Transcript
lFln7FpG6iM • Tentang PASSION: Belajar Mengenali Diri Sendiri
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/SatuPersenIndonesianLifeschool/.shards/text-0001.zst#text/0724_lFln7FpG6iM.txt
Kind: captions
Language: id
[Musik]
40 40
[Musik]
mayoritas orang di dunia itu struggle
untuk punya uang yang banyak boro-boro
punya uang banyak buat hidup cukup aja
susah Kalaupun kita enggak mikir bahwa
duit itu adalah prioritas anggap aja
duit adalah prioritas ke-10 dah di hidup
lu Mungkin ada yang akan bilang
Prioritas pertama gua tuh sehat lah jaga
hidup sehat Butuh duit Bang atau
Prioritas pertama gua tuh wellbeing
sehat mental lah jaga kesehatan mental
juga butuh duit atau anggap Prioritas
pertama lu adalah relationship banyak
sekarang di Twitter yang udah punya
minimum spek gaji ya ketika nyari
pasanganara banyak cewek indepanden tapi
cowok mapan
dikit relationship juga butuh duit ya
Jadi mau lu enggak mikir tentang duit
mau lu mikir tentang Butuh duit apa
enggak pada akhirnya lu bakal mikir
tentang duit juga itu fakta di zaman
sekarang ya ya akhirnya banyaklah Genzi
yang bilang bahwa ya dunia itu enggak
adil ya dan lain sebagainya gitu dan gua
setuju term bahwa dunia tuh enggak adil
kapitalisme udah kebaabasan dan lain
tapi gua juga merasa kalau kita
komplain-komplain doang tentang dunia ya
kapan kita bisa happynya ya kan lu mau
komplain ke pemerintah lu mau komplain
ke dunia komplain ke elit global gitu
mau sampai robot beranak juga mungkin
susah gitu kan jadi komplain bolehlah ya
tapi harus lakuin sesuatu juga G di
sistem yang ada sekarang jadi alangkah
lebih baik kalau kita sedikit lebih
pragmatis karena kita sebenarnya enggak
perlu kaya-kaya banget kok untuk
menikmati hidup enak untuk nyaman gitu
ya dan uang gua setuju bahwa uang itu
memang tidak harus selalu jadi yang
utama tapi faktanya uang itu sering kali
jadi pikiran pertama yang tadi gua
bilang so Welcome to psychology of
Finance di sini gua bakal bahas Kenapa
Genzi itu enggak bisa dan mungkin enggak
harus kayak
ya Welcome to pyology of
Finance di umur 20-an untuk pekerjaan
pertama gua sempat wawancara beberapa
Genzi Nah gua tanya tuh lu pilih
pekerjaan yang lu passionate tapi gaji
lu UMR naik dikit atau mentok UMR atau
yang kedua lu pilih pekerjaan yang lu
enggak passionate tapi gaji lu tiga kali
UMR kalau ditanya pilih gaji UMR naik
dikit tapi kerja sesuai passion atau
enggak sesuai passion tapi gajiin tiga
kali lipat UMR tetap pilih nomor satu
sih kerja sesuai Fion meskipun gaji UMR
naik dikit gitu soalnya kerja sesuai
Fion tuh penting biar kita nyaman terus
juga emang sesuai kualif apasi kalau
emang lagi ada challenge atau tantangan
atau obstacles itu tetap bisa dikerjain
sambil enjoy lah gitu minim Burn Out
minim stres kalau saya disuruh memilih
antara opsi nomor satu atau opsi nomor
dua Tentunya saya memilih opsi nomor
satu kerja sesuai passion walaupun
gajinya itu sedikit atau WR naik dikit
bagi saya kerja sesuai passion itu
menyenangkan dan enggak gampang Pesan
Bagi saya umur 20 tahunan itu lebih
cocok untuk eksplorasi dan aajar
sebanyak-banyaknya gitu kalau dari P aku
sekarang yang masih ee mahasiswa dan
belum punya pekerjaan tetap oke nanti di
pekerjaan pertama aku aku bakal lebih
milih pekerjaan yang mungkin gajinya
mepet UMR atau ya UMR Lebih dikit cuman
aku passion gitu di pekerjaan itu Eh
kenapa karena pertama aku rasa kalau
misalkan aku bekerja di bidang yang aku
suka itu otomatis Aku bakal lebih
semangat lebih enjoy dan output-nya juga
