UTANG PINJOL ORANG INDO 74 TRILIUN: JEBAKAN PAYLATER
QL7agVc-StQ • 2024-12-09
Transcript preview
Open
Kind: captions Language: id hampir setiap hari iklan pinjol selalu bilang bahwa pinjam uang tuh mudah praktis dan cepat tapi kalau pinjol emang seenak itu kok banyak orang yang akhirnya ngeluh gu Kenapa banyak sekali berita bombasis tentang puluhan triliun yang akhirnya menjadi hutang Apakah ini Bom waktu yang bakal menghancurkan anak-anak muda Indonesia atau bahkan ngancurin ekonomi Indonesia karena banyak orang yang sengaja gagal bayar cuy Oke so Welcome to psychology of Finance [Musik] Welcome to psychology of Finance per September 2023 total utang pinjol di Indonesia itu 55,69 triliun Setahun kemudian itu naik naik jadi 74,48 triliun sekarang kayaknya udah 80 dah seingat gua ya syukurnya memang kayaknya genzy-genzi Indonesia tuh masih baik ya karena angka gagal bayar atau angka kredit macet itu masih stabil di angka 2 sampai 3% ya jadi persentase yang macet ini masih sedikit ya enggak tahu sih ya apakah karena geninya baik atau ya cara nagihnya yang kurang manusiawi ya yang kita lihat di media meskipun ya seringki itu dilakukannya oleh yang ilegal gue pribadi sebenarnya agak pesimis ya dengan angka ini akan stabil dengan keadaan ekonomi saat ini dan kayaknya PHK bakal naik karena upah minimum kan bakal dinaikin pajak bakal dinaikin nah ini yang bakal jadi tantangan ya kan Apakah orang punya uang untuk membayar si kreditnya Apakah si tukang kredit ini mau gitu direstrukturisasi Kalau misalnya orang-orang enggak bisa bayar itu gua enggak tahu menariknya pulau Jawa sendiri selalu lebih besar tiga kali lipat dari total pinjol di luar Jawa ya seperti kita tahu ya paylter itu memang godaan yang sering terjadi di kota besar di luar godaan-godaan lainnya yang tidak kita bahas hari ini kalau lu tahu di tahun 2008 tuh dunia sempat mengalami krisis gua sih enggak ingat ya dulu karena masih SD Kayaknya gua nah kenapa bisa krisis jawabannya adalah karena pinjaman macet Kok pinjaman bisa macet ya karena zaman dulu sama kayak zaman sekarang masyarakat terutama masyarakat Amerika itu punya Obsesi yang sangat besar sekali terhadap kepemilikan rumah kalau enggak punya rumah lu dianggap ya punya rumah lah itulah yang disebut sebagai American Dream Tapi sayangnya sejak kemunculan kredit rumah dan segala fasilitas dari bank gitu ya kemudahan segala rupa orang buat beli rumah dulu gitu ya saat tahun 2008 itu orang-orang semuanya Akhirnya beli rumah semua orang beli rumah karena bank Butuh duit terus bank jual juga tuh segala macam produk terkait Perumahan baik dia jual ke bank dia jual ke pemerintah dan lainlain ya Jadi satu orang itu bisa punya rumah lebih dari satu mau lu kerjaananya CEO mau kerjaanya tukang ST atau bahkan kerjaan lu PSK yangak gak jelas tetap dikasih buat ngeredit rumah di Amerika sebelum tahun 2008 dan ini sangat digambarkan di film The Big short ya Di mana rumah-rumah itu pas didatangin pada kosong dimilikin sama orang yang kerjanya enggak jelas Tadi PSK yang gua bilang dengan angsuran mereka juga kagak dibayar gitu terus rumahnya juga udah pada berlumut lah udah pada ada ada rumput-rumput dan lain-lain gitu faktanya seperti itu Nah akhirnya jadilah Crash ya Nah Dan dari situ crashnya adalah berpengaruh ke seluruh dunia karena bank bank besar itu sampai kolaps nah di Indonesia kalau kita lihat mirip-mirip kejadiannya gitu tapi bedanya sekarang bukan rumah ya obsesinya sama g tapi untungnya memang obsesinya lebih simpel bukan berarti bagus sih lebih simpel ya ya rumah memang mahal ribet Genzi enggak mau tuh beli rumah dan memang enggak bisa [Musik] juga akhirnya belinya apa belinya iPhone ya kan IP itu liburan