga rizek aset kayak saham ya criripto dan lain-lain itu bakal cenderung naik enggak selalu tapi bakal cenderung itu perhitungan simpel aja sih buat orang bodoh Kayak gua di mana Gua mengikuti ya liquidity aja perginya ke mana gitu karena sekarang suku bunga lagi tinggi ya gua akhirnya mengalokasikan di mana ya di pasar uang deposito sekarang banget ya ini beneran tapi gua juga tentu akan terus melirik dan membeli aset highrisk ketika waktunya dirasa tepat gua juga setuju dengan perkataan bahwa enggak ada yang bisa timing the market that's why Lu harus punya n aset Liquid makanya di video sebelumnya gua yang ngelakuin sekarang gua bakal banyak jualin aset-aset gua yang enggak kepakai kayak HP dan lain-lain kalau enggak kepakai gua bakal Consider untuk jual karena apa Karena biar punya cash yang lebih banyak untuk nanti kalau ada investasi yang menarik ya tinggal chip in ke sana soalnya ini The Fat bakal Cut rate gitu ya nah salah satu yang menarik juga adalah crypto crypto itu menarik karena dia naik turunnya kadang sesuai sama suku bunga kadang juga enggak aset Ini tuh punya potensi yang besar dan tidak selalu bergerak seiring dengan Pak pasar tradisional tapi yang Kita tahu bersama sekarang adalah banyak yang ngesel kenapa gua enggak beli crirypto lebih awal pasti orang bilang kayak gitu kenapa gua enggak tahun lalu kenapa gua enggak 2 tahun lalu dan lain-lain nah sekarang itu orang belum pada gedy ya jadi jangan belinya memang jangan beli pas ramai jangan beli tanpa belajar ya tahu-tahu harganya Nurun Cut Los terus anti sama crirypto namun gua hati-hati dengan seperti itu Nah menariknya juga criripto tuh sekarang enggak bisa dibilang highris banget ya karena Justru crypto itu salah satu pelindung dibandingkan uang Fiat malah di beberapa negara karena kalau ekonomi RI kegoncang ya orang bakal lari ke mana ya Apalagi selain Bitcoin cuy dan kalau liquidity naik orang ya bakal lari ke mana sih selain saham ya ya lagi-lagi kalau enggak saham ya crirypto kalau lagi bagus ya kalau lagi buruk lagi-lagi crirypto juga gitu simpelnya sih Gua ngelihat sekarang kayak gitu makanya buat lo semua yang ggak pernah invest di crypto gua saranin belajar ya sekarang engak ada salahnya untuk lu mengalokasikan 5% aja dulu Dari aset ini dari seluruh portofolio lu seengganya untuk belajar dulu ya jadi 1 sampai 5 juta Dulah atau berapa juta Dul lah itu untuk membiasakan diri dengan teknologi baru ini yang ke depannya Gua yakin adopsinya tuh bakal makin banyak dan e saran gua adalah pilih aplikasi yang Oke contohnya adalah aplikasi kayak pintu yang bisa ngebantu lo untuk jual beli crirypto dengan aman dan gampang ya jadi bukan cuma aman dan gampang tapi juga all inone ya Di mana untuk yang pemula Itu ada pintu for beginner trading jadi murah jadi simpel kalau untuk trader yang pro ada juga pintu Pro yang punya fitur khusus buat para trader dan ada juga yang enggak dipunyain exchange local lain yaitu adalah web tre Wallet Nah di sini kalian bisa Deep dive ke dunia crypto bahkan dapetin Cuan dan lu banyak bisa akses descentralized app itu pakai pintu web3 jadi web3 Wallet ini bisa dibilang gerbang masuk lu untuk masuk ke fitur crypto yang lebih dalam gitu ya karena pada dasarnya crypto itu bukan yang penting Cuan doang gitu kan sebenarnya ada teknologi di baliknya yang banyak orang tuh enggak tahu gitu bocil-bocil kripto mungkin enggak enggak belajar gitu Ya maksudnya bocil-bocil yang ngasal gitu Kayak misalnya nft kan ada juga e divy ada juga yang lain-lain project-project yang sebenarnya kalau ditelisik lebih dalam itu banyak loh orang yang enggak mikir cuannya dari sana justru banyak orang yang invest dari luar negeri dari US itu karena mereka percaya dengan projectnya ya Jadi bukan karena pengen Cuan Justru orang invest kripto justru invest di projectnya meskipun ya of course along the way Ya bisa aja dapetin bunga ratusan Peren ya itu adalah dampak yang kedua ketiga lah tapi buat crypto entusias ya biasanya memang mereka ngelihat projectnya is it good or not terus habis itu mereka invest di sana karena mereka percaya pintu bisa jadi gerbang lu untuk belajar dan bahkan sampai bel ke project-projek seperti caranya gampang ya buat lu yang belum pernah transaksi di dunia crypto lu tinggal download aplikasi pintu di App Store atau Play Store habis itu bikin akun ya qyc dan lain-lain masukin kode verifikasi terus lengkapin profil lu nah lalu lu bisa cobain satu-satu fiturnya kalau lu mau belajar jadi enggak perlu pindah-pindah aplikasi lagi cukup satu aja ya aplikasi pintu karena semua ada di pintu Oke mungkin Sekian dari gua gu 1% well thanks [Musik]