bakalan lebih bagus Nah kalau kita lihat
dari berita-berita banyak banget ya
Genzi atau gua bisa bilang di sini
generasi baru yang memilih untuk
mengejar passion gitu di pekerjaan
mereka lebih milih pekerjaan yang
berimpact secara sosial lebih milih
untuk nongkrong di agensi-agensi kecil
eji di tengah kota gitu ya dan Ya udah
nikmatin Lifestyle yang mantap sambil
hidup yolo konser gitu ya liburan dan
lainlain jadi gaji itu sering k habis
duluan nah ini sangat jauh beda ya
dengan generasi lama yang cenderung
milih ker kerjaan yang stabil ya
cenderung juga kerjanya puluhan tahun
begitu-begitu aja gitu ya lebih milih
income dibandingkan passion makanya PNS
dan bummn tuh pilihan utama mereka nih
buat berkarir menariknya kalau kita
bikin Battle nih ya antara generasi lama
dan generasi baru kita bisa lihat bahwa
keduanya tuh sama-sama struggling ya
Jadi sama-sama ada plus minusnya gitu
Tapi kalau gua lihat banyak nih ya
pilihan genzy-genzy sekarang atau
generasi baru ini itu ternyata enggak
sustainable bahkan kayaknya meskipun gua
udah milih nih gua udah Sempat Memilih
jadi generasi baru nih Gua mungkin
ngikutin gerakan fire gua ngikutin
gerakan high Ris high return jadi konent
Creator lebih milip passion gitu Kan gua
pernah resign Cuman kerja sebulan tapi
gua ngerasa hidup yang kayak gitu enggak
sustainable sih memang lebih exciting
dibandingkan generasi lama tapi ternyata
ya banyak kena mentalnya sih enggak
heran ya memang Genzi sekarang banyak
yang kena masalah kesatu mental karena
memang high return tapi kompetitif
sekali kalau lu milih gaya hidup ala
genj high Ris juga high stress juga
banyak yang mendambahkan hidup kayak di
kanan tapi di video ini gua mau
ngingetin kalau sekarang lu belum
berhasil kalau sekarang lu belum kaya
dalam tanda kutip kalau lu belum
mencapai 100 juta pertama 1 miliar
pertama It's OK Kok bisa Kok untuk hidup
jadi yang kiri lebih santui lebih stabil
dan itu enggak salah sama sekali ya Ini
dari gua yang sudah merasakan jadi Genzi
yang ambis sudah merasakan hidup high
Ris sudah merasakan hidup high return
juga merasakan hidup kompetitif dan gue
tidak menyesali itu tapi makin ke sini
kayaknya gua enggak bisa dah kalau
ngelihat mayoritas Genzi hidup seperti
itu terus gagal gitu karena memang
sangat kompetitif Makanya jangan heran
kalau sekarang gua tuh ya mungkin enggak
sengejar itu ya terhadap misal exposure
contoh YouTube 1% jadi jarang upload ya
semaunya gua aja sekarang upload gitu ya
atau kalau ada sponsor aja Gua upload
gitu atau misalnya Kenapa kita mulai Pro
ngambil keputusan yang lebih stabil
Kayak misalnya ngambil KPR gitu Yang
mana Gua sih dulu jujur ya gue dulu
lumayan kontra sama KPR atau kenapa gua
1% gitu yang enggak full all in di
crypto atau saham dan kita masih sering
merekomendasikan yang lebih stabil Kayak
misalnya deposito obligasi atau reksa
dana gitu ya karena itu setelah
menjalani hidup sampai hampir 30 tahun
ini gua ngerasa bahwa ya gaya hidup
genzy itu ternyata terlalu high risk sih
Terlalu kurang sustainable ya dan banyak
loh yang hidupnya hancur dari hal-hal
seperti itu Pengin kayak instan milih
cara yang enggak sustainable Kalau bodoh
nih Genzi ya mereka bakal judol atau
binjol yang enggak jelas gitu intinya
yang stabil itu belum tentu
jelek nah sejak covid dan kemunculan
chat GPT kita sudah ngelihat banyak
pekerjaan manusia tuh perlahan hilang ya
kita sudah memasuki era gig ekonomi
stabilitas bakal diganti dan sudah
proven untuk tergantikan dengan
banyaknya kerjaan-kerjaan parttime
