Demonstrasi: Apakah Akan Krisis Ekonomi seperti Tahun 1998?
KXkH3wYRzD0 • 2024-09-18
Transcript preview
Open
Kind: captions
Language: id
akhir-akhir ini setelah gua buka X ya
atau Twitter itu banyak banget orang
yang bilang bahwa kondisi ekonomi
sekarang tuh lagi down ya mengingat
sekarang udah mulai banyak konten-konten
hidden jam ya yang orang awalnya makan
di food courour Eh sekarang jadi banyak
nyari-nyari ke kantin karyawan terus
juga banyak PHK spending orang-orang
mulai berkurang jadi muncul pertanyaan
gitu dari orang-orang emang benar ya
kondisi ekonomi sekarang tuh lagi enggak
baik-baik aja Apakah kita akan kembali
nih ke krisis ekonomi seperti tahun 19 8
apalagi dengan segala ketidakpastian
yang ada mana kemarin habis demo lagi
akhirnya ya Banyak orang mulai khawatir
termasuk mungkin salahatnya adalah gua
ya Nah pertanyaannya Apakah itu bakal
terjadi Nah kita coba sedikit analisis
kali ya Welcome to psychology of Finance
di mana gua bakal ngebahas aspek
Psikologi dan aspek Finance dari sebuah
masalah stay tune
Welcome to psychology of
Finance tahun 1998 adalah salah satu
masa terburuk ya dalam sejarah ekonomi
Indonesia bukan hanya ekonomi tapi juga
politik sih ya karena enggak stabil
bangetlah pada saat itu rupiah tuh jatuh
dari 2000-an ke belasan ribu dalam
hitungan bulan lu bisa bayangin enggak
gimana paniknya orang-orang waktu itu ya
jadi kayak lu kebayang enggak sih lu
adalah Direktur perusahaan lu misal
punya utang luar negeri atau usaha Lu
adalah impor atau ekspor gitu ya utang
orang itu kalau misalnya dibayar pakai
US Dollar yang awalnya ya utangnya
sekian itu bisa naik ibaratnya naik 4
sampai 6 kali lipat dalam waktu singkat
ekonomi dalam negeri juga benar-benar
jadi kacau balau ya antrian panjang di
bank orang pengen ngambil duit kerusuhan
di mana-mana kegiatan ekonomi juga
mandek bahan baku Susah didapat karena
mau impor juga kagak ada duitnya ya kan
karena dolar naik dan ditambah lagi ada
kerusuhan yang bikin situasi makin kacau
semua ini bikin Indonesia yang sudah
rapuh yang awalnya memang Ya mulai
enggak stabil lah ya seasia gitu itu
jadi makin kacau banyak usaha yang
akhirnya jadi gulung tikar kebakaran di
mana-mana bahkan sampai pemerkosaan dan
lain-lain harga kebutuhan pokok juga
melonjak masyarakat dari semua lapisan
sosial itu terkena dampaknya baik secara
langsung maupun enggak langsung banyak
juga tuh yang kabur ke luar negeri kan
Nah kalau kita lihat kondisi sekarang
apakah itu akan terjadi well Sebenarnya
ada perbedaan yang cukup signifikan Ya
kebijakan moneter kita dari Bank
Indonesia sekarang juga lebih kuat
pemerintah juga punya kebijakan yang
jauh lebih fleksibel Sebenarnya ya buat
menghadapi perubahan ekonomi dan inflasi
sebenarnya udah lumayan terkendali
meskipun ya kalau lu lihat harga-harga
beras tuh ya sebenarnya kadang naik
turunnya agak ngak masuk akal gitu ya
dan yang paling penting meskipun
sekarang banyak demo dan bisa jadi juga
banyak yang tidak puas ya dengan
pemerintahan saat ini ekonomi mikro ya
pedagang kaki 5 dan lain-lain termasuk
bisnis gua pribadi juga itu ya Gua
ngelihat sih Nurun memang Tapi masih
aman an aja jadi menurut gua sih Ya
mungkin Harusnya kita bakal lebih tahan
ya terhadap guncangan ekonomi daripada
tahun 98 sebelumnya karena Ya kebijakan
pemerintah juga E kalau gua lihat sih ya
ya masih aman-aman aja sih asal jangan
hambur-hamburin duit nah tapi apakah
kita masih perlu khawatir atau waspada
nah jawabannya adalah menurut gua sih
harus Nah jadi kita balik lagi ke
pertanyaan yang di awal ya Dan kita coba
balik ke lagi juga ke tahun '98 ketika
krisis 98 nilai tukar rupiah tuh sampai
angka 16.800 17.000 gitu ya kemarin gua
lupa tapi intinya sekarang itu memang
udah parah banget ya E dan gua ketika