ke luar negeri Ya kan ya Singapura Malaysia oke lah ya murah G atau nonton konser atau dua-duanya atau tiga-tiganya ya Ke Singapura beli iPhone sambil nonton konser mantap banget nah semua itu jadi lebih mudah dicapai berkat adanya pinjol dan Pay later nah syukurnya memang ya harganya enggak semaha rumah orang gagal bayar sedikit meskipun itu diata aja sih gua gak tahu ya ini mungkin ahli finansial bisa ngjelasin ke gua apakah ini udah bahaya gak sih tinjol dan Pay di Indonesia tuh atau masih aman gitu karena gua jujur kagak ngerti ya yang gua lihat sih cuma tadi satu angka Oh di bawah 5% ya udah tapi yang jelas mau itu secara makro masih aman dan lain-lain kan Ini gua ngomong ke lu sebagai lu individu kan Nah kalau lu udah kejebak dan Gua ngelihat banyak orang yang udah kejebak juga itu sering kali hidupnya tuh enggak tenang atau bahkan up lari-lari ke sana kemari ya dikejar-kejar sampai ke kantor dikejar-kejar sampai ke teman-teman deket ya dan yang lain gitu entah udah berapa kaliah gua lihat orang hidup Dar di lubang tutup lubang karena pinjol baik itu legal maupun ilegal Ya baik yang gua kenal maupun yang gua engak kenal gua lihat dari tiktok atau twitter syukur-syukur pinjol resmi ya tinggal lu ke pengadilan ya minta direstrukturisasi aja gitu Tapi kalau pinjolnya enggak resmi ya lu bakal diteror bahkan sampai bertahun-tahun bahkan diterornya itu parah banget sampai bisa aja nih ya muka dan badan lu sekarang kan udah zaman ea ini dibikinin video Bokai palsu terus disebar ke teman-teman dan teman-teman lu juga diteror juga sampai lu mau bayar jadi hindari ya apalagi yang ilegal guys gitu yang legal juga dihindari kalau lu enggak bisa bayar sih Dan kalau memang enggak urigin menurut gua sih payer itu adalah hal yang netral ya buat gua pribadi gitu tapi buat orang kelas menah ke bawah menurut gua payater tuh bisa sangat jahat ya maksudnya e jahat karena lu sendiri si yang bikinnya sebenarnya kalau buat orang kaya gua udah bahas ini berulang kali orang kaya itu menggunakan kredit sebagai leverage ya Jadi mereka tuh makin kaya gitu dari sana bukan makin miskin gitu Nah kalau misalnya orang kelas menengah ke bawah gitu ya ya sering kali kredit itu justru dipakai sebagai e hal yang urgen sekali gitu ya memang dia butuh tapi dia enggak bisa bayar karena memang enggak punya duit ya antara urgen sekali atau yang kedua ini ironisnya sekali adalah dipakai buat hal yang konsumtif tu karena pengin ng rasain lah ke luuar negeri tapi enggak punya duit ya udah pinjol gitu kan Tapi menurut gua payer itu sangat Oke kalau dipakainya ketika benar-benar darurat ya butuh banget silakan payer ya Pegadaian payer dan lain sebagainya yang serupa itu oke banget kalau memang benar-benar darurat gu karena mau ke mana lagi gitu kan Kalau udah mau nyoba minjam ke keluarga dan lain enggak dapat ya Ya udah ke payer gitu kalau memang darurat buat makan ya buat kebutuhan rumah tangga buat biaya kesehatan gitu biaya kecelakaan itu menurut gua fair aja ya Meskipun lu engak punya duit Nah yang kedua adalah kalau dipakai buat hal yang produktif Contohnya kayak minimal beli laptop lah gitu ya buat kerja gitu karena laptop lu rusak ya itu oke gitu ma gua Ya itu sangat oke nah yang penting adalah nanti lu lihat proporsinya aja ya Jadi lu kalau pinjol pertama Lu harus punya pendapatan berapa proporsinya dari pendapatan ya kalau mau aman ya konservatif sekali jangan lebih dari 10% Tapi maksimal adalah 30%. kalau memang lu ya udah gitu pengin hidup tenang Ya ada juga financial planner di luar sana ya mengatakan teorinya 50% enggak apa-apa buat rumah itu ya karena bisa Dijah dan lain-lain asetnya naik dan lain-lain ya silakanlah ya Lu mau percaya