karyawan sekarang tuh banyak yang nyari
posisi stabil tapi gaji tinggi Setelah
gua baca-baca riset gig ekonomi itu juga
belum tentu Oke buat karyawan secara
mental fisik dan finansial karena lu
bisa dipecat diganti kapan aja lu bisa
disuruh lembur gila-gilaan lu juga butuh
effort untuk self development terus ya
sebagai Bos gua juga sempat berdosa
karena ini makanya kalau karyawan punya
pilihan untuk kerjaan yang stabil gaji
tinggi atau gaji yang biasa aja Malah
mendingan diambil sih kalau menurut gua
karena faktanya Lu kerja di industri
yang passionable gitu ya jadi banyak kan
industri yang passion banget gitu orang
yang di sana tuh isinya adalah
orang-orang passion lag contohnya adalah
industri fashion ya travel gitu Kayaknya
kerja tuh asik gitu ya Kerja sambil
traveling dan gua sudah melakukan itu
gua sedang melakukan itu sekarang ya gua
mungkin bisa dibilang seorang dalam
tanda kutip influencer gitu ya di 1% di
evance Travel guide gua dapat banyak ya
hotel gratis lah traveling bisa gratis
bisa bisa dibayar malah G kehidupan gua
bisa dibilang Asik Dan ini kehidupan
yang banyak didambakkan oleh orang-orang
ya mungkin gitu enggak mungkin sih
memang ya Gua ngelihat sih dari riset
seperti itu Genzi pengin ya Kerja itu
ada passionnya tapi nyatanya Mungkin gua
hanya sekian persen atau 0 Kom sekian
persen nyatanya ada banyak banget ya
kalau gua lihat komunitas tiktok lah
apalah ada ribuan ratusan ribu
influencer contonent Creator kol di luar
sana yang kagak laku yang hidupnya
dibawah gaji UMR masih tinggal sama
orang tua It's not bad actually ya
tinggal sama orang tua tapi mereka belum
bisa hidup sendiri guys ya Dan ini
didukung oleh riset dan kalau kita lihat
Ternyata kerja di tempat yang ya
mementingkan passion duluan jadi tempat
yang lebih excit ting dalam tanda kutip
lah ya kalau kita lihat gajinya ternyata
lebih rendah median gaji karyawan di
Tesla ini contoh Tesla itu kan Ah
terkenal tinggi ternyata enggak lebih
tinggi loh dari ya perusahaan-perusahaan
mobil lain yang ah stabil kayak Ford
atau general Motors gitu ya atau kalau
di Indonesia ya udah jelas lu kalau
kerja di agensi-agensi yang agensi
Jaksel lah yang ngurus influencer yang
keren-keren ngatur kol bikin event
gajinya enggak lebih tinggi kok dari PNS
pinggiran kota gitu sering kali atau
karyawan multinational company yang
biasa-biasa aja gitu gu itu lebih gede
ternyata yang mungkin skillnya biasa aja
kalau kita lihat-lihat ya nah jadi
stabilitas ini Ternyata jauh lebih oke
ya stabilitas ini jauh lebih oke karena
orang yang mau stabilitas zaman sekarang
memang banyak tapi enggak sebanyak dulu
ya banyak Genzi yang lebih memilih
passion guys jadi ini memang suatu
keuntungan buat lu semua yang pengen
milih jalur karir di generasi lama dan
gua juga sekarang sudah mikir Oke gimana
Gua pengen jadi orang di generasi lama
gitu dibandingkan pakai cara generasi
baru yang mana gua sudah berhasil syukur
ya tapi gua yakin banyak dari lu kalau
nyoba coba cara generasi baru mungkin
engak akan berhasil entah karena batasan
IQ lah batasan hoki lah batasan privileg
lah banyak ya batasannya Nah prediksi
gua bahkan di tahun-tahun ke depan kalau
beneran Resesi nih ya mungkin sekarang
juga udah Resesi gitu kemarin Resesi sih
pas covid Justru orang bakal nyari
stabilitas dibandingkan high income dan
terbukti ya gitu gua juga udah mulai
sadar yang seperti ini dan itu sama
sekali enggak salah Iya dong enggak
salah kan enggak punya sat m pertama
sebelum umur 30 ya enggak apa-ap lah ya
