Transcript
touMHgaKRZI • 10 Kesalahan Umur 20an yang Bikin Hidup Jadi Menderita
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/SatuPersenIndonesianLifeschool/.shards/text-0001.zst#text/0732_touMHgaKRZI.txt
Kind: captions
Language: id
hidup itu menurut gua kayak Domino dan
hidup itu enggak adil faktanya satu
kesalahan kecil di umur 20-an yang lu
mungkin enggak pikir sebagai kesalahan
bisa bikin efek berantai yang berujung
ke kehidupan yang berat banget dan penuh
penyesalan di umur 30 40 50 nanti dan
lucunya adalah ironisnya sih bukan
Lucunya ya Banyak orang yang tanpa sadar
masuk ke siklus yang bikin mereka
terjebak dalam hidup yang susah Nah coba
bayangin ada orang sebut aja namanya
Dika ya Dika ini anggap aja dia ngalamin
perjalanan hidup dengan 10
kesalahan-kesalahan ini dari kuliah
sampai berkeluarga dia ngelewatin dan
melakukan semua kesalahan-kesalahan itu
lu coba bayangkan ya betapa upnya hidup
dia nah lu coba bayangin ada orang yang
mengalami semua ini dan Gua yakin banyak
dari lu juga yang mengalami Nah makanya
kali ini gua bakal cerita tentang 10
kesalahan di umur 20-an yang bikin hidup
lu jadi menderita Welcome to kelas
kehidupan by 1% stay
[Musik]
tune pertama minim pengalaman kerja Dika
ini kuliah di jurusan yang dianggap
lumayan populer tapi dia enggak terlalu
mikirin soal pengalaman kerja tiap hari
kuliah nongkrong main game atau seoring
media sosial Mungkin lu kenal orang yang
seperti ini ya Ma Pang bodo amat
diaanggap itu cuma buang-buang waktu toh
kagak kerja juga toh nanti bisa langsung
cari kerja ya Gua yakin banyak orang
yang seperti ini mungkin lu juga ya kan
nah sayangnya pas lulus baru aja tuh
realita menampar ditampar realita
lowongan kerja banyak tapi hampir semua
butuh pengalaman intern aja lowangannya
butuh pengalaman guys sedangkan dia
enggak punya apa-apa selain gelar dan
rokok ya kan karena nongkrong mulu
akhirnya si Dika ini Harus bersaing sama
fresh graduate lain yang lebih siap
dengan pengalaman magang atau proyek
freelance nah syukur-syukur ternyata si
Dika ini ya keterimal di pekerjaan yang
memang enggak sesuai ekspektasi yang
gajinya mentok UMR ya gajinya pas-pasan
tapi karena dia butuh duit ya udah
diterima aja dan sangat jauh beda
mungkin dari jurusannya sebelumnya yang
kedua masalahnya adalah gaya hidup boros
Nah karena sudah terbiasa nongkrong ya
saat masih Dib orang tua karena sudah
terbiasa E main-main begitu dapat gaji
pertama Ya udah pengin langsung dirayain
langsung beli HP flagship baru pertama
kali ngerasain bisa nyicil ternyata
harganya belasan juta ya udah sikat aja
gitu kan setiap bulan gajinya habis buat
nongkrong konser liburan beli
barang-barang branded yang sebenarnya
Enggak penting katanya sih self reward
tapi pinjol naik dan dia enggak nyadar
kalau pengeluarannya itu lebih besar
dari pemasukan ketika akhirnya udah 3
bulan enggak bayar pinjol akhirnya Apa
akhirnya ya yang ketiga terjebak hutang
pinjol Lucunya ya lucunya orang yang
sudah terjebak utang pinjol dia pinjol
lagi yang enggak resmi Kenapa kan karena
enggak mau kelihatan miskin di ccelnya
enggak mau kelihatan rapuh gitu loh
enggak mau kelihatan ada masalah
akhirnya ya malah lebih menggila pakai
pelater dan pinjolnya Enggak apa-apa kok
gua ada duit biayar bulan depan aja deh
orang cuma di SMS di WA doang gitu ya
sama depcol gitu enggak akan
digimana-gimanain lah realitanya tapi ya
setiap bulan dia harus bayar itu cicilan
baik yang dari legal maupun yang ilegal
gajinya makin tergerus buat bayar hutang
dan ingat bunga pinjol tuh enggak kecil
dan akhirnya ini menjurus ke kesalahan
lain nomor empat karena duit enggak
pernah cukup karena enggak pernah ada
tabungan akhirnya apa telat investasi ya
ketika orang-orang di sekitarnya ya Ada
ya Misalnya pengikut Timoti Ronald tuh
misalnya temannya pengikut timti Ronald
udah punya Bitcoin berapa gitu ada
pengikut investor Gabut Pak Teguh gitu
dia sahamnya udah di saham US sama Indo
udah ke mana-mana si Dika akhirnya sadar
Wah gua goblok banget ya kan Coba aja