record ini gua lagi di Kuala Lumpur di
Kuala Lumpur udah 3.500 3.600 padahal
awalnya 3.300 ya awalnya bisa beli
elektronik murah sekarang di sini tidak
bisa nah Sebenarnya gua sih lebih
condong ke bisa jadi tidak akan terulang
dengan syarat-syarat tertentu pertama
Perbankan Indonesia itu harus ya Sehat
terus ya harus jauh lebih oke Jangan
sampai banyak kredit-kredit matset Nah
ini gua enggak tahu nih gimana ee
sebenarnya perbankan-perbankan Indonesia
men-handle hal-hal tersebut Tapi selama
lebih kuat selama lebih aman itu
harusnya aman-aman aja kedua kebijakan
ekonomi Jangan sampai kita
ngambur-ngamburin duit ya contohnya
misal kalau IKN tidak ada investornya
dan lain-lain ya gua enggak tahu gua
enggak ngikutin banget tapi kalau
pemerintah mau ngegas di projek-projek
kayak gitu mungkin harus rada di rem
dikit Jadi kalau pemerintah bisa bikin
kebijakan yang Oke bisa hemat dan bisa
bayar hutang ya entah itu princiipelnya
dan lainlain dengan Oke keluar negeri ya
harusnya sih bakal aman-aman aja memang
mungkin ya globalization depan mata Ya
memang bakal berat harusnya tapi ya
enggak akan sampai mengulang 98 karena
98 Ya parah bangetlah ibaratnya yang
ketiga alasan ketiga adalah Bank
Indonesia ya Bank Indonesia Sebenarnya
sekarang udah jauh lebih independen dan
punya cadangan devisa yang kalau gua
lihat-lihat itu sebenarnya lebih kuat
daripada dulu ya tahun 98 apalagi udah
banyak restrukturisasi juga sejak tahun
98 si lembaga Bank Indonesia ini ya jadi
Harusnya sih sebenarnya bisa dihindari
atau minimal tidak hard landing kalau
kebijakan ekonominya pas tapi ya ini
sesuai dugaan gua juga di Kuartal
pertama Kuartal kedua tahun 2024 muncul
banyak berita tentang krisis ekonomi ya
kan kalau lihat-lihat Sekarang juga
Mulai banyak kegelisahan nih Ya seperti
yang gua bahas di video sebelumnya yang
gua bilang Ind 2024 bakal Resesi gua
bilang itu di tahun 2023 jadi Meskipun
kita udah jauh lebih siap Udah jauh
lebih oke daripada tahun '98 bukan
berarti kita sepenuhnya aman ya potensi
tetap ada sama kayak kasus Jepang
kemarin yang mengagetkan semua orang
termasuk bocil-bocil kripto ya kemarin
kaget juga tuh kayak satu negara yang
jauh di sana aja ketika bikin sebuah
kebijakan yang tidak diduga itu ternyata
bisa ngaruh ke banyak harga aset ya dan
ngaruh ke banyak negara juga Crash lah
ya Meskipun enggak Crash banget sih dan
kalau kita lihat dari banyak analis
termasuk dari salah satu ekonomi ini
juga bilang kalau sekarang jarak waktu
antar krisis ekonomi itu makin pendek
jadi yang awalnya 30 tahunan 50 tahunan
sekarang tuh jadi bisa terjadi ya tiap 2
tahun tiap setahun tiap 3 tahun bisa
tiba-tib lah tanpa peringatan yang jelas
gitu oke yang lu bisa baca di tabel ini
ya Mulai dari krisis 2008 2012 terus
juga 2018 perang dagang 2019 sampai
krisis pandemi covid sampai sekarang ya
c covid jadi banyak banget
ketidakpastian di dunia itu terjadi
terus belum lagi kita nanti kena efek
climate change perang Ya yang gua enggak
tahu Kapan kelarnya nih yang terjadi di
Timur Tengah ada juga yang terjadi di
Eropa ya wah pokoknya Udah makin banyak
banget tantangan belum lagi kemajuan Ai
yang sekarang sebenarnya belum kerasa
banget tapi gua yakin bakal ada PHK
besar-besaran sih gara-gara Ai makanya
pemerintah maupun El sebagai masyarakat
Ya harus siap buat menghadapi segala
kemungkinan yang ada terutama untuk
melindungi harta kita ya harta kita
pribadi yang udah kita kumpulin
bertahun-tahun nih ya dana darurat
segala macam ya harus dilindungi dong
jangan sampai kita invest terus malah
Nurun gitu kan Ya bukan invest namanya
gitu ya kalau seperti itu tapi gua masih
tetaplah dengan prediksi ya bahwa 2024
adalah awal dari Resesi yang semoga aja
terjadi soft landing bukan hard landing
Karena yang namanya di kapitalisme ya