kan Selama masih bisa makan enak selama
gadget lu masih normal masih bisa nonton
YouTube buat belajar lu masih pintar
investasi tumbuh 6 sampai 7% per tahun
dari obligasi atau deposito ya why not
gitu kan hidup tuh nyaman-nyaman aja
sebenarnya iya enggak sih gimana men
Oke so apapun jalan hidup yang lu pilih
mau itu stabilitas kayak generasi lama
atau high risk high return ke generasi
baru keduanya tentu ada plus minus
masing-masing dan keduanya kalau lewat
perspektif psychology of Finance nih ya
sebetulnya sama aja polanya Lu harus
melewati tiga step pertama making money
ya making money ini bisa stressful bisa
dikerjain yang passionate atau bisa
dikerjain yang stabil atau dengan side
Hustle basically adalah menukar skill lu
dengan uang yang kedua adalah saving
money Gimana cara mengelola uang yang lu
dapetin dan ketiga adalah growing money
gimana uang yang udah lo simpan udah lo
save itu bisa tumbuh di instrumen
investasi yang tepat baik generasi lama
dan generasi baru punya caranya
masing-masing buat making money tapi ini
gua punya satu saran buat genzy ya
karena banyak banget genzy yang up
Karen investasi hati-hati dengan
instrumen investasi yang lu pilih kalau
lu belum terlalu ngerti kalau lu belum
pintar-pintar amat jangan sampai duit
kerja nih ya duit tabungan habis kerja
bertahun-tahun itu tiba-tiba hilang
tiba-tiba habis selalu terbuka dengan
semua investment aset start dengan yang
low risk perlahan naik ke yang high risk
Jangan dibalik menurut gua sih begitu
dan meskipun lu udah jago di instrumen
yang highrisk kripto saham dan lain-lain
selalu diversifikasi kasih simpan
beberapa puluh persen persentase aset lu
untuk yang low risk Enggak apa-apa kok
kehilangan beberapa persen investasi
tahunan ya demi keamanan gitu Enggak
apa-apa kok 20% 30% lu taruh di obligasi
di deposito itu enggak apa-apa karena
kalau lu hitung-hitung selama bisa
ngasilin 6 sampai 10% lah ya anggap nih
itu enggak apa-apa banget coy Nah gua
lihat banyak Genzi yang belum tahu bahwa
salah satu opsi menarik di low risk
investment adalah untuk naruh duit di
deposito contohnya adalah deposito BPR
by communal menariknya di sini lu bisa
saving money ya lu bisa nabung sambil
juga growing money dalam satu platform
yang sama karena produk di deposito BPR
by communal itu pertama kalau lu mau
saving ini udah jelas aman dijamin LPS
Dan ini juga bisa jadi produk investasi
low Ris atau rendah risiko dengan bunga
yang menurut gua cukup tinggi ya itu
cocok buat jadi opsi investasi buat
numbuhin uang dengan lebih aman dengan
lebih maksimal juga so kalau lu udah di
tahap nih ya lu udah kerja stabil It's
ok kok dengan pilihan hidup itu nanti
paling jangan lupa saving money lu taruh
di tabungan atau taruh di deposito kayak
yang gua lakuin terus habis itu lu juga
bisa growing your money gitu secara
enggak langsung atau secara langsung ya
lu taruh puluhan persen di deposito BPR
gu untuk keamanan karena ini ya cukup
lauris bisa dibilang ya udah gitu dari
satu aplikasi aja dari deposito BPR ini
kalau lu mau invest di deposito BPR by
communal lu bisa download aplikasinya di
Google Play Store atau App Store lu bisa
pakai kode 1 s a te001
atau lu bisa cek di deskripsi dan PIN
komen untuk dapatin cashback r100.000
khusus pengguna baru dengan deposito Rp1
juta so apapun jalan hidup lu Pilihlah
dan jangan sesali itu di sini gua cuma
ngasih jalan alternatif bahwa Gak
apa-apa kok untuk stabil Sampai tua
nanti Oke lagi-lagi
guaw
[Musik]
thanks foreign
[Musik]