yang mana Kalau gua gua pribadi El kalau lu adalah kelasah kebawaah buat konsumtif 10% aja ya kalau lu merasa lu masih di bawah rata-rata pendapatan orang Indonesia nih Lu pinjol udah 10% aja Udah ya tapi kalau lu udah middle class nih ya saran gua ya gaji lu mungkin satu digit mendekati dua digit gitu 30% is oke dari pendapatan lu cicilannya ya Menurut gua masih okeah ya jadi 10 sampai 30% itu menurut gua aman nol bahkan sampai 30% Ya tapi kan sebenarnya pinjol juga bisa bermanfaat ya payer juga bisa bermanfaat yang tadi gua bilang yang kedua Jangan pernah sengaja galby alias gagal bayar mafood MD itu memang pernah bilang enggak usah bayar kalau pinjolnya ilegal tapi dia bilang kalau udah terlanjut dan itu udah tahun lalu ya dan tetap ada aja cara buat penagih hutang untuk ngeror dulu gitu ya Nah kalau pinjalnya legal bisa lebih parah lagi ya karena kita bisa ya sebenarnya enggak Parah sih paling dituntut ke pengadilan kan di pengadilan ya diminta restrukturisasi pada akhirnya ya harus bayar gitu ya nanti lu Kalau pit-pahit nyampai ke pengadilan minta keringanan aja ya udah jelas lu bakal di blacklist di biaya checking Jadi lu enggak bisa ngajilin pinjaman lagi tapi mungkin itu hikmah buat lu ya ya metan terus enggak bayar Jadinya enggak bisa pakai cicilan atau pter lagi ya itu sih paling ya jadi jangan pernah sengaja aja eh galby gitu Ya baik yang ilegal apalagi yang legal ya Nah makanya sekarang kan akhir tahun nih Ini lagi banyak diskon tapi saran gua ya daripada lu pakai Duitnya buat diskon ya itu enggak apa-apa sih sebenarnya lu beli iPhone beli apa self reward is oke ya tapi saran gua coba lu janji ke diri lu sendiri lu belajar keuangan lebih dalam lagi kebetulan 1% dan blue itu udah kerja sama lebih dari 2 tahun kebelakang untuk mengedukasi el-elu semua masyarakat soal finansial nah edukasi yang kita hadirkan di sini adalah namanya blue Academy nah blue Academy ini gratis Jadi saran gua kalau lu ada waktu kalau lu punya rekening blue itu lu join ini kalau lu enggak punya rekening D lu bikin lu join ini ya untuk bikin rekening enggak perlu ngasih duit kok ya tapi saran gua deposit lah Rp200.000 300.000 karena nanti dengar lu ikut blue Akademy bakal ada program cashback dan lain-lain kalau lu mau belanja dan gua sudah menikmati itulah e biasanya sama bioskop dan lain-lain sama kopi kenangan ya sempat kerja sama juga gua banyak banget Dapat diskon karena masuk blue Academy gitu blue Academy ini juga sudah pernah dapat Award dari sustainable marketing Excellence ya di kategori financial literacy program of the year Wah gila ya 2023 kita sempat dapat Award apa 2024 ya gua lupa tapi intinya program Ini udah punya puluhan Rib pendaftar sejak awal diadakan Jadi udah banyak banget minimal ada 1000 ya yang daftar tiap bulan Nah kalau lu tidak termasuk ke dalam yang 1000 itu menurut gua itu sih kalau lu apalagi lagi banyak hutang l something karena temanya kali ini tentang pay letter guys Jadi silakan buat lu yang kayak ah udah kecanduan utang dan lain-lain udah join aja blue Academy ya langsung daftar di blue.id/pendaftaran Blue Academy ya Atau bisa cek di deskripsi dan PIN komen lu juga bisa Dapat reward dan cashback dari program ini ya yang tadi gua bilang jangan lupa ya deposit r300.000 meskipun ini enggak perlu ya ini enggak wajib Tapi biar nanti lu dapat activity points Jadi lu Dapat reward dan cashback so buat lu yang mikir-mikir buat coba pinjol atau per ingat aja satu hal ya memang gampang tapi gampangnya tidak selalu berarti ini keputusan yang tepat Ya pinjol itu bisa ngebantu di saat darurat tapi jangan kebablasan ya jangan gali lubang tutup lubang Oke gua ev% well [Musik] thanks than
Resume
Categories