Resesi pasti ada l ya lu bisa cek video
sebelumnya Tapi nanti jangan cek
Sekarang nanti habis video ini habis
tapi gini mau Resesi kek mau enggak
Resesi kek sebenarnya yang tetap penting
adalah buat kita ngelakuin
langkah-langkah yang tepat buat
melindungi keuangan
kita ada kalimat menarik yang pernah gua
dengar Tapi gua lupa dari mana dengarnya
ya kalimatnya adalah gini diversifikasi
itu hanya untuk orang bodoh jadi ada
sempat orang beberapa orang yang bilang
kalimat seperti itu Nah menariknya kalau
kita ngomongin diversifikasi e ada juga
yang bilang lu jangan naruh semua telur
lu dalam satu basket Kalau enggak salah
itu Warren buffet yang bilang ya Nah
menariknya adalah kalaupun diversifikasi
ini adalah orang bodoh kita semua di
sini Mungkin ada orang bodoh gitu dalam
banyak hal termasuk dalam investasi ada
yang pintar saham mungkin tapi ya bodoh
soal Forex ada yang pintar Forex bodoh
soal kripto semua orang ya pas pada
dasarnya pasti bodoh lah dalam e jumlah
tertentu intensitas tertentu dalam
banyak hal apalagi investasi ini enggak
pernah diajarin di sekolah kan yang
diajarin di sekolah aja kadang kita lupa
nah menurut gua untuk orang-orang umum
normal kayak kita nih Yang kemungkinan
bodoh ya enggak Fokus sama investasi
lebih fokus kerja lebih fokus bisnis
sama kayak gua salah satu cara paling
efektif buat melindungi keuangan itu
adalah dengan diversifikasi aset
maksudnya adalah Jangan taruh semua uang
lu di satu tempat apalagi kondisi kita
enggak tahu nih gimana ke depannya Nah
jadi memang e rasio yang normal buat
semua orang adalah ya lu punya tabungan
di bank lu invest di saham dan mungkin
lu punya emas lu punya criripto sedikit
menurut gua normal kayak gini itu udah
oke banget rasionya gua pribadi jadi
merasa kita jangan pernahlah anti banget
dengan satu aset atau mendewakan satu
aset tertentu karena aset tertentu juga
akan turun pada akhirnya G enggak ada
aset yang naik terus seumur hidup Kalau
ada lu boleh kabarin sih gitu enggak l
intinya aset yang naik terus seumur
hidup pasti ada kalanya fase ketika
mereka turun ada kalanya fase ketika
mereka asetnya naik Nah ada satu aset
yang menurut gua lagi turun sekarang
tapi lumayan menarik kalau misalnya
Katanya sih September us tuh bakal
melakukan Cut R ini kalau lu enggak
ngerti tentang bunga kayaknya lu harus
nonton video sebelumnya ya yang gua
publish Nah ada satu aset yang menurut
gua lagi turun yaitu adalah ya aset
highris ya jadi e gua jelasin dikit
semakin tinggi suku bunga semakin
sedikit jumlah uang di market semakin
sedikit orang yang invest di highrisk
aset kayak saham atau cripto tuh bakal
lebih dikit makanya harganya bakal
cenderung turun sebaliknya Semakin
rendah suku bunga yang mana Ini bakal
direndahin semakin banyak jumlah uang di
market dan semakin banyak orang yang
akan invest di high risk asset dan di
sinilah harga rizek aset kayak saham ya
criripto dan lain-lain itu bakal
cenderung naik enggak selalu tapi bakal
cenderung itu perhitungan simpel aja sih
buat orang bodoh Kayak gua di mana Gua
mengikuti ya liquidity aja perginya ke
mana gitu karena sekarang suku bunga
lagi tinggi ya gua akhirnya
mengalokasikan di mana ya di pasar uang
deposito sekarang banget ya ini beneran
tapi gua juga tentu akan terus melirik
dan membeli aset highrisk ketika
waktunya dirasa tepat gua juga setuju
dengan perkataan bahwa enggak ada yang
bisa timing the market that's why Lu
harus punya n aset Liquid makanya di
video sebelumnya gua yang ngelakuin
sekarang gua bakal banyak jualin
aset-aset gua yang enggak kepakai kayak
HP dan lain-lain kalau enggak kepakai
gua bakal Consider untuk jual karena apa
Karena biar punya cash yang lebih banyak
untuk nanti kalau ada investasi yang
menarik ya tinggal chip in ke sana
soalnya ini The Fat bakal Cut rate gitu
ya nah salah satu yang menarik juga
adalah crypto crypto itu menarik karena
dia naik turunnya kadang sesuai sama
suku bunga kadang juga enggak aset Ini
tuh punya potensi yang besar dan tidak
selalu bergerak seiring dengan Pak pasar
tradisional tapi yang Kita tahu bersama
sekarang adalah banyak yang ngesel
kenapa gua enggak beli crirypto lebih
awal pasti orang bilang kayak gitu
kenapa gua enggak tahun lalu kenapa gua
enggak 2 tahun lalu dan lain-lain nah
sekarang itu orang belum pada gedy ya
jadi jangan belinya memang jangan beli
pas ramai jangan beli tanpa belajar ya
tahu-tahu harganya Nurun Cut Los terus
anti sama crirypto namun gua hati-hati
dengan seperti itu Nah menariknya juga
criripto tuh sekarang enggak bisa
dibilang highris banget ya karena Justru
crypto itu salah satu pelindung
dibandingkan uang Fiat malah di beberapa
negara karena kalau ekonomi RI kegoncang
ya orang bakal lari ke mana ya Apalagi
selain Bitcoin cuy dan kalau liquidity
naik orang ya bakal lari ke mana sih
selain saham ya ya lagi-lagi kalau
enggak saham ya crirypto kalau lagi
bagus ya kalau lagi buruk lagi-lagi
crirypto juga gitu simpelnya sih Gua
ngelihat sekarang kayak gitu makanya
buat lo semua yang ggak pernah invest di
crypto gua saranin belajar ya sekarang
engak ada salahnya untuk lu
mengalokasikan 5% aja dulu Dari aset ini
dari seluruh portofolio lu seengganya
untuk belajar dulu ya jadi 1 sampai 5
juta Dulah atau berapa juta Dul lah itu
untuk membiasakan diri dengan teknologi
baru ini yang ke depannya Gua yakin
adopsinya tuh bakal makin banyak dan e
saran gua adalah pilih aplikasi yang Oke
contohnya adalah aplikasi kayak pintu
yang bisa ngebantu lo untuk jual beli
crirypto dengan aman dan gampang ya jadi
bukan cuma aman dan gampang tapi juga
all inone ya Di mana untuk yang pemula
Itu ada pintu for beginner trading jadi
murah jadi simpel kalau untuk trader
yang pro ada juga pintu Pro yang punya
fitur khusus buat para trader dan ada
juga yang enggak dipunyain exchange
local lain yaitu adalah web tre Wallet
Nah di sini kalian bisa Deep dive ke
dunia crypto bahkan dapetin Cuan dan lu
banyak bisa akses descentralized app itu
pakai pintu web3 jadi web3 Wallet ini
bisa dibilang gerbang masuk lu untuk
masuk ke fitur crypto yang lebih dalam
gitu ya karena pada dasarnya crypto itu
bukan yang penting Cuan doang gitu kan
sebenarnya ada teknologi di baliknya
yang banyak orang tuh enggak tahu gitu
bocil-bocil kripto mungkin enggak enggak
belajar gitu Ya maksudnya bocil-bocil
yang ngasal gitu Kayak misalnya nft kan
ada juga e divy ada juga yang lain-lain
project-project yang sebenarnya kalau
ditelisik lebih dalam itu banyak loh
orang yang enggak mikir cuannya dari
sana justru banyak orang yang invest
dari luar negeri dari US itu karena
mereka percaya dengan projectnya ya Jadi
bukan karena pengen Cuan Justru orang
invest kripto justru invest di
projectnya meskipun ya of course along
the way Ya bisa aja dapetin bunga
ratusan Peren ya itu adalah dampak yang
kedua ketiga lah tapi buat crypto
entusias ya biasanya memang mereka
ngelihat projectnya is it good or not
terus habis itu mereka invest di sana
karena mereka percaya pintu bisa jadi
gerbang lu untuk belajar dan bahkan
sampai bel ke project-projek seperti
caranya gampang ya buat lu yang belum
pernah transaksi di dunia crypto lu
tinggal download aplikasi pintu di App
Store atau Play Store habis itu bikin
akun ya qyc dan lain-lain masukin kode
verifikasi terus lengkapin profil lu nah
lalu lu bisa cobain satu-satu fiturnya
kalau lu mau belajar jadi enggak perlu
pindah-pindah aplikasi lagi cukup satu
aja ya aplikasi pintu karena semua ada
di pintu Oke mungkin Sekian dari gua gu
1% well thanks
[Musik]
Resume
Read
file updated 2026-02-12 01:56:49 UTC
Categories
Manage