kalau umur 20-an atau bahkan Sebelumnya
udah mulai nabung investasi udah kerja
mungkin udah punya tabungan lumayan udah
punya mobil rumah Bitcoin punya e
perusahaan mungkin bahkan karena banyak
teman-temannya yang ternyata udah punya
PT di umur 25 26 27 sebelum umur 30-an
udah pada punya banyak hal gitu
teman-temannya yang dulu main game sama
dia yang awalnya cuma di Android
Sekarang mainnya udah di PC pribadi udah
di rumah masing-masing beli PS ya beli
Nintendo switch main sama istrinya gitu
sementara dia ya masih foya-fya dan lu
tahu orang yang eh desperate dan punya
teman yang juga Mungkin dia iri sama
temannya apa yang bakal dia lakuin yang
kelima adalah ketipu investasi bodong
akhirnya dia mulai tergoda tuh dengan
investasi yang nawarin return tinggi
dalam waktu singkat jadi entah robot
trading terus juga skema ponzi terus
juga yang ketiga mungkin trading binary
options kayak yang kemarin kita lihat ya
Yang sampai miliaran untung dari
kerugian orang gitu awalnya sih memang
Cuan ya kan investasi bodong ini
tiba-tiba pas nanti lu transfer R juta
atau transfer R juta Gitu yang awalnya
dikasih terus tiba-tiba ini ada offering
menarik nih Rp juta udah gadin rumah lu
aja nanti jadi 200 gadain rumah apa yang
terjadi duitnya Raib karena ternyata itu
scam guys di tabungan yang susah paya
dikumpulin itu hilang dalam semalam Dia
mungkin jual motor jual rumah Emak
bapaknya ya kan karena kehilangan duit
lu tahu apa yang terjadi setelah itu
yang keenam adalah kecanduan Ji online
jadi pengen balik modal secepat mungkin
stres juga ya udah yang gampang-gampang
aja kan judi online Coba aja sekali
Siapa tahu menang dan ternyata menang ya
kan Fak tanya tapi judi online itu udah
diatur buat bikin pemain kalah ya Ya
kali Bandar kalah ya kan dan selanjutnya
kalau lu ada di bawah syukur-syukur ya
lu punya circle yang bisa ngebantu lu ya
kan tadi gua bilang temannya Mungkin ada
yang punya PT punya apa tapi kalau lu
hidupnya sering foya-foya ya lu mungkin
akan berteman dengan orang yang
foya-foya juga dengan yang judol juga
dan ternyata si Dika ini sekarang ya
dulu memang pas kuliah teman-temannya
Oke tapi ternyata sekarang dia
dikerelilingi orang yang suka foya-foya
ngomporin buat judol segala rupa yang
mau kondo tukang selingkuh gitu kan
malas kerja tapi pengen kaya si Dika ini
enggak sadar kalau teman-temannya ini
yang bikin dia malah makin terpuruk ya
ibaratnya udah dia goblok berkumpul sama
orang goblok juga gitu dan ketika si
Dika ini mau berubah Bukannya bantu ya
temannya malah lu jadi so Serius nih
jarang nongkrong nih segala rupa Wah itu
udah Toxic banget ya yang seperti itu
dan yang kedelapan juga ini adalah
masalah yang dialami oleh banyak orang
yaitu adalah salah nikah ya si Dika
ngelihat teman-temannya udah nikah ya
udahlah gua nikah aja gitu ketemu
pasangan kagak tahu nih sifat asli
pasangannya kayak gimana ketemunya juga
mungkin Pas foya-foya ketemunya juga pas
Mungkin dia punya duit hasil judol dan
pinjol ya kan akhirnya apa ya udah salah
nikah udah gitu orang tua pasangannya
minta nikah dengan pesta mewah karena
ngerasa Oh ini si Dika punya duit nih
Padahal dari pinjol gitu kan sampai
berutang malah untuk nikah dan setelah
menikah ya bukannya nyelesaiin
permasalahan kan malah masalah mulai
muncul pasangan engak bisa komprol
dengan keuangan lunya kagak kerja atau
kerjanya ya biasa-biasa aja sering ribut
akhirnya bikin kehidupan makin stres
beban mental dan finansial makin berat
untuk orang normal pun ya untuk orang
normal yang gak kayak Dika salah Nikah
tuh bisa ngaruh banget karena lu bakal
ngabisin waktu sekitar 16 jam Harusnya
sama istri atau suami lu ya kan lu kerja
tuh kan cuma 8 jam nih Ya Sisanya 16 jam
itu sama suami atau istri lu ya kan jadi
kayak minimal 12 jam lah lu ngabisin
waktu sama pasangan lu gitu di rumah
jadi ya Jangan sampai salah nikah sih
Jadi sebenarnya bukan masalah nikah
cepat atau nikah terlambat sebenar jadi
lebih ke benar enggak sih ini
pasangannya gitu kalau menurut gua sih
lebih ke sana kita udah bikin banyak
video soal nikah Jadi lu bisa tonton di
video yang lain ya setelah nonton video
ini Nah kalau habis menikah template-nya
tuh apa sih template-nya adalah ya beli
rumah kan beli mobil dan punya anak
lucunya adalah orang-orangnya dan Gua
yakin bahkan 50% orang di dunia bukan
cuma di Indonesia ya itu enggak mikir
matang-matang ketika mau beli rumah sama
mobil padahal dua ini bisa ngabisin
waktu tuh sekitar 20 sampai 30 tahun
buat nyicil kalau mobil itu bisa
ngabisin sekitar ya satu sampai 6 tahun
buat nyicil akhirnya apa rumah dibeli di
lokasi yang jauh yang penting murah eh
tapi ternyata ongkosnya makin gede waktu
tempuhnya makin gede atau beli rumah
yang mahal tapi ternyata enggak worth it
karena enggak ngerti cara risetnya atau
lebih apa Si Lagi beli rumah tapi
sertifikatnya masih sengketa itu rumah
kalau mobil ya Mobil itu kadang kan
orang beli karena Gengsi ya enggak
kadang sih sering orang beli mobil
karena gengsi pengin dilihat Oke orang
sama orang tua bukan karena kebutuhan
gua udah pernah bahas videonya juga
sempat viral beli mobil itu ya 50 60%
mungkin keputusan yang bodoh secara
finansial dan yang terakhir adalah yang
terakhir ya punya orang tua Toxic Jadi
udah hidup berat eh orang tuanya udah
jadi beban toxik lagi jadi kayak udah
minta duit terus ikut campur dalam
urusan rumah tangga yang lebih dari
sewajarnya terus memaksakan keputusan
dan ngemaki-maki anak ketika anaknya ini
punya banyak masalah hutang segala rupa
dan si Dika atau EL semua mungkin ya di
luar sana itu enggak bisa nolak karena
budaya yang ada atau bahkan karena ya
mungkin lu punya World viiew soal agama
gitu ya Lu harus ngurus orang tua atau
segala rupa gitu ya ya kita tahulah
Indonesia tuh negara yang ketimuran dan
basically cukup patuh pada agama dan
budaya gitu kan Ya udah akhirnya makin
terjebak dalam hidup yang penuh tekanan
kalau kabur Ya dibilang durhaka nah
Sebenarnya ya Ini buat lu yang umur
20-an kalau lu enggak mau jatuh ke
lubangnya yang sama ya Hal pertama yang
harus lu lakuin nih adalah ya sadar dan
mulai lebih awal kalau masih kuliah ya
mungkin ikut magang ikut organisasi
belajar skill tambahan ambil freelance
bangun koneksi biar enggak kesulitan
cari kerja jujur itu yang gua lakuin ya
setelah mulai berpenghasilan kelola
keuangan dengan bijak jangan borosin
dari utang konsumtif dan investasi
sedini Mungkin nah menariknya Sebenarnya
sekarang soal investasi soal trading ya
jangan sampai ketipu robot trading
segala rupa ya saran gua lu belajar ya
sekarang ya kebetulan 1% kolaborasi sama
kalalbri kita bikin webinar gratis Life
skills penting untuk usia 20-an yang
ngomongin soal kesalahan investasi dan
trading nah ini buat lu yang sudah kerja
Sudah punya duit ya ya atau belum kerja
juga enggak apa-apa sih tapi intinya ini
buat lu biar enggak ketipu ya investasi
dan trading yang bodong ya lu bisa
daftar sekarang di link
bit.lyy/filburi-250225 Oke jadi ini
tanggal 25 Februari 2025 ini webinarnya
gratis eh dan please Kalau lu belum
Ngerti tentang investasi atau ngerasa
masih newb join webinar ini Oke Dan
Terakhir ini advice dari gua hindari
circle Toxic bahkan hindari ortu Toxic
Ya belajar buat bounderis yang sehat
kabur cabut gak apa-apa sih menurut gua
tapi ingat kalau orang tua lu mungkin
harusnya balik lagi 1 3 tahun udah duit
lu oke udah lu lebih wise lu udah enggak
marah-marah lagi ke orang tua lu Please
baik lagi ya minta maaf dan segala rupa
kecuali kalau emang ortulu e Toxic
banget sih Ya itu enggak usah baik lagi
toxik banget tuh maksudnya kekerasan
fisik gitu Itu kagak usah baik lagi ya
tapi kalau misalnya kagak kayak gitu
maksudnya berantemnya kayak soal prinsip
dan lain-lain ya please baik lagi untuk
minta maaf dan pilih pasangan dengan
matang karena itu yang menurut gua
ngaruh banget ke kesuksesan lu Akhir
kata hidup itu pilihan ya dan keputusan
yang lu ambil sekarang mau itu ringan
maupun berat itu bakal menentukan masa
depan lu ya Akhir kata gua EV 1% well
thanks
[Musik]
[Tepuk tangan]
